Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66322 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Umi Muawanah
"ABSTRAK
Bukti empiris hubungan corporate social responsibility (CSR) dengan nilai perusahaan masih inconclusive dan menimbulkan ruang diskusi bagi para peneliti mengenai apa dan bagaimana pengaruhnya. penelitian ini bertujuan untuk menguju dan menganalisis tentang hal ini. model penelitian dikembangkan dengan menambahkan empat variabel kontrol yang meliputi ukuran, market share, leverge, dan pertumbuhan perusahaan. hasil analisis regresi menunjukkan bahwa indeks analisis meliputi empat variabel kontekstual. Namun pada saat analisis tidak memasukkan empat variabel dalam model, hasilnya kontradiktif. Hasil ini menimbulkan implikasi riset berikutnya sekaligus juga tunduk pada keterbatasan metodologis."
Jakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 2019
657 ATB 12:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Permata Sari
"Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap biaya utang yang diukur melalui yield spread. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan publik di Indonesia yang menerbitkan obligasi dalam rentang tahun 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap yield spread sebagai proksi biaya utang. Hal ini disebabkan karena informasi mengenai aktivitas CSR dapat mengurangi adanya informasi asimetri, terutama bagi investor publik. Pengungkapan CSR memungkinkan investor untuk dapat menilai perusahaan dengan lebih baik sehingga imbal hasil yang diminta oleh investor dapat menjadi semakin rendah.

The aim of this research is to analyze the impact of corporate social responsibility (CSR) disclosure on cost of debt as measured by bond yield spread. Sample of this research are firms that issued bonds during the year of 2011-2015. The result of this study indicates that CSR disclosure has negative impact on yield spread. Informations regarding the firms’ CSR activities are believed to reduce asymmetric information, mainly for public investors. Such CSR disclosure could enhance investors’ assessment of the firms and therefore they may require lower yield."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Ridwan Pratama
"Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai praktik pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) serta menguji secara empiris pengaruh dari struktur kepemilikan saham terhadap pengungkapan CSR. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda terhadap 128 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengungkapan CSR masih sangat rendah dengan jumlah persentase tingkat pengungkapan kurang dari 70%. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepemilikan saham oleh keluarga, institusi, dan publik berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan CSR. Hal ini dapat disebabkan oleh lemahnya kontrol dari para pemegang saham terhadap perusahaan terkait dengan isu sosial dan lingkungan, sehingga tingkat pengungkapan CSR pada perusahaan menjadi rendah. Kepemilikan saham oleh investor asing tidak terbukti berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Hal ini dapat disebabkan oleh tujuan dari investor asing yang bersifat jangka pendek, sehingga lebih terkonsentrasi pada profit perusahaan.

The objective of this study is to determine the implementation of corporate social responsibilty disclosure and to determine the effect of ownership structure on Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure. The hypothesis testing is done using multiple linear regression of the 128 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014. This study find that the level of CSR disclosure is still weak, with level of percentage disclosure below 70%. This study also finds that family ownership, institution ownership, and public ownership have negative significant effect on CSR disclosure. It can be caused by the lack of control from the shareholders on the social and environment issues, so that the level of CSR disclosures is weak. Foreign ownership is not has significant effect on CSR disclosure. It can be casued by the goals of foreign investor only for short-term investment, so the focus of company is profit."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
William
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) menurut pedoman Global Reporting Initiative (GRI) terhadap nilai perusahaan. Besarnya pengaruh pengungkapan CSR diukur dari jumlah skor pengungkapan CSR setiap dimensi berdasarkan pedoman GRI di dalam laporan tahunan perusahaan. Pedoman GRI reporting yang paling terbaru adalah GRI G3. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan model regresi berganda dengan sampel 263 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa pengungkapan CSR, baik secara keseluruhan maupun per dimensi, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini sejalan dengan penelitian Samy et al. (2010) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengungkapan CSR berdasarkan GRI G3 dengan nilai perusahaan.

This research is conducted to prove if there is any effect of corporate social responsibility (CSR) disclosure according to Global Reporting Initiative (GRI) guidelines on firm?s value. The effect of CSR disclosure is measured by the total CSR disclosure score of each dimension based on GRI guidelines in company?s annual reports. The latest version of GRI reporting standard is GRI G3. Hypothesis is tested using multiple regression analysis with 263 samples of listed firms in Indonesia Stock Exchange in 2010. The results of the research give empiric evidence that overall CSR disclosure and each of CSR disclosure?s dimensions (economic, environment, social, human rights, community, and product responsibility) have positive and significant effect on the value of the firm. This result is consistent with Samy et al. (2010) findings which indicate that there is a positive and significant causal relationship between CSR disclosure based on GRI G3 with the value of the firm."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T30309
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Claudia Friska Stefanie
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan-perusahaan yang termasuk di dalam industri ?dosa?, dengan citra baik perusahaan sebagai variabel mediasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab social perusahaan (dengan proksi oleh GRI G4 kategori sosial), marketing investment, return-on-asset ratio, dan total aset.
Penelitian ini menggunakan 145 sampel observasi, dari 29 sampel perusahaan yang terklasifikasikan sebagai industri ?dosa? yang terdaftar dalam BEI, Philippines Stock Exchange, dan Singapore Exchange dalam kurun periode 5 tahun (2011-2015).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap citra baik perusahaan. Selain itu, tanggung jawab sosial juga berpengaruh positif terhadap profitabilitas melalui citra baik perusahaan. Sehingga citra baik merupakan variabel yang memediasi pengaruh antara tanggung jawab sosial terhadap profitabilitas.

This thesis is discussed about the effect of corporate social responsibility disclosure reporting towards corporate profitability for companies that classified as sin industry, with the corporate image as a mediation variable. Variables used are corporate social responsibility reporting (with the proxy of GRI GR social category), marketing investment, and return-on-asset ratio.
This thesis is using 145 observation sample, from 29 companies that classified as sin industry that are listed in Indonesian Stock Exchange, Phillipines Stock Exchange, and Singapore Exchange in 5 year periods (2011-2015).
The result of this thesis implies that CSR reporting has a positive effect on corporate image. Besides, CSR reporting also has a positive effect on profitability through the corporate image. So corporate image is a variable that mediates the effect of CSR reporting on profitability.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64021
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syafira Ramadhea JR
"Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh jenis struktur kepemilikan dan aktivitas dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jenis struktur kepemilikan meliputi institusional, asing, dan publik, serta aktivitas dewan komisaris meliputi pengawasan dewan komisaris dan frekuensi rapat dewan komisaris. Metode penelitian ini adalah regresi linear berganda dari 104 sampel perusahaan manufaktur pada tahun 2013.
Hasil penelitian ini membuktikan pengawasan dewan komisaris ternyata berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responbility. Adapun kepemilikan institusional, asing, dan publik, serta frekuensi rapat dewan komisaris tidak ada berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

The objective of this research is to analyze the effect of the type of ownership structure and the activities of the board of commissioners on corporate social responsibility disclosure. The types of ownership include institutional, foreign, and public ownership, the activities of the board commissioners include the board of commissioner meeting frequency and monitoring. The research method used is multiple linear regression of 104 samples from manufacturing companies for period 2013.
The result of this research indicates the board of commissioner monitoring has positive effect on corporate social responsibility disclosure. Institutional, foreign, and public ownership, and the board of commissioner meeting do not have effect on corporate social responsibility disclosure.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mhd. Dio Ferdian
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan variabel moderasi struktur kepemilikan dan tata kelola perusahaan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 248 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2014 dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan pengungkapan tanggung jawab sosial memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, Kepemilikan blockholder memperlemah pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai perusahaan dan persentase komisaris independen tidak mempengaruhi hubungan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai perusahaan.

The research aims to analyze the effects of corporate social responsibility disclousure on firm value with moderatio variable corporate ownership and corporate governance. The samples of this research are 248 manufacturing companies listed in Indonesian Stock Exchange for period 2013-2014 with using purposive sampling method for the sampling method. Hypothesis is tested by using multiple regressions analysis.
These results indicate that corporate social responsibility have positive effect on firm value, blockholder ownership weakens the effects of corporate social responsibility disclosure against firm value and percentage of independent commisioners not affect the effect of corporate social responsibility disclosure against firm value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61966
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deila Oktari Solehah
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap daya tarik organisasi dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel tanggung jawab sosial perusahaan diukur dengan beberapa indikator dari Turker, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan beberapa indikator dari Hochwarter et al., dan yang terakhir untuk variabel daya tarik organisasi diukur menggunakan beberapa indikator dari Turban & Keon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 330. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi, analisis mediasi (causal step) dan analisis sobel test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan mempengaruhi daya tarik organisasi secara signifikan. Tanggung jawab sosial perusahaan mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan. Reputasi organisasi mempengaruhi daya tarik organisasi secara signifikan. Berdasarkan hasil uji mediasi yang telah dilakukan, reputasi organisasimempengaruhi hubungan tanggung jawab sosial perusahaan dan daya tarik organisasisebagai mediasi secara signifikan.

This study aims to examine the effect of Corporate Social Responsibility on organizational atrractiveness by considering organizational reputation as a mediating variable. Corporate Social Responsibility variable is measured by several indicators from Turker, for organizational reputation variable measured by several indicators from Hochwarter et al., and the last for organizational attractiveness variable measured by several indicators from Turban & Keon. This study uses quantitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 330 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis.
The results showed that Corporate Social Responsibility affect organizational atttractiveness significantly. Corporate Social Responsibility affects organizational reputation significantly. Organizational reputataion affects organizational attractiveness significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation affects the relationship of Corporate Social Responsibility and organizational attractiveness significantly."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhistira B. Nugrahadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengungkapan informasi CSR dan Mekanisme GCG terhadap kinerja keuangan dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan – perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2006, 2007, dan 2008 yang berjumlah 28 perusahaan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara pengungkapan informasi CSR terhadap kinerja dan nilai perusahaan. Disisi lain penelitian tidak berhasil membuktikan hubungan antara mekanisme GCG terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan.

The purpose of this research is to examine the relations of CSR disclosure and GCG mechanism with corporate financial performance and the effect to market value. The sample of this research is mining sector companies which listed at Bursa Efek Indonesia in 2006, 2007, and 2008. The number of the samples is 28 companies.
Results of this research shows that there is a positive relation between CSR disclosure and corporate financial performance and market value. But this research also shows that there are no significant relations between GCG mechanism either with corporate financial performance or market value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T34645
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yeterina Widi Nugrahanti
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) terhadap nilai perusahaan. Indeks pengungkapan tanggung jawab sosial pada penelitian ini diukur dengan indeks pengungkapan Global Reporting Initiative (GRI) sedangkan nilai perusahaan diukur dengan Price to Book Value. Penelitian ini menggunakan sampel 66 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009. Variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini Return On Assets (ROA), financial leverage, rasio lancar dan ukuran perusahaan. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan model regresi berganda dengan program SPSS versi 16. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial, ROA dan financial leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan rasio lancar dan ukuran perusahaan ditemukan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan."
Depok: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2012
JEBI 2:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>