Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150979 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budi Setiawan
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran norma personal sebagai faktor inti dari norm activation theory (NAT) dalam memprediksi perilaku pro lingkungan yang belum sepenuhnya dijelaskan secara utuh pada theory of planned behavior (TPB). Pemilahan sampah merupakan kajian khusus tentang perilaku pro lingkungan yang menjadi fokus kajian ini. Ukuran sampel akhir adalah 300 responden dari tiga kota berbeda di Indonesia yaitu Bogor, Depok, dan Jakarta. Teknik purposive sampling dipilih sebagai teknik penarikan sampel dengan kriteria tertentu yang relevan dengan konteks. Pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menguji hipotesis dan dilengkapi dengan regresi bertahap untuk mengungkapkan kontribusi masing-masing prediktor dalam model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma personal memiliki peran penting dalam menjelaskan perilaku pemilahan sampah melalui integrasi TPB dan NAT. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pemasaran sosial, melalui implikasi manajerial dan kontribusi teoritis.

This research aims to analyze the personal norms role as a core factor of norm activation theory (NAT) in predicting pro-environmental behavior that not completely well explained by the theory of planned behavior (TPB). Waste sorting is a particular study in pro-environmental behavior that becomes the focus of this study. The final sample size is 300 respondents from three different cities in Indonesia, namely Bogor, Depok, and Jakarta. Purposive sampling was chosen as the sampling technique with certain specific criteria relevant to the context.  Structural equation modeling was used to test the hypotheses and completed with stepwise regression to reveal each predictors contribution to the model. The results show that personal norm has an important role in explaining waste sorting behavior by integrating TPB and NAT. This research provides an essential contribution in the social marketing field through the managerial implication and the theoretical contribution.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Jemima Netanya
"Sepeda motor menjadi salah satu moda transportasi terpopuler di Indonesia karena berbagai kelebihannya. Namun, kelebihan ini diikuti oleh peningkatan pelanggaran lalu lintas, salah satunya perilaku melawan arah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang lebih konsisten antara variabel Planned Behavior, yaitu sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku, yang selama ini telah banyak diteliti dan variabel kewajiban moral dengan perilaku melawan arah. Studi korelasional dilakukan terhadap 151 pengendara motor berusia 18-64 tahun, berdomisili di Jabodetabek, memiliki SIM C aktif, dan pernah melawan arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan kewajiban moral berhubungan secara signifikan dengan perilaku melawan arah. Di antara kedua variabel, kewajiban moral berhubungan lebih konsisten dengan perilaku melawan arah dibandingkan sikap. Implikasi dari hasil temuan ini adalah diperlukan upaya yang serius dan konsisten dari aparat penegak hukum untuk menggalakkan sanksi dalam menertibkan perilaku melawan arah pada pengendara sepeda motor.

Motorcycles are one of the most popular modes of transportation in Indonesia because of the various benefits. However, these benefits are followed by an increase in traffic violations, one of which is counterflow riding behavior. This study aims to examine the more consistent relationship between the variables in The Theory of Planned Behavior, namely attitude, subjective norm, and perceived behavioral control, which have been extensively researched and the variable of moral obligation with counterflow riding behavior. A correlational study was conducted on 151 motorcyclists aged 18-64, domiciled in Jabodetabek, have an active driver’s license, and have done counterflow riding behavior. The results show that attitude and moral obligation significantly correlate to the counterflow riding behavior. Among the two variables, moral obligation is more consistently correlated with counterflow riding behavior compared to attitude. The implication of these findings is that serious and consistent efforts are needed from law enforcement officials to promote sanctions in curbing counterflow riding behavior of motorcyclists."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arieksha Aliadarma
"Seiring meluasnya penggunaan layanan m-banking, ancaman keamanan informasi bagi masyarakat juga semakin meningkat. Penyedia layanan m-banking pun mengembangkan solusi berupa teknologi biometric security system (BSS) untuk menanggulangi ancaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan teknologi BSS sebagai pilihan keamanan pada m-banking dan efek moderasi dari tingkat inovatif dan pendidikan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggabungkan dua teori, yaitu protection motivation theory (PMT) dan theory of planned behavior (TPB). Penelitian ini menggunakan mixed method dengan tahapan explanatory sequential design. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring dan berhasil memperoleh 535 pengguna yang menggunakan BSS pada m-banking, kemudian diolah menggunakan covariance-based structural equation modeling (CB-SEM). Setelah itu, pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode wawancara kepada 10 narasumber yang dianalisis menggunakan content analysis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan persepsi keefektifan, sikap, kemampuan, dan pengaruh sosial terbukti memengaruhi motivasi pengguna dalam menggunakan BSS pada m-banking. Lalu, ditemukan bahwa persepsi kerentanan, tingkat keseriusan, dan upaya penggunaan tidak memengaruhi motivasi pengguna m-banking dalam menggunakan BSS. Uji efek moderasi menunjukkan persepsi keefektifan BSS lebih berdampak pada individu inovatif, sedangkan persepsi terkait tingkat keseriusan ancaman lebih berdampak pada individu dengan tingkat pendidikan yang rendah. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada penyedia layanan m-banking berupa faktor-faktor penting yang mendasari penerimaan teknologi BSS pada layanan tersebut.

As the use of m-banking services expands, the threat of information security for the public also increases. M-banking service providers have developed solutions in the form of biometric security system (BSS) technology to counter these threats. This study aims to examine the factors influencing the acceptance of BSS technology as a security option in m-banking and the moderating effects of innovativeness and education levels. In conducting this research, the author combines two theories: protection motivation theory (PMT) and theory of planned behavior (TPB). This study uses a mixed-method approach with an explanatory sequential design. The quantitative approach was conducted by distributing online questionnaires, successfully obtaining responses from 535 users who use BSS in m-banking, and then processed using covariance-based structural equation modeling (CB-SEM). Following this, the qualitative approach involved interviewing 10 participants, analyzed using content analysis. The research findings revealed that perceptions of effectiveness, attitudes, abilities, and social influence significantly affect users' motivation to use BSS in m-banking. Conversely, perceptions of vulnerability, seriousness, and effort do not influence m-banking users' motivation to use BSS. The moderation effect test showed that the perception of BSS effectiveness has a greater impact on innovative individuals, while perceptions related to the seriousness of threats have a greater impact on individuals with lower education levels. The results of this study are expected to benefit m-banking service providers by highlighting the key factors underpinning the acceptance of BSS technology in their services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhli Gazalba
"Seiring meluasnya penggunaan layanan m-banking, ancaman keamanan informasi bagi masyarakat juga semakin meningkat. Penyedia layanan m-banking pun mengembangkan solusi berupa teknologi biometric security system (BSS) untuk menanggulangi ancaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan teknologi BSS sebagai pilihan keamanan pada m-banking dan efek moderasi dari tingkat inovatif dan pendidikan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggabungkan dua teori, yaitu protection motivation theory (PMT) dan theory of planned behavior (TPB). Penelitian ini menggunakan mixed method dengan tahapan explanatory sequential design. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring dan berhasil memperoleh 535 pengguna yang menggunakan BSS pada m-banking, kemudian diolah menggunakan covariance-based structural equation modeling (CB-SEM). Setelah itu, pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode wawancara kepada 10 narasumber yang dianalisis menggunakan content analysis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan persepsi keefektifan, sikap, kemampuan, dan pengaruh sosial terbukti memengaruhi motivasi pengguna dalam menggunakan BSS pada m-banking. Lalu, ditemukan bahwa persepsi kerentanan, tingkat keseriusan, dan upaya penggunaan tidak memengaruhi motivasi pengguna m-banking dalam menggunakan BSS. Uji efek moderasi menunjukkan persepsi keefektifan BSS lebih berdampak pada individu inovatif, sedangkan persepsi terkait tingkat keseriusan ancaman lebih berdampak pada individu dengan tingkat pendidikan yang rendah. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada penyedia layanan m-banking berupa faktor-faktor penting yang mendasari penerimaan teknologi BSS pada layanan tersebut.

As the use of m-banking services expands, the threat of information security for the public also increases. M-banking service providers have developed solutions in the form of biometric security system (BSS) technology to counter these threats. This study aims to examine the factors influencing the acceptance of BSS technology as a security option in m-banking and the moderating effects of innovativeness and education levels. In conducting this research, the author combines two theories: protection motivation theory (PMT) and theory of planned behavior (TPB). This study uses a mixed-method approach with an explanatory sequential design. The quantitative approach was conducted by distributing online questionnaires, successfully obtaining responses from 535 users who use BSS in m-banking, and then processed using covariance-based structural equation modeling (CB-SEM). Following this, the qualitative approach involved interviewing 10 participants, analyzed using content analysis. The research findings revealed that perceptions of effectiveness, attitudes, abilities, and social influence significantly affect users' motivation to use BSS in m-banking. Conversely, perceptions of vulnerability, seriousness, and effort do not influence m-banking users' motivation to use BSS. The moderation effect test showed that the perception of BSS effectiveness has a greater impact on innovative individuals, while perceptions related to the seriousness of threats have a greater impact on individuals with lower education levels. The results of this study are expected to benefit m-banking service providers by highlighting the key factors underpinning the acceptance of BSS technology in their services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Omarenzo Zafira Thahir
"Seiring meluasnya penggunaan layanan m-banking, ancaman keamanan informasi bagi masyarakat juga semakin meningkat. Penyedia layanan m-banking pun mengembangkan solusi berupa teknologi biometric security system (BSS) untuk menanggulangi ancaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan teknologi BSS sebagai pilihan keamanan pada m-banking dan efek moderasi dari tingkat inovatif dan pendidikan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggabungkan dua teori, yaitu protection motivation theory (PMT) dan theory of planned behavior (TPB). Penelitian ini menggunakan mixed method dengan tahapan explanatory sequential design. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring dan berhasil memperoleh 535 pengguna yang menggunakan BSS pada m-banking, kemudian diolah menggunakan covariance-based structural equation modeling (CB-SEM). Setelah itu, pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode wawancara kepada 10 narasumber yang dianalisis menggunakan content analysis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan persepsi keefektifan, sikap, kemampuan, dan pengaruh sosial terbukti memengaruhi motivasi pengguna dalam menggunakan BSS pada m-banking. Lalu, ditemukan bahwa persepsi kerentanan, tingkat keseriusan, dan upaya penggunaan tidak memengaruhi motivasi pengguna m-banking dalam menggunakan BSS. Uji efek moderasi menunjukkan persepsi keefektifan BSS lebih berdampak pada individu inovatif, sedangkan persepsi terkait tingkat keseriusan ancaman lebih berdampak pada individu dengan tingkat pendidikan yang rendah. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada penyedia layanan m-banking berupa faktor-faktor penting yang mendasari penerimaan teknologi BSS pada layanan tersebut.

As the use of m-banking services expands, the threat of information security for the public also increases. M-banking service providers have developed solutions in the form of biometric security system (BSS) technology to counter these threats. This study aims to examine the factors influencing the acceptance of BSS technology as a security option in m-banking and the moderating effects of innovativeness and education levels. In conducting this research, the author combines two theories: protection motivation theory (PMT) and theory of planned behavior (TPB). This study uses a mixed-method approach with an explanatory sequential design. The quantitative approach was conducted by distributing online questionnaires, successfully obtaining responses from 535 users who use BSS in m-banking, and then processed using covariance-based structural equation modeling (CB-SEM). Following this, the qualitative approach involved interviewing 10 participants, analyzed using content analysis. The research findings revealed that perceptions of effectiveness, attitudes, abilities, and social influence significantly affect users' motivation to use BSS in m-banking. Conversely, perceptions of vulnerability, seriousness, and effort do not influence m-banking users' motivation to use BSS. The moderation effect test showed that the perception of BSS effectiveness has a greater impact on innovative individuals, while perceptions related to the seriousness of threats have a greater impact on individuals with lower education levels. The results of this study are expected to benefit m-banking service providers by highlighting the key factors underpinning the acceptance of BSS technology in their services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarinadiyya Shaliha
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pengaplikasian model Theory of Planned Behavior untuk memprediksi intensi perilaku remaja terhadap pola makan sehat. Pengumpulan data dilakukan melalui survey kepada 230 siswa berusia 12-18 tahun di sebuah sekolah di Jakarta Selatan. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi kendali perilaku diikuti dengan sikap terhadap pola makan sehat adalah faktor terpenting dalam memprediksi intensi perilaku. Pola makan sehat dianggap sangat diperlukan dan berguna, selain cukup enak dan menarik. Keluarga dan guru merupakan agen sosialisasi yang paling berpengaruh. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi informasi bagi pendidik dan otoritas publik maupun pemasar dalam merencanakan strategi komunikasi dan menciptakan kesadaran bagi agen sosialisasi dalam perannya untuk mendorong remaja menjalankan perilaku pola makan sehat.

ABSTRACT
The purpose of the study was to apply the theory of planned behavior to predict adolescents? behavioral intention for healthy eating. A sample survey of 230 students aged 12-18 years was conducted in a school in South Jakarta. Perceived behavioral control followed by attitudes were the most important factors in predicting behavioral intention. Healthy eating was perceived to be desirable and useful, and, to a lesser extent, interesting and enjoyable. Family and teachers were influential socialization agents. The results may inform educators and policy makers in designing health communication campaigns, particularly in making socializing agents aware of their role in encouraging healthy eating behaviors in adolescents."
2013
S46353
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendi Tegar Pratama
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan perilaku konsumen produk makanan anjing dan kucing berdasarkan Theory of Planned Behaviour. Berdasarkan teori, peneliti menggunakan model teoritis yang terdiri dari variabel attitude, subjective norms, perceived behavioural control (PBC), intention, behaviour dan diperluas dengan dimasukkannya variabel self-identity dan social norms. Survei dilakukan terhadap 300 pemilik anjing dan kucing melalui penyebaran kuesioner menggunakan platform online. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software LISREL 8.8 Full Version dan hasilnya menunjukkan bahwa intention cenderung dipengaruhi oleh attitude, subjective norms, perceived behavioural control (PBC), self-identity dan social norms. Selain itu, niat untuk membeli produk makanan anjing dan kucing cenderung mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Studi ini mendukung keselarasan Theory of Planned Behaviour dengan pemasaran produk makanan anjing dan kucing serta memperluas pemahaman tentang perilaku konsumen makanan anjing dan kucing.

The purpose of this research study was to identify the factors that determine the consumer behaviour of dog and cat food products based on the theory of planned behaviour. According to the theory, researchers propose a theoretical model consisting of the constructs of attitude, subjective norms, perceived behavioural control (PBC), intention, behaviour, and expanded with the inclusion of the self-identity and social norms construct. The survey was conducted with 300 dog and cat owners through a questionnaire distribution using an online platform. Data obtained were analyzed using structural equation model using LISREL 8.8 Full Version software and the results indicate that the intention tends to be influenced by the attitude, subjective norms, perceived behavioural control, self-identity and social norms constructs. Furthermore, the intention to purchase dog and cat food products tend to influence consumer purchasing behaviour. The study supports the alignment of the theory of planned behaviour (TPB) adherence to the marketing of dog and cat food products, extending the understanding of the behaviour of the dog and cat food consumers."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nico Wibawa
"Indonesia merupakan negara dengan potensi pertumbuhan penjualan barang mewah yang besar, terutama pada produk fashion. Namun, di sisi lain Indonesia juga merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Konsumsi barang mewah sering dianggap sebagai konsumsi untuk menaikkan status dan menunjukkan sifat cinta dunia, yang mana hal ini bertolak belakang dengan konsep agama Islam.
Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah purchase intention dan purchase behavior produk fashion dipengaruhi atau tidak oleh tingkat religiusitas konsumen dengan menggunakan model extended Theory of Planned Behavior TPB . Sampel pada penelitian ini adalah konsumen Muslim yang pernah melakukan pembelian produk fashion mewah kategori affordable. Data diolah dengan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling PLS SEM pada SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap purchase intention. Perceived behavioral control juga berpengaruh positif terhadap purchase behavior. Selain itu, religiusitas ditemukan tidak memoderasi hubungan antara attitude, subjective norm, perceived behavioral control, purchase intention, dan purchase behavior pada produk fashion mewah.

Indonesia is a country with huge potential growth in sales of luxury goods, especially in fashion products. However, on the other hand Indonesia is also a country with the largest Muslim population in the world. Consumption of luxury goods is often regarded as status consumption and show the nature of love of the world, which is contrary to the concept of Islam.
This study aims to analyze whether purchase intention and purchase behavior of fashion products is affected or not by the level of consumer religiosity by using an extended framework of the Theory of Planned Behavior TPB. The sample in this study is Muslim consumers who have made purchases of affordable luxury fashion products. The data were processed using Partial Least Square Structural Equation Modelling PLS SEM in SmartPLS 3.
The results showed that attitude, subjective norm, and perceived behavioral control have positive effect on purchase intention. Perceived behavioral control also has a positive effect on purchase behavior. Furthermore, religiosity does not moderate the relationship between attitude, subjective norm, perceived behavioral control, purchase intention, and purchase behavior on luxury fashion products.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Ayu Maharani
"Digitalisasi sangat mempengaruhi dalam perindustrian musik yang mengubah kebiasaan mendengarkan musik dengan layanan berlangganan ketimbang membeli secara satuan. Pembahasan literatur ini berfokus untuk menjabarkan pengaruh-pengaruh kepada individu dalam memutuskan untuk berlangganan layanan streaming musik berbayar dan berusaha untuk memahami bagaimana keyakinan konsumen dalam layanan streaming musik yang mempengaruhi niat untuk menggunakan layanan secara berbayar. Pembahasan sebelumnya menemukan keterlibatan interaksi kompleks antara faktor teknis, ekonomi, sosial, dan psikologis menjadi faktor penentu dalam keputusan tersebut. Faktor penentu tersebut dapat ditentukan oleh faktor eksternal dan internal dari individu. Riset ini berusaha melebarkan literatur perilaku konsumen di dalam bisnis layanan digital. Spotify akan menjadi layanan yang akan dibahas karena merupakan pemimpin pasar dari industri layanan streaming musik. Penulis menggunakan Theory of Planned Behaviour sebagai alat untuk menjelaskan keputusan seseorang dalam berlangganan layanan musik berbayar. Keputusan dalam berlangganan tersebut ditentukan oleh Perceived Behavioural Control yang merupakan menjadi salah satu penentu bagian dari perilaku yang dapat mempengaruhi pemikiran seseorang mengenai tindakan yang akan diambil yang dihasilkan dari nilai subjektif seseorang. Kontrol ini ditentukan oleh faktor-faktor seperti kemampuan pengguna maupun pengaruhi dari orang-orang disekitarnya untuk mengendalikan tindakan dalam berlangganan berbayar atau tidak. Fitur-fitur berlangganan secara bersama yang dimiliki Spotify yang memiliki pengaruh dari tekanan sosial dan juga keringanan ekonomi dalam memutuskan seseorang berlangganan berbayar.

Digitalization has impacted the music industry that has been changing the music activity to subscribing a digital service rather than buy separately. This literature study focused on describing the influences to individuals decision making on subscribing to the digital streaming service and understanding the consumer confidence in the streaming service that influenced the move to paid services. Previous study had found the complex relation of technical, economic, social, and psychological factors within interaction. Those determinant factors are able to be completed by external and internal factors within individuals. This study strives to widen the consumer behavior study in the digital services business. Spotify as the market leader in the digital streaming service will be examined as the main case. The writer admitted the Theory of Planned Behaviour as tools for explaining someone's decision to have a paid subscription. Perceived behavioral control shapes the decision behavioral from someone’s subjective norms. This control is determined by several factors such as the user's ability to decide the service's worthiness or the external factors as the peer groups or families. The extended subscribing features such as family plan or sharing plan moreover has influences in communal stimulus and economic remission on someone’s decision to having paid subscription."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Salsabila
"Adopsi mobil listrik diharapkan dapat mendorong konservasi energi dan mengurangi polusi udara. Studi ini mengembangkan model penelitian berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Norm Activation Model (NAM) untuk menyelidiki niat untuk membeli mobil listrik di bawah pengaruh polusi udara yang parah. Studi ini meneliti warga yang berada di lima wilayah besar di Pulau Jawa, yaitu wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya sebagai objek survei. Sebanyak 194 responden yang sebelumnya telah memiliki mobil dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling dan data dianalisis dengan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling dan metode bootstrap. Temuan menunjukkan bahwa faktor TPB yang mempengaruhi niat membeli adalah perceived behavioral control, sedangkan dalam faktor NAM, faktor yang mempengaruhi adalah personal norm. Selain itu, environmental concern ditemukan memiliki pengaruh positif pada faktor TPB. Demikian pula awareness of consequences dan ascription of responsibility memiliki pengaruh pada faktor NAM yaitu personal norm dengan ascription of responsibility menjadi mediator parsial antara hubungan awareness of consequences dan personal norm.

The adoption of electric cars is expected to promote energy conservation and reduce air pollution. This study develops a research model based on the Theory of Planned Behavior (TPB) and the Norm Activation Model (NAM) to investigate the intention to purchase electric cars under the effect of severe air pollution. This paper takes the citizens residing in the five major areas of Java Island, namely the Greater Jakarta Area, Bandung, Semarang, Yogyakarta, and Surabaya as the object of the survey. A total of 194 respondents who previously owned a car were collected using the purposive sampling method and the data was analyzed using the Partial Least Squares-Structural Equation Modeling and bootstrap method. The findings suggest that the factor of TPB that influences intention to purchase is perceived behavioral control, meanwhile, within the Norm Activation Model factor, the influencing factor is the personal norm. In addition, environmental concern is found to have a positive influence on the TPB factors. Similarly, the awareness of consequences and ascription of responsibility have an influence on the NAM factor which is the personal norm with the ascription of responsibility being a partial mediator between the relationship of awareness of consequences and personal norm."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>