Ditemukan 201818 dokumen yang sesuai dengan query
Ahmad
"Laporan Magang ini membahas tentang evaluasi perlakuan akuntansi atas pendapatan dari penyelenggaraan Bulan Dana pada PMI DKI Jakarta dengan menggunakan standar SAK ETAP, PSAK 45, dan SJT 4400. Dari hasil evaluasi ditemukan bahwa pada PMI DKI Jakarta masih ada perlakuan akuntansi pendapatan dari Bulan Dana yang belum sesuai dengan standar yang berlaku. Laporan ini juga membahas mengenai tahapan audit khusus berupa penerapan prosedur yang disepakati yang dilakukan oleh KAP JR dalam memverifikasi hasil penerimaan dan beban pelaksanaan pada Laporan Hasil Bulan Dana PMI DKI Jakarta. Dari evaluasi proses audit, pelaksanaan prosedur yang disepakati oleh KAP JR telah dilakukan dengan sesuai standar. Dari refleksi diri, penulis menemukan empat hal kunci yang didapat dari pengalaman magang, yaitu berpikir kritis, komunikasi yang intensif, tepat waktu, dan sadar diri.
This internship report discusses the evaluation of accounting treatment of revenue from the execution of Bulan Dana by PMI DKI Jakarta by using the standard SAK ETAP, PSAK 45, and SJT 4400. From the evaluation results, it was found that in PMI DKI Jakarta there was still an accounting treatment of income from the Bulan Dana which was not yet in accordance with the applicable standards. This report also discusses the special audit process, in the form of the implementation of agreed procedures carried out by the KAP JR in verifying the revenue and expense in the Laporan Hasil Bulan Dana PMI DKI Jakarta. From the evaluation of the audit process, the implementation of the agreed upon procedures by the KAP JR was carried out according to the standards. From the self-reflection, the author found four key things obtained from the internship experience, namely critical thinking, communication, timeliness, and self-awareness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gifary Yusuf Bachtiar
"Laporan ini membahas mengenai evaluasi pelaksanaan prosedur yang telah disepakati yang dilakukan KAP PQR atas laporan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) perusahaan efek. Laporan ini dibuat berdasarkan pengalaman melaksanakan magang di Kantor Akuntan Publik PQR. Pemeriksaan laporan MKBD merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan saat magang dan diangkat menjadi topik laporan magang ini karena dianggap menarik. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kesesuaian prosedur yang dilaksanakan dengan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, prosedur yang telah dilaksanakan dalam rangka pemeriksaan laporan MKBD telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penulis memberikan saran kepada KAP PQR untuk melakukan pelatihan, menambah pengetahuan teknis mengenai ketentuan yang berlaku, mempertahankan profesionalisme, dan memperbaiki komunikasi antar anggota tim. Sementara itu, saran yang penulis berikan untuk pihak regulator adalah untuk memperbaiki audit trail serta menelaah kembali ketentuan sampel dan ketentuan minimum MKBD. Selain evaluasi, laporan ini juga berisi refleksi diri dan rekomendasi berdasarkan pengalaman yang didapatkan dan ilmu yang diperoleh berdasarkan pengalaman tersebut.
This report discusses the evaluation of agreed upon procedures conducted on net adjusted working capital performed by PQR public accounting firm on Net Adjusted Working Capital (NAWC) reports made by securities companies. This report was made based on the writer’s internship experience in PQR public accounting firm. The examination of NAWC reports was one of the activities conducted by the writer during the internship and became the topic of this internship report due to its interesting nature. The evaluation was carried out by comparing the agreed upon procedures with the applicable standards. Based on the evaluation, the agreed upon procedures on NAWC reports were in accordance with the applicable standards. The writer recommended KAP PQR to invest more in training, increase the audit team’s knowledge in technical skills and relevant regulations, uphold professionalism, and to improve communication between team members. The writer has also recommended regulating bodies to improve their audit trail as well as reevaluating the requirements regarding sampling and minimum NAWC level. Additionally, this report also contains self reflections and recommendations based on the writer’s experience and knowledge gained from the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Radja Dawamindra
"Tujuan dari laporan magang ini adalah mengevaluasi prosedur penyimpanan data fisik transaksi perusahaan PT M dengan membandingkannya dengan sejumlah teori dan buku yang ditulis oleh berbagai ekonomis seperti Hall dan Romney yang telah dipelajari di mata kuliah yang telah ditempuh selama ini. PT. M merupakan perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi massa dan periklanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kerja lapangan. Hasil evaluasi menemukan bahwa terdapat kekurangan dalam hal ketersediaan peralatan kantor dan tempat penyimpanan untuk dokumen akuntansi. Pihak kantor disarankan untuk melakukan perbaikan di peralatan kantor yang berhubungan dengan proses penyimpanan akuntansi serta menambah ruang penyimpanan bagi dokumen akuntansi.
Purpose of this internship report is to evaluate the physical data storage procedures of PT M's transactions by comparing it with numbers of theories and books written by economists such as Hall and Romney that have been learned in college so far. PT. M is a company that are engaged in mass communication and advertising services. The research was done through an internship work in the field. Evaluation finds out that there’s a flaw in the shortages of office equipments and storage spaces for accounting documents. The office would be suggested to make improvements and procurements to the office equipments related to accounting documentation process and also to increase storage space for accounting documents."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Wulan Sari Sarjono
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian pedoman dan pelaksanaan proses penyelesaian TPTD hasil pemeriksaan Inspektorat Jenderal dibandingkan dengan pedoman TPTD yang berlaku. Penelitian dilakukan pada Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian studi kasus dengan metode analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Alat yang digunakan untuk analisis adalah Pedoman Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pengawasan Inspektorat Kementerian Keuangan dan Pedoman Penetapan Temuan Hasil Pemeriksaan yang Tidak Dapat Ditindaklanjuti Kementerian Pertanian. Sumber data yang digunakan diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pedoman TPTD Kementerian Kesehatan secara umum telah sesuai dan pelaksanaan penyelesaian sudah mengikuti pedoman TPTD yang berlaku namun perlu dilakukan update pedoman tindak lanjut dan membuat petunjuk teknis tindak lanjut hasil pengawasan atau pedoman khusus TPTD yang menjelaskan definisi operasional kriteria TPTD mengenai tolak ukur dan batasan dokumen dari instansi berwenang yang harus terpenuhi sebagai syarat TPTD, langkah kerja mengenai mekanisme usulan TPTD dari satuan kerja, pembahasan dan penetapan TPTD oleh Inspektorat Jenderal, serta format pengajuan usulan TPTD beserta data dukung yang harus dilengkapi. Rekomendasi hasil audit yang menjadi TPTD karena pemberian rekomendasi yang belum tepat Inspektorat Jenderal dapat melaksanakan pengembangan kompetensi APIP Inspektorat Jenderal secara berkelanjutan. Temuan yang diputuskan TPTD namun dilihat dari tindak lanjut yang dilakukan tidak tepat waktu atau berlarut-larut maka perlu dilakukan monitoring tindak lanjut yang dilakukan Inspektorat Jenderal setiap bulan dan terlibat aktif menjaga komitmen waktu.
This study aims to evaluate the suitability of the guidelines and implementation of the TPTD settlement process from the Inspectorate General examination results compared to the applicable TPTD guidelines. The study was conducted at the Inspectorate General of the Ministry of Health. This research uses a case study research strategy with a qualitative descriptive data analysis method. The tools used for analysis are the Guidelines for Monitoring the Follow-up of Recommendations on the Supervision Results of the Inspectorate of the Ministry of Finance and the Guidelines for Determining the Findings of Non-Actionable Examination Results of the Ministry of Agriculture. The data sources used were obtained from interviews and documentation. The results showed that the TPTD guidelines of the Ministry of Health are generally appropriate and the implementation of the settlement has followed the applicable TPTD guidelines, but it is necessary to update the follow-up guidelines and make technical follow-up guidelines for the results of supervision or TPTD special guidelines that explain the operational definition of TPTD criteria regarding benchmarks and document limits from authorized agencies that must be met as TPTD requirements, work steps regarding the mechanism for TPTD proposals from work units, discussion and determination of TPTD by the Inspectorate General, as well as the format of submitting TPTD proposals along with supporting data that must be completed. Recommendations of audit results that become TPTD due to improper provision of recommendations The Inspectorate General can carry out the development of APIP competence of the Inspectorate General on an ongoing basis. The findings decided by TPTD but seen from the follow-up carried out are not timely or protracted, it is necessary to monitor the follow-up carried out by the Inspectorate General every month and be actively involved in maintaining the time commitment."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Pakpahan, Delaneira Tiur Agustina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh auditor KAP ABC terhadap kesalahan penyajian akun piutang PT Sava dalam transaksi Perjanjian Pengangkutan Gas Bumi melalui Pipa dan memberikan gambaran tentang refleksi diri atas pengalaman magang di KAP ABC. Dalam melakukan audit atas kesalahan penyajian, prosedur yang diterapkan oleh KAP ABC adalah Pengevaluasian atas Kesalahan Penyajian yang Diidentifikasi selama Audit seperti yang diatur dalam Standar Audit (SA) 450, antara lain komunikasi dengan tingkat manajemen yang sesuai, reassessment of
materiality, quantitative assessment, qualitative assessment, menilai dampak kesalahan penyajian terhadap periode sebelumnya, meminta manajemen untuk membuat representasi tertulis, dan dokumentasi. Hasil evaluasi atas prosedur tersebut memperlihatkan bahwa kesalahan penyajian yang terjadi merupakan tidak material, baik secara kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, hasil refleksi diri atas pengalaman magang memberikan masukan atas kekuatan dan kelemahan penulis serta rencana masa depan yang akan dicapai oleh penulis.
This internship report aims to evaluate the audit procedures performed by KAP ABC auditor for the misstatement of PT Sava`s receivables in the transaction of the Natural Gas Transport through Pipeline Agreement and to provide an overview of self-reflection on the internship experience in KAP ABC. In conducting audit of misstatement, the procedures applied by KAP ABC is Evaluation of Misstatement Identified during Audit in accordance as stated in Standar Audit (SA) 450, including communication with the appropriate level of management, reassessment of materiality, quantitative assessment, qualitative assessment, assessing the impact of misstatement on the previous period, asking management to make written representation, and documentation. The evaluation result of the procedures shows that the misstatement that occurred is immaterial, both quantitatively and qualitatively. In addition, the result of self-reflection on the experience of internships provides input on the strengths and weaknesses of the writer and future plans to be achieved by the writer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ilham Daniswara
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi kecukupan dan ketepatan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP IHM atas pengakuan pendapatan PT DNS. PT DNS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang maritim dan merupakan anak perusahaan dari PT ALN. Prosedur audit yang dilaksanakan adalah pengujian substantif pada asersi completeness dan cut-off atas risiko salah saji material pada pengakuan pendapatan. Evaluasi prosedur audit KAP IHM dilakukan dengan membandingkannya dengan panduan audit pendapatan menurut Committee of European Auditing Oversight Board (CEAOB). Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, prosedur audit atas pengakuan pendapatan PT DNS yang telah dilakukan KAP IHM sudah sesuai dengan standar audit yang berlaku. Pada saat melakukan asersi cut off ditemukan kejanggaan pencatatan sehubungan pengakuan pendapatan PT DNS dari PT ALN. Hal ini disebabkan karena PT ALN (prinsipal) kepada PT DNS (agen) tidak mengirimkan invoice untuk mengaih imbalan atas jasa tunda jaga yang dipegang oleh PT DNS. Untuk ini telah dilakukan jurnal pembalik dan jurnal koreksi oleh PT DNS.
This internship report aims to evaluate the sufficiency and appropriateness of the audit procedures performed by KAP IHM on the revenue recognition of PT DNS. PT DNS is a martime service company and is a subsidiary of PT ALN. The audit procedure performed was substantive testing for the assertion of completeness and cut-off on the risk of material misstatement on revenue recognition. The evaluation of KAP IHM`s audit procedure is done through comparing the audit on revenue guide published by the Committee of European Auditing Oversight Board (CEAOB) with respect to the International Standards on Auditing (ISA). Based on the evaluation performed, it can be concluded that the audit procedures on revenue recognition performed by KAP IHM on PT DNS was in accordance with the auditing standards applied. When performing the audit on the cut-off assertion, auditor found a potential error on the record of revenue recognition of PT DNS from PT ALN. The error was caused due to PT ALN (principal) inability to send an invoice to PT DNS (agent) for the payment of Tunda Jaga service. For this matter, PT DNS have entered reversing entries and correcting entries to solve this matter."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Sitorus, Shelvyana Ronauly
"Penelitian ini membahas analisis penerapan ketentuan akuntansi dan ketentuan pajak saat pengalihan aset pada transaksi merger penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu penerapan apabila perusahaan yang melakukan merger menggunakan metode harga pasar purchase method untuk tujuan akuntansi dan metode nilai buku pooling of interest saat pengalihan aset serta upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah yang timbul akibat dari penerapan ketentuan tersebut Pada ketentuan akuntansi hanya mengakui satu metode yaitu metode harga pasar sedangkan ketentuan pajak mengakui dua metode yaitu metode harga pasar dan metode nilai buku Pada metode harga pasar terdapat kewajiban pajak penghasilan akibat selisih antara harga pasar dan nilai buku Pada metode nilai buku tidak ada kewajiban pajak penghasilan karena tidak ada selisih Perusahaan yang melakukan merger menggunakan nilai buku untuk tujuan pajak dan metode harga pasar untuk tujuan akuntansi akan menimbulkan masalah yaitu terkait business purpose test dan juga masalah pembukuan terkait pajak penghasilan Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan penyesuaian adjustment pada pembukuan dan memperhatikan pos pos terkait perbedaan akuntansi dan pajak Selain itu upaya yang dapat dilakukan dengan memperjelas aturan mengenai business purpose test.
This is the study on the analysis of accounting and tax provisions application during the asset transfer in merger transaction There are two issues in this study First the application of accounting and tax provisions if the merger implementing companyuses purchase method for accounting purposes and pooling of interest method during the asset transfer Second the efforts which can be done to solve the problems emerging from such application The accounting provisions only recognize one method which is purchase method On the other hand the tax provisions recognize two methods both purchase method and pooling of interest method In purchase method there are income tax obligations because of the deviation between the purchase and pooling of interest In pooling of interest method there is no income tax obligations because there is no deviation The merger implementing company which uses pooling of interest method for tax purposes and purchase method for accounting purposes will create problems relating to business purpose test and accounting problems relating to income tax Some efforts which can be done include making adjustment during the accounting process and paying attention on the issues relating to accounting and tax differences Another effort is to make clearer regulations on business purpose test."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61035
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Regina Anregia Violla
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP ABC atas akun pendapatan PT XYZ untuk laporan keuangan yang berakhir 31 Desember 2019. Pendapatan PT XYZ berasal dari penjualan unit alat berat, penjualan suku cadang alat berat, dan penjualan jasa perbaikan dan pemeliharaan unit alat berat. Evaluasi dilakukan pada prosedur vouching dan pengujian cut-off pada akun pendapatan. Evaluasi bertujuan untuk menguji kesesuaian prosedur audit KAP ABC dengan teori dan standar audit yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur audit atas pendapatan PT XYZ yang telah dilakukan KAP ABC telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku.
ABSTRACTThe aim of this internship report is evaluating the audit procedure conducted by KAP ABC on the revenue account of PT XYZ for financial statement ended 31 December 2019. PT XYZ`s revenue was obtained from the sales of heavy equipment units, sales of heavy equipment spare parts, and sales of service repair and repair services and heavy
equipment unit maintenance. Evaluation was performed on revenue vouching procedures and cut-off testing. The evaluation aims to test the compliance of KAP ABC audit procedures with applicable auditing theory and standards. Based on the results of the evaluation, the audit procedure on PT XYZ`s revenue has been conducted by the KAP ABC in accordance with the prevailing audit theories and standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Syarifah Fitria
"Laporan ini memaparkan kegiatan yang penulis lakukan selama periode magang di KAP GHI. Penulis akan membahas tentang prosedur audit yang dilakukan KAP GHI terhadap akun pendapatan PT FSF Indonesia – perusahaan yang berjalan dalam usaha jual beli hasil tangkapan laut, untuk tahun berakhir tanggal 31 Desember 2018 serta kesesuaiannya dengan standar audit yang berlaku. Berdasarkan hasil analisis, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP GHI atas pendapatan PT FSF Indonesia telah sesuai dengan standar audit dan teori yang berlaku.
This internship report conveyed activities the author carried out during the internship period at KAP GHI. The author will discuss the audit procedures conducted by KAP GHI on PT FSF Indonesia revenue account – a company that is engaged in the business of sale and purchase of sea catches for the year ending December 31st, 2018, and their compliance with the applicable audit standard. Based on the analysis, the audit procedures carried out by KAP GHI on revenue PT FSF Indonesia are in accordance with auditing standards and applicable theories."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fikriakbar Habibie
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi atas proses pencatatan akun utang kredit mitra beserta jurnal yang dibuat pada Departemen ABC PT XYZ. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, di mana Departemen ABC membawahi proyek-proyek konstruksi yang berada pada lini usaha energi dan industrial plant. Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum, proses pencatatan akun utang kredit mitra pada Departemen ABC PT XYZ beserta jurnal yang dibuat telah sesuai dengan konsep proses pencatatan akuntansi. Laporan magang ini juga membahas tentang refleksi diri penulis selama pelaksanaan kegiatan magang. Berdasarkan hasil refleksi diri, masih terdapat beberapa hal yang perlu penulis perbaiki untuk kedepannya.
This report discusses the evaluation of short term loans account recording process and the related journal entries made in ABC Department of PT XYZ. PT XYZ is a construction company, in which the ABC Department oversees construction projects that are in the business line of energy and industrial plants. Based on the evaluation, in general, the recording process of short term loans account in ABC Department of PT XYZ and the journal entries made are in accordance with the concept of accounting recording process. This report also discusses the writer`s self-reflection during the internship. Based on the self-reflection, there are still a few things that needs to be improved in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library