Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26389 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Firda Azmi Munaziza
"ABSTRAK
Konsumsi energi dunia saat ini cenderung meningkat dari waktu ke waktu karena pertumbuhan industri dan transportasi. Di Indonesia, konsumsi LPG mencapai di atas 7.5 juta ton dengan 5.5 juta ton didatangkan melalui impor. Pemerintah Indonesia menggunakan energi alternatif yaitu Dimethyl Ether (DME) untuk mengurangi jumlah impor LPG nasional. Proyek pembangunan DME plant merupakan proyek yang
memerlukan dana besar dan waktu yang cukup lama, sehingga diperlukan kajian strategis yang meliputi harga bahan baku, optimalisasi transportasi produk ke titik pengiriman, analisis biaya manfaat dari penerapan DME dan perencanaan market awareness.
Optimalisasi transportasi produk adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pengurangan biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dari beberapa tujuan dalam mengetahui jalur transportasi paling optimum. Pemilihan jalur dilakukan dengan
beberapa aspek yang dipertimbangkan seperti aspek lingkungan, sosial, dan kekonomian. Geographical Information System (GIS) merupakan pemanfaatan teknologi dalam penentuan jalur transportasi truk. Sebuah model goal programming dikembangkan untuk
menggambarkan aspek-aspek tersebut. Hasil dari penelitian ini bisa menjadi analisis tambahan bagi pemangku kebijakan dalam pemilihan jalur transportasi yang ada.

ABSTRACT
Current world energy consumption tends to increase from time to time due to the growth of industry and transportation. In Indonesia, Liquefied Petroleum Gas (LPG) consumption reaches above 7.5 million tons with 5.5 million tons imported through imports. The Indonesian government uses alternative energy namely Dimethyl Ether (DME) to reduce the amount of national LPG imports. The DME plant project is a project that requires a large funds and a long time, so we needed a strategic study that includes the price of raw materials, optimization of product transportation to delivery point, benefit cost analysis of the application of DME and planning "market awareness" program. Optimization of product transportation is one aspect that influences the reduction project costs. This study aims to develop models of several objectives in finding the most optimum transportation routes. Path selection is carried out with several aspects considered such as environmental, social, and economic aspects. Geographical Information System (GIS) is a technology used in determining transportation routes for trucks. A goal programming model was developed to illustrate these aspects. The results of this study can be an additional analysis for policymakers in the selection of existing transportation routes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ridhwan Sunandar
"Skripsi ini membahas terkait energi terbarukan yang akan menggantikan salah satu energi yang dibutuhkan masyarakat, yaitu Liquiefied Petroleum Gas (LPG). Energi terbarukan yang dibahas dalam skripsi ini adalah Dimethyl Ether (DME). Penelitian ini menggunakan analisa studi numerik melalui software Ansys yang dapat menganalisa suatu fluida, dalam hal ini api yang dihasilkan dari Dimethyl Ether (DME). Terdapat beberapa variabel yang diteliti pada skripsi ini, yaitu temperature pada inlet fuel dan wall nozzle, kecepatan inlet fuel, dan ukuran nozzle yang digunakan pada area api. Hasil penilitian ini menghasilkan karakteristik api Dimethyl Ether (DME) yang baik sehingga dapat diaplikasikan dalam penggunaan Dimethyl Ether (DME) nantinya untuk keperluan masyarakat ataupun industri.

This thesis discusses about renewable energy which will replace one of the energy needed by the community, namely Liquiefied Petroleum Gas (LPG). The renewable energy discussed in this thesis is Dimethyl Ether (DME). This research uses a numerical study analysis through Ansys software which can analyze a fluid, in this case a fire produced from Dimethyl Ether (DME). There are several variables studied in this thesis, namely the temperature at the fuel inlet and nozzle wall, the fuel inlet velocity, and the size of the nozzle used in the fire area. The results of this research produce good fire characteristics of Dimethyl Ether (DME) so that it can be applied in the use of Dimethyl Ether (DME) later for community or industrial purposes.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shilka Miladian Tinas
"Pemodelan Kinetika Oksidasi dan Pembakaran Campuran Dimetil Eter (DME)-Propana dilakukan untuk mempelajari karakteristik pembakaran bahan bakar campuran DME dan propana (C3H8). Model kinetika oksidasi dan pembakaran campuran DME-propana terdiri dari 295 spesies dan 1584 reaksi elementer. Validasi model kinetika yang dikembangkan pada penelitian ini telah dilakukan menggunakan data percobaan waktu tunda ignisi yang dilakukan oleh Erjiang Hu dkk. Model kinetika yang dikembangkan memberikan kesesuaian yang baik terhadap data percobaan. Simulasi menggunakan model kinetika untuk mendapatkan profil waktu tunda ignisi dilakukan pada tekanan 2, 10, 40 bar; temperatur 550-1500K; rasio ekivalensi 0,5-2 dan komposisi DME 0-100%.
Hasil simulasi menunjukkan meningkatnya tekanan, waktu tunda ignisi akan semakin cepat, hal ini berlaku untuk semua rasio ekivalensi dan komposisi DME. Pengaruh penambahan DME pada waktu tunda ignisi campuran DME-propana sensitif terhadap konsentrasi bahan bakar. Semakin besar komposisi DME dalam campuran, waktu tunda ignisi semakin cepat. Waktu tunda ignisi campuran DMEpropana pada daerah temperatur 550-1000K menunjukkan adanya daerah NTC (Negative Temperature Coefficient) yaitu daerah dimana temperatur meningkat, laju reaksi oksidasi dan pembakaran menurun memperlambat terjadinya ignisi. Pengaruh rasio ekivalensi terhadap waktu tunda ignisi campuran DME-propana cukup besar pada daerah NTC. Pada temperatur dibawah dan diatas daerah NTC, pengaruh rasio ekivalensi terhadap waktu tunda ignisi sangat kecil.

Kinetic modeling of the oxidation and combustion of Dimethyl Ether (DME)-Propane mixtures is conducted to study the combustion characteristic of the fuel mixture of DME and propane (C3H8). Kinetic model of the oxidation and combustion of DME-propane mixture consists of 295 species and 1548 elementary reaction. Validation of kinetic model developed in this study has been carried out using the experimental data of ignition delay time by Erjiang Hu et.al. Kinetic model developed provides good agreement to the experimental data. The simulation using kinetic model to produce ignition delay time profile conducted at pressure 2, 20, 40 bar; temperature 550-1500K; equivalence ratio 0,5-2 and DME blending ratio 0-100%.
The result shows that with the increase of pressure, ignition delay time decrease for all equivalence ratio and DME blending ratio. The effect of DME addition on ignition delay time of DME-propane mixtures is sensitive on the fuel concentration. Increasing DME blending ratio, the faster the ignition delay time. Ignition delay time DME-propane mixtures at temperature 550-1000K show the NTC (Negative Temperature Coefficient) region, which the increasing of temperature, the rate of oxidation and combustion reaction decrease, inhibit the ignition. Effect of equivalence ratio on ignition delay time DMEpropane mixtures is quite large in NTC region. At temperature below and above the NTC region, the effect of equivalence ratio on ignition delay time is small.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41774
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Muliahati
"ABSTRAK
Pemanfaatan batubara domestik untuk diproduksi menjadi DME sangat diperlukan dalam mengurangi jumlah import LPG. Hal ini tidak hanya mengoptimalkan pemanfaatan batubara domestik tetapi juga mengatasi pertumbuhan kebutuhan LPG sektor rumah tangga sebagai jumlah permintaan LPG tertinggi yang tidak dapat lagi dipenuhi oleh produksi LPG di dalam negeri. Pada tahun 2016, impor LPG mencapai 67 dari total kebutuhan nasional dengan nilai APBN yang dibutuhkan sebesar 2.647 juta USD. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan evaluasi pemanfaatan DME dari bahan baku batubara domestik untuk mensubstitusi LPG impor pada sektor rumah tangga dan penghematan yang dapat dihasilkan. Komposisi maksimum pencampuran antara DME dan LPG pada penelitian ini adalah 85 wt LPG dan 15 wt DME dan didistribusikan mengikuti pola distribusi LPG yang ada saat ini. Harga campuran DME-LPG di depot akan dihitung berdasarkan harga FOB DME pada kilang DME Kalimantan Timur , biaya transportasi kapal, biaya pencampuran dan pengelolaan di depot. DME berbahan baku batubara akan didistribusikan ke depot yang sudah memiliki fasilitas pencampuran blending facilities sehingga biaya yang dibutuhkan adalah hanya biaya investasi tangki penyimpanan DME. Jumlah DME berbahan baku batubara akan dihitung sebesar 15 dari proyeksi total kebutuhan LPG impor pada tahun 2040. Hasil dari penelitian didapatkan harga campuran DME-LPG di depot sebesar 391 USD/Ton di Depot Tanjung Priok, 391 USD/Ton di Depot Eretan, 396 USD/Ton di Depot Tanjung Perak, 397 USD/Ton di Depot Gresik, dan 401 USD/Ton di Depot Semarang. Sementara itu, harga LPG impor di Depot Tanjung Priok 620 USD/Ton, di Depot Eretan 620 USD/Ton, di Depot Tanjung Perak 622 USD/Ton, di Depot Gresik 622 USD/Ton, di Depot Semarang 624 USD/Ton. Substitusi LPG impor dengan DME berbahan baku batubara domestik menghasilkan penghematan APBN sebesar 433 juta USD IDR 5.332 miliar . Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan DME berbahan baku batubara domestik adalah layak secara keekonomian untuk mengurangi jumlah LPG impor dan memberikan penghematan APBN. Ini juga dapat membantu pemerintah Indonesia mengurangi LPG impor untuk menjaga ketahanan energi nasional.

ABSTRACT
Utilization of domestic coal based dimethyl ether DME is necessary to decrease Indonesia liquefied petroleum gas LPG import. This utilization will not only optimize the use of domestic coal but also overcome the growing LPG demand household sector as the highest demand that could not be fulfilled by the existing LPG production. In 2016 import LPG reached 67 of total national demand and the amount of state budget about 2,647 million USD. Therefore, this study evaluates the utilization of domestic coal based DME to substitute LPG import for household sector and the impact to the saving of state budget. Maximum LPG DME blending in this study is 85 weight LPG and 15 weight DME and distributed following existing LPG supply chain. DME LPG mixture price at depot will be calculated based on DME FOB price at production plant East Kalimantan , shipping cost, mixing and handling cost. Domestic coal based DME will be distributed to the existing depots which already have the blending facilities, the only required investment cost is DME storage tank. The amount of domestic coal based DME will be calculated 15 from the total demand of LPG import projected to year 2040. The result of the research shows that DME LPG mixture price at each depot are 391 USD MT at Depot Tanjung Priok, 390 USD MT at Depot Eretan, 396 USD MT at Depot Tanjung Perak, 397 USD MT at Depot Gresik, and 401 USD MT at Depot Semarang. While the import LPG price at each depot are 620 USD MT at Depot Tanjung Priok, 620 USD MT at Depot Eretan, 622 USD MT at Depot Tanjung Perak, 622 USD MT at Depot Gresik, and 624 USD MT at Depot Semarang. The substitution of LPG import with domestic coal based DME results the saving of state budget about 433 million USD IDR 5,332 billion . It concludes that the utilization of domestic coal based DME is economically feasible to reduce the import of LPG and obtain the saving for state budget. It will also help the government of Indonesia to decrease the dependency of import LPG to maintain the national energy security."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50635
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This paper describes an abundant coal resource of Indonesia, consumption, production and its ekspor. It describes brieffly the complexity of development arrangement and priority setting in RAPBN, includes the large amount of subsidy - especially oil - which has to be taken into account each year....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sepehr Mozaffari
"This study is to verify the usage of DME as an alternative fuel and its production routs. As it is clear the energy, its supply and consumption is a very important concern. Countries are developing and as a result of that the energy consumption is increasing. Growing energy consumption is directly related to the depletion of fossil fuels particularly petroleum based fuels. So the world has to think of using other fuels which have at least the same performance and its production is cost-effective. One of these fuels is Dimethyl ether (DME).
DME is very promising fuel and research on its characteristics and efficiencies show that it can be considered as a future fuel as it is cheap, environmental friendly and has good efficiency. Another advantage of DME production is that it has different applications and is a versatile fuel. Furthermore, similarity of its physical properties to LPG makes DME handling, storing and transportation easy however DME has low viscosity and lubricity. These mentioned disadvantages which are solvable may cause problems if enough attention is not paid to them.
Typically DME is produced from natural gas as a feedstock although coal and biomass are also other possible feedstock to be utilized. To produce DME, natural gas is first converted to synthesis gas via ATR method (Auto thermal reforming) and then is converted to DME through direct method. This research aimed to be done to investigate about the possibility of using DME as a future fuel by discussing about its characteristics, advantages and disadvantages. Moreover, its various production pathways has been talked about and tried to compare them in different aspects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Daffa Fachturrohman
"Dari hasil pemodelan kebutuhan dan pasokan LPG tahun 2015 – 2050 (RUEN, 2017) didapatkan bahwa angka impor LPG akan ditekan melalui pemanfaatan bahan bakar jenis lain, yaitu dimethyl ether (DME) dan Jaringan gas kota (jargas). Eksperimen ini membahas tentang pengujian flame dari Dimethyl Ether (DME) yang akan menggantikan salah satu energi yang dibutuhkan masyarakat, yaitu Liquefied Petroleum Gas (LPG). Eksperimen ini menggunakan analisa studi eksperimental menggunakan Bunsen burner, dalam hal ini penulis mengukur nyala api yang dihasilkan dari Dimethyl Ether (DME) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang didukung dari LEMIGAS sebagai pembimbing dan juga dukungan gas Dimethyl Ether itu sendiri. Terdapat beberapa variabel yang diteliti pada skripsi ini, yaitu variasi dari nozzle dan juga variasi dari flow rate gas. Hasil penilitian ini menghasilkan karakteristik api Dimethyl Ether (DME) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang baik dengan pengukuran tinggi nyala api yang diukur dengan thermocouple tipe-K, temperatur nyala api, warna nyala api, dan luas nyala api yang diukur menggunakan software ImageJ yang didapat dari hasil foto dengan menggunakan kamera. Didapat bahwa tren alur temperatur dari kedua gas sangat berkaitan dengan flowrate yang diberikan oleh rotameter kedua gas.

From the results of modelling the demand and supply of LPG for 2015 – 2050 (RUEN, 2017) it was found that the number of LPG imports will be suppressed with other types of fuel, namely dimethyl ether (DME) and Jaringan Gas Kota (Jargas). This experiment discusses the flame testing of Dimethyl Ether (DME) which will replace one of the energies needed by the community, namely Liquefied Petroleum Gas (LPG). This experiment uses an analysis of experimental studies using a Bunsen burner, in this case the author measures the flame produced from Dimethyl Ether (DME) and Liquefied Petroleum Gas (LPG) which is supported by LEMIGAS as a guide and supports Dimethyl Ether gas itself. There are several variables studied in this thesis, namely the variation of the nozzle and the variation of the gas flow rate. The results of this study resulted in good fire characteristics of Dimethyl Ether (DME) and Liquefied Petroleum Gas (LPG) by measuring the flame height as measured by a K-type thermocouple, flame temperature, flame colour, and flame area measured using ImageJ software. obtained from the photos using the camera. It was found that the trend of the temperature flow of the two gases was closely related to the flowrate given by the rotameter of the two gases.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riesta Anggarani
"

Dimethyl Ether (DME) adalah energi alternatif yang memiliki sifat dan karakteristik mirip dengan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang telah banyak diteliti sebagai bahan bakar untuk berbagai aplikasi. Dalam kaitannya dengan kondisi di Indonesia dimana saat ini impor LPG telah meningkat sangat pesat terutama untuk memenuhi kebutuhan sektor rumah tangga, penelitian untuk mengetahui karakteristik pembakaran terutama pada pembakaran difusi DME dibandingkan dengan LPG menjadi sangat penting. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk membandingkan karakteristik nyala api difusi terutama Wobbe Index, stabilitas nyala api, Tinggi Api (Flame Height , FH) dan Beban Pembakaran (Burning Load, BL) yang dihasilkan oleh bahan bakar DME serta campuran LPG-DME dibandingkan dengan LPG, serta pengaruh parameter jet velocity aliran bahan bakar. Eksperimen yang dilakukan menggunakan burner yang didesain khusus untuk memperoleh variasi kecepatan jet dan pengaruh bahan bakar yang digunakan. Uji kinerja menggunakan kompor mini juga dilakukan untuk membandingkan FH, temperatur nyala api, dan efisiensi penggunaan bahan bakar DME terhadap LPG. Hasil yang dicapai yaitu perbedaan karakter pembakaran LPG dan DME terutama untuk parameter Wobbe Index dan stabilitas nyala api yaitu Blow Out dan Lift Off dapat didekati dengan pencampuran DME ke dalam LPG hingga maksimum komposisi DME 23% massa dan pada rentang fuel jet velocity 10 m/s – 34 m/s. Nilai optimum ini diperoleh pada kondisi eksperimen dengan burner tipe cylindrical dan pada diameter nosel  2,5 mm. FH  yang setara antara DME dengan LPG dicapai pada rentang uf  = 3,5 m/s – 6,3 m/s saat df  = 4,5 mm untuk DME dan df  = 2,5 mm untuk LPG, serta pada rentang uf  = 5,3 m/s – 10,8 m/s saat df  = 5,0 mm untuk DME dan df  = 3,0 mm untuk LPG. BL yang setara antara DME dengan LPG dicapai pada uf lebih kecil dari 0,5 m/s untuk semua diameter nosel. Uji kinerja pada kompor mini menghasilkan efisiensi penggunaan bahan bakar DME yang lebih tinggi, yaitu ketika pengatur air entrainment pada posisi close 1 sebesar 64,5% dan close 2 sebesar  67,9%, dibandingkan dengan LPG pada posisi open sebesar 62,5%. 


Dimethyl Ether is one of the promising alternative energy to substitute Liquefied Petroleum Gas (LPG) considering its similarity on properties and behavior to LPG. Indonesia currently import huge amount of LPG, mainly for energy in household purpose. Considering the potentiality of DME to substitute LPG especially for household purposes which basically works in atmospheric diffusion combustion, it is very important to study the comparison of LPG and DME in the field of diffusion combustion characteristics. This study aim to compare diffusion flame characteristics of DME, LPG, and the blends of DME mixed LPG with DME composition of 10%, 20%, 30%, 40% and 50%. The characteristics being investigated are Wobbe Index, flame stability, Flame Height (FH) and Burning Load (BL) under the effect of fuel jet velocity (uf), which performed by a series of experiments in laboratory. The experiments were done using a specially designed cylindrical burner to get the variation of fuel jet velocity. The results show that the difference of Wobbe Index and flame stability represented by Lift Off (LO) and Blow Off (BO) between DME and LPG can be improved by blending DME into LPG at optimum composition of 23% weight and  is achieved at the range of uf from 10 m/s to 34 m/s. This optimum condition is achieved using cylindrical burner with  nozzle diameter (df) 2.5 mm. The equality of  FH between DME and LPG is achieved at the range of ufrom  3.5 – 6.3 m/s at df = 4.5 mm for DME and df = 2.5 mm for LPG,  and at the range of ufrom 5.3 – 10.8 m/s at df = 5.0 mm for DME and df = 3.0 mm for LPG. The equality of BL between DME and LPG is achieved at uf lower than 0,5 m/s at all nozzle diameter. Performance test on mini stove shows that DME can achieve higher fuel efficiency than LPG at different air entrainment setting, where DME achieved  fuel efficiency of 64.5%, at position of air entrainment close 1 and 67.9% at position of close 2, compare to LPG with fuel efficiency of 62.5% at position of air entrainment open.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lutfi Aulia
"LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan bahan bakar yang digunakan untuk sektor rumah tangga di Indonesia. Setelah program konversi dari penggunaan minyak tanah ke LPG secara masif untuk sektor rumah tangga pada tahun 2008, permintaan akan LPG meningkat hingga dua kali lipat dan lebih dari 50% kebutuhan dalam negeri merupakan impor. Sumber energi alternatif dibutuhkan untuk bisa mensubstitusi LPG sebagai bahan bakar sektor rumah tangga guna mengurangi angka impor LPG yang sudah mencapai 70%. Dimetil Eter (DME) merupakan bahan bakar yang memiliki sifat yang mirip dengan LPG sehingga dapat digunakan secara langsung dalam menggantikan LPG dengan sedikit modifikasi. Selain dari pada itu, DME dapat diproduksi dari bahan baku yang terbarukan seperti biomassa dan batubara yang tersedia cukup melimpah di Indonesia. Dalam tahapan aplikasinya sebagai bahan bakar adalah dengan mencampurkannya dengan LPG. Studi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik nyala api pembakaran difusi gas (Jet diffusion flame) dari bahan bakar LPG, DME dan campurannya (LPG mix DME) pada burner tipe barel. Persentase variasi campuran DME dalam LPG yang digunakan adalah 10%,20%,30%,40% dan 50% berat campuran. Pengujian dilakukan menggunakan burner tipe barel dengan diameter lubang nosel 2,5 mm. Seluruh hasil pengujian dikomparasi dengan LPG sebagai bahan bakar referensi. Hasilnya menunjukkan bahwa karakteristik nyala api untuk tinggi api (Hf) dan panjang api (Lf) keduanya menurun seiring dengan kenaikan persentase komposisi campuran DME dalam LPG. Karakteristik nyala terangkat (lifted flame) juga mengalami penurunan ketika dibandingkan antara LPG dengan DME namun perbedaannya tidak terlalu jauh untuk keseluruhan campuran. Karaktersitik stabilitas nyala api yang dinyatakan dengan fenomena kecepatan blow-off dan lift off disajikan dalam tulisan ini. Beban pembakaran menunjukkan terjadi penurunan seiring dengan penambahan persentase campuran DME dalam LPG, hal ini berkaitan dengan nilai kalor bahan bakar DME yang lebih rendah sekitar 40% dari LPG.

Currently, Liquefied Petroleum Gas (LPG) is the main energy source used in household sector in Indonesia. After the mega conversion project from kerosene to LPG in 2008, the demand of LPG raised in to a double and more than 70% of it fulfilled by import. It is very crucial to find other alternative energy to substitute LPG for household sector. Dimethyl Ether (DME), is a fuel that has similar characteristics to LPG so it can be used in LPG supply chain with minor change. More than that, DME can be produced from coal and renewable feedstock such as biomass which is available abundantly in Indonesia. To introduce the use of DME in current household appliances, we consider applying this fuel in mixture with LPG. This study aimed to investigate jet diffusion flame characteristics of DME and its mixture with LPG with DME concentration 10%, 20%, 30%, 40% and 50% by weight. The experiment was conducted on barrel type burner. A burner tip with centered hole with diameter 2.5 mm is functioned as fuel injector. All of the result is compared to LPG as reference. The results show that the flame characteristic in term of flame height (Hf) and flame length (Lf) both are decline with the increasing of DME composition in the mixture with LPG. The lifted flame is also decline when comparing LPG to DME but only differ slightly between all mixtures. Blow off and lift off phenomena is presented. Burning load is decline with the increasing of DME composition relates with the calorific value of DME which is 40% lower than LPG."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53501
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>