Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149972 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"ABSTRAK
Profesi pustakawan pada bagian layanan yang berhubungan langsung dengan pemustaka selalu melakukan aktivitas komunikasi terutama komunikasi antarpribadi. Komunikasi antarpribadi digunakan sebagai alat komunikasi antara dua individu atau sedikit individu yang saling berinteraksi sehingga dapat saling mengerti. Komunikasi antarpribadi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan antar komunikator (pustakawan) dengan komunikan (pemustaka) dalam pemberian layanan di perpustakaan. Tujuan komunikasi antarpribadi adalah untuk belajar diri sendiri, mempengaruhi sikap, perilaku, dan member bantuan kepada orang lain. Manfaat komunikasi antarpribadi dapat menjalin hubungan yang positif dan menghindari persepsi negatif antara pustakawan dengan pemustaka dan antar sesama pustakawan. Komunikasi antarpribadi yang efektif dapat terbentuk melalui lima faktor yaitu: keterbukaan (openness), empati (empathy), dukungan (supportiveness), rasapositif (positiveness), dan kesetaraan (equality). Pustakawan harus dapat menunjukkan sikap sebagai penyaji informasi dan membantu para pemustaka. Sebagai pustakawan harus menghindari persepsi pustakawan sebagai pengawas ruang tetapi harus memulai berkomunikasi dengan pemustaka dengan sikap yang positif, bersedia menyapa, dan siap membantu.
"
Palembang: UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya, 2017
020 JKDMM 1:33 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Saputra
"Sebagian besar perpustakaan perguruan tinggi masih mempertahankan sistem denda sampai dengan saat ini. Rendahnya disiplin pemustaka merupakan salah satu alasannya. UPT Perpustakaan Universitas Andalas sejak tahun 2017 yang lalu telah menerapkan Early Warning System (EWS), sistem peringatan dini terhadap keterlambatan pinjaman buku yang diterapkan dalam bentuk tayangan video, guna meningkatkan disiplin pemustaka dan mengantisipasi meningkatnya tagihan denda. Setelah dilakukan evaluasi dengan mengukur tingkat keterlambatan pengembalian pinjaman buku, dan tagihan denda dalam jumlah besar, ternyata terjadi perbedaan yang cukup signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan EWS. Terjadi penurunan keterlambatan pengembalian pinjaman, dari rata-rata 40% menjadi 29,15% setelah mengkombinasikan mekanisme reward and punishment, ternyata mampu meningkatkan disiplin pemustaka. Peringatan dini yang diberikan kepada calon peminjam buku terbukti meningkatkan motivasi mereka untuk mengembalikan buku tepat waktu."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI , 2019
020 MPMKAP 26:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Direktorat Pengembangan Tenaga dan Kerjasama perpustakaan Perpusnas, {s.a.}
021 MPMKAP
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Wiji Suwarno
Bogor: Ghalia Indonesia, 2010
027 WIJ p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muljani A. Nurhadi
Yogyakarta: Andi, 1983
027.009 NUR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Murzilla
"ABSTRAK
Bahan pustaka adalah salah satu unsur penting dalam sebuah sistem perpustakaan. Nilai informasi yang dikandung didalam suatu bahan pustaka, serta harga bahan pustaka yang relative cukup mahal, mengharuskan perpustakaan melakukan upaya-upaya pelestarian. Upaya pelestarian bahan pustaka di perpustakaan tidak hanya dalam hal fisik, tetapi juga dalam hal informasi yang terkandung didalamnya. Agar bahan pustaka yang dimiliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama, perlu suatu penanganan agar bahan pustaka terhindar dari kerusakan, atau setidaknya diperlambat proses kerusakannya, dan mempertahankan kandungan informasi itu yang sering disebut pelestarian bahan pustaka. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kerusakan bahan pustaka dan bagaimana mekanisme pelestarian bahan pustaka tersebut. Hasil yang didapat bahwa faktor penyebab kerusakan bahan pustaka adalah yang utama faktor manusia, biologi dan faktor penempatan koleksi. Pelestarian bahan pustaka yang ada pada UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya ada dua cara yaitu cara langsung dan cara tidak langsung. Secara langsung seperti kebersihan lingkungan, rak dari debu-debu, menjaga kelembaban, dan lain-lain. Secara tidak langsung seperti memperbaiki kerusakan buku, menganti buku yang dihilangkan, merawat koleksi, reproduksi dan penyiangan. Menyimpan dan memelihara bahan pustaka harus dilakukan dalam kondisi yang baik, yang merupakan syarat terpenting untuk mencegah kerusakannya
"
Palembang: UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya, 2017
020 JKDMM 1:33 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Wiji Suwarno
Jakarta: Sagung Seto, 2009
027 WIJ p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dodi Sahdani
"Penelitian ini membahas tentang Rencana strategis komputerisasi di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas serta efisiensi pemanfaatan komputerisasi di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Berdasarkan pertanyaan penelitian, maka penelitian ini meninjau tiga aspek yaitu biaya, manfaat baik yang dapat dikuantifikasi atau efisiensi maupun yang tidak dapat dikuantifikasi atau efektifitas serta resiko. Data hasil penelitian dianalisis dengan memanfaatkan Information Economics Analysis yang merupakan pengembangan dari Cost Benefit Analysis (Analisis biaya manfaat).
Dari hasil penelitian diketahui bahwa, biaya yang dibutuhkan / dikeluarkan untuk komputerisasi adalah lebih kecil dari manfaat yang akan diperoleh, serta perbandingan waktu proses dalam melaksanakan pekerjaan pada masing-masing bagian menunjukkan bahwa komputerisasi lebih cepat dan akurat apabila dibandingkan dengan sistem manual, ini berakibat pada peningkatan kinerja perpustakaan. Untuk manfaat yang tidak dapat dikuantifikasi atau efektifitas yang diambil dari jawaban atas pertanyaan yang diajukan baik pada domain manajemen maupun domain teknologi menunjukkan bahwa komputerisasi sejalan dengan visi, misi serta mendukung tujuan organisasi sehingga apabila diimplementasikan akan mendekatkan perpustakaan pada tujuan yang ingin dicapai, sehingga disimpulkan bahwa komputerisasi tepat dan layak untuk diimplementasikan di Perpustakaan Universitas Bengkulu.

Information Economics Review in the Computerized Strategic Planning in the Library of Bengkulu UniversityThis research describe regarding the computerize strategic planning in the library of Bengkulu University. The purpose of this research is to identify the effectiveness and efficiency of the computer utilization in the library of Bengkulu University. Base on the survey questioner, this research reviewed three aspects, namely cost, benefits that can be quantified or efficiency and the benefits cannot be quantified or effectiveness and risks. The research survey data is analyzed by using the information economics analysis which is development of the cost benefit analysis.
From the results this research that the cost needed or to be expended for the computerize is last than benefit to be obtained, and the assessment of the time used to process the work in each division for the core activity indicates that with computerize it will be quicker and more accurate compared to the conventional system, with effects the library performance increase. For the effectiveness assessment which is taken from the questioner asked both to the management domain and technology domain, it indicates that the computerize is in line with the vision, mission and support the library objective. Therefore, if it is implemented it will take the library to the desired purposes, that can conclude that the computerize is appropriate and feasible to be implement in the library of Bengkulu University.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11033
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh Safii
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterlibatan
(Engagement Rate) perpustakaan perguruan tinggi dan menganalisis strategi
perpustakaan perguruan tinggi dalam menerapkan Library 2.0 serta untuk
mengidentifikasi hambatan perpustakaan perguruan tinggi dalam
menerapkan Library 2.0. Pendekatan dalam tesis ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus komparatif. Hasil
perhitungan tingkat keterlibatan didapatkan Perpustakaan Universitas
Indonesia menempati urutan pertama, Perpustakaan Universitas Gadjah
Mada pada urutan kedua serta Perpustakaan Universitas Airlangga pada
urutan ketiga. Penelitian ini memilih Perpustakaan Universitas Indonesia
dan Perpustakaan Universitas Airlangga menjadi lokasi penelitian, dimana
menghasilkan penelitian bahwa kedua perpustakaan telah memiliki strategi
dalam penerapan Library 2.0 yang diurai menurut komponen pembentuk
Library 2.0 yaitu partisipasi pengguna, web 2.0, perpustakaan dan layanan,
evaluasi dan kerjasama. Temuan yang lain kedua perpustakaan memiliki
strategi yang sama, di sisi lain ada juga strategi yang berbeda. Ketika salah
satu komponen lemah maka komponen lain lebih diperkuat.

ABSTRACT
This study aimed to analyze the Engagement Rate academic library and to
analyze strategies in implementing Library 2.0 as well as to identify barriers
in applying Library 2.0. The approach in this research uses a qualitative with a
comparative case study method. The Engagement Rate results University of
Indonesia Library ranks first, Gadjah Mada University Library in the second
and Airlangga University Library on the third. This research were conducted
in University of Indonesia Library and the Airlangga University Library,
which resulted that both libraries have had strategies in the implementing of
Library 2.0 which is parsed by forming components Library 2.0 are user
participation, Web 2.0, library and services, evaluation and cooperation.
Another finding is that both libraries have the same strategy, on the other hand
there are also different strategies. When one component is weak then the other
components further strengthened.;This study aimed to analyze the Engagement Rate academic library and to
analyze strategies in implementing Library 2.0 as well as to identify barriers
in applying Library 2.0. The approach in this research uses a qualitative with a
comparative case study method. The Engagement Rate results University of
Indonesia Library ranks first, Gadjah Mada University Library in the second
and Airlangga University Library on the third. This research were conducted
in University of Indonesia Library and the Airlangga University Library,
which resulted that both libraries have had strategies in the implementing of
Library 2.0 which is parsed by forming components Library 2.0 are user
participation, Web 2.0, library and services, evaluation and cooperation.
Another finding is that both libraries have the same strategy, on the other hand
there are also different strategies. When one component is weak then the other
components further strengthened., This study aimed to analyze the Engagement Rate academic library and to
analyze strategies in implementing Library 2.0 as well as to identify barriers
in applying Library 2.0. The approach in this research uses a qualitative with a
comparative case study method. The Engagement Rate results University of
Indonesia Library ranks first, Gadjah Mada University Library in the second
and Airlangga University Library on the third. This research were conducted
in University of Indonesia Library and the Airlangga University Library,
which resulted that both libraries have had strategies in the implementing of
Library 2.0 which is parsed by forming components Library 2.0 are user
participation, Web 2.0, library and services, evaluation and cooperation.
Another finding is that both libraries have the same strategy, on the other hand
there are also different strategies. When one component is weak then the other
components further strengthened.]"
2015
T44225
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Menyajikan tulisan di bidang perpustakaan, dokumentasi, informasi dan komputer; sebagai medium informasi dan komunikasi antarpustakawan dan diterbitkan untuk seluruh pustakawan dan pemerhati bidang perpusdokinfokom di indonesia"
Bogor: Perpustakaan IPB, {s.a.}
020 JPI
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>