Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 186858 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rikda Rindiantika
"Organisasi layanan publik dituntut untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Tingkat kepuasan pelanggan telah menjadi salah satu indikator penting bagi keberhasilan organisasi. Dalam organisasi layanan publik di mana layanan adalah produk yang ditawarkan, interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan menjadi titik penting dalam proses memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemampuan organisasi untuk menjalankan praktik manajemen sumber daya manusia yang dapat menciptakan perilaku layanan yang diharapkan, sangat penting dalam strategi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini menguji pengaruh human resource management practices terhadap service behaviors melalui work engagement. Penelitian ini juga menguji peran moderasi dari HRM system strength dan public service motivation terhadap hubungan antara human resource management practices dan work engagement. Penelitian ini menggunakan survei sebagai metode pengumpulan data dan melibatkan 282 responden dari BPJS Kesehatan. Menggunakan smartPLS 3.0 sebagai perangkat lunak analisis data, peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara human resource management practices terhadap work engagement, dan  juga menemukan peran mediasi work engagement terhadap hubungan antara human resource management practices dengan in-role performance dan organizational citizenship behavior. Namun, tidak ada efek moderasi signifikan yang ditemukan dalam penelitian ini.

Public service organizations are required to provide the best service to the community. The level of customer satisfaction has become one of the important indicators for the success of the organization. In public service organizations where services are the products offered, the interaction between service providers and customers becomes an important point in the process of meeting customer needs. The ability of the organization to run human resource management practices that can create expected service behaviors is very important to the organization’s strategy to achieve its organizational goals. This study examined the impact of human resource management practices to the service oriented behaviors through work engagement. The study also tested the moderating role of HR system strength and public service motivation between human resource management practices and work engagement. This research employed surveys as the data collection method and involved 282 respondents from BPJS Kesehatan. Using smartPLS 3.0 as the data analysis software, the researcher found that there was a significant impact of human resource management practices to work engagement, and also found the role of mediating work engagement on the relationship between human resource management practices with in-role performance and organizational citizenship behavior. However, there was no significant moderating effect found in this study."
2019
T54650
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This paper reports the results of a study conducted in fall 2007 among MBA students. Using electronic surveys and manipulated vignettes, the study explored how public service motivation moderates the relationship between organizational citizenship baheaviors, task behaviors, and performance appraisals."
2009
370 KJPS 23:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Euis Susanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh praktik manajemen sumber daya manusia (praktik SDM komitmen tinggi) terhadap kinerja individu Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui variabel mediasi komitmen afektif, motivasi pelayanan publik, dan perilaku inovatif dalam konteks penyederhanaan birokrasi dan perubahan sistem kerja ASN akibat pandemi Covid-19 di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan menganalisis data kuesioner dari 182 responden ASN BPOM melalui model persamaan struktural (SEM) menggunakan aplikasi LISREL 8.51 full version, penelitian ini menemukan pengaruh positif dari praktik SDM komitmen tinggi terhadap komitmen afektif, perilaku inovatif, dan kinerja pegawai yang dimediasi oleh motivasi pelayanan publik. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa komitmen afektif tidak berpengaruh terhadap perilaku inovatif dan kinerja pegawai, sehingga komitmen afektif tidak memediasi hubungan antara praktik SDM komitmen tinggi dengan perilaku inovatif dan kinerja pegawai. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa perilaku inovatif berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai.

This study aims to examine the effect of human resource management practices (high commitment HR practices) on the individual performance of the State Civil Apparatus (ASN) through the mediating variables of affective commitment, public service motivation, and innovative behavior in the context of bureaucratic simplification and changes in the ASN work system due to the Covid-19 pandemic at the National Agency of Drug and Food Control (BPOM). By analyzing questionnaire data from 182 ASN respondents through a structural equation model (SEM) using the full version LISREL 8.51 application, this study found a positive effect of high-commitment HR practices on affective commitment, innovative behavior, and employee performance mediated by public service motivation. However, this study also found that affective commitment had no effect on innovative behavior and employees' performance so that affective commitment did not mediate the relationship between high-commitment HR practices and innovative behavior and employee performance. In addition, the results of the study also show that innovative behavior has a positive effect on employee performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Christy Michiko Victoria Hapsari
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak stres kerja, keterlibatan pegawai, konflik nilai dan motivasi layanan publik terhadap kinerja individu. Untuk melakukan penelitian ini, 225 responden pegawai pemerintah di Jakarta telah dipilih sebagai responden. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga tinggi di Indonesia yaitu Komisi Yudisial. Dalam penelitian ini, akan terlihat bagaimana stres kerja, keterlibatan pegawai dan konflik nilai dapat mempengaruhi motivasi layanan publik serta kinerja individu. Sebelum kuesioner dibagikan, peneliti menggunakan pengukuran terhadap validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS. Pengolahan data untuk membuktikan hipotesis yang telah diformulasikan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) Lisrel 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stres kerja signifikan dan berhubungan positif dengan motivasi pelayanan publik, variabel keterlibatan signifikan dan berhubungan positif dengan motivasi pelayanan publik dan variabel konflik nilai berhubungan positif dengan motivasi pelayanan publik. Dan variabel lainnya adalah motivasi pelayanan publik berhubungan positif dengan kinerja individu.

The purpose of this study was to examine the impact of job stress, engagement and value conflict with public service motivation on individual performance. Based on 225 government employees in Jakarta were participates as respondents. This research was conducted in Judicial Commission, one of Indonesia high institutions. The study results showed that job stress significant and positively related to public service motivation, engagement significant and positively related to public service motivation and value conflict positively related to public service motivation. And other variable is public service motivation was positively related to individual performance. The research questionnaire used SPSS to see validity and reliability. Processing data to prove the hypothesis that has been formulated using the Structural Equation Model (SEM) Lisrel 8.7 method."
2019
T53044
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daly, John L., 1952-
"This affordable text covers the management of both human resource systems and employees in local government settings. It focuses on the significant changes facing local governments, especially the growing demand for increased Work-Life balance as an integral component of human resource management"
Armonk, N.Y. : M.E. Sharpe, 2012
352.621 4 DAL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Putriyani Solihah
"Perpustakaan umum sebagai lembaga publik memiliki peran aktif terhadap lingkungan sekitarnya. Pelayanan yang diberikan harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan untuk itu diperlukan manajemen sumber daya manusia yang baik. Penelitian ini akan membahas bagaimana penerapan fungsi manajemen sumber daya manusia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan selama empat bulan mulai dari bulan Maret hingga Juni 2023. Analisis data wawancara, observasi serta pembacaan referensi terkait topik fungsi manajemen menghasilkan temuan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten telah menerapkan fungsi manajemen sumber daya manusia dengan baik mulai dari fungsi perencanaan melalui proses perekrutan pegawai, fungsi pengorganisasian terkait adanya struktur organisasi dan pembuatan SOP kerja, fungsi penggerakandengan pengarahan pemimpin, rapat rutin dan pemberian motivasi kerja, dan juga fungsi pengawasan dengan penerapan kedisiplinan serta penilaian kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fungsi manajemen DPK Provinsi Banten dilaksanakan secara kompleks sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan pemerintah setempat. Secara keseluruhan, DPK Provinsi Banten menunjukkan usaha yang maksimal dalam mendayagunakan sumber daya manusia untuk menghasilkan kinerja yang berkualitas. Dengan demikian, perpustakaan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pemustaka.

Public libraries as public institutions have an active role in the community. The services must be able to meet the needs of the community, so good human resource management is needed. This research will discuss how the implementation of the functions of human resource management in the Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. The method used in this research is a case study method with a qualitative approach. Data was collected for four months, from March to June 2023. Analysis of observation resulted that the DPK Provinsi Banten had implemented the function of human resource management properly through the planning functios through the employee recruitment process employees, organizing functions related to the organizational structure and making work SOPs, actuating functions by directing leaders and providing work motivation, as well as controlling functions by applying discipline and employee performance appraisal. The functions of human resources management of the DPK Provinsi Banten is carried out as a form of compliance with local government regulations. With this, the Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten proves that it has maximally utilize existing human resources to produce quality performance to provide the best service to users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Aufa Dwi Saraswati
"ABSTRAK
Studi ini menguji pengaruh motivasi pelayanan publik, yang dimediasi oleh personalisasi dan kecocokan orang-pekerjaan, tentang perilaku peran ekstra organisasi dan organisasi komitmen. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan organisasi layanan publik di Jabodetabek dengan kuesioner yang diperoleh dari 200 responden dari berbagai kalangan industri jasa. Hipotesis yang dirumuskan sebelumnya kemudian diuji menggunakan metode model persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian ini adalah publik motivasi pelayanan memiliki efek langsung pada komitmen organisasi tetapi tidak secara langsung
mempengaruhi perilaku peran ekstra. Kecocokan orang organisasi terbukti bermeditasi sepenuhnya dalam
hubungan antara motivasi pelayanan publik dengan perilaku peran ekstra, tetapi sebagian menengahi dengan komitmen organisasi. Person-job fit ditemukan memediasi sebagian
hubungan antara motivasi pelayanan publik dengan perilaku peran ekstra dan komitmen berorganisasi.

ABSTRACT
This study examines the influence of public service motivation, which is mediated by personalization and person-job compatibility, about the behavior of extra organizational roles and organizational commitment. This research was conducted on employees of public service organizations in Greater Jakarta with questionnaires obtained from 200 respondents from various service industry circles. Previously formulated hypotheses are then tested using the structural equation modeling (SEM) method. The results of this study are public service motivation has a direct effect on organizational commitment but not directly influence extra role behavior. The compatibility of the organization's people is proven to meditate fully in the relationship between public service motivation and extra role behavior, but partly mediates with organizational commitment. Person-job fit was found to partially mediate the relationship between public service motivation and extra role behavior and organizational commitment.
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kholisoh
"ABSTRAK
Turnover karyawan merupakan fenomena yang sering terjadi di industri jasa keuangan, khususnya sektor perbankan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat turnover karyawan adalah praktik manajemen SDM. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari praktik-praktik manajemen SDM terhadap retensi karyawan perbankan generasi milenial di Jabodetabek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik-praktik manajemen SDM remunerasi, pelatihan dan pengembangan, peluang pengembangan karir, dan work-life balance memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap retensi karyawan dan kesesuaian nilai antara karyawan dengan organisasi. Kesesuaian nilai antara karyawan dengan organisasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi karyawan sehingga peran mediasi yang terbentuk adalah partial mediation.

ABSTRACT
Employee turnover is a frequent phenomenon in the financial services industry, particularly in the banking sector. One of the factors that can affect employee turnover is HRM practices. Based on this background, this study was conducted to analyze the effect of HRM Practices remuneration, training and development, career development opportunities, and work life balance towards employee retention mediated by employee organization value fit on millennial generation banking employees in Jabodetabek. This research is quantitative research using structural equation modelling SEM method. The results of this study indicate that HRM practices remuneration, training and development, career development opportunities, and work life balance have a significant positive effect on employee retention and employee organization value fit. Employee organization value fit also has a significant positive effect on employee retention. Thus, the mediation role formed is partial mediation."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fisher, Cynthia D.
Boston: Houghton Mifflin, 1990
658.3 FIS h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>