Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31042 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maurya, Rakesh Kumar
"This book deals with in-cylinder pressure measurement and its post-processing for combustion quality analysis of conventional and advanced reciprocating engines. It offers insight into knocking and combustion stability analysis techniques and algorithms in SI, CI, and LTC engines, and places special emphasis on the digital signal processing of in-cylinder pressure signal for online and offline applications. The text gives a detailed description on sensors for combustion measurement, data acquisition, and methods for estimation of performance and combustion parameters. The information provided in this book enhances readers basic knowledge of engine combustion diagnostics and serves as a comprehensive, ready reference for a broad audience including graduate students, course instructors, researchers, and practicing engineers in the automotive, oil and other industries concerned with internal combustion engines.
Maximizes readers understanding of the construction, working principles, installation, signal processing and limitations of the transducers used for combustion analysis;
Provides a range of different models for estimating heat release and heat transfer for combustion quality analysis;
Describes statistical and chaotic methods used for combustion stability analysis and the different knock indices and combustion noise metrics evaluated from cylinder pressure signal;
Reinforces concepts presented with end of chapter summary discussions and questions;
Explains methods used for estimation of engine parameters such as TDC, compression ratio, air-fuel ratio, residual gas fraction and wall temperature using in-cylinder pressure measurement."
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20509892
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Pulkrabek, Willard W.
Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall, 2004
621.43 PUL e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Pulkrabek, Willard W.
New Jersey: Prentice Hall International, 1997
621.402 3 PUL e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Guzzella, L.
Berlin: Springer, 2010
621.43 GUZ i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Heywood, John B
New York: McGraw-Hill, 1988.
621.43 HEY i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Heywood, John
New York: McGraw-Hill, 1989
621.43 HEY i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adhe Budi Santoso
"Pada sektor transportasi, kendaraan bermotor saat ini menjadi penyumbang pencemaran di Indonesia, yang menghasilkan emisi CO2. Sebagai upaya tercapainya pemenuhan kendaraan bermotor yang ramah lingkungan dan rendah karbon, mempromosikan mobil Listrik kepada Masyarakat merupakan strategi penting bagi negara yang memiliki komitmen bersama untuk menurunkan emisi CO2. Besarnya target dalam melakukan konversi mobil ICE menjadi mobil Listrik membutuhkan serangkaian Analisa guna mempercepat upaya konversi penggunaan mobil Listrik ini dari berbagai sisi yang nantinya akan berhasil akhir sebagai media promosi kepada calon pengguna mobil listik. Untuk melakukan Analisa tersebut, terdapat salah satu metode perhitungan yaitu perhitungan atas total biaya kepemilikan (TCO) dari mobil listrik, metode ini telah dipelajari di negara-negara yang concern dalam mempromosikan penggunaan mobil Listrik. Pada penelitian ini akan disajikan model perhitungan TCO mobil Listrik dan TCO mobil Internal Combustion Engine (ICE) konvensional sebagai pembanding. Mobil yang dianalisa pada penelitian ini terdiri dari beberapa mobil Listrik dan mobil ICE sesuai besaran performance nya masing-masing, dimana dari setiap mobil Listrik ini juga dicoba dilakukan analisa atas beberapa skema kepemilikan atas baterai, yaitu milik pemilik mobil, baterai sewa dan milik pemilik mobil namun dapat dilakukan perbaikan sebagian komponen. Model perhitungan nantinya terdiri dari biaya modal dan operasional, yaitu terdapat harga beli, resale value, subsidi pemerintah, discount pengecer, biaya penggantian baterai, maintenance, asuransi, pajak kendaraan dan biaya konsumsi energi. Keseluruhan data didapatkan dari studi literatur dan informasi dari distributor kendaraan di Indonesia. Model TCO dianalisis berdasarkan jarak rata-rata yang ditempuh yaitu 20.000 km/tahun selama 10 tahun berkendara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TCO BEV dengan skema baterai sewa lebih murah dari ICE pada mobil yang memiliki tenaga 93, 167 & 210 hp, yaitu sebesar 2,961; 6,227; & 5,633 (USD) dan TCO ICE lebih murah daripada BEV dengan skema baterai sewa pada mobil yang memiliki tenaga 40 & 95 hp, yaitu sebesar 796 & 5,793 USD. Dari beberapa komponen pembentuk biaya TCO tersebut nantinya akan diusulkan untuk dapat dipertimbangkan untuk disesuaikan agar pembelian kendaraan dapat bertumbuh signifikan. Pengetahuan dari penelitian ini dapat bermanfaat bagi konsumen, produsen produk perencana, dan pengambil kebijakan pemerintah.

Conventional motorized vehicles are currently a contributor to pollution in Indonesia, producing CO2 emissions. In an effort to achieve environmentally friendly and low-carbon motorized vehicles, promoting electric cars to the public is an important strategy that is being pursued by countries throughout the world. The large target of converting ICE cars to electric cars requires a series of analyzes to accelerate efforts to convert the use of electric cars from various angles which will ultimately be successful as a promotional medium for potential electric car users. To carry out this analysis, there is one calculation method, namely calculating the total cost of ownership (TCO) of an electric car. This method has been studied in countries that are concerned with promoting the use of electric cars. In this research, we will present a calculation model for the TCO of electric cars and the TCO of conventional internal combustion engine (ICE) cars as a comparison. The cars analyzed in this research consist of several electric cars and ICE cars according to their respective performance levels, where for each electric car an analysis of several battery ownership schemes is also attempted, namely those owned by the car owner, rental batteries and those owned by the car owner. However, some components can be repaired. The calculation model will consist of capital and operational costs, namely the purchase price, resale value, government subsidies, retailer discounts, battery replacement costs, maintenance, insurance, vehicle tax and energy consumption costs. All data was obtained from literature studies and information from vehicle distributors in Indonesia. The TCO model is analyzed based on the average distance traveled, namely 20,000 km/year for 10 years of driving. The research results show that the TCO of BEVs with a rental battery scheme is cheaper than ICEs for cars with 93, 167 & 210 hp, namely 2,961; 6,227; & 5,633 (USD) and the TCO of ICE is cheaper than BEV with a rental battery scheme on cars with 40 & 95 hp, namely 796 & 5,793 USD. Several components that make up TCO costs will later be proposed to be considered for adjustment so that vehicle purchases can grow significantly. Knowledge from this research can be useful for consumers, product manufacturers, planners, and government policy makers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erman Deniarsah
"Penelitian ini dilakukan untuk melakukan validasi beberapa pressure gauge yang terdapat pada mesin PLTU 450 Watt dengan adanya permasalahan nilai efisiensi termal pada penelitian sebelumnya yang sangat rendah jika dibandingkan dengan nilai efisiensi normal. Adanya dugaan bahwa hasil pengukuran tekanan oleh pressure gauge yang kurang akurat sehingga menjadi salah satu faktor penyebab perhitungan nilai efisiensi yang kecil. Validasi pressure gauge ini dilakukan dengan metode perbandingan dengan suatu pressure transducer merk OMEGA tipe PX800-100 GV yang memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pressure gauge.
Dari hasil pengujian pressure transducer, dapat diketahui bahwa output pressure transducer berbanding lurus (linear) dengan tekanan input yang diberikan dan memiliki nilai gradien garis 13,61 milivolt per bar gauge (barg) pada rentang pengukuran 0-8 barg. Dari hasil validasi pressure gauge terhadap 5 pressure gauge pada rentang tekanan 0- 8 barg dapat diketahui bahwa kelima pressure gauge memiliki range nilai akurasi 5% - 7,5%. Dengan demikian jika dibandingkan dengan nilai akurasi sesuai spesifikasinya yaitu 1,5 %, nilai akurasi pressure gauge P-01 s.d. P-05 memiliki nilai akurasi yang sudah turun.

The study was conducted to validate some pressure gauges located on the 450 watt power plant engine. The calculation of thermal efficiency in the previous studies was very low comparing to the normal efficiency. That was alleged by the pressure measurement which less accurate. Pressure gauge validation was performed by the method of comparison with a pressure transducer OMEGA PX800-100 GV that has higher accuracy when it was compared to the pressure gauge.
From the test results, it could be seen that the pressure transducer output is directly proportional (linear) with a given input pressure and has a gradient of line 13.61 milivolts per bar gauge (barg) in the measurement range of 0-8 barg. Validation results of five pressure gauges in the range of 0-8 barg have 5%-7,5% accuracy. Thus when this actual accuracy were compared with their pressure gauge specification, i.e 1.5%, the accuracy of all pressure gauges has been dropped.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42463
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bhakti Nuryadin
"Penggunaan mesin pengkondisi udara banyak dimanfaatkan oleh pengguna perkantoran, laboratorium maupun industri proses sebagai suatu kebutuhan. Mesin pengkondisi udara ini menjadi sangat penting terutama di laboratorium dan industri proses sebagai akibat dari beberapa prosesnya memerlukan kondisi udara yang dapat diatur maupun karena spesifikasi dari alat yang mensyaratkan pada kondisi udara yang tertentu. Dengan kondisi Indonesia yang sampai saat ini masih krisis energi dimana energi yang dihasilkan PLN tidak lebih besar dari beban total yang ada di seluruh negeri ini maka langkah dalam penghematan energi adalah sangat penting terutama dalam mengaudit peralatan-peralatan yang sudah lama beroperasi. Salah satu peralatan yang membutuhkan energi yang besar dalam suatu laboratorium maupun industri proses adalah sistem VAC yaitu yang berupa chilled water system. Dalam penelitian ini data yang diambil meliputi data pemakaian daya, data kondisi udara serta data dari unit control module (UCM) yang berada pada panel chiller. Audit sistem VAC ini ditujukan agar memperoleh data seberapakah efisienkah alat tersebut dibandingkan dengan pemakaian energi dan performa yang dihasilkan. Dari hasil pengambilan data dan analisa data maka kondisi udara yang dihasilkan pun telah keluar dari spesifikasi desain untuk engine test cell yang bernilai 25±2 °C. Faktor yang menyebabkan tidak sesuainya lagi dengan spesifikasi desain untuk engine test cell adalah flow udara yang hanya 1,89 m3/s dari 5 m3/s yang dibutuhkan untuk air supply serta flow extract fan yang tidak balance dengan air supply. Selain faktor tersebut adalah faktor sensor dan kontrol serta faktor infiltrasi yang besar dari pintu serta perlunya dicek flow chilled water yang menuju air handling unit (AHU).

The use of air conditioning machines used by many users of offices, laboratories and industrial processes as a necessity. Air conditioner has become very important especially in the laboratory and industrial processes as a result of some process requires an adjustable air condition as well as the specifications of the tool requires in certain weather conditions. With the condition of Indonesia that is still an energy crisis where the energy generated PLN is not greater than the total load in the entire country is a step in energy saving is very important especially in auditing the equipment that has long operated. One of the tools require a large energy in a laboratory and industrial processes are the VAC system is a form of chilled water system. In this study the data taken include power consumption data, data of air conditions as well as data from the unit control module (UCM), which are on the chiller panel. Audit VAC system is intended to obtain efficiency data what are these tools compared to energy usage and the performance. From the results of data retrieval and analysis of data produced by the air condition was already out of the design specifications for the engine test cell that is worth 25±2 °C. Factors that cause the incompatibility again with the design specifications for the engine test cell is the air flow is only 1.89 m/s of 5 m/s is needed for air supply and extract flow fan that does not balance with the air supply. In addition to these factors is a factor as well as sensors and control a large infiltration factor of the door and checked the need for chilled water flow toward the air handling unit (AHU). 33."
2011
S626
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pulkrabek, Willard W.
Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall, 1997
621.43 PUL e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>