Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33916 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Windra Priatna Humang
"ABSTRAK
Pelabuhan Tanjung Ringgit sebagai salah satu pelabuhan yang diprediksi menjadi pelabuhan andalan di kawasan timur Sulawesi Selatan (Perairan Teluk Bone) yang diharapkan mampu mengantisipasi pergerakan arus bongkar muat (B/M) barang di wilayah hinterland-nya. Permasalahan pelayanan jaringan jalan dalam rangka distribusi barang dari pelabuhan ke hinterland atau sebaliknya terkadang menghambat proses/ kinerja operasional pelabuhan. Salah satunya adalah lamanya waktu tunggu kapal di pelabuhan akibat menunggu kendaraan angkut. Pengumpulan data dilakukan secara primer melalui wawancara atau pengamatan lapangan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis IPA dan CSI, berdasarkan indikator Sistranas KM. 49 Tahun 2005 Tentang Sistem Transportasi Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja jaringan prasarana akses pelabuhan ke wilayah hinterland yang dianggap baik yaitu indikator keselamatan, mudah, tarif terjangkau dan aksesibilitas. Sementara indikator yang berkinerja rendah dan menjadi prioritas untuk ditingkatkan yaitu kapasitas, efisien, teratur, nyaman dan tepat waktu untuk kinerja jaringan pelayanan yang dianggap baik yaitu meliputi keselamatan, aman dan lancar dan cepat. Sedangkan yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan kinerja yaitu keterpaduan, kapasitas, aksesibilitas, tepat waktu, nyaman dan teratur."
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, 2018
388 WPP 30:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siregar, Herwin
"Alternatif peningkatan kinerja jaringan jalan kota sangat diperlukan untuk memberikan pilihan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat per-kotaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemilihan konsep jaringan jalan yang terbaik berdasarkan tingkat pelayanan, seperti waktu tempuh, kecepatan, perbandingan volume lalu lintas dan kapasitas (v/c) serta penurunan biaya kemacetan.
Penggunaan Aplikasi Tranplan memproses data matrik Asal-Tujuan menjadikan model pembebanan jaringan jalan dan memberi nilai untuk kinerja jaringan jalan. Dalam proses ini dilakukan kalibrasi terhadap model yang dibuat sampai model dapat digunakan dengan penyimpangan besar terhadap data. Sedangkan Aplikasi Transyt memproses data pembebanan atau persimpangan dan memberi nilai biaya kemacetan jaringan jalan.
Data dan Analisis pada studi kasus jaringan jalan Kota Depok dengan membuat skenario untuk tahun 2003 dan 2005, yaitu pertama pelebaran ruas jalan dengan v/c ratio > 0,8 untuk jalan utama dan v/c ratio >0,5 untuk jalan lokal, kedua penambahan ruas jalan baru, dan ketiga merupakan kombinasi pertama dan kedua. Setiap skenario dihitung biaya konstruksi dan biaya kemacetan tahun 2005. Dari analisis dan evaluasi bahwa skenario tahun 2003 do something-3 menjadi pilihan untuk tahun 2003, tahun 2005 do something-3 menjadi pilihan pada tahun 2005 dengan penurunan prosentase jalan utama yang mempunyai nilai v/c >0,8 sebesar 38.3 %, jalan lokal yang mempunyai nilai v/c >0,5 sebesar 32.5. Sedangkan biaya untuk konstruksi dibutuhkan sebesar Rp 41572 juta, dan penurunan nilai kemacetan sebesar $ 5360/jam."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T7414
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridha Taufik
"Akibat pertumbuhan penduduk yang semakin hari semakin bertambah, menyebabkan meningkatnya pengguna jasa transportasi. Hal ini menyebabkan terjadinya kemacetan pada jalan -jalan di perkotaan, dikarenakan kapasitas jalan yang tersedia tidak lagi mampu menampung secara optimal volume kendaran yang ada. Untuk itu perlu diadakan suatu penanganan yang sistimatis dalam mengatasi masalah kinerja jaringan jalan, dengan melihatnya dari segi teknik dan ekonomi.
Optimasi kinerja jaringan jalan di Kota Tangerang untuk tahun-tahun rencana, dilakukan dengan memberikan tiga skenario perubahan, yang merupakan bahasan utama dalam penelitian ini.
Sebagai langkah awal dilakukan analisa terhadap kondisi jaringan jalan pada tahun eksisting (2000) dan kemudian memprediksi dan menganalisa kinerja jaringan untuk tiap tahun rencana, selama 5 (lima) tahun. Selanjutnya setiap skenario dianalisa dengan melihat kinerja jaringan, luas lahan dan biaya konstruksi, dan performance-index jaringan jalan, yang ditunjukkan dalam gambar dan tabel, untuk setiap skenario yang dilakukan.
Dari pembahasan hasil penelitian ini terlihat bahwa skenario perubahan geometrik (DS 2) menjadi pilihan skenario pada tahun 2001 dan 2002, sementara skenario gabungan antara traffic management dan perubahan geometrik (DS 3) menjadi pilihan skenario pada tahun 2003, 2004, dan 2005."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T9312
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Sedyawati, 1938-
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1992
992.6 EDY t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Jakarta: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata , 2003
R 341.44 SIM
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Ari Binsar
"Penelitian ini bertujuan untuk dapat Menganalisis terkait Kebijakan Pemerintah Kota Batam dalam mendorong pembangunan infrastruktur di Pulau Hinterland Galang Bulang dan Belakang Padang dari Elemen Ketahanan Nasional dan Menganalisis terkait Pembangunan infrastrukstur di Pulau Hinterland Galang Bulang dan Belakang Padang dari Persfektif Ketahanan Nasional serta Menganalisis Kendala yang dihadapi Pemerintah dalam pembangunan infrastrukstur di Pulau Hinterland Galang Bulang dan Belakang Padang dari elemen Ketahanan Nasional.Indonesia dengan menggunakan beberapa sudut pandang teori yaitu Grand Theory: Strategi Ketahanan Nasional, Middle Theory: Kebijakan Publik dan Appliied Theory: Pertahanan Kemanan Temuan dari penelitian ini Pembangunan infrastruktur di Pulau Hinterland berpotensi untuk meningkatkan ketahanan nasional sehingga pemerintah perlu melakukan berbagai kajian terhadap sumber daya di Wilayah Hinterlan dengan tujuan untuk memahami segala potensinya kemampuan negara untuk merespons ancaman Keamanan wilayah mempertahankan keamanan perbatasan menjadi prioritas untuk mencegah masuknya ancaman dari luar. Perubahan lingkungan strategis di wilayah hinterland Batam dapat menjadi kendala dalam menghadapi tantangan dalam mendapatkan dukungan keuangan dan perizinan. Perubahan Lingkungan Fisik seperti perubahan iklim, erosi pantai, atau kerusakan ekosistem, dapat menjadi kendala dalam implementasi kebijakan pembangunan infrastruktur daerah yang akan dikembangkan.

This research analyses the policies of the Batam City government regarding the infrastructures development of the Hinterland islands, which are Galang Bulang and Belakang Padang islands, based on the national resilience view point. Constrains concerning the efforts are considered likewise. Theories applied include: the Grand theory, focuses on the study of the national resilience strategies; Middle theory, concerns with issues of the public policy; and Applied theory, pays attention on defence and security domain. The infrastructures development of the Hinterland islands is potential to enhancement of the national resilience as a top priority. The resources analysis of the area in question is an urgent need in order to discover capacities of the country in its preventive effort from any incoming threats. While the strategic environmental changes around the Batam hinterland region can be a potential challenge in obtaining financial supports and permits, physical environmental changes, such as climate change, coastal erosion, and ecosystem damage, may be potential obstacles in implementing the regional infrastructure development policies."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariyo S.P. Bimmo
Depok: Universitas Indonesia, 1997
S25876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>