Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41398 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Andi Yudha Cahya Adi Negara
"ABSTRAK

Produktifitas pada alat berat merupakan kinerja terpenting dalam industri konstruksi dan pertambangan, sehingga penerapan proses condition monitoring (CM) menjadi elemen penting dalam menentukan umur penggunaan komponen alat berat. Penentuan umur sisa (remaining useful life, RUL) dari komponen alat berat menjadi sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan produktifitas alat berat dimana pendekatan best-practices digunakan dalam proses ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan estimasi RUL dari komponen alat berat dengan pendekatan data-driven menggunakan data mining. Metode yang digunakan pada penelitian ini untuk mengestimasi RUL komponen engine, final drive, dan transmisi alat berat adalah menggunakan Neural Networks (NN) dan Bayesian Networks (BN). Penelitian ini menggunakan data CM berjumlah 20 variabel dan melakukan reduksi dimensi variabel menggunakan principal component analysis (PCA). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil estimasi terbaik pada komponen engine dan transmisi adalah dengan menggunakan metode NN dengan nilai RMSE model masing-masing sebesar 0,242 dan 0,196, sedangkan metode BN menjadi metode terbaik pada final drive dengan nilai RMSE sebesar 0,211.


ABSTRACT


Condition monitoring (CM) process is the key element to estimate remaining useful life (RUL) on heavy equipment`s components in the construction and mining industry with an aim to increase productivity. Nowadays, the best-practices approach has been applied to estimating RUL to improve production and performance of heavy equipment. Data mining method with the data-driven approach will be implemented to overcome the issue. Neural Networks (NN) dan Bayesian Networks (BN) method has been applied in this research to estimate RUL on heavy equipment`s engine, final drive, and transmission components. Principal component analysis (PCA) has been applied for dimension reduction of 20 variables from CM data in this research. The results shown estimating RUL on engine and transmission components provide better accuracy with the NN method which RMSE model achieve 0.242 and 0.196, respectively. Furthermore, the BN method provides better accuracy on final drive components with RMSE model achieves on 0.211.

"
2019
T53490
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Primaperkasa
"Studi Remaining Life Assessment (RLA) dilakukan untuk dapat membantu manajemen industri dalam menentukan rencana kerja ke depan yang ekonomis, setelah Rotating Equipments beroperasi selama bertahun-tahun. Studi ini telah dilakukan dengan contoh kasus Loading Arm pada salah satu mesin produksi perusahaan minyak dan gas bumi (oil & gas). Melalui tinjauan berbagai literatur, lapangan, test dan inspeksi, dipilih metode metallography untuk dapat menemukan nilai martensite. Perbedaan nilai martensite selama kurun waktu 27 tahun ( pemakaian 2,068 kali ) adalah 10.7% . Dan perbedaan nilai martensite selama pemakaian 2,068 kali sampai ke pemakaian 2,098 kali adalah 0.76%. Trend peningkatan nilai martensite yang didapat dan ditunjukkan dalam grafik seharusnya dapat dipakai untuk menghitung umur sisa. Studi ini telah berhasil diimplementasikan, namun belum mendapatkan hasil umur sisa secara kuantitatif karena kelengkapan data sangat menentukan hasil prediksi.

Studies Remaining Life Assessment (RLA) is done tobe able to assist management in determining the industry forward work plan economically, after Rotating Equipments operating formany years. This study was conducted using the example of Loading Armon one machine production of oil and gas companies (oil & gas). Through literatu rereview, field test and inspection, metallographic method chosen to find the value of martensite. Differences in the martensite during the period of 27 years (use 2.068 times) were 10.7%. And differences in the martensite during the use of 2.068 times to 2.098 times the usage were 0.76%. Trend increase in the value of martensite is obtained and shown in the graph should be used to calculate the age of the rest. This study has successfully implemented, but not getting the rest of life because of the completeness of the data quantitatively determines the predicted results.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S45698
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Defin Permadi
"PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya adalah salah satu perusahaan dimana sebagian besar jaringan distribusi menggunakan Saluran Kabel Tegangan Menengah sebagai media penyalur tenaga listrik dari Gardu Induk sampai ke konsumen. Dalam hal pemeliharaan, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melakukan pengujian Partial discharge (PD) guna mengetahui kondisi kabel bawah tanah, namun hal ini belum dapat mengetahui masa manfaat tersisa dari kondisi kabel tersebut. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, dalam tesis ini dirancang suatu pemodelan dan analisis perhitungan sisa masa manfaat kabel dengan menggunakan hasil pengujian PD yang telah dilakukan. Pemodelan ini melakukan perhitungan terkait dampak kemunculan void pada bahan isolasi sebagai akibat dari adanya PD pada bahan isolasi kabel XLPE. Dimana pemodelan yang dibuat dapat memberikan estimasi dan atau prediksi sisa masa kemampuan suatu kabel untuk dapat beroperasi normal sebelum terjadinya kegagalan isolasi. Dari hasil pengujian pemodelan pada Penyulang Pelindo segmen GH 238N – PK 258 menghasilkan nilai sisa masa manfaat sebesar 24 hari pada titik 601 ms untuk masing – masing fasa dan 69 hari pada titik 656 ms fasa 1 serta 80 hari pada titik 656 ms fasa 2 dan 3. Sementara itu pada Penyulang Ovaltine Segmen BK 90 – BK 190 menghasilkan nilai sisa masa manfaat sebesar 7 hari pada titik 0 ms dan 30 hari pada titik 1179 ms untuk fasa 1. Nilai sisa masa manfaat tersebut selanjutnya dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam menentukan penjadwalan pemeliharaan kabel XLPE

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya is one of the companies where most of the distribution network uses Medium Voltage Cable Channels as a medium for distributing electricity from the substation to the consumer. In terms of maintenance, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya conducts Partial Discharge (PD) testing to determine the condition of the underground cable, but this has not been able to determine the remaining useful life of the cable condition. As an effort to achieve this, in this thesis a modeling and analysis of the calculation of the remaining useful life of the cable is designed using the results of the PD tests that have been carried out. This model performs calculations related to the impact of the appearance of voids on the insulating material as a result of the presence of PD in the XLPE cable insulation material. Where the modeling made can provide estimates and or predictions of the remaining life of a cable's ability to operate normally before an insulation failure occurs. From the results of modeling testing on Pelindo Feeder segment GH 238N – PK 258, the remaining useful life value is 24 days at 601 ms point for each phase and 69 days at 656 ms phase 1 and 80 days at 656 ms phase 2 and 3 Meanwhile, the Ovaltine Feeder Segment BK 90 – BK 190 produces a remaining useful life of 7 days at the 0 ms point and 30 days at the 1179 ms point for phase 1. The remaining useful life value can then be used as a recommendation in determining cable maintenance scheduling XLPE"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riara Novita
"Pemeliharaan kapal merupakan salah satu kegiatan galangan yang mengalami peningkatan seiring dengan jumlah transportasi laut nasional yang terus meningkat. Namun, peningkatan ini tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas galangan nasional sehingga menjadikan estimasi durasi pemeliharaan kapal sebagai suatu hal yang sangat penting bagi galangan. Penelitian ini menggunakan salah satu metode data mining, yaitu CART (Classification and Regression Tree) untuk mengestimasi durasi pemeliharaan yang dibatasi pada pekerjaan di atas dok saja atau yang dikenal dengan istilah dry docking. Dengan menggunakan volume pekerjaan dry docking sebagai input dalam melakukan estimasi durasi, didapatkanlah 4 kelas durasi dry docking dengan model linier dan kriteria pekerjaan yang berbeda. Model linier ini selanjutnya dapat digunakan untuk mengestimasi durasi dry docking berdasarkan kriteria pekerjaannya.

Maintenance is one of the shipbuilding activities that have increased in line with the rising of national marine transportation. However, this increase isn't offset by an increase in the national shipbuilding capacity, thus making an estimate of ship maintenance duration as a very important for the shipyard. This research uses one of data mining method, namely CART (Classification and Regression Tree) to estimate the duration of maintenance that is limited to dock works or which is known as dry docking. By using the volume of dock works as an input to estimate the duration, there are 4 classes of dry docking duration obtained with the different linear model and job criteria for each class. These linear models can then be used to estimate the duration of dry docking based on its job criteria."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1999
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Albert Joelian
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kemampuan dan penggunaan tiga metode data mining dalam melakukan rangkaian analisis dan menemukan informasi dari sekumpulan data yang berjumlah besar yaitu data penggukuran condition monitoring dan faktor ekstenal dari suatu engine alat berat dengan tujuan untuk mendapatkan penjadwalan penggantian engine yang lebih optimal. Metode clustering digunakan untuk mengelompokkan data condition monitoring, association rule digunakan untuk menganalisis keterkaitan antar variabel dan analisis time series digunakan untuk memprediksi nilai dari pengukuran condition monitoring. Hasil penelitian menunjukkan metode data mining dapat digunakan untuk melakukan optimasi penjadwalan.

ABSTRACT
This thesis discusses the capability and use of three data mining rsquo s methods in perform the sequence of analysis and explore information from large data set, that is condition monitoring data and external factors of the heavy equipment engine in order to get more optimized engine replacement scheduling.Clustering method is used to classify condition monitoring data, association rule is used to analyze the interrelationship between variables and time series analysis is used to predict the value of condition monitoring. The result showed that data mining methods can be used to perform scheduling optimization."
2017
T48133
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahfudh Asy`ari
"Industri minyak dan gas memiliki peran penting dalam penerimaan pendapatan negara dan ketahanan energi nasional. Peralatan dan instalasi adalah komponen utama dalam proses pengolahan minyak dan gas. Jaminan keselamatan, keamanan dan keandalan peralatan dan istalasi harus dijaga agar terwujud suasana aman, efektifitas, efisiensi dan keandalan. Inspeksi keselamatan peralatan dan instalasi dapat dilakukan secara berkala berdasarkan periode tertentu atau berdasarkan hasil analisis risiko. Peraturan ESDM No. 18 tahun 2018 tentang Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan pada Kegiatan UsahaMinyak dan Gas Bumi, menyatakan bahwa peralatan dan instalasi yang telah melampaui rentang masa desain, masih dapat digunakan setelah dilakukan evaluasi penilaian sisa umur layan dan dinyatakan masih dapat diperpanjang umur masa pemakaiannya. Evaluasi penilaian sisa umur layan dapat dilakukan oleh lembaga enjinering yang telah memiliki ijin dari Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Penelitian ini menggunakan metode Analitical Hierarchy Process untuk menentukan lembaga enjinering yang akan dipilih untuk melakukan pekerjaan penilaian sisa umur layan peralatan dan instalasi minyak dan gas. Kriteria dan sub-kriteria diambil dari referensi jurnal kemudian divalidasi oleh para ahli dari perusahaan jasa inspeksi, asosiasi, akademisi dan perusahaan minyak dan gas.

Oil and gas industry has an important role inreceiving state revenues andnational energy endurance. Equipment and installation are the main components of the oil and gas processing. Safety, security and reliability of equipment and installation guarantees must be maintained to realize safe, effective, efficient and reliable. Safety inspection of operating equipment and installations can be conducted periodically based on certain period or the results of a risk analysis. ESDM Regulation No. 18 of 2018 concerning Safety Inspection of Installation and Equipment in Oil and Gas Business Activities, state that equipment and installations that have extended the design life span can still be used after evaluating the remaining life assessment and are declared to have extended service life. The evaluation of the remaining life assessment can be carried out by the Engineering copanies which already has a permit form from the Director General of Oil and Gas. This research usess the Analytical Hierarchy Process method to determine which engineering companies will be selected to carry out work the remaining life assessment of oil and gas equipment and installation. Criteria and sub-criteria are taken from journal references which are then validated by experts from inspection service companies, associations, acdemics and oil and gas companies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulil Amri Nizhamul
"Fluid Catalytic Cracking (FCC) merupakan tempat dilakukannya proses pemutusan rantai karbon dengan menggunakan katalis pembagi (id cracker). Adapun, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sisa umur pakai dan kelayakan operasi kekomponen tersebut, yang merupakan salah satu bagian dari program pemeliharaan PT. X. Dengan demikian, hasil ini dapat digunakan dalam merencanakan sistem evaluasi, inspeksi, proses perbaikan bahkan penggantian komponen tersebut kedepannya.
Hasil inspeksi pada Fluid Catalytic Cracking tersebut ditemukan adanya retak sebesar 12 mm pada bagian shell plenum Riser Fluid Catalytic Cracking Unit (RFCCU). Material dari shell plenum ini baja tahan karat austentitik 304H dengan spsesifikasi ASTM A-240 dan beroperasi pada temperatur 690°C. Dengan adanya retak tersebut maka akan dapat mempengaruhi kinerja dari komponen tersebut. Tercatat sebelum terjadi retak telah terjadi temperatur up-set sebesar 930°C selama 200 jam. Oleh karena itu selanjutnya akan dilakukan pengujian kelayakan operasi pada komponen tersebut, apakah dengan kondisi yang mengandung retak komponen masih dapat tetap dioperasikan. Pengujian kelayakan operasi ini dilakukan berdasarkan API 579 section 9. Selain itu dilakukan pula pengkajian umur sisa dari komponen tersebut berdasarkan kondisi yang telah terjadi, apakah kondisi yang telah dialami oleh komponen tersebut mempengaruhi umur sisa pakai komponen yang menyebabkan timbulnya retak pada komponen tersebut.
Setelah dilakukan analisa didapatkan bahwa dengan terjadinya up-set temperature menyebabkan habisnya umur pakai komponen RFCCU yang juga menyebabkan terjadinya retak. Selanjutnya pada pengkajian kelayakan operasi, ditemukan bahwa dengan kondisi adanya retak sebesar 12 mm, komponen RFCCU sudah tidak layak lagi untuk digunakan dalam operasi pada kondisi operasi normal.

Fluid Catalytic Cracking (FCC) is component that cracking the carbon chain with fluid cracker. Objective of this research is for assessing remaining life and fitness for service of the component, as a part of FCC maintenance program at PT. X. Thereby the results can be used in planning evaluation system, inspection, reconditioning even replacement program to that component in the future.
The inspection result of Fluid Catalytic Cracking Unit (FCCU) found that there is a crack about 12 mm at the shell of plenum Riser Fluid Catalytic Cracking Unit (RFCCU). The material of this shell plenum is Austenitic Stainless Steel 304H with specification ASTM A-240 and operated at 690°C temperature. With existence of the crack, it can be influence performance of the component. It?s recorded, that before found of the crack there are up-set temperature about 930°C in 200 hours. Therefore, fitness for service assessment will be apply for the component, whether the component is acceptable or no to continue the operation. Fitness for Service assessment will be appropriate with API 579 section 9. Else, remaining life assessment also will apply for the component, to know if the condition that has been happened on the component influencing the remaining life of the component that causing the crack of the component.
After analyzing, it found that up-set temperature influence the remaining life the component, and causing the crack. Furthermore on the fitness for service assessment, existence of the 12 mm crack, make the RFCCU component are not acceptable to used on the operation on the normal operation condition.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41675
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Data mining provides a set of new techniques to integrate, synthesize, and analyze tdata, uncovering the hidden patterns that exist within. Traditionally, techniques such as kernel learning methods, pattern recognition, and data mining, have been the domain of researchers in areas such as artificial intelligence, but leveraging these tools, techniques, and concepts against your data asset to identify problems early, understand interactions that exist and highlight previously unrealized relationships through the combination of these different disciplines can provide significant value for the investigator and her organization."
New York: Springer, 2012
e20401560
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Harits Fajar Kusuma
"Penelitian ini membahas mengenai pembuatan alat pengukur kedalaman tapak ban otomatis dan pengembangan aplikasi perkiraan umur ban yang sebelumnya pernah dibuat untuk meningkatkan fleksibilitas penggunaannya. Alat pengukur otomatis dibuat menggunakan Autodesk untuk desain dan simulasi kekuatan tegangan alat dan untuk porting aplikasi akan menggunakan Android Studio beserta Flutter yang menggunakan pemrograman model matematis yang dibuat oleh Saputra (2022). Penelitian ini menujukkan akurasi pengukuran alat dalam pengambilan data dan ukuran keringkasan alat untuk dapat digunakan banyak tipe kendaraan dan pengaruh perilaku berkendara yang berbeda-beda dalam pengurangan ketebalan ban serta besarnya deviasi aplikasi penghitungan android dengan penghitungan aplikasi sebelumnya yang membuktikan keberhasilan penghitungan.

This research discusses the development of an automatic tire tread depth measurement tool and the improvement of a tire lifespan estimation application previously created to enhance its usability. The automatic measurement tool was designed using Autodesk for design and stress simulation, while the application porting utilized Android Studio along with Flutter, incorporating the mathematical programming model developed by Saputra (2022). The study highlights the tool's measurement accuracy for gathering data and compactness, which determine it’s capability for various vehicle types. It also examines the influence of different driving behaviors on tire thickness reduction and the deviation between the calculations of the Android application and the previous application, demonstrating the success of the calculations. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syehu Izmazul Adam
"Transformator merupakan suatu mesin listrik yang memiliki fungsi untuk menaikkan atau menurunkan tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit dan kemudian ditransmisi ke gardu induk. Komponen isolasi yang digunakan pada transformator adalah minyak dan kertas kraft. Kertas kraft merupakan material isolasi yang berfungsi melindungi belitan yang terendam pada minyak transformator. Kertas kraft terbuat dari bahan yang mengandung selulosa, sehingga ketika mengalami panas maka akan mengalami degradasi yang menyebabkan terkontaminasinya minyak dengan seyawa furan. Dengan metode pengujian furan dapat melihat kandungan furan yang terdiri dari 5H2F (5-hydroxymethyl-2 furaldehyde), 2FOL (2-furfurol), 2FAL (2-furaldehyde), 2ACF (2-acetylfuran), dan 5M2F (5-methyl-2-furaldehyde). Dengan mengacu kepada standard IEC-61198, metode pengujian ini dapat membantu menganalisis sisa umur kertas dan juga sisa umur dari transformator.

Transformer is an electric machine that has the function of increasing or decreasing the electric power generated from the generator and then transmitted to the substation. The single components used in transformers are oil and kraft paper. Kraft paper is an insulating material that functions to protect windings submerged in transformer oil. Kraft paper is made from a material containing cellulose, so when it is heated it will degrade which causes oil contamination with furan compounds. With the furan testing method, it can be seen that the furan content consists of 5H2F (5-hydroxymethyl-2 furaldehyde), 2FOL (2-furfurol), 2FAL (2-furaldehyde), 2ACF (2-acetylfuran), and 5M2F (5-methyl-2). -furaldehyde). With reference to the IEC-61198 standard, this test method can analyze the remaining life of the paper insulation and the remaining life of the transformer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>