Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 76728 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisaa Paradisa
"Siswa EFL sering mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris. Kasus ini dialami oleh siswa kelas enam di sebuah sekolah swasta di Bogor. Concept Mapping adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah Concept Mapping dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk siswa kelas enam untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap penggunaan Concept Mapping. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif yang menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Data untuk penelitian dikumpulkan dalam tiga siklus selama sembilan minggu yang melibatkan kelas 17 siswa EFL kelas enam SD. Pada setiap siklus, siswa menggunakan Concept Mapping dengan strategi scaffolding yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan catatan lapangan, lembar pengamatan, tes pemahaman membaca, kuesionner, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis interpretif. Penelitian ini menunjukkan penggunaan Concept Mapping dengan strategi scaffolding tertentu dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Semakin banyak dan konsisten scaffolding yang diberikan, semakin meningkat pemahaman membaca siswa. Siswa juga merespon secara positif terhadap penggunaan concept mapping.

AbstractEFL students often have difficulties in comprehending English texts. Such case is experienced by a class of sixth grade students in a private school in Bogor. Concept mapping is a tool that can be used to improve students rsquo reading comprehension. This study aims to understand whether Concept Mapping can be utilized as a learning tool for sixth graders to improve their reading comprehension. It also aims to investigate students rsquo perceptions toward the use of Concept Mapping. This is a quantitative and qualitative study that uses a classroom action research design. Data for the study was collected in three cycles for nine weeks involving a class of 17 sixth grade EFL students. Field notes, observation sheets, reading comprehension tests, questionnaires and interview questions are used as research instruments to collect data. The data are analyzed using descriptive statistics and interpretive analysis. Based on the results of the reading comprehension tests, the study finds that students made a slight improvement in comprehending texts. Moreover, the test scores mean shows that there is a progress after the implementation of Concept Mapping, which means these young students are able to utilize it. They also respond positively toward the use of Concept Mapping. However, they require a certain scaffolding strategy to use it.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50259
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sylvana Uli Basa Evi Dame Manaloe
"ABSTRAK
Pada penelitian ini intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy adalah dengan memberikan pelatihan pemahaman bacaan melalui self expalanation reading training (SERT) sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menjelaskan isi bacaan dengan menggunakan berbagai strategi memahami bacaan yang terdapat di SERT. Selain itu, memberikan pelatihan memahami bacaan dengan SERT dapat membuat siswa mengembangkan kemampuan untuk meregulasi proses memahami bacaannya secara mandiri sehingga siswa merasakan pengalaman keberhasilan dalam memahami bacaan ekspositori. Penelitian ini menggunakan single subject design pada siswa dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Setelah dilakukan analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, diketahui bahwa melatih pemahaman bacaan melalui self explanation reading training yang diberikan efektif dalam meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy pada siswa kelas 4 SD.

ABSTRACT
This research using intervention in order to improve reading comprehension and reading self-efficacy by providing training through self explanation reading training (SERT) so that student is expected to improve its ability to explain the content of the reading materials using a variety of reading comprehension strategies contained in SERT. In addition, providing a training activity to understand the reading materials using SERT can make the student develop the ability to regulate the process of reading on their own understanding, so that student experienced success in expository reading comprehension. This research uses a single subject design with the selection of the student sample using purposive sampling. After analyzing the results between pre-test and post-test results, it is understood that the given reading comprehension through self-explanation reading training proved as effective in improving reading comprehension and reading self-efficacy on fourth grade elementary student."
2013
T36741
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Aisyah Nurdianingsih P A
"ABSTRAK
Dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi bahasa Inggris, siswa kelas 4 mengalami kesulitan untuk memulai kegiatan menulis karena mereka tidak mampu mengungkapkan ide mereka dengan baik terkait topik yang harus mereka tulis. Mind-mapping dianggap dapat memberikan solusi atas masalah ini karena mind-mapping merupakan cara mencatat secara efektif dan kreatif dengan memetakan ide secara terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif teknik pengajaran keterampilan menulis teks bahasa Inggris yang lebih menarik dan kreatif khususnya untuk siswa sekolah dasar melalui penerapan teknik mind-mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan merupakan penelitian kolaborasi antara peneliti dan guru bahasa Inggris yang bekerja sama dalam perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, kuesioner, wawancara, dan tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mind-mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi bahasa Inggris siswa. Penggunaan gambar berwarna dalam mind -mapping efektif meningkatkan antusiasme siswa dalam tahap pengembangan topik dan pemodelan teks. Penggunaan mind-mapping sebagai strategi pramenulis pada tahap penyusunan dan penulisan teks berhasil membantu siswa mengungkapkan ide mereka dengan baik sehingga siswa mampu menghasilkan teks narasi dengan isi dan struktur teks yang tepat. Penelitian ini juga mengemukakan respon positif persepsi siswa terhadap penggunaan mind-mapping. Kata kunci: keterampilan menulis, mind-mapping, siswa muda, teks narasi bahasa Inggris

ABSTRACT
In writing English narrative texts, 4th grade students as young learners had difficulties in expressing ideas related to topics assigned by teachers. Mind mapping was considered to solve the problem because it was a way of taking note effectively and creatively by mapping organized ideas. This study aimed to provide an alternative teaching techniques of English text writing skills that were more interesting and creative especially for elementary school students through the application of mind mapping techniques. This study was a classroom action research using a combination of quantitative and qualitative methods. The design was a collaborative study between the researcher and English teacher who worked together in planning, implementing, observing, and reflecting on the implementation of mind mapping. Data were collected through classroom observations, questionnaire, interview, and writing activities. The results showed that mind mapping was effective in improving the students rsquo ability to write English narrative texts. The use of colorful pictures was effective to enhance students rsquo enthusiasms in topic development and text modelling. The use of mind mapping as a prewriting strategy at the stage of composing and writing text successfully helped students express ideas so that they could produce narrative texts with appropriate content and structure. This study also revealed that students rsquo perceptions towards mind mapping were positive. Keywords writing skills, young learners, mind mapping, English narrative texts"
2018
T50959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisah Durrotul Fajri
"ABSTRAK
Pemahaman membaca Bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai oleh pemelajar di Indonesia. Namun demikian, pemahaman membaca Bahasa Inggris telah menjadi masalah tersendiri bagi pemelajar di Indonesia. Free Voluntary Reading FVR merupakan dalah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman membaca Bahasa Inggris pemelajar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penyelenggaraan dua tipe FVR, yaitu in-school free reading ISFR dan self-reported free reading SRFR , dengan menggunakan media laman ER-Central. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ISFR lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca pemelajar. Selain itu, dari kuesioner yang disebarkan setelah program ISFR dan SRFR selesai, pemelajar dari kedua kelas memiliki persepsi yang positif terhadap program yang mereka ikuti. Dengan demikian FVR merupakan metode pembelajaran membaca yang patut diterapkan untuk mengembangkan pemahaman membaca pemelajar.

ABSTRACT
English reading comprehension is a very important skill to be acquired by Indonesian students. Indonesian students of all levels would experience English exams including English reading comprehension tests either in national school exams or in university admission exams. However, English reading comprehension has long been a problem for many Indonesian students, especially for high school students. Implementing a Free Voluntary Reading FVR program is one way to enhance English reading comprehension for Indonesian students. This study aims to investigate two types of FVR, in school free reading ISFR and self reported free reading SRFR , which involves using the Extensive Reading Central website. The results show that ISFR is more effective in improving students rsquo English reading comprehension. Questionnaires were distributed to both classes to investigate the students rsquo perception towards the two types of FVR programs. The results show that students from both classes have positive perception towards the program they participated in. Thus, FVR can be a worthy teaching method to promote students rsquo reading comprehension.
"
2017
T48763
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esa Yolanda Putri
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan institusi pendidikan untuk memanfaatkan sistem pembelajaran elektronik untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Penelitian ini membahas penggunaan MOODLE sebagai sebuah aplikasi pada pengajaran pemahaman membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan penggunaan MOODLE dalam pengajaran pemahaman membaca dan untuk menemukan korelasi antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan pemahaman membaca mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya adalah empat puluh pelajar SMP Perdana Kusuma Jakarta yang dibagi menjadi dua kelompok. Dua puluh pelajar berada pada kelas kontrol dan dua puluh pelajar berada pada kelas eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi MOODLE dapat meningkatkan pemahaman membaca pelajar terhadap teks naratif. Selain itu, terdapat korelasi yang signifikan antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan peningkatan pemahaman membaca mereka.

ABSTRACT
The development of information and communication technology ICT requires educational institutes to utilize e learning system in order to increase learning effectiveness and flexibility. The study discusses the use of MOODLE as an application in teaching reading comprehension. In this case, the students are be active, independent, and responsible. This study aimed at measuring the effectiveness of using MOODLE application in teaching reading comprehension at SMP Perdana Kusuma Jakarta and finding out the correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and their reading comprehension. The research used a quantitative method. The samples were forty students of SMP Perdana Kusuma Jakarta. They were divided into two groups. Twenty students were in the control group and the other twenty students were in experimental group. The results showed that used MOODLE application can improve students rsquo comprehension of narrative texts. Moreover, there was a significant correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and improvement of their reading comprehension. "
2018
T49582
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Indira Budiwan
"Proses belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada setiap orang selama hidupnya. Teori kognitif menekankan tiga aspek yang saling berhubungan di dalam belajar (Resnick, 1989). Aspek yang pertama adalah belajar adalah proses penyusunan pengetahuan, bukan hasil rekaman ataupun penghisapan (absorption). Aspek yang kedua adalah belajar tergantung kepada pengetahuan yang telah dimiliki (knowledge dependenf). Aspek yang terakhir adalah belajar tergantung kepada lingkungan belajar. Hal yang dapat menolong terjadinya proses belajar yang efektif adalah dengan penggunaan mindtools atau yang dikenal dengan cognitive tools. Mindtools merupakan alat bantu yang memfasilitasi memahami suatu konsep atau pengetahuan (Jonassen, 1996). Sebagai salah satu media pendukung belajar efektif, komputer telah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan kita.
Penelitian bertujuan untuk meneliti pengaruh Concept Mapping sebagai alat bantu dalam membaca teks pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada subyek yang menggunakan CM dan yang tidak menggunakan CM setelah sebelumnya subyek diberikan bacaan. Pada subyek yang menggunakan CM, subyek diminta untuk membuat concept map sebelum menjawab pertanyaan.
Dari hasil penelitian, lebih banyak subyek yang memakai CM mengintegrasikan ide yang mereka peroleh dari bacaan dengan ide yang mereka miliki sebelumnya. Subyek yang memakai CM juga dapat mengingat lebih banyak ide tiga minggu setelah membaca bacaan.
Dari hasil ini peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan CM, subyek cenderung menunjukkan pemahaman yang diperoleh melalui interpretation. Namun, pada subyek yang menggunakan CM dan bekerja di dalam kelompok, kecenderungan itu tidak terlihat. CM juga tidak dapat dikatakan berpengaruh terhadap memory retention pada subyek. Subyek yang memakai CM juga banyak mengelaborasi ide yang mereka peroleh dengan pengalaman mereka sendiri atau dengan diri mereka sendiri. Subyek yang mengelaborasi ide mereka juga mempunyai ingatan yang lebih baik mengenai bacaan yang mereka baca."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
S2912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifki Oktoviandry
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara penguasaan kosakata kognat bahasa Inggris-Indonesia pelajar Madrasah Aliyah MA dengan kemampuan membaca bahasa Inggris mereka serta untuk mengetahui sikap mereka terhadap kosakata kognat bahasa Inggris-Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 48 pelajar Madrasah Aliyah Negeri MAN Muara Labuh, Solok Selatan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori kosakata kognat Park dan Dronjic: 2013 . Tes kosakata dan tes membaca bahasa Inggris dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat penguasaan kosakata kognat bahasa Inggris-Indonesia dengan kemampuan membaca bahasa Inggris mereka. Untuk mengetahui sikap pelajar terhadap kosakata kognat diberikan instrumen berupa kuesioner dan stimulated recall. Dari hasil olah data penelitian ditemukan bahwa nilai kosakata kognat bahasa Inggris-Indonesia pelajar MA masih sangat rendah dengan nilai rata-rata 43 dari total nilai yaitu 100. Sementara itu, nilai rata-rata tes kemampuan membaca bahasa Inggris berada pada kategori kurang dengan rata-rata 47 dari total nilai 100.Setelah dianalisis, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata kognat bahasa Inggris-Indonesia dengan kemampuan membaca untuk pemahaman bahasa Inggris. Terakhir, Berdasarkan hasil kuesioner, juga diperoleh bahwa para pelajar MA memiliki sikap yang positif terhadap kosakata kognat bahasa Inggris-Indonesia.

ABSTRACT
This research aimed at identifying correlation of English Indonesias Cognate rsquo s Mastery of Madrasah Aliyah Students and their reading comprehension skills in English and also knowing the attitude of the students toward English Indonesian cognate. The research used a mix method, quantitative and qualitative. The samples were 48 students of Madrasah Aliyah Negeri MAN Muara Labuh Solok Selatan, Sumatera Barat. The theory used in this research is the theory of cognates Park and Dronjic 2013 . Vocabulary test and reading comprehension test were conducted to identify student rsquo s mastery of English Indonesian cognates and English reading comprehension. A questionnaire was also distributed to know students rsquo attitude toward English Indonesian cognates. The finding showed that the students rsquo score on the cognate test was low with an average of 43 from total score which is 100. Meanwhile, the score of English reading comprehension test was also low with an average of 47. The analysis showed that there was a significant correlation between the mastery of English Indonesian cognates and English reading comprehension skills . Based on the questionnaire, it was found that the students have a positive attitude toward English Indonesian cognates."
2017
T49327
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ninette Putri Mustika
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara keterlibatan orang tua dan keterampilan pemahaman bacaan, baik tingkat kognitif maupun metakognitif, pada siswa SD kelas 3 dengan status sosial ekonomi rendah. Pengukuran keterlibatan orang tua dilakukan menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari Parental Support for Learning Scale PSLS yang disusun oleh Rogers, Markel, Midgett, Ryan, dan Tannock 2014 . Pemahaman bacaan tingkat kognitif diukur menggunakan alat ukur Indonesia Membaca yang dikembangkan oleh Save the Children 2015 . Kemudian pemahaman bacaan tingkat metakognitif diukur dengan alat ukur milik Royanto 2012 dengan menggunakan protokol membaca dengan topik burung hantu. Partisipan pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas 3 SD yang tinggal di Kabupaten Indamayu, Jawa Barat. Teknik analisis yang digunakan adalah partial correlation karena inteligensi anak merupakan variabel yang dikontrol. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara keterlibatan orang tua dan keterampilan pemahaman bacaan, baik pada tingkat kognitif maupun metakognitif. Selain itu, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara lama belajar anak di rumah dan keterlibatan orang tua.

ABSTRACT
The objective of this research is to investigate the relationship between parental involvement and reading comprehension, in cognitive and metacognitive level, on elementary students grade 3 with low socioeconomic status. Parental involvement is measured with adaptation of Parental Support for Learning Scale PSLS which was created by Rogers, Markel, Midgett, Ryan, dan Tannock 2014 . Reading comprehension in cognitive level is measured with Indonesia Membaca scale created by Save the Children 2015 . Reading comprehension in metacognitive level is measured with reading comprehension scale created by Royanto 2012 which use reading passages to investigate metacognitive strategies. Characteristic of this research participant is 3rd grade elementary school in Indramayu Regency, West Java N 31 . This study is using partial correlation for statistical analysis because intelligence variable is being controlled. The result showed that there is no significant correlation between parental involvement and reading comprehension in cognitive and metacognitive level. Results also indicated that child rsquo s duration of study at home correlated with parental involvement. Further research will discuss about these variables."
2017
S69628
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmala Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh story mapping terhadap peningkatan hasil belajar membaca dan menulis peserta didik SMP, dengan desain penelitian yang termasuk kedalam penelitian semu (quasi experiment). Untuk mengukur apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diajarkan dengan teknik story mapping dan kelas yang tidak diajarkan dengan teknik tersebut. Data penelitian dianalisis menggunakan pengujian N-gain (Normalized Gain), dan uji hipotesis menggunakan uji t (t-test). Hasil N-gain yang diperoleh menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dengan teknik story mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis dengan ukuran efek (effect size) pada klasifikasi yang tinggi. Sementara hasil t-test yang diperoleh terhadap hasil belajar membaca dan menulis adalah t-hitung > t-tabel. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berarti H0 ditolak, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar membaca dan hasil belajar menulis peserta didik pada kelas eksperimen yang diterapkan teknik story mapping,yang lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan teknik tersebut."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>