Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132824 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Syauqi Suhairi
"ABSTRAK
Prostetik merupakan salah satu inovasi di bidang kesehatan yang berfungsi untuk membantu maupun menggantikan salah satu fungsi organ. Prostetik yang ada di Indonesia saat ini masih didominasi oleh produk-produk luar negeri. Hal ini akan membuat harga prostetik menjadi tidak terjangkau oleh pasien. Seiring perkembangan zaman, metode produksi masal yang menggunakan CNC machining atau casting sudah mulai berubah ke batch yang lebih sedikit dengan menggunakan additive manufacturing seperti 3D printing. Penggunaan teknologi 3D Printing memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan teknologi untuk produksi masal, di antaranya ramah proses kustomisasi, menghemat biaya bahan baku, waktu produksi lebih singkat untuk batch dengan jumlah kecil, dan lebih ramah lingkungan karena menghasilkan sedikit bahan sisa produksi. Penelitian ini dilakukan untuk dapat meningkatkan performa dari prostetik melalui sebuah desain prostetik lokal. Penentuan performa prostetik dilakukan dengan simulasi Finite Element Analysis dengan membandingkan tegangan von mises. Hasil simulasi menggambarkan bahwa desain modifikasi prostetik mampu meningkatkan performanya. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan membahas permodelan biaya produksi prostetik antara tiga metode produksi, yaitu CNC Milling, 3D Printer FDM kelas penghobi, dan 3D Printer FDM kelas industri. Dari permodelan tersebut, terdapat dua parameter yang dibandingkan yaitu perbandingan waktu periode profit dalam nilai investasi yang sama dan perbandingan nilai investasi dengan harga jual prostetik yang sama. Hasil permodelan biaya menggambarkan bahwa teknologi 3D Printing mampu menginterupsi teknologi produksi masal CNC machining.

ABSTRACT
Prosthetics is one of the innovations in health that serves to help or replace one of the organs' functions. Prosthetics in Indonesia is currently still dominated by foreign products. That will make prosthetic prices unaffordable for patients. Over the times, mass production methods that use CNC machining or casting have begun to change to fewer batches using additive manufacturing, such as 3D printing. 3D printing technology has several advantages compared to mass production technology, including friendly customization processes, saving raw material costs, shorter production time for batches in small quantities, and more environmentally friendly because it produces less material remaining production. This research conducted to improve the performance of prosthetics through a local prosthetic design. The determination of prosthetic performance is done by Finite Element Analysis simulation by comparing von mises stress. Simulation results illustrate that prosthetic modification design can improve performance. Besides, this research will also discuss the modeling of prosthetic production costs between three production methods, namely CNC Milling, hobbyist class FDM 3D Printer, and industrial class 3D Printer. From the modeling, two parameters are being compared namely the comparison of the period of profit in the same investment value and the comparison of investment values with the same prosthetic selling price. The cost modeling results illustrate that 3D Printing technology can interrupt CNC machining mass production technology."
2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christopher Salendu Erwin
"Pompa jarum suntik dianggap sebagai salah satu peralatan medis kritis yang memberikan obat dan cairan dengan dosis terkontrol kepada pasien. Namun, di banyak negara berkembang, pompa jarum suntik konvensional seringkali diimpor  dari luar negeri dengan biaya tinggi. Karena itu  fasilitas kesehatan dengan sumber daya terbatas seringkali  kesulitan untuk mendapatkan dan memelihara perangkat ini, alternatif yang kurang tepat kadang  digunakan sehingga  menempatkan risiko signifikan  bagi pasien yang sensitif. Untuk mengatasi masalah ini, prototipe pompa jarum suntik yang terjangkau dikembangkan dengan menggunakan teknologi pencetakan 3D. Perangkat ini dirancang dungeon komponen yang dicetak 3D dan komponen yang tersedia secara lokal, sehingga mengurangi ketergantungan pada komponen impor yang mahal. Akurasi volumetrik alat dievaluasi dengan jarum suntik plastik 10 mL menggunakan pendekatan gravimetri. Perangkat diatur untuk mengeluarkan volume air (0,3 - 5 mL) pada variasi laju aliran (1 - 20 mL / menit) dan menghasilkan kesalahan sistematis di bawah 6%.

Syringe pumps are considered a critical piece of medical equipment that delivers controlled doses of drugs and fluids to patients. However, in many developing countries, conventional syringe pumps are often imported from abroad at a high cost. As health facilities with limited resources often struggle to procure and maintain these devices, less appropriate alternatives are sometimes used, putting sensitive patients at significant risk. To address this issue, a prototype of an affordable syringe pump was developed using 3D printing technology. The device was designed with 3D printed parts and locally available components, thereby reducing dependence on expensive imported parts. The volumetric accuracy of the device was evaluated with a 10 mL plastic syringe using a gravimetric approach. The device was set to dispense varying volumes of water (0.3 - 5 mL) and resulted in a systematic error below 6%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf Raihan
"Tangan adalah salah satu organ tubuh yang paling aktif digunakan pada kegiatan sehari-hari. Sayangnya, terdapat orang-orang yang kehilangan tangan sehingga mengalami kesulitan dalam beraktivitas. Tangan prostetik menjadi salah satu solusi untuk menggantikan kehilangan ini. Tangan prostetik adalah alat bantu medis berupa tangan buatan yang dirancang untuk meniru cara kerja tangan manusia. Namun, akses terhadap tangan prostetik masih sangat terbatas karena harganya yang masih cukup mahal. Di Indonesia, baru terdapat satu perusahaan yang resmi menyediakan tangan prostetik, hal ini semakin mendorong mahalnya harga produk tersebut. Salah satu faktor penyebab mahalnya tangan prostetik adalah bentuk komponen yang rumit sehingga membutuhkan investasi alat molding dan mesin CNC yang cukup mahal. Desain tangan prostetik dengan metode fabrikasi alternatif dengan biaya yang lebih murah dapat menjadi solusi dari keterbatasan tangan prostetik di Indonesia. Salah satu metode fabrikasi alternatif yang memiliki kemampuan memfabrikasi komponen dengan bentuk yang rumit namun dengan harga yang cukup murah adalah metode 3D Printing. Teknologi ini cocok dalam pengembangan tangan prostetik yang berbentuk rumit namun hanya diproduksi dalam skala kecil. Pengembangan desain berbasis perakitan dan penggunaan komponen off-the-shelf juga membantu dalam memudahkan pembuatan tangan prostetik dan juga menurunkan harga produksi. Dengan fabrikasi 3D Printing, pendekatan desain berbasis perakitan, dan penggunaan komponen off-the-shelf maka dihasilkan produk tangan prostetik bertenaga fungsional, murah, dan mudah diproduksi

Hands are one of the most active tools that human use for daily activities. Unfortunately, there are peoples who lost their arm and they had some difficulties at doint everyday task. Prosthetic hand is on of the best solution to help this problem. Prosthetic hand is a medical tool which is designed to replace human hand. But, the access to prosthetic hand care is still very limited due to its expensive cost. In Indonesia, there is only one company that is officially provide prosthetic care. This scarcity of prosthetic hand providers is one of the main drivers of its high cost. Another factor contributing to its expensiveness is the complex component that build the product require a high invest in fabrication tools such as molding and CNC milling. A design of prosthetic hand with alternative affordable fabrication method can be a solution to this limited prosthetic hand problem in Indonesia. One of the alternative fabrication method that are able to make a complicated geometry with a relatively low cost is 3D Printing. This technology is very suited for prosthetic hand development which has complex geometry and are produced in a small scale. Development of design for assembly and the use of off-the-shelf component will further lowering the production cost of prosthetic hand. With 3D Printing, design for assembly method, and the use of off-the-shelf component, a functional, affordable, easy to produce powered prosthetic hand is achievable.
"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Athena Anatolia Firdauzi
"Kegiatan praktikum merupakan salah satu wadah pendekatan ilmiah, untuk mengembangkan pemahaman konsep ilmu sains dan teknologi. Perancangan, manufaktur, dan pengujian alat praktikum pengukuran laju aliran fluida berbasis pelat orifice bertujuan untuk mendapatkan serta menganalisis nilai coefficient of discharge dan ketidakpastiannya dengan membandingkan hasil coefficient of discharge yang didapat dengan literatur yang ada. Adapun, pelat orifice yang ada pada alat pratikum akan memberikan perbedaan tekanan pada pada aliran, yang diperlihatkan melalui perbedaan ketinggian pada manometer multitube. Fluida yang akan diuji adalah air dengan batasan memiliki viskositas nol, tidak dapat dimampatkan dan kecepatan yang seragam.
Berdasarkan pengujian ini, data berupa perbedaan ketinggian akan diolah menggunakan persamaan-persamaan empiris sehingga didapatkan hasil yakni nilai laju aliran teoretis, coefficient of discharge, serta bilangan Reynolds (Re). Visualisasi hasil pengolahan akan dituangkan dalam grafik hubungan antara bilangan Re dengan coefficient of discharge. Nilai coefficient of discharge pada alat praktikum pengukuran debit aliran dengan menggunakan pelat orifice adalah sebesar 0.66.

Practical activities are one of the methods in science teaching to develop an understanding of the concepts of science and technology. The aim of developing a practical tool for calculating fluid flow rates based on orifice plates is to obtain and analyze the value of discharge coefficient and its uncertainty and comparing the value of the results obtained with the existing literature. An orifice plate on the practical instrument will create a differential pressure in the flow, which will be shown on the multitube manometer as a differential height. The fluid utilizied is water, and some of the parameters for this tool are that the stream’s viscosity is zero, not compressed, and it has a uniform velocity.
Based on the results of the test, the data obtained in the form of differential height will be processed further using empirical equations derived from the processing outcomes. The findings will be shown by a graph depicting the relationship between the Reynolds number and the discharge coefficient. The practical tool for measuring flowrate utilizing orifice plate has a discharge coefficient of 0.66.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Gunawan
"Konsep 3D imaging diperlukan agar hasil pencitraan yang didapat lebih detail. Dari sekian metode 3D imaging, anaglyph adalah salah satu metode untuk menciptakan pencitraan 3D dan metode ini telah diaplikasikan untuk sistem surveillance pada rover di Mars. Efek-efek depth perception, binocular depth, dan efek lain-nya dari metode analgyph dimanfaatkan untuk aplikasi sistem prototipe 3D surveillance. Dan proses pembuatan anaglyph dalam aplikasi tersebut dibuat tanpa melewati post processing sehingga bisa dipantau secara real time. Dengan menggunakan prototipe yang dibangun, teknik-teknik pembuatan citra anaglyph serta dari hasil eksperimen yang dilakukan, didapatkan kesimpulan-kesimpulan pembuatan sistem anaglyph secara real time dan tanpa post processing untuk sistem surveillance. Dan juga harapan dari hasil penelitian ini bisa menjadi referensi untuk sistem visualisasi berbasis anaglyph secara real time yang lebih lanjut, misalkan untuk aplikasi robot.

3D imaging concept is needed for getting more detailed result from an image. From various kind of 3D imaging method, anaglyph is one method to produce 3D image and this method itself has applied in the surveillance system on the Mars' rover. Such effect like depth perception, binocular depth, and any other effect from anaglyph's method are used for application of prototype 3D surveillance system. And also it does not need any post processing in creating the anaglyph image itself so that it can be viewed in real time. Finally, some conclusions in creating non post processing and real time anaglyph's system has been reached due to the experimental results by using this prototype and techniques in creating anaglyph image. And also hoped this experimental results could be a future reference for advance application that using anaglyph visualization.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S54226
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Guna Suryo Aji
"Perancangan model 3 Dimensi dari sebuah kampus untuk keperluan visualisasi lokasi dapat dilakukan dengan pemindaian secara 3 dimensi. 3D Gaussian Splatting merupakan teknik pemindaian objek 3 Dimensi menggunakan 3D Gaussian sebagai representasi data volumetric dari proses Structure-from-Motion yang di konversi menjadi splats sebagai representasi objek yang memiliki data warna dan intensitas yang membentuk sebuah citra digital dengan akurasi warna dan posisi, dan detail objek yang tinggi. Untuk melihat render dari 3D Gaussian viewer berbasis web yang dapat menggunakan library ThreeJS. Menggunakan metode 3D Gaussian Splatting sebuah model kampus virtual 3D dapat diciptakan dan dilihat melalui aplikasi web dengan library ThreeJS . Hasil dari pembuatan model 3D Gaussian Splatting tersebut adalah rata-rata waktu training 9,49 menit dan hasil dari pengembangan aplikasi web tersebut menghasilkan rata-rata framerate 111 FPS.

Designing a 3 dimensional model of a campus for location visualization needs can be done using 3 dimensional scanning. 3D Gaussian Splatting is a 3 dimensional scanning technique using 3D Gaussians as a representation of volumetric data from Structure-from-Motion process that is converted into splats as the representation of objects with color and intensity that creates a digital view with high accuration of color, position, and object detail. To see the render of 3D Gaussian Splatting a web based viewer can be used using the ThreeJS library. Using the 3D Gaussian Splatting method a 3D model for virtual campus can be created and viewed using a web application by utilizing ThreeJS library. The result of creating the 3D model using 3D Gaussian Splatting is an average training time of 9,49 minutes and the result of the development of the web based application is an average framerate performance of 111 FPS."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Thareqky
"Banyak hal dapat dilakukan hanya dengan menggunakan tangan kita, itulah sebabnya tangan merupakan bagian integral dari kehidupan manusia Selama bertahun tahun, para dokter dan peneliti telah mencoba membuat pengganti tangan manusia, dari tangan besi yang digunakan pada periode medieval hingga rennaisance, ke tangan prostetik body powered, menjadi tangan prostetik aktif myoelektrik pada zaman sekarang Peneletian tangan prostetik aktif membutuhkan ilmu dari berbagai bidang. Penelitian yang dilakuan biasanya terfokus kesatu bidang dalam tangan prostetik, antara lain material, mekanisme, aktuator, sistem feedback, sistem kendali, serta perangkat input pada tangan prostetik. Tulisan ini ditujukan untuk mengumpulkan perkembangan yang terjadi pada seluruh bidang tangan prostetik. Selain itu disajikan juga kerangka desain tangan prostetik aktif ideal yang mungkin dapat dijadikan acuan untuk penelitian kedepannya.

Many things can be done just by using our hands, which is why it is an integral part of a human. clinicians and researchers have been trying to create a replacement for the human hand, from the iron hands used in the medieval period until the renaissance, to body powered prosthetic hands, into todays myoelectrical limb prostheses. Research on active prosthetic hands is a multi disciplinary study. Research carried out in this field usually focuses on some parts in the prosthetic hand, including materials, mechanisms, actuators, feedback systems, control systems, and input devices on the prosthetic hand. This paper is intended to gather developments that occur in all fields of prosthetic hands. Besides that, theres also discussion on an ideal active prosthetic hand design that can be used as a reference for future research."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arvi Perwira
"Kesuksesan suatu lapangan geotermal sangat ditentukan dari kegiatan eksplorasi untuk menentukan model konseptual geotermal, sehingga dapat diketahui lokasi sumur pemboran yang tepat. Studi pendahuluan dan pemboran pada tahap eksplorasi di lapangan panasbumi “X” telah dilakukan oleh PT. PLN Geothermal. Sumur WE-1 dibor pada tahun 2010-2011 sampai kedalaman 932.67 m namun temperatur stabil sumur sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Permasalahan tersebut kemungkinan dikarenakan suhu dibawah permukaan yang telah "mendingin" atau tidak ada permeabilitas, dimana permeabilitas berhubungan dengan struktur geologi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk memastikan keberadaan struktur bawah-permukaan dan zona reservoir dengan menggunakan teknologi remote sensing dan data magnetotellurik.
Dalam penelitian ini, dilakukan penarikan kelurusan berdasarkan remote sensing untuk mengetahui struktur geologi permukaan, sedangkan pencitraan struktur di bawah-permukaan didapatkan melalui analisis pola splitting kurva, serta dengan melihat hasil inversi 3-dimensi magnetotellurik, daerah reservoir diketahui dari batas Base of Conductor. Hasil analisis geokimia digunakan untuk menentukan perkiraan temperatur reservoir, sehingga dapat membantu dalam pembuatan model konseptual dan deliniasi daerah prospek. Konseptual model daerah penelitian menggambarkan sumber panas berasal dari Gunung Eriwakang yang menjadi zona upflow yang dikontrol oleh sesar Banda dan Sesar Banda- Hatuasa. Direkomendasikan 1 sumur eksplorasi sebagai rekomendasi awal pemboran yang ditempatkan diantara sesar Banda dan sesar Banda-Hatuasa yang kemungkinan menjadi prospek permeabilitas.

The success of a geothermal field is determined by exploration activities, to establish the geothermal conceptual model. Therefore, the exact location of drilling wells could be provided. Preliminary survey and drilling in the exploration stage at the geothermal field “X” had been done by PT. PLN Geothermal. WE-1 well was drilled in 2010-2011 to 932.67 m of depth. Unfortunately, the stable well’s temperature has not confirmed for certain until now. The issue is likely due to the subsurface temperature has been cooled down or no permeability, the permeability most likely associated with the structural geology. Therefore, this study was conducted to confirm the presence of subsurface structures and reservoir zone using remote sensing technology and magnetotelluric data.
In this study, the lineament was drawn based on remote sensing data to determine the surface geological structure. While the image of the subsurface structure is obtained by analyzing the pattern of the splitting curve, as well as to see the results of the 3-dimensional magnetotelluric inversion, the reservoir was interpreted by the boundary of BOC (Base of Conductor). Geochemical analysis results are used to determine the approximate temperature of the reservoir, to make the conceptual model and the delineation of the prospect area. The conceptual model of the study area illustrates the heat sources comes from Mt. Eriwakang, as the upflow zone which controlled by Banda fault and Banda-Hatuasa fault. As the initial drilling, one well is recommended to be drilled which is locate between Banda fault and Banda-Hatuasa fault. It is likely to have the prospect of permeability.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
T45328
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Albertus Chandra Wijayanto
"Kemajuan teknologi juga berkembang pada dunia perakitan. Sekarang analisa proses perakitan ini sudah bisa dilakukan pada dunia virtual dengan bantuan program Computer-Aided Design dan beberapa sensor (Inertial Measurement Unit, dan sensor flex, dan lain-lain), sehingga tanpa memerlukan bentuk fisik dari material maupun proses pembuatan. Kegiatan perakitan ini akan lebih mudah dan lebih terlihat nyata jika adanya interaksi dengan lingkungan, maka dari itu penggunaan augmented reality digunakan. Karya tulis ini membahas cara mengimplementasikan augmented reality pada sistem InvenGlove (motion glove dari penelitian sebelumnya), yaitu: penggunaan kamera, merubah background 3D Computer-Aided Design Autodesk Inventor, dan pemilihan program augmented reality yang akan digunakan; serta membahas peningkatan kinerja InvenGlove. Dalam implementasi memanfaatkan Application Programming Interface pada program Autodesk Inventor dan Windows. Pada akhirnya dihasilkan virtual assembly dengan augmented reality berdasarkan pada program Autodesk Showcase.

Advanced technology is also developing in the assembling world. Now, assembly process analysis can be done in virtual with some programs suggests Computer-Aided Design and some sensors (Inertial Measurement Unit, flex sensor, etc) without the actual physic materials and the process of making the product itself. Assembling will be easier and looked more real if there are interactions with the environment. Hence augmented reality is used. This paper explains how to implement augmented reality in the InvenGlove system (motion glove from the researches before), such as: using camera device, changing 3D Computer-Aided Design Autodesk Inventor background, and the selection of augmented reality program; and also improvement in performance of InvenGlove. In the implementation utilize Application Programming Interface in Autodesk Inventor program and Windows. The product is virtual assembly with augmented reality based on Autodesk Showcase program."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57235
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bakhtiar Yusuf Zain
"ABSTRAK
Tangan adalah alat yang serbaguna yang dibutuhkan manusia untuk memanipulasi benda-benda dan berinteraksi manusia lainnya. Tanpa tangan mereka, manusia akan menghadapi banyak kesulitan bahkan hanya ketika melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari yang sederhana. Di sisi lain, kemalangan terjadi. Manusia mungkin memiliki kondisi bawaan atau traumatis yang menyebabkan hilangnya anggota tubuh mereka, termasuk tangan. Selain itu, biaya pengadaan adalah tantangan global dalam dunia perprostetikan, termasuk tangan prostetik. Bahkan yang paling sederhana pun, hanya segelintir orang yang mampu membelinya. Dengan kemajuan dunia manufaktur, 3D printing telah menunjukkan kemajuan yang menjanjikan sebagai solusi karena 3D printing merupakan teknik fabrikasi yang cepat, mudah, dan relatif murah untuk memproduksi prostetik, termasuk tangan prostetik. Dalam penelitian ini, model tangan prostetik terkontrol dan analisis terperinci terhadap desain, komponen, dan fungsionalitas tangan prostetik yang dibuat yang mencakup langkah-langkah dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan tangan prostetik disajikan. Tangan prostetik ini disajikan untuk dikombinasikan dengan metode kontrol EEG yang dikembangkan bersama untuk tangan prostetik ini. Dari dasar ide desain hingga proses perakitan dan pengujian eksperimental, semuanya dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, pekerjaan ini mencakup semua pendekatan pengembangan untuk tangan prostetik.

ABSTRACT
Hands are versatile tools that humans need to manipulate and interact with objects as well as other human beings. Without their hands, obviously, humans will face challenges even just performing simple daily activities and tasks. On the other hand, misfortunes happen. Humans may have congenital or traumatic conditions that lead to the loss of their limbs, including their hands. Furthermore, procurement cost is the worldwide challenge for prosthetics, including prosthetic hand. Even the simplest ones, still, not many people can afford it. With the advancement of manufacturing, 3D printing has shown promising progress as a solution as it is a quick, easy, and relatively cheap fabrication technique to manufacture prosthetics, including prosthetic hands. In this work, a controlled-prosthetic hand model and the detailing analysis towards the prosthetic hand design, components, and functionality that encompasses the steps and considered things in developing a prosthetic hand are presented. This prosthetic hand is presented to be combined with the co-developed EEG control method for the prosthetic hand. From the bottom ground of design idea to assembly process and experimental testing, all of them are discussed in this work. Thus, this work includes all of the development approach for the created prosthetic hand.
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>