Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116903 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cikita Berlian Hakim
"ABSTRAK
Bali masih menjadi pintu masuk utama bagi wisatawan mancanegara. Potensi besar yang dimiliki Bali untuk memikat wisatawan menikmati beragam petualangan mulai dari keindahan alam, budaya, makanan, bahasa, flora dan fauna. Meskipun begitu, bukan berarti Bali menjadi tanpa cela. Angka kecelakaan lalu lintas di Bali meningkat selama tahun 2015-2019. Data tahun 2019 menunjukkan jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas meningkat 70% dibandingkan tahun 2015. Korban kecelakaan lalu lintas dengan luka ringan pada tahun 2019 meningkat 83% dibandingkan tahun 2015. Korban meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas pada tahun 2019 meningkat 6% dibandingkan tahun 2015. Peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas dapat merusak citra pariwisata Bali. Menurut penelitian terdahulu, citra pariwisata dapat dipengaruhi oleh wisatawan yang berbagi pengalaman perjalanan wisata mereka baik secara langsung ataupun melalui media sosial. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan jawaban dari pertanyaan "Bagaimana pengalaman wisatawan tentang keselamatan selama melakukan perjalanan wisata di Bali yang dibagikan melalui media sosial?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek keselamatan yang mempengaruhi citra tujuan wisata Bali dan menganalisis faktor yang mempengaruhi peningkatan aspek keselamatan. Pengaplikasikan teknik text mining terhadap ulasan pengguna Twitter tentang aspek keselamatan di Bali digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengungkapkan bahwa aspek keselamatan yang memberikan penilaian negatif paling tinggi terhadap citra pariwisata di Bali adalah aspek keselamatan berkendara di jalan raya khususnya menggunakan sepeda motor. Faktor perbaikan fasilitas lalu lintas dan penegakan aturan untuk pengemudi dapat mempengaruhi peningkatan keselamatan di Bali.

ABSTRACT
Bali is still the main entrance for foreign tourists. Bali has great potential to lure tourists to enjoy a variety of adventures ranging from natural beauty, culture, food, language, flora and fauna. Even so, does not mean Bali to be flawless. The number of traffic accidents in Bali increased during 2015-2019. Data in 2019 shows the number of traffic accident incidents increased by 70% compared to 2015. Victims of traffic accidents with minor injuries in 2019 increased by 83% compared to 2015. The death toll due to traffic accidents in 2019 increased by 6% compared to 2015. The increased number of traffic accidents can damage the destination image of Bali. According to previous research, the destination image can be influenced by tourists who share their travel experiences with others directly or through social media. This research is expected to be able to provide answers to the question "How are tourists the experience about safety during their tour in Bali and shared through social media?". This study aims to determine of safety aspect influencing on Bali's destinations image and analyze the factors influencing of safety improvement. In this study, the text mining technique was used to Twitter user reviews about safety aspects in Bali. This study revealed the safety aspect which gave the highest negative rating on the image of tourism in Bali was the safety aspect of driving on the highway, especially using motorbikes. Factors improving traffic facilities and enforcing rules for drivers can influence safety improvements in Bali."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Welly Frank Wijaya
"Dalam menghadapi era informasi, wisatawan semakin sering menggunakan informasi electronic word-of-mouth (EWOM) dalam merencanakan perjalanan wisata. Berdasarkan penelitian terdahulu, EWOM dapat memberikan pengaruh terhadap citra tujuan wisata, sikap wisatawan terhadap tujuan wisata, dan niat wisatawan untuk berkunjung. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan hubungan antara informasi EWOM, citra tempat wisata, sikap wisatawan, dan niat wisatawan untuk berkunjung, maka dilakukan penelitian dengan mengambil wisatawan dari Indonesia sebagai objek penelitian dengan studi kasus daerah wisata lokal yang diwakili oleh Bali dan daerah wisata internasional yang diwakili oleh Phuket. Penelitian mengadopsi model penelitian Jalilvand et al., (2012).
Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa EWOM merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap citra tujuan wisata dan niat wisatawan untuk berkunjung pada daerah Bali, sedangkan citra tujuan wisata berpengaruh terhadap sikap wisatawan dan niat wisatawan untuk berkunjung pada daerah Phuket.

Face of the information age, most of travelers of often use electronic word-ofmouth information in planning travelling trip. Previous research show that EWOM has an influence on the destination image, tourist attitude, and visit intention. To know the effect and relationship between EWOM, destination image, tourist attitude, and visit intention, this research taking Indonesian's tourist as an research object. Case study in this research are Bali as representation from local destination and Phuket to represent international destination. This research adopted a model from Jalilvand et al., (2012). Data were processed using the Structural Equation Modelling method.
The result found that EWOM has an impact to the destination image and in case of Bali, tourist's visit intention can influence by EWOM factor. Next result prove that destination image has direct impact to tourist's attitude and in case of Phuket, tourist's visit intention can influence by destination image factor.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55749
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evinsa Injany
"Tourist-generated content (TGC) merupakan jenis user-generated content spesifik dalam konteks kepariwisataan, yang menyediakan informasi perjalanan dalam tipe media sebagai mode utama penyebaran informasi perjalanan. Sebagai salah satu bentuk TGC, online review kini dapat menjadi sumber data terbarukan dan perspektif untuk memahami citra destinasi pada suatu tujuan berwisata. Citra destinasi merupakan elemen kunci dalam menarik wisatawan dengan menyediakan persepsi individu tentang citra terhadap suatu destinasi, yangmana berkaitan erat dengan perilaku kunjungan dan pemilihan destinasi. Labuan Bajo merupakan Destinasi Super Prioritas dengan potensi keunikan dan daya tarik wisata yang besar. Meski demikian pariwisata di Labuan Bajo masih terbilang baru, sehingga perlu diteliti lebih lanjut untuk pengelolaan dan pengembangannya. Sehingga penelitian ini berupaya mengetahui bagaimana citra kognitif dan citra afektif yang terdapat dalam online review oleh turis terhadap wisata Labuan Bajo. Selanjutnya data berupa ulasan daring yang diunggah pada media sosial TripAdvisor diambil untuk diteliti lebih lanjut. Dimana riset ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan directed content analysis. Kategorisasi pada analisis isi kualitatif mengacu kepada aspek yang terdapat pada citra destinasi yakni aspek kognitif dan afektif. Sehingga citra kognitif yang terdapat dalam online review oleh turis terhadap wisata Labuan Bajo dideskripsikan dengan atribut atraksi alam, aktivitas, masyarakat, kuliner, harga, kualitas, infrastruktur, transportasi, lingkungan, dan keamanan. Kemudian citra afektif digambarkan melalui atribut positif, netral, dan negatif. Tidak hanya itu, penelitian ini juga menggunakan model Johari Window dalam memetakan temuan ulasan daring terhadap wisata Labuan Bajo. Lantas berdasarkan pemetaan area pada Jendela Johari, terlihat adanya kesenjangan informasi antara pihak internal (pengelola yakni Destination Management Organisation/DMO) dan pihak eksternal (konsumen berupa turis). Kesenjangan informasi tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya saluran komunikasi yang lebih baik antara DMO dengan konsumen. Serta selaku pengelola destinasi, DMO perlu menyusun strategi komunikasi terintegrasi dan memanfaatkan media sosial untuk menjangkau konsumen dan menyampaikan informasi terkait produk dan jasa yang dikelolanya.

Tourist-generated content (TGC) is a type of user-generated content in the context of tourism that provides travel information in the form of media as the main mode of dissemination of travel information. As one of the forms of TGC, online reviews can now be a source of updated data and perspective to understand the image of a destination as a travel destination. Destination imagery is a key element in attracting tourists by providing an individual perception of an image of a destination that is closely related to the behavior of visiting and choosing a destination. Labuan Bajo is a Super Priority Destination with unique potential and great tourist attractions. Nevertheless, Labuan Bajo tourism is still in its early stages, further research is necessary to manage and broaden it. Therefore, the purpose of this study is to investigate how cognitive and emotive images are found in online reviews by travellers concerning Labuan Bajo tourism. Furthermore, the data of online reviews uploaded on social media sites such as TripAdvisor is taken for further analysis using the method of qualitative content analysis with the approach of directed content analysis. Categorization in qualitative content analysis refers to the aspects that are present in the destination image, namely the cognitive and affective aspects. Thus the cognitive image contained in the online review by tourists is described by attributes of nature attractions, activities, society, culinary, price, quality, infrastructure, transportation, environment, and security. Then the affective image is depicted through positive, neutral, and negative attributes. Not only that, but the study also used the Johari Window model in mapping findings of the negative online review. In addition, the study mapped the online review findings using the Johari Window model. The area mapping on the Johari Window indicates that there is an information gap between the internal party (Destination Management Organisation, or DMO), and the external party (consumer which is the tourist). The gaps in the information suggest that DMO and consumers need to communicate with each other more effectively. As a destination manager, DMO must create a comprehensive communication plan and utilize social media to engage consumers and disseminate information about the goods and services it oversees."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puteri Prameswari
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi komunikasi dan web pada industri pariwisata kian mempengaruhi cara orang dalam mengakses informasi. Salah satu bentuk perkembangannya diwakili dengan ulasan online oleh pengguna hotel pada travel website yang keberadaannya tengah menjamur dewasa ini. Opini pengguna dapat dimanfaatkan oleh pengelola hotel dalam meningkatkan kualitas industri perhotelan, bersamaan dengan rencana pemerintah untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan opinion mining guna mengetahui aspek yang berkaitan dengan layanan dan fasilitas beserta sentimennya untuk menggambarkan pendapat pengguna terhadap kualitas hotel. Sebuah program yang bekerja atas prinsip Recursive Neural Tensor Network (RNTN) digunakan dalam penelitian ini. Ulasan pengguna hotel di Labuan Bajo, Lombok, dan Bali digunakan untuk mewakili daerah wisata yang mirip dan berdekatan, serta tingkat perkembangan pariwisata yang berbeda-beda. Luaran analisis sentimen menunjukkan bahwa aspek yang berkaitan dengan aktivitas dan hiburan, fasilitas ruangan, dan jasa transportasi di ketiga daerah masih didominasi dengan sentimen negatif. Hasil penelitian dapat digunakan untuk evaluasi dalam meningkatkan kualitas industri perhotelan sebagai penunjang pariwisata di Indonesia

ABSTRACT
The rapid development of communication technology and website on the tourism domain increasingly influence the way people access information. One of the development impact is represented by hotel users? review on travel websites whose existence is flourishing today. Users? opinion can be used by hotel managers for improving the quality of the hospitality industry, in line with the government plans to bring more tourists to Indonesia. Opinion mining approach is used in this research to determine the aspects related to service and facility of the hotel, along with the sentiment to describe users? opinion towards the quality of the hotel. A program that works on the principle of Recursive Neural Tensor Network (RNTN) used in this study. Hotel users? review in Labuan Bajo, Lombok, and Bali used to represent the tourist areas that are similar and close to each other, with different levels of tourism development. The output of this research shows that the hotel aspects related to activities and entertainment, room amenities, and transportation services in the three regions are still dominated by negative sentiment. Therefore, the results of this research can be used for evaluation to improve the quality of the hospitality industry as an important support in Indonesia tourism"
2016
S63047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairani
"Penelitian ini bertujuan mengetahui variabel yang mempengaruhi pembentukan citra daerah tujuan wisata dengan mengambil studi kasus wisatawan domestik yang berwisata ke Yogyakarta pada periode 2007-2009. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode (cross-sectional design). Peneliti menggunakan sampel 105 orang wisatawan domestik yang berwisata ke Yogyakarta pada tahun 2007-2009 dengan metode non probability sampling dan teknik snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji reliabilitas, validitas (analisis faktor), distribusi frekuensi, dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra keseluruhan daerah tujuan wisata dibentuk atau dipengaruhi secara signifikan oleh evaluasi kognitif dan evaluasi afektif. Evaluasi kognitif daerah tujuan wisata dipengaruhi secara signifikan oleh tipe sumber informasi dari buku dan film, sedangkan jumlah sumber informasi yang digunakan, usia, serta tingkat pendidikan wisatawan tidak terbukti sebagai variabel yang mempengaruhi secara signifikan. Evaluasi afektif daerah tujuan wisata dipengaruhi secara signifikan oleh motivasi sosial-psikologis, sedangkan usia dan tingkat pendidikan wisatawan tidak terbukti sebagai variabel yang mempengaruhi secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa Yogyakarta telah memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai daerah tujuan wisata, responden juga memiliki perasaan yang baik terhadap Yogyakarta dan memandang Yogyakarta dengan citra yang positif. Saran dari penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Yogyakarta dapat menggunakan buku dan film sebagai alat promosi dan penyebaran informasi tentang Pariwisata Yogyakarta, mempertahankan kriteria daerah tujuan wisata serta citra yang positif.

The purpose of this study is to recognize variables that influence image formation of tourist?s destination taking a case study of domestic tourist visiting Yogyakarta for period of 2007-2009. This study uses exploratory and descriptive research design which done one time in one period. The research uses 105 domestic tourists who have visited Yogyakarta for period of 2007-2009 using non probability sampling method and snowball sampling technique. Data analysis methods are reliability test, validity test (factor analysis), frequency distribution, and regression analysis.
The results show that the image formation of tourist destination is formed or significantly influenced by cognitive evaluation and affective evaluation. Cognitive evaluation of tourist destination is significantly influenced by type of information (books and movies), while amount of information sources used, age, and education level of domestic tourists are not proven as variable with significant influences. Affective evaluation of tourist destination is significantly influenced by socio-psychological motivations, while age and education level of domestic tourists are not proven as variable with significant influences. This research also shows that Yogyakarta has fulfilled the criteria of a tourist?s destination site and our respondents have good feeling about Yogyakarta and sees Yogyakarta with positive image. Recommendation that can be given from the results are Yogyakarta Tourism Board can use books and movies as the most effective promotion and information tools, maintain the positive image and tourist?s destination criteria.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
S6646
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fenti Ayu Setyaningrum
"Indonesia merupakan negara dengan daya tarik wisata yang tinggi melihat banyaknya destinasi wisata yang tersedia dalam negeri. Dalam menjalani persaingan destinasi wisata dapat ditingkatkan dengan adanya destination personality dengan dipadupadankan oleh tourist attitude sehingga berdampak kepada strategi pemasaran dan jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh destination personality terhadap tourist attitude Wisatawan JABODETABEK yang mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling melalui survey secara online dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden yang merupakan wisatawan domestik dari JABODETABEK menggunakan teknik non-probability sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara destination personality dengan tourist attitude pada Wisatawan JABODETABEK yang mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Indonesia has many tourist attractions with many tourist destinations available in the country. To compete for tourist destinations, it can be improved by the presence of a destination personality by being mixed and matched by a tourist attitude which has an impact on marketing strategies and the number of tourist visits. This study aims to analyze the effect of destination personality on JABODETABEK tourists who are visiting the Special Region of Yogyakarta. This study uses quantitative research with purposive sampling technique through a survey online by distributing questionnaires to 200 respondents who are domestic tourists from JABODETABEK using a nonprobability sampling technique. Data processing is done by using a simple regression analysis method. The results of this study indicate that there is a significant influence between destination personality and tourist attitude on JABODETABEK tourists visiting the Special Region of Yogyakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winina Fitri
"ABSTRAK
Perkembangan sektor pariwisata di tanah air, membuat tiap daerah pariwisata berkompetisi untuk mendapatkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah pariwisata harus memahami terlebih dahulu Citra Destinasi serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan dan Word of Mouth. Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Wisatawan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner secara online kepada 250 wisatawan domestik yang mengunjungi Kota Singkawang dalam 6 bulan terakhir (November-April). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Citra Destinasi terhadap Word of Mouth yang dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth, Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan terhadap Word of Mouth.
Perkembangan sektor pariwisata di tanah air, membuat tiap daerah pariwisata berkompetisi untuk mendapatkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah pariwisata harus memahami terlebih dahulu Citra Destinasi serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan dan Word of Mouth. Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Wisatawan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner secara online kepada 250 wisatawan domestik yang mengunjungi Kota Singkawang dalam 6 bulan terakhir (November-April). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Citra Destinasi terhadap Word of Mouth yang dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth, Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan terhadap Word of Mouth.

ABSTRACT
The development of the tourism sector in the country, making each area of tourism compete to get as many tourists as possible. To realize this, the tourism region must first understand the Destination Image and its influence on Tourist Satisfaction and the Word of Mouth. This study examines whether there is an influence between Destination Image on Word of Mouth through Tourist Satisfaction with quantitative approach. Data was collected through a survey method by distributing questionnaires online to 250 domestic tourists who have visited Singkawang City in the past 6 months (November-April). The data analysis technique used in this study is path analysis. The results showed that there was an influence of Destination Image on Word of Mouth mediated by Tourist Satisfaction. In addition, this study also shows that there is a direct influence between Destination Image on Word of Mouth, Destination Image on Tourist Satisfaction and Tourist Satisfaction on Word of Mouth."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Purwani
"Pulau Bali menjadi destinasi utama wisata di Indonesia dan wisata pantai menjadi sektor utama. Fenomena perubahan iklim di Pulau Bali, dapat menggangu keberlanjutan wisata pantai di Pulau Bali. Untuk itu, perlu dilakukan studi guna mengetahui tingkat sensitivitas wisata pantai terhadap perubahan iklim. Metode yang digunakan adalah modifikasi perhitungan Indeks Sensitivitas Pantai Goodhue dan diskoring dengan tren frekuensi gelombang tinggi serta jumlah hari hujan pada 24 segmen pantai yang ada di Kabupaten Tabanan, Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Hasil studi menunjukan bahwa, wisata pantai di Bali semakin aman untuk dilakukan aktivitas di lautan seperti aktivitas berenang, karena frekuensi gelombang tinggi cenderung menurun. Sensitivitas wisata pantai dari yang baik adalah Pantai Selatan, Pantai Timur dan Pantai Barat.

Bali island is major destination in Indonesia and beach tourism becomes the main sector. The phenomenon of climate change in Bali, can interfere sustainability of tourism in Bali. Therefore, there should be a study to determine the sensitivity extent of beach tourism toward climate change. The method is a modification of Coastal Sensitivity Index Goodhue and have scoring with trend of high wave frequency and trend from number of rainy days in the 24 segments of the beach in Tabanan, Badung and Denpasar. The study results showed that tourism in Bali is getting safer to perform activities in the oceans such as swimming, because highfrequency waves tend to decline. Sensitivity of beach tourism in South Beach of Bali lower than East and West Beach. Sensitivity of beach tourism in East Beach of Bali is better than the West Beach.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
S65640
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvira Sheena Arifin
"Tesis ini membahas tentang pengaruh electronic word-of-mouth terhadap minat berkunjung melalui destination image sebagai perantara pada boutique hostel Cara Cara Inn. Penelitian ini difokuskan terhadap akun social media Instagram dari Cara Cara ini dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 260 followers aktif dari akun tersebut sebagai responden.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan menggunakan analisis jalur untuk menguji pengaruh variabel perantara dan membandingkan besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara electronic word-of-mouth terhadap minat berkunjung melalui destination image sebagai variabel perantara, dan dengan adanya variabel perantara tersebut pengaruh antara electronic word-of-mouth terhadap minat berkunjung terbukti menjadi lebih kuat.

This thesis discusses about the effect of electronic word of mouth towards visit intention through destination image as a mediator on boutique hostel Cara Cara Inn. This research focuses on social media Instagram account of Cara Cara Inn and uses quantitative approach with conducting an online questionnaire to 260 active followers of that account as the respondent of this research.
Analysis technique used for the data is multivariate analysis, with path analysis to test the effect of mediating variable and compare how big is the direct and indirect effect of the variables in this research.
The result showed that electronic word of mouth has a significant effect towards visit intention through destination image as a mediating variable, and with that variable as a mediator, the effect of electronic word of mouth towards visit intention is proved to be stronger.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51209
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carina Putri Paramitha
"Industri pariwisata adalah salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi banyak terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu jenis pariwisata yang berkembang dengan pesat adalah ecotourism. Destinasi Desa Ecotourism
Penglipuran Bali menjadi destinasi ecotourism unggulan di Bali yang mana hal ini dibuktikan melalui peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya dan menjadi hasil pencarian teratas di TripAdvisor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh e-WOM terhadap visit intention pada Desa Ecotourism Penglipuran Bali dengan destination image sebagai variabel penghubungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 wisatawan domestik menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi dan Sobel Test untuk melihat pengaryg antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-WOM memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap visit intention melalui destination image. Namun, pengaruh e- WOM terhadap visit intention melalui destination image memiliki nilai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh e-WOM terhadap visit intention secara langsun

Tourism has become the industrial sector that contributes a lot to the Indonesian
economy. Ecotourism is one of tourism sector that has grown rapidly. Penglipuran
Bali Ecotourism Village is a leading ecotourism destination in Bali which is proven
by increasing tourist visit every year and become the top search result for
“Ecotourism village in Bali” on TripAdvisor. This study was conducted to analyze
the effect of e-WOM on visit intention in Penglipuran Bali Ecotourism Village with
destination image as the mediator. This research used a quantitative approach by
distributing questionnaires to 100 domestic tourists using non-probability sampling
techniques. The data analysis technique used is the regression analysis and Sobel
Test to see the influence between variables both directly and indirectly. The results
showed that e-WOM had direct and indirect effects on visit intention through
destination image. However, the effect of e-WOM on visit intention through
destination image has a greater influence value than the value of e-WOM influence
on visit intention directly.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>