Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19393 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jamila Lestyowati
"Pendidikan antikorupsi harus meningkatkan pemahaman konsep antikorupsi dan motivasi hidup dengan perilaku antikorupsi. Penelitian ini menganalisis penggunaan metode storytelling dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep tersebut. Penelitian menggunakan tindakan kelas yang diterapkan pada materi antikorupsi pelatihan dasar(Latsar)."
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi, 2020
364 INTG 6:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Katry Oktariani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mendongeng para ibu siswa PAUD Al-Ikhlas, Serpong sebagai salah satu metode yang dapat digunakan dalam mendidik konservasi air bersih kepada anak mereka. Terdapat tiga macam intervensi yang dilakukan, yaitu pendidikan konservasi air bersih, pelatihan dongeng tentang air bersih, dan pembagian stiker mengenai cara menghemat air bersih. Berdasarkan seluruh rangkaian intervensi yang telah dilakukan, sebanyak 18 ibu siswa PAUD Al-Ikhlas, Serpong menunjukkan peningkatan keterampilan mendongeng konservasi air bersih secara signifikan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan dalam mendukung gerakan konservasi air bersih.

ABSTRACT
This study aims to improved the skills of mothers of students PAUD Al Ikhlas, Serpong in educated their children to save fresh water. There are three kinds of interventions water conservation education, training of storytelling about fresh water, and sticker how to save fresh water. Based on the entire series of interventions that have been done, as many as 18 mothers of students PAUD Al Ikhlas, Serpong showed significant improvement in water conservation storytelling skills. The results of this research can be used to support the movement of fresh water conservation."
2017
T47651
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tambunan, Anton Sujarwo
"

Penggunaan media sosial tidak dapat dihindari lagi sebagai bagian dari strategi persuasi modern. Cerita yang menarik disampaikan melalui digital storytelling  adalah hal yang ampuh dalam persuasi. Tesis ini membahas topik persuasi kebijakan publik yang dibangun Kementerian ESDM melalui digital storytelling dikanal Youtube nya dan mengidentifikasi sumber semiotik yang digunakan sebagai elemen pembentukan makna persuasi dalam youtube Kementerian ESDM. Penelitian   ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis multimodal dengan pendekatan Sistemik Fungsional (Systemic Functional Multimodal Analysis). Penelitian ini menemukan bahwa Kementerian ESDM telah membangun persuasi kebijakan publiknya melalui digital storytelling dikanal Youtube nya hal ini dapat dilihat dari plot, setting dan karakter. Penyusunan plot dalam ketiga video menghadirkan cerita bergerak menuju akhir yang bahagia (happy-ending story). Setting / latar cerita tiga video tersebut berada didaerah tertinggal dan terpencil untuk menguatkan persuasi dan makna naratif bahwa kebijakan publik dari Kementerian ESDM telah tepat karena menjangkau rakyat yang belum tersentuh ketersediaan air dan listrik. Karakter melalui narator dalam video mempunyai fungsi menyampaikan pandanganya terhadap kebijakan publik yang telah dirasakan kehadiranya. Temuan lainnya adalah dalam membangun persuasi kebijakan publiknya, Kementerian ESDM telah menggunakan sejumlah sumber semiotik sebagai elemen pembentuk makna seperti partisipan, kinesics action, locative circumstance, visual collocation maupun speech.


The focus of this study is the The used of social media is inevitable as part of a modern persuasion strategy. Interesting stories delivered through digital storytelling are powerful things in persuasion. This thesis discussed about the topic of public policy persuasion that was built by the Ministry of Energy and Mineral Resources (MEMR) through its digital storytelling canalical and identifies semiotic sources that are used as formation elements of persuasion meaning in the MEMR youtube. This research was a qualitative research using multimodal analysis with a Systemic Functional Multimodal Analysis. This study discovered  the MEMR has built its public policy persuasion through its digital storytelling on Youtube, which can be seen from plots, settings and characters. Arranging plots in all three videos presents stories moving towards  (happy-ending story). The story setting of the three video stories located in small and isolated area that affirmed the persuasion and narrative meaning that the public policy of the MEMR was appropriate because it reaches people who had not been touched by the availability of water and electricity. The character in the video has the function of conveying his views on the public policies that he has been feeling. Another discovered was develop public policy persuasion, Ministry of Energy and Mineral Resources has used a number of semiotic sources as elements that form meaning such as participants, kinesics action, locative circumstances, visual collocation and speech.

"
2019
T53217
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Itabiliana
"Calam penelitian oleh Suradijono, S.H. (1998), terhadap sejumlah siswa Sekolah Menengah Obiijm di Jakarta, mengidentifikasi 16 strategi, yaitu : sadar-tahu, evaluasi teks, baca-ulang, pengulangan, tanya-apa, pengartian, tanya-informasi, evaluasi pengetahuan, senjang-masalah, tanya-hipotesa, pengetahuan-baru, verifikasi, parafrase, penyircpulan, elaborasi, dan antisipasi. Perbedaan antara keenambelas strategi belajar ini dapat ditinjau dari peitiahaman bacaannya.
Menurut Perfetti (1989), pemahaman bacaan dibedakan menjadi dua, yaitu mencapai arti teks dan mencapai interpretasi teks. Berdasarkan p^hkiran Perfetti tersebut, Suradijono, S .H. (1999), mengemukakan bahwa strategi-strategi yang terrnasuk dalam mencapai arti teks adalah sadar-tahu, tanya-apa, baca-ulang, pengulangan, evaliaasi teks, pengartian, dan tanya-informasi. Di sini, siswa hanya terfokus pada simbol-sirtibol dalam teks dan kurang inferensial atau dengan kata lain, siswa kurang berusaha mengaitkan apa yang dibacanya dengan apa yang ada di luar teks, yaitu pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki. Sedangkan strategi elaborasi, penyimpulan dan antisipasi pemahaitiannya telah mencapai interpretasi teks yang sifatnya lebih luas, tidak hanya terbatas pada simbol-simbol dalam teks dan lebih inferensial. Dalam hal ini, usaha lebih besar dilakukan siswa untuk mengikutsertakan pengetahuan terdahulunya dalam menginterpretasi apa yang dibacanya dalam teks.
Strategistrategi belajar yang lain, tanya-hipotesa, verifikasi, senjangmasalah, pengetahuan-baru, evaluasi pengetahuan dan parafrase digolongkan ke dalam strategi peralihan karena tidak bisa dimasukkan ke dalam dua kelortpok strategi belajar di atas. Dari penjelasan di atas, nanpak bahwa strategi belajar yang memiliki pemahaman interpretasi teks atau paling tidak strategi peralihan besar perannya untuk keberhasilan pendidikan siswa. Karena itu, alangkah baiknya jika penggunaan strategi-strategi belajar tersebut lebih dominan dibanding strategi yang hanya memiliki pemahaman arti teks. Strategi belajar ini harus diajarkan, bukan bawaan dan tidak bisa ditunggu sairpai siswa dengan sendirinya merrperoleh strategi tersebut karena akan memakan waktu lama sedangkan strategi belajar akan lebih banyak meraberikan keuntungan bagi siswa jika digunakan sedini mungkin dalam jenjang pendidikannya.
Ketika siswa duduk di kelas 6 Sekolah Dasar tarrpaknya merupakan waktu yang paling tepat untuk siswa menerima pengajaran strategi belajar ini karena pada saat ini siswa telah menpunyai kemairpuan raembaca yang balk dan kemampuan raengolah inforrtiasi yang lebih jauh daripada siswa dari kelas-kelas di bawahnya. Selain itu, siswa sebentar lagi akan menginjak jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dunana siswa akan berhadapan dengan pelajaran yang lebih banyak dan korpleks lagi. Untuk itu, perlu dicari suatu cara yang dapat mertibantu mengernbangkan strategi belajar siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Reciprocal teaching merupakan metode yang paling mungkin untuk diberikan kepada siswa kelas 6 SD karena metode ini memang disusun untuk siswa grade 1 (Moore, 1991) yang range usianya hairpir sama dengan usia siswa kelas 6 SD.
Penelitian ini bertujuan melihat seberapa jauh pelatihan dengan modul yang disusun peneliti berdasarkan metode reciprocal teaching dapat membantu siswa kelas 6 SD untuk mengernbangkan strategi belajar. Manfaat dari penelitian ini dapat dilihat dari dua segi, teoritis dan praktis. Dari segi teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk penelitian-penelitian selanjutnya, terutama penelitian mengenai penggunaan metode-metode lain dalam pengembangan strategi belajar. Sedangkan dari segi praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat roemberikan sumbangan dalam dunia pendidikan, khususnya sumbangan metode pengajaran yang dapat menbantu siswa kelas 6 SD mengernbangkan strategi belajamya. Sebelum penerapan metode reciprocal teaching dalam pelatihan yang berlangsung sebanyak 8 kali sesi pelatihan, akan dilakukan pretest terhadap subyek dengan menggunakan tehnik think-aloud agar dapat diketahui bagaimana strategi belajar subyek sebelum mendapat metode reciprocal teaching. Tehnik yang sama akan dipakai untuk posttest setelah subyek mendapat metode reciprocal teaching.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan modul metode reciprocal teaching telah membantu subyek mengernbangkan strategi belajamya dari dcminansi strategi belajar dengan pemahaman arti teks ke arah doninansi strategi belajar peralihan dan strategi belajar dengan pemahaman interpretasi teks, kecuali strategi antisipasi."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1999
S2747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hartati Hassan
"This research has the aims to describe the students' motivation in learning English as a foreign language and to prove whether motivation influences students' achievement. The researcher replicates motivational construction from Tremblay and Gardner (1995) with some adaptation to the social environment of learners. In this construction, language attitude is determined as a factor to arise motivation. Motivation is divided into motivational antecedent and motivational behavior. This research has three variables: language attitude as an independent variable; motivational antecedent and motivational behavior as a mediating variable; and students' learning achievement as a dependent variable. The subjects consist of ninety-nine participants of Lembaga Bahasa LIA Afiliasi Bandar Lampung, one of the private English courses in Bandar Lampung. Questioners are distributed for collecting the data of motivation and the English test is used for students ' achievement. The data are analyzed in two ways: the simple profile model and the causal model. The simple profile model shows that students' motivation stresses more on instrumental rather than integrative. Most of the students studying English for the reason of having a good job in the future. Seven hypotheses have to be proved to see the influence of each part of the motivational"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1999
T38082
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liu, Fuhua
Beijing China : Language and Culture University Press, 2009
SIN 495.18 LIU tk (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Liu, Fuhua
Beijing China : Language and Culture University Press, 2009
SIN 495.LIU ts (1);SIN 495.18 LIU ts (2);SIN 495.18 LIU ts (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Eko Lestari Ninggarwati
"Setiap Jurusan akan mempunyai perbedaan terhadap pemakaian alat bantu pengajaran yang disenangi mahasiswa, yaitu :
1.Jurusan Sekretaris Lebih menyenangi pemakaian alat bantu pengajaran berupa OHP dibandingkan Papan Tulis.
2.Jurusan Akuntansi lebih menyenangi pemakaian alat bantu pengajaran Papan Tulis dibanding OHP.
3.Jurusan Perbankan lebih menyukai pemakaian alat bantu pengajaran Papan Tulis dibandingkan OHP.
Perbedaan pemakaian alat bantu. pengajaran lebih banyak dipengaruhi materi yang diajarkan, apakah bentuk hitungan atau tidak.
Pengolahan data yang dilakukan secara statistik dapat disimpulkan, bahwa mahasiswi Sms.I dan II Jur.Akuntansi akan dapat mengerti materi kuliah bila sesuai dengan criteria. Ini dibuktikan pengujian hypotesis yang diterima karena atau t0>tα/2 (156) atau 11,6 >1,960. Pengujian yang dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Perbankan sms III dan IV dapat diterima, karena perhitungan to> tα/2 (159) atau 12, 249>1, 960. Pengujian terhadap mahasiswi (wanita) jurusan Sekretaris VdanVI dapat diterima, karena t0> tα/2 (207) atau. 13,567> 1, 960.
Untuk dapat meningkatkan pemahaman materi kuliah guna meningkatkan efektivitas program diploma III sesuai dengan tujuan, harus disesuaIkan dengan kesukaan mahasiswa/mahasiswi terhadap pemakaian alat bantu pengajaran yang ada."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1993
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Yoan Ramadhan
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tokoh Bustami Abdul Gani dan strategi pengajaran bahasa Arab yang digunakannya dalam penerapan metode langsung. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan historis dan studi pustaka. Pendekatan historis digunakan untuk menelusuri riwayat hidup Gani yang sudah meninggal. Studi pustaka digunakan untuk menganalisis sumber dengan mengandalkan buku atau jurnal penelitian yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gani adalah seorang ahli dan pengajar bahasa Arab yang telah menaruh perhatian pada pengembangan pengajaran bahasa Arab di Indonesia. Semangatnya dalam mengajar dan mengembangkan metode pengajaran bahasa Arab harus diteruskan oleh generasi setelahnya. Suatu metode dalam pengajaran bahasa Arab tidak dapat diterapkan pada semua lembaga pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu metode pengajaran bahasa Arab. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, Gani mengemukakan sebuah strategi yang dapat dilakukan oleh pengajar bahasa Arab dalam penerapan metode langsung. Metode langsung adalah metode pengajaran bahasa Arab dengan cara guru langsung menerapkan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar tanpa menggunakan bahasa ibu. Dengan digunakannya strategi tersebut, diharapkan pengajaran bahasa Arab di Indonesia menjadi semakin baik.

This research aims to explain the figure of Bustami Abdul Gani and the Arabic teaching strategy he used in applying the direct method. This research uses qualitative descriptive analysis method with historical approach and literature study. The historical approach is used to trace the life history of the deceased Gani. Literature study is used to analyze sources by relying on related books or research journals. The results show that Gani was an Arabic language expert and teacher who had paid attention to the development of Arabic language teaching in Indonesia. His passion in teaching and developing Arabic teaching methods should be continued by the generation after him. A method in teaching Arabic cannot be applied to all educational institutions. Many factors affect the success or failure of an Arabic language teaching method. To achieve this success, Gani suggests a strategy that can be done by Arabic language teachers in the application of the direct method. The direct method is a method of teaching Arabic by means of the teacher directly applying Arabic as the language of instruction without using the mother tongue. With the use of this strategy, it is hoped that Arabic language teaching in Indonesia will be better."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>