Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138498 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Qonita Sholiha
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas tentang evaluasi sistem otomasi manajemen rekod e-Library di Record Management Kangean Energy Indonesia Ltd. Evaluasi yang dilakukan pada e-Library mencakup implementasi sistem berdasarkan tujuan pembuatannya dan evaluasi kesesuaian e-Library dengan persyaratan sistem otomasi manajemen rekod. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kesesuaian e-Library dengan tujuan awal pembuatan sistem dan evaluasi kesesuaiannya dengan persyaratan sistem otomasi manajemen rekod. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode evaluasi. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Adapun data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasinya, e-Library telah mencapai tujuan khususnya pada kemudahan temu kembali. Dari ke lima persyaratan sebagian besar telah dipenuhi, namun salah satu fungsi utama dalam pengelolaan rekod pada sistem belum terpenuhi yaitu fungsional penyusutan. Secara manual penyusutan belum dilakukan sehingga sistem belum dapat mengakomodasi penyusutan rekod. Dalam rangka optimalisasi fungsi sistem sebaiknya pihak Record Management mempertimbangkan untuk melakukan penyusutan terhadap rekod.

ABSTRACT
This study discusses the evaluation of the record management automation system (e-Library) at Kangean Energy Indonesia Ltd. The evaluation includes the implementation of the system based on its development objectives and the suitability of e-Library with the requirements of the records management automation system. This research uses descriptive qualitative approach with evaluation method. Data were obtained from structured interviews and observations. Furthermore, the primary data is processed by qualitative data processing techniques. The results show, the implementation of e-Library has achieved its development goals, especially on ease on record retrieval. The findings also show that from the five requirements used as a reference, one of the main functions, ie functional retention has not been met. This is due to manual retention has never been done, so the system has not been able to accommodate record retention. In order to optimize the function of the system, Record Management Kangean Energy Indonesia Ltd should consider retention records."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sawung Yudo Anggoro
"Skripsi ini berfokus pada evaluasi sistem otomasi manajemen rekod berdasarkan persyaratan sistem manajemen rekod di Pusat Arsip Kementerian Pertanian. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kesesuaian penerapan SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) terhadap persyaratan sistem manajemen rekod. Mengidentifikasi hambatan - hambatan yang muncul pada dihadapi oleh arsiparis maupun para pengguna dalam mencari dokumen melalui SIKD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Adapun evaluasi sistem otomasi manajemen rekod tersebut dilihat dari beberapa persyaratan sistem manajemen rekod berdasarkan teori Kennedy, yaitu persyaratan fungsional, persyaratan teknis, persyaratan integrasi, persyaratan pendukung pemakai, persyaratan untuk mengelola berbagai jenis rekod. Hasil dari penelitian ini merupakan evaluasi mengenai penerapan sistem otomasi manajemen rekod berdasarkan persyaratan sistem manajemen rekod. Penelitian menyimpulkan bahwa sistem otomasi manajemen rekod sudah cukup memenuhi persyaratan fungsional sistem otomasi manajemen rekod, meskipun belum sepenuhnya persyaratan terpenuhi.

This study focuses on discussion about the evaluation an automated records management system in recordkeeping system by records management system requirements at Pusat Arsip Kementerian Pertanian. The purpose of this research is to evaluate the implementation of automated records management system that was complied requirements of records management system and to identify obtacles faced by archivist and user in the process of information retrival using SIKD. This research applied qualitative research with case study method. The evaluation of records management system was analyzed based on the Kennedy’s theory of records management system requirements which covers : functional requirements, technical requirements, integration requirements, user/operator support requirements, requirement to manage different record types. The result from this research is the evaluation of implementation an system requirements. The result of this research shows that the development automated records management system wasn’t yet optimal in accordance with existing standards."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47328
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Mayesti
"Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan perancangan sistem otomasi manajemen rekod inaktif yang memenuhi persyaratan sistem manajemen rekod serta tepat untuk diimplementasikan pada Pusat Rekod Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pada penelitian ini adalah SDLC (Systems Development Life Cycle) yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis terhadap sistem manajemen rekod inaktif di Pusat Rekod FIB UI berdasarkan investigasi awal yang dilanjutkan dengan penentuan persyaratan sistem yang akan dibangun, desain sistem otomasi manajemen rekod inaktif, perencanaan strategi implementasi untuk mcngubah sistem yang lama menjadi sistem otomasi yang baru dan perencanaan evaluasi guna mcmantau dan memberi nilai tambah bagi sistem yang telah diimplementasikan tersebut.
Investigasi awal berupa studi kelayakan dilaksanakan dengan cara observasi studi literatur dan wawancara dengan berbagai pihak terkait. Selanjutnya dilakukan penyiapan spesifikasi yang rinci mengenai persyaratan yang dibutuhkan oleh Sistem Otomasi Manajemen Rekod Inaktif dengan memperhatikan situasi dan kondisi FIB UI serta landasan teori dalam mengembangkan sistem manajemen rekod. Tahap desain yang dilakukan meliputi desain awal (konseptual), pembuatan prototype, dan desain terinci (fisik). Model data dibuat dengan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity-Relationship Diagrams (ERD). Rencana strategi implementasi yang diusulkan adalah bertahap (phase-in strategy). Rencana evaluasi yang diusulkan adalah eksperimen menggunakan instrumen Kuesioner yang dilengkapi dengan Daftar Periksa (checklist) Kriteria Evaluasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan perancangan sistem otomasi manajemen rekod inaktif yang memenuhi persyaratan sistem manajemen rekod serta tepat untuk diimplementasikan pada Pusat Rekod Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pada penelitian ini adalah SDLC (Systems Development Life Cycle) yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis terhadap sistem manajemen rekod inaktif di Pusat Rekod FIB UI berdasarkan investigasi awal yang dilanjutkan dengan penentuan persyaratan sistem yang akan dibangun, desain sistem otomasi manajemen rekod inaktif, perencanaan strategi implementasi untuk mcngubah sistem yang lama menjadi sistem otomasi yang baru dan perencanaan evaluasi guna mcmantau dan memberi nilai tambah bagi sistem yang telah diimplementasikan tersebut.
Investigasi awal berupa studi kelayakan dilaksanakan dengan cara observasi studi literatur dan wawancara dengan berbagai pihak terkait. Selanjutnya dilakukan penyiapan spesifikasi yang rinci mengenai persyaratan yang dibutuhkan oleh Sistem Otomasi Manajemen Rekod Inaktif dengan memperhatikan situasi dan kondisi FIB UI serta landasan teori dalam mengembangkan sistem manajemen rekod. Tahap desain yang dilakukan meliputi desain awal (konseptual), pembuatan prototype, dan desain terinci (fisik). Model data dibuat dengan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity-Relationship Diagrams (ERD). Rencana strategi implementasi yang diusulkan adalah bertahap (phase-in strategy). Rencana evaluasi yang diusulkan adalah eksperimen menggunakan instrumen Kuesioner yang dilengkapi dengan Daftar Periksa (checklist) Kriteria Evaluasi.

The purpose of this research is to design in-active records management automation system that applied requirements of records management systems and right to be implemented at Faculty of Humanities, University of Indonesia.
Systems development method in this research is SDLC (Systems Development We Cycle). It consists analysis phase that defining and investigating the problem of in-active records management systems at Faculty of Humanities, University of Indonesia, systems design phase, implementation strategy plan in which the new system is installed and put to use, system evaluation plan to identify its strengths and weaknesses and modify the system.
Preliminary investigation is to examine the Feasibility of systems development. Observation, document examination and interviews were used as data collection techniques. The second phase is requirements determination of in-active records management automation systems, in which the current situation of Faculty of Humanities Records Centre was studied and compared with theory of the records management systems development. Design phase has three steps: preliminary (conceptual) design. Prototyping, and detailed (physical) design. Data Flow Diagram (DFD) was used as data models in conceptual design, and Entity-Relationship Diagrams (ERD) was used in physical design. Proposed implementation strategy plan is phase-in strategy, and evaluation plan is experiment that use questionnaire with criteria of evaluation checklist.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T12591
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Nawafella Alya Parangu
"Dalam lingkup sebuah universitas yang notabene memiliki volume arsip tinggi, Electronic Records Management System (ERMS) hadir sebagai solusi untuk memfasilitasi pengelolaan dan pelestarian arsip baik dalam format digital maupun nondigital. Dalam menghadapi tantangan industri 4.0 dimana kebutuhan masyarakat akan informasi cukup tinggi sehingga diperlukan ketersediaan informasi yang dapat diperoleh dengan tepat dan cepat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketergunaan SEKAR (Sistem Elektronik Kearsipan) bagi arsiparis. SEKAR merupakan ERMS berbasis web yang open source dan dibuat dengan menggunakan AtoM 2.3.1 yang dikelola oleh Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan Sistem SEKAR sangat membantu pekerjaan arsiparis dalam mengelola arsipnya dengan lebih mudah. Selain itu, berdasarkan (5) lima dimensi yang diteliti yakni learnability, effectivity, memorability, error, dan satisfaction SEKAR menunjukkan tingkat usability atau tingkat ketergunaan yang baik.

Within the scope of universities which incidentally have high archive volumes, Electronic Record Management System (ERMS) is present as a solution to facilitate the management and preservation of archives both in digital and non-digital formats. In facing the challenges of industry 4.0 where the public's need for information is high enough so that the availability of appropriate and quickly obtained information is needed. This study aims to determine the usability of SEKAR (Sistem Elektronik
Kearsipan) for archivists. SEKAR is an open source web-based ERMS that was created using AtoM 2.3.1 managed by the University of Indonesia The research method used is descriptive quantitative and sampling is done by purposive sampling. The results of the research show that SEKAR system is very helpful for archivists in managing their
archives more easily. In addition, based on the five (5) dimensions studied namely learnability, effectivity, memorability, error, and satisfaction, SEKAR shows a good level of usability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susi Rachmadhani S.
"Skripsi ini membahas evaluasi SIM-Record (Sistem Informasi Manajemen- Record) dengan melihat tujuan awal pembuatannya, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihannya, serta melihat sudah memenuhi persyaratan sistem otomasi manajemen rekod atau belum. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa jika membuat suatu sistem otomasi sebaiknya menggunakan dan disesuaikan dengan pedoman yang sudah ada terutama untuk persyaratan fungsional, memperhatikan maintenance pada jaringan LAN agar sistem dapat digunakan secara bersamaan, staf Record Center I Badan Litbang Kementerian Pertanian juga harus dapat memaksimalkan pengembangan SIM-Record dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada Ms. Access.

This thesis discusses the evaluation of SIM-Record (information systems management-Record) by looking at the original purpose of creation, identify deficiency and the advantage , and saw they passed the requirements system automation management rekod or not . This research using qualitative methods and case studies presented by descriptive. At the end, results of the research suggest that, if making an automation system should use and customized to the guidelines already existing especially for functional requirements, pay attention to maintenance in LAN network so that systems can be used simultaneously, Staff Record Center I Badan Litbang the Ministry of Agriculture should be able to maximize the development of SIM-Record by using a feature that are found on Ms. Access ."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42627
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Milky Umar
"Pengendalian persediaan pada suatu perusahaan merupakan suatu hal yang penting karena persediaan adalah suatu asset yang memiliki nilai cukup tinggi dalam suatu perusahaan. Penelitian ini adalah untuk memperoleh model persediaan material MRO dalam upaya penurunan biaya persediaan menggunakan sistem Min-Max. Agar perhitungan menjadi lebih komprehensif, dilakukan pemilihan material yang dijadikan sebagai objek penelitian dengan menggunakan klasifikasi ABC dan kriteria fast moving dan menghasilkan 23 material yang terpilih.
Peramalan juga dilakukan kepada setiap material dengan melihat pola permintaan dari material itu sendiri, metode peramalan Croston diperuntukkan bagi permintaan yang berpola lumpy /intermittent, sedangkan Single Exponential Smoothing untuk permintaan yang berpola regular.
Hasil dari penelitian ini adalah jumlah pesan ekonomis (Q*), titik pemesanan kembali (Min*), persediaan pengaman (SS), serta tingkat persediaan maksimum (Max*). Dari perhitungan penelitian dengan menggunakan sistem Min-Max dan dibandingkan dengan sistem Min-Max eksisting, diperoleh hasil optimalisasi biaya persediaan dalam setahun sebesar 41%.

Inventory control in companies is an important thing because inventory is an asset that has a high value for companies. This studys objective is to obtain MRO material inventory model in order to decrease inventory cost using Min-Max system. In order for the calculation to be more comprehensive, The selection materials for the object of the research are 23 materials that selected based on the ABC Classification and the fast moving criteria.
Forecasting is applied for each material by looking at the demand pattern of the material itself, Crostons forecasting method is used for lumpy / intermittent patterned demand, while Single Exponential Smoothing for regular patterned demand.
The results of this study are the number of economic order quantity (Q *), reorder point (Min *), safety stock (SS), maximum inventory levels (Max*). From the calculation of research by using Min-Max system and compared with existing Min-Max system, obtained the result of the optimization of inventory cost in yearly by 41%.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwanto Putra
"Penelitian ini membahas tentang Kerja Sama Pengembangan Sistem Manajemen Rekod di Departemen Knowledge Management PT Rekayasa Industri yang mendeskripsikan proses kerja sama yang melibatkan tim konsultan dan tim PT Rekayasa Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi ini, dengan para informan yang ditentukan berdasarkan purposive sampling ini dilakukan pada Mei 2013-Desember 2013. Hasil temuan penelitian menunjukkan, bahwa pada dasarnya pengembangan Sistem Manajemen Rekod di PT Rekind, didasarkan pada kebutuhan praktis yaitu pertimbangan beban ekonomi yang timbul untuk penyimpanan rekod di offsite storage. Proses kerja sama di PT Rekind, antara tim konsultan dengan tim PT Rekind berlangsung dalam tiga tahapan, yaitu tahap pra kerja sama, tahap proses kerja sama, dan tahap pasca kerja dan menghasilkan kesimpulan sementara hasil kerja sama. Setiap individu dari anggota tim yang saling bekerja sama memiliki pemahaman dan kepentingan yang berbeda-beda terhadap pengalamanan kerja sama pengembangan sistem manajemen rekod. Kerja sama yang berlangsung melalui proses interaksi, merupakan arena untuk saling berbagi dan berharap untuk mendapatkan pengetahuan baru, membangun hubungan sosial yang sinergis dan, saling menukar modal yang dimiliki. Hasil dari kerjasama pengembangan sistem manajemen rekod berupa seperangkat produk tools sistem manajemen rekod yang terdiri atas kebijakan/policy, prosedur, dan petunjuk teknis (works instruction) Sistem Manajemen Rekod.

This study discusses the development cooperation Record Management System in the Department of Knowledge Management PT Rekind. This research uses qualitative approach with phenomenological method. The method for a collect of data is interviews, observation, focus groups discussion and document analysis. The informants choosen with purposive sampling was conducted in May 2013 - December 2013. This research found, basically the Record Management System development in PT Rekind, over which the practical needs of economic considerations in offsite storage costs. The process of cooperation in the development of the record management system, involve between the consultant team and team of PT Rekind take place in three phases, namely pre cooperation, stage of the process of cooperation, collaboration and the post explaining the tentative conclusions in collaboration. Each individual team members working together and understanding different interests of the cooperation of experience developing record management system, cooperation takes place through a process of interaction, an arena for sharing and hope to gain new knowledge, build synergistic relationships and social capital exchange. Results of development cooperation records management system a set of tools record management system which consists of a policy, procedures, and works instruction Record Management System."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39248
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vika Amalia Rahman
"ABSTRAK
Dalam skripsi ini dilakukan evaluasi otomasi di Perpustakaan UI. Lontar (Library
Online and Digital Archive) merupakan obyek penelitian dengan cakupan masalah
penelitian berupa penerapan serta kendala teknis. penelitian kualitatif dengan
metode observasi dan studi kasus ini, mencakup evaluasi sistem otomasi yaitu
pada Modul Pengolahan, Modul Akses Katalog Online, dan Modul Sirkulasi, serta
Modul Keanggotaan. Hasil evaluasi memperlihatkan bahwa 3 modul utama sistem
Lontar telah sesuai dengan standar sistem otomasi perpustakaan.

ABSTRACT
This thesis discuss about the evaluation of automation system in UI library.
Lontar (Library Online and Digital Archive) is the research object with research
questions that include descriptions of implementation and its problems. This
qualitative research use observation and case study method to evaluate the
automation system on cataloging module; online catalog access module;
circulation control module and description of membership module. The
conclusion is the three modules that Lontar system used are suitable with standard
system of library automation."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juanitos Rizalifio
"Proses bisnis organisasi dapat didokumentasikan melalui sistem manajemen rekod terpadu dengan menggunakan arsitektur jaringan Cloud Computing. Manajemen rekod menggunakan Cloud Computing memberikan manfaat untuk dapat memproses dan menyajikan rekod organisasi secara real time dan kolaboratif sehingga meningkatkan produktivitas. Penelitian ini mengevaluasi pemanfaatan Cloud Computing dan aplikasi pengelolaan spereadsheet dalam manajemen rekod di PT. Daya Merry Persada (DMP). Standar yang digunakan untuk evaluasi adalah Principles and Functional Requirements for Records in Electronic office Environments: Guidelines and Functional Requirements for Electronic Management Systems yang dikeluarkan oleh International Council on Archives (ICA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan observasi partisipatif dan wawancara terhadap staf IT, direksi, dan bagian pelaksana. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem rekod yang dievaluasi telah memenuhi 39 dari 59 kategori yang dipilih dari pedoman ICA dan kelebihan sistem terletak kepada kemampuannya untuk melakukan identifikasi rekod, pengelolaan rekod yang autentik dan fungsi administrasi sebagai tujuan utama pembuatan sistem oleh DMP. Sistem Cloud Computing dapat mengakomodasi manajemen rekod dengan pengembangan lebih lanjut terutama di bagian retensi dan manajemen rekod tercetak.

There a possibillty to documented a business process of organization with a sophiticated cloud computing network. Record management using cloud computing have a several benefit to process dan present organization record in realtime and collaboratively to enhance productivity. This paper evaluate the use of cloud computing and spreadsheet processing on record management in PT. Daya Merry Persada (DMP). Assessment standard for this evaluation are Principles and Functional Requirements for Records in Electronic office Environments: Guidelines and Functional Requirements for Electronic Management Systems yang dikeluarkan oleh International Council on Archives (ICA). This paper use qualitative approach and the data collection done with observation and interview to an IT Staff, Directors, and Employee. The result of this paper shows that record completed 39 of 59 catgory that has been chosen from ICA guideline and the benefit of this system is the ability to perofrm record identification, manage authentic record and administration and it coexist with main purpose of the system creation by DMP. The system also have capability to be develop to further more accommodate record management in retention and printed record management."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Limbong, Dian Adelina
"Keadaan darurat merupakan situasi yang dapat mengancam keselamatan manusia serta mengakibatkan kerusakan lingkungan dan properti akibat bencana industri atau bencana alam. Kerugian dapat diminimalkan dengan menerapkan program manajemen keadaan darurat. Talisman Energy Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang tidak lepas dari ancaman kerugian akibat bencana, telah melaksanakan program manajemen keadaan darurat. Peneliti melakukan penilaian terhadap 67 komponen program manajemen keadaan darurat berdasarkan NFPA 1600 Edisi 2010 di Talisman Energy dengan desain penelitian deskriptif melalui pendekatan observasional. Hasil penelitian menunjukkan 52 komponen telah sesuai, 14 komponen sesuai sebagian, dan 1 komponen yang masih belum sesuai, yaitu terkait manajemen donasi. Baik komponen yang telah sesuai maupun belum, masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Emergency is a situation that could treaten human safety and causing property and environmental damage due to natural or industrial disasters. Losses can be minimized by implementing emergency management program. Talisman Energy Indonesia as one of the companies at risks of losses due to emergency situation, has been implementing an emergency management program. A descriptive study through observational approach had been conducted to assess 67 components of the emergency management program at Talisman Energy in accordance with NFPA 1600, standard reference used. The results showed 52 components conform, 14 components partially conform, and one component nonconform with the criteria. Conform or nonconform components still need further development."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44952
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>