Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 103198 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Billi
"Stabilitas termal dan nilai kalor yang rendah serta korosivitas yang tinggi menjadi alasan perlu dilakukan upgrading bio-oil hasil pirolisis melalui hidrogenasi. Pada penelitian ini, bio-oil dihasilkan melalui slow co-pyrolysis bonggol jagung dan polipropilena untuk memperoleh yield dan fraksi non-oksigenat yang tinggi. Pemisahan fasa oksigenat dari bio-oil selanjutnya dilakukan untuk mengurangi beban katalitik proses hidrogenasi. Penelitian ini melangsungkan reaksi hidrogenasi fraksi non-oksigenat bio-oil dalam reaktor tangki berpengaduk berkatalis Ni/Al2O3 pada tekanan 8 bar dan temperatur 184oC. Tujuannya adalah untuk menjenuhkan ikatan rangkap sehingga dihasilkan biofuel dengan kandungan ikatan rangkap, branching index, viskositas, dan nilai kalor mendekati diesel. Pengaruh kecepatan putar pengaduk terhadap karakteristik biofuel selanjutnya diinvestigasi pada rentang 350 s.d. 800 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecepatan putar pengaduk berdampak pada penurunan kandungan ikatan rangkap serta peningkatan derajat percabangan, berat molekul, nilai kalor, dan viskositas biofuel. Biofuel yang dihasilkan melalui hidrogenasi dengan kecepatan putar 800 rpm menghasilkan kualitas mendekati diesel dalam hal distribusi berat molekul, kandungan alkena (0%), dan HHV (47,22 MJ/kg). Namun, parameter branching index dan viskositas yang masing – masing bernilai 1,392 dan 11,85 cSt belum mendekati karakteristik diesel
Low thermal stability and heating value as well as high corrosivity requires pyrolitic bio-oil to undergo upgrading through hydrogenation. In this work, bio-oil is produced by slow co-pyrolysis of corncobs and polypropylene to give high yield and high amount of non-oxygenated fraction. Oxygenated phase separation from bio-oil is then conducted to reduce catalytic load for hydrogenation. This work performs hydrogenation of bio-oil’s non-oxygenated fraction in a stirred tank reactor equipped with Ni/Al2O3 catalyst under condition of 8 bar and 184oC. The aim is to saturate alkene to produce biofuel with alkene content, branching index, viscosity, and heating value approaching that of diesel fuel. The effect of stirrer’s speed on biofuel’s characteristics is then investigated in the range of 350 to 800 rpm. Result shows that the increase of stirrer’s speed gives effects on the decrease of vinyl content as well as increase of branching index, molecular weight, heating value, and viscosity. Biofuel produced by hydrogenation under 800 rpm has quality approaching that of diesel fuel in terms of molecular weight distribution, vinyl content (0%), and HHV (47.22 MJ/kg). However, branching index and viscosity, which are respectively 1.392 and 11,85 cSt, have not been able to reach diesel’s characteristics yet."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Yoandi
"Bio-oil hasil produksi dari ko-pirolisis biomassa tidak dapat langsung digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin karena sifat-sifatnya yang asam, korosif dan tidak stabil. Pada penelitian ini, bio-oil fraksi non-oksigenat akan di-upgrade untuk menghasilkan diesel menggunakan metode hidrogenasi untuk mengeliminasi ikatan rangkap pada bio-oil untuk meningkatkan kestabilannya. Hidrogenasi bio-oil dilakukan secara semi-batch menggunakan gas-entrainment impelleryang me-resirkulasi gas hidrogen pada reaktor untuk meningkatkan kontak antara hidrogen, bio-oil dan katalis Ni/Al2O3serta menghemat kebutuhan hidrogen. Dengan begitu, transfer hidrogen ke bio-oil terjadi secara konvektif akibat perbedaan tekanan dan dibawa oleh aliran bio-oil. Hidrogenasi dilakukan pada suhu 184°C dengan kecepatan putar pengaduk 400 rpm. Penelitian ini mempelajari pengaruh dari tekanan pada reaksi hidrogenasi terhadap karakteristik biofuel yang dihasilkan. Tekanan hidrogenasi divariasikan pada nilai 4, 6, 8, dan 10 barg. Peningkatan tekanan menyebabkan peningkatan transfer massa hidrogen secara konvektif sehingga tingkat hidrogenasi juga meningkat. Ikatan rangkap pada biofuel pada tekanan 6 barg sudah hampir seluruhnya terhidrogenasi. Peningkatan tekanan lebih lanjut tidak akan menurunkan jumlah alkena secara signifikan dan akan mengurangi jumlah sikloalkana. Hidrogenasi bio-oil juga berakibat pada peningkatan branching index (BI), HHV dan viskositas kinematik. Peningkatan tekanan hidrogenasi meningkatkan branching index dari biofuel dan berada di rentang 0.78 sampai 0.98. Nilai ini jauh dari BI dari bahan bakar diesel komersial (0.40). Nilai HHV dari biofuel mendekati nilai HHV dari bahan bakar komersial. Peningkatan tekanan hidrogenasi sampai 6 barg akan menurunkan viskositas kinematik biofuel, dan peningkatan lebih lanjut akan meningkatkan viskositasnya. Pada tekanan hidrogenasi 6 barg, viskositas kinematik dari biofuelnya adalah 3.02 cSt.

Bio-oil produced from the co-pyrolysis of biomass cannot be used directly as an engine fuel due to its acidic, corrosive and unstable nature. In this research, non-oxygenate bio-oil will be upgraded to produce diesel using hydrogenation to eliminate double bonds which will stabilize the fuel. Hydrogenation is done by semi-batch using gas-entrainment impeller to recirculate hydrogen gas to improve contact of hydrogen, bio-oil, and Ni/Al2O3 catalyst, as well as reducing the hydrogen consumption. Hydrogenation is done at a temperature of 184°C with an impeller speed of 600 rpm. It allows the convection of hydrogen due to pressure difference and is brought by the flow of bio-oil. Hydrogenation is conducted at 184°C with a stirring speed of 400 rpm. This research studies the effect of pressure of the hydrogenation reaction on the biofuel characteristics. Pressure will be varied at 4, 6, 8, and 10 barg. Increase in pressure causes the increase of hydrogen transfer through convection and hence the hydrogenation degree also increases. Double bonds in biofuel are mostly eliminated at hydrogenation pressure of 6 barg. Further increase in pressure does not significantly decrease the double bonds and will decrease the cycloalkane. Hydrogenation of bio-oil also increases the branching index (BI), HHV and kinematic viscosity. Increase in hydrogenation pressure increases the branching index to 0.78 to 0.98, significantly higher than commercial diesel (0.40). The HHV values of the biofuel are similar to the commercial fuel. Increase in hydrogenation pressure up to 6 barg decreases the kinematic viscosity of biofuel, while further increase of pressure will increase its kinematic viscosity. At 6 barg hydrogenation pressure, the kinematic viscosity of biofuel is 3.02 cSt."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nazrul Rahman
"Bio-oil fraksi non-oksigenat memiliki kandungan alkena yang tinggi hal tersebut menyebabkan tingginya ignition delay time dan nilai kalor yang rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar diesel komersial. Reaksi hidrogenasi diperlukan sebagai upgrading Bio-oil fraksi non-oksigenat agar dapat memiliki karakteristik mendekati bahan bakar diesel komersial. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan efek kecepatan putar impeller tipe flat blade turbine terhadap karakteristik biofuel produk upgrading Bio-oil fraksi non-oksigenat. Parameter yang dinilai mencakup kandungan ikatan rangkap, branching index, viskositas dan nilai kalor. Investigasi dilakukan terhadap kecepatan putar pengaduk reaksi hidrogenasi pada 200 s.d. 500 rpm dengan rentang 100 rpm. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode FTIR, GC-MS, H-NMR, dan viskometer. Penggunaan self-inducing impeller diharapkan dapat menghemat penggunaan gas hidrogen. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan self-inducing impeller berhasil mengkonveksi gas hidrogen ke dalam fasa liquid namun tanpa memerlukan suplai hidrogen yang kontinu sehingga penggunaannya lebih hemat. Peningkatan kecepatan putar pengaduk pada reaksi hidrogenasi menyebabkan peningkatan tingkat hidrogenasi Bio-oil untuk range 200 s.d. 400 rpm dan sedikit penurunan pada kecepatan putar 500 rpm karena terbentuknya vortex kearah posisi impeller. Biofuel pada kecepatan putar 400 rpm yang paling mendekati diesel komersial ditinjau dari HHV dan viskositas. Berdasarkan parameter branching index maka biofuel pada kecepatan putar 200 rpm yang paling mendekati diesel komersial.

Bio-oil non-oxygenate fraction has a high alkene content which causes high ignition delay time and low heating value when compared to commercial diesel fuel. Hydrogenation reaction is needed as upgrading process for non-oxygenate fraction Bio-oil in order to have the characteristics close to commercial diesel fuel. The purpose of this study is to determine the effect of the rotating speed of the flat blade turbine type impeller on the biofuel characteristics from upgrading process. The parameters assessed include the double bond content, branching index, viscosity and heat value. Investigations were carried out on the rotational speed of the hydrogenation reaction stirrer at 200 s.d. 500 rpm with a range of 100 rpm. Then analyzed using FTIR, GC-MS, H-NMR, and viscometer methods. The use of self-inducing impeller is expected to save the use of hydrogen gas. From the results of the study it was found that the use of self-inducing impeller succeeded in converting hydrogen gas into the liquid phase but without the need for a continuous supply of hydrogen so that it is more efficient. Increasing the stirring speed of the stirrer in the hydrogenation reaction causes an increase in the extent of hydrogenation for the range of 200 s.d. 400 rpm and a slight decrease in the rotational speed of 500 rpm due to the formation of vortex towards the impeller position. Biofuel at a rotational speed of 400 rpm which is most close to commercial diesel when viewed from HHV and viscosity. Based on the branching index parameters the biofuel at the rotational speed of 200 rpm which is the closest to commercial diesel.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elizabeth Verdiana Listiono
"ABSTRAK
Hidrogenasi dilakukan terhadap fraksi non-oksigenat bio-oil hasil slow co-pyrolysis bonggol jagung dan plastik polipropilena. Dalam reaksi hidrogenasi, terjadi proses adisi gas hidrogen pada ikatan rangkap bio-oil sehingga diperoleh biofuel dengan karakteristik berupa viskositas, disstribusi berat molekul, dan branching index yang kemudian dibandingkan dengan diesel komersial. Penjenuhan dengan hidrogenasi dilakukan dalam suatu tangki berpengaduk 300mL dengan jenis down-flow 45o pitched blade turbine pada tekanan rendah akibat dominasi bio-oil fasa cair Konfigurasi tersebut mampu menarik dan mempertemukan gas hidrogen dengan bio-oil dan katalis berupa Ni/Al2O3 yang memiliki selektivitas yang baik serta mampu memberikan yield yang tinggi. Percobaan dilakukan pada berbagai variasi tekanan gas hidrogen untuk menganalisis hubungan kedua variabel tersebut terhadap karakteristik biofuel yang dihasilkan. Variabel lain berupa durasi reaksi dikontrol selama 2 jam, sedangkan laju alir gas hidrogen dan temperatur hidrogenasi disesuaikan dengan nilai tekanan gas hidrogen. Pada variasi tekanan gas hidrogen bernilai antara 4 hingga 10 bar, peningkatan tekanan gas hidrogen menghasilkan biofuel dengan penurunan persentase senyawa alkena dari 4,14% hingga 0,00%, namun terjadi peningkatan nilai branching index dari 1,29 hingga 1,56, distribusi berat molekul, dan viskositas dari 9,06 hingga 10,86 cSt yang semakin menjauhi bahan bakar komersial.
ABSTRACT
Hydrogenation is implemented on non-oxygenated fraction of bio-oil produced from slow co-pyrolysis of corncob and popypropylene plastic. The process is conducted by addition of hydrogen gas on bio-oil double bonds occured to produce biofuel whose quality is compared to those of commercial diesel fuel which is characterized by its viscosity, molecular weight distribution and branching number. The saturation process is conducted in 300 mL stirred tank reactor with down-flow 45o pitched blade turbine impeller operated in low pressure due to the domination of liquid phase of bio-oil. This configuration enables pullout and mixing of hydrogen gas with bio-oil and catalyst. Ni/Al2O3 catalyst is used to obtain high selectivity and yield of hydrogenation reaction. The experiment is performed on several variation of hydrogen gas pressure to analyze their effects on characteristics of produced biofuel. The hydrogenation duration is controlled in 2 hours, while the hidrogen gas flow and hydrogenation temperatur are adjusted by the hydrogenation gas pressure. At the low pressure of hydrogen gas range from 4 to 10 bar, the increasing of hydrogen gas pressure produces biofuel with decreasing alkene compound from 4.14% to 0.00%, yet has increasing branching index from 1.29 to 1.56, low molecular weight distribution, and viscosity from 9.06 to 10.86 cSt which move further from commercial fuel characteristics."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Mardianto
"Biofuel merupakan alternatif yang sangat potensial sebagai bahan bakar fosil. Hidrodeoksigenasi trigliserida menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembuatan biofuel. Penelitian ini akan memperlihatkan reaksi hidrodeoksigenasi pada trigliserida dengan reaktor tangki berpengaduk menggunakan katalis Ni-Cu/ZrO2. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kecepatan stirrer dengan nilai 500, 600, 700 dan 800 RPM serta penggunaan pirolisat PP sebagai pelarut terhadap yield dan komposisi produk biofuel. Reaksi hidrodeoksigenasi berlangsung pada temperatur 3600C, tekanan gas H2 14 bar dan waktu reaksi 4 jam. Produk biofuel akan dianalisis dengan metode FTIR dan GCMS yang digunakan untuk mengetahui komposisi produk, ikatan kimia, dan jalur reaksi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kecepatan stirrer menyebabkan yield biofuel naik namun efisiensi HDO turun. Pada kondisi kecepatan stirrer tinggi diperkirakan efek steric hindrance sangat tinggi akibat dari solubilitas H2 tinggi sehingga adsorpsi pada trigliserida menjadi sulit terjadi. Hasil GCMS menunjukkan bahwa produk hidrokarbon dengan panjang 18 dan 16 karbon banyak dijumpai sehingga jalur reaksi hidrodeoksigenasi dominan terjadi. Penggunaan pirolisat PP memberikan akses transfer massa yang lebih baik bagi umpan dan katalis, terbukti dengan yield yang naik hingga 66,7% dari kondisi tanpa pirolisat PP dan meningkatkan konversi.

Biofuel is a promising alternative as substitute of fossil-based fuel. Biofuel can be synthetized from various method, one of them is hydrodeoxygenation of triglycerides. This research will show the hydrodeoxygenation reaction of triglyceride in stirred tank reactor using Ni-Cu/ZrO2 catalyst. The objective of this research is to obtain the effect of stirring rate from 500, 600, 700 and 800 RPM also obtained the effect of pyrolysate polypropylene as substitution solvent in yield and composition of biofuel. The reaction is operated at 3600C, 14 bar H2, and reaction time 4 hour. Biofuel products were analyzed using FTIR and GCMS to determine the product composition, chemical bond, and reaction pathway. From the GCMS data, with increase of stirring rate caused the biofuel yield is increase but the HDO efficiency decrease. In the high stirring rate, it is estimated that the steric hindrance is high due to the high solubility of H2 that caused the difficulty to adsorption of triglycerides. The GCMS data show that the dominance of C-16 and C-18 hydrocarbon in the product that determined the main pathway reaction is hydrodeoxygenation. The pyrolisate PP solvent giving better mass transfer access to triglycerides and catalyst, that raised the biofuel product yield to 66,7% from the condition without pyrolysate PP and increased the conversion rate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariyann Raidah
"Reaksi hidrogenasi minyak jarak tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya katalis, yang dipengaruhi oleh larutan garam prekursor pembentuk inti aktifnya. Pada penelitian ini dilakukan preparasi katalis CuO/γ-Al2O3 dengan memvariasikan larutan garam prekursor dan loading katalis untuk mengetahui dampaknya terhadap aktivitas katalis pada reaksi hidrogenasi minyak jarak. Garam prekursor yang digunakan adalah tembaga nitrat, tembaga asetat dan tembaga klorida. Preparasi katalis menggunakan metode impregnasi dan hasilnya dikarakterisasi dengan metode BET dan XRD. Aktivitas katalis pada reaksi hidrogenasi minyak jarak diketahui melalui pengukuran penurunan bilangan iod dari minyak jarak tersebut. Katalis yang memberikan aktivitas paling baik diantara tiga prekursor adalah katalis CuO/γ-Al2O3 dengan prekusor tembaga klorida loading 10%.

The castor oil hydrogenation reaction will not go well without the presence of catalyst, which is influenced by the precursor salt solution that formed its active core. The purpose of this research is to discover the impact of varying the precursor salt solution and catalyst loading to catalyst activity of castor oil hydrogenation. The variation of the precursor salt are copper nitrate, copper acetate and copper chloride. The catalysts were prepared with impregnation method, and the results were characterized by BET and XRD method. Catalysts activities of castor oil hydrogenation were determined through the measurement of castor oil iodine value reduction. Catalyst that shows the best activity among three precursors is CuO/γ-Al2O3 from copper chloride precusor with 10% load."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42564
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mokhtar
"Bahan bakar nabati sebenarnya bukan bahan bakar yang baru, tetapi sudah sejak lama ditemukan dan digunakan. Namun perkembangan penggunaan bahan bakar nabati pada saat ini semakin gencar di kampanyekan karena melihat kondisi cadangan bahan bakar fosil yang semakin menipis. Penggunaan bahan bakar nabati pada mesin diesel sebenarnya tidak diperlukan perubahan sehingga bisa langsung digunakan. Namun karena adanya sifat dari bahan bakar nabati yang bisa cepat merusak mesin maka perlu diadakan penelitian tentang pengaruh biodiesel jika digunakan mesin diesel untuk operasional.
Dari hasil pengujian bahan bakar solar dan BS50 serta solar dan B100 memperlihatkan adanya penurunan power pada penggunaan biodiesel. Dari hasil uji ketahanan 70 jam tidak ada penurunan power mesin. Hasil analisa deposit dengan FTIR menunjukkan adanya gugus fungsi OH yang merupakan senyawa glicerol.

Biofuel actually is not a new fuel, but it has been discovered and used for a long time. But the development of the biofuels at this time more aggressively in the Campaign due to the condition of the fossil fuel reserves are dwindling. The application of biofuels in diesel engines is not require modification, so that it can be directly used. However, because of biofuels?s properties that can quickly affect the engine it is necessary to research on the effects of biodiesel when used for operating diesel engines.
From the test results between BS50 with diesel fuel and B100 with diesel fuel show a power decrease in engine with biodiesel. From the results of 70-hour endurance test no engine power reduction. FTIR analysis results indicate a deposit with OH functional groups which are compounds glicerol.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41494
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Alif Putra Banyuaji
"Dalam penelitian ini dilakukan pembahasan mengenai reaksi semihidrogenasi fenilasetilena menggunakan katalis Ni-NP yang disupport oleh silika makro/mesopori. Pembuatan support silika menggunakan metode co-micelle emulsion templating (co-MET) yang memanfaatkan misel untuk membentuk cetakan berbentuk khas yang dapat memperluas permukaan silika yang terbentuk dari tetraetilortosilikat (TEOS) terhidrolisis. SiO2 yang dihasilkan dikarakterisasi menggunakan SEM, TEM, EDX, SAA, dan FTIR dan dibuktikan terbentuknya SiO2 dengan struktur mesopori berdiameter rata-rata 12,547 nm, luas permukaan BET 357,232 m2/g dan volume pori 0,726 cm3/g. Katalis Ni-NP/SiO2 disintesis dengan mencampur D-fruktosa dengan nikel (II) asetat tetrahidrat dan silika berpori yang terbentuk dan kemudian dipirolisis untuk mendapat produk akhir dengan luas permukaan yang tinggi dan nikel yang terdistribusi dengan baik. Terakhir, katalis diujicoba dalam mengkatalisis reaksi semihidrogenasi fenilasetilena menjadi stirena dan didapat hasil konversi dan selektivitas yang cukup baik yang bergantung pada sumber hidrogen reaksi.

In this research we discuss about semihydrogenation of phenylacetylene utilizing Ni-NP catalyst mounted on macro/mesoporous silica. The synthesis of silica support utilizes co-micelle emulsion templating (co-MET) method which uses micelles as templating agent to increase produced silica surface area made by hydrolizes tetraethylorthosilicate (TEOS). The produced silica is then characterized using SEM, TEM, EDX, SAA, dan FTIR and it is found that the formed product is indeed SiO2 with average mesopore diameter of 12,547 nm, BET surface area of 357,232 m2/g and pore volume of 0,726 cm3/g. Ni-NP/SiO2 catalyst was synthesized by mixing D-fructose with nickel (II) acetate tetrahydrate and porous silica and then pyrolized to form the final product. The formed catalyst exhibits high surface area and well-distributed nickel nanoparticles. Finally, the formed catalyst is then used to catalyze the semihydrogenation reaction of phenylacetylene to styrene. The reaction exhibits good conversion and selectivity rates, which depends on the hydrogen source."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Putri Syaharani
"Hidrogenasi selektif alkuna menjadi alkena adalah jenis penting dari transformasi organik dengan aplikasi industri skala besar. Transformasi ini membutuhkan katalis yang efisien dengan kontrol yang tepat. Katalis bimetalik seperti Ni digunakan secara luas dalam reaksi hidrogenasi alkuna karena sifatnya yang aktif dan selektif. Menemukan katalis yang ekonomis, aktif dan selektif untuk produksi alkena melalui hidrogenasi parsial alkuna merupakan sebuah tantangan bagi ilmu penelitian. Pada penelitian ini dilakukan hidogenasi selektif pada alkuna terminal menggunakan katalis Ni yang terenkapsulasi dengan fruktosa pada silika. Selain itu digunakan NaBH4 sebagai sumber hidrogen serta reduktor pada reaksi. Penelitian ini dimulai dengan mensintesis katalis Ni menggunakan Ni(acac)2 sebagai prekursor. Katalis Ni kemudian disintesis dengan teknik impregnasi menggunakan monosakarida untuk pembuatan nanopartikel nikel baru, yang merupakan katalis hidrogenasi selektif. Dilakukan imobilisasi fruktosa dan Ni(acac)2 pada silika dan menggunakan fruktosa sebagai sumber karbon yang mengenkapsulasi Ni dengan ukuran dan distribusi yang seragam. Proses impregnasi Ni disertakan fruktosa sebagai sumber karbon. Katalis Ni-fruktosa/SiO2 kemudian di karakterisasi menggunakan FT-IR, XRD, SEM-EDX, dan SAA untuk mengetahui keberhasilan sintesis. Katalis Ni-fruktosa/SiO2 kemudian digunakan untuk reaksi hidrogenasi alkuna terminal menggunakan substrat fenilasetilena dengan NaBH4. Produk yang dihasilkan dari reaksi hidrogenasi alkuna terminal akan dikarakterisasi menggunakan instrumentasi GC-MS untuk mengamati aktivitas katalis serta selektivitas produknya. Analisis campuran produk dengan GCMS menunjukkan bahwa katalis dengan variasi atom Ni:fruktosa sebesar 2:1 memberikan hasil paling baik dengan persen konversi alkuna sebesar 35,4% dengan persen selektivitas terbesar sebesar 61,7%.

Selective hydrogenation of alkynes to alkenes is an important type of organic transformation with large-scale industrial applications. This transformation requires an efficient catalyst with precise control. Bimetallic catalysts such as Ni are widely used in the hydrogenation reactions of alkynes because of their active and selective nature. Finding an economical, active and selective one for alkene production through partial hydrogenation of alkynes is a challenge for science. In this study, selective hydrogenation of terminal alkynes will be carried out using a Ni catalyst which is encapsulated with fructose on silica. In addition, NaBH4 is used as a hydrogen source and reducing agent in the reaction. This research was started by synthesizing Ni catalyst using Ni(acac)2 as a precursor. The Ni catalyst was then synthesized by impregnation technique using monosaccharides for the manufacture of new nickel nanoparticles, which were selected hydrogenation catalysts. Immobilizing fructose and Ni(acac)2 on silica and using fructose as a carbon source that encapsulates Ni with uniform size and distribution. The Ni impregnation process included fructose as a carbon source. The Ni-fructose/SiO2 catalyst was then characterized using FT-IR, XRD, SEM-EDX, and SAA to determine the success of the synthesis. The Ni-fructose/SiO2 catalyst was then used for the terminal hydrogenation reaction of the alkyne using phenylacetylene as a substrate with NaBH4. The product resulting from the terminal alkyne hydrogenation reaction will be characterized using GC-MS instrumentation to observe the catalyst activity and product selectivity. Analysis of the product mixture with GCMS showed that the catalyst with atomic variation of Ni:fructose of 1:5 gave the best results with an alkyne conversion percentage of 35,4% with selectivity percentage 61,7%."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>