Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153524 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arfindo Briyan Santoso
"Penelitian ini dilakukan untuk memperdalam pemahaman saat ini tentang campaign di social media dengan menggunakan advertising model dari Ducoffe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi nilai campaign disocial media dan konsekuensinya pada sikap serta perilaku khalayak dalam konteks spesifik dari campaign UangKita di social media Kementerian Keuangan. Survei dilakukan pada sampel kuota 232 followers dari akun-akun social media yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan. Kuesioner berbasis web digunakan untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS.
Temuan-temuan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan yang positif dari informativeness, entertainment, credibility pada social media campaign value UangKita. Nilai positif ini akan mempengaruhi sikap khalayak terhadap social media campaign UangKita dan respons perilaku mereka. Reputasi Kementerian Keuangan juga dikonfirmasi menjadi moderator dalam pengaruh tersebut. Oleh sebab itu, Kementerian Keuangan harus fokus tidak hanya pada pengembangan yang kaya akan informasi dan kredibel, tetapi juga konten yang menghibur. Selanjutnya, seluruh akun harus secara sistematis diintegrasikan oleh Kementerian Keuangan dalam strategi komunikasi mereka karena mempengaruhi sikap dan perilaku followers sebagai sasaran komunikasi, terutama ketika Kementerain Keuangan dianggap memiliki reputasi yang baik.

This research was conducted to deepen the current understanding of campaigns on social media by using advertising models from Ducoffe. The purpose of this study was to determine the factors that influence the value of campaigns on social media and their consequences on consumer attitudes and behavior in the specific context of the #UangKita campaign on the Ministry of Finances social media. The survey was conducted on a quota sample of 232 Ministry of Finance social media accounts followers. Web-based questionnaires are used to collect data which is then analyzed using the SPSS application. 
The research found that there are significant positive effects of informativeness, entertainment, credibility on #UangKitas social media campaign value. This positive value will influence the attitude of the audience towards the UangKita campaign and their behavior response. The moderator effect of the companys reputation is also confirmed in that relation. The Ministry of Finance must focus not only on developing informativeness and credibility of campaigns, but also entertaining content. Furthermore, all social media accounts must be systematically integrated by the Ministry of Finance in their communication strategies because they influence the attitudes and behavior of followers as the target of communication, especially when the Finance Ministry is considered to have a good reputation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakhri Subhana Haiti
"ABSTRAK
Perkembangan era global dimana teknologi, sarana dan infrastruktur, hingga sistem informasi saat ini berkembang sangat pesat, dan telah merubah cara-cara tradisional yang biasa digunakan dalam melakukan pemasaran. Seiring dengan perkembangan teknologi hingga sistem informasi, kemudahan dalam mengakses suatu konten telah membawa konsumen kepada penggunaan media digital berbasis online. Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial menjadi semakin populer sebagai alat bisnis dan komunikasi. Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang paling cepat perkembangannya sejak pertama kali diluncurkan, hal inilah yang membuat Instagram menjadi alat pemasaran yang efektif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui attitude dan menganalisa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi attitude pengguna Instagram terhadap aktivitas komunikasi pemasaran Instagram ads. Selain itu penelitian ini juga betujuan untuk mengetahui pengaruh attitude toward brand dan attitude toward the Instagram ads dapat mempengaruhi behavioral intention. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional descriptive research. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa baik brand attitude maupun attitude toward instagram ads sama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan antara keduanya, dan untuk brand attitude dan attitude toward instagram ads yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap behavioral intention. Dan untuk model 2, diketahui bahwa Ad Perception, Ad Credibility, Informativeness, Irritation, dan Mood memiliki pengaruh yang signifikan terhadap attitude toward the ads pada media sosial instagram.

ABSTRACT
The development of the global era where technology, facilities and infrastructure, to information systems is currently developing very rapidly, and has changed the traditional ways commonly used in marketing. Along with the development of technology to information systems, the ease of accessing a content has brought consumers to the use of online-based digital media. In recent years, social media has become increasingly popular as a business and communication tool. Instagram is one of the fastest growing social networks since it was first launched, this is what makes Instagram an effective marketing tool for the company. This study aimed to determine attitude and analyze the factors that can influence the attitude of Instagram users towards Instagram ads marketing communication activities. Moreover, this study also aimed to determine the effect of attitude towards the brand and attitude towards Instagram ads may affect behavioral intention. This is a quantitative research with cross sectional descriptive research design. Based on the results of this study, it is known that both brand attitudes as well as attitude towards Instagram ads have a significant positive effect between the two, and that brand attitude and attitude towards Instagram ads have a significant, positive effect on behavioral intention. And for model 2, it is known that Ad Perception, Ad Credibility, Information, Irritation, and Mood have a significant influence on attitude toward the ads on social media instagram
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paragitha Kusuma Wardhani
"Peningkatan pengunaan media sosial untuk beriklan memunculkan pertanyaan aspek iklan apa saja yang penting dimiliki pada sebuah iklan sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek dari paparan iklan pada media sosial yang sedang marak digunakan di Indonesia, Instagram, terhadap sikap perilaku dari konsumen terhadap iklan, merek, dan niat pembelian.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan survey yang disebarkan pada responden sampel dengan kuisioner yang dikelola sendiri. Data diolah menggunakan structural equation modelling SEM dengan LISREL 8.70.
Penelitian ini dilakukan di Indonesia dan berfokus pada pengguna Instagram serta kampanye iklan media sosial yang beredar di Indonesia. Meskipun terdapat limitasi, penelitian ini dapat membantu pemasar untuk meningkatkan efektivitas iklan untuk mendapatkan ROI yang ingin dicapai dengan iklan yang memiliki daya tarik emosional, kreativitas, informasi, dan aspek hiburan sehingga dapat meningkatkan sikap positif konsumen terhadap iklan, merek, dan niat pembelian.

The continuous growth of social media usage for advertising has sparked questions about important aspects of advertisement which could attract the customers. The purpose of this paper is to understand which aspects of the advertising exposure in the widely use social media in Indonesia, Instagram, towards the behavioral attitudes of customers toward the advertising, brand, and purchase intention.
Quantitative research was conducted by a survey among a sample respondents via self administered structured questionnaires. Data was analyzed using Structural Equation Modelling SEM using LISREL 8.70.
This study was only conducted in Indonesia which focus on Instagram user and the advertising campaign runs in Indonesia. Despite this limitation, the findings on this study enable marketers to enhance the effectiveness of their advertising campaign to reach the targeted ROI by an advertising that has emotional appealss, creativity, information, entertainment aspects to increase customer positive attitude toward the advertising, attitude toward the brand and purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50699
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhita Vidya Putri
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi online engagement pada komunikasi publik yang dilakukan oleh organisasi melalui media sosial Instagramnya, serta mendeskripsikan pesan organisasi publik dan keterlibatan publik dalam bentuk online engagement, yang dilihat dari sisi komunikasi dialogis, kekayaan media dan karakteristik pesan, dalam rangka melihat hubungan antara organisasi dengan publik. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis isi ekplanatif. Analisis isi dilakukan pada postingan Instagram Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan @ditjenperbendaharaan dari tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, yaitu sebanyak 327 postingan. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi dialogis adalah dimensi yang memiliki variabel paling banyak dan paling besar dalam mempengaruhi online engagement, jumlah like maupun jumlah comment. Faktor atau variabel yang paling berpengaruh secara signifikan pada online engagement adalah variabel tanggapan atau komentar atau jawaban atau like organisasi atas komentar atau pertanyaan publik dan variabel gambaran mengenai acara atau kegiatan organisasi. Sedangkan faktor atau variabel yang paling berpengaruh secara signifikan pada jumlah comment adalah variabel pesan ajakan untuk bertindak, variabel tanggapan atau komentar atau jawaban atau like organisasi atas komentar atau pertanyaan publik, variabel informasi mengenai produk atau layanan organisasi, variabel gambaran mengenai acara atau kegiatan organisasi dimasa kini dan gambaran mengenai rencana agenda acara atau kegiatan organisasi dimasa yang akan datang, serta variabel yang mengandung educational content.

This study aims to explain the factors that influence online engagement in public communication carried out by organizations through their Instagram social media and to describe the public organizations messages and public involvement in the form of online engagement. Both objectives are viewed from the side of dialogic communication, media richness, and characteristics of the messages, in order to see the relationship between the organization and the public. This study uses a positivistic paradigm with a quantitative approach through explanative content analysis method. Content analysis was carried out on 327 Instagram posts of the Directorate General of Treasury of the Ministry of Finance @ditjenperbendaharaan from January 1, 2020 to December 31, 2020. This study found that dialogic communication is the dimension that has largest variables and the most influencing on online engagement, the number of likes and the number of comments. The factors or variables that most significantly influence online engagement are the response variables or comments or answers or organizational likes on comments or public questions and description variables regarding organizational events or activities. In addition, the factors or variables that have the most significant influence on the number of comments are variable of call-to-action message, variable of response or comments or answers or organizational likes on comments or public questions, variable of information about organizational products or services, variable of description about the overview of recent and future organizational events or activities, and last but not least is variable that contain educational content."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
La Moriansyah
"ABSTRAK
Media sosial sering digunakan sebagai media untuk mempromosikan kampanye sosial. Kampanye stop illegal fishing merupakan salah satu kampanye yang menggunakan media sosial. Salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas kampanye tersebut adalah pesan kampanye mendapatkan sikap yang positif oleh target pengguna yang dituju. Dalam penelitian ini motivasi terhadap pesan kampaye dan motavasi untuk menggunakan media sosial dijadikan faktor yang dapat mempengaruhi sikap pengguna terhadap kampanye di media sosial. Selain itu juga dilakukan analisis pengaruh sikap pengguna terhadap kampanye dengan intensi untuk memberikan rekomendasi (word of mouth). Menggunakan metode Partial Least Square, dilakukan uji empiris untuk mengetahui hubungan motivasi, sikap, dan intensi pengguna pada kampanye di media sosial. Adapun sampel yang pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pengguna yang belum pernah dan sudah pernah melihat kampanye stop illegal fishing di media sosial. Masing-masing kelompok dianalisis secara terpisah.

ABSTRACT
Frequently social media is used for promoting social campaign. For example, Stop Illegal Fishing campaign. When users have possitive attitude toward the campaign, the effectiveness of the campaign will increasing. This research uses motivation of content-related and motivation to use social media as factors that influence users attitude toward the campaign. Moreover, this also analyze the relationship between users attitude and users intention to recommend (word of mouth). Applying Partial Least Square method, empirical test will be run to examine the relationship of motivation, attitude, and intention of social media users for social campaign. In addition, there are two group of sample in this research, which are users that have prior-exposure and users with no prior-exposure of Stop Illegal Fishing campaign in social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T44906
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Bertrand
"Perkembangan media sosial dimanfaatkan oleh pemilik brand maupun marketer menjadi channel untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen. Tidak sedikit perusahaan yang bekerjasama dengan influencer sebagai source of message untuk menawarkan produk atau brand. Namun pemilihan influencer yang tepat bukanlah hal yang mudah. Beberapa fenomena yang terjadi, pelaku usaha mendapatkan hasil yang kurang efektif dari penggunaan influencer marketing. Selain itu, dari literasi sebelumnya didapatkan bahwa kegagalan menemukan keseimbangan antara influencer dan brand dapat menghasilkan citra terbalik, yang menyebabkan kebingungan pelanggan dan sikap negatif terhadap brand. Penelitian dilakukan untuk menjawab fenomena dan permasalahan yang ada dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi attitude toward influencer di media sosial dan mencari tahu pengaruhnya terhadap brand attitude dan purchase intention. Penelitian ini merupakan pengembangan dari Theory of Planned Behavior dan elaborasi dari penelitian yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan Structure Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi attitude toward influencer diantaranya perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, dan influencer-brand congruence. Selain itu, didapatkan bahwa attitude toward influencer berpengaruh positif terhadap brand attitude dan purchase intention. Secara praktis penelitian ini memberikan gambaran bagi pelaku usaha dan pemasar mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen Indonesia terhadap influencer sehingga dapat memilih influencer yang tepat dan memberikan dampak positif terhadap brand attitude dan purchase intention. Hal ini juga membantu pelaku usaha dan pemasar untuk memahami kontribusi influencer marketing terhadap brand attitude dan purchase intention.

The development of social media is used by brand owners and marketers as a channel to communicate and interact with consumers. Many companies have collaborated with influencers as a source of message to offer a product or brand. But choosing the right influencer is not an easy thing. Some phenomena that occur, business actors get less-effective results from the use of influencer marketing. In addition, from previous literature it was found that failure to find a balance between influencers and brands can result in a reversed image, which causes customer confusion and negative attitudes towards the brand. The research was conducted to answer existing phenomena and problems by identifying factors that influence attitudes toward influencers on social media and finding out their influence on brand attitudes and purchase intentions. This research is a development of the Theory of Planned Behavior and an elaboration of previous research using Structure Equation Modeling (SEM). The results of the study show that the factors that can influence attitudes toward influencers include perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, and influencer-brand congruence. In addition, it was found that attitude toward influencers had a positive effect on brand attitude and purchase intention. Practically, this research provides an overview for business actors and marketers regarding the factors that influence Indonesian consumers' attitudes towards influencers so that they can choose the right influencer and have a positive impact on brand attitude and purchase intention. It also helps businesses and marketers to understand the contribution of influencer marketing to brand attitude and purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Novelyna Anansi
"Tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak telah menyebabkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menciptakan Kampanye Three Ends, yang terdiri dari tiga program: menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak, menghentikan perdagangan manusia, dan menghentikan kesenjangan ekonomi bagi perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemanfaatan media sosial dalam kampanye pemasaran sosial ini. Kerangka penelitian berasal dari elemen pemasaran media sosial: Content, Context, Connectivity, Conversation, and POST (People, Objectives, Strategy, and Technology). Analisis dilakukan pada konten yang diposting dan tanggapan pada media sosial, untuk empat media sosial yang digunakan dalam kampanye (Instagram, Twitter, YouTube, dan Facebook).
Penelitian ini menemukan bahwa lebih banyak masyarakat yang memberikan tanggapan di akun media sosial Facebook KPPPA, akan tetapi beberapa bulan terakhir justru akun media sosial Instagram KPPPA lebih banyak menarik perhatian masyarakat. Minat pengguna media sosial meningkat ketika KPPPA memposting informasi infografis tentang statistik kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Komunikasi hanya bersifat satu arah yaitu ketika kementerian mengunggah sesuatu, kemudian publik memberikan tanggapan berupa menyukai foto atau merespon melalui kolom komentar; tidak ada interaksi antara kementerian dan publik di media sosial yang digunakan dalam kampanye ini.

The high rate of violence on women and children has caused the Ministry of Women Empowerment and Child Protection (MoWECP) to create Three Ends Campaign, consisting three programs: stop violence toward women and children, stop trafficking, and stop economic disparity for women. This research aims to evaluate the effectiveness of social media utilization in this social marketing campaign. The research framework derives from the element of social media marketing: Content, Context, Connectivity, Conversation; and POST (People, Objectives, Strategy, and Technology). Analysis were conducted on content of social media posting and responses, for four social media used in the campaign (Instagram, Twitter, YouTube, and Facebook).
This research found that more people response on Facebook compare to other social media, but in the recent months Instagram attracts more attention. The interest of social media users is increasing when KPPPA post infographic information about statistic of violence against women in Indonesia. The direction of communication is only one way that the ministry posting something, then the public giving likes or comments; there is no interaction between the ministry and the public in the social media used in this campaign.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T52352
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanif Raka Aditya
"Proporsi terbesar pada Global Sponsorship Spending tahun 2015 terletak pada sponsorship pada bidang olahraga. Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak menyerap dana sponsorship di Eropa. Sponsorship pada sepak bola Eropa dikuasai oleh lima liga terbesar Eropa (Big Five Leagues) yaitu Liga Primer Inggris, Liga BBVA Spanyol, Liga Italia Serie A, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Perancis. Penelitian ini menguji Team Attachment, Perceived Fit, Perceived Sincerity, dan Social Media Consumption penggemar sepak bola di Indonesia terhadap Attitude toward Sponsor dan Purchae Intention produk sponsor klub-klub liga tersebut. Olah data penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM. Hasilnya, Team Attachment memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Sincerity yang berujung pada pengaruh positif pada Attitude toward Sponsor dan Purchase Intention. Perceived Fit juga memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention. Sedangkan Social Media Consumption tidak memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention.

The biggest proportion in Global Sponsorship Spending 2015 is on the Sport Sponsorship. Football is kind of sport which absorb the most sponsorship money in Europe. Sponsorship in European Football is dominated by English Premier League, Spain?s Liga BBVA, Italy?s Serie A, Bundesliga Germany, and France's Ligue 1. This research examines the impact of Team Attachment, Perceived Fit, Perceived Sincerity, and Social Media Consumption of Indonesian football fans to Attitude toward Sponsor and Purchase Intention toward sponsor products. The research data is run by PLS-SEM. The results show that Team Attachment has positive impact on Perceived Sincerity which in the end also has a positive impact on Attitude toward Sponsor and Purchase Intention. Perceived Fit also has positive impact on Purchase Intention. In other way, Social Media Consumption doesn?t have positive impact on Purchase Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62773
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danuria Paramastri
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai analisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi bagaimana sikap para pengguna twitter terhadap fitur terbaru yang dimiliki oleh jejaring sosial twitter, yaitu promoted tweets. Selain itu, tesis ini juga melihat bagaimana sikap pengguna tersebut dapat mempengaruhi keinginan untuk membeli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa agar promoted tweets lebih diterima dan disukai oleh pengguna Twitter, maka brand/perusahaan pemilk iklan perlu memperhatikan faktor engagement yaitu dengan cara lebih melibatkan konsumen, dalam hal ini adalah pengguna Twitter. Media jejaring sosial merupakan media komunikasi dua arah, sehingga tidak tepat apabila promoted tweets hanya digunakan sebagai komunikasi satu arah saja.

ABSTRACT
This thesis analyzed the several factors which have some influence on the attitude of Twitter user toward the Twitter’s newest feature, Promoted Tweets. Thus, this thesis also define the influence of attitude toward the promoted tweets can impact their purchase intention. This is a quantitative research with descriptive design. Based on this research, the writer suggest that to create positive attitude from the Twitter user, the owner of promoted tweets should be more aware on how to engage Twitter user, and involve customers in their promotion. Social network is basically a two-way communication media, however it is not suitable if promoted tweets only used as a one-way promotion tools."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T34701
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfarida Herlina
"Dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata membuat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) merancang strategi pemasaran sosial kampanye program #InDOnesiaCARE. Kampanye program #InDOnesiaCARE bertujuan untuk membangun keyakinan (building confidence) pelaku usaha pariwisata dan meraih kepercayaan (gaining trust) calon wisatawan melalui protokol pariwisata CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment sustainability). Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis strategi komunikasi pemasaran sosial program #InDOnesiaCARE melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan TikTok) milik Kemenparekraf/ Baparekraf. Analisis penelitian berawal dari ketepatan penggunaan elemen pemasaran sosial: Cause, Change Agent, Target Adopters, Channels, Change Strategy dan elemen pemasaran media sosial: Content, Context, Connectivity, Conversation. Kemudian dilakukan analisis pada konten media sosial. Peneliti menemukan bahwa Kemenparekraf/ Baparekraf telah mengerti elemen penting dari pemasaran sosial sehingga mempengaruhi ketepatan pembentukan konten program #InDOnesiaCARE. Setiap platform media sosial dikelola dengan baik, namun ditemukan bahwa akun Pesona Indonesia lebih massif daripada akun Wonderful Indonesia. Komunikasi terjalin dua arah karena setiap konten yang diunggah mendapatkan respon positif dengan menggunakan fitur masing-masing platform, begitu juga dengan komentar atau pertanyaan mendapatkan tanggapan. Kemenparekraf/ Baparekraf juga melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan alat analisis digital. Kampanye program #InDOnesiaCARE berhasil dilakukan selama kondisi high crisis pandemi.

The impact of the COVID-19 pandemic on the tourism sector prompted the Ministry of Tourism and Creative Economy/ Tourism and Creative Economy Agency (Kemenparekraf/ Baparekraf) to design a social marketing strategy for the #InDOnesiaCARE program campaign. The #InDOnesiaCARE program campaign aims to build confidence in tourism businesses and gain the trust of potential tourists through the CHSE tourism protocol (cleanliness, health, safety, and environment sustainability). This study aims to analyze the social marketing communication strategy of the #InDOnesiaCARE program through social media (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube and TikTok) owned by the Ministry of Tourism and Creative Economy. The research analysis begins with the appropriate use of social marketing elements: Cause, Change Agent, Target Adopters, Channels, Change Strategy, and social media marketing elements: Content, Context, Connectivity, Conversation. Then an analysis of social media content is carried out. The researcher found that Kemenparekraf/ Baparekraf had understood the important elements of social marketing so that it influenced the accuracy of creating the #InDOnesiaCARE program content. Each social media platform is well managed, but it was found that the Pesona Indonesia account is more massive than the Wonderful Indonesia account. Communication is two-way because every uploaded content gets a positive response by using the features of each platform, as well as comments or questions that get responses. Kemenparekraf/ Baparekraf also conducts monitoring and evaluation activities using digital analysis tools. The #InDOnesiaCARE program campaign was successfully carried out during the high crisis conditions of the pandemic."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>