Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 223736 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eveline
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah insecure attachment (anxiety attachment, avoidance attachment) mempengaruhi perilaku self-gifting baik sebagai reward atau untuk mengatasi personal disappointment. Dalam penelitian ini menggunakan riset deskriptif single-cross sectional design, dengan metode pengumpulan data dengan self-administered questionnaire Google Forms dengan skala likert 1-6 yang dilakukan pada 150 responden yang diperoleh melalui purposive sampling dengan melakukan screening pada konsumen yang pernah melakukan self-gifting dalam sebulan terakhir. Olah data kemudian dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Dan hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa anxiety attachment dan avoidance attachment mempengaruhi likelihood to engage self-gifting for personal disappointment. Pada penelitian ini juga anxiety attachment terbukti mempengaruhi likelihood to engage self-gifting for reward. Dan sementara itu, avoidance attachment terbukti tidak mempengaruhi likelihood to engage self-gifting for reward

This study examines whether the insecure attachment (anxiety attachment and avoidance attachment) affects the self-gifting behavior either as a reward or to overcome personal disappointment. This study used the descriptive research method, single-cross sectional design, and Google Forms self-administered questionnaire with a likert scale of 1-6, that conducted on 150 respondents obtained through purposive sampling by screening on the consumers who have done self-gifting within a month. The data was then processed and carried out using SmartPLS 3.0. This study's results indicate that attachment anxiety and avoidance attachment affects the likelihood to engage in self-gifting for personal disappointment. The anxiety attachment is also proven to affect the likelihood to engage in self-gifting for the reward. Meanwhile, the avoidance attachment is not proven to affect the likelihood to engage in self-gifting for the reward
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizal Firmansyah
"Kesepian pada mahasiswa semakin meningkat dan sudah mencapai status kekhawatiran global. Penelitian terdahulu menemukan bahwa pemenuhan need for relatedness berhubungan dengan kesepian, insecure attachment. Penelitian ini merupakan korelasional dan bertujuan untuk melihat peran mediasi pemenuhan need for relatedness dalam hubungan antara attachment anxiety dan avoidance dengan kesepian pada mahasiswa di Indonesia. Tiga instrumen penelitian yang digunakan, antara lain (1) University of California Los Angeles Loneliness Scale Version 3 untuk mengukur kesepian Zulkifli, 2021); (2) Basic Psychological Needs Satisfaction Scales untuk mengukur pemenuhan need for relatedness (Ryan & Deci, 2001); dan Experience in Close Relationship-Global Version (Khadijah, 2021) untuk mengukur attachment anxiety dan attachment avoidance. Sampel penelitian ini berasal dari 134 mahasiswa dengan rata-rata usia 21 tahun (M= 20,92%) dan lama studi 8 semester (M= 40,3%). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemenuhan need for relatedness berperan sebagai mediator parsial dalam hubungan attachment anxiety (β= 0,610; SE= 0,088; p<0,05) dan attachment avoidance (β= ,934 SE= 0,114; p<0,05) dengan kesepian. Penelitian memiliki implikasi dalam pengembangan usaha preventif dan intervensi kesepian pada mahasiswa.

Loneliness among students is increasing and has reached the status of a global concern. Previous research found that fulfillment of the need for relatedness is related to loneliness and insecure attachment, which are strong predictors of loneliness. This research is correlational design and aims to look at the mediating role of fulfilling the need for relatedness in the relationship between attachment anxiety and avoidance and loneliness in students in Indonesia. The three research instruments used include (1) University of California Los Angeles Loneliness Scale Version 3 to measure loneliness Zulkifli, 2021); (2) Basic Psychological Needs Satisfaction Scales to measure the fulfillment of the need for relatedness (Ryan & Deci, 2001); and Experience in Close Relationships-Global Version (Khadijah, 2021) to measure attachment anxiety and attachment avoidance. The sample for this study came from 134 students with an average age of 21 years (M= 20.92%) and length of study of 8 semesters (M= 40.3%). The results show that need for relatedness satisfaction acts as a partial mediator in the relationship between attachment anxiety (β= 0.610; SE= 0.088; p<0.05) and attachment avoidance (β= .934 SE= 0.114; p<0.05) with loneliness. The research has implications for developing preventive and intervention efforts for loneliness among students.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raisha Putri Aprilia
"Seiring berjalannya waktu, persaingan antara perusahaan transportasi online di Indonesia semakin sengit. Perusahaan saling berlomba dalam meningkatkan keterikatan merek kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bahwa brand attachment tidak hanya mempengaruhi perilaku positif (brand loyalty) saja, tetapi juga perilaku negatif (oppositional brand loyalty), seperti trash-talking, schadenfreude, dan anti-brand actions pada industri ride-hailing di Indonesia, seperti Go-Jek dan Grab. Metode purposive sampling digunakan untuk penelitian ini dengan 357 responden dan dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM).
Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa brand attachment memiliki pengaruh terhadap brand loyalty, trash-talking, dan anti-brand actions namun tidak pada schadenfreude. Selanjutnya, variabel moderasi attachment anxiety meningkatkan hubungan antara brand attachment dengan trash-talking dan anti-brand actions sedangkan attachment avoidance tidak memoderasi hubungan tersebut. Implikasi manajerial serta rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dibahas dalam penelitian ini.

Over time, competition between online transportation companies in Indonesia is increasingly fierce. Companies compete with each other to increase brand attachment to consumers to get higher profits. This study aims to understand that brand attachment not only affects positive behavior (brand loyalty), but also negative behavior (oppositional brand loyalty), such as trash talking, schadenfreude, and anti-brand actions in the ride-hailing industry in Indonesia, such as Go-Jek and Grab. The purposive sampling method was used for this study with 357 respondents and analyzed using structural equation modeling (SEM).
The findings of this study reveal that brand attachments have an influence on brand loyalty, trash-talking, and anti-brand actions but not on schadenfreude. Furthermore, the attachment anxiety moderation variable increases the relationship between brand attachment and trash-talking and anti-brand actions while attachment avoidance does not moderate the relationship. Managerial implications and recommendations for further research are discussed in this study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Rachma Ningtias
"Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mendorong seorang konsumen millennials melakukan perilaku self-gifting, didasari oleh studi terdahulu yang menjelaskan bahwa hedonic shopping traits dan indulgence merupakan dua faktor yang mempengaruhi terjadinya self-gifting. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh positif keempat kategori self-gift terhadap terjadinya post purchase regret.
Menggunakan metode analisis structural equation modelling SEM, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara hedonic shopping traits dan indulgence terhadap keempat kategori self-gift, kecuali pada hedonic shopping traits terhadap self-gift celebratory. Dapat disimpulkan pula bahwa keempat jenis self-gift tidak menyebabkan terjadinya post-purchase regret pada konsumen millennials.

This study addressed to analyze the antecedent factors that drives millennials consumers to execute self gift behavior. Previous study emphasize the role of hedonic shopping traits and indulgence towards self gift behavior execution on millennials consumers, ranging from 18 38 years old. Furthermore, this study wants to proof that there are actually positive relationships between four kind of self gift towards post purchase regret.
Using structural equation modelling on Lisrel 8.51, the result shows that there are positive and significant relationship between hedonic shopping traits and indulgence towards four category of self gift, except hedonic shopping traits toward celebratory self gift. Furthermore, there are negative relationship between four category of self gift towards post purchase regret.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simamora, Elfrida
"Coronavirus 2 atau SARS-Cov-2 yang sampai saat ini masih berkembang pesat memberikan dampak kepada masyarakat termasuk ibu hamil. Pembatasan sosial skala besar yang diterapkan Pemerintah Indonesia sebagai dampak adanya pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa tantangan kepada ibu hamil yang salah satunya kecemasan. Periode prenatal yang disertai dengan kecemasan dapat memengaruhi hubungan perlekatan antara ibu dan janin yang dapat bermanifestasi dalam bentuk emosi dan perilaku. Masa pandemi COVID-19 ini tampaknya juga telah mengubah cara interaksi masyarakat dunia dari tatap muka ke bentuk online. Prenatal yoga merupakan intervensi non-farmakologi yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis selama periode prenatal. Prenatal yoga menjadi strategi yang cocok bagi ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan selama pandemi COVID-19 yang dilakukan dalam bentuk kelas online. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan quasi-experiments (eksperimen semu) yang terbagi menjadi kelompok intervensi sebanyak 56 responden dan kelompok kontrol sebanyak 56 responden. Kelompok intervensi diberikan prenatal yoga online selama 4 sesi dan kelompok kontrol diberikan senam hamil selama 3 sesi. Instrument penelitian ini adalah peneliti itu sendiri sebagai guru prenatal yoga, PRAQ-R2 (pregnancy-related anxiety questionnaire-revised 2) dan MFAS (maternal-fetal attachment). Hasil penelitian ini menunjukkan MD (95%CI) = 0.256; 0.637 dan p value = 0.000 yang secara statistik ada perbedaan yang signifikan pada pregnancy anxiety sebelum dan sesudah diberikan prenatal yoga online pada kelompok intervensi. Pada kelompok kontrol didapatkan hasil MD (95%CI) = 0.629 dan p value = 0.532 yang secara statistik tidak ada perbedaan pregnancy anxiety sebelum dan sesudah diberikan senam hamil. Selanjutnya, untuk maternal-fetal attachment didapatkan hasil MD (95%CI) = -0.448; -0.195 dan p value = 0.000 yang secara statistik ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan prenatal yoga online pada kelompok intervensi. Pada kelompok kontrol didapatkan MD (95%CI) = -0.525; -0.261 dan p value = 0.000 yang secara statistik ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan senam hamil pada kelompok kontrol. Prenatal yoga online merupakan bagian dari terapi komplementer yang juga merupakan bagian salah satu intervensi pendekatan non-farmakologi di dalam asuhan keperawatan yang dapat diterapkan oleh perawat maternitas klinis

Coronavirus 2 or SARS-Cov-2, which is still growing rapidly and has an impact on society, including pregnant women. The large-scale social restrictions imposed by the Indonesian government as a result of the COVID-19 pandemic have caused several challenges for pregnant women, one of which is anxiety. The prenatal period with anxiety may affect the attachment relationship between mother and fetus which may manifest in the form of emotions and behavior. The COVID-19 pandemic has changed the way the world community interacts from face-to-face to online. Prenatal yoga is a non-pharmacological intervention that is beneficial in improving physical and psychological health during the pregnancy period. Prenatal yoga is a suitable strategy for pregnant women to improve health during the COVID-19 pandemic which can be done in the form of online classes. The research design was carried out using a quasi-experiments approach, which was divided into an intervention group of 56 respondents and a control group of 56 respondents. The group was given online prenatal yoga intervention for 4 sessions and the control group was given pregnancy exercise for 3 sessions. The research instrument is the researcher himself as a prenatal yoga teacher, PRAQ-R2 (pregnancy-related anxiety question-revised 2) and MFAS (maternal-fetal attachment). The results of this study showed MD (95%CI) = 0.256; 0.637 and p value = 0.000 which is statistically significant difference in pregnancy anxiety before and after being given prenatal yoga online in the intervention group. In the control group, the results of MD (95% CI) = 0.629 and p value = 0.532 statistically there was no difference in pregnancy anxiety before and after being given pregnancy exercise. Furthermore, for maternal-fetal attachment the results obtained MD (95%CI) = -0.448; -0.195 and p value = 0.000 which statistically significant difference before and after being given prenatal yoga online in the intervention group. In the control group, MD (95%CI) = -0.525; -0.261 and p value = 0.000 which is statistically significant difference before and after being given pregnancy exercise in the control group. Online prenatal yoga is part of complementary therapy which is also part of a non-pharmacological approach in nursing care that may be applied by clinical maternity nurses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neshya Alexandra
"Penelitian ini meneliti kecenderungan konsumen pengguna Blackberry Smart Phone menunjukkan perilaku anti-brand reaction setelah tidak lagi menggunakan produk tersebut (post-exit situation). Perilaku anti-brand reaction berupa mengeluh kepada publik, terobsesi untuk merusak brand, perilaku buruk lainnya muncul karena faktor internal psikologis konsumen yaitu attachment style yang dibentuk oleh dua dimensi, yaitu anxiety dan avoidance.
Efek dari attachment style tersebut dimediasi oleh dua faktor yaitu loss of self image dan loss of benefit yang diderita konsumen pasca pemutusan hubungannya dengan brand. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan metode analisis data menggunakan teknik Structural Equation Modeling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi dari attachment style berpengaruh signifikan terhadap anti-brand reaction terutama ketika kedua dimensi tersebut berinteraksi dan interaksinya dimediasi oleh loss of self image dan loss of benefit yang dirasakan bersamaan oleh konsumen pasca pemutusan hubungan.

The purpose of this research is understanding consumers tendency for showing anti-brand reaction behavior after they?re no longer using Blackberry Smart Phone (post-exit situation). Anti-brand reaction behavior such as complain to public, obsess about harming the brands, and other negative behavior are predicted by consumer internal psychology factor, attachment style, which formed by two dimensions called anxiety and avoidance.
The effect of attachment style is mediated by loss of self image and loss of benefit suffered by consumer after brand relationship ends. Methodology of this research is descriptive correlation and data analysis using Structural Equation Modeling.
The result shown that both of attachment style dimensions have significant effect on anti-brand reaction, particularly when they are interacted and their interaction was mediated by loss of self image and loss of benefit that occurred simultaneously after brand relationship ends.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45820
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reyhan Frediyanto
"Dalam satu dekade terakhir, sisi gelap dari permasalahan perilaku konsumen mulai bermunculan, salah satunya adalah perilaku compulsive buying. Self-congruence dan brand attachment merupakan salah satu pendorong timbulnya perilaku konsumen tersebut. Fenomena ini juga terjadi pada salah satu merek fashion ternama, yakni Uniqlo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh self-congruence terhadap compulsive buying melalui brand attachment sebagai mediasi pada konsumen Uniqlo di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah konsumen Uniqlo yang berdomisili di Jabodetabek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan secara daring. Ukuran sampel yang ditentukan untuk penelitian ini adalah 130 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self- congruence terhadap compulsive buying melalui brand attachment sebagai mediasi pada konsumen Uniqlo di Jabodetabek. Persepsi konsumen tentang kesesuaian antara konsep diri (aktual atau ideal) berdampak positif pada keterikatan merek, yang mengarah pada perilaku pembelian kompulsif.

In the last decade, the dark side of consumer behavior problems began to emerge, such as compulsive buying behavior. Self-congruence and brand attachment are the drivers of this consumer behavior. This phenomenon also occurs in one of the well-known fashion brands, namely Uniqlo. The purpose of this study is to analyze the effect of self-congruence towards compulsive buying through brand attachment as mediation on Uniqlo consumers in Jabodetabek. This study uses a quantitative approach. The target population of this study is Uniqlo consumers who live in Jabodetabek. Data collection was carried out using a questionnaire instrument which was distributed online. The sample size determined for this study was 130 samples. Simple regression analysis and multiple regression analysis with SPSS software are used for data analysis. The results showed that there is an effect of self-congruence towards compulsive buying through brand attachment on Uniqlo consumers in Jabodetabek. Consumers' perceptions about the fit between self-concepts (actual or ideal) positively impacted brand attachment, which led to compulsive buying behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryani Cahya Ningrum
"Ansietas merupakan gangguan mental paling umum di antara remaja usia 10 sampai dengan 17 tahun di Indonesia, yaitu sekitar 3,7%. Prevalensi siswa yang mengalami Stres akademik adalah 67%. Pet attachment yang memiliki fungsi sebagai stres reduksi dianggap dapat menjadi salah satu koping untuk mengatasi stres akademik dan ansietas pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pet attachment dengan tingkat stres akademik dan ansietas pada remaja. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan pendekatan cross-sectional, dengan teknik total sampling dan melibatkan 339 siswa SMA yang didapatkan melalui skrining. Instrument yang digunakan untuk mengukur pet attachment adalah Lexingtong Attachment of Pet Scale, stres akademik diukur menggunakan Education Stress Scale for Adolescents, dan Ansietas diukur menggunakan Depression Anxiety Stress Scale 21. Analisis data bivariat dilakukan dengan menggunakan uji statistik chi square untuk menganalisis hubungan pet attachment dengan stres akademik dan fisher exact untuk menganalisis hubungan pet attachment dengan ansietas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pet attachment dengan tingkat stres akademik dan ansietas pada remaja (p < 0,01) dan didapatkan bahwa pet attachment yang tinggi cenderung menghasilkan stres akademik yang berat dan ansietas yang sedang. Disarankan remaja dapat menemukan strategi koping yang sesuai dengan kepribadian dan keadaannya, agar tidak menjadi stresor baru.

Anxiety is the most common mental disorder among adolescents aged 10 to 17 years in Indonesia, which is around 3.7%. The prevalence of students experiencing academic stress is 67%. Pet attachment which has a function as a stress reducer is considered to be one of the copings to overcome academic stress and anxiety in adolescents. This study aims to analyze the relationship between pet attachment and the level of academic stress and anxiety in adolescents. The method used to analyze data is to use a cross-sectional approach, with total sampling technique involving 339 high school students obtained through screening. The instrument used to measure pet attachment is the Lexingtong Attachment of Pet Scale, academic stress is measured using the Education Stress Scale for Adolescents, and Anxiety is measured using the Depression Anxiety Stress Scale 21. Bivariate data analysis was performed using chi square statistical tests to analyze the relationship between pet attachment and academic stress and fisher exact to analyze the relationship between pet attachment and anxiety. The results of this study indicate that there is a significant relationship between pet attachment and the level of academic stress and anxiety in adolescents (p < 0.01) and it is found that high pet attachment tends to produce severe academic stress and moderate anxiety. It is suggested that adolescents can find coping strategies that suit their personality and circumstances, so as not to become new stressors. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zarra Dwi Monica
"Kepuasan hubungan pacaran jarak jauh merupakan hal yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya adalah attachment dan dyadic coping. Individu dengan anxiety attachment relatif sulit mencapai hubungan yang memuaskan, terlebih dalam kondisi terpisah oleh jarak. Penelitian dilakukan untuk melihat apakah common dan negative dyadic coping memiliki peran moderasi di dalam hubungan antara anxiety attachment dengan kepuasan berpacaran. Data diperoleh dengan menggunakan Experience in Close Relationship-Revised untuk mengukur anxiety attachment, Dyadic Coping Inventory  untuk mengukur common dyadic coping dan negative dyadic coping, serta Relationship Assessment Scale untuk mengukur kepuasan hubungan pada individu yang menjalani pacaran jarak jauh. Penelitian pada 270 dewasa muda menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan negatif antara anxiety attachment dan kepuasan pacaran jarak jauh (r= -0.51, p<.01). Akan tetapi, tidak ditemukan adanya efek moderasi dari common dan negative dyadic coping di dalam hubungan tersebut (p>0.05). Perkembangan attachment, konteks hubungan pacarana serta keterpisahan jarak dinilai merupakan faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Satisfaction in long distance relationships is influenced by various factors, including attachments and dyadic coping. Individuals with anxiety attachment are relatively difficult to achieve a satisfying relationship, especially in the condition when their partner is separated by distance with them. The study was conducted to see whether common dyadic coping and negative dyadic coping have a moderating role in the relationship between anxiety attachment and relationship satisfaction. Data is obtained using the Experience in Close Relationship-Revision (ECR-R) to measure anxiety attachment, Dyadic Coping Inventory (DCI) to measure common and negative dyadic coping, and Relationship Assessment Scale (RAS) to measure relationship satisfaction. Research conducted on 270 young adults found that there is a significant negative relationship between anxiety attachment and relationship satisfaction (r = -0.511, p <0.01). However, no moderating effects of common dyadic coping and negative dyadic coping are found in this research(p> 0.05). The duration of attachments, the status of the relationships, and separation with partner are considered to be factors that influence the result."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T55094
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdyta Azhar
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh Brand personality terhadap pembentukan trust, attachment, dan commitment pada salah satu produk minuman teh dalam kemasan, yaitu studi kasus konsumen Teh Botol Sosro. Dalam penelitian ini, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan program LISREL 8.5.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand personality mempunyai pengaruh positif serta signifikan terhadap Trust, Attachment dan Commitment. Interpretasi, limitasi, dan implikasi manajerial akan didiskusikan lebih lanjut.

This research investigates the impact of brand personality on trust, attachment, dan commitment on one of the instant drinking tea product. The case study used is Teh Botol Sosro. In this research, Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL 8.5 program has been used to process the data.
The result shows that brand personality has a positive and significant effect on trust, attachment dan commitment. Interpretations, limitations, and managerial implications are discussed further.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44302
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>