Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130812 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andri Irfan Rifai
"Panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Diperlukan percepatan yang signifikan agar dapat mengimbangi kebutuhan lalu lintas yang ada. Percepatan pembangunan harus didukung oleh kemampuan penyelenggara jalan dalam proses pembangunan, salah satu nya pekerjaan pemindahan tanah mekanis. Data histori pemindahan tanah mekanis dapat dimanfaatkan sebagai basis data pengetahuan yang dapat diolah oleh pendekatan data mining untuk dilakukan intepretasi dan prediksi produktivitas. Penelitian ini bertujuan mengembangan decision support system pemindahan tanah mekanis pada pekerjaan konstruksi jalan tol dengan implementasi pendekatan menggunakan data historis dari 7 ruas jalan tol utama di Pulau Jawa. Implementasi model terhadap beberapa kasus hipotekal menggunakan pendekatan data mining (DM) dengan tools R yang digunakan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa pendekatan artificial neural network (ANN) memiliki nilai fit tertinggi. Hasil uji menunjukan R2 0,89 ± 0,02, MAD 0,48 ± 0,02dan RMSE 0,62 ± 0,01, dengan compaction productivity yang merupakan variable importance tertinggi. Selain itu, konsep DSS yang dikembangkan dengan pendekatan geographical information system (GIS) mampu memberikan pendekatan yang lebih sederhana bagi pengambil keputusan untuk menjalankan manajemen pekerjaan pemindahan tanah mekanis pada proyek jalan tol.
The length of toll roads operating in Indonesia is still lower than in other countries. Significant acceleration is needed to keep up with the traffic needs. Acceleration of development should be supported by the ability of road operators in the development process, one of his earthwork movement. The data of earthwork movement can be utilized as a knowledge base. The knowledge that can be processed by a data mining approach to interpretation and productivity predictions. The aim of this study is development decision support system earthwork movement of toll construction project using historical data from 7 major toll roads in Java. Implementation of models on some hipotecal cases using a data mining approach (DM) with R tools used in this study shows that artificial neural network (ANN) approach has the highest fit value. The test results showed R2 0.89 ± 0.02, MAD 0.48 ± 0.02 and RMSE 0.62 ± 0.01, with compaction productivity which is the highest importance variable. In addition, the DSS concept developed with the geographical information system (GIS) approach is able to provide a simpler approach for decision makers to run the earthwork management on toll road projects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51254
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.A. Ngurah Pasca Regal Cerita
"ABSTRAK
Teknologi geospasial seperti Global Positioning Systems (GPS) di dunia global telah umum digunakan dalam berbagai proyek konstruksi. Namun, di Indonesia, aplikasi ini masih sangat minim. Sistem seperti GNSS, total station dan produk turunannya menawarkan banyak manfaat untuk tahap pekerjaan konstruksi jalan raya. Manfaat-manfaat ini termasuk peningkatan efisiensi dari proses kerja yang lebih cepat, serta pengumpulan data yang lebih akurat. Kunci untuk menggunakan teknologi ini adalah untuk memahami bagaimana mengoptimalkan manfaatnya dengan benar termasuk memilih alat yang tepat untuk setiap jenis pekerjaan dan memahami keterbatasannya. Penelitian ini menyelidiki pekerjaan konstruksi yang sesuai untuk diterapkan dengan teknologi geospasial; Cara mengoptimalkan desain konstruksi dengan estimasi biaya yang efisien dan output yang sesuai standar. Penelitian ini mempelajari pengalaman responden yang mahir menggunakan teknologi ini untuk mendokumentasikan manfaat dan keterbatasannya. Secara khusus, penelitian ini menentukan net present value (NPV) yang terkait dengan penggunaan teknologi ini dalam proyek jalan tol.

ABSTRACT
Geospatial technologies such as global Positioning Systems (GPS) in the global world have been commonly used in various construction projects. However, in Indonesia, the application is still very minimal. Systems such as GNSS, total station, and its derivative products offer many benefits to the stages of highway construction work. These benefits include increased efficiency from faster work processes, as well as more accurate data collection. The key to using this technology is to understand how to optimizes its benefits properly including choosing the right tools for each type of job and understanding its limitations. This research investigates the appropriate construction work to be applied with geospatial technology; How to optimize construction design with efficient cost estimation and standard-compliant output. This research studies the experience of respondents who are adept at using this technology to document its benefits and limitations. Specifically, this research determines net present value (NPV) associated with the use of this technology in toll road projects.
"
2019
T55160
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanesti Adifa Rahmat
"Angka kecelakaan konstruksi di Indonesia tergolong tinggi, termasuk pada konstruksi Jalan Tol. Kecelakaan pada proyek konstruksi di Indonesia menunjukkan bahwa selain penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi di Indonesia masih terabaikan, kecelakaan konstruksi juga disebabkan oleh kurangnya biaya dalam Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi. Proyek konstruksi jalan tol telah menetapkan anggaran biaya SMKK sebesar 0,5-1,5 % dan dinilai cukup rendah karena berada dibawah 3 % dari biaya proyek. Metode statistik dengan SPSS versi 26 digunakan untuk meneliti hubungan dari komponen Biaya SMKK, komponen AHSP, dan Kinerja Keselamatan Konstruksi pada Proyek Jalan Tol. Hasil dari penelitian akan menunjukkan komponen yang paling berpengaruh pada kesadaran keselamatan adalah papan jalur evakuasi, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), program inspeksi dan audit internal. Komponen yang paling berpengaruh pada manajemen disiplin diri adalah induksi keselamatan konstruksi, tali keselamatan (lifeline), dan biaya alat. Komponen yang paling berpengaruh pada pengendalian kecelakaan adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR), program inspeksi dan audit internal, serta biaya material.

The number of construction accidents in Indonesia is quite high, including the construction of toll roads. Accidents on construction projects in Indonesia show that in addition to the neglect of the implementation of the Construction Safety Management System in Indonesia, construction accidents are also caused by a lack of cost in the Construction Safety Management System. The toll road construction project has set an SMKK cost budget of 0.5-1.5% and is considered quite low because it is below 3% of the project cost. Statistical methods were used to examine the relationship of Cost Components of SMKK, Components of AHSP, and Construction Safety Performance on Toll Road Projects. The results of the study show that the components that have the most influence on safety awareness are evacuation route boards, fire extinguishers, inspection programs and internal audits. The components that have the most influence on self-discipline management are construction safety induction, lifeline, and tool costs. The components that have the most influence on accident control are fire extinguishers, inspection and internal audit programs, and material costs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mardiansyah
"Keberhasilan melaksanakan proyek konstruksi tepat pada waktunya adalah salah satu tujuan terpenting. Keterlambatan merupakan sesuatu yg tidak dikehendaki, karena akan sangat merugikan kedua belah pihak. Beberapa proyek yang kompleks terdapat banyak faktor ketidakpastian sering menimbulkan limbah (waste) yang menyebabkan proyek terlambat. Salah satu metode untuk menanganinya adalah konsep lean construction. Studi di proyek Pekanbaru Dumai Seksi 2A pada underpass 28+150 terdapat 15 dari 58 kegiatan yang memyebabkan keterlambatan 30 hari, dimana jika menghilangkan kegiatan tersebut masih terlambat 15 hari.
Salah satu upaya memperpendek durasi adalah crashing program dengan penambahan tenaga kerja sebanyak 115 orang selama 47,5 hari pada pekerjaan bekisting dan pembesian. Tools lean lainnya yang dapat dilakukan adalah standardization, last planner system, coordination, get quality right at first time, just-in-time, prefabricated dan five S. Dengan crashing program, waktu pekerjaan menjadi 145,5 hari kalender dimana lebih cepat 4,5 hari dari schedule rencana. Biaya mengalami kenaikan sebesar Rp 625.941.000,-, namun disisi lain terdapat efisiensi waktu selama 4,5 hari sebesar Rp 62.907.368 sehingga berpengaruh terhadap HPP dari 82,166% menjadi 86,311% dan laba mengalami penurunan dari 17,878% menjadi 13,689%. Dampak lainnya adalah tidak kena sanki 1/1000 dan terhindar blacklist dari Owner.

The success of implementing a construction project in the end is one of the most important goals. Delay is something that is not desirable, because it will be very detrimental to both parties. Some projects are one of the most important factors that cause waste to emerge. One method to handle it is the lean construction concept. The study in the Pekanbaru Dumai Section 2A project on the 28 + 150 underpass was 15 of the 58 activities which caused a delay of 30 days, whereas if the activity was eliminated it was still 15 days late.
One effort to shorten the duration is a strike program with a workforce of 115 people for 47.5 days on formwork and pembesian work. Other lean tools that can be done are standardization, the last planning system, coordination, getting the right quality at the first time, on time, prefabricated material, and five S. With the program breaking down, working time becomes 145.5 calendar days, 4 faster, 5 days from the scheduled schedule. Increasing costs increased by Rp. 625,941,000, - but on the other hand, the time efficiency of 4.5 days amounting to Rp. 62,907,368 increased against HPP from 82,166% to 86,311% and profits increased from 17,888% to 13,689%. Other impacts are not subject to 1/1000 sanctions and avoid being blacklisted by the Owner.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53011
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edith Indra Triyadi
"Tenaga kerja merupakan salah satu sumber daya penting dalam pelaksanaan suatu proyek. Perusahaan kontraktor yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan suatu proyek dapat menyelesaikan proyek tersebut dengan berbagai cara dan metode, namun tanpa adanya keahlian, pengalaman, dan efisiensi dari tenaga kerja, pelayanan yang baik tidak akan dapat diberikan, sehingga reputas yang baik tidak akan dapat diperoleh. Dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik maka suatu perusahaan kontraktor dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga akan memperoleh banyak keuntungan. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas maka perlu dilakukan proses seleksi yang selektif. Salah satu diantaranya ialah proses seleksi untuk posisi Project Manager (PM). Sebagai pemimpin pada suatu proyek, pemilihan project manager haruslah akurat. Permasalahan utama yang dihadapi ialah bagaimana memilih SDM yang tepat yang memiliki keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan kualifikasi suatu proyek. Sistem seleksi dengan cara konvensional akan memakan banyak waktu dan akan sulit untuk dikontrol. Teknologi Expert System (ES) yang kini sedang berkembang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Semua informasi mengenai SDM dengan kualifikasi project manager akan dijadikan sebagai database yang dapat di update kapan saja. Proses selanjutnya ialah mendesain knowledge base yang berfungsi sebagai ""otak"" dari program ini. Hasil akhirnya ialah sebuah program yang dapat memilih individu yang tepat (baik dari segi keahlian maupun pengalaman) dari sejumlah SDM yang tersedia yang sesuai dengan kualifikasi suatu proyek. Program ini terbukti dapat digunakan dalam membantu proses pengambilan keputusan pada tahap seleksi SDM untuk posisi project manager (PM).

Human resources are one of the most important resources in construction phase of projects. Contractors which are responsible in construction phase of project can finish a project with so many ways and methods. But without skills, experiences and efficiencies, a good service cannot be served, which can cause a good reputation cannot be achieved. A very selective selection process is needed to recruit human resources with a good quality, and Project Manager recruitment is part of the selection process. As a leader in a project, the selection process of Project Manager must be accurate. The major problem is how to choose/select an appropriate individu that has skills and experiences which fit into a project's qualification. A conventional selection system takes a lot of time and hard ' to control. Decision Support System (DSS) which now is very popular in civil engineering can be used to solve this problem. All information about the staff with Project Manager qualification will be saved as a database which can update anytime. The next step/phase is to design a knowledge base which has functioned as 'a brain' of this program. The final result is a program which can select (based on his expertise and experience), from a member best candidate of human resources that are available and according to the project's qualification. This program is proven to be able to reduce the time needed in selecting the most approriate Project Manager for any particular projects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S34755
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Ardi Pratama
"Pada realisasi pembangunan jalan tol Trans Sumatera terdapat kenaikan dari tahun ke tahun, laporan menyebutkan pada tahun 2019 pembiayaan proyek jalan tol Trans Sumatera adalah 169 miliar rupiah/km sedangkan pada tahun 2022 naik menjadi sebesar 203 miliar rupiah/km. Proyek jalan tol dengan skema penugasan mempunyai sifat yang kompleks dan juga bersifat dinamis. Namun di Indonesia penelitian mengenai risiko pembangunan jalan tol, risiko masih dijadikan suatu yang terpisah, Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis risiko menjadi satu sistem yang mempengaruhi kinerja biaya pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Sebanyak 38 faktor risiko telah diidentifikasi. Melalui diagram sebab-akibat, tergambar bahwa beberapa faktor risiko terdampak dan penyebab untuk dibuat langkah korektif dan preventifnya. Dengan menggunakan model berbasis dinamika sistem dan pendekatan Rough Fuzzy DEMATEL, penelitian ini dapat mengeksplorasi hubungan antar faktor risiko dan mengidentifikasi pola yang signifikan dalam dinamika proyek. Studi kasus pada proyek jalan tol Indrapura-Kisaran menunjukkan potensi cost overrun sekitar 17-20%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model dinamika sistem dengan pendekatan Rough Fuzzy DEMATEL memiliki potensi sebagai dasar dan alat yang efektif untuk proyek infrastruktur serupa di masa depan. Penerapan kebijakan khusus pada lima risiko dapat mengurangi risiko hingga 43-46%, menegaskan pentingnya pengelolaan risiko dan perencanaan yang matang dalam proyek infrastruktur skala besar.

In the realization of the construction of the Trans-Sumatra Toll Road, there has been an increase from year to year. Reports indicate that in 2019, the financing of the Trans-Sumatra Toll Road project was 169 billion rupiahs per kilometer, while in 2022, it rose to 203 billion rupiahs per kilometer. The toll road project with an assignment scheme possesses complexity and dynamic characteristics. However, in Indonesia, research on the risks of toll road development still tends to be treated separately. The research aims to identify and analyze risks as a unified system influencing the cost performance of the Trans-Sumatra Toll Road construction. A total of 38 risk factors have been identified. Through a cause-and-effect diagram, it becomes evident which risk factors are affected and the root causes, allowing for the formulation of corrective and preventive measures. By employing a dynamic system-based model and the Rough Fuzzy DEMATEL approach, this research explores the relationships among risk factors and identifies significant patterns in the project's dynamics. A case study on the Indrapura-Kisaran toll road project reveals a potential cost overrun of approximately 17-20%. The study concludes that the dynamic system model with the Rough Fuzzy DEMATEL approach has the potential to serve as a foundation and effective tool for similar infrastructure projects in the future. The implementation of specific policies addressing the top five risks can reduce the overall risk by 43-46%, emphasizing the importance of effective risk management and thorough planning in large-scale infrastructure projects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khrisna Yudi
"ABSTRAK
Kelembagaan dalam pembangunan infrastruktur c.q. Light Rail Transit (LRT) perlu mendapatkan perhatian khusus karena skema kelembagaan yang tepat dapat menentukan keberhasilan pengelolaan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi skema kelembagaan yang pernah digunakan apabila diterapkan pada LRT, menyusun berbagai skenario skema kelembagaan LRT yang efisien dari sisi biaya, informasi dan pengambilan keputusan serta menyusun kerangka konsep kelembagaan LRT berbasis DSS. Metode analisa yang digunakan adalah Decision Support System untuk mengetahui pengelolaan skema kelembagaan optimal. Hasil penelitian ini adalah kerangka konsep kelembagaan yang memberikan efisiensi dari sisi biaya, informasi dan pengambilan keputusan.

ABSTRACT
Institutional framework in infrastructure c.q. Light Rail Transit (LRT) development has significant role that affect successness level of infrastructure management. This paper intention primarily are to obtain efficiency level if various institutional frameworks that widely applied around the globe were used in LRT, to design institutional framework alternatives considering efficiency in terms of cost, information and decision making. Last but not least, is to design LRT?s conceptual framework based on Decision Support System (DSS). Analytical method used is DSS which is very helpful in providing recommendation. The conclusion is conceptual framework that gave efficiency in terms of cost, information and decision making."
2016
T46646
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irsan
"Cost Overrun merupakan salah salu bentuk penyimpangan dari suatu proyek yang dapat menurunkan kinerja proyek, sehingga hal tersebut perlu dikendalikan agar kinerja proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana.
Biaya Subkontraktor dan Overhead merupakan bagian dari komponen biaya suatu proyek yang harus dikendalikan, sehingga perlu dibuat suutu sistem untuk mengendalikan komponen biaya tersebut agar penyimpangannya dapat terdeteksi secara cermat untuk kemudian diperbaiki, sehingga kinerja proyek yang terganggu akibat terjadinya cost overrun tersebut dapat dikembalikan sesuai rencana.
Dalam Tesis ini akan dibuat suatu sistem pengambilan keputusan untuk menganalisis dampak yang terjadi akibat penyimpangan biaya, kemudian dicari penyebabnya dan terakhir akan diberikan rekomendasi tindakan koreksi dengan probabilitas keberhasilan atas kenaikan kinerja yang diinginkan.
Sistem pengambilan keputusan ini dinamakan Decision Support System (DSS) yang akan disajikan dalam bentuk program komputer dengan memanfaarkan knowledge base berupa data hasil wawancara para pakar dibidang konstruksi, khususnya untuk proyek bangunan gedung bertingkat mengenai dampak , penyebab dan tindakan koreksi yang mungkin terjadi pada suatu proyek.
Tindakan koreksi tersebut akan dianalisis oleh suatu model base yang akan memberikan probabilitas keberhasilan atas tindakan koreksi yang direkomendasikan untuk menaikan kinerja proyek sesuai dengan kenaikan yang diinginkan.
Setelah terbentuk, program DSS tersebut di Validasi kepada pakar konstruksi untuk diuji kemampuannya , dan hasilnya secara keseluruhan program DSS ini dapal diaplikasikan dalam proses pengendalian biaya proyek.

Cost overrun is a variance of a project which caused project performance minimization, this variance should be controlled so the project can be carry on as planned.
Subcontractor cost and overhead are parts of cost component project to be maintained. It necessary to make u-system to controlled that components so the variance can be detect completely and fixed that variance, with the result the project performance that have been disturb can be implemented as planned.
This thesis will make a Decision Support System to analyze effect from cost variance, and then seek the cause and last but not least recommend the correction action with success probability of raising the performance.
The Decision Support System will be presented in form of computer program using knowledge base from interview result with professional in multistoried building project, about caused, effect and correction action in a project. This correction action would be analyze by a base model that will be giving successful probability from recommended correction action to increase the desire project performance.
Finally, this Decision Support System program will validated by the professional construction to tested the capability, and comprehensively result this program can be implemented in cost project control.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14684
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Aulia
"Perekonomian nasional bergantung dari salah satunya adalah kegiatan ekspor-impor. Pelabuhan merupakan salah satu tempat dimana kegiatan ekspor-impor terjadi. Di pelabuhan biasanya terdapat beberapa terminal yang memiliki fungsi tertentu yang salah satunya adalah terminal peti kemas sebagai tempat bongkar muat kapal peti kemas dan menangani pergerakan peti kemas di pelabuhan. Salah satu indikator penting dalam operasional terminal peti kemas adalah dwelling time. Dwelling time merupakan waktu yang dihitung mulai dari suatu peti kemas dibongkar (unloading) dari kapal sampai peti kemas tersebut meninggalkan terminal pelabuhan melalui pintu utama atau dimuat (loading) ke kapal dari masuk melalui pintu utama. Dwelling time sampai saat ini masih menjadi permasalahan di seluruh pelabuhan di Indonesia. Dwelling time pelabuhan dipengaruhi oleh diantaranya yaitu aspek kepabeanan dan kepelabuhanan. Aspek ini masing-masing memiliki variabel-variabel yang saling terhubung dan memiliki keterkaitan dampak yang terjadi jika salah satu nilai variabelnya diubah. Hubungan dan nilai variabel diperlukan guna mengetahui seberapa besar dampaknya terhadap dwelling time. Pengaruh perubahan variabel ini, dapat diketahui dengan cara pembuatan model simulasi dwelling time karena cara ini dinilai lebih efisien dibanding perubahan infrastruktur secara langsung di lapangan yang akan memakan banyak biaya dan waktu. Model simulasi yang dibuat akan menjadi model basis untuk membangun sebuah website yang dapat membantu perusahaan pelabuhan dalam menentukan keputusan atau menjadi sebuah sistem pendukung keputusan berbasis cloud storage sehingga ruang penyimpanan lebih fleksibel dan dapat digunakan secara bersama oleh pihak-pihak yang membutuhkan di perusahaan atau pelabuhan tersebut. Adanya sistem pendukung keputusan untuk membantu analisis dan membantu pengambilan keputusan pelabuhan ini diharapkan mampu mendukung produktivitas kegiatan di pelabuhan dan mencapai nilai dwelling time terendah yang berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Export-import activities are one of pillars of the national economy. The port is one of the locations where export-import transactions take place. There are usually various terminals at the port that serve specific tasks, one of which is the container terminal, which serves as a location for loading and unloading container ships and managing container flow at the port. Dwelling time is a key indication in the operation of a container terminal. Dwelling time is the period of time measured from the time a container is unloaded from a ship until it exits the port terminal through the main door or is loaded onto a ship from the main door. Dwelling time is still an issue in all Indonesian ports. Port Dwelling time is impacted by a variety of factors, including customs and port operations. Each of these features has interconnected variables that have a corresponding influence when one of the variable values is modified. To determine the size of the impact on dwell time, relationships and variable values are required. The effect of changing this variable can be known by making a dwelling time simulation model because this method is considered more efficient than direct infrastructure improvements in the field, which will require a lot of time and money The simulation model developed will serve as the foundation for developing a website that can benefit port corporations in making decisions by transform into a cloud storage-based decision support system, providing storage capacity to be more flexible and shared by parties in need at the company or port. The existence of a decision support system to help with analysis and port decision making is expected to positively impact port productivity and attain the lowest dwelling time value, which will also have an impact on national economic growth."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sepriandi Hendy
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18596
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>