Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20992 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sharmin Akter
"In this paper, the problem of hydromagnetic convective flow along a semi-circular enclosure filled with nanofluidsusing a two-dimensionalnon-homogeneous model have been studied numerically.The circular wall of the enclosureis maintained at constant cold temperature whereas various combinations of the thermal boundary conditions at the bottom heated wall are considered. The enclosureis permeated by an inclined uniform magnetic field and the effects of gravity, Brownian motion and thermophoresis are incorporated into the nanofluid model. In the numerical simulation, here isconsidered water, kerosene as basefluids and Cobalt34, Fe Oas nanoparticles. The Galerkin weighted residual finite element method has been employed to solve the governing partial differential equations after converting them into a non-dimensional form using a suitable transformation of variables. The effects of various parameters such as Hartmann numberandRayleigh number on isotherms have been displayed graphically for 34Fe O -waternanofluid. The heat transfer augmentation for various thermal boundary conditions hasbeen done from the bottom heated wall for 34Fe O -waterandCobalt-kerosenenanofluid. The results show that the heat transfer rate can be decreased with the increasing values of the Hartmann number but it can be increased by increasing the Rayleigh number. The obtained numerical results also indicate that the variable thermal boundary conditions have significant effects on the flow and thermal fields. Finally, it is observed that the heat transfer rate is higher for Cobalt-kerosenenanofluid than for 34Fe O -waternanofluid. "
Pathum Thani: Thammasat University, 2019
670 STA 24:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Malik
"ABSTRAK
Variasi individu-individu anggota kelompok kerja serta interaksi individu di dalam
kelompok diyakini merupakan faktor yang mempengaruhi produktifitas kelompok. Studi
ini berupaya untuk melakukan identifikasi dan mendeskripsikan tentang pengaruh dan
keanekaragaman atau heterogenitas. Tentang keragaman atau homogenitas anggota
kelompok kerja serta keterikatan individu- individu untuk tetap berinteraksi di dalam
kelompok atau kohesifitas kelompok terhadap produktifitas kelompok.
Pada studi ini. 30 orang aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat yang berasal dari 8
organisasi yang bergerak dalam kegiatan penanggulangan masalah remaja dan
pengembangan masyarakat di Bandung, Jawa Barat digunakan sebagai subyek.
Mereka merupakan pengurus inti dari organisasi dan telah 1 tahun atau Iebih, aktif
mengembangkan program di organisasi.
Studi dilakukan dengan metoda eksperimen lapangan. Data dianalisa dengan
menggunakan analisa statistik non parametik. Hasil analisis varian ranking satu arah
menunjukkan, bahwa keanekaragaman anggota kelompok kerja serta keterikatan
individu- individu untuk tetap berinteraksi di dalam kelompok berpengaruh secara
signifikan terhadap produktifitas kelompok kerja.
Hasil analisis ranking bertanda untuk data berpasangan mendapatkan, bahwa
kelompok kerja heterogen kohesif secara signifikan Iebih produktif dibandingkan
kelompok kerja homogen yang kohesif. Hasil ini menunjukkan bahwa kelompok kerja
yang keanggotaannya beraneka ragam, anggota kelompoknya berasal dari beberapa
organisasi, serta merasa terikat untuk tetap beninteraksi guna mencapai tujuan
kelompok akan jauh lebih produktif dìbandingkan kelompok kerja yang anggota
kelompoknya berasal dari satu organisasi.
Ada satu hal yang menarik sebagai hasil dan penelitian ini yaitu faktor kohesifitas
kelompok ternyata tidak berpengaruh terhadap produktifitas yang anggota-anggota
kelompoknya berasal dan satu organisasi.
Namun studi ini masih perlu lebih dipertajam dan diperluas, dimana kelompok
kerja yang diteliti diperbanyak dan dibandingkan dengan kelompok kerja yang misi dan
Programnya juga berbeda-beda.
"
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizky
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik penurunan tekanan pada aliran evaporasi dua fase dengan jenis refrigeran propane (R-290) di pipa konvensional horizontal. Kondisi pengujian menggunakan berbagai variasi pengujian yaitu fluks kalor (q), fluks massa (G) dan nilai temperatur saturasi dengan menggunakan test section yang terbuat dari pipa stanless steel berdiameter 7,6 (mm) dengan panjang 1,07 (m). Refrigeran yang mengalir dipanaskan secara merata di sepanjang pipa test section. Hasil yang didapat adalah penurunan tekanan yang dipengaruhi oleh fluks kalor, fluks massa dan temperatur saturasi. Dari ketiga jenis variasi tersebut akan didapatkan nilai penurunan tekanan yang didapatkan secara eksperimen. Nilai penurunan tekanan ini akan dibandingkan dengan nilai penurunan tekanan yang didapat berdasarkan kalkulasi. Permodelan Homogeneous seperti McAdamas, Cicchitti, dan Dukler serta permodelan Separated seperti Lockhart - Martinelli digunakan sebagai pembanding terhadap penurunan tekanan eksperimen. Hal ini untuk melihat prediksi mana yang paling baik dalam penelitian yang dilakukan.

This study aimed to obtain the characteristics of the pressure drop in two - phase flow with evaporating refrigeran types of propane (R - 290) in the conventional horizontal pipe . Test conditions using a variety of tests that heat flux (q) , mass flux (G) and the saturation temperature values using a test section made of stanless steel pipe diameter 7.6 (mm) with a length of 1.07 (m). Refrigeran flowing heated evenly along the pipe test section . The result is that the pressure drop is influenced by the heat flux , mass flux and saturation temperature. From three types of variations will be obtained pressure values obtained experimentally. The pressure drop values will be compared with the value obtained by the pressure drop calculations. Modeling Homogeneous like McAdamas, Cicchitti, and Dukler and modeling Separated like Lockhart - Martinelli used as a comparison against the experimental pressure drop. It is to see where the best prediction of the research undertaken.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sentot Novianto
"An investigation into flow boiling void fraction was conducted to observe its characteristics and to develop a new correlation of void fraction based on the separated model. The study used a natural refrigerant of R-290, flowed in a horizontal tube of 7.6 mm inner diameter under experimental conditions of 3.7 to 9.6oC saturation temperature, 10 to 25 kW/m2 heat flux, and 185 to 445 kg/m2s mass flux. The void fraction, calculated by the present experimental data, was used for comparison with 31 existing correlations, including model types as follows: homogeneous, slip ratio, K?h correlation, drift flux, and a model based on the Lockhart-Martinelli correlation (Xtt). A new void fraction correlation, as a function of liquid and vapor Reynolds numbers, was proposed, based on the data. The measured pressure drop was compared with some pressure drop correlations that use the newly developed void fraction combination. The best prediction was shown by the homogeneous model."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2016
UI-IJTECH 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Hermawan
"Technetium 99m, yang dihasilkan melalui molybdenum-99, merupakan radioisotop terbanyak digunakan di dunia kedokteran nuklir. Untuk memproduksi molybdenum-99, sekarang ini sedang dikembangkan reaktor nuklir jenis aqueous homogeneous reactor (AHR). Meskipun penelitian terkait AHR telah banyak dilakukan, belum begitu banyak referensi yang membahas tentang aspek materialnya, padahal aspek material merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam mendisain AHR. Dalam hal ini, salah satu hal yang perlu untuk diteliti adalah berhubungan dengan integritas struktural bejana AHR yang diakibatkan oleh stress akibat adanya tekanan serta suhu operasi reaktor.
Desain dari bejana harus mampu menahan kondisi pengoperasian normal, kondisi kecelakaan atau abnormal yang mungkin, serta mempertimbangkan adanya cacat retak yang mungkin ada pada bejana. Penelitian ini dilakukan melalui simulasi komputer metode finite elemen (FEM) dengan bantuan software ANSYS sedangkan verifikasinya dilakukan secara eksperimental. Akan tetapi, karena kompleksnya permasalahan dalam sebuah reaktor, maka verifikasi hanya dilakukan dengan cara membandingkan hasil uji tarik pada kondisi AHR dengan simulasi uji tarik dengan ANSYS.
Hasil uji tarik secara eksperimen dan uji tarik secara simulasi ANSYS menunjukan korelasi yang sangat baik sehingga diasumsikan bahwa simulasi yang dilakukan dapat mewakili kejadian yang sebenarnya. Hasil simulasi pada AHR menunjukan bahwa tekanan dan suhu pada bejana berpengaruh pada stress material bejana. Semakin tinggi tekanan dan suhu pada bejana maka akan semakin tinggi juga stress yang diterima oleh material bejana. Ukuran cacat retak yang disimulasikan pada bejana juga memberikan pengaruh pada nilai stress intensity factor (SIF) yang dihasilkan dimana semakin besar ukuran cacat retak, akan menghasilkan nilai SIF yang juga semakin tinggi.
Penggunaan material reflektor juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap stress yang diterima oleh bejana reaktor. Hal ini disebabkan adanya tambahan stress yang berasal dari thermal stress antara material bejana dan juga material reflektor. Dari seluruh simulasi yang dilakukan, nilai equivalent (von-Mises) stress yang dihasilkan masih dibawah nilai yield strength dan fracture toughness (KIC) bejana AHR sehingga integritas bejana masih terjaga dan retak yang ada tidak mengalami propagasi menjadi suatu kegagalan.

Technetium-99m, which is generated through a source of decaying molybdenum-99, is the the most commonly used medical radioisotope. To produce molybdenum-99, nuclear reactor types of homogeneous aqueous reactor (AHR) are being developed by many investigators. Although AHRs-related research have been done, yet many references that discuss the aspects of the material are rarely available. At the same time, material is one of important aspects to consider in designing AHR. In this case, one thing that needs to be investigated in relation to the structural integrity of AHR vessels is the stress caused by the pressure and temperature of the reactor operation.
The design of vessels needs to consider many aspects such as normal operating conditions, possibility of accident or abnormal conditions, as well as consideration of the existence of defects that may exist in the vessel. This research was peformed through a computer simulation by using finite element method (FEM) available in ANSYS. The validity of the simulation was then verified experimentally. However, due to the complication of the reactor, verification was just conducted by comparing the experimental results of tensile test at AHR contiditon with the tensile test simulated by using ANSYS.
The results of the experimental tensile test and the tensile test simulated by using ANSYS showed an excellent correlation. In this case, the results of the simulation was assumed to represent the actual event. The simulation results on AHR show that pressure and temperature in the vessel affect the stress of the vessel material. The higher the pressure and temperature in the vessel, the higher the stress of the vessel material. The size of the simulated crack defects in the vessels also affects the value of stress intensity factor (SIF); the greater the crack the higher the SIF value.
The use of reflector material also has a significant influence on the stress experienced by the vessel reactor. This is due to the additional stress from thermal stress between the vessel and reflector materials. However the equivalent (von-Mises) stressess obtained from all of the simulation are still below the yield strength and fracture toughness (KIC) of the AHR vessel so that the integrity of the vessel is maintained and that any existing cracks would not propagate to becomea a failure.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41765
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Sofwan
"Watermarking merupakan teknik untuk menyisipkan informasi yang disebut watermark kedalam suatu data digital lainnya, tetapi tidak diketahui kehadirannya oleh indera manusia. Sehingga data tersebut dapat didistribusikan tanpa adanya kecurigaan terdapat tanda rahasia didalamnya. Teknik watermarking dibagi menjadi dua, yaitu teknik watermarking yang bekerja pada domain spasial (domain waktu) dan teknik watermarking yang bekerja pada domain transformasi (domain frekuensi). Watermarking yang bekerja dalam domain spasial langsung merubah nilai piksel pada citra atau gambar aslinya. Watermarking pada domain transformasi diperoleh dengan melakukan transformasi image menjadi domain frekuensi. Watermarking dalam domain transformasi seperti Discrete Fourier Transform (DFT), Discrete Wavelet Transform (DWT), Discrete Cosine Transform (DCT) atau Discrete Laguerre Transform (DLT) memiliki lebih banyak keuntungan dan kinerja yang lebih baik daripada teknik yang bekerja dalam domain spasial. Pada makalah ini, dilakukan analisis mengenai DLT berdasarkan ukuran matriks dan membandingkannya dengan DCT.

Watermarking is a technique to insert information called watermark into any other digital data, which is the presence is unknown by human senses. So the data can be distributed without any suspicions there are a secret message in it. There are two techniques in watermarking, spatial domain and frequency or transformation domain. Spatial domain watermarking technique works by changing the original image or picture pixels value into the new pixels value. Frequency domain watermarking technique works by transforming the original image into frequency domain. Frequency domain watermarking techniques such as Discrete Fourier Transform (DFT), Discrete Wavelet Transform (DWT), Discrete Cosine Transform (DCT) or Discrete Laguerre Transform (DLT) have a better performance and advantages than spatial domain watermarking technique. This paper analysed Discrete Laguerre Transform (DLT) by its matrix size and compared it with DCT."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S44624
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cohen, Abner
London: Routledge & Kegan Paul, 1974
301.18 COH t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kasiyah
"Para pakar sepakat bahwa forum diskusi online berpotensi memfasilitasi pembelajaran kolaboratif yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, sekelompok ahli mengajukan Model Community of Inquiry CoI sebagai kerangka kerja pembelajaran kolaboratif online. Diskusi online yang kritis dan mendalam merupakan dinamika dan interaksi timbal balik antara kehadiran sosial, pengajaran, dan kognisi. Kehadiran kognisi yang terdiri atas aktivitas triggering event, eksplorasi, integrasi, dan resolusi merupakan implementasi keterampilan berpikir kritis.Keberhasilan pembelajaran kolaboratif online membutuhkan keterampilan belajar tersendiri yang tidak terbentuk dengan sendirinya. Riset tentang bagaimana mengembangkan keterampilan tersebut masih terbatas. Penelitian ini mengusulkan metode pembekalan Model CoI dengan pendekatan cognitive apprenticeship untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menjalankan peran pembelajar dalam lingkungan pembelajaran kolaboratif melalui forum diskusi online. Penyusunan rancangan pembekalan mempertimbangkan kesiapan awal mahasiswa dan disposisi berpikir kritis. Kontribusi penelitian ini berupa rancangan pembekalan Model CoI, rekomendasi berdasarkan hasil kajian, dan usulan fitur pendukung pembentukan pengetahuan bersama. Rancangan disajikan dalam skrip kronologis untuk memandu pelaksanaan pembekalan dan supaya dapat diadaptasi pada konteks lain.Pembekalan dilakukan terintegrasi dengan mata ajar Aljabar Linier yang diselenggarakan dengan blended-learning. Partisipan terdiri atas mahasiswa semester kedua Fakultas Ilmu Komputer UI yang dibagi dalam dua kelas: dengan pembekalan dan tanpa pembekalan. Respons terhadap survei dan kuesioner metakognisi dan kesiapan belajar online, dan transkrip diskusi merupakan sumber data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan parallel design mixed method untuk meneliti pengaruh pembekalan terhadap kemampuan self-regulation dan co-regulation, strategi belajar, tingkat berpikir kritis, dan pola interaksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembekalan meningkatkan secara signifikan kemampuan metakognisi. Capaian mahasiswa kelas dengan pembekalan dalam menjawab soal dengan argumentasi lebih tinggi. Mereka dapat mengartikulasikan proses akomodasi yang dialaminya. Melalui forum diskusi online, mereka terpapar dengan berbagai strategi belajar dan mendorongnya untuk mengubah strateginya apabila diperlukan. Pembekalan dan pengalaman belajar mampu mengubah persepsi mahasiswa terhadap pemahaman dan tingkat motivasinya sendiri, sehingga lebih menyadari keterbatasan pengetahuannya.Teknologi memfasilitasi diskursus dan merekamnya dalam bentuk transkrip yang dapat dianalisis lebih lanjut. Transkrip diskusi online kelas dengan pembekalan menunjukkan bahwa kualitas pemicu dan ketepatan waktu memberikan pemicu mempengaruhi tingkat keaktifan kelompok. Diskusi paling intensif terjadi di awal periode ketika kelompok berupaya mendefinisikan masalah. Keaktifan menurun pada periode kedua dan ketiga; ketika masalah sudah didefinisikan dan mahasiswa perlu mencari sumber informasi lain serta berpikir mendalam untuk mengintegrasikan gagasan. Keaktifan meningkat lagi menjelang periode diskusi berakhir seiring tuntutan menyelesaikan tugas tepat waktu.Pola dinamika kehadiran sosial, pengajaran, dan kognisi mengikuti pola keaktifan. Kehadiran sosial muncul paling dominan, diikuti kehadiran kognisi, dan pengajaran. Indikator tingkat berpikir kritis yang paling intensif adalah integrasi dalam bentuk mengaitkan antar konsep dan menggabungkan gagasan. Semua kelompok mencapai tingkat integrasi; namun, tidak semua mencapai resolusi. Resolusi dicapai oleh kelompok yang tingkat kehadiran kognisinya tinggi atau yang memiliki fasilitator mahasiswa yang berinisiatif mendefinisikan masalah dan mengarahkan anggota kelompok mengambil peran dalam menyelesaikan tugas.Dalam menyelesaikan tugas melalui diskusi online, mahasiswa menanggapi sekilas pesan sebelumnya kemudian fokus pada penyampaian gagasannya sendiri. Perbedaan pendapat jarang terjadi dan tidak berlangsung lama. Mereka menilai diskusi online bermanfaat memberi stimulus berpikir, memperkaya strategi belajar, dan membantu belajar secara mendalam. Batuan belajar dari sesama pembelajar dalam forum diskusi online berupa: mempermudah pemahaman dengan penjelasan dan contoh, memicu berpikir, berbagi sumber belajar, saling mengonfirmasi pemahaman, dan mendiagnosis miskonsepsi.Pembelajaran kolaboratif online merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa, sehingga awalnya sebagian dari mereka sulit memulai diskusi dan menuangkan pemikiran. Ada rasa kekhawatiran pesan yang disampaikan baik isi maupun pilihan laras bahasa tidak memuaskan. Mereka mengakui kesulitan merangkum berbagai gagasan ketika diskusi berjalan cepat. Menjawab kendala tersebut, penelitian ini mengusulkan fitur pendukung pembentukan pengetahuan bersama dengan menyusun rangkuman secara kolaboratif. Pengembangan dan implementasi fitur tersebut dan penerapan rancangan pembekalan Model CoI pada konteks berbeda merupakan topik riset mendatang dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran kolaboratif online.

Experts agree that online discussion forum has the potential to facilitate collaborative learning that enhances critical thinking skills. To create meaningful learning experiences, a group of experts proposed the Community of Inquiry CoI Model as a framework for collaborative online learning. The model captures in depth and meaningful collaborative online discussion process as the dynamic and reciprocal interactions between social, cognition, and teaching presences. Cognitive presence, operationalized as critical thinking, involves triggering event, exploration, integration and resolution.Effective online collaborative learning requires different skills as compared to face to face learning activities. Research on how to develop such skills is still limited. This study proposes a training method of the CoI Model to improve students 39 ability to fulfill their role in collaborative learning through online discussion forum. Contributions of the study are a training design of the CoI Model using cognitive apprenticeship approach, recommendations based on the findings, and proposed feature to support group knowledge building. The design is presented in chronological script to guide facilitators and to be adapted in other contexts by educators if needed.The training is integrated with Linear Algebra course conducted in blended learning approach. Participants, computer science students of the second semester, are grouped into two classes with and without the training. Quantitative and qualitative data of the metacognitive and e Learning competency questionnaires, in depth survey, and discussion transcripts were analyzed with a parallel design mixed method to investigate the impact of the training on students rsquo self regulation and co regulation, learning strategies, critical thinking, and patterns of interaction.Study results show that the training significantly increase the average score of metacognition. In line with this finding, students with the training perform better in answering questions that required them to argue. They implement various learning strategies in online discussion forum and are able to articulate the process of accommodation they are going through. The learning experience changes students 39 perceptions of their own understanding and motivation level. They become more aware of the limitations of their own understanding and level of motivation.The technology of online discussion forum accommodates discourse and records it in forms of transcript, so it can be further analyzed. The online discussion transcripts of the class with the training show that timeliness and quality of triggers positvely correlated to the level of participation. The most intensive attendance occurred at the beginning, as the groups seek to define the problem. The level of participation decreases in the second and third periods, since the problem has been defined and the they need time for reflection and seach relevant information before they explore ideas and integrate them to solve the problem. Before the discussion period ends, students become more active again to complete the task on time.The pattern of the attendance levels of social, teaching, and cognitive presences follows the same pattern as the participation levels. Students exhibit highest social presence, followed by cognitive and teaching presences. The most dominant critical thinking level is integration in the forms of linking between concepts and integrate ideas within learning community. All groups reach integration level, but not all of them attain resolution. Resolution is achieved by groups of high level cognitive presence or those having voluntary student facilitators who take the role of defining the problem and directing group members to take their parts.In completing the task through online discussions, students respond to glimpse previous messages, then focus on the delivery of their own ideas. Conflicting of opinions is rare and disagreement does not last long. Most students find online discussion useful to deepen learning, stimulate thinking, and enhance learning strategies. Learning support from peers is obtained through providing examples, sharing knowledge and learning resources, stimulating thinking, confirming understanding, and diagnosing misconceptions.Online collaborative learning is a new experience for most respondents therefore, at the beginning they find it difficult to initiate a discussion and to present their thought in text. They concern the conveyed messages both content and choice of words are not satisfactory. They have difficulty summarizing the emerging ideas in the online forum. This study proposes a feature integrated with online discussion forum to facilitate shared knowledge construction by compiling a summary collaboratively. Development and implementation of this feature and an adoption of the the training method in different contexts are future research topics to improve online collaborative learning."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
D2356
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Indri Hapsari
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk memperlihatkan keterkaitan ruang dengan identitas dalam novel The Leavers (2017) karya Lisa Ko yang berfokus pada tokoh bernama Deming Guo yang nantinya menjadi Daniel Wilkinson. Novel tersebut dianalisi dengan menggunakan teori Hall (1990) dan Longhurst, dkk. (2008). Hasil analisis menunjukkan adanya krisis identitas pada tokoh generasi kedua imigran Cina yang disebabkan oleh perubahan ruang dan dominasi budaya di dalamnya. Budaya dominan dalam setiap ruang menimbulkan krisis identitas pada tokoh Deming/Daniel sehingga perlu adanya upaya beradaptasi dalam ruang tersebut. Ruang homogen memberikan tekanan yang lebih berat dibandingkan dengan ruang heterogen. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya pembagian ruang publik dan ruang privat sehingga menghasilkan dominasi yang lebih longgar. Strategi negosiasi yang digunakan oleh tokoh perlu memperhatikan karakteristik ruang yang ditinggali. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan identitas bersifat cair dan sesuai dengan wadah yang menampungnya. Sifat cair yang dimiliki identitas dap

ABSTRACT
This thesis aims to explicate the linkage of space with identity crisis in Lisa Kos The Leavers (2017) which focuses on the character of Deming Guo who renamed as Daniel Wilkinson. Theories that are initiated by Hall (1990) dan Longhurst, et al. (2008) is used to analyze this novel. The result of the analysis indicates an identity crisis in the second generation of Chinese immigrants caused by changes in space and dominance in it. The dominant culture in each space forms a different identity causing an identity crisis on Deming/Daniel character. Therefore, adaptation needs to be pursued to minimize the identity crisis. Homogeneous space provides more severe pressure than heterogeneous space. This difference is caused by the division of homogeneous space into public spaces and private space resulting in more loose dominance. Negotiation strategies used need to consider the space characteristics. Identity can be formed according to the container that holds it. The nature of identity can adversely affect the awareness of identity so it needs to be negotiate"
2018
T51999
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Triyana
"Chatbot merupakan salah satu aplikasi berupa sarana yang dapat mengoptimalkan distribusi layanan kepada pelanggan dengan meminimalkan komunikasi dengan agen manusia langsung di tingkat pertama. Percakapan chatbot dapat diterapkan melalui teks atau text-to-speech atau suara. Pertumbuhan pasar itu sendiri meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk mempertimbangkan platform chatbot terbaik menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) yang dikombinasikan dengan metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk pasar di Indonesia. Dengan demikian, pasar dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan mencapai kepuasan pelanggan dengan pengiriman layanan responsif yang didukung oleh platform chatbot terpilih.

A chatbot is one of applications which can optimize service distribution to the customer by minimizing the communication with live human agents in the first level. Chatbot’s conversation could be applied via text or text-to-speech or voice. The marketplace growth itself is mounting in past years. The main purpose of this paper is to consider the best chatbot platform using Analytic Hierarchy Process (AHP) combined with Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) methods for the marketplace in Indonesia. Thus, the marketplace could gain a competitive advantage and achieve customer satisfaction with responsive service delivery supported by a selected chatbot platform."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>