Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125642 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nabila Yudisha
"Perkembangan teknologi yang semakin pesat medorong perusahaan untuk selalu berinovasi. Inovasi membutuhkan knowledge, diperlukan tool untuk mengidentifikasi, mengelola dan membagikan knowledge yang biasa disebut knowledge management system. Saat ini banyak perusahaan telah menggunakan Knowledge management system untuk melakukan inovasi. Begitu juga dengan perusahaan milik pemerintah, yang terus berinovasi dan meningkatkan pelayan agar lebih efisien dan transparan. Penelitian ini membahas tentang hubungan antara knowlegde management system dan daya saing organisasi dengan menggunakan metode PLS-SEM. Model yang dihasilkan dengan menerapkan knowledge management system memilihi hubungan yang signifikan dengan faktor pendukung pada peningkatan daya saing organisasi, serta mendapatkan strategi untuk meningkatkan daya saing organisasi melalui KMS.

The advance and rapid development of technology are forcing companies to always innovating further. Innovation requires knowledge, tools to identify, manage, and share knowledge, known as knowledge management system. Nowadays, there are numbers of companies using knowledge management system as tools of innovation. So are state owned companies, which keep on innovating and improving their services to be more efficient and transparent. This research is focusing on the relationship knowledge management system and organizational competitiveness using PLS SEM method. Model resulted by implementing knowledge management system has a significant relationship with contributing factors on improving the competitiveness of the organization."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50740
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Nabila Aulia
"Pemasaran merupakan proses yang menghubungkan kegiatan jual-beli. Ritel merupakan aktivitas bisnis dalam menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen, salah satu jenis ritel adalah department store. Dalam kegiatan pembelian terjadi proses pengambilan keputusan yang disebut sebagai purchase decision. Sarinah sebagai department store pertama di Indonesia yang baru saja melakukan rebranding memilih milenial sebagai target pasarnya. Brand awareness, perceived quality, dan promotion merupakan beberapa faktor yang dapat memengaruhi purchase intention dan purchase decision pelanggan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 180 responden. Data yang diperoleh dari penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand awareness tidak signifikan dalam memengaruhi purchase intention dan purchase decision, perceived quality dan promotion berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dan purchase decision, serta purchase intention berpengaruh signifikan terhadap purchase decision.

Marketing is a process that connects buying and selling activities. Retail is a business activity in selling goods or services directly to consumers, one type of retail is department stores. In purchasing activities, a decision-making process occurs which is called a purchase decision. Sarinah as the first department store in Indonesia has just carried out rebranding, now Sarinah chose millennials as its target market. Brand awareness, perceived quality, and promotion are several factors that can influence customer purchase intention and purchase decisions. This research conducted using a quantitative approach with survey method of 180 respondents. The data obtained from this research then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method with PLS-SEM approach. The research results show that brand awareness is not significant in influencing purchase intention and purchase decision, perceived quality and promotion have significant effect on purchase intention and purchase decision, and purchase intention has significant effect on purchase decision."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danis Hidayat Sumadilaga
"Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti/menyelidiki faktor yang berkaitan dengan Perceived Managerial Discretion (PMD) dalam hubungannya dengan Risk Taking Behavior (RTB) dan kinerja organisasi pemerintah. Desain/metodologi/pendekatan: Penelitian ini menggunakan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan menggunakan diskusi kelompok terfokus (FGD) untuk memilih variabel kunci yang mempengaruhi PMD dan memvalidasi temuan penelitian. Metode kuantitatif dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji delapan hipotesis yang dikembangkan melalui FGD dan studi literatur. Dari 340 kuesioner yang disebarkan, sebanyak 260 yang dikembalikan dan dianggap valid untuk analisis SEM, yang mencerminkan suatu tingkat respon yang memuaskan dari 76%.
Temuan: Enam faktor PMD yang teridentifikasi adalah quasi legal constraint (QLC), Powerful Outside Forces (POF), Inertial Forces (IF), Powerful Inside Forces (PIF), Power Base (PB), dan Political Acumen (PA). Analisis SEM menyatakan QLC, PIF, PB, dan PA meningkatkan PMD sementara IF cenderung menghambat PMD. Dengan sistem insentif yang ada saat ini dan PMD yang biasa saja, responden cenderung menampilkan perilaku risk averse, sementara sebagaimana diperlihatkan dalam studi ini, RTB yang lebih tinggi dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Beberapa temuan penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya tetapi beberapa lainnya tidak.
Penelitian Implikasi/Keterbatasan: Keterbatasan utama dari penelitian ini adalah validitas eksternal, yaitu temuan hanya berlaku untuk organisasi yang memiliki karakteristik serupa dengan organisasi pemerintah yang digunakan sebagai studi kasus. Oleh karena itu, temuan ini harus digunakan dengan hati-hati untuk jenis organisasi publik yang berbeda.
Implikasi praktis: Berdasarkan hasil penelitian, maka perlu dilakukan: (1) mengenalkan sistem reward-punishment yang lebih baik dengan target yang lebih tegas bagi pengambil keputusan untuk bekerja yang yang terbaik, (2) mengkaji dan menghapus peraturan yang kurang tegas yang membatasi PMD, (3) merampingkan birokrasi, (4) menetapkan peraturan yang memungkinkan lebih banyak ruang untuk inovasi dan kebijakan, (5) menjelaskan tugas dan tanggung jawab para pengambil keputusan, dan (6) mengurangi perubahan-perubahan kebijakan sesaat dengan mendorong pengawasan dan pemberitahuan yang tepat.

Purpose: This study investigates pertinent factors in perceived managerial discretion (PMD) in association with risk-taking behavior (RTB) and organizational performance within government organizations.
Design/methodology/approach: This study used a mix of qualitative methods?using focus group discussions (FGDs) to select key variables affecting PMD and to validate the research findings?and quantitative methods?using structural equation modeling (SEM) to test eight hypotheses developed from FGDs and from a literature review. Out of 340 questionnaires sent out to potential participants, 260 were returned and deemed valid for SEM analysis, reflecting an impressive response rate of 76%.
Findings: A total of six factors affecting PMD were identified: quasi-legal constraint (QLC), powerful outside forces (POFs), inertial forces (IFs), powerful inside forces (PIFs), power base (PB), and political acumen (PA). The SEM analysis indicated that QLC, PIF, PB, and PA enhance PMD, while IFs tend to inhibit PMD. Given the existing incentive system and a mediocre PMD level, respondents tend to exhibit risk averse behavior while, as demonstrated by this study, a greater RTB would be necessary to improve organizational performance. All the presented findings are partially consistent with prior findings, with some notable contradictions.
Research implications/limitations: The primary limitation of this study was its limited external validity, as these findings can only be extended to organizations with similar characteristics of those of the government institution used as the case study. These findings must be used with care for different types of public organizations.
Practical implications: These findings support taking the following steps:
(1) introduce improved reward-punishment systems with more assertive targets for decision makers to work toward excellence, (2) review and remove equivocal regulations that could restrain PMD, (3) streamline bureaucracy, (4) establish regulations that allow more space for innovation and discretion, (5) delineate the tasks and responsibilities of decision makers, and (6) discourage abrupt policy changes, promoting proper scrutiny and notice."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
D2161
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutasoit, Wardana Tabrani
"Kebutuhan akan energy listrik di Indonesia semakin tinggi seiring berkembangnya pembangunan peningkatan pembangunan baik di bidang industri, teknologi dan informasi. Pembangunan yang dilakukan dalam jumlah besar membutuhkan Project Management Office PMO untuk meminimalkan kegagalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran PMO terhadap pengelolaan proyek ketenagalistrikan dengan menggunakan metode Partial Least Square PLS dimana data akan diperoleh melalui hasil survey dan wawancara kepada pakar dan responden. Hasil yang didapat akan menjadi masukan bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan ketenagalistrikan.

The need for electric energy in Indonesia is getting higher as the development of the construction of an increase both in the construction industry, and information technology. Large scale development requires project management office PMO to minimize failures project management office PMO to minimize failures.
This study aims to determine the role of the PMO on the performance of electrification projects using the Partial Least Square methode where the data will be obtained through surveys and interviews to experts and respondents. The results will be input for companies which engaged in the field of electricity development.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T47503
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Purwaningrum
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena penting di dunia pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap citra merek dan niat pembelian pada smartphone samsung juga pengaruh citra merek terhadap niat pembelian smartphone samsung. Responden penelitian ini berjumlah 167 orang yang sedang mencari smartphone dan menyukai browsing di internet. Model penelitian menggunakan 3 hipotesis dan diuji dengan metode analisis structural equation model (SEM).
Hasil penelitian menyatakan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap citra merek smartphone samsung namun tidak berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung. Sedangkan pada jurnal penelitian acuan menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek dan berpengaruh positif yang kuat terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung.

Along with the internet developments, electronic word of mouth had become an important phenomenon in the marketing’s world. This study focus to analyze influence of electronic word of mouth on brand image and purchase intention and also influence of brand image on purhase intention smartphone samsung. Respondents of this study are 167 people who are looking for smartphone and liked browsing on the internet. The tree hypoteses research model in this study are tested with Structural Equation Modelling (SEM).
The results found that electronic word of mouth effect brand image of smartphone samsung but doesn’t effect purchase intention of smartphone samsung and the brand image effect on purhase intention of smartphone samsung. While the research journal reference found that electronic word of mouth had positive effect on brand image and strong positive effect on purchase intention of smartphone samsung and brand image effect on purchase intention of smartphone samsung.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Nur Pangestu
"Pada Bulan April 2020 lebih dari 20% proyek konstruksi di Eropa, Timur Tengah dan Afrika ditunda hingga dibatalkan akibat memuncaknya pandemi COVID-19. Salah satu proyek dalam negeri yang mengalami keterlambatan akibat pandemi COVID-19 adalah pembangunan PLTA Jatigede di Kabupaten Sumedang. Pengerjaan proyek ini sempat terhenti tanpa adanya kegiatan selama 6 bulan akibat pandemi COVID-19. Terdapat 3 (tiga) tujuan dalam penelitian ini, diantaranya adalah: (1) Mengidentifikasi faktor - faktor yang mempengaruhi keterlambatan proyek konstruksi pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia; (2) Menganalisis bentuk hubungan antar faktor keterlambatan proyek konstruksi pada masa pandemi COVID-19 untuk meningkatkan kinerja waktu pada masa New Normal dan (3) Mengembangkan strategi untuk meningkatkan kinerja waktu proyek konstruksi pada masa New Normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi terhadap 3 pakar dan survei terhadap 31 responden menggunakan Structural Equation Modeling dengan aplikasi SMARTPLS. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan 11 (sebelas) variabel yang berpengaruh terhadap keterlambatan proyek konstruksi pada masa pandemi, diantaranya adalah: (1) owner; (2) konsultan; (3) kontraktor; (4) designer; (5) tenaga kerja; (6) material; (7) peralatan; (8) eksternal; (9) financial; (10) sosial – politik; (11) project. Nilai R-Square untuk variabel kinerja waktu sebesar 0.875. Variabel yang memiliki pengaruh dengan tingkat signifikansi tinggi terhadap kinerja waktu adalah variabel konsultan. Nilai T-Statistics untuk hubungan tersebut sebesar 2.62. Variabel konsultan tersebut dipengaruhi dengan tingkat signifikansi tinggi oleh variabel owner dengan nilai T-Statistics sebesar 8.58. Terdapat 5 strategi utama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja waktu proyek konstruksi pada masa New Normal diantaranya adalah dengan: (1) Menerapkan protokol kesehatan yang ketat; (2) Menerapkan digital construction dan mengadakan pertemuan intensif baik secara online maupun offline; (3) Menetapkan prosedur terkait koordinasi dan pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku serta melakukan monitoring secara periodik; (4) Mematangkan setiap keputusan yang akan dibuat; (5) Menetapkan standar komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat.

In April 2020, more than 20% of the construction project in Europe, the Middle East, and Africa were postponed even canceled due to the peak of the COVID-19 case number. One of the local projects that must be delayed due to the COVID-19 pandemic is Jatigede Hydropower Construction Plant in Sumedang Regency. The construction work had stopped without any activities for 6 months due to the pandemic. There are 3 (three) objectives of this study, including (1) Identify the factors that affect the delay of Indonesia’s construction project during the COVID-19 pandemic; (2) Analyze the relation between any delay factors on a construction project during the COVID-19 pandemic to improve the time management performance during the New Normal period and (3) Develop strategies to improve construction project time management performance during the New Normal Period. The method that used in this study is a validation of 3 experts and surveys towards 31 respondents using Structural Equation Modeling with SMARTPLS application. The results of this study obtain 11 (eleven) variables that affect the delay of construction project during the pandemic, including: (1) owner; (2) consultant; (3) contractors; (4) designers; (5) manpower; (6) materials; (7) equipment; (8) external; (9) finances; (10) social-political; (11) projects. The R-Square value for the time performance variable is 0.875. The variable that influences with a high level of significance on-time performance is the consultant variable. The value of T-Statistics for this relationship is 2.62. The consultant variable is influenced with a high level of significance by the owner variable with a T-Statistics value of 8.58. 5 main strategies need to be implemented to improve construction project time performance during the New Normal period including: (1) Implementing strict health protocols; (2) Implementing digital construction and holding intensive meetings both online and offline; (3) Establish procedures related to coordination and supervision by applicable regulations and conduct periodic monitoring; (4) Finalizing every decision to be made; (5) Establish communication and coordination standards with all stakeholders involved."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Agustini
"Aplikasi Iuran Wajib merupakan aplikasi berbasis web (web-based) yang dikembangkan oleh unit kerja Teknologi Sistem Informasi PT Askes (Persero). Tujuan dikembangkannya aplikasi ini untuk menjadi alat bantu dalam mengelola data pendapatan premi yang jumlahnya cukup signifikan dan jika pengelolaan data tersebut dilakukan secara manual tanpa aplikasi menjadi tidak efisien (time consuming). Tesis ini membahas penelitian mengenai analisis keberhasilan aplikasi iuran wajib berdasarkan persepsi manfaat dengan menggunakan model keberhasilan sistem informasi dari DeLone dan McLean yang telah diperbarui. Penelitian ini menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 109 pengguna aplikasi iuran wajib di seluruh kantor cabang, kantor divisi regional dan kantor pusat PT Askes (Persero) di seluruh Indonesia. Model dalam penelitian ini diuji menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dan diolah datanya oleh software LISREL 8.8 versi student. Hasilnya menunjukkan bahwa kedelapan hipotesis yang diajukan terbukti signifikan.

Aplikasi Iuran Wajib is a web-based application which was developed by the Information System (IS) Technology Unit of PT Askes (Persero). It was developed as a tool to manage premium revenue data which is quite significant so if it's managed without the application being inefficient (time consuming). This study is purposed to examine the information system (IS) success of aplikasi iuran wajib based on the perceived usefulness. The model adopted to examine the IS success is the updated IS success model of DeLone and McLean. There were 109 respondents participated in this study. Data were collected through questionnaires which are distributed to all of aplikasi iuran wajib users in Indonesia. The model of this study is examined by Structural Equation Modeling (SEM) with the use of LISREL software version 8.8 student. The results show that all of eight proposed hypothesis proved significant.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iis Setiawan Mangku Negara
"Sistem informasi dan Teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat dan berdampak signifikan terhadap segala bidang. Pemanfaatan teknologi informasi tidak hanya pada pemanfaatan sektor bisnis, tetapi juga sektor publik yang salah satunya adalah lembaga perguruan tinggi. Efisiensi dan efektifitas proses informasi dengan menggunakan sistem informasi hanya akan terjadi apabila teknologi tersebut diterima oleh individu dalam organisasi.
Tesis ini merupakan hasil riset yang akan membahas mengetahui faktor - faktor apa yang sajakah yang mempengaruhi penerimaan dosen, mahasiswa dan staf akademik dalam menggunakan Sistem Informasi Akademik STIKes Harapan Bangsa. Sejumlah 200 responden ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Adapun model adopsi teknologi yang digunakan adalah model Technolgy Acceptance Model. Selain menguji variabel, penelitian ini juga menguji apakah teori TAM dapat digunakan untuk mengetahui penerimaan pengguna SIAK-SHB di Stikes Harapan Bangsa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modeling.
Berdasarkan hasil dari analisis diperoleh kesimpulan bahwa Actual System Use dipengaruhi oleh Behavioral Intention to Use, Behavioral Intention to Use dipengaruhi oleh Perceived Usefulness dan Perceived Usefulness dipengaruhi oleh Perceived Easy of Use.

Information systems and technology develops very rapidly and have significant impact on all areas. The information technology not only to use in the business sector, but also the public sector, one of which is an higher education institutions. The efficiency and effectiveness of process information using information systems will only occur if the technology is received by individuals in the organization.
This Study is a research which discusses factors that affecting lecturers, students, and stafts acceptance of academic information systems. 200 respondens was participated in this study. Technolgy Acceptance Model was used as adoption model. In addition to testing the variables, this study also examined whether TAM theory can be used to determine user acceptance SIAK-SHB in STIKes Harapan Bangsa. Data analysis was performed with the approach of Structural Equation Modeling.
Based on the results we concluded that the Actual System Use is influenced by behavioral intention to use. Behavioral Intention to Use is influenced by Perceived Usefulness and Perceived Usefulness is influenced by Perceived Easy of Use.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farrel Alonzo Hamid
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah oleh konsumen di wilayah Jabodetabek serta merumuskan strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan properti di Jakarta Selatan agar dapat terus bersaing dan mempertahankan nilai penjualan. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) dan dengan melakukan wawancara mendalam kepada pihak perusahaan untuk perumusan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan faktor yang berpengaruh secara terhadap keputusan pembelian rumah, yaitu trust, environment, characteristics, attitude, dan legality, serta lima usulan alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan, yaitu peningkatan nilai brand equity, perbaikan fasilitas proyek, skema promo baru, dan kerja sama dengan pihak eksternal.

This study aims to analyze the most influential factors in the decision-making process of home purchases by consumers in the Jabodetabek area and formulate marketing strategies for a real estate company in South Jakarta to remain competitive and maintain sales value. Data for this research were collected using questionnaires for the data processed using the partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) method, and in-depth interviews were conducted with company representatives to formulate a marketing strategy. Based on the findings of this study, the factors influencing house purchase decisions were identified as trust, environment, characteristics, attitude, and legality. Additionally, five alternative marketing strategy proposals were suggested, including enhancing brand equity, improving project facilities, introducing new promotional schemes, and collaborating with external parties."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Tirta Gustama
"Turnover masih menjadi permasalahan utama bagi setiap perusahaan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya kualitas pekerjaan yang buruk serta kelelahan emosional yang dialami para karyawan. Sehingga secara tidak langsung kepuasan kerja karyawan menjadi terpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay yang dimana hubungannya akan dimediasi oleh job satisfaction dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diperoleh dari 382 karyawan perusahaan yang berdomisili di Indonesia melalui kuesioner yang disebar secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived job quality memiliki pengaruh positif terhadap intention to stay, sedangkan burnout memiliki pengaruh negatif terhadap intention to stay. Selain itu dikarenakan terdapat hubungan langsung dan tidak langsung yang berasal dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay, ditemukan bahwa job satisfaction dapat memediasi hubungan dari ketiga variabel tersebut.

Turnover is still a major problem for every company. Many factors can cause it, one of which is poor work quality and emotional exhaustion experienced by employees. So indirectly, employee job satisfaction is affected. This study aims to determine the effect of perceived job quality and burnout on intention to stay in which the relationship will be mediated by job satisfaction using the Structural Equation Modeling (SEM) method. Research data were obtained from 382 company employees who are domiciled in Indonesia through a questionnaire distributed online. The results showed that perceived job quality has a positive effect on intention to stay, while burnout has a negative effect on intention to stay. In addition, because there are direct and indirect relationships that originate from perceived job quality and burnout to intention to stay, it was found that job satisfaction can mediate the relationships of these three variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>