Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127565 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gigih Adicita Wijaya
"ABSTRAK
Pemerintah Republik Indonesia telah mencanangkan program populasi mobil hybrid sebesar 711.900 unit pada tahun 2025 dan pada tahun 2050 mencapai 8,05 juta unit. Sedangkan mobil listrik dengan menggunakan baterai sebanyak 4,2 juta unit di tahun 2050 yang produksinya ditargetkan pemerintah mulai tahun 2025. Untuk mendukung program pemerintah ini maka, industri produsen mobil di Indonesia harus mengaplikasikan beberapa teknologi baru yang menunjang mobil listrik. Salah satu dari teknologi yang harus diterapkan adalah struktur ringan yang dalam aplikasinya bisa menggunakan baja atau resin. Secara umum High Strength Steel (HSS) adalah material terbaik untuk aplikasi struktur ringan. Namun aplikasi HSS ini menimbulkan beberapa perubahan proses produksi yang mengakibatkan adanya peningkatan kebutuhan pada proses penyetakan, pengelasan dan compressor. Dari 3 manufaktur yang diambil data konsumsi listriknya didapatkan peningkatan 11 hingga 14 persen dengan rata-rata 13 persen per unit mobil. Hasil ini kemudian digabungkan dengan prediksi produksi mobil berdasarkan tren dari tahun 2003 hingga 2016 didapatkan peningkatan pada tahun 2040 sebesar 208 dengan kontribusi penggunaan struktur ringan sebesar 14. Kebutuhan listrik inilah yang harus disediakan oleh pemerintah agar program ini bisa berjalan dengan baik.

ABSTRACT
The Government of the Republic of Indonesia has launched a hybrid car population program of 711,900 units in 2025 and in 2050 reached 8.05 million units. Whereas electric cars use 4.2 million units in 2050 whose production is targeted by the government starting in 2025. To support this government program, the car manufacturer industry in Indonesia must apply several new technologies that support electric cars. One of the technologies that must be applied is a light structure which can use steel or resin in its application. In general, High Strength Steel (HSS) is the best material for lightweight structural applications. But this HSS application raises several changes in the production process which results in an increase in the need for the process of printing, welding and compressors. Of the 3 manufactures whose electricity consumption data was obtained, an increase of 11 to 14 percent with an average of 13 percent per unit of car. These results are then combined with the prediction of car production based on trends from 2003 to 2016, an increase in 2040 by 208 with a contribution to the use of light structures of 14. This electricity need must be provided by the government so that this program can run well.
"
2019
T55175
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Mulyani
"ABSTRAK
Indonesia berkepentingan untuk mengelola dan menggunakan energi listrik seefektif dan seefisien mungkin. Dengan konsumsi listrik yang tumbuh demikian pesat dalam satu dekade terakhir dan diproyeksikan akan terus tumbuh dalam beberapa periode mendatang, maka diperlukan suatu upaya pengelolaan energi listrik dari sisi permintaan untuk mengendalikan pertumbuhan permintaan listrik. Penelitian ini menggunakan data panel 31 provinsi di Indonesia pada periode tahun 2004-2013. Metode estimasi yang dipakai adalah Arellano-Bond GMM. Hasil estimasi menunjukkan bahwa efisiensi energi listrik di sektor industri dan komersial dapat dijadikan faktor yang mampu menurunkan pertumbuhan permintaan listrik agregat secara signifikan. Sementara PDRB riil, populasi, serta perubahan struktur ekonomi yang direpresentasikan oleh aktivitas di sektor industri dan komersial berpengaruh signifikan terhadap kenaikan permintaan listrik. Namun, harga riil listrik tidak berpengaruh signifikan terhadap penurunan permintaan listrik.

ABSTRACT
Indonesia has an interest to manage and use electricity as effectively and efficiently as possible. Rapid growth of electricity consumption in the last decade and predicted it will continue to increase over the next several periods required serious concern on demand side management to manage electricity demand growth. This research employs panel data 31 provinces from 2004 to 2013. The estimation method that used is Arellano-Bond GMM. The results show that electricity efficiency in industrial and commercial sectors are factor that drives aggregate electricity demand downwards significantly. Meanwhile, real GRDP, population, and structural change in economy that represented by industrial and commercial activities significantly increase the electricity demand. However, real electricity price insignificant on decreasing electricity demand.
"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Danur Winda
"Pemerintah Indonesia terus mencanangkan program akselerasi kendaraan listrik berbasis baterai. Penjualan kendaraan listrik berbasis baterai (EVB) diperkirakan akan tumbuh signifikan. Biaya baterai sekitar 40% dari total biaya kendaraan listrik (EV). Dengan daya tahan baterai sekitar 8 tahun yang mendapatkan garansi dari produsen (OEM), baterai mobil listrik akan segera mencapai tahap akhir masa pakai dan akan berdampak pada lingkungan berupa limbah baterai yang tidak terpakai. Target jumlah EV di Indonesia pada 2030 mencapai 2 juta unit; sehingga diperkirakan akan ada 0,718 juta ton baterai yang perlu didaur ulang pada tahun 2040. Perlu adanya kajian tentang reverse logistic industri baterai kendaraan listrik dan kendaraan listrik. Diagram sebab-akibat digunakan untuk memeriksa dinamika potensial yang ada dalam sistem reverse logistic mobil listrik. Hasilnya dapat mendukung perencanaan kapasitas pengumpulan baterai mobil listrik dan mencegah pembuangan baterai yang tidak terkontrol. Skenario dan strategi yang dikembangkan akan membantu regulasi potensial di masa mendatang.

The Indonesian government continues to launch a battery-based electric vehicle acceleration program. It is estimated that there will be significant growth in sales of battery-based electric vehicle (EVB). The battery costs about 40% of the cost of an electric vehicle (EV). With a battery life of around 8 years that gets a warranty from the manufacturer (OEM), EV batteries will intensively face the retirement stage and have an impact on the environment in the form of unused battery waste. The target number of EVs in Indonesia in 2030 will reach 2 million units; hence, it is estimated that there will be 0.718 million tons of batteries that need to be recycled by 2040. There is a need for a study on the reverse logistics of the electric vehicle and electric vehicle battery industries. The causal loop diagram was utilized to examine the potential dynamics existing in the reverse logistics system of EV. The results can support the planning of electric car battery collection capacities and prevent uncontrolled battery disposal. The scenarios and strategies developed will help generate potential regulations in the future."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Estu Linuwih
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor ndash; faktor yang mempengaruhi permintaan, penawaran dan struktur pasar listrik di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data tahunan meliputi konsumsi listrik, produksi listrik, PDB per kapita, tarif listrik, harga BBM dan energi terbarukan periode 1990 ndash; 2015. Estimasi dalam penelitian ini dilakukan dengan Arellano-Bond GMM Estimator, Seemingly Unrelated Regression, dan Persamaan Simultan. Hasil terbaik didapat dari model persamaan simultan dan hasil dari estimasi inilah yang digunakan dalam melakukan analisis dalam penelitian. Hasil regresi simultan menunjukkan permintaan listrik dipengaruhi secara signifikan oleh harga BBM, PDB per kapita, dan tarif listrik. Penawaran listrik dipengaruhi secara signifikan oleh tarif listrik, harga BBM dan energi terbarukan. Struktur pasar listrik di Indonesia adalah monopoli.

ABSTRACT
This study aims to analyze the market structure, and that affect demand, and supply of the electricity market in Indonesia, Japan and France. The data used are annual data covering electricity consumption, power production, GDP, electricity tariff, fuel prices, population and renewable energy period of 1990 ndash 2015. Estimates in this study conducted by the Arellano Bond GMM Estimator, Seemingly Unrelated Regression, and Simultaneous Equations. The best results is from the simultaneous equations model and the results of this estimation are used in the analysis in the study. Simultaneous equation showed that electricity demand is significantly affected by fuel prices, GDP per capita, and electricity tariff. Electricity supply is significantly affected by electricity tariff, fuel price and renewable energy. The structure of the electricity market in Indonesia is a monopoly."
2017
T47003
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Natalia
"Pertumbuhan adopsi kendaraan listrik di Indonesia pada pasar otomotif nasional belum signifikan. Padahal, pemerintah Indonesia telah merilis target ambisius untuk mencapai penetrasi kendaraan listrik yang ramah lingkungan sebanyak 2,8 juta unit hingga 2025, yang terdiri dari 2,1 juta unit sepeda motor dan 700 ribu unit mobil. Tujuan ini telah dibuat sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca nasional pada tahun 2030 dan sebagai strategi diversifikasi energi untuk menjaga ketersediaan energi dan memenuhi konsumsi domestik. Pasar otomotif nasional memiliki dinamika keterkaitannya yang unik di antara konsumen, produsen, dan pemerintah setempat, serta saling ketergantungan antara para aktor yang ada dalam adopsi massal kendaraan listrik. Melalui pandangan holistik, makalah ini bertujuan untuk menganalisis struktur pasar adopsi kendaraan listrik nasional dan mengeksplorasi kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi peningkatan adopsi kendaraan lisrik dari berbagai sudut pandang di tengah kemungkinan ketidakpastian dengan menggunakan pendekatan dinamika sistem. Pandangan besar sistem dari segi komponen, koneksi, dan aspek kontekstual ditelaah untuk mengembangkan model konseptual dinamika kendaraan listrik nasional sebagai diagram lingkaran sebab akibat. Berdasarkan hasil empiris, biaya kendaraan, infrastruktur, dan aspek sosial yang dirasakan mempengaruhi adopsi kendaraan listrik nasional memainkan peran penting dalam meningkatkan adopsi kendaraan listrik di pasar Indonesia.

Adoption growth of electric vehicles in Indonesias automotive market has not been significant. Whereas Indonesia government had released ambitious target to achieve environmentfriendly electric vehicle penetration as much as 2,8 million units until 2025, in which consists of 2,1 million units motorcycle and 700 thousand units car. This goal has been made as form of governments commitment to reduce national greenhouse gases GHG emission in 2030 and as strategy of energy diversification to maintain energy availability and fulfill domestic consumption. National automotive market has its own unique dynamic of interrelationship among local consumers, producents, and government, as well as the interdependencies between those actors that exist in electric vehicle mass adoption. Through holistic view, this paper aims to analyze the market structure of national electric vehicle adoption and explore government policies that potentially affect the growth of electric vehicle adoption from multiple points of view in the middle of possible uncertainties using system dynamics approach. Big view of the system from component, connection, and contextual aspects are provided to develop conceptual model of national electric vehicle dynamics as causal loop diagram. Based on empirical results, the vehicle cost, infrastructure, and perceived social aspect influence national electric vehicle adoption play key role of increasing electric vehicle adoption in Indonesia market."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risca Hermawan Wibowo
"ABSTRAK
Nama : Risca Hermawan WibowoProgram Studi : Manajemen Tenaga Listrik dan EnergiJudul : Analisis Kesiapan Indonesia dalam Menghadapai Era Mobil Listrik Mobil Listrik telah diprediksi sebagai salah satu alternatif transportasi masadepan. Karena tidak menghasilkan emisi gas buang, ramah terhadap lingkungan, memiliki effisiensi yang lebih baik dari mobil bbm, menjaga keberlangsungan energi di masa depan karena tidak menggunakan energi fossil. Banyak negara didunia telah menggunakan mobil listrik seperti Amerika, Norwegia, Cina, Jepang dan masih banyak negara lain. Namun di Indoneisa sebagai negara dengan penduduk no 4 terbesar di dunia belum menggunakan mobil listrik. Oleh karena itu perlu dikembangkan mobil listrik di Indonesia. Dalam penelitian ini diperlukan untuk melihat tingkat kesiapan Indonesia dalam menghadai era mobil listrik. Metode yang digunakan dalam wawancara ini dengan menggunakan kuisioner, wawancara dengan para ahli kemudian data diolah dengan perangkat lunak statistik SPSS. Ada empat variabel yang dijadikan dalam penelitian, diantaranya : Kebijakan Pemerintah, Insentif, Infrastruktur, penelitian dan pengembangan. Berdasarkan data yang diperoleh dan dilakukan pengolahan data didapatkan hasil keseluruhan dari semua variabel angka kesiapan 2.32 dari skala 1 ndash; 4. Untuk variabel Kebijakan Pemerintah sebesar 1.84 , Insentif sebesar 2.17, Infrastruktur sebesar 1.96, penelitian dan pengembangan sebesar 3.33. Berdasarkan data tersebut, berarti Indonesia belum siap dalam menghadapai era mobil listrik. Untuk mempercepat hal itu diperlukan kebijakan pemerintah, adanya infrastruktur dan insentif sebagai kepastian bagi semua pihak dan diharapkan era mobil listrik dapat segera terwujud. Kata kunci :Mobil listrik, kesiapan mobil listrik, Kebijakan, Insentif

ABSTRACT
Name Risca Hermawan WibowoStudy Program Electricity Power and Energy ManagementTitle Indonesia Readiness Analysis consummate the Electric Vehicle Era Electric vehicle have been predicted as one of the alternative transportation at the future. Because it does not produce exhaust emissions, friendly to the environment, has a better efficiency than fuel vehicle, maintaining energy sustainability in the future because it does not use fossil energy. Many countries in the world have used electric vehicle such as America, Norway, China, Japan and many other countries. But in Indoneisa as the country with the 4th largest population in the world have not used electric vehicle. Therefore need to be developed electric car in Indonesia. In this research is needed to see the level of readiness of Indonesia in the electric vehicle era. The method used in this interview using questionaires, interviews with experts then data processed with SPSS statistic software. There are four variables used in the research, including Government Policy, Incentives, Infrastructure, Research and Development. Based on data obtained and conducted data processing obtained overall results of all variables readiness rate 2.32 from a scale of 1 4. For Government Policy variables of 1.84, Incentives of 1.96, Infrastructure of 2.17, research and development of 3.33. Based on these data, it means that Indonesia is not ready for electric vehicle era. To accelerate it required government policy, any infrastructure, and incentives as a certainty for stakeholder and it is expected electric vehicle era can be realized. Keywords Electric Vehicle, readiness electric vehicle, policy, incentives
"
2017
T47932
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iis Minarti
"Krisis listrik yang sedang terjadi di Indonesia disebabkan oleh meningkatnya pertumbuhan konsumsi listrik yang tidak diikuti dengan pertumbuhan produksi listrik. Meningkatnya pertumbuhan yang tidak Seimbang ini disebabkan oleh permintaan listrik sektor industri yang terus meningkat akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan karena sejak meningkatnya harga minyak dunia membuat sektor industri yang asalnya menggunakan listrik captive beralih menggunakan listrik PLN. Kapasitas Pembangkit PLN yang kurang dan sudah tua tidak dapat memproduksi listrik seperti yang diminta oleh sektor industri.
Penelitian ini bcrtujuan untuk mengetahui faktor-ihktor yang mempengaruhi pcrmintaan listrik sektor industri di Indonesia akibat dari peningkatan PDB sektor industri, harga listrik dan jumlah pelanggan sektor industri. Penelitian ini juga bémzjuan untuk mengetahui seberapa besar permintaan listrik yang al-can temjadi dari periode 2008-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan bentuk time series dari tahun l975~2006. Data listrik diperoleh dari statistik energi yang dikeluarkan oleh BPS, ESDM dan PLN. Sedangkan data PDB selctor industri dipcrolch dari buku statistik ekonomi yang dikelllarkan oleh BPS, Model yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah regresi log linear menggunakan metode OLS untuk mengetahui perubahan permintaan listrik dalam jangka panjang, dan menggunakan Error Corection Mechanism untuk mengetahui pengaruh permintaan dari beberapa variabel independen terhadap variabel dependcn dalam jangka pendek.
Hasil dari analisis menunjukan bahwa permintaan listrik di Indonesia dipengaruhi secara signifikan oleh PDB seictor industri, harga listrik dan pelanggan scktor industri. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa elastisitas permintaan listrik terhadap PDB sektor industri sangat elastis pada jangka panjang. Hasil proycksi diperoleh permintaan listrik sektor industri pada tahun 2020 adalah sebesar 72.807 GWh.

Electricity crisis happened in Indonesia because ofthe increasing of growth of the electricity consumption does not followed with growth of electricity production. The increasing of unbalanced growth is caused by demand of the industrial sector electricity recently. The reason is fluctuation of world oil price that make industrial sector move to PLN from captive power electricity. The lack of power plan capacity and old machine cannot full till the electricity demand industrial sector.
The purpose of this research is to factorize influence of electricity demand in industrial sector in period 2008-2020 in Indonesia effect improvement PDB industrial sector, electrics price and customer of industrial sector. This research purpose to know how much demand of electricity to happened from period of 2008-2020. The data used in this research is time-series data from 1975-2006. Electricity data obtained from statistic energy by BPS, ESDM and PLN. And PDB industrial sector obtained from statistical book in economics by BPS. The model used in analyzing this research is linear regression logarithm. It use OLS method to know differentiation of electricity demand in a long run, and use Error Correction Mechanisms to find influence of demand from some independent variables to variable dependent in short mn.
The result of analysis shows that demand of electricity in Indonesia influenced significantly by PDB industrial sector, electricity price and customer of industrial sector. This research also indicate that the elasticity demand of electricity to PDB is very elastic in long run. Projection result obtained by this method is equal to 72.807 GWh in 2020.
"
Depok : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T33809
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kadek Indra Raditya Putra
"ABSTRACT
Penelitian ini mengangkat tema kebijakan insentif pajak pada sisi penawaran untuk kendaraan listrik berdasarkan tingginya insiden konsumsi bahan bakar kendaraan dan perubahan iklim serta polusi akibat gas emisi gas buang kendaraan sehingga perlu menerapkan penggunaan kendaraan listrik. Masalah utama adalah bahwa masih belum ada kebijakan insentif pajak khusus untuk pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia sehingga peneliti menganalisis kebijakan industri dan insentif pajak di Cina, Norwegia dan Thailand serta Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yang memperoleh data melalui studi pustaka dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah kebijakan negara Tiongkok dari pemerintah pusat yang juga didukung oleh pemerintah daerah dengan pemberian insentif, kota percontohan dan anggaran penelitian. Norwegia mengeluarkan kebijakan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi kendaraan dan insentif pajak dan non-pajak diberikan untuk mengurangi harga dan biaya operasi kendaraan listrik. Thailand mengeluarkan kebijakan untuk investasi dalam produksi kendaraan listrik dalam bentuk pembebasan pajak, pembebasan bea masuk atas barang modal dan pengurangan tarif cukai. Negara Indonesia hanya memiliki Rencana Umum Energi Nasional yang merupakan salah satu isinya dalam diversifikasi energi kendaraan dengan penggunaan kendaraan listrik dan target pada tahun 2025, sementara insentif pajak yang ada adalah pembebasan pajak dan pembebasan bea masuk atas barang modal dan pengurangan BBNKB di Kota Bandung. Belum ada ketentuan insentif pajak oleh pemerintah pusat untuk sisi permintaan dan tampaknya ada insentif dalam bentuk transfer sumber daya ekonomi, kehilangan pendapatan negara dan dampak lainnya. Karena itu Indonesia perlu merencanakan industri kendaraan lintas sektor dan pemerintah, selain memberikan insentif untuk sisi permintaan dan memperhatikan proyeksi dampak yang akan muncul.

ABSTRACT
This study raises the theme of tax incentive policies on the supply side for electric vehicles based on the high incidence of vehicle fuel consumption and climate change as well as pollution due to gas emissions of vehicle exhaust gas so it is necessary to apply the use of electric vehicles. The main problem is that there is still no specific tax incentive policy for the development of the electric vehicle industry in Indonesia so researchers analyzed industry policies and tax incentives in China, Norway and Thailand as well as Indonesia. This study uses a qualitative approach with a descriptive type that obtains data through literature studies and interviews. The results of this study are Chinese state policies from the central government which are also supported by local governments by providing incentives, pilot cities and research budgets. Norway issued an electric vehicle policy to reduce vehicle emissions and provided tax and non-tax incentives to reduce the price and operating costs of electric vehicles. Thailand issued a policy for investment in the production of electric vehicles in the form of tax exemptions, exemption from import duties on capital goods and reduction of excise tariffs. The State of Indonesia only has a National Energy General Plan which is one of its contents in the diversification of vehicle energy with the use of electric vehicles and targets by 2025, while the existing tax incentives are tax exemptions and exemption from import duties on capital goods and BBNKB reduction in the city of Bandung. There is no provision of tax incentives by the central government for the demand side and there seems to be incentives in the form of transfer of economic resources, loss of state revenues and other impacts. Therefore Indonesia needs to plan the cross-sector and government vehicle industry, in addition to providing incentives for the demand side and paying attention to the projected impacts that will emerge."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin
"Penerapan pembangkit terdistribusi (DG) akhir-akhir ini menjadi isu yang lumrah karena semakin banyaknya aplikasi energi terbarukan. Melihat ketersediaan pembangkit energi terbarukan yang tinggi, seperti Photovoltaic (PV) dan turbin angin, saat ini banyak orang yang memanfaatkannya, baik di rumah maupun di industri. Solusi ini lebih baik karena dapat mengatasi kelebihan produksi dan konsumsi energi yang dapat dihindari dengan penghematan energi terukur dan peningkatan efisiensi.
Namun demikian, masalah lain juga akan muncul seiring dengan format pasokan yang terdesentralisasi. Karena penetrasi jaringan distribusi yang tinggi, tantangan teknis baru juga akan mempengaruhi kontrol tegangan, beban jaringan, keandalan, dan batasan teknis lainnya. Di sisi lain, kita juga harus memastikan harga serendah mungkin dalam menyalurkan energi tersebut ke lokasi pelanggan.
Pada bagian ini, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan memainkan peran sentral untuk secara aktif mengintervensi jaringan listrik melalui kontrol dan kepatuhan regulasi dengan kondisi batas teknis. Secara keseluruhan, sistem TIK memungkinkan jaringan listrik mencapai fleksibilitas yang lebih baik, terutama di sisi pelanggan. Nantinya, sistem ini disebut sebagai jaringan pintar (smart grid). Namun, karena jaringan listrik dan infrastruktur TIK saling bergantung satu sama lain, keandalan masing-masing sistem juga harus dievaluasi secara bergantian. Oleh karena itu, deskripsi kuantitatif dari keandalan TIK sangat penting untuk mengevaluasi jaringan listrik yang aktif dan konsep kontrol yang baru.
Skripsi ini akan mengevaluasi keandalan struktur khusus TIK untuk mengaktifkan fleksibilitas dari permintaan dan penyimpanan listrik pada sisi pelanggan menggunakan perangkat lunak Blocksim dari Reliasoft. Evaluasi ini didasarkan pada distribusi eksponensial dan metode diagram Markov. Basis dari data keandalan setiap perangkat telah dikembangkan sesuai hasil dari skripsi sebelumnya. Pada akhirnya, frekuensi, durasi, dan probabilitas ketidaktersediaan untuk setiap keadaan skenario dihitung berdasarkan kondisi terburuk dan terbaik.

Recently, the implementation of distributed generation (DG) has become a common issue due to the increasing number of renewable energy applications. Since the high availability of renewable energy generators, such as Photovoltaic (PV) and wind turbines, many people are currently utilizing them, both at home and in industry. This solution is better because it can overcome overproduction and avertible energy consumption with energy-saving measured and increased efficiency.
Nevertheless, another issue will also arise along with the decentralized supply format. Due to the high penetration of the distribution grid, the new technical challenge will also affect the voltage control, grid loading, reliability, and the other technical limit. On the other hand, we should also ensure the price to be as low as possible in delivering those energies to the customer site.
In this part, the information and communication technology (ICT) infrastructure will play a central role in actively intervening in the electrical network through control and regulation compliance with the technical boundary conditions. Overall, the ICT system enables the electrical grid to achieve greater flexibility, especially on the customer site. Later on, this system is called a smart grid. However, since the electrical grid and the ICT infrastructure are dependent on each other, the reliability of each should also be evaluated in turn. Therefore, the quantitative description of the ICT reliability is essential for evaluating the active networks and new control concepts.
This bachelor thesis will evaluate the reliability of typical ICT structures to activate the flexibilities for electricity demand and storage at the customer site using the Blocksim software from Reliasoft. The evaluation is based on the exponential distribution and Markov diagram method. The database of each device’s reliability has been built by the previous work. In the end, the frequency, duration, and probability of unavailability for each state of the scenario are calculated based on the worst- and best-case conditions
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammed Hira Meidianto
"Penelitian ini mengkaji respon Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan terhadap perkembangan industri manufaktur kendaraan listrik (BEV) Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif dan pendekatan tinjauan literatur, analisis data, penelitian ini mengungkap kebijakan terkait yang memiliki banyak dimensi pembahasan. Meskipun Perpres No. 55/2019 terbukti menjadi katalis bagi industri melalui insentif fiskal dan non-fiskal, investasi infrastruktur, dan pengembangan teknologi, Perpres ini juga mengungkap kerentanan mendasar dalam hal persyaratan kandungan lokal, pengembangan keterampilan, dan kesiapan pasar. Studi ini menunjukkan penerapan teori institusionalisme dalam menganalisis dampak kebijakan publik oleh hubungan negara-bisnis, persepsi masyarakat, dan industri secara keseluruhan. Pada akhirnya, temuan-temuan seperti adanya respon industri yang dominan dalam tipe kompromi dengan adanya tindakan lobi yang kuat dan munculnya feedback loop yang berkeasan negatif dan berlakunya regulasi yang diatur dalam Perpres No. 55/2019 memerlukan penilaian yang seimbang terhadap efektivitas Perpres No. 55/2019, sekaligus menyoroti perlunya pendekatan yang berbeda untuk mengatasi hambatan kelembagaan yang terus-menerus terjadi terhadap pertumbuhan industri kendaraan listrik yang berkelanjutan di Indonesia.

This research examines the response to Presidential Regulation (Perpres) Number 55 of 2019 concerning the Acceleration of the Battery Electric Vehicle (Battery Electric Vehicle) Program for Road Transportation to the development of the Indonesian electric vehicle (BEV) manufacturing industry. By using a qualitative method approach and a literature review approach, data analysis, this research reveals related policies that have many dimensions of discussion. Even though Presidential Decree no. 55/2019 proved to be a catalyst for industry through fiscal and non-fiscal incentives, infrastructure investment, and technology development, this Presidential Decree also exposed fundamental vulnerabilities in terms of local content requirements, skills development, and market readiness. This study shows the application of institutionalism theory in analyzing the impact of public policy by state-business relations, public perceptions, and industry as a whole. In the end, findings such as the existence of a dominant industry response in the compromise type with the existence of strong lobbying actions and the emergence of negative feedback loops and the enactment of regulations set out in Presidential Decree No. 55/2019 requires a balanced assessment of the effectiveness of Presidential Decree no. 55/2019, while highlighting the need for a different approach to overcome persistent institutional obstacles to the sustainable growth of the electric vehicle industry in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>