Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84373 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Azmi Sumarsono
"Untuk menjamin kualitas pangan hasil produksi perikanan laut, perlu dipertimbangkan proses pendinginan ikan yang dilakukan di kapal ikan. Teknologi yang dapat dipercaya dalam pendinginan ikan salah satunya dengan sistem pendingin ice slurry. Pada penelitian ini dilakukan observasi tentang pengaruh dari kecepatan aliran ice slurry (dari evaporator ke palka), dan konsentrasi awal larutan 9 ppt, 18 ppt, 27 ppt terhadap pressure drop ice slurry berbahan dasar air laut dan perancangan sistem distribusi ice slurry di atas kapal ikan 25 GT. Jenis pipa yang digunakan pada kapal ikan 25 GT yaitu pipa PVC (SCH 40) 1 inci. Daya pompa yang dibutuhkan untuk memompa air laut ke dalam tangki penyimpanan air laut di kapal ikan 25 GT adalah 15,40 W dan kapasitas pompa 25,71 L/min. Selain itu, daya pompa untuk memompa air laut-ice slurry ke palkah adalah 71,72 W, nilai ini didapatkan dari ekstrapolasi linear data eksperimental, dan kapasitas pompa 31,11 L/min.

To guarantee the quality of food produced by the sea, it is necessary to consider the fish cooling on the fishing boat. The technology that can be trusted on boat fish cooling is the ice slurry. In this study, observations were made on the effects of flow velocity, and initial concentration (9 ppt, 18 ppt, 27 ppt) of the solution on the pressure drop of sea water-based ice slurry and the design of an ice slurry distribution system on a 25 GT fishing boat. The type of pipe used on 25 GT fishing vessels is PVC pipe (SCH 40) 1 in. The pump power needed to pump sea water into the sea water storage tank on a 25 GT fishing vessel is 15.40 W and the capacity pump 25.71 L/min. In addition, the pump power for pumping sea water-ice slurry to the hold is 71.72 W, this value is obtained from linear extrapolation of experimental data, and the pump capacity is 31.11 L/min."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yafi Rahmad Oktafian
"Ice slurry merupakan media pendingin ikan dengan kualitas pendinginan yang merata, partikel es yang tidak merusak ikan,dan suhu pendinginan dibawah 0 derajat. Hal ini membuat nelayan dapat menjaga kualitas ikan agar tetap segar dan tidak mengalami pembusukan selama berada di atas kapal. Penelitian kali ini akan bertujuan untuk mengimplementasikan ice slurry generator untuk kapal ikan 25 GT. Penelitian ini mencakup penggambaran layout untuk peletakan Ice slurry generator dan analisa investasinya dengan mencari nilai break even point, net present value, dan internal rate of return. Pemasangan ice slurry generator bertujuan untuk memenuhi kebutuhan es pada kapal ikan 25 GT sebanyak 465 kg/hari. Kapal pada penelitian ini memiliki panjang 16.5 m, lebar 4.47 m dan tinggi 1.69 m dengan displacement 50104 Ton. Kapal ini terdiri dari 2 palkah ikan yang nantinya akan diisi ikan yang didinginkan oleh ice slurry. Hasil dari penelitian ini adalah gambar layout peletakan ice slurry generator di kapal ikan dan hasil analisa investasinya. Dari hasil analisa investasi didapat bahwa pemilik kapal ikan 25 GT dengan ice slurry generator dapat mencapai titik break even point pada trip ke 88 atau selama 2 tahun 6 bulan dari awal investasi dilakukan. Nilai net present value dengan bunga 12 % yang didapatkan sebesar Rp.1.946.895.697 yang berarti investasi layak dilakukan (NPV>0). Nilai IRR yang didapat dari penelitian ini sebesar 35.58 % yang artinya investasi layak dilakukan karena lebih besar dari pada bunga pinjaman (12%).

Ice slurry is a fish cooling media with an even cooling quality, ice particles that do not damage fish, and cooling temperatures below 0 degrees. This makes the fishermen can maintain the quality of the fish so that it remains fresh and does not experience decay while on the boat. This research will aim to implement an ice slurry generator for 25 GT fishing vessels. This study includes a description of the layout for the laying of the Ice slurry generator and investment analysis by finding the break even point value, net present value, and internal rate of return. The installation of the ice slurry generator aims to meet the needs of ice on a 25 GT fishing vessel totaling 465 kg / day. The ship in this study has a length of 16.5 m, width 4.47 m and height 1.69 m with displacement of 50104 tons. This ship consists of 2 fish hatches which will later be filled with fish which are cooled by ice slurry. The results of this study are the layout picture of laying ice slurry generator on a fishing vessel and the results of investment analysis. From the investment analysis it is found that the owner of a 25 GT fishing vessel with an ice slurry generator can reach the break even point on trip 88 or for 2 years and 6 months from the initial investment. The net present value with an interest of 12% is Rp. 1.946.895.697 which means that the investment is feasible (NPV> 0). The IRR value obtained from this study is 35.58% which means the investment is feasible because it is greater than the loan interest (1).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Saputro Ramadhan
"Melimpahnya sumber daya laut Indonesia membuat negara ini kaya akan potensi untuk memperdagangkan sumber daya laut tersebut ke pasar nasional maupun internasional. Pada tahun 2020 sumber daya perikanan tangkap memiliki angka sebesar 29114,13 ton. Untuk menjaga kualitas mutu ikan agar tatap baik maka diperlukan media pendinginan yang baik pula. Ice slurry merupakan media pendingin ikan dengan kualitas pendinginan yang merata. Hal ini membuat nelayan dapat menjaga kualitas ikan agar tetap segar dan tidak mengalami pembusukan selama berada di atas kapal. Pada penelitian ini akan bertujuan untuk mengimplementasikan ice slurry generator yang memiliki sistem water treatment air laut yang berfungsi sebagai pereduksi kandungan berbahaya yang terdapat pada air laut untuk kapal ikan 25 GT. Membawa mesin ice slurry generator di kapal yang sedang berlayar tentunya harus didukung oleh alat dan bahan yang memadai pada saat sedang berlayar, penelitian ini menggunakan alat penukar kalor sebagai kondensor dan evaporator, dimana pada kondensor terjadi petukaran kalor antara refrigerant 404a dengan air laut. Penelitian ini mencakup gambaran desain ice slurry generator serta water treatment system dengan menggunakan alat penukar kalor berjenis shell and tube. Pemasangan ice slurry generator bertujuan untuk memenuhi kebutuhan es pada kapal ikan 25 GT sebanyak 465 kg/hari. Penelitian menggunakan air laut Teluk Jakarta dimana Air Laut tersebut tercemar oleh logam berat Merkuri (Hg) sehingga dirancang 3 tingkat absorpsi Merkuri (Hg) dengan menggunakan koagulan Ferro Sulfat (FeSO4), filterisasi secara fisika oleh MMF, dan absorpsi Merkuri oleg Granular Activated Carbon. Hasil rancangan alat penukar kalor memiliki batas agar tidak over design dan minimnya pressure drop. Hasil rancangan alat penukar kalor dari kondensor ini memiliki effisiensi 75% hingga 99%.

The abundance of Indonesia's marine resources makes this country rich in potential to trade these marine resources to national and international markets. In 2020 capture fisheries resources had a figure of 29114,13 tons. To maintain fish quality so that it looks good, an excellent cooling medium is also needed. Ice slurry is a fish cooling medium with a uniform cooling rate. This allows anglers to maintain the quality of the fish so that it remains fresh and does not decay while on the boat. This study aims to implement an ice slurry generator with a seawater water treatment system that functions as a reducer of harmful substances contained in seawater for 25 GT fishing vessels. Carrying an ice slurry generator machine on a sailing ship must, of course, be supported by adequate tools and materials while sailing. This research uses a heat exchanger as a condenser and an evaporator, wherein the condenser heat exchange occurs between refrigerant 404a and seawater. This research includes an overview of the design of an ice slurry generator and a water treatment system using a shell and tube-type heat exchanger. The installation of the ice slurry generator aims to meet the ice demand on 25 GT fishing vessels as much as 465 kg/day. The study used seawater in Jakarta Bay, where the seawater was polluted by heavy metal Mercury (Hg) so that three levels of absorption of Mercury (Hg) were designed using a coagulant Ferro Sulfate (FeSO4), physical filtration by MMF, and absorption of Mercury by Granular Activated Carbon. The results of the design of the heat exchanger have a limit so as not to over-design and minimal pressure drop. The results of creating the heat exchanger from this condenser have an efficiency of 75% to 92%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Fabian Rasyid
"Ice slurry merupakan media pendingin produk perikanan yang efektif dan efisien dibandingkan dengan media es balok yang luas digunakan oleh nelayan-nelayan di Indonesia. Penggunaan ice slurry sebagai media pendingin ikan menghasilkan performa pendinginan yang optimum karena memiliki partikel kecil yang mampu menjangkau area yang lebih luas dengan tidak merusak produk perikanan yang didinginkan. Penggunaan ice slurry generator di atas kapal menjadi salah satu solusi dalam menggantikan media es balok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah stabilitas kapal yang disimulasikan pada nelayan (eksisting) dan perencanaan aman dan mengetahui desain peletakan ice slurry generator yang optimum terhadap performa stabilitas. Penelitian ini mencakup analisis solusi terhadap permasalahan yang dialami nelayan, perhitungan kapasitas ice slurry, penggambaran sistem alir ice slurry generator, perhitungan berat ice slurry generator, perhitungan pembebanan kapal dan analisa stabilitas kapal. Pengimplementasian ice slurry generator pada kapal ikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ice slurry selama 4 hari beroperasi sebanyak 1,29 ton dengan jumlah tangkapan yang diharapkan adalah 3 ton. Kapal ikan 25 GT didesain dengan 2 palkah muat yang nantinya diisi oleh hasil tangkapan dan ice slurry sebagai media pendingin. Hasil dari penelitian ini adalah analisis stabilitas pada berbagai macam kondisi yang disimulasikan. Dari hasil analisis stabilitas yang sudah dilakukan didapatkan bahwa stabilitas kapal operasional pada nelayan (eksisting) dan perencanaan aman secara aturan IMO. Sementara pada analisa stabilitas desain peletakan ice slurry generator didapatkan bahwa desain peletakan ice slurry generator yang diletakan di bawah memberikan performa stabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan desain peletakan ice slurry generator di atas geladak utama dan ice slurry generator di bawah geladak utama dengan condensing unit diletakan di atas

Ice slurry is an effective and efficient cooling media for fishery products compared to ice cube media which is widely used by fishermen in Indonesia. The use of ice slurry as a fish cooling medium results in optimum cooling performance because it has small particles that are able to reach a wider area without damaging the cooled fishery product. The use of an ice slurry generator on board is one of the solutions in replacing block ice media. This study aims to determine whether the stability of the simulated boat for fishermen (existing) and planning is safe and to determine the design of the optimum ice slurry generator placement for stability performance. This research includes analysis of solutions to problems experienced by fishermen, calculation of ice slurry capacity, depiction of the flow system of the ice slurry generator, calculation of the weight of the ice slurry generator, calculation of ship loading and analysis of ship stability. The implementation of ice slurry generators on fishing boats aims to meet the demand for ice slurry for 4 days of operation of 1.29 tons with the expected catch of 3 tons. The 25 GT fishing boat is designed with 2 cargo holds which will be filled with the catch and ice slurry as a cooling medium. The result of this research is stability analysis in various simulated conditions. From the results of the stability analysis that has been carried out, it is found that the stability of operational vessels for fishermen (existing) and planning is safe according to IMO regulations. Meanwhile, in the stability analysis of the design for placing the ice slurry generator, it was found that the design for placing the ice slurry generator placed below provided better stability performance compared to the design for placing the ice slurry generator above the main deck and the ice slurry below main deck with the condensing unit placed above the main deck."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathir Fauzi
"ABSTRAK
Kapal ikan merupakan alat apung yang dipergunakan untuk melakukan penangkapan ikan, pengangkutan ikan, pengolahan ikan, pelatihan perikanan, dan penelitian/eksplorasi perikanan. Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Saat ini sistem propulsi yang mayoritas digunakan pada kapal ikan yaitu, sistem propulsi konvensional BBM . Penelitian ini dilakukan untuk merancang kapal ikan dengan sistem propulsi hybrid dan menganalisis perbandingan penggunaan antara sistem propulsi bahan bakar dengan sistem propulsi hybrid. Setelah dari perancangan awal dan analisis di dapatkan bahwa sistem propulsi elektrik secara efisiensi dan ramah lingkungan lebih baik dari sistem propulsi bahan bakar. Namun dari segi berat maka sistem propulsi bahan bakar lebih baik disbanding sistem propulsi elektrik.

ABSTRACT
Fishing vessel is a floating tool used for fishing, fish transportation, fish processing, fisheries training, and fisheries research exploration. The propulsion system is one of the main components in the design of a ship. Currently the propulsion system that is mostly used in fishing vessels is conventional propulsion system BBM . This research was conducted to design fish vessels with hybrid propulsion system and analyze the comparison of use between conventional propulsion system with hybrid propulsion system. After the initial design and analysis it was found that the electric propulsion system is better in an efficient and environmentally than the conventional propulsion system. But in terms of weight, the conventional propulsion system is better than the electric propulsion system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvin Raditya Putra
"Ice slurry merupakan media yang tepat dalam proses pendingan untuk menjaga kualitas hasil tangkapan ikan, karena  ice slurry dapat mendinginkan produk lebih capat dan menahan pertumbuhan bakteri tanpa merusak produk tersebut. Selama proses pengaliran ice slurry, viskositas yang rendah diperlukan agar pengaplikasian ice slurry lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa visualisasi aliran ice slurry dengan observasi rheologi pada pipa spiral yang ditambahkan dengan glycol terhadap karakterisitik aliran fluida. Konsentrasi awal food grade propylene glycol adalah 15% pada ice slurry. Kemudian fluida tersebut mengalir pada pipa spiral dengan P/D sebesar 4,3 mm, 6,7 mm dan 7,0 mm serta dibandingkan dengan pipa bulat horizontal dengan diameter 1 inch dan 1,5 inch, masing-masing pipa memiliki panjang 1,2 m. Hasilnya friction coefficient dalam pipa spiral lebih rendah daripada pipa bulat secara horizontal, sehingga viskositas yang lebih rendah terjadi di dalam pipa spiral. Sebagai tambahan, visualisasi menunjukkan bahwa aliran ice slurry akan homogen pada Froud number tinggi.

Ice slurry is the right medium to maintain the quality of fish catches for cooling process, because ice slurry can cool the product faster and the growth of bacteria becomes slower without damaging the product. During the flow process of ice slurry, the lower viscosity is needed so that the application of ice slurry more efficient and easier to flow. This research aims to analyze the visualization of ice slurry flow with observing rheology in a spiral pipe which is added by glycol toward the characteristics of the fluid flow. The initial concentration of food grade propylene glycol was 15% on ice slurry. Then its fluid flowed on spiral pipe with 4,3 mm, 6.7 mm, and 7,0 mm of pitch per-diameter and compared to horizontal circular pipe with 1 inch and 1,5 inches of diameter, each pipe has 1.2 m of length. The result is friction coefficient in spiral pipes lower than horizontal circular pipes, so that the lower viscosity occurs on spiral pipe. In addition, visualization shows that the flow of ice slurry will be homogenous on higher Froud Number."
Depok: Universitas Indonesia,
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Muslih
"Upaya memanfaatkan sumber daya perikanan nusantara secara optimal masih menghadapi berbagai kendala. Salah satunya adalah penyediaan armada kapal penangkapan ikan yang dirancang tidak disertai dengan fasilitas yang mencukupi. Keterbatasan sarana dan prasarana penangkapan, khususnya fasilitas untuk membawa ikan dalam keadaan hidup. Melihat persoalan di atas maka dipilihlah satu alternatif kapal berjenis trimaran yang memiliki tiga buah lambung digunakan sebagai kapal penangkap ikan sekaligus sebagai alat transportasi ikan hidup. Kapal ikan jenis trimaran ini terdiri dari tiga lambung dimana lambung utamanya yang di tengah memiliki kolam ikan untuk tempat ikan hasil tangkapan para nelayan dalam keadaan hidup, karena pada dekade akhir-akhir ini ikan hasil tangkapan lebih cenderung dipasarkan dalam kondisi hidup hal tersebut dikarenakan ikan dalam keadaan hidup mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Hal yang penting dilakukan adalah merencanakan sistem sirkulasi air dan udara pada kolam ikan kapal ikan trimaran khususnya untuk ikan kerapu agar ikan tetap hidup. Sistem sirkulasi air dan udara dengan menggunakan dua buah pompa masing - masing untuk sirkulasi air bersih dan air kotor serta pendingin untuk mengatur sekaligus menjaga suhu ikan. Sehingga pada akhirnya ikan kerapu bisa tetap hidup.

Effort for exploiting the national fishing resource optimally is still facing many opstacles. These opstacles among others are the properly designed fishing fleet, the limitation of the catching facilities, and life fish transport fasilities. Based the above condition a trimaran fishing vessel has been chosen as an alternative. This vessel has three hulls, the middle hull is used as fish hold and water circulation pump room, and the side hulls are used as engine and propulsion compartements. Reason for the design is due to increasing demand for life fish, because of the high price of the life fish. The thesis is focused on the design of the water and air circulation in the fish hold especially for trout fish using two pumps, one is for sucking the dirty water and the other is for distributing the clean water and maintaining the cool temperature in the fish hold, in order to keep the trout fish alive."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Umar Padang
"Semakin berjalannya waktu, ilmuwan menemukan teknologi baru dalam pendinginan ikan menggunakan ice slurry. Ice slurry dapat membuat proses pendinginan ikan lebih baik karena memiliki bentuk Globural yang berbeda dari jenis es lainnya yang berbentuk dendritik. Secara umum, ketika kecepatan aliran ice slurry tidak cukup tinggi, maka akan terjadi pengendapan pada fluida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengurangan hambatan ketika ice slurry dialirkan menggunakan pipa spiral. Pipa spiral dengan pitch/diameter(p/d) berbeda mengalirkan air tawar dengan konsentrasi 15% glikol dan fraksi es yang bervariasi pada 3%, 6%, 9%, 12% dan 21%. Dilakukan juga pengamatan visual dari kinerja sistem dan reologi partikel ice slurry di pipa spiral yang terbuat dari akrilik transparan. Pengurangan hambatan dengan cara pasif ini mendapatkan hasil yang signifikan dalam aliran ice slurry dalam pipa spiral hingga 32%. Pipa spiral dengan perbedaan p / d juga menghasilkan kecepatan aliran yang berbeda yang juga berpengaruh pada pengurangan hambatan fluida. Dapat dilihat bahwa penggunaan pipa spiral untuk mengalirkan ice slurry dapat mengurangi hambatan yag terjadi pada fluida secara signifikan.

The growing age of scientists discovered new technologies in cooling fish, using ice slurry. Ice slurry can make the process of cooling the fish better because it has a Globural shape that is different from other dendritic ice. In general, when the ice slurry flow is not sufficiently high the particles will not be maintained in suspension. The purpose of this study was to examine the drag reduction when ice slurry was released using a spiral pipe. Spiral pipes with different pitches / diameters flowing freshwater with 15% concentrations of glycol and ice fraction varying at 3%, 6%, 9%, 12% and 21%. Visual observations were also made of the system performance and rheology of ice mud particles in spiral pipes made of transparent acrylic. The drag reduction occurs significantly in the flow of ice slurry in a spiral pipe. Spiral pipes with a difference of p / d also produce different flow speeds. It can be seen that the use of spiral pipes to drain ice slurry can significantly reduce the resistance that occurs to the fluid.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessy Cintya Utami
"Seiring diberlakukannya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 56/PERMEN-KP/2014 dan Nomor 57/PERMEN-KP/2014 tentang moratorium perizinan usaha tangkap di wilayah pengelolaan perikanan dan pelarangan transhipment di laut menyebabkan salah satu kapal angkut ikan milik PT. Ocean Mitramas, KM.Mitramas 6 berhenti beroperasi. Oleh karena itu, dilakukan utilisasi kapal angkut ikan dengan memodifikasi menjadi kapal penumpang barang.
Terkait dengan hal tersebut dilakukan perancangan ulang sistem keselamatan sesuai dengan acuan peraturan Internasional SOLAS (Safety of Life at Sea), FSS Code (Fire Safety System), LSA Code (Life Saving Appliances), ISM Code (International Safety Management) dengan tujuan menjamin keselamatan penumpang, hasilnya berupa fire control dan safety plan.

As the implementation of the Regulation of the Minister of Maritime Affairs and Fisheries of the Republic of Indonesia Number 56/PERMEN-KP/2014 and Number 57/PERMEN-KP/2014 on a moratorium licensing of fishing business in the fishery management area and the banning of transshipment at sea causing one of fish carrier vessel owned by PT. Ocean Mitramas, KM. Mitramas 6 stop operating. Therefore, utilization conducted by modifying the fish carrier vessel into a cargo passenger vessel.
Related to that, conducted redesigning safety system according to the reference regulations International of SOLAS (Safety of Life at Sea), FSS Code (Fire Safety System), LSA Code (Life Saving Appliances), ISM Code (International Safety Management) with the aim of ensuring passenger safety, the result in the form of fire control and safety plan.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62111
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mardiansyah Pratama
"ABSTRAK
Penggunaan es dalam mengawetkan ikan agar tetap segar bukanlah hal baru dalam dunia perikanan. Es bubur adalah media pendingin yang baik untuk mengawetkan ikan. Es slurry dapat menjaga kesegaran dan menjaga ikan agar tidak mudah busuk karena es slurry dapat menghambat bakteri yang ada pada ikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan kinerja dari ice slurry generator yang dirancang sebelumnya dengan yang baru. Dimana pada desain baru ini dilakukan perubahan pada daya condensing unit yang digunakan yaitu 2 PK dengan kondisi variasi salinitas air laut yang digunakan sebesar 10ppt, 20ppt dan 30ppt. Dari pengambilan data didapatkan bahwa laju produksi dan nilai daya alat yang paling optimum diperoleh pada salinitas air laut 10ppt dengan hasil masing-masing 0,239 Ton/12Hours dan 1090,3 Wh. Hasil dari bubur es ini digunakan untuk mendinginkan ikan selama perjalanan di dalam cooler box mobil dari TPI Binuangen menuju pasar ikan Rangkasbitung yang memakan waktu 3 jam perjalanan. Dari pengujian dan penelitian didapatkan hasil Cooling Load sebesar 4,5 kW atau 1,28 TR, dibutuhkan sekitar 145 kg Ice Slurry untuk menjaga suhu ikan selama perjalanan dengan suhu akhir ikan sebesar 0,29°C.
ABSTRACT
The use of ice in preserving fish to keep it fresh is not new in the world of fisheries. Ice porridge is a good cooling medium for preserving fish. Slurry ice can maintain freshness and keep fish from rotting easily because slurry ice can inhibit bacteria in fish. This research was conducted to compare the performance of the previously designed ice slurry generator with the new one. Where in this new design, changes are made to the condensing unit power used, namely 2 PK with conditions of seawater salinity variations used of 10ppt, 20ppt and 30ppt. From the data collection, it was found that the production rate and the most optimum tool power value were obtained at seawater salinity of 10ppt with the results respectively 0.239 Ton/12Hours and 1090.3 Wh. The result of this ice slurry is used to cool the fish during the journey in the car cooler box from TPI Binuangen to the Rangkasbitung fish market which takes 3 hours of travel. From testing and research, it was found that the Cooling Load was 4.5 kW or 1.28 TR, it took about 145 kg of Ice Slurry to maintain the temperature of the fish during the trip with the final temperature of the fish at 0.29°C."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>