Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55173 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diah Arruum
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
610 JKI 18:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Arruum
Depok: Department of Health Administration and Policy, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia, 2015
610 UI-JKI 18:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Arruum
"Pemberdayaan psikologis merupakan suatu bentuk motivasi intrinsik perawat mencerminkan kepuasan kerja, kinerja, dan komitmen terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dan karakteristik perawat dengan pemberdayaan psikologis perawat pelaksana di RSUD Tarakan Jakarta. Desain penelitian deskripsi korelasi dengan cross sectional, sampel 115 perawat.
Hasil didapatkan ada hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan pemberdayaan psikologis perawat (p=0,046), ada hubungan jenis kelamin dengan pemberdayaan psikologis perawat (p=0,041), dan yang dominan adalah gaya kepemimpinan demokratik (p= 0,019). Pemberdayaan psikologis perawat pelaksana perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen sehingga berpengaruh terhadap kualitas pelayanan keperawatan.

Psychological empowerment is a form of intrinsic motivation of nurses, reflecting job satisfaction, performance, and commitment to the hospital. This research is aimed to recognize the relationship leadership style of nursing chief and nurse characteristics with the psychological empowerment of nurses at Tarakan Local Public Hospital, Jakarta. This research is a descriptive correlation research with cross sectional programe, and using 115 nurses as the sample.
It has been recognized that there is a relation the leadership styles of nursing chief with the psychological empowerment of nurses (p = 0,046), there is a relation gender with the psychological empowerment of nurses (p = 0,041), and the dominant factor is democratic leadership style (p = 0,019). Psychological empowerment to nurses is need to be done continuously to increase job satisfaction, and commitment, thus affect the quality of nursing services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T29360
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Ere Badjo
"Peran kolaborasi perawat primer dengan dokter dan klien pada metode keperawatan primer masih belum berjalan dengan baik sehingga dalam pengobatan dan perawatan klien beluin optimal. Kondisi ini menyebabkan efektifitas dan efisiensi tindakan keperawatan pada klien juga belum optimal.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kontribusi karakteristik perawat primer dan pengetahuan tentang metode keperawatan primer terhadap kolaborasi perawat primer dengan dokter dan klien di unit rawat inap.
Penelitian ini dilaksanakan di unit penyakit dalam dan bedah P.K. Sint Carolus pada bulan Juli 2003.
Disain penelitian menggunakan deskriftif korelasional dengan metode pendekatan cross seesianul. Populasi adalah semua perawat primer di unit penyakit dalam - bedah di 12 unit rawat inap. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi dimana responden yg memenuhi kriteria penelitian adalah 109 perawat primer. Pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri atas isian mengenai karakteristik perawat (umur, tingkat pendidikan, status perkawinan, lama kerja), kuesioner pengetahuan tentang metode keperawatan primer dan kuesioner pelaksanaan kolaborasi perawat primer dengan dokter dan klien didapatkan pada persepsi perawat primer. Uji analisis hubungan atau kontribusi menggunakan uji korelasi dari Spearman.
Hasil penelitian didapatkan hubungan atau kontribusi variabel independen yaitu umur (rs= .0,203, p = 0,034), sistem penugasan (rs= 0,322,p = 0,001), tindakan keperawatan primer (rs= 0,369, p = 0,0001), otonomi dalam pengambilan keputusan (rs= 0,477, p= 0,0001) dan total metode keperawatan primer ( rs= 0,494, p= 0,0001) terhadap variabel kolaborasi perawat primer dengan dokter dan klien. Penelitian ini juga mendapatkan model bahwa otonomi perawat primer dalam pengambilan keputusan (Beta = 3,329), dan tindakan keperawatan komprehensif (Beta =2,713) ditambah konstanta (38,091) merupakan prediktor utama terhadap pelaksanaan kolaborasi perawat primer dengan dokter dan klien.
Dari hasil penelitian ini disarankan agar perawat primer diberi penambahan pengetahuan dan pemahaman tentang otonomi dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan tindakan keperawatan komprehensif.
Daftar Pustaka 69 (1975 - 2443)

"The Contribution of Nurses Characteristics and Primary Nursing Method to the Collaboration of Primary Nurse -- Doctor - Client at the Medical - Surgical unit of St. Carolus Health Service". The role of Primary Nurse with the doctor and the client on the primary nursing method was not implemented well, thus the medical intervention and nursing intervention were also not optimal.
The study was conducted to identify the contribution of the characteristics of primary nurse the knowledge about primary nursing method to the collaboration process of Primary Nurse - Doctor and Client.
Using a descriptive - correlational, especially cross - sectional method, the researcher selected 109 participants from 12 wards of medical-surgical wards of PKSC, Jakarta in July, 2003. The data were gathered by using the distribution of three questionnaires, there are the nurse's characteristic data sheet (age, educational level, marital status, length of work), the knowledge about primary nursing method and the process of collaboration between the nurse - doctor and client which is based on primary nurse perception. The statistical treatment used where Spearman's correlation test and Mann - Whitney test.
The findings indicated that the relationship between the nurse's characteristics : age and the collaboration process was high with the following results; (rs=0,203, pri,034 for age. In term of primary nursing method with collaboration process, the results as follows: tasking system (rs 0,322, p=0,001; Nursing Process (1-0 ,369, p-:1.0001; autonomy in decision making (rs=0,477, p=0,0001) and the total of primary nursing method (rs,494. p=0,00010. The finding also showed that the nurse's autonomy indecition making (12,713) with constant value of the primary nurse -- doctor - client collaboration.
This findings recommend that the primary nurses need to Improve to loo given some additional knowledge and understanding about autonomy in decision making and comprehensive nursing intervention.
Biliography 69 (1975 - 2003)
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
T10988
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Seorang perawat bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan keperawatan secara
profesional (Rohmat, 1993). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan
persepsi autara mahasiswa reguler dan ekstensi FIK UI angkatan 2005 tentang figur
perawat profesional. Penelitian dilakukan di FIK UI Depok pada 130 responden
mahasiswa angkatan 2005 yang terdiri dad rnahasiswa reguler sebanyak 69 responden
dan mahasiswa ekstensi sebanyak 61 responden. Desain dalam penelitian ini adalah
deskriptif perbandingan dengan alat berupa kuisioner. Analisa data yang digunakan
adalah distribusi iiekuensi dan uji chi square. Hasil penelitian mendapatkan bahwa
78.3% mahasiswa reguler memiliki persepsi yang tidak tepat dan 50.8% mahasiswa
ekstensi memiliki persepsi yang tepat tentang figur perawat profesional serta ada
perbedaan yang bermakna antara persepsi mahasiswa reguler dan ekstensi tentang figur
perawat profesional (p value < 0.001; a = 0.05). Rekomendasi dari penelitian ini
pengetahuan mahasiswa tentang figur perawat profesional perlu ditingkatkan sehingga
pada akhir masa pendidikan mereka sudah dapat bertingkah laku profesional."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5556
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Pendokumentasian asuhan keperawatan merupakan aspek yang penting dalam proses
keperawatan. Dengan pendokumentasian asuhan keperawatan yang sistematis dan
menyeluruh setiap tindakan keperawatan dapat dipertanggungiawabkan secara hukum.
Tujuan penelitian ini unluk mengetahui persepsi perawat tentang perbedaan
pendokumentasian asuhan keperawatan dengan komputer dan manual, khususnya pada
aspek waktu dan biaya. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana
dengan sampel sebanyak 50 orang perawat di IRNA B RS Fatmawati Jakarta Selatan.
Instrumen penelitian berupa kuisioner berisi 38 pertanyaan. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada responden setelah dilakukan penjelasan
tujuan dan manfaat penelitian kepada responden. Analisa data yang digunakan adalah
analisa univariat dengan menghitung distribusi frekuensi, median, dan interkuartil.
Median dari data yang kami dapat adalah 109, dan interkuartil 10. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 56% perawat memiliki persepsi positif dan 44% memiliki persepsi
negatif terhadap adanya perbedaan waktu dan biaya dalam pendokumentasian asuhan
keperawatan dengan komputer dan manual. Saran kami dalam penelitian selanjutnya
jumlah sampel yang digunakan lebih besar sehingga dapat mewakili populasi yang
sebenarnya."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5414
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Perawat merupakan profesi yang rentan mengalami stres. Pada ruangan perawatan Gawat Darurat dan Intensive Care Unit, perawat dihadapan pada kondisi pasien yang gawat darurat dan kritis yang memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan stres. Penelilian ini berlujuan untnk melihat perbedaan tingkat stres pada perawat pelaksana IGD dan ICU di RSU UKI. Penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, desain deskripsi komparatif dengan pendekatan cross sectionai. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus chi square dengan alfa 0,05 CI 95%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada tingkat sires antara perawat IGD dan ICU RSU UKI (p-value 0,5l2; α 0,05). Penelitian ini merekomendasikan adanya penelitian lebih lanjut dengan ruang lingkup penelitian yang lebih spesifik.

Nurses are vuhierable to experiencing stress profession. In Emergency treatment room (ER) and the Intensi ve Care Unit (ICCU), nurses is faced the patient's condition and critical emergency that requires rapid and precise handling. The condition can cause stress. This study aints to look at different levels of stress on ER and ICU nurses at UKI General Hospital. Research was condutcted with a total sampling technique and used coniparative description design with cross sectional approach. The collected data were anabrzeci with chi square formula with 95% CI 0.05 alpha. The resuits of this study indicate that showed no significant difference in stress levels between ER and ICU nurses at RSU UKI (p-value 0.512, α 0.05). The study recommends further research with a scope of more specific research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
TA5948
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yayah
"ABSTRAK
Kepuasan kerja perawat merupakan faktor yang dapat memengaruhi motivasi dalam bekerja, kepuasan sering dipengaruhi faktor lingkungan kerja, demikian juga kepuasan kerja di lingkungan rumah sakit militer yang memiliki hubungan dengan iklim militer yang dibentuk di lingkungan bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklim kerja dengan kepuasan kerja perawat di rumah sakit militer. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasi dengan pendekatan potong lintang dan menggunakan sampel 110 perawat yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Minnesota Satisfaction Quesioner (MSQ) dan The Gallup Questionnaire dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil riset menyampaikan terdapat hubungan yang bermakna antara iklim kerja dengan kepuasan kerja perawat di RS Militer (p< 0,001, α= 0,05, OR= 13,132). Hal ini menunjukkan bahwa perawat yang mempunyai persepsi tentang iklim kerja baik berpeluang 13,132 kali untuk merasa puas dalam pekerjaannya, dibandingkan dengan perawat yang memiliki persepsi iklim kerja tidak baik. Hasil tersebut dapat menjadi dasar untuk manajemen keperawatan dan manajemen rumah sakit dalam meningkatkan iklim kerja yang dapat memengaruhi kepuasan kerja perawat."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
610 UI-JKI 18:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian dilakukan di RSUD Abdul Moelok Bandar Lampung dan tanggal 11 - 18 Desember 2004 dengan menggunakan desain deskriptif sederhana yang beriujuan untuk mengetahui persepsi perawat terhadap penerapan metode tim. Proses pengolahan data diiakukan dengan cara melakukan perhitungan skore untuk persepsi perawat kemudian dihitung dengan proporsi dan akhirnya disajikan dalam benluk tabel distribusi frekuensi dengan membuat kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan seluruh perawatdi ruang PBHA dan VIP A-B memiliki persepsi yang positif (100%) hal ini dimungkinkan karena oleh metode tim Iebih baik dibanding metode fungsional, disamping sebagian perawat telah memiliki lama bekerja diatas lima tahun dan memiliki pengalaman bekerja dengan metode tim dialas 1,5 tahun. Untuk pengembangan lebih lanjut terhadap penelitian ini agar dapat dilakukan penelitian lebih Ianjut dengan skala yang lebih besar dan meneliti hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi perawat terhadap penerapan metode tim."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5371
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Peni Cahyati
"Dalam manajemen sumber daya manusia di rumah sakit, terdapat proses untuk mengevaluasi prestasi kerja karyawan yang dikenal dengan istilah penilaian kinerja. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan sistem penilaian kinerja diantaranya adalah faktor peran karyawan sebagai penilai maupun yang diniiai. Untuk mengevaluasi sejauh mana sistem tersebut diterima oleh karyawan, salah satu teknik evaluasinya adalah dengan survey pendapat karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kepuasan perawat terhadap sistem penilaian kinerja. Desain yang digunakan deskriptif korelasi bersifat cross sectional, dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui instrumen pengukuran pemahaman dan kepuasan terhadap sistem penilaian kinerja, konsep yang digunakan merupakan modifikasi dari konsep-konsep penilaian kinerja dari Anderson (1993), Handoko (1995), Bernadine & Russet (1993), Steers (1985), Saydam (1996) dan Nawawi (2000) . Sampel penelitian adalah 117 orang perawat pelaksana yang bekerja di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Jakarta dan pernah mendapatkan penilaian kinerja. Data kualitatif diperoleh melalui Focus Group Discussion (FGD) terhadap sembilan orang perawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Jakarta menyatakan puas dengan sistem penilaian kinerja dan pemahaman tentang sistem penilaian kinerja baik. Dari analisis bivariat menunjukkan bahwa umur, masa kerja dan tingkat pemahaman berhubungan dengan kepuasan terhadap sistem penilaian kinerja. Analisis multivariat memperoleh hasil masa kerja dan tingkat pemahaman berhubungan dengan kepuasan terhadap sistem penilaian kinerja, adapun yang paling dominan hubungannya dengan kepuasan terhadap sistem penilaian kinerja adalah. tingkat pemahaman 0=0,0005).
Analisis isi tentang kepuasan terhadap sistem penilaian kinerja, perawat menyatakan sistem penilaian kinerja dikaitkan dengan imbalan, syarat mengikuti pendidikan, syarat mendapatkan fasilitas lain, diumpanbalikkan dan dapat membedakan kinerja yang baik atau tidak baik. Sedangkan yang kurang memuaskan dan perlu ditingkatkan adalah penilai yang kurang obyektif dalam memberikan penilaian, umpan balik terlambat dan kurang arahan-arahan dari penilai.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka pihak manajemen Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre disarankan perlu mempertahankan tingkat kepuasan dan evaluasi terhadap kepuasan hendaknya dilakukan secara berkala, karena kepuasan bukan hal yang menetap tetapi akan berubah setiap waktu sesuai dengan perubahan situasi.

Analysis on Factors Related With Nurses Satisfaction Toward The System of Work Evaluation at Metropolitan Medical Centre Hospital JakartaDiscussing human resources at a hospital, there is a process to evaluate the work achievement of employee that is well known as work evaluation. Some factors effecting work evaluation success are employee's role either as appraiser or as the object of the evaluation. One of techniques to evaluate how far the system is well accepted by employee is survey of employee's opinion.
This research is to obtain description on nurses' satisfaction on work evaluation system. The used design was descriptive correlation with cross sectional, and utilized methods were qualitative and quantitative. The quantitative data was attained through instrument of understanding measurement and satisfaction on the work evaluation system, the functioned concept constituted modification of several work evaluations of Anderson (1993), Handoko (1995), Bernadine & Russel (1993), Steers (1985), Saydam (1996) and Nawawi (2000. The sample research was 117 executing nurses who work at Metropolitan Medical Centre Hospital Jakarta. They once experienced work evaluation. The qualitative data was obtained through Focus discussion group on nine hospital attendants.
The results indicated that the nurses of Metropolitan Medical Centre Hospital Jakarta were satisfied with the work evaluation system and the understanding of the work evaluation was good. The bivariat analysis implied that age, year of work, and understanding level were related with satisfaction on work evaluation system. The multivariat analysis got the results that the year of work and understanding level were connected with satisfaction on the work evaluation system, and the most dominant factor related with the satisfaction toward the system of work evaluation was the understanding level (p 0.0005).
The content analysis of satisfaction work evaluation system and the nurses stated that the evaluation system connected with reward, requirement to join a training, and eligibility to get other facilities, were fed back and could differentiate which work is good or bad. Meanwhile something less satisfying and need to be enhanced was less objective grading, late feed back, and less direction of grader.
Based on the research it is recommended that the Metropolitan Medical Centre Hospital Jakarta should keep the satisfaction level and the evaluation on the satisfaction should be carried out periodically since the satisfaction is not something constant but changeable anytime as the situation drag to change.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
T1234
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>