Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 47571 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Goris Mustaqim
Ciputat: Dompet Dhuafa, 2013
338.04 GOR y
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Rabbani
Ciputat: Dompet Dhuafa, 2014
338.04 AKB k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Agustina Senjayani
"ASEAN Economic Community (AEC) segera diberlakukan pada 2015. Sebagai pasar tunggal, AEC didesain untuk menghasilkan perubahan struktural melalui penghilangan atau reduksi hambatan perdagangan. Menjadi pertanyaan bagaimana kemampuan para wirausahawan muda Indonesia menghadapi kondisi tersebut. Di satu sisi mereka memiliki keterbatasan krusial, di sisi lain dihadapkan pada perubahan lingkungan strategis yang sangat kompetitif.
Tesis ini bertujuan mengidentifikasi karakterisik lingkungan strategis AEC dalam kaitannya dengan tingkat kompetisi yang akan akan terjadi dan dampaknya terhadap wirausaha; mengidentifikasi ukuran kesiapan wirausaha muda untuk sukses dalam lingkungan AEC dan mengukur kesiapan wirausaha muda Indonesia menghadapi AEC. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teori integrasi ekonomi, teori ekonomi jaringan, teori perubahan dan kesiapan menghadapi perubahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara pakar, stakeholder terkait dan asosiasi wirausaha muda Indonesia serta melalui kaji pustaka.
Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan : (1) Lingkungan strategis AEC merupakan bentuk integrasi ekonomi yang lebih dalam daripada free trade area; dicirikan oleh tingkat kompetisi yang semakin tinggi; pengaruh eksternal yang semakin kuat; (2) Ukuran kesiapan wirausaha muda menghadapi AEC -ditentukan oleh kebijakan publik yang kuat dan terintegrasi untuk menciptakan daya saing nasional; (3) Wirausaha muda Indonesia masih memerlukan sejumlah penyiapan terutama dalam aspek knowledge, skill, dukungan finansial dan kebijakan perlindungan untuk menghadapi AEC.

As a single market, AEC is characterized by its higher level of competition since it is designed to drive structural change through reduction and elimination of trade barrier. While young entrepreneur typically have limitations due to their age and experience therefore they need specific supports; on the other hand they have to face harder competitive era.
Research focused to identify characteristics of AEC strategic environment in associated with the level of competition and it’s impacts to Indonesian entrepreneur; to identify readiness indicators; and to asses readiness of Indonesian young entrepreneur facing AEC. Research designed using qualitative approach, based on theories of regional economic integration; economic networking; and change and readiness for changes. Datas collected through interview of experts; related stakeholders and association of Indonesian young entrepreneurs and literature study.
Based on the research it is concluded that : (1) AEC is a deeper form of economic integration compared to free trade area; characterised by higher levels of competition and external influence (2) Readiness of young entrepreneur to face changes in AEC determined by an integrated public policy to create national competitiveness; (3) Indonesian young entrepreneur need several preparation such as skill, knowledge, financial supports and protection regulation to face AEC.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eirene Ericha Sulu
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran moderasi dukungan sosial pada hubungan grit dan komitmen kewirausahaan. Data diambil secara daring dengan survei online yang diberikan pada entrepreneur muda yaitu wirausahawan yang berusia di bawah 30 tahun dengan domisili baik Jabodetabek maupun luar Jabodetabek (N = 72). Variabel dalam penelitian ini diukur menggunakan The Grit Scale, Entrepreneurial Commitment Scale, dan skala dukungan sosial. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan model moderasi pada makro PROCESS Hayes. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berperan signifikan sebagai moderator pada hubungan grit dan komitmen kewirausahaan. Penting bagi para entrepreneur muda untuk meningkatkan grit dan memperkuat relasi sosial seperti keluarga, teman, dan rekan kerja agar lebih berkomitmen dalam mengembangkan usahanya.

This research aimed at examining the relationship between grit and entrepreneurial commitment with social support as moderating variable. Data were taken using an online survey on young entrepreneurs, namely entrepreneurs under 30 years old with domiciles in both Jabodetabek and outside Jabodetabek (N = 72). Variables were measured using The Grit Scale, Entrepreneurial Commitment Scale, and Social Support Scale. Data were analyzed using the moderation model on Hayes PROCESS macro on SPSS program. Result showed that social support has a positive effect on grit and entrepreneurial commitment. It is important for young entrepreneurs to increase grit and strengthen social relations like family, friends, or work colleague so that they are more committed in developing their business."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri-Edi Swasono
"Buku ini menjelaskan tentang proteksi dalam kehidupan ekonomi dan perlunya perlindungan kepada produsen, hasil-hasil proteksi, investasi, hubungan antar institusi, bisnis environment, modal asing, bussiness-map dan list of invesment opportunity, kenaikan pendapatan masyarakat, dan problema komunikasi di dalam proses pembangunan."
Jakarta: Mabes TNI AD Sekolah staf dan komando, 1974
K 338.04 SRI b
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Tuchman, Robert
"As a recent college graduate, there is no better time to take risks especially when it comes to making career choices. All too often, young employees find themselves in unfulfilling jobs with little chance of advancement. But with the right advice, they can strike out on their own and chase their dreams. Through personal experience as a one-time stock broker-trainee turned successful entrepreneur, Robert Tuchman knows what it's like to be stuck and what it takes to break free of a frustrating job and build your career on your own terms. In "Young Guns", he shows readers how to start out on a business venture, how to gain a client base, how to keep those clients, and what they need to sacrifice along the way in order to succeed. He reveals the myths and realities about starting a business when you're young. Filled with real-life examples of entrepreneurs under 35 who have made it to the top, this is the book that will show readers how to go for the gold and lead a passionate, daring and successful life."
New York: American Management Association;, 2009
e20447911
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Martina Shalaty Putri
"Penelitian ini menganalisa kecenderungan isi pesan wirausaha pada social media Twitter, khususnya yang pada tagar (#)wiRABUsaha. Metode penelitian menggunakan analisis isi kuantitatif dengan fokus penelitian pada kecenderungan isi pesan, penyebaran pengguna, dan pemanfaatan jaringan social media pada wirausaha. Pesan yang dianalisis, merupakan pesan pada bulan Januari 2012. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa isi pesan wirausaha cenderung menciptakan suatu karakter wirausaha yang berbeda, yaitu karakter ketuhanan. Dengan penyebaran pengguna yang sudah heterogen, namun karakter pengguna masih banyak sebagai penerus pesan, bukan pencipta pesan.

This study analyzes the tendency of the contents of entrepreneurship messages on social media Twitter, especially on hashtag (#) wiRABUsaha. The research method uses quantitative content analysis with research focusing on the tendency of the message content, user deployment, and utilization of social media networks on entrepreneurship. Messages that were analyzed, are messages in January 2012. From the analysis of the data, it is known that the content of the message entrepreneurial tend to create a different entrepreneurial character, the character of divinity. With the spread of users who are heterogeneous, the characters of users are still many as ?the share? to the message, not ?the creator? of the message."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T30766
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Edo Setyadi
"ABSTRAK
Kreativitas didefinisikan sebagai kreasi dari sebuah gagasan (dalam bentuk produk maupun tanggapan) yang sesuai, berguna dan baru. Namun, dengan kepentingan yang istimewa, kreativitas masih belum mendapat perhatian dalam riset ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran kreativitas terhadap kinerja wirausahawan muda. Selain itu, jenis insentif yang digunakan dalam mendorong peningkatan kreativitas juga akan dievaluasi. Penulis mendapatkan kinerja kreativitas dari wirausaha muda melalui ?tugas? yang bersifat ex-ante dalam 2 sistem insentif, flat rate dan kompetisi. Penulis mengacak sampel yang digunakan dalam perlakuan dasar dan kontrol. Hasi menunjukan bahwa, perlakuan dalam bentuk kompetisi gagal untuk meningkatkan kreativitas (secara signifikan); serta kreativitas berpengaruh signifikan terhadap performa dari wirausahawan disamping jenis kelamin, motivasi bisnis dan lama usaha. meskipun kreativitas terbukti penting dalam kinerja wirausahawan tetapi, kehadiran insentif dalam bentuk uang tidak dapat mendorong secara signifikan peningkatan dari kreativitas.

ABSTRACT
Creativity is the creation of ideas in the form of response or production that are appropriate, useful and novel. Yet, with its exceptional importance, there has not been much attention to creativity in economics research. This paper aims to investigate what factors contribute to level of creativity and the role of creativity towards young entrepreneur performance. Furthermore, it also evaluates various incentive systems that determine the creativity. We elicits the creativity performance of young entrepreneur, in the ex-ante goals and constraints task under two incentive schemes, a flat fee and a competition. We randomize the sample participants between base and control treatment. The results show that, the competition treatment fail to increase the creativity; creativity proves to significantly increase the entrepreneurs? performance along with the gender, business motivation and, business duration. Even though creativity is proven important on entrepreneur performance but, the presence of incentives especially in financial incentives cannot foster a significantly higher creativity."
2016
S65667
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Theodora Tara
"Keterhubungan sosial merupakan cara pandang seseorang akan hubungan interpersonal dan kedekatannya dengan orang lain. Perilaku prososial merupakan perilaku sukarela yang ditujukan untuk  menguntungkan orang lain dan dimotivasi oleh berbagai alasan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, keterhubungan sosial menjadi salah satu variabel mediasi yang memengaruhi seseorang untuk berperilaku secara prososial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara keterhubungan sosial dan perilaku prososial pada dewasa muda di Indonesia. Penelitian ini diikuti oleh 279 partisipan dewasa muda yang memiliki rentang umur 18 sampai 29 tahun dan berdomisili di Indonesia. Keterhubungan sosial (social connectedness) diukur menggunakan Social Connectedness Scale-Revised dan perilaku prososial diukur menggunakan Prosocial Scale for Adults. Hasil teknik korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keterhubungan sosial dan perilaku prososial (r(247) = 0,456, p < 0.01).

Social connectedness is a person's perspective on interpersonal relationships and their closeness to other people. Prosocial behavior is voluntary behavior(s) that is intended to benefit others and is motivated by various reasons. Based on previous research, social connectedness is one of the mediating variables that influence a person to behave prosocially. Therefore, this study aims to examine the relationship between social connectedness and prosocial behavior among young adults in Indonesia. This study was attended by 279 young adult participants who have an age range of 18 to 29 years and lives in Indonesia. Social connectedness was measured using the Social Connectedness Scale-Revised and prosocial behavior was measured using the Prosocial Scale for Adults. The Spearman correlation technique showed that there is a positive and significant relationship between social connectedness and prosocial behavior (r(247) = 0.456, p <0.01)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Jefry Aflendy Sutrisno
"ABSTRAK
Tesis ini membahas efektivitas dukungan fasilitasi wirausaha muda pemula dari Kementerian Pemuda dan Olaraga Republik Indonesia. Dalam mengukur efektivitas tersebut terdiri atas 4 yakni ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan pogram, pemantauan program. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang meliputi 1 orang dari Kementerian Pemuda dan Olaraga Republik Indonesia dan 4 orang wirausaha muda pemula penerima bantuan fasilitasi dari Kementerian Pemuda dan Olaraga.Hasil penelitian ini menyimpulan bahwa : pertama, ketepatan sasaran program sudah berjalan efektif namun Kemenpora kurang memperhatikan omset usaha, Kedua Tujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan mengembangkan usaha pemuda sudah sangat efektif dengan dana yang diberikan oleh Kemenpora. Wirausaha muda pemula dapat mengembangkan usahanya bahkan bisa menambah omset. Ketiga,, Kurangnya pemantauan dari Kemenpora pasca pemberian modal usaha. Penelitian ini menyarankan Dalam menentukan Wirausaha Muda Pemula Kemenpora tidak hanya melihat faktor usia dan lama usaha, tetapi juga jenis usaha yang didalamnya termasuk omset usaha tersebut. Pendampingan pasca pemberian dukungan fasilitasi harus dilakukan agar dana yang diberikan dapat dilihat manfaatnya dalam jangka panjang.

ABSTRACT
This thesis discusses the effectiveness of facilitation support for young start up entrepreneurs from the Ministry of Youth and Sport of the Republic of Indonesia. In measuring the effectiveness consists of 4 objectives namely the accuracy of program targets, program socialization, program objectives, program monitoring.This research is a qualitative research. Informants in this study consisted of 5 people including 1 person from the Ministry of Youth and Sport of the Republic of Indonesia and 4 young start up entrepreneurs receiving assistance facilitation from the Ministry of Youth and Sport. The results of this study conclude that first, the accuracy of program targets has been effective but Ministry of Youth and Sport put less attention to turnover of the business, second the objectives to reduce the unemployment rate and to develop youth business has been very effective with the funds provided by Ministry of Youth and Sport. Beginning young entrepreneurs can expand their business can even add to the turnover. Third, lack of monitoring from Ministry of Youth and Sport post grant of capital business. This study suggests, in determining the young start up entrepreneur, Ministry of Youth and Sport should not only look at the factors of age and length of business, but also the type of business which includes the turnover of the business. Post assistance of facilitation should be done so the benefit of the provided funds rsquo results could be seen in the long term."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>