Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 225296 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syanindita Namara Anindya
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh employer branding attribute terhadap retensi dengan kepuasan kerja dan affective commitment sebagai variabel mediasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT Unilever Indonesia dengan total responden sebanyak 180 orang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling dengan aplikasi WarpPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa employer branding attributes berpengaruh signifikan terhadap retensi melalui kepuasan kerja dan affective commitment, selanjutnya employer branding attributes berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan affective commitment, dan kepuasan kerja dan affective commitment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi. Dari hasil penelitian yang menunjukkan employer branding attributes berpengaruh secara signifikan terhadap retensi melalui kepuasan kerja dan affective commitment, dapat dikatakan untuk meningkatkan retensi karyawan perusahaan dapat melakukan strategi employer branding.
The aim of this research is to analyze the impact of employer branding attributes on retention with job satisfaction and affective commitment as a mediating variable. This type of research is explanative with a quantitative approach. Data was collected by using a questionnaire. This research was conducted to employees who work at PT Unilever Indonesia with a total respondent of 180 employees. Data analysis is conducted using structural equation modeling with the WarpPLS application. The results of this research indicates that the employer branding attribute have a significant impact on retention through job satisfaction and affective commitment, also employer branding attribute have a significant impact on job satisfaction and affective
commitment, and job satisfaction and affective commitment have a significant impact on retention. The findings shows that employer branding attribute significantly affect retention through job satisfaction and affective commitment, therefore it can be agreed that companies
should implement employer branding strategies to improve employee retention."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audya Medina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari employer branding terhadap retensi serta kepuasan kerja dan komitmen karyawan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini termasuk ke dalam tipe applied research, kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT.XYZ dengan total responden sebanyak 100 orang yang sebagian besar merupakan Generasi Y. Analisis data penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling dengan aplikasi SmartPLS.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa employer branding berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, selanjutnya kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen karyawan, dan komitmen karyawan berpengaruh signifikan terhadap retensi. Retesi karyawan yang menjadi isu bagi PT.XYZ yang perlu ditingkatkan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Dari hasil penelitian yang menunjukkan employer branding berpengaruh secara signifikan terhadap retensi, dapat dikatakan untuk meningkatkan retensi karyawan perusahaan dapat melakukan strategi employer branding.

The purpose of this study is to analyze the effect of employer branding on retention, also employee satisfaction and employee commitment as mediator variable. This study belongs to the type of applied research, and quantitative non- experimental research design. Data collected by using a questionnaire. This research was conducted on employees who work at PT.XYZ with total respondent of 100, which is majority a Generation Y. Data analysis is conducted using structural equation modeling with SmartPLS application.
The result of the study show that employer branding have significant effect on employee satisfaction, and employee satisfaction have significant effect on employee commitment, employee commitment have significant effect on retention. Employee retention becomes an issue for PT.XYZ that needs to be improved in order to compete with other companies. The study that shows employer branding significantly affect retention, therefore to improve the employee retention of a company can do employer branding strategy.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inessa Jasmine Imansari
"Lingkungan kerja saat ini menjadi semakin kompetitif. Organisasi berupaya menjadi a great place to work dengan menciptakan keunggulan kompetitif yang berbeda dan tidak mudah ditiru oleh pesaing. Kesediaan karyawan untuk tetap berada dalam organisasi harus ditingkatkan semaksimal mungkin. Pada kondisi persaingan kerja yang semakin meningkat, employer branding dengan cepat muncul sebagai strategi sumber daya manusia untuk menarik dan mempertahankan tenaga kerja berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Employer Branding terhadap Retensi dari perspektif karyawan Divisi Fleet Management pada salah satu perusahaan transportasi dan logistik di Indonesia. Dalam studi ini, peneliti hanya meneliti pengaruh employer branding terhadap karyawan internal, dimana employer branding membangun kepuasan kerja untuk mengindikasikan tingkat retensi karyawan. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan survei menggunakan kuesioner kepada 83 karyawan Divisi Fleet Management dengan masa kerja minimal 1 tahun di perusahaan. Penelitian ini menggunakan partial least square-structural equation modelling (PLS-SEM) untuk menganalisis pengaruh employer branding terhadap retensi karyawan melalui mediasi kepuasan kerja menggunakan software SmartPLS yang dibuat oleh Herman O.A Wold. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer branding memiliki pengaruh terhadap retensi karyawan. Hubungan ini dimediasi oleh kepuasan kerja secara penuh.

The employment environment, nowadays, is becoming increasingly competitive. Organizations strive to be a great place to work by creating different competitive advantages that not easily imitated by competitors. The willingness of employees to remain in the organization must be increased as much as possible. In such competitive environment, employer branding is fast emerging as a long-term human resource (HR) strategy to attract and retain talented workforce. This study aims to investigate the effect of employer brand to employee retention with job satisfaction as mediating variable in Fleet Division Transportation and Logistics Company in Indonesia. In this study, researcher examines only the effect of employer branding to internal organization, which the employer brand builds job satisfaction to indicate the employee retention. In this study, the data were collected by survey using questionnaires to 83 full time Fleet Division employee with at least 1 year experience in the company. This study use partial least square-structural equation modelling (PLS-SEM) to analyze the effect of employer branding on employee retention through mediating variables, job satisfaction using SmartPLS software provided by Herman O.A Wold. The result show that employer branding has influence on employee retention. This relationship is partially mediated by job satisfaction. Indirect effect of employer branding on retention through job satisfaction has a higher effect than direct effect of employer branding on retention."
Lengkap +
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54049
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasetiowati
"Mengelola tingkat retensi karyawan merupakan tantangan bagi perusahaan dimana tingkat retensi yang tinggi akan mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi perusahaan dengan mempertahankan karyawan yang berkualitas di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara employer brand dan retensi karyawan dengan mengajukan dua variabel mediasi, yaitu employee engagement dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara employer brand dan retensi karyawan dengan mengajukan dua variabel mediasi, yaitu employee engagement dan kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan SEM PLS sebagai metode analisis. Data diuji secara empiris dan berupa statistik deskriptif pada 180 responden yang merupakan karyawan pada PT E.P. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara employer brand dengan retensi karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui employee engagement dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi.

Managing employee retention rates is a challenge for a company where a high retention rate will optimize the effectiveness and efficiency of the company by maintaining highly qualified employees in the company. This study aims is to analyze the relationship between employer brand and employee retention by proposing two mediating variables, namely employee engagement and job satisfaction. This study aims to analyze the relationship between employer brand and employee retention by proposing two mediating variables, namely employee engagement and job satisfaction. The research is a quantitative research that uses SEM PLS as an analytical method. The data were tested empirically and in the form of descriptive statistics on 180 respondents who were employees of PT E.P. The results of the study are expected to indicate a positive relationship between employer brand and employee retention, either directly or indirectly through employee engagement and job satisfaction as mediating variables."
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Pricilla
"Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi pengaruh employer branding terhadap employee retention dengan peran mediasi job satisfaction, organizational identification, dan career development. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survei kuesioner yang melibatkan 400 pekerja di perusahaan teknologi Jabodetabek. Pengolahan data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Lisrel 8.8 dan ditemukan bahwa employer branding memiliki pengaruh signifikan terhadap job satisfaction, organizational identification, dan career development. Namun, dari tiga mediasi yang digunakan, hanya satu yang berpengaruh signifikan, yaitu job satisfaction. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa meski employer branding berpengaruh positif terhadap variabel lainnya, hanya job satisfcation yang memiliki peran mediasi terhadap intensi karyawan untuk tetap bertahan di perusahaan teknologi Jabodetabek.

This study aims to investigate the effect of employer branding on employee retention with the mediating role of job satisfaction, organizational identification, and career development. This research uses a quantitative method using a questionnaire survey involving 400 workers in Jabodetabek technology companies. Data processing was carried out using Structural Equation Modeling (SEM) with Lisrel 8.8 software and it was found that employer branding has a significant influence on job satisfaction, organizational identification, and career development. However, of the three mediations used, only one had a significant effect, namely job satisfaction. Thus, this study shows that although employer branding has a positive effect on other variables, only job satisfaction has a mediating role on employee intention to stay in Jabodetabek technology companies."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reitman, Annabelle
"A growing concern for businesses today is retaining skilled employees. The best employees often are the ones most at risk to be recruited elsewhere. Yet most companies do not know the true cost of employee turnover. This Infoline provides you with the tools necessary to establish a comprehensive retention strategy to motivate and empower your employees. You will learn how to create a future-oriented work environment develop reliable career development strategies implement effective practices for success."
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2007
e20441253
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rizti Kinanti Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer branding terhadap employee retention dengan menggunakan work engagement sebagai variabel mediasi. Variabel employer branding diukur menggunakan beberapa indikator dari Alniacik & Alniacik (2012) yang merupakan pengembangan dari indikator pengukuran yang digunakan oleh Berthon et.al, untuk variabel work engagement menggunakan beberapa indikator dari Schaufeli dan yang terakhir untuk variabel employee retention diukur menggunakan beberapa indikator dari Kyndt, Dochy dan Michielsen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner online dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 211. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi, analisis mediasi dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukan bahwa employer branding memengaruhi employee retention secara signifikan dan employer branding memengaruhi work engagement secara signifikan. Berdasarkan hasil uji mediasi yang telah dilakukan,work engagement memengaruhi hubungan employer branding dan employee retention sebagai mediasi secara sebagian partially mediating style="margin-left:5.1pt;"
This study aims to examine the effect of employer branding on employee retention with work engagement as a mediating variable. Employer branding variable is measured by several indicators from Alniacik & Alniacik (2012), for work engagement variable measured by several indicators from Schaufeli, and the last for employee retention variable measured by several indicators from Kyndt, Dochy dan Michielsen. This study uses quantitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 211 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer branding affect employee retention significantly and employer branding affects work engagement significantly. Work engagement affects employee retention significantly. Based on mediation analysis, work engagement affects the relationship of employer branding and employee retention partially mediating)"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Wulandari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari employer brand terhadap intensi voluntary turnover karyawan. Dalam penelitian ini, peneliti memasukkan variabel mediasi terduga yaitu komitmen organisasi dan kepuasan kerja. Untuk mengukur komponen-komponen employer brand, peneliti melakukan studi eksplorasi untuk mengkonfirmasi item-item yang sudah dikembangkan dalam employer brand attractiveness. Sampel dari penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan karyawan tetap di suatu perusahaan asuransi jiwa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employer brand memiliki pengaruh terhadap intensi voluntary turnover, dan hubungan ini dimediasi secara parsial oleh komitmen organisasi. Sehingga untuk menjaga tingkat turnover di perusahaan, pihak manajemen perusahaan dapat mengembangkan strategi employer branding yang bisa meningkatkan komitmen organisasi untuk menjaga tingkat turnover tetap rendah.

This study aimed to analyze the effect of the employer brand to voluntary turnover intentions. In this study, researcher propose mediating variables, namely job satisfaction and organizational commitment. To measure the components of employer brand, researchers conducted an exploratory study to confirm the items that have been developed in the employer brand attractiveness. The samples of research are 100 respondents who are permanent employees in an insurance company. The results of this study indicate that the employer brand has an influence on voluntary turnover intentions, and this relationship is partially mediated by organizational commitment. So that, to keep the turnover rate in the company, the management company can develop employer branding strategies that can improve an organization's commitment to keep the turnover rate low."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S45547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rohmah As`ad
"Pada beberapa tahun terakhir, telah terjadi perubahan demografi dalam tenaga kerja Indonesia, dengan masuknya Generasi Y atau Millennials yang berbarengan dengan pensiunnya Generasi Baby Boomers, khususnya di industri perbankan dimana hampir 80% karyawannya merupakan karyawan Millennials. Perubahan demografi ini menyebabkan terjadinya pergeseran dinamika tenaga kerja yang dipengaruhi oleh perbedaan nilai dan gaya kerja Generasi Millennials dengan generasi lainnya. Hal ini berakibat pada tingkat turnover karyawan di industri perbankan dengan rata-rata dari 22 bank di Indonesia yang mencapai 13,16% pada 2017. Hampir 98% dari turnover karyawan pada salah satu bank terjadi pada kelompok usia yang di dalamnya terdapat Generasi Millennials. Tingkat turnover yang tinggi akan merugikan bank baik dari segi finansial maupun non finansial sehingga strategi retensi untuk mempertahankan karyawan diperlukan, khususnya dalam hal kepuasan kerja mereka. Dalam pembuatan strategi, pengaruh faktor gaji dan kesejateraan, pekerjaan, perilaku pemimpin, pengembangan diri, hubungan interpersonal, kompetensi kerja, dan fleksibilitas kerja terhadap kepuasan kerja diteliti dengan menggunakan metode SEM yang ternyata seluruh faktor tersebut berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja. Selain itu, pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi turnover juga diteliti dengan menggunakan metode yang sama dan pengaruh signifikan dan negatif dari kepuasan kerja terhadap intensi turnover ditemukan. Strategi dirancang menggunakan Total Rewards Strategy yang menghasilkan 16 strategi retensi untuk karyawan Millennials di industri perbankan."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayyas Aulia Hakim
"Penelitian ini dilakukan untuk menemukan faktor apa saja yang memengaruhi komitmen afektif dan performa kerja seorang karyawan. Variabel yang diuji adalah kepuasan kerja dan etika kerja Islam yang juga berperan sebagai variabel mediasi antara kepuasan kerja dengan komitmen afektif dan performa kerja Islam. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk memeriksa kecocokan model penelitian dan menguji kausalitas antar konstruk variabel. Total responden mencapai 350 karyawan bank syariah di Indonesia yang berpartisipasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif dan performa kerja. Sementara itu, etika kerja Islam memiliki penhgaruh yang tidak signifikan terhadap komitmen afektif tetapi signifikan terhadap performa kerja. Etika kerja Islam juga terbukti memediasi hubungan antara kepuasan kerja dengan performa kerja tetapi tidak terbukti memediasi hubungan antara kepuasan kerja dan komitmen afektif. Oleh karena itu, sebuah organisasi perlu menyusun strategi untuk meningkatkan kepuasan kerja dan etika kerja Islam agar produktivitas yang dihasilkan dapat bersifat optimal.

This study was conducted to identify the factors that influence the affective commitment and job performance of an employee. The variables tested were job satisfaction and Islamic work ethics, which also acted as a mediating variable between job satisfaction and affective commitment and job performance in Islam. Data was collected using a questionnaire and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) to examine the fit of the research model and test the causality between the variable constructs. A total of 350 employees of Islamic banks in Indonesia participated as the research sample. The results showed that job satisfaction has a significant positive effect on affective commitment and job performance. Meanwhile, Islamic work ethics had a non-significant effect on affective commitment, but a significant effect on job performance. Islamic work ethics also proved to mediate the relationship between job satisfaction and job performance, but did not mediate the relationship between job satisfaction and affective commitment. Therefore, an organization needs to develop a strategy to improve job satisfaction and Islamic work ethics so that the resulting productivity can be optimal. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>