Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130733 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annissa Novalia
"Pengambilan keputusan klinis merupakan hal yang esensial dan dianggap sebagai ciri khas perawat profesional karena keputusan klinis yang ditetapkan akan memengaruhi kualitas asuhan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengambilan keputusan klinis mahasiswa program S1 Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional dengan melibatkan 216 mahasiswa dari beberapa program pendidikan di FIK UI yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Nursing Decision Making Instrument-Revised 2014 (NDMI-R2014). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pengambilan keputusan klinis mahasiswa sebanyak 59,2% berada dalam kategori analisis, 40,3% dalam kategori kuasi-rasional, dan hanya 0,5% dalam kategori intuitif. Penelitian ini merekomendasikan adanya upaya untuk terus meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan klinis mahasiswa agar mampu membuat keputusan yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi klinis yang beragam.

Clinical decision making is essential and is considered a characteristic of professional nurses because the clinical decisions that are determined will affect the quality of care provided. The purpose of this research is to find out the picture of the clinical decision making of Nursing Undergraduate and Profession students at the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia. This study used a cross-sectional research design involving 216 students from several educational programs at FIK UI selected by a stratified random sampling technique. The instrument used was Nursing Decision Making Instrument-Revised 2014 (NDMI-R2014). The results showed that 59.2% of students' clinical decision-making abilities were in the analysis category, 40.3% were in the quasi-rational category, and only 0.5% were in the intuitive category. This study recommends that there are efforts to continuously improve students' clinical decision-making abilities to be able to make the right decision according to various clinical situations and conditions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Ihza Fadilla
"Efikasi diri mahasiswa profesi ners program reguler dapat berkontribusi terhadap kesiapan pada saat mahasiswa menjalani prosedur keperawatan yang kompleks di lahan praktik. Mahasiswa profesi yang memiliki efikasi diri rendah menyebabkan ketidakyakinan dalam melaksanakan prosedur keperawatan kompleks yang dijalaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri pada mahasiswa profesi ners program reguler dengan tingkat kesiapan dalam melaksanakan prosedur keperawatan yang kompleks. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan metode cross sectional dengan pengambilan data menggunakan teknik total sampling berjumlah 207 responden mahasiswa profesi ners program reguler di tiga institusi dengan akreditasi baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara efikasi diri mahasiswa profesi ners program reguler dengan tingkat kesiapan dalam melaksanakan prosedur keperawatan yang kompleks (p = 0,000; α = 0,05). Peneliti merekomendasikan juga terkait program yang dapat diaplikasikan di setiap institusi terkait peningkatan efikasi diri mahasiswa sebelum melaksanakan berbagai macam prosedur keperawatan di lahan praktik profesi, yang berfungsi untuk meningkatkan keyakinan mahasiswa dan optimalisasi pelaksanaan praktik di berbagai wahana.

Self-efficacy of profession students in nurse regular programs can contribute towards readiness while student through complex nursing procedures on practical field. Profession students who have low self-efficacy can cause uncertainty in order to do a complex nursing procedure. This research aims to know about the relationship between self-efficacy of profession students in nurse regular programs with readiness level in implementing complex nursing procedures. This research uses descriptive design with cross sectional method, collecting data using total sampling technique over 207 respondents of profession students in nurse regular programs in three different institutions with good accreditation. The result of this research shows that there is a meaningful relationship between profession students in nurse regular programs with readiness level in implementing complex nursing procedures (p = 0,000; α: 0,05). Researcher also recommends a related applicable program on each institution in terms of enhancing student's self-efficacy before doing many types of nursing procedures in practical profession field, which functioning for increasing student's certainty and optimization of practical implementation in every mode."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dukungan suami/istri terhadap hasil
prestasi akademik ( IPK ) pada mahasiswa ekstensi sore 2003 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia, Depok pada tanggal 15 Desember 2004. Adapun
metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif sederhana
dengan total sample 24 orang. Berdasarkan hasil analisa dengan cara perhitungan
frekuensi dan proporsi diperoleh 67 % mendapatkan tingkat dukungan keluarga tinggi
dan 33 % dukungan sedang, tetapi terjadi penurunan nilai prestasi (IPK) walaupun telah
mendapatkan dukungan yang tinggi sebesar 41.7 %. Hal ini disebabkan karena peneliti
membatasi responden hanya pada mahasiswa ekstensi sore 2003 Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia. Untuk penelitian mendatang diharapkan dapat
menggunakan metode analisa data dengan model yang Iain dan perlu menyusun
instrumen untuk setiap variabel yang akan diteliti secara spesifik sehingga dapat
memberikan hasil yang lebih baik."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5356
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Naibaho, Maria L.A.
"Kualitas tidur mahasiswa dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari termasuk aktivitas belajar. Penelitian ini membahas tentang hubungan kualitas tidur dan daya ingat mahasiswa Program Sarjana FIK UI menggunakan metode cross sectional. Sampel berjumlah 100 mahasiswa Program Sarjana FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota Sampling. Responden mengisi kuisioner berupa data demografi, 18 pertanyaan Pittsburgh Scale Quistionare Index (PSQI), dan 28 pertanyaan Everyday Memory Questionnaire (EMQ). Penelitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menspesifikasikan topik penelitian seperti pengaruh kualitas tidur terhadap prestasi akademik, serta menggunakan teknik pengambilan data total sampling sehingga tampak gambaran keseluruhan kejadian dalam populasi.

Sleep quality in college students can affect their daily activities including studying. This study discussed the correlation of sleep quality and memory among undergraduate student in FIK UI, used cross-sectional method. This research was using sample amounted 100, used Quota Sampling. Respondents filled in questionnaire form of demographic data, 18 questions of Pittsburgh Quistionare Scale Index (PSQI), and 28 questions of Everyday Memory Questionnaire (EMQ). This research was analyzed using correlation test. Researcher suggested for next research to specify research topics such as the influence of sleep quality on academic performance, and using total sampling because it’ll probably describe whole population.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S47214
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aruan, Labora Srihayati
"Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia terhadap pembelajaran ilmu dasar keperawatan dan aplikasinya pada praktik keperawatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain desktriptif sedehana dengan jumlah responden 63 orang yakni 30 orang S1 Regular dan 33 orang S1 Ekstensi. lnstrumen penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran ilmu dasar keperawatan dan aplikasinya pada praktik keperawatan.

This research study about perception of Nursing Faculty science profession student University of Indonesia conceming the study of bioscience nursing and its application in clinical practice. This research is qualitative research by simple descriptive design with respondent amount 63 person namely 30 person of S1 Reguler and 33 person of Sl Ekstensi. This research instmment is quetionnair. Result of this research is Nursing Faculty science profession student University of Indonesia have positive perception to the study of bioscience nursing and its application in clinical practice."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5655
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Atkins, Robert
Boston: Jones and Bartlett , 2009
610.730 69 ATK g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Rahmawati
"Kualitas tidur mahasiswa yang kurang baik dapat mempengaruhi minat belajar mahasiswa sehingga aktivitas belajar akan terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan minat belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Kelas Ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Desain penelitian ini menggunakan analitik-korelasi dengan pendekatan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Sarjana Kelas Ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebanyak 93 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur dan kuesioner minat belajar untuk mengukur minat belajar mahasiswa (Alfa Cronbach 0,857). Data penelitian dianalisis menggunakan Independen t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas tidur dengan minat belajar pada mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan solusi kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan kualitas tidurnya sehingga memiliki kesehatan fisik maupun psikologis, minat belajar yang tinggi, dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik dan mendapatkan prestasi belajar yang optimal.

Poor sleep quality among students can affect student interest in learning so the activities will be interrupted. This study aims to determine the relationship between sleep quality with learning interest of Undergraduate Student Program of Extension Class Faculty of Nursing, University of Indonesia.
Study design used an analytic-correlation with cross-sectional research approach. The samples used were Undergraduate Student Program of Extension Class Faculty of Nursing, University of Indonesia as many as 93 respondents who selected using total sampling technique. The instrument used was a Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) questionnaire to measure the quality of sleep and Learning interest questionnaire to measure student?s learning interest (Cronbach Alpha 0.857). Data were analyzed using independent t-test.
The results of this study indicate that there is a relationship between sleep quality with student?s learning interest. The results of this study are expected to provide solutions to students in order to improve their sleep quality thus students have physical and psychological health, have high learning interest, able to do learning activity well and obtain optimal learning achievement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S57519
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Nurul Hastuti
"Mahasiswa keperawatan perlu memiliki pengetahuan tentang pertolongan pertama saat menghadapi situasi yang membutuhkan bantuan ataupun perawatan medis. Mahasiswa keperawatan tingkat akhir khususnya sebagai calon perawat profesional yang akan menghadapi berbagai kasus kesehatan membutuhkan tingkat pengetahuan pertolongan pertama yang baik. Beberapa penelitian menunjukkan rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang pertolongan pertama.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan mahasiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tingkat akhir tentang pertolongan pertama. Desain penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan pendekatan potong lintang menggunakan 106 responden mahasiswa reguler 2010 FIK UI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pertolongan pertama responden secara umum masih kurang (88,68%). Tingkat pengetahuan responden buruk pada aspek survei primer dan resusitasi jantung paru, survei sekunder, dan penanganan kasus pertolongan pertama. Keaktifan mencari dan memperbaharui pengetahuan pertolongan pertama melalui berbagai sumber perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Nursing students should have first aid knowledge when faced with situations that require assistance or medical care. Final year nursing students in particular as a candidate of a professional nurses who will face various health case require a good first aid knowledge. Some studies showed the low level of first aid knowledge among students.
This study aimed to determine the first aid knowledge level of final year students in the Faculty of Nursing Universitas Indonesia. This study involved 106 regular nursing student batch 2010 as respondents and used simple descriptive cross-sectional approach.
The results showed that the respondents? level of knowledge was still low generally (88,68%). Respondents have a low level of knowledge regarding to primary survey and cardiopulmonary resuscitation, secondary survey, and the handling of first aid cases. In order to improve the knowledge of nursing students on first aid, their knowledge should be updated actively by using a variety of sources.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S57428
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Ika Winria
"ABSTRAK
Praktik klinik sebagai bagian integral dari pendidikan keperawatan memberikan mahasiswa keperawatan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman klinis dalam keterampilan dan prosedur keperawatan, salah satunya dalam pemenuhan kebutuhan dasar pasien. Mahasiswa juga dapat memperdalam bagian teoritis keperawatan dalam lingkungan klinis kehidupan nyata. Mahasiswa dalam praktiknya, terkadang tidak melaksanakan pemenuhan kebutuhan dasar pada pasien. Keterlaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar dalam praktiknya disebabkan berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan keterlaksanaan praktik pemenuhan kebutuhan dasar pasien oleh mahasiswa keperawatan. Desain penelitian ini menggunakan cross-sectional. Sampel penelitian yaitu dengan teknik purposive non-random sampling sebanyak 202 responden mahasiswa keperawatan yang sedang melakukan praktik klinik. Hasil uji penelitian menunjukkan faktor internal yang berhubungan dengan pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien oleh mahasiswa yang sedang praktik klinik yaitu usia, angkatan, program studi, pengetahuan, keterampilan, sikap, motivasi, serta nilai dan norma (p < 0,001), sedangkan faktor eksternal yang berhubungan dengan pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien oleh mahasiswa yang sedang praktik klinik yaitu komunikasi, sumber daya material, dan sumber daya manusia (p < 0,001). Institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan diharapkan dapat melakukan edukasi dan kegiatan lain yang sesuai terkait pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien, sehingga meminimalisir adanya gangguan dalam pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien.

ABSTRACT
Clinical practice as an integral part of nursing education offers nursing students the opportunity to gain clinical experience in nursing skills and procedures, including implementing the patient's basic needs, as well as deepening the theoretical part of nursing in a real-life clinical environment. Sometimes when the nursing students in clinical practice, they missed to implementing the patient's basic needs. Basic needs in practice are influenced by several factors, both external and internal factors. The purpose of this study is to identify factors related to the implementation of the practice of meeting the basic needs of patients by nursing students. The study design was cross-sectional. 202 nursing student respondents who are doing clinical practice selected through purposive non-random sampling technique. The results showed internal factors related to the implementation of the patient's basic needs by nursing students who were in clinical practice, specifically age, batch, educational program level, knowledge, skills, attitudes, motivation, including values and norms (p < 0.001). In addition, external factors related to implementation of the patient's basic needs by nursing students who were in clinical practice, specifically communication, material resources, and human resources (p <0.001). Educational institutions and nursing services are expected to be able to carry out education and other relevant activities related to the implementation of the patient's basic needs, thereby minimizing the disruption in the implementation of the patient's basic needs."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>