Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15788 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ria Desnita
"The learning process in higher nursing education develops student competences, such as applying standard precautions, in providing professional nursing care. To improve student knowledge and compliance related to standard precautions requires innovation from lecturers in providing appropriate learning methods. Peer-assisted learning (PAL) can enhance the active role of students and improve achievement. The PAL method involves senior students as peer teachers who help junior students. Using a questionnaire as an assessment instrument, this study aimed to determine the effectiveness of PAL on knowledge and compliance in the application of standard precautions in student nurses. This study design was quasi experimental with pre and post assessment and a control group design approach. This research was conducted at the D Hospital in Padang, Indonesia, a hospital where students practice. This study was conducted in June–September 2017 with a sample size of 45. Data analysis using paired t-test showed that the average values of the level of knowledge and skills of students in the application of standard precautions before and after PAL methods differed significantly in the intervention group (p= 0.001). In conclusion, PAL can be applied in the learning process of nursing students to increase student achievement.

Proses pembelajaran dalam pendidikan tinggi keperawatan mengembangkan kompetensi siswa, seperti menerapkan tindakan pencegahan standar, dalam memberikan asuhan keperawatan profesional. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan mahasiswa terkait kewaspadaan standar, dibutuhkan inovasi dari dosen dalam memberikan metode pembelajaran yang tepat. Peer-assisted learning (PAL) dapat mening-katkan peran aktif siswa dan meningkatkan prestasi. Metode PAL melibatkan mahasiswa senior sebagai peer-teacher yang membantu mahasiswa junior. Menggunakan kuesioner sebagai instrumen penilaian, penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas PAL pada pengetahuan dan kepatuhan dalam penerapan kewaspadaan standar pada maha-siswa keperawatan. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan penilaian pre dan post dan pendekatan control group design. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit D di Padang, Indonesia, sebuah rumah sakit tempat praktik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada Juni–September 2017 dengan sampel 45. Analisis data menggunakan paired t-test menunjukkan bahwa nilai rerata tingkat pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam penerapan kewaspadaan standar sebelum dan sesudah metode PAL berbeda secara signifikan pada kelompok intervensi (p= 0,001). Kesimpulannya, PAL dapat diterapkan dalam proses belajar siswa keperawatan untuk meningkatkan prestasi siswa."
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
610 UI-JKI 23:3 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Desnita
"The learning process in higher nursing education develops student competences, such as applying standard precautions, in providing professional nursing care. To improve student knowledge and compliance related to standard precautions requires innovation from lecturers in providing appropriate learning methods. Peer-assisted learning (PAL) can enhance the active role of students and improve achievement. The PAL method involves senior students as peer teachers who help junior students. Using a questionnaire as an assessment instrument, this study aimed to determine the effectiveness of PAL on knowledge and compliance in the application of standard precautions in student nurses. This study design was quasi experimental with pre and post assessment and a control group design approach. This research was conducted at the D Hospital in Padang, Indonesia, a hospital where students practice. This study was conducted in June–September 2017 with a sample size of 45. Data analysis using paired t-test showed that the average values of the level of knowledge and skills of students in the application of standard precautions before and after PAL methods differed significantly in the intervention group (p= 0.001). In conclusion, PAL can be applied in the learning process of nursing students to increase student achievement.

Proses pembelajaran dalam pendidikan tinggi keperawatan mengembangkan kompetensi siswa, seperti menerapkan tindakan pencegahan standar, dalam memberikan asuhan keperawatan profesional. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan mahasiswa terkait kewaspadaan standar, dibutuhkan inovasi dari dosen dalam memberikan metode pembelajaran yang tepat. Peer-assisted learning (PAL) dapat mening-katkan peran aktif siswa dan meningkatkan prestasi. Metode PAL melibatkan mahasiswa senior sebagai peer-teacher yang membantu mahasiswa junior. Menggunakan kuesioner sebagai instrumen penilaian, penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas PAL pada pengetahuan dan kepatuhan dalam penerapan kewaspadaan standar pada maha-siswa keperawatan. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan penilaian pre dan post dan pendekatan control group design. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit D di Padang, Indonesia, sebuah rumah sakit tempat praktik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada Juni–September 2017 dengan sampel 45. Analisis data menggunakan paired t-test menunjukkan bahwa nilai rerata tingkat pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam penerapan kewaspadaan standar sebelum dan sesudah metode PAL berbeda secara signifikan pada kelompok intervensi (p= 0,001). Kesimpulannya, PAL dapat diterapkan dalam proses belajar siswa keperawatan untuk meningkatkan prestasi siswa."
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
610 UI-JKI 23:3 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vanda Nur Azizah
"Anatomi merupakan salah satu bidang ilmu yang fundamental bagi mahasiswa keperawatan. Namun, banyak mahasiswa yang memiliki tingkat pengetahuan kurang pada bidang ilmu ini. Pengembangan teknologi simulasi virtual reality sebagai metode pembelajaran menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian dengan desain pre-experimental ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat motivasi dan kepuasan dengan tingkat pengetahuan menggunakan virtual reality. Sampel penelitian adalah 69 mahasiswa Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia angkatan 2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain Questionnaire of Motivation Dimension to Choose Learning Method using Virtual Reality Simulation, Satisfaction with Simulation Experience Scale, dan kuesioner tingkat pengetahuan organ dalam tubuh manusia. Hasil penelitian menunjukkan 87% mahasiswa memiliki tingkat motivasi dan 98,6% mahasiswa memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Tidak terdapat hubungan signifikan antara tingkat motivasi dan tingkat pengetahuan (p = 0, 830). Selain itu, tidak terdapat hubungan antara tingkat kepuasan dan tingkat pengetahuan (p = 0,070). Virtual reality direkomendasikan untuk dikembangkan sebagai metode pembelajaran dalam pendidikan keperawatan.

Anatomy is a fundamental field for nursing students. However, many students have a low level of knowledge in this field. The development of virtual reality simulation technology as a learning method is one way that can be done to overcome this. This research with pre-experimental design aims to determine the relationship between the level of motivation and satisfaction with the level of knowledge using virtual reality. The research sample was 69 Regular Undergraduate students from the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia class of 2020. The instruments used in this study included the Questionnaire of Motivation Dimension to Choose Learning Method using Virtual Reality Simulation, Satisfaction with Simulation Experience Scale, and a questionnaire on the level of knowledge of organs in human body. The results showed that 87% of students had a high level of motivation and 98.6% of students had a high level of satisfaction. However, there was no significant relationship between the level of motivation and the level of knowledge (p = 0.830). In addition, there is no relationship between the level of satisfaction and the level of knowledge (p = 0.070). Virtual reality is recommended to be developed as a learning method in nursing education."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lysaught, Jerome P.
New York: McGraw-Hill, 1974
610.73 LYS a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Visya Septiana
"Bahasa Keperawatan Terstandarisasi atau Standardized Nursing Language (SNL) merupakan komponen penting pada dokumentasi keperawatan. Penerapan SNL pada dokumentasi keperawatan di Indonesia belum optimal disebabkan oleh perbedaan variasi jenis SNL yang digunakan dan karakteristik perawat yang beragam membuat adanya perbedaan persepsi penerapan SNL pada dokumentasi keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, bertujuan meneliti korelasi antara karakteristik perawat dengan persepsi tentang SNL. Sampel pada penelitian ini diambil dengan metode consecutive sampling sebanyak 100 perawat dari RSUD X Jakarta Selatan. Instrumen penelitian adalah “Kuesioner Persepsi Perawat tentang SNL” yang dimodifikasi oleh Visya Septiana dengan nilai validitas 0,355 dan nilai realibilitas Cronbach's Alpha 0,929. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson, uji korelasi Spearman dan Independent T-Test. Hasil uji bivariat menunjukkan hasil jenjang pendidikan dengan p value 0,041, masa kerja (p value 0,044), tahun kelulusan (p value 0,047) dan pengalaman pelatihan SNL NANDA-I, NIC dan NOC (p value 0,035). Peneliti merekomendasikan upaya peningkatan pendidikan dan pelatihan SNL kepada perawat agar dapat menerapkan SNL dalam dokumentasi keperawatan.

Standardized Nursing Language (SNL) is an important component in nursing documentation. The application of SNL in nursing documentation in Indonesia has not been optimal, due to the various types of SNL used and the various characteristics of nurses which resulting in different perceptions of SNL implementation. This study uses a cross sectional approach to examine the correlation between nurse characteristics and their perceptions about SNL. The sample in this study was taken by consecutive sampling method as many as 100 nurses from Hospital X in South Jakarta. The research instrument used was “The Nurse's Perception of SNL Questionnaire” modified by Visya Septiana with validity rate 0.355 and Cronbach's Alpha rate 0.929. The analysis of this research using the Pearson correlation test, the Spearman correlation test and the Independent T-Test. Bivariate test results showed a significant relationship between the type of education (p value 0.041), years of service (p value 0.044), year of graduation (p value 0.047) and experience of NANDA-I, NIC and NOC training (p value 0.035) with perceptions of SNL as the dependent variable. Researcher recommend efforts to develop the education or training of SNL to nurses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendro
"Telah terjadi penurunan kinerja perawat di RS Santa Elisabeth Batam dari tahun 2019 sampai dengan semester I tahun 2023. Penurunan kinerja perawat ini dapat menimbulkan dampak yang tidak baik terhadap rumah sakit terutama pada keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh coaching pada asuhan keperawatan dan komunikasi perawat terhadap kinerja perawat serta dipengaruhi oleh faktor demografi perawat. Metode penelitian bersifat kuantitatif melalui rancangan penelitian quasi experiment dengan pendekatan pre and post control group. Hasil penelitian dengan uji paired sample T test antara kelompok intervensi sebelum coaching dan sesudah coaching adalah 0,000 dan uji paired sample T test antara kelompok kontrol sebelum coaching dan tanpa coaching adalah 0,081. Untuk hasil penelitian dengan uji independent sample T test antara kelompok intervensi setelah coaching dan kelompok kontrol tanpa coaching adalah 0,000. Dengan uji statistik deskriptif pada faktor demografi perawat setelah coaching terhadap kinerja perawat dengan hasil menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, lama kerja dan status penikahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah intervensi coaching pada asuhan keperawatan dan komunikasi perawat dapat meningkatkan kinerja perawat.

There has been a decline in the performance of nurses at Santa Elisabeth Batam Hospital from 2019 to the first semester of 2023. This decline in nurse performance could have an adverse impact on the hospital, especially on patient safety. The aim of this research is to determine the effect of coaching on nursing care and nurse communication on nurse performance and is influenced by nurse demographic factors. The research method is quantitative through a quasi-experimental research design with a pre and post control group approach. The results of research using the paired sample T test between the intervention group before coaching was 0.000 and the paired sample T test between the control group before coaching and without coaching was 0.081. For research results using the independent sample T test between the intervention group after coaching and the control group without coaching was 0.000. With descriptive statistical tests on nurse demographic factors after coaching on nurse performance, the results showed that there were no significant differences in gender, age, education level, length of work and marital status. The conclusion of this research is that coaching interventions in nursing care and nurse communication can improve nurse performance."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tornyay, Rheba de
New York: John Wiley & Sons, 1982
610.73 TOR s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hale, Tammy J.
New York: Delmar, 2011
610.73 HAL s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sukarmin
"Insiden gagal jantung mengalami peningkatan yang pesat Di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita RSJPDHK tahun 1999 tercatat 30 pasien hari pada tahun 2000 naik menjadi 60 pasien hari Salah satu faktor penyebab kegagalan jantung adalah penyakit jantung koroner Salah satu tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi koroner adalah operasi CABG Jumlah pasien yang mengalami kecemasan post CABG cukup tinggi Tindakan keperawatan dengan PMR dan doa cukup signifikan menurunkan kecemasan pasien post CABG Pendekatan asuhan keperawatan dengan model Self Care Orem yang diterapkan pada pasien gangguan kardiovaskuler di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita menunjukkan kemajuan yang beragam masing masing kasus dari membutuhkan tindakan kategori whoolly compensatory menjadi kategori partially compensatory dan supportive educative Tindakan inovasi keperawatan yang dapat meningkatkan kemampuan asuhan keperawatan perawat adalah dengan menyusun pedoman intervensi keperawatan Pedoman ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan

The incidence of heart failure has increased rapidly Cardiovascular Center Harapan Kita RSJPDHK in 1999 recorded 30 patients day in 2000 increase to 60 patients day One of the causes of heart failure are coronary heart disease Preventive actions can be done in a CABG The number of patients who experienced post CABG is high anxiety Nursing intervention with PMR and prayer significantly to lower patient anxiety post CABG Approach to nursing care Orem Self Care model is applied to the patient's cardiovascular disorders at Cardiovascular Center Harapan Kita showed mixed progress of each case requires action from category partially whoolly to compensatory compensatory and supportive educative Nursing innovations that can improve the ability of nursing care is to develop guidelines for nursing interventions These guidelines may improve knowledge and skills of nurses in providing nursing care Keywords Heart Failure PMR and prayer Orem Self Care nursing innovation
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sotejo, Julita Villaruel
Philippines: Apson , 1977
610.73 SOT l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>