Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83205 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vassa Khema Katthika
"Latar belakang: Gigi avulsi adalah suatu kondisi gigi terlepas keluar secara utuh dari soketnya, dan terjadi sekitar 0,5-16% pada gigi permanen anak. Avulsi merupakan salah satu injuri yang serius dan pertolongan pertama yang salah saat terjadinya trauma dapat menyulitkan prognosis gigi tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas cedera pada gigi anak terjadi di lingkungan sekolah dan guru berperan penting dalam memberikan pertolongan pertama di lokasi kecelakaan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan pengetahuan guru sekolah mengenai pertolongan pertama gigi avulsi tidak memadai sehingga diperlukan suatu alat bantu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh video animasi Pertolongan Pertama Mandiri Gigi Avulsi Anak terhadap pengetahuan guru sekolah dasar. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah eksperimental klinis. Sebanyak 54 guru sekolah dasar negeri (SDN) dari 13 SDN di Jakarta Pusat yang dipilih secara acak diminta untuk mengisi kuesioner. Setelah itu video animasi Pertolongan Pertama Mandiri Gigi Avulsi Anak ditayangkan. Selesai menonton, guru diminta untuk mengisi kembali kuesioner yang sama. Hasil: Analisis data menggunakan uji komparatif Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan (p<0,05) nilai total skor pengetahuan guru SDN setelah menonton video animasi Pertolongan Pertama Mandiri Gigi Avulsi Anak. Kesimpulan: Video animasi Pertolongan Pertama Mandiri Gigi Avulsi Anak berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan guru sekolah dasar.

Background: Dental avulsion is a condition in which the tooth is completely dislodged from its socket and occurs around 0.5-16% in the child's permanent teeth. Improper management when trauma occurs can complicate the prognosis of the tooth. Majority of injuries to children s teeth occur in the school environment and teachers play an essential role in providing first aid at the accident site. However, the school teacher s knowledge regarding first aid dental avulsion is inadequate, so an educational tool is needed. The purpose of this study was to analyze the effect of animated video First Aid Management of Dental Avulsion towards primary school teacher s knowledge. Methods: The design of this study is a clinical experimental study. Subjects were 54 teachers from 13 public elementary schools in Central Jakarta who were chosen randomly to fill out a questionnaire before and after animated video First Aid Management of Dental Avulsion was presented. Results: Data analysis using the Wilcoxon comparative test showed that there was a statistically significant increase (p<0.05) in teacher s knowledge after watching the animated video First Aid Management of Dental Avulsion. Conclusion: The animated video First Aid Management of Dental Avulsion was effective in increasing the primary school teacher s knowledge."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Marianti Enikawati
"Latar Belakang : Trauma di rongga mulut memiliki prevalensi yang tinggi, terutama pada anak-anak. Avulsi gigi merupakan kasus trauma di rongga mulut yang paling berat dan sering terjadi di sekolah. Sekitar 64,5% kasus avulsi gigi tidak mendapatkan penanganan yang tepat karena kurangnya pengetahuan guru sekolah terhadap pertolongan pertama avulsi gigi. Oleh karena itu, guru sekolah membutuhkan edukasi untuk meningkatkan prognosis perawatan pada anak. Salah satu media edukasi yang dapat digunakan yaitu poster. Penelitian mengenai pengaruh poster edukasi terhadap perubahan tingkat pengetahuan guru sekolah dasar mengenai pertolongan pertama mandiri avulsi gigi belum pernah dilakukan sebelumnya di Indonesia. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan guru sekolah dasar sebelum dan sesudah membaca poster edukasi “Pertolongan Pertama Mandiri Gigi Avulsi pada Anak” Metode Penelittian : Penelitian ini dilakukan di 13 sekolah dasar negeri di Jakarta Pusat, dengan total 54 guru yang memenuhi kriteria inklusi. Setelah mengisi informed consent, pengetahuan awal diukur dengan menggunakan kuesioner kemudian guru membaca poster edukasi mengenai pertolongan pertama avulsi gigi. Setelah membaca poster, guru mengisi kembali kuesioner yang berisi pertanyaan yang sama. Perbedaan total skor pengetahuan sebelum dan sesudah membaca poster edukasi diuji secara statistik. Hasil : Nilai median total skor sebelum membaca poster adalah 5 sedangkan nilai median setelah membaca poster adalah 10. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p=0.000 yang menandakan terdapat perbedaan signifikan antara tingkat pengetahuan guru sekolah dasar sebelum dan sesudah membaca poster edukasi Kesimpulan : Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan guru sekolah dasar sebelum dan sesudah membaca poster edukasi “Pertolongan Pertama Mandiri Gigi Avulsi pada Anak” yang menandakan poster edukasi merupakan media edukasi yang efektif. 

Background : Oral trauma has a high prevalence, especially in children. Dental avulsion is the most severe type of oral trauma and school is the common place where dental avulsion occurs. Arround 64.5% of dental avulsion cases did not get proper treatment due to inadequate teachers’ knowledge about first aid management of dental avulsion; therefore, teachers need education to improve the prognosis of treatment. One of the educational media that can be used is poster. Research on educational poster’s effect on the knowledge of elementary school teachers regarding first aid management of dental avulsion has never been done in Indonesia. Objective: The purpose of this study is to analyse the difference of level on the knowledge of Elementary School Teachers Before and After Reading Educational Posters “First Aid Management Of Dental Avulsion on Children” Methods : This study was conducted in 13 public primary schools in central Jakarta, with a total of 54 teachers who met the inclusion criteria. After filling out the informed consent, initial knowledge was measured using a questionnaire, then the teacher read an educational poster about the first aid management of dental avulsion. After reading the poster, the teachers answered the questionnaire, which included the same questions as the first questionnaire. The difference between total knowledge scores before and after reading the educational poster was statistically counted. .Results : The median of total score before reading the poster was 5 while the median of total score after reading the educational poster was 10. The Wilcoxon test showed a significant difference (p=0.000) between the level of knowledge of elementary school teachers before and after reading the educational poster. Conclusion : There is a difference in the level of knowledge of elementary school teachers before and after reading the educational poster "Independent First Aid for Children's Avulsion Teeth" which indicates that the educational poster is an effective educational tool. "
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Jannah
"Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab terbanyak terjadinya cedera di seluruh dunia. Jumlah korban kecelakaan yang tinggi dikalangan usia pelajar di Indonesia menjadi fenomena yang penting dan harus dipandang secara serius. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengetahuan siswa sekolah menengah kejuruan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan. Desain kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional digunakan dalam penelitian terhadap 93 responden yang diperoleh melalui simple random sampling. Responden berusia 14-19 tahun, 30,1% duduk di kelas X dan 69,9% di kelas XI. Responden dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 58,1% dan laki-laki 41,9% serta hanya 25,8% responden yang pernah mendapat pelatihan pertolongan pertama sebelumnya. Pengetahuan siswa mengenai pertolongan pertama ternyata masih kurang adekuat. Dari 93 siswa yang dijadikan responden, hanya 36,6% siswa yang sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai pertolongan pertama. Perawat komunitas perlu bekerja sama dengan pihak penyelenggara pendidikan untuk memasukkan pengetahuan pertolongan pertama pada kurikulum sekolah.

Traffic accident is the cause of most injuries occurred in the world. A high number of traffic accident among age students in Indonesia to be an important phenomenon and should be considered seriously. Therefore, this study aimed to obtain information on high school students' knowledge about first aid. The design of quantitative descriptive with cross sectional method is used in this research to 93 respondent by simple random sampling. Respondents aged 14-19 years, 30.1% in class X and 69.9% in class XI, 58.1% female and 41.9% male, and only 25.8% of respondents who had received first aid training before. It has been found that student's knowledge of first aid is not at an adequate level. Result showed that from 93 students, only 36.6% of students who already have a good understanding of first aid. The results of this study serve as an input in improving nursing care to work together with education providers for inserting first aid subject to curriculum."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S55387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lili Aulina
"Banyaknya potensi bahaya di lingkungan kampus Universitas Indonesia menyebabkan tingginya angka kejadian cedera yang terjadi. Kejadian cedera dapat memburuk dan menyebabkan kematian apabila tidak diberikan tindakan pertolongan pertama yang sesuai. Pengetahuan tentang pertolongan pertama penting untuk dimiliki oleh siapapun termasuk juga oleh seorang petugas keamanan yang bertugas sebagai first responders dalam menangani kasus kegawatdaruratan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan petugas PLK UI tentang pertolongan pertama. Penelitian cross sectional ini diikuti oleh 207 petugas PLK UI dengan menggunakan teknik pengambilan sampel systematic random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53,1 responden memiliki tingkat pengetahuan baik, 33,3 tingkat pengetahuan cukup, 11,6 tingkat pengetahuan kurang, dan 1,9 tingkat pengetahuan buruk. Disarankan untuk dapat dilakukannya penyegaran ilmu pengetahuan pertolongan pertama bagi petugas PLK UI melalui pelatihan-pelatihan maupun sumber informasi pengetahuan terbaru.

The high number of potential dangers in Universitas Indonesia cause high incidence of injuries. The incidence of such injury can be worse and even lead to death if there is no appropriate first aid action. Knowledge of first aid is important to be possessed by anyone including also a security officer who served as first responders in handling emergency cases.
The purpose of this research was to know the knowledge level of PLK UI officer about first aid. This cross sectional study was conducted among 207 PLK UI officers using systematic random sampling technique.
The results showed that 53.1 of respondents have good knowledge, 33.3 have enough knowledge level, 11.6 have less knowledge level, and 1.9 have bad knowledge level. This study recommend to refresh first aid knowledge for PLK UI officers through advance training and latest knowledge sources.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S69839
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Mulisari
"Pengetahuan akan pertolongan pertama merupakan hal yang sangat penting tidak hanya bagi tenaga kesehatan, namun bagi olahragawan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perbandingan tingkat pengetahuan antara mahasiswa anggota UKOR Hockey UI dengan mahasiswa FIK UI angkatan 2014 tentang pertolongan pertama cedera olahraga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif komperatif dengan teknik simple random sampling melibatkan 134 responden.
Hasil analisis diperoleh bahwa mahasiswa FIK UI angkatan 2014 memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori sangat baik ndash; baik sebanyak 43 mahasiswa 51,2, sementara mahasiswa UKOR Hockey UI sebanyak 24 mahasiswa 48 yang memiliki pengetahuan cukup. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara mahasiswa FIK UI angkatan 2014 dengan UKOR Hockey UI p=0,001, =0,05. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan serta informasi bagi UKOR Hockey UI untuk meningkatkan pengetahuan akan pertolongan pertama dan bagi FIK UI dalam mengembangkan keperawatan olahraga.

Knowledge of first aid is very important not only for health workers, but also for athletes. The purpose of this study is to identify the comparative level of knowledge between students of UKOR Hockey UI and FIK UI student class of 2014 about first aid of sports injury. The design that used in this study is descriptive comparative using simple random sampling technique with 134 respondents.
The result of analysis shows that FIK UI student of class of 2014 with very good good knowledge category are 43 students 51,2, while UKOR Hockey UI students were 24 48 students with enough knowledge. The result of this research is there is a difference of knowledge level between students of UKOR Hockey UI and FIK UI student of class of 2014 p 0,001, 0,05.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cyrillistanti Tishka Kusumaedi
"Latar Belakang: Cedera trauma dental merupakan masalah serius secara global terutama pada siswa Sekolah Dasar karena frekuensi kejadian yang tinggi serta sifat pengobatannya yang rumit, mahal, dan terkadang memiliki efek samping yang dapat bertahan beberapa tahun. Peran guru sangat penting dalam memberikan penanganan yang tepat apabila terjadi cedera pada muridnya.
Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan guru SD di DKI Jakarta tentang cedera trauma dental dan hubungan antara sikap, efikasi diri, karakteristik pribadi, pengalaman, serta sumber informasi guru dengan pengetahuan.
Metode: Studi cross-sectional dengan metode convenience sampling pada 624 guru SD di DKI Jakarta dengan mengirimkan kuesioner online yang disebarkan melalui Dinas Pendidikan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Analisis data dilakukan secara deskriptif, uji Chi Square, dan analisis statistik dengan nilai Odds Ratio.
Hasil: 51,8% guru SD di DKI Jakarta masih memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai praktik pertolongan pertama cedera trauma dental. 30,8% guru mengetahui bahwa bagian gigi yang patah dapat disambung kembali, 90,1% guru mengetahui bahwa kontrol perdarahan harus dilakukan segera setelah terjadinya cedera, dan 29% guru mengetahui bahwa gigi yang terlepas dapat dikembalikan ke posisi awalnya. Sumber informasi, pengalaman, dan efikasi diri guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan mengenai manajemen cedera trauma dental (p < 0,05).
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan guru SD di DKI Jakarta mengenai manajemen pertolongan pertama cedera trauma dental masih terbatas. Mayoritas guru belum pernah mendapatkan pelatihan ataupun informasi mengenai cedera trauma dental sehingga berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan sikap dan efikasi diri guru. Sumber informasi mengenai cedera trauma dental dapat mempengaruhi pengetahuan guru SD di DKI Jakarta melalui edukasi dan pelatihan pertolongan pertama dari para ahlinya.

Background: Traumatic dental injury is a serious problem globally, especially in elementary school students because of the high frequency of occurrence and the nature of the treatment which is complicated, expensive, and sometimes has side effects that can last several years. Teacher’s role is very important in providing appropriate treatment in the event of an injury to a student.
Objective: To determine the knowledge level of elementary school teachers in Jakarta about traumatic dental dental injuries and the relationship between teachers’ attitudes, self-efficacy, personal characteristics, experiences, and information sources with knowledge.
Methods: A cross-sectional study using convenience sampling method was conducted on 624 elementary school teachers in Jakarta by sending an online questionnaire which was distributed through the Education Office in all areas of Jakarta. Data analysis was carried out descriptively, Chi Square test, and statistical analysis with the Odds Ratio value.
Results: 51,8% of elementary school teachers in Jakarta have limited knowledge about the practice of first aid for traumatic dental injuries. 30.8% of teachers know that broken teeth can be reattached, 90.1% of teachers know that bleeding control must be done immediately after the injury, and 29% of teachers know that an avulsed tooth can be returned to its original position. Teachers' sources of information, experiences, and self-efficacy had a significant relationship on knowledge about the management of traumatic injuries (p < 0.05).
Conclusion: The knowledge level of elementary school teachers in Jakarta regarding first aid management for dental trauma injuries is still limited. The majority of teachers have never received training or information about traumatic dental injuries so that it affects to the knowledge level and self-efficacy of teachers. Sources of information regarding traumatic dental injuries can affect the knowledge of elementary school teachers in Jakarta through education and first aid training from experts.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Mardiana
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan pertolongan pertama pada Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia dalam melakukan kegiatan alam bebas selama aktif menjadi anggota Mapala UI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dijawab oleh anggota aktif Mapala UI.
Hasil penelitian ini menunjukan 2 % dari 55 responden yang merupakan anggota aktif Mapala UI telah memiliki pengetahuan pertolongan pertama yang baik, 98 % masih memiliki pengetahuan pertolongan yang kurang. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan pertolongan pertama pada Mapala UI belum baik. Data demografi yang mempengaruhi pengetahuan pertolongan pertama adala asal fakultas responden. Hasil penelitian menyarankan anggota Mapala UI yang aktif melakukan kegiatan alam bebas tetap melakukan pelatihan pertolongan pertama secara rutin minimal tujuh bulan sekali agar tidak hanya pengetahuan namun juga kemampuan pertolongan pertama dapat terus dipertahankan dengan kualitas yang baik selama melakukan kegiatan alam bebas.
The focus of this thesis is knowledge of first aid in Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia especially when they do wilderness activity. The data were collected by using quetioner that answered by the active member of Mapala UI. 2 % of all the responden have a good knowledge of first aid, and 98% haven?t.
The result of this research is that member of Mapala UI haven?t good quality knowledge of first aid. The researcher suggests that active member of Mapala UI should maintain their knowledge and first aid skill when they still active do the wilderness activity, in order to assured that they still have a good quality of first aid skill and knowledge when they do the wilderness activity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43120
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sjofjan Rassat
Jakarta: Djambatan, 1991
616.025 2 RAS p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Susiyanti
"Pengetahuan menjadi salah satu faktor penentu dalam kesiapan memberikan pertolongan pertama. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara pengetahuan dengan kesiapan memberikan pertolongan pertama dalam kehidupan sehari-hari pada mahasiswa kesehatan. Desain penelitian ini adalah dengan pendekatan potong lintang menggunakan sampel mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia sebesar 325 responden yang dipilih dengan teknik proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan pertolongan pertama yang telah dimodifikasi dari penelitian sebelumnya untuk mengukur pengetahuan yang dimiliki responden dan kuesioner yang dikembangkan sendiri untuk mengetahui kesiapan pemberian pertolongan pertama.
Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (p = 0,001: p < 0,05) antara pengetahuan dengan kesiapan pemberian pertolongan pertama. mahasiswa kesehatan dengan pengetahuan yang lebih baik mempunyai peluang 2,175 kali lebih siap dalam memberikan pertolongan pertama. Untuk meningktkan pengetahuan dan kesiapan pertolongan pertama pada mahasiswa kesehatan, mereka harus meningkatkannya setiap tahun. Selain itu, pelatihan pertolongan pertama harus ditingkatkan, sehingga mahasiswa yang telah terlatih lebih siap untuk memberikan pertolongan pertama secara mandiri. untuk institusi pendidikan, kurikulum pertolongan petama harus dievaluasi agar lebih baik.

Knowledge becomes one of determining factor in the readiness to do first aid. This study aims to identify the relationship between knowledge and readiness of first aid of medical student in daily life. Design used in this study is cross sectional with 325 sample from students of health science faculties at University of Indonesia, samples were selected by proporsional stratified random sampling. The instrument used in this study is the modified first aid knowledge questionnaire to measure knowledge of the respondents and self-developed questionnaire to determine first aid readiness.
The result shows that there is a significant relationship (p = 0.001: p <0.05) between knowledge and readiness of first aid. The student which better knowledge also has 2,175 times more ready to do first aid. In order to improve the knowledge and readiness of health science students on first aid, their knowledge should be reinforced every year. Also the first aid training programmes should be raised, so that the trained students are ready to provide first aid independently. By the institution, first aid curicculum should be evaluated.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S60432
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thygerson, Alton L.
Jakarta: Erlangga, 2011
616.025 THY ft (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>