Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134836 dokumen yang sesuai dengan query
cover
I Made Suparta
"Disertasi ini mengkaji teks Putru Kalpasan PK MM yang merupakan salah satu genre sastra-tutur, khususnya tutur-eskatologis. PK MM merupakan teks sakral yang digunakan sebagai tuntunan praktis dalam tata upacara penyucian dan pemujaan roh leluhur yang disebut ritual ddha pada masa Jawa Kuno. Di antara keenam teks Jawa Kuno yang digunakan, empat naskah berupa lontar Borassus flabellifer , yang ditulis dengan aksara Buda, dan dua naskah kertas beraksara Jawa Baru. Kajian kritik teks textual criticism dengan metode stemma dari Karl Lachmann 1850 . Metode edisi teks yang ditempuh adalah edisi diplomatik secara paralel paralel diplomatic edition and edisi kritik.Kajian eskatologi, khususnya dari sudut personal eschatology eskatologi-kal pasan mengasilkan temuan cukup signifikan. Pertama, teks PK MM ini merupakan teks pertama dalam khazanah naskah Jawa yang menerangkan tata upacra sesaji ddha dari masa Jawa Kuno. Kedua, konsep kal pasan absorption yang dipahami sebagai ldquo;pembebasan rdquo; roh dari noda daamala pada ritual hambukur menjadi conditio sine quanon dalam pembayatan pitara menjadi Dewa Pitara ldquo;jiwa menjadi dewa rdquo; . Ketiga, penggubah teks PK Merapi-Merbabu menampilkan pemikiran eskalotogis dengan berpusat pada kosmologi Jawa, yakni mendudukkan Bhara Guru sebagai dewa tertinggi di Winduppt, kahyangan tertinggi dari 29 swarga. Hal ini menggambarkan adanya kesinambungan pemikiran keagamaan dari masa Jawa Kuno abad ke-9 mdash;15 M yang diwariskan sebagai teks kosmo-eskatologis dalam tradisi Sastra-Ajar di gunung Merapi-Merbabu pada abad ke-16 Masehi. Kata Kunci: Putru Kal pasan, eskatologi Jawa Kuno, sajirddha, Dewa Pitara, Sastra-Ajar, skriptorium Merapi-Merbabu.

ABSTRACT
This dissertation examined the text Putru Kal pasan PK which is one of tutur literary genres, especially an eschatological-tutur. PK Merapi-Merbabu is a sacred text that is used as a practical guidance for rites of purification and worship ancestral spirits called Shr ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ddha. Among the six of Old Javanese texts used, there are four palm-leaf manuscripts Borassus flabellifer written in the so-called Buda, and two paper manuscripts in the Javanese alphabets. The study of textual criticism with stemma method of Karl Lachmann 1850 . Text edition method applied are a parallel diplomatic edition and critical edition. To understand the meaning of the lsquo;content rsquo;, this edtion is completed by translation into Indonesian. Eschatological studies, particularly from the point of personal eschatology kal ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?pasan results in several significant findings. First, the text PK Merapi-Merbabu is the first text found in the treasures of the Java script in detail explaining the rites of offerings from the Old Javanese for Shr ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ddha ritual purposes. Second, the concept kal ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?pasan absorption understood as liberation of the soul of da ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?amala stains in the hambukur has become conditio sine quanon in purification pitara to become Dewa Pitara ancestral spirits who become a god . Third, the author of text PK featuring eskalotogical thought with a focus on Javanese cosmology puts Bh ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ara Guru as the supreme god in Windup ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?p ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?t, the highest celestial of 29 heavens. It is illustrates the continuity of religious thought from the Old Javanese era in the 9th mdash;15th century that inherited as a cosmo-eschatological text into the Sastra-Ajar tradition in the Merapi-Merbabu volcano in the 16th century. Keywords: Putru Kal ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?pasan, Old Javanese eschatology, Bh ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ara Guru, Shr ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ddha offerings, Dewa Pitara, Sastra-Ajar, scriptorium of Merapi-Merbabu volcano."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
D2471
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Musavi Lari, Mujtaba
Jakarta: Lentera, 2002
236.2 SAY a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Heno Wijayanto
"Aji Saraswati (AS) merupakan teks yang berisi panduan ritual literasi dalam tradisi Siwaisme di Nusantara. Pada umumnya, mayoritas teks AS yang dikenal adalah yang berasal dari tradisi Siwaisme di Bali, sedangkan dalam tradisi Jawa belum dikenal secara luas. Dalam penelitian ini membahas teks AS yang berasal dari tradisi Jawa, khususnya koleksi skriptorium Merapi-Merbabu. Teks AS yang berasal dari skriptorium Merapi-Merbabu merupakan sekumpulan fragmen yang berasal dari hipogram teks Bhima Swarga (BhS), Gaṇapati-tattwa (GP), Uttarasabda (US), Dharma Pātañjala (DhP), Wṛhaspati-tattwa (Wrh), Tattwajñāna (TJ), dan Jñānasiddhânta (JS). Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan studi intertekstualitas antara teks AS MM dengan hipogram disertai fungsi ritual literasi. Studi intertekstualitas tersebut selanjutnya dilakukan analisis fungsi berdasarkan sekuen-sekuen dalam teks hipogram yang bertransformasi dalam teks AS MM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Langkah kerja filologi seperti inventarisasi, deskripsi, perbandingan teks, edisi teks, dan terjemahan dilakukan dalam penelitian ini untuk menghasilkan edisi teks yang dapat dipahami masyarakat luas. Teori intertekstualitas dari Rifattere (ekspansi dan konversi) dan Pradotokusumo (modifikasi dan ekserp) digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan gejala hipogram dalam teks AS MM dari teks hipogram. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan secara tekstual bahwa terdapat delapan sekuen teks yang bertransformasi ke dalam teks AS MM. Delapan sekuen yang bertransformasi di antaranya: (1) Asosiasi Trikaya Paramārtha dengan aspek-aspek produksi manuskrip; (2) Posisi Dewi Saraswati; (3) Posisi aksara vokal atau swara; (4) Hakikat aspek dualitas; (5) Hakikat Oṁ Awighnamastu; (6) Mantra ritual literasi; (7) Asosiasi Dewata dengan api; dan (8) Unsur fisiologi. Seluruh sekuen transformasi teks BhS ke dalam teks AS MM merupakan transformasi dari teks prosa naratif dalam bentuk śāstric menjadi teks mantra yang bersifat mistik-magis. Teks mantra dalam AS MM berfungsi sebagai tuntunan dalam ritual literasi di lingkungan skriptorium Merapi-Merbabu.

Aji Saraswati (AS) is a text that contains guidelines for literacy rituals in the Shivaist tradition in Indonesia. In general, the majority of known AS texts originate from the Shivaism tradition in Bali, while the Javanese tradition is not yet widely known. This research discusses AS texts originating from the Javanese tradition, especially the Merapi-Merbabu scriptorium collection. The AS text originating from the Merapi-Merbabu scriptorium is a collection of fragments originating from the hipograms of the texts Bhima Swarga (BhS), Gaṇapati-tattwa (GP), Uttarasabda (US), Dharma Pātañjala (DhP), Wṛhaspati-tattwa (Wrh), Tattwajñāna ( TJ), and Jñānasiddhânta (JS). The aim of this research is to apply intertextuality studies between AS MM texts and BhS as their hypograms. The intertextuality study was then carried out by functional analysis based on the sequences in the hypograms text which were transformed into AS MM text. This research uses a qualitative approach. Philological work steps such as inventory, description, text comparison, text edition, and translation are carried out in this study to produce text editions that can be understood by the wider community. Rifattere's theory of intertextuality (expansion and conversion) and Pradotokusumo (modification and excerpt) is used in this study to determine the hypogrammatic phenomena in AS MM text from hipogram text. The results of this study are that there are eight text sequences that are transformed into AS MM text. The eight transformed sequences include: (1) Trikaya Paramārtha's association with aspects of manuscript production; (2) Position of Goddess Saraswati; (3) Position of vowel or swara characters; (4) The essence of the aspect of duality; (5) The Reality of Oṁ Awighnamastu; (6) Literacy ritual spells; (7) God's association with fire; and (8) Physiological elements. The entire transformation sequence of hypograms text into AS MM text is a transformation from narrative prose text in śāstric form to mantra text. The text of the spell in AS MM is used in literacy rituals in the Merapi-Merbabu scriptorium environment."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ahmad Haris As-Suhaimi
Singapore: Nusantara Books , 2016
297.23 AHM r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional , 2013
091 DAJ
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yosephine Divia Ayu Gita
"Orientasi Religi diartikan sebagai cara pandang individu mengenai kepercayaan maupun agamanya. Orientasi Religi masyarakat Jawa dipandang sebagai pedoman hidup yang menganutnya. Pedoman hidup maksudnya adalah sebagai batasan maupun aturan bagi diri sendiri supaya tingkah lakunya tertata dan tidak melewati batas.Piwulang Kasampurnaning Ngagesang (PKN) merupakan naskah Jawa yang isinya membahas tentang orientasi religi masyarakat Jawa yang perlu untuk dianut supaya hidupnya dapat menuju kepada kesempurnaan hidup. Teks PKN ditulis dengan huruf Jawa dalam bahasa Jawa ragam krama yang saat ini sudah tidak begitu dipahami lagi oleh masyarakat Jawa. Berdasarkan hal tersebut, kemudian muncul pertanyaan tentang bagaimana cara agar teks PKN dapat dipahami oleh pembaca masa kini? Pertanyaan kedua mengenai bagaimana nilai religi yang terkandung dalam teks dapat diamalkan sebagai arahan manusia agar mencapai kesempurnaan hidup? Tujuan penelitian ini adalah menampilkan teks PKN dan mengungkapkan kandungan isi teksnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian filologi, dan kandungan isi teksnya dianalisis dengan pendekatan religi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa naskah PKN merupakan naskah piwulang yang memuat sistem religi orang Jawa. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa secara filologis teks ini masih banyak kesalahan penulisan dan diberikan perbaikan dengan memberi tanda-tanda, sedangkan berdasarkan isi teks PKN dapat dikatakan bahwa untuk dapat mencapai kesempurnaan hidup adalah dengan menganut nilai ajaran hidup dan religius yaitu orientasi religi Jawa yang diajarkan dalam teks.

Religious orientation is defined as an individual's perspective on beliefs and religions. The religious orientation of the Javanese society is seen as a way of life for those who adhere to it. Guidelines for life are limits and rules for oneself so that one's behavior is orderly and does not cross the line. Piwulang Kasampurnaning Ngagesang (PKN) is a Javanese text that discusses the religious orientation of Javanese society that needs to be embraced in order to lead to the perfection of life. The text of the PKN is written in Javanese letters in Javanese with a variety of manners which currently cannot be understood by the Javanese people anymore. Based on this, the question then arises about how to make the PKN text acceptable to today's readers? The second question is how can the religious values ​​contained in the text be practiced as a human directive in order to achieve the perfection of life? The purpose of this study is to display the PKN text and reveal the contents of the text. The method used in this research is a philological research method, and the content of the text is analyzed with a religious approach. The results of this study indicate that the PKN script is a piwulang script that contains the Javanese religious system. Based on this, it can be said that philologically there are still many writing errors and giving corrections by giving signs, while based on the contents of the PKN text it can be said that to achieve the perfection of life is to apply the values of life and religious teachings taught which is religious orientation in the text."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Roads to Paradise: Eschatology and Concepts of the Hereafter in Islam offers a multi-disciplinary study of Muslim thinking about paradise, death, apocalypse, and the hereafter. It focuses on eschatological concepts in the Quran and its exegesis, Sunni and Shi i traditions, Islamic theology, philosophy, mysticism, and other scholarly disciplines reflecting Islamicate pluralism and cosmopolitanism. Gathering material from all parts of the Muslim world, ranging from Islamic Spain to Indonesia, and the entirety of Islamic history, this publication in two volumes also integrates research from comparative religion, art history, sociology, anthropology and literary studies. Unparalleled and unprecedented in its scope and comprehensiveness, Roads to Paradise promises to become the definitive reference work on Islamic eschatology for the years to come."
Leiden: Brill, 2017
e20497995
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Idham Akbar
"Prasasti adalah sumber tertulis yang berisikan penetapan sima, keputusan hukum (jayapattra), kutukan (sapatha), utang piutang, dan tindakan pidana dikenai denda (sukhaduhka). Kajian sukhaduhka khususnya Jawa Kuno sudah pernah dibahas tetapi belum dibahas secara mendalam terkait dengan hukum pidana. Penelitian ini akan mengidentifikasi tindak pidana pada prasasti masa Jawa Kuno abad IX-XV Masehi dan menjelaskan relevansi bentuk penyelesaian hukum masa Jawa Kuno dengan bentuk penyelesaian hukum masa kini. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari tiga tahapan metode arkeologi yaitu pengumpulan data, pengolahan data, dan penafsiran data. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa sukhaduhka merupakan tindakan yang dikenai denda yang dikeluarkan oleh raja pada prasasti untuk menciptakan keamanan dan ketertiban pada lingkungan masyarakat Jawa Kuno. Sukhaduhka dapat digolongkan menjadi empat jenis bentuk pelanggaran yaitu berupa tindak kejahatan pidana yang menggunakan kalimat, fisik, perkelahian dan fitnah. Membahas relevansi bentuk hukum melakukannya dengan analisis perbandingan yang hasilnya adalah peraturan hukum masa kini masih memiliki relevansi dengan peraturan hukum yang digunakan pada masa Jawa Kuno.

The inscription is a written source containing the determination of sima, legal decisions (jayapattra), curses (sapatha), debts and criminal act (sukhaduhka). The research of sukhaduhka, especially Ancient Javanese, has been discussed but has not been discussed in depth related to criminal law. This study will identify criminal act in Ancient Javanese inscriptions in the IX-XV centuries AD and explain the relevance of forms of legal settlement in the Ancient Javanese period with forms of present legal settlements. The research method used consists of three stages of archaeological methods, namely data collection, data processing, and data interpretation. The results it was found that sukhaduhka is an act that is subject to a fine issued by the king on the inscription to create security and order in the ancient Javanese community. Sukhaduhka can be classified into four types of violations, namely in the form of criminal acts that use sentences, physical, fights, and slander. Discussing the relevance of legal forms, we do this by means of a comparative analysis, the result of which is that today's legal regulations still have relevance to the legal regulations used in ancient Javanese.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Teks Agama Hindu yang memuat judul Putru Kalepasan, menguraikan nasehat pendeta utama yang telah lanjut usia, perincian isi sesajen serta lambang-lambang yang terkandung di dalamnya untuk upacara ngarorasin (bayi berumur 12 hari). Disinggung pula jenis-jenis meru (stana para dewa). Informasi penulisan teks asli tidak ditemukan secara jelas. Menurut kolofonnya (h.11a), naskah disalin (atau diprakarsai ?) oleh I Gusti Putu Jlantik pada tahun 1897 di Singaraja, Bali."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
AH.28-LT 211
Naskah  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>