Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 54190 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irene Abigail Wisyamukti
"Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif yang diperoleh melalui reaksi transesterifikasi trigliserida dalam minyak nabati dengan alkohol. Reaksi transesterifikasi trigliserida menghasikan metil ester sebagai produk biodiesel utama dan gliserol sebagai produk samping, dimana jumlah gliserol yang dihasilkan mencapai 10% dari jumlah biodiesel yang diproduksi. Pertumbuhan industri biodiesel yang pesat menyebabkan menumpuknya gliserol, yang harus dimaksimalkan pemanfaatannya demi keberlanjutan industri biodiesel. Gliserol dapat dimanfaatkan menjadi salah satu produk turunannya, yaitu senyawa solketal sebagai bioaditif pada bensin yang dapat menggantikan bahan aditif komersial. Konversi gliserol menjadi solketal dilakukan melalui reaksi ketalisasi gliserol dengan aseton menggunakan katalis ion exchanger heterogen, yaitu Amberlyst-36. Pengaruh suhu reaksi dan jumlah berat katalis yang digunakan dalam reaksi ketalisasi dipelajari dan dianalisis untuk memperoleh konversi gliserol yang maksimum. Kondisi terbaik untuk konversi gliserol menjadi solketal adalah pada suhu reaksi 60oC dan jumlah katalis sebesar 5%. Konversi gliserol yang diperoleh sebesar 80.12% dalam waktu reaksi selama 3 jam, dengan yield yang diperoleh sebesar 55.4%. Selain itu, performa solketal sebagai bioaditif pada bensin juga dipelajari dan dianalisis melalui pengujian emisi gas buang. Hasil pengujian emisi gas buang menunjukkan bahwa reaksi pembakaran yang terjadi di ruang bakar semakin sempurna untuk setiap penambahan kadar solketal di dalam bensin, dimana solketal dapat menurunkan emisi CO hingga 1%, sedangkan emisi CO2-nya meningkat hingga 1.3% dari bensin murni. Berdasarkan perhitungan energi juga menunjukkan bahwa energi yang dihasilkan dari reaksi pembakaran meningkat hingga 754.8 kJ seiring dengan penambahan solketal ke dalam bensin.

Biodiesel is an alternative fuel obtained through transesterification reaction of triglycerides from vegetable oils with alcohols. The transesterification reaction of triglycerides produces methyl ester as the main biodiesel product and glycerol as byproduct, where the amount of glycerol produced reaches 10% of biodiesel produced. The rapid growth of biodiesel industries has produce an abundant amount of glycerol, which its utilization must be maximized for the sustainability of biodiesel industry. Glycerol can be utilized through the conversion into one of its derivatives, which is solketal as bioadditive of gasoline. The conversion of glycerol to solketal achieved thorugh glycerol ketalization with acetone using a heterogenous ion exchanger catalyst, which is Amberlyst-36. The effects of reaction temperature and the amount of catalyst used in the ketalization reaction are studied and analyzed in order to obtain the maximum glycerol conversion. The best conditions of glycerol to solketal conversion is obtained at reaction temperature of 60oC and 5% of catalyst used. The conversion obtained by these conditions is 80.12% for 3 hours of reaction, with 55.4% of solketal yield. Furthermore, solketal performance as bioadditive in gasoline also studied and analyzed through its gas emissions testing. The emission results showed that the combustion reaction occured in combustion chamber is more perfect for each solketal blend in gasoline, where the CO emission is decreased about 1% while CO2 emission is increased about 1.3% from pure gasoline. The energy calculation also showed that the amount of energy produced from combustion reaction increased up to 754.8 kJ due to the addition of solketal in gasoline."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dielon Patik
"Triasetin dihasilkan melalui reaksi esterifikasi gliserol dengan asam asetat dan akan diasetilasi dengan asam asetat anhidrat untuk meningkatkan kandungan triasetin. Digunakan katalis Amberlyst-15 demi mempercepat laju reaksi. Pada penelitian ini crude gliserol yang merupakan bahan baku utama akan dimurnikan terlebih dahulu untuk meningkatkan kemurniannya melalui proses adsorpsi dengan karbon aktif dan evaporasi untuk menghilangkan kandungan air. Reaksi esterifikasi berlangsung pada suhu 1200C dengan divariasikannya konsentrasi katalis selama 4 jam. Setelah itu akan dilakukan asetilasi demi meningkatkan selektivitas triasetin terhadap monoasetin dan diasetin. Selain itu dilakukan percobaan dengan menaikan suhu reaksi menjadi 1400C demi memisahkan air yang terbentuk pada produk, sehingga dapat menggeser kesetimbangan kearah produk. Uji kualitatif dilakukan menggunakan FTIR untuk mendeteksi adanya gugus ester pada produk sekaligus memastikan bahwa telah terjadi reaksi esterifikasi. Uji kuantitatif dilakukan menggunakan GC-MS untuk menghitung konversi gliserol dan selektivitas triasetin. Dihasilkan konversi gliserol sebesar 100 dan selektivitas triasetin sebesar 22,8 pada konsentrasi katalis 5 dari massa gliserol saat reaksi mencapai 4 jam. Penambahan asetat anhidrat setelah reaksi esterifikasi dapat meningkatkan selektivitas triasetin dari 22,8 menjadi 83,48 selama 1 jam. Perlakuan penarikan air membuat konversi gliserol menurun dari 100 menjadi 96 dan selektivitas triasetin menurun dari 22,8 menjadi 15 .

Triacetin will be produced by two step reacrion, esterification reaction of glycerol with acetic acid and acetylation. Amberlyst 15 will be used in this study, to accelerate the reaction rate of esterification. In this study, crude glycerol used as a main feed will be purified first to improve its purity through adsorption with active carbon and evaporation to separate the water. The temperature of esterification and acetylation reaction is 1200C with variation of catalyst concentration for 4 hours. After that, there will be acetylation to increase triacetine selectivity toward diacetine and monoacetine. In addition, experiments will be carried out by raising the reaction temperature to 1400C in order to separate the water formed on the product, to shift the equilibrium toward the product. Qualitative tests were performed using FTIR to detect the presence of ester groups in the product while ensuring that an esterification reaction has occurred. Quantitative tests were performed using GC MS to calculate glycerol conversion and triacetin selectivity. Generated 100 glycerol conversion and triacetin selectivity of 22.8 at 5 catalyst concentration of glycerol mass at 4 hours reaction. The addition of anhydrous acetate after esterification reaction can increase triacetin selectivity from 22,8 to 83,48 for 1 hour. Treatment of water withdrawal made the conversion of glycerol decreased from 100 to 96 and triacetine selectivity decreased from 22,8 to 15."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67971
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidya Ayu Pratiwi
"Kebutuhan manusia akan minyak bumi sebagai sumber bahan baku industri petrokimia semakin besar. Sehingga, diperlukan sumber bahan baku alternatif sebagai pengganti minyak bumi, salah satunya adalah gliserol yang keberadaannya sangat melimpah di alam sehingga perlu dimanfaatkan. Gliserol merupakan produk hasil samping pembuatan biodiesel yang terbentuk dari trigliserida melalui proses transesterifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari proses konversi gliserol menjadi hidrokarbon aromatik dengan katalis Al2O3 dan HZSM-5 serta mengusahakan agar yield mencapai nilai setinggi-tingginya. Konversi gliserol dilakukan pada reaktor semi-batch dengan memvariasi suhu reaktor dan rasio massa umpan terhadap katalis. Produk yang dihasilkan dianalisis menggunakan instrument GC-FID.

Humans need of petroleum as feedstock source in petrochemical industry is getting bigger from year to year. Therefore, we need alternative feedstock source replacing the petroleum, such as glycerol of which there are plenty in nature so that it needs to be used. Glycerol is a byproduct of biodiesel production which is formed from triglycerides through transesterification process. The purpose of this research is to study about conversion process from glycerol to aromatic hydrocarbons using catalyst of Al2O3 and HZSM-5 alloys and also to achieve high aromatic yield. Glycerol conversion was done in a half-batch reactor with varying the reactor temperature and feed-to-catalyst mass ratio. The final products were analyzed using GC-FID instrument."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54817
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lauditta Indahdewi
"Sintesis silika berpori dilakukan melalui teknik co-micelle emulsion templating (co-MET) untuk digunakan sebagai pendukung katalis AlCl3. Teknik co-MET menggunakan dua template polimer, yaitu PEG 4000 dan poliakrilamida. Konsentrasi PEG divariasikan pada 2,5%, 5%, dan 10%. Silika makro/mesopori dikarakterisasi dengan BET, FTIR, SEM-EDS, dan XRD sedangkan silika yang telah diimpregnasi oleh AlCl3 dikarakterisasi dengan SEM-EDS dan FTIR untuk membuktikan terjadinya impregnasi AlCl3 pada permukaan silika. Dari karakterisasi menggunakan SEM-EDS, terlihat bahwa silika dengan template PEG 5% memberikan pori-pori yang seragam dan teratur. Silika tersebut digunakan sebagai katalis untuk reaksi esterifikasi antara gliserol dan asam lemak, yaitu asam oktanoat dan dekanoat dengan memvariasikan jenis padatan pendukung, waktu reaksi, dan suhu reaksi.
Hasil produk esterifikasi dianalisis dengan HT-GC dan HPLC untuk mengetahui besar persen konversi, kemudian HTGC-MS untuk mengetahui jenis dan komposisi produk yang dihasilkan. Kondisi optimum diperoleh pada reaksi gliserol dan asam dekanoat menggunakan katalis AlCl3 yang terimpregnasi pada SiO2 makro/mesopori dengan konsentrasi PEG 5% dengan suhu 100°C selama 6 jam yang menghasilkan persen konversi sebesar 97,6%. Produk utama yang dihasilkan adalah tricaprin sebesar 30,19% dari total keseluruhan produk.

Synthesis micro/mesoporous silica through co-micelle emulsion templating (co-MET) technique to be used as a support catalyst AlCl3. co-MET technique was conducted by two polymer templates, which is PEG 4000 and polyacrylamide. Concentrations of PEG are varying 2.5%, 5%, and 10%. The forming catalyst support was characterized by BET, FTIR, SEM-EDS, and XRD while the modified catalysts were characterized by SEM-EDS and FTIR to verify impregnation of AlCl3 on silica surface. From SEM-EDS analysis, it is shown that PEG 5% template gave uniform, ordered and interconnected macrospores. The synthesized catalyst was used for esterification reaction, between glycerol and fatty acid, which is octanoic acid and decanoic acid with varying solid support catalyst, reaction time and temperature.
The resulting products were analyzed by HT-GC and HPLC to determine the percentage of conversion, and analyzed by HTGC-MS to determine structure and composition of the products. The optimum condition is obtained over reaction between glycerol and decanoid acid using catalyst AlCl3/silica with concentration of PEG of 5% with temperature of 100°C and reaction time 6 hours which is gave 97.6% of fatty acid conversion. The main product of the reaction is tricaprin which is gave 30.19% from all total products.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S55979
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Wiyo
"Proses hidrodeoksigenasi minyak nabati memiliki potensi yang sangat besar dalam memproduksi bahan bakar bio. Pada penelitian ini disintesis bahan bakar bio jenis renewable diesel dari senyawa model asam oleat melalui proses hidrodeoksigenasi dalam reaktor tangki berpengaduk menggunakan katalis Pd/zeolit. katalis Pd/zeolit-1 dan Pd/zeolit-2 telah berhasil disintesis menggunakan metode microwave polyol dengan perlakuan yang berbeda. Katalis hasil sintesis dikarakterisasi menggunakan PSA, XRD, SEM-EDAX dan BET.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kedua katalis belum berukuran nano tetapi katalis Pd/zeolit 1 merupakan jenis katalis yang memiliki kristalitas, luas permukaan dan pori yang tinggi. Aktivitas katalis diuji dalam reaksi hidrodeoksigenasi pada tekanan 15 bar dengan suhu 375 dan 400 oC.
Dari hasil pengujian diperoleh spesifikasi renewable diesel seperti densitas, viskositas dan indek setana yang lebih bagus dari biodiesel dan sesuai dengan standard diesel komersial (ASTM D-975). Nilai selektivitas dan yield tertinggi diperoleh pada suhu reaksi 375 oC menggunakan katalis Pd/Zeolit 1 yaitu sebesar 42,70 % dan 34,87 %. Selain itu, pada kondisi ini reaksi dekarboksilasi lebih dominan dengan sisa oksigenat sebesar 39,19%.

Hydrodeoxygenation process of vegetable oil has a big potential to produce biofuel. This experiment focuses to synthesis of renewable diesel from oleic acid as a model compound through hydrodeoxygenation in stirrer tank reactor using Pd/zeolite as catalyst. Pd/zeolit 1 and Pd/zeolit 2 has been successfully prepared by using microwave polyol method with differ in treatment. The synthesized catalysts were characterized by means of PSA, XRD, SEM-EDAX and BET.
The results show that both of catalysts not become nano size yet but Pd/zeolite 1 has high crystalline and large surface and high pore area. The activity of catalyst tested in hidrodeoxygenation at 15 bar with temperature 375 and 400 oC.
The result of the test obtained specification of renewable diesel like density, viscosity and cetane index are better than biodiesel and suitable to commercial diesel standard (ASTM D-975). The highest selectivity and yield obtained at temperature 375 oC using Pd/zeolit 1 catalyst there are 42,70 % and 34,87 %. Beside that, decarboxylation reaction is dominant in this condition with number of oxigenated residue is 39,19 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45817
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Kartini
"Renewable diesel merupakan biofuel generasi kedua setara solar yang memiliki sifat dan struktur kimia yang mirip dengan solar minyak bumi. Penelitian ini menganalisis potensi minyak dedak padi (rice bran oil) sebagai bahan baku dalam produksi renewable diesel melalui reaksi dekarboksilasi menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Renewable diesel disintesis pada tekanan 12 bar, 9 bar dan 6 bar pada suhu operasi 375°C.
Hasil analisis produk renewable diesel yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa renewable diesel yang dihasilkan memiliki spesifikasi seperti densitas, viskositas dan indeks setana yang lebih baik dari biodiesel dan sesuai dengan standar solar komersial (ASTM D-975). Selektivitas dan yield tertinggi diperoleh pada tekanan 12 bar dengan selektivitas 28,12% dan yield 19,99%.

Renewable diesel is a second generation of biofuel with the same characteristic and chemical structure as petroleum diesel. This research analized potentiality of rice bran oil as raw material for renewable diesel production through decarboxylation reaction using NiMo/Zeolit catalyst. Renewable diesel is synthesized at 12 bar, 9 bar and 6 bar pressure at the same temperature, 375°C.
The result of the test obtained specification of renewable diesel such as density, viscosity and cetane index better than biodiesel and suitable to commercial diesel standard (ASTM D-975). The highest selectivity and yield obtained at pressure 12 bar there are 28.12% and 19.99%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58894
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Mulyadi
"Fatty Acid Methyl Ester (FAME) merupakan turunan minyak nabati yang memiliki karakterisasi pelumasan tetapi tidak dapat digunakan langsung karena tidak stabil dan mudah terdegradasi yang disebabkan memiliki banyak karbon ikatan rangkap sehingga mudah teroksidasi dan terpolimerisasi membentuk resin dan deposit yang dapat menyebabkan penyumbatan pada mesin. FAME perlu dimodifikasi untuk meningkatkan kestabilan oksidasi dan menurunkan nilai titik tuangnya agar dapat digunakan sebagai pelumas dasar bio. Pada penelitian ini, sintesis pelumas dasar bio dari FAME dilakukan melalui proses epoksidasi menggunakan hidrogen peroksida dan katalis asam formiat pada temperatur 65oC selama 1 jam serta reaksi pembukaan cincin dengan gliserol dan variasi monoalkohol (etanol, butanol, oktanol dan heksadekanol) menggunakan katalis Amberlyst-15 dengan variasi loading katalis sebesar 2% dan 3% pada temperatur 100oC selama 6 jam. Kedua tahapan tersebut dilakukan untuk meningkatkan karakteristik fisika dan kimia khususnya ketahanan oksidasi pelumas dasar bio. Berdasarkan beberapa produk hasil sintesis diperoleh pelumas dasar bio dengan konidisi optimum yaitu EFAME Gliserol 3% dengan nilai densitas sebesar 0,9080 g/cm3; nilai viskositas pada 40oC 12,150 cSt, dan viskositas pada 100oC 3,870 cSt; indeks viskositas 137, titik tuang (pour point) 9oC; stabilitas oksidasi 20,69 jam, scar diameter hasil uji fourball wear 557 µm, serta kandungan senyawa Hexadecanoid acid methyl ester sebesar 53,22% menggunakan GCMS, sehingga EFAME Gliserol 3% berpotensi dapat dijadikan sebagai minyak lumas dasar.

Fatty Acid Methyl Ester (FAME) is a vegetable oil derivative that has characterization as lubricant but can not be used directly because it is unstable and easily degraded due to having a lot of carbon double bonds so it is easily oxidized and polymerized to form resins and deposits that cause blockages to the engine. FAME needs to be modified to improve oxidation stability and reduce the pour point so that it can be used as bio baselubricant. In this study, the synthesis of biolubricant from FAME was carried out through the stages of the epoxidation process using hydrogen peroxide and formic acid catalyst at 65oC for 1 hour and the ring opening reaction stages with glycerol and monoalcohol variations (ethanol, butanol, octanol and hexadecanol) using the Amberlyst-15 catalysts with catalyst loading variations 2% and 3% at 100oC for 6 hours. Both stages are carried out to improve physical and chemical characteristics, especially the biolubricant oxidation resistance. Based on several synthesized products were obtained bio baselubricant with optimum conditions is EFAME Glycerol 3% with density value of 0,9080 g/cm3; viscosity value at 40oC 12,150 cSt and viscosity at 100oC 3,870 cSt; viscosity index 137; pour point 9oC; oxidation stability at 20,69 hours; scar diameter of the result of fourball weart test 557 µm; and the content of Hexadecanoid acid methyl ester compound was 53,22% using GCMS test, so EFAME Glycerol 3% can potentially be used as base oil."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hans Wijaya
"Aditif bensin seperti TEL atau MTBE digunakan untuk menaikkan angka oktan agar pembakaran menjadi lebih baik. Aditif tersebut mulai dihindari karena memiliki efek yang berbahaya bagi lingkungan dan juga kesehatan manusia. Maka dari itu, pada penelitian ini aditif dibuat menggunakan bahan baku minyak sawit melalui tahap reaksi transesterifikasi. Kemudian dilakukan proses perengkahan menggunakan katalis H-zeolit dan reaksi nitrasi. Sehingga diharapkan terjadi produk sintesa yang memiliki angka oktan yang tinggi karena memiliki cabang nitrat. Pada penelitian ini proses pembuatan produk perengkahan dilakukan menggunakan alat berreaktor PFR yang berisi katalis H-zeolit dengan tujuan agar kontak antar katalis dengan umpan metil ester dapat terjadi dengan merata. Tujuan dari perancangan alat perengkahan secara semi-kontinyu adalah untuk dapat menghasilkan produk perengkahan yang seefisien mungkin sehingga dapat dikembangkan untuk skala masal (skala pabrik). Berdasarkan hasil penelitian, reaksi perengkahan terjadi pada suhu 320 _C yang ditandai dengan penambahan gugus C-H pada spektrum dengan nomor gelombang antara 3000-2840 cm-1 yang dibandingkan terhadap spektum antara 1750-1735 cm-1 yaitu gugus ester C=O. Kemudian pada uji densitas dan viskositas menunjukkan penurunan yang merupakan indikasi terjadinya perengkahan. Pada aditif bensin terjadi proses nitrasi yang ditandai dengan adanya spektrum FTIR antara 1661 sampai 1499 cm-1. Hasil harga O.N. dari pencampuran 5 % aditif terhadap bensin premium menyebabkan kenaikan angka oktan sebesar 4 poin yaitu dari 85 untuk bensin premium menjadi 89 setelah pencampuran aditif dimana hasil ini didapatkan dari percobaan menggunakan mesin uji CFR-F1 dengan metode uji ASTM D 2699 pada LEMIGAS Jakarta. Harga angka oktan aditif adalah 165 bila menggunakan perhitungan persamaan linier. Sedangkan dengan persamaan yang dikembangkan oleh Nasikin. M. adalah sebesar 123.83 O.N.-nya.

Gasoline additive such as TEL or MTBE is used to increase octane number so that the combustion become better. The additive began to be avoided because it have dangerous effects for environment and human being. Therefore, in this research the additive was produced using palm oil as its raw material through transesterification reaction. Then the cracking process used H-zeolit as catalyst and nitration reaction. So that it may has prospect to produce synthesized product which has high octane number because of the nitrate branch. In this research, the process to produce cracking products was using machine with PFR reactor which contain H-zeolit catalyst in order to reach a comprehensive contact between catalyst and methyl ester. The aim of designing semi continued cracking machine is for producing cracking products as efficient as possible so it can be developed for mass production. According to the result of this research, the cracking reaction occurred at 320 _C of temperature which marked by addition of C-H group at spectrum with wave number approximately 3000-2840 cm-1 compared with ester C=O group which spectrum?s wave number approximately 1750-1735 cm-1. Afterwards, a decrease was showed at density and viscosity test, indicating cracking process was happenned. In gasoline additive, occured nitration process which is marked by FTIR spectrum approximately 1661-1499 cm-1. O.N. value from mixing 5% additive to premium gasoline increasing octane number 4 points, from 85 for premium gasoline to 89 after the mixing of additive and premium gasoline. This result obtained from a test using CFR-F1 testing machine with ASTM D 2699 test method at LEMIGAS Jakarta. The additive octane number value was 165 if it is calculated with linear equation, while with the equation developed by Nasikin. M. the octane number is 123.83.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S49838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Norman Kartaatmadja
"Aditif bensin seperti TEL ataupun MTBE dimaksudkan untuk menaikkan angka oktana agar pembakaran mesin menjadi lebih baik. Penggunaan aditif tersebut mulai dihindari karena memiliki efek berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup karena adanya logam berat dan senyawa kimia beracun lainnya. Pada penelitian ini, aditif bensin dibuat dengan bahan baku minyak sawit melalui tahapan reaksi transesterifikasi, reaksi perengkahan dan reaksi epoksidasi. Minyak sawit diubah menjadi metil ester melalui reaksi transesterifikasi. Metil ester akan mengalami proses perengkahan katalitik dengan katalis H-Zeolit yang menggunakan sistem semi-kontinu, dimana produk perengkahan akan diperoleh secara kontinu sedangkan umpan ditambahkan secara berkala. Dengan sistem semi-kontinu ini diperoleh dua jenis produk yaitu Distilat Crack Product dan Bottom Crack Product. Distilat Crack Product akan mengalami reaksi epoksidasi dengan hidrogen peroksida (H2O2) dan katalis asam formiat. Produk sintesa yang akan dijadikan aditif bensin ini diharapkan dapat meningkatkan angka oktana dan juga memberikan sifat pelumasan akibat gugus fungsi yang dimilikinya. Pengujian angka oktana dilakukan terhadap campuran 5% volume aditif bensin dan 95% volume bensin premium (RON 85) menggunakan mesin uji CFR-F1 (Cooperative Fuel Research F1) dengan metode ASTM D 2699 dan diperoleh peningkatan angka oktana dari 85 menjadi 86.4. Perhitungan pencampuran linier dari data pengujian dengan metode ASTM D 2699 untuk menghitung angka oktana aditif bensin menghasilkan angka oktana sebesar 113, dengan asumsi tidak terjadi reaksi kimia pada pencampuran aditif dengan bensin. Berdasarkan hasil karakterisasi menggunakan uji densitas, uji viskositas dan uji FTIR dapat disimpulkan bahwa Distilat Crack Product dan Bottom Crack Product telah mengalami perengkahan menggunakan sistem semi-kontinu, dimana Distilat Crack Product lebih terengkah dibandingkan Bottom Crack Product. Selain itu, hasil karakterisasi juga menunjukkan adanya gugus epoksida pada aditif bensin yang merupakan senyawa oksigenat sehingga dapat berfungsi sebagai aditif bensin peningkat angka oktana. Hadirnya gugus epoksida dan gugus karboksil pada aditif bensin dapat memberikan sifat pelumasan pada permukaan logam.

Gasoline additive likes TEL or MTBE used for increasing _Ctane number, so the combustion process becomes better. Recently, that additive prohibited because containing heavy metal and other dangerous chemical substance that can give a harmful effect for environment and organism. In this research, gasoline additive made from palm oil through transesterification reaction, catalytic cracking reaction, and epoxidation reaction. Palm oil synthesized becomes methyl ester through transesterification reaction. Methyl ester synthesized through catalytic cracking reaction with H-Zeolit catalyst using semi-continue system, become two kinds of products, which are Distillate Crack Product and Bottom Crack Product. Distillate Crack Product synthesized with hydrogen peroxide using formic acid catalyst in epoxidation reaction. Synthesized product that will be a gasoline additive could increase _Ctane number and has lubrication effect, because of its functional groups. _Ctane number testing use CFR-F1 (Cooperative Fuel Research F1) testing machine based on ASTM D 2699 to 5% gasoline additive volume and 95% premium gasoline volume (RON 85) blending and we get the increasing in _Ctane number from 85 to 86.4. Based on the _Ctane number data from ASTM D 2699, we can do linier blending calculation that gives an _Ctane number 113, with assumption that no chemical reaction _Ccur in the blending. Based on characterization results using density, viscosity and FTIR testing, we can conclude that Distillate Crack Product and Bottom Crack Product have cracked using semi-continue system, which Distillate Crack Product is more cracking than Bottom Crack Product. Besides that, there is epoxide group in gasoline additive and it is an oxygenate substance that can be a gasoline additive for increasing the _Ctane number. Epoxide group and carboxyl group in gasoline additive will give a lubrication effect to metal surface."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S49790
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siska Pebriani
"Deposit pada mesin kendaraan berbahan bakar bensin dapat menyebabkan berbagai fenomena diantaranya knocking, meningkatnya fuel consumption, tingginya emisi kendaraan, berkurangnya power dan durability mesin. Deposit dapat diatasi dengan menambahkan aditif pengendali deposit kedalam bahan bakar. Poliisobutilenamina merupakan surfaktan yang memiliki kinerja yang baik sebagai aditif pengendali deposit pada intake valve. Laju adsorpsi deposit karbon dari poliisobutilenamina sangat ditentukan oleh sifat polaritas dan kemampuan untuk bereaksi dengan prekusor deposit karbon tersebut. Laju reaksi dalam pembentukan poliisobutilenamina sangat dipengaruhi oleh pemilihan reaktan, jalur reaksi, jumlah katalis dan pelarut yang digunakan. Penelitian ini melakukan sintesis poliisobutilenamina dengan mereaksikan poliisobutilen, variasi gugus amina dan jumlah katalis serta menggunakan pelarut dengan polaritas indeks diatas 2 secara aminasi pada suhu 105oC selama 4 jam. Hasil karakterisasi produk sintesis dengan menggunakan FTIR, TGA, LC-MSTOF, dan automatic densitymeter menunjukkan bahwa sintesis telah berhasil membentuk produk PIB-amina dengan yield tertinggi pada jumlah katalis 0.023 mol untuk PIB-PEHA dan 0.046 mol untuk PIB-DETA. Uji kelarutan aditif terhadap bahan bakar menunjukkan kelarutan yang sempurna. Pada uji kinerja engine, PIB-PEHA memiliki jumlah deposit yang lebih kecil dibandingkan PIB-DETA, hal ini membuktikan bahwa jumlah amino pada aditif berpengaruh dalam menghasilkan interaksi yang lebih baik antara aditif dengan deposit.

Deposit on gasoline engine can cause various phenomena including knocking, increased fuel consumption, high vehicle emissions, reduced power and engine durability. Deposits can be treated by adding a deposit control additive to the fuel. Polyisobutylenamine is a surfactant which has good performance as a deposit control additive in intake valve. The adsorption rate of carbon deposits from polyisobutyleneamine is determined by the polarity characteristic and the ability to react with these carbon deposit precursors. This study aims to provide new polyisobutyleneamine which is able to prevent the formation of deposits and can absorb carbon deposits in gasoline engine. The reaction rate in the formation of polyisobutylenemine is strongly influenced by the choice of reactants, reaction pathways, the amount of catalyst and solvent used. This research carried out the synthesis of polyisobutylenemine by reacting polyisobutylene, various amine groups and the amount of catalyst and using a solvent with a polarity index above 2 by amination at a temperature of 105oC for 4 hours. The results of the characterization of the synthesis product using FTIR, TGA, LC-MSTOF, and an automatic densitymeter showed that the synthesis had succeeded in forming a PIB-amine product with the highest yield at a catalyst amount of 0.023 mol for PIB-PEHA and 0.046 mol for PIB-DETA. The solubility test of the additive to the fuel showed perfect solubility. In the engine performance test, PIB-PEHA has a smaller number of deposits than PIB-DETA, this proves that the number of aminos in the additive has an effect on producing a better interaction between additives and deposits.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>