Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179848 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Almas Sahid Dwifardani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi beserta risikonya dan kontrol internal yang telah diterapkan oleh perusahaan outsourcing yang bergerak di dalamnya distribusi tenaga outsourcing ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif metode analisis sebagai metode penelitian dengan menggunakan sumber data seperti dokumentasi, hasil wawancara, dan studi literatur tentang aturan dan peraturan yang mengatur adanya kegiatan sumber daya. Analisis dilakukan dengan membandingkan prosedur sistem informasi akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran perusahaan dengan teori yang ada, melihat risiko yang ditemukan dalam outsourcing perusahaan PI X dan membandingkan komponen COSO (2013) serta peraturan yang terkait dengan data diperoleh. Berdasarkan analisis, PT X Outsourcing Cornpany memiliki prosedur untuk mendapatkan uang tunai penerimaan dan pengeluaran yang belum efektif dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki beberapa risiko dan memiliki kontrol internal yang masih dimiliki kelemahan dan pelanggaran dalam peraturan yang berlaku

Penelitian ini membahas untuk menganalisis sistem informasi akuntansi terkait risikonya dan kontrol internal yang telah diterapkan oleh perusahaan alih-alih yang bergerak di bidang distribusi tenaga outsourcing ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif
metode analisis sebagai metode penelitian dengan menggunakan sumber data seperti dokumentasi, hasil wawancara, dan studi literatur tentang aturan dan peraturan yang mengatur tentang kegiatan sumber daya. Analisis yang dilakukan dengan membandingkan prosedur sistem informasi penerimaan kas dan merilis perusahaan dengan teori yang ada, melihat risiko yang ditemukan dalam perusahaan outsourcing PI'X dan membandingkan komponen COSO (2013) serta peraturan yang terkait dengan data yang diperoleh. Berdasarkan analisis, PT X Outsourcing Cornpany memiliki prosedur untuk mendapatkan uang tunai penerimaan dan pengeluaran yang tidak efektif dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki beberapa masalah dan memiliki kontrol internal yang masih memiliki kelemahan dan memperbaiki dalam peraturan yang berlaku.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal Nurrahman
"Setiap perusahaan memiliki sistem informasi akuntansi yang berbeda. Pada penulisan ini, penulis membahas sistem informasi akuntansi atas siklus produksi pada perusahaan manufaktur jasa maklon di PT.EFG. Penulis membahas dari segi siklus produksi karena siklus produksi merupakan inti kegiatan perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menemukan bahwa siklus produksi pada perusahaan manufaktur jasa maklon memiliki keunikan dibandingkan dengan perusahaan manufaktur pada umumnya. Penulisan ini juga membahas bagaimana pengendalian internal yang dilakukan pada PT.EFG. Hasil penelitian menemukan PT.EFG masih perlu memperbaiki pengendalian internalnya di beberapa bagian.

Each company has different accounting information system. In this thesis, author analyzes accounting information system over production cylcle in subcontractor manufacturing company with the case study at PT.EFG. The focus of this thesis is production cycle because it is the core activity of every manufacturing company. The result finds that the production cycle in subcontractor manufacturing in PT.EFG has some uniqueness compare to other manufacturing companies. This thesis also analyzes internal control in PT.EFG. The result finds that PT.EFG still need to improve their internal control in some aspects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56836
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irsyad Reza
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian implementasi sistem pengendalian internal pada manajemen PT. XYZ dengan standar ketentuan yang berlaku serta mengidentifikasi kelemahan dalam pengimplementasian good corporate governance (GCG). Penelitian kualitatif ini menganalisis lingkungan pengendalian pada PT. XYZ berdasarkan hasil wawancara dan menganalisis hasil penilaian skoring good corporate governance (GCG) untuk mendapatkan kesimpulan penelitian. Proses wawancara pada penelitian ini menggunakan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2008, sementara proses penilaian skoring menggunakan ketentuan dalam Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara nomor SK/16/S.MBU/2012.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, penerapan sistem pengendalian internal pada manajemen PT. XYZ belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Belum ditetapkannya pedoman pengaturan serta ketidaksesuaian struktur organisasi menjadi faktor penyebabnya. Hasil penilaian skoring menunjukan bahwa lemahnya komitmen manajemen perusahaan terhadap penerapan tata kelola secara berkelanjutan serta kurangnya efektivitas peran Direksi PT XYZ menjadi faktor penyebabnya.

The purpose in this study to analyse internal control implementation and identified the weakness of corporate governance implementation based on governmental regulations. This qualitative research case study focuses on analysis implementing of control environment based on interviews information and analysis implementing of corporate governance based on governance scoring at PT. XYZ to reach conclusions. The interviews on this study refers to regulations no. 60/2008 and the scoring based on the regulation on Secretary of State Minister for State Owned Enterprises act (BUMN) no. 16/S.MBU/2012.
This study findings that implementation of internal control at PT. XYZ not appropriate with the standards on this regulations. Additionally, the company haven't internal guidelines to set code of conduct and incompatibility of organizational structure are the causes. This study also concluded that the implementation of corporate governance at PT. XYZ was ineffective. Ineffectiveness the role of the Directors and lack of management commitment to implementing corporate governance are the factors causes.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esica Regita
"Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan suatu sistem yang memudahkan aliran informasi untuk kepentingan akuntansi dan pengambilan keputusan. Untuk memastikan bahwa SIA berjalan dengan baik, diperlukan pengendalian internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SIA dan pengendalian internal pada siklus produksi yang diterapkan perusahaan manufaktur dan merekomendasikan perbaikan atas kelemahan sistem yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada sebuah perusahaan pembuat kapsul. Hasil penelitian menyarankan bahwa perusahaan masih perlu berkomitmen untuk menerapkan pengendalian internal di siklus produksi secara konsisten.

Accounting Information Systems (AIS) is a system that facilitates the flow of information for accounting and decision making purposes. Hence, it is needed to have internal controls to assure that AIS is well proceeded. The purpose of this research is to analyze the AIS and internal control on production cycle as applied in manufacturing company and also to recommend corrective actions and improvement due to the lack of its system. This research is based on case study in a manufacturer of hard gelatin capsules. The researcher suggests that the firm should commit to implement internal control consistently."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45826
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Doddy Rizky
"Persediaan merupakan aset perusahaan yang sangat penting, terutama bagi badan usaha industri maupun yang bergerak di perdagangan. Karena posisi persediaan sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan, maka harus dilakukan sistem informasi akuntansi yang baik untuk mengelola persediaan serta dapat meminimalisir kecurangan. Tujuan dari studi mandiri ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi yang telah dijalankan, manfaatnya terhadap pengendalian internal persediaan perusahaan beserta kendala dan upaya dalam pelaksanaannya. Studi mandiri ini menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian didasarkan pada hasil penelitian penelitian terdahulu terkait sistem informasi akuntansi persediaan dan pengendalian internal perusahaan. Pada era globalisasi ini sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan. Akan tetapi semakin banyak persediaan yang dimiliki perusahaan maka pada akhirnya sumber daya manusia juga akan memakan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan laporan persediaan kepada manajemen, sehingga diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang dapat membantu mengelola data menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi dalam perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian suatu kegiatan. Agar operasional perusahaan berjalan lancar dan visi-misi perusahaan dapat terlaksana, maka dibutuhkan pengendalian internal persediaan. Adanya sistem informasi akuntansi persediaan dapat mendukung manajemen dan pengendalian persediaan. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak tidak signifikan berpengaruh terhadap pengendalian intern persediaan barang, sedangkan sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan sumber daya manusia prosedural, basis data dan jaringan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal persediaan barang.

Inventory is a very important company asset, especially for industrial business entities and those engaged in trading. Due to the position of inventory as a very important asset for the company, a good accounting information system must be carried out to manage inventory and can minimize fraud. The purpose of this independent study is to analyze the accounting information system that has been implemented, its benefits to the company's internal inventory control and the constraints and efforts in its implementation. This independent study uses a literature review method, the study is based on the results of previous research studies related to inventory accounting information systems and company internal controls. In this era of globalization, accounting information systems are very influential in company development. However, the more inventory the company has, in the end human resources will also take longer in preparing inventory reports to management, so an inventory information system is needed that can help manage data into information that is in accordance with management needs. Accounting information system is a system that processes data and transactions to produce information in planning, controlling, and operating an activity. In order for the company's operations to run smoothly and the company's vision and mission to be carried out, internal inventory control is needed. The existence of an inventory accounting information system can support inventory management and control. Several previous studies have shown that the inventory accounting information system related to hardware and software does not significantly affect the internal control of inventory, while the inventory accounting information system related to procedural human resources, databases and communication networks has a significant effect on internal control of goods inventory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fathimah Alin Amna
"Untuk meningkatkan daya saing perusahaan manufaktur domestik di era perdagangan bebas ini dibutuhkannya siklus produksi yang lebih optimal. Oleh karena itu skripsi ini bertujuan mengamati dan menganalisis sistem informasi akuntansi pada salah satu perusahaan manufaktur pipa yaitu PT Bakrie Pipe Industries (PT BPI), khususnya pada siklus konversi produk. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis pengendalian internal perusahaan menggunakan kerangka Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO).
Penelitian ini melakukan perbandingan antara prinsip pengendalian dan pengendalian internal yang diterapkan oleh PT BPI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi dan pengendalian pada siklus konversi produk PT BPI sudah cukup memadai. Usulan yang dapat penulis berikan adalah perlunya perbaikan penjagaan fisik atas dokumen maupun aset dan peningkatan kinerja bagian Internal Control and Risk Management.

To increase the competitive advantage of domestic manufacturer in free trade era, domestic manufacturer need to optimized their product conversion cycle. This study tries to understand the nature of product conversion cycle in pipe manufacturer, PT Bakrie Pipe Industries (PT BPI). This study aim to observe and then analyze accounting information system in PT Bakrie Pipe Industries? (PT BPI?s) product conversion cycle. This study is also meant to analyze internal control in the company with The Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) Integrated Framework.
This study also compares Internal Control Principles with the current condition in PT BPI. This study found that accounting information system and control of PT BPI?s product conversion cycle is fairly good. It is suggested that PT BPI to enhance physical guard over their asset and data, as well as optimize their Internal Control and Risk Management Departement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45814
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feny Triagustina
"Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang terjadi di PT X yang bergerak di industri jasa logistik. PT X belum pernah mencapai target laba sejak lima tahun terakhir. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu descriptive analysis dan content analysis berdasarkan performance theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT X tidak dapat mencapai target laba dikarenakan adanya alokasi biaya yang tidak memperhitungkan biaya tidak langsung dan penentuan tarif yang tidak didasarkan oleh perhitungan harga pokok penjualan. Untuk keakuratan alokasi biaya dan penentuan tarif, penelitian ini memberikan usulan pada PT X untuk melakukan Customer Profitability Analysis, menggunakan Time-Driven Activity Based Costing untuk alokasi biaya serta menerapkan sistem pengendalian internal.

This research aims to answer the problem arising in PTX, a logistic services company, that never achieved target profit over five past years. This study is conducted using a case study with a qualitative research method. The data are analysed using descriptive analysis and content analysis techniques based on performance theory. Results shows that PT X can not achieve target profit due to inaccurate allocation of product cost and inaccurate price setting. To improve product cost and price setting accuracy, this research recommends PT X to conduct Customer Profitability Analysis, apply Time-Driven Activity Based Costing to cost allocation and apply internal control system.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Nurpratiwi Hakim
"Laporan Magang ini bertujuan membahas sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan pada salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Pembahasan diawali dengan gambaran siklus pendapatan pada perusahaan telekomunikasi khususnya untuk pelanggan B2B Business to Business. Siklus tersebut dimulai dari penawaran jasa hingga menerima pembayaran dari pelanggan. Selanjutnya siklus pengendalian internal perusahaan akan dibandingkan dengan lima komponen kerangka pengendalian internal yang diterbitkan oleh COSO untuk mencari penyebab munculnya isu pada siklus pendapatan. Laporan magang ini menyimpulkan bahwa gagalnya perusahaan dalam memantau keefektifan pengendalian internal pada setiap aktivitas bisnis, menyebabkan tidak terpenuhinya prinsip-prinsip yang ada pada kelima komponen pengendalian internal.

This internship report aims to discuss the internal control system in the revenue cycle of a telecommunication service provider in Indonesia. The discussion begins with an overview of revenue cycle of telecommunication companies, specifically for B2B Business to Business customer. The cycle starts from offering service activities to receiving payment from customers. Furthermore, the company's internal control system will be compared with the five components of internal control framework issued by COSO to looking for the problem at current revenue cycle. This report conclude that the failure of the monitoring activities to ensure internal controls operates effectively, leads to non compliance with the principles contained in the five internal control components. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rhesa Adrian Pratama
"Laporan Magang ini adalah hasil dari program magang yang dilakukan di PT Jakarta Tourisindo, sebuah Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta yang beroperasi di bidang industri hotel dan pariwisata. Selama magang, observasi terhadap sistem akuntansi penggajian di perusahaan tersebut telah dilakukan. Laporan magang ini mendiskusikan tentang hal-hal yang terkait dengan sistem akuntansi penggajian di perusahaan tersebut, termasuk teori-teori terkait dengan topik laporan ini.
Hasil magang ini menunjukkan bahwa siklus penggajian di perusahaan tersebut telah berjalan baik dengan didukung sistem yang memadai. Akan tetapi, masih ada beberapa kekurangan yang dialami perusahaan yang menyebabkan ketidakefisienan dalam sistem penggajian, yang harus diminimalisir dan dipecahkan oleh perusahaan, termasuk kesalahan manusia yang masih sering terjadi.

This internship report is the outcome of internship program done at PT Jakarta Tourisindo, a regional-owned enterprise in DKI Jakarta that operates its business in hotel and tourism industry. During the internship, payroll accounting system applied in the company was observed. This internship report discusses the related issues about the payroll accounting system in the company, including the applicable theory of the subject.
The internship proved that the company has been running well with the adopted adequate system that supports all the activities related to the payroll cycle. However, there are several shortcomings that cause inefficiency to the payroll system, that have to be minimized and solved by the company, including common human errors.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sandy Rizka Olvia
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pengendalian internal yang dapat dilakukan PT X terkait pengelolaan piutang dan sewa pasca penerapan PSAK 71 dan PSAK 73. Analisis dilakukan dengan membandingkan antara pengendalian internal existing dengan Kerangka Pengendalian Internal COSO untuk mengidentifikasi area yang membutuhkan peningkatan. Data diperoleh melalui tinjauan dokumen dan wawancara dengan lima narasumber. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT X sudah mengidentifikasi risiko terkait penerapan PSAK 71 dan 73 serta meningkatkan pengendalian internalnya untuk memitigasi risiko. Tetapi tingkat penyisihan penurunan nilai piutang perusahaan terus meningkat dan rasio solvabilitas perlu dijaga agar tidak melanggar ketentuan debt covenants. Penelitian merekomendasikan agar PT X menerapkan kebijakan kredit yang ketat dengan seleksi pelanggan, penerapan batasan kredit dan jaminan yang berkualitas serta menerapkan software perhitungan expected credit loss untuk meningkatkan pengelolaan piutang. Penelitian juga merekomendasikan agar PT X melakukan analisis strategi pengadaan aset dan membenahi administrasi kontrak untuk meningkatkan pengelolaan sewa.

This research aims to analyze the improvement of internal control that can be done by PT X related to the management of accounts receivable and leases after the implementation of PSAK 71 and PSAK 73. The analysis is carried out by comparing existing internal controls with COSO's Internal Control-Integrated Framework to identify areas that need improvement. Data were obtained through document review and interviews. The results of the analysis show that PT X had identified risks related to the implementation of PSAK 71 and 73 and improved its internal control accordingly. However, the level of loan loss provisioning for trade receivables continues to increase and the solvency ratio needs to be maintained to comply with debt covenants. Research recommends that PT X implement a strict credit policy with customer selection, credit limits, and quality guarantees, and also implement an expected credit loss calculation software to improve account receivables management. Research also recommends that PT X conduct an analysis of asset procurement strategies and improve contract administration to improve lease management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>