Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 222093 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Syafira Efrial
"Tingkat turnover yang tinggi merupakan salah satu tantangan dalam manajemen terutama untuk meningkatkan retensi dari karyawan sehingga diperlukannya pencegahan akan peningkatan turnover intentions. Keadaan di lingkungan kerja yang penuh tuntutan pekerjaan dapat mempengaruhi tingkat stres dan kepuasan dari karyawan yang bekerja di bank yang mampu berdampak akan turnover intentions. Salah satu sumber daya yang dapat mengatasi tuntutan di dalam pekerjaan dapat berupa job embeddedness yang berasal dari dalam maupun luar faktor pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari job satisfaction dan job stress terhadap turnover intentions yang dimoderasi oleh job embeddedness kemudian juga moderasi dari job satisfaction pada pengaruh job stress terhadap turnover intentions. Data diperoleh dari 183 karyawan yang bekerja di bank yang ada di Indonesia melalui kuesioner daring. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan Lisrel 8.80. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara negatif dari job satisfaction dan secara positf dari job stress terhadap turnover intentions. Juga job stress berpengaruh negatif terhadap job satisfaction. Job satisfaction selain berpengaruh langsung, juga mampu melemahkan pengaruh job stress terhadap turnover intentions. Job embeddedness memoderasi secara positif pengaruh job satisfaction pada turnover intentions. Sementara moderasi positif moderasi job embeddedness pada pengaruh job stress dan turnover intentions tidak terbukti secara signifikan.

A high turnover rate is one of the challenges in human resources management, especially to increase employee retention, so it is necessary to do prevention of high turnover intentions rate. Conditions in a work environment which is full of job demands can affect the employees’s stress and satisfaction level which can have an impact on turnover intentions. One of the resources that can overcome the high job demands is job embeddedness which comes from within or outside the job factor. The purpose of this study is to analyze the effect of job satisfaction and job stress on turnover intentions which are moderated by job embeddedness and then also the moderation of job satisfaction on the effect of job stress on turnover intentions. Data were obtained from 183 employees who work at banks in Indonesia through an online questionnaire. This research uses SEM method with Lisrel 8.80. The results show that there is a significant negative effect of job satisfaction and a positive effect of job stress on turnover intentions. Also job stress has a negative effect on job satisfaction. Besides having a direct effect, job satisfaction is also able to buffer the effect of job stress on turnover intentions. Job embeddedness positively moderates the effect of job satisfaction on turnover intentions. Meanwhile, positive moderation of job embeddedness on the effect of job stress and turnover intentions is not significantly proven."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Radini Tonia
"Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh dari variabel job stress, organizational commitment, dan job satisfaction terhadap variabel turnover intention yang terjadi pada karyawan departemen policy holder services di PT Asuransi Jiwa X, melihat fenomena tingginya tingkat turnover karyawan yang terjadi pada departemen policy holder services di PT Asuransi Jiwa X. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda dengan menggunakan data kuesioner sebanyak 100 orang dari kesuluruhan jumlah populasi sebanyak 210 orang. Olah data dilakukan menggunakan software SPSS 18.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel job stress, organizational commitment, dan job satisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel turnover intention pada studi kasus karyawan departemen policy holder sevices di PT Asuransi Jiwa X. Saran dari penelitian ini adalah agar perusahaan lebih memperhatikan jam kerja, upah, dan beban kerja karyawan untuk menekan turnover karyawan.

This study is discuss about the effects of job stress, organizational commitment, and job satisfaction on turnover intention in Policy Holder Services Department PT Asuransi Jiwa X. This research is using multiple regression methods and using questionaire with 100 sample, total population are 210 person. This research using SPSS Version 18.0 for processing the data. The result of this research is job stress, organizational commitment, and job satisfaction have significant influence to turnover intention in policy holder services department PT Asuransi Jiwa X. The advice of this study are the company should give more attention to employee working hours, pay, and work pressure to reduce the employee turnover."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S45541
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yatna Nayaputera
"Persaingan bisnis yang semakin ketat dan diikuti oleh lingkungan yang sering berubah, kesuksesan suatu organisasi tidak bisa lepas dari peran serta customer service employee yang berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan. Maka dari itu kepuasan kerja dan stres kerja customer service employee harus diperhatikan oleh perusahaan. PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. dijadikan sebagai objek penelitian dikarenakan pertumbuhan cepat tetapi turnover tinggi dalam tiga tahun terakhir.
Tujuan penelitian ini untuk menemukan bagaimana besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi turnover customer service employee, stres kerja terhadap intensi turnover customer service employee, dan kepuasan kerja dan stres kerja terhadap customer service employee di PT. Plaza Indonesia Realty Tbk.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensi turnover pada customer service employee dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh besarnya persepsi customer service employee akan kepuasan kerja. Selain itu intensi turnover customer service employee juga dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh besarnya persepsi customer service employee akan Stres Kerja. Sedangkan intensi turnover customer service employee juga dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh besarnya persepsi customer service employee akan kepuasan Kerja dan Stres Kerja. Sementara dari hasil wawancara, kepuasan kerja dan stres kerja mempunyai pengaruh yang positif akan alasan keluar atau resign.
Penelitian diharapkan dapat memperkaya hasil-hasil penelitian mengenai kepuasan kerja dan stress kerja terhadap intense turnover di sektor swasta. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan wawancara dengan karyawan yang masih aktif guna mengetahui secara mendalam faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi intense turnover customer service employee di sektor swasta.

An increasingly competitive business environment followed by frequent changes, as well as in achieving an organization's success is inseparable from the role of customer service employee that serves as the spear head of the company. So, job satisfaction and work stress customer service employee should be considered by the company. PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. serves as the object of research because of its rapid growth but high turnover in customer service employee in the last three years.
The purpose of this study is to discover how the magnitude of the effect of job satisfaction on turnover intentions in customer service employee, work stress on turnover intentions in customer service employee, and job satisfaction with work stress on turnover intentions in customer service employee.
The results of this study indicate that the turnover intention to the customer service employee of the company is affected by the negatife and significant perception of the customer service employee in variable of work satisfaction. Also the intention of the turnover intention in customer service employee of the company is also affected by the positive and significant perception of customer service employee in variable of job stress. While the results of the interviews, the variable of job stress, and the job satisfaction has a positive and significant influence and the strongest reason to intention leave or resign.
This study is expected to enrich the results of research on job satisfaction, job stress and turnover intentions in the private sector. Future studies are advised to use interviews with employees who are still active to know in depth the factors affecting turnover intention of customer service staff in the private sector.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2011
T29508
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Fathurrahman Johan
"Pada era digitalisasi perbankan, jumlah pegawai perbankan dari tahun ke tahun semakin menyusut seiring dengan perkembangan digitalisasi dan semakin berkurangnya jumlah jaringan kantor bank. Pengurangan pegawai di sektor perbankan akan berdampak pada kinerja pegawai karena jumlah pekerjaan yang tidak proporsional dengan jumlah pegawai yang ada. Employee performance merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tingkat produktivitas yang baik dalam perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai pegawai perbankan di Indonesia. Data empiris dikumpulkan dari 207 pegawai bank konvensional dengan menggunakan metode survei online. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana workload dan job stress berpengaruh secara negatif terhadap employee performance, serta bagaimana job satisfaction berpengaruh secara positif terhadap employee performance. Dari hasil penelitian juga didapatkan hasil bahwa workload dan job stress berpengaruh secara negatif terhadap job satisfaction, dengan demikian didapatkan juga kesimpulan bahwa job satisfaction berhasil memediasi hubungan workload dan job stress terhadap employee performance. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi sektor perbankan dalam mencegah terjadinya job stress yang dialami pegawai untuk meningkatkan employee performance bank konvensional.

In the era of banking digitalization, the number of banking employees has decreased from year to year in line with developments in digitalization and the reduced number of bank office networks. Reducing employees in the banking sector will have an impact on employee performance because the number of jobs is disproportionate to the number of existing employees. Employee performance is an important factor in achieving a good level of productivity in a company. Therefore, this study aims to determine the factors that influence the performance of banking employees in Indonesia. Empirical data were collected from 207 conventional bank employees using the online survey method. Analysis method in this study is done by using Structural Equation Modeling (SEM) to test the proposed hypotheses. The results of this study show how workload and job stress negatively effects employee performance, and job satisfaction positively effects employee performance. The results also found that workload and job stress negatively effects job satisfaction. Furthermore, the results also indicate that job satisfaction mediates the effect of workload and job stress on employee performance. Overall, the results of this study will contribute to the banking sector in preventing job stress experienced by employees in order to improve employee performance in conventional banks."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nilam Ayuningtyas
"Akibat besarnya kerugian yang ditimbulkan turnover, dua area penelitian telah berkembang, yaitu (1) area yang meneliti alasan-alasan mengapa individu meninggalkan pekerjaannya (employee turnover) dan (2) area yang meneliti alasan-alasan mengapa individu bertahan dalam pekerjaannya (employee retention). Penelitian ini meneliti tiga variabel yang termasuk dalam pendekatan retensi karyawan, yaitu job embeddedness, job satisfaction, dan organizational trust. Penelitian ini menguji job embeddedness terhadap organizational trust dengan juga menguji efek dari job satisfaction terhadap organizational trust. Dihipotesiskan bahwa baik job embeddedness maupun job satisfaction akan mempengaruhi organizational trust secara positif dan signifikan, di mana efek job embeddedness terhadap organizational trust akan lebih besar daripada efek job satisfaction. Hasil pengujian persamaan model struktural dengan pendekatan regresi berganda yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dari 203 partisipan menunjukkan bahwa job embeddedness mempengaruhi organizational trust secara positif dan signifikan (koefisien regresi = 0.82) sedangkan pengaruh job satisfaction terhadap organizational trust adalah negatif dan tidak signifikan (koefisien regresi = -0.07). Dengan demikian, job embeddedness mampu mempengaruhi organizational trust lebih baik dari job satisfaction.

Due to significant losses caused by turnover, two research areas have emerged (1) area studying the reasons why an individual leaves his/her job (employee turnover) and (2) area studying the reasons why an individual retains his/her job (employee retention). This research studies three variables included in retention research approach, which are job embeddedness, job satisfaction, and organizational trust. The influence of job embeddedness and job satisfaction to organizational trust is the focus of this research. It is hypothesized that both job embeddedness and job satisfaction will positively and significantly influence organizational trust. Results from structual equation modeling with multiple regression approach to data gathered from 203 participants shows that job embeddedness is positively and significantly influence organizational trust (regression coefficient = 0.82) while job satisfaction shows a negative and non significant result (regression coefficient = - 0.07). Thus, job embeddedness appears to be a better predictor for organizational trust than job satisfaction."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44752
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardi Wijaya
"Perkembangan teknologi di era globalisasi memunculkan jenis bisnis baru yang terlibat dalam penggunaan jaringan dan teknologi seperti digital startup. Akan tetapi perkembangan bisnis digital startup tersebut bisa terhambat akibat turnover intention yang tinggi yang disebabkan oleh stres kerja yang tinggi pada perusahaan digital startup yang merupakan perusahaan yang belum lama berdiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap kepuasan kerja, stres kerja dan turnover intention pada perusahaan digital startup di Indonesia. Data penelitian diperoleh dari 245 orang karyawan yang bekerja di perusahaan digital startup di Indonesia dan diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap stres kerja dan turnover intention, sedangkan stres kerja berpengaruh positif terhadap turnover intention.

The development of technology in the era of globalization led to a new type of business involved in the use of networks and technologies such as digital startup. However, the development of digital startup business can be hampered due to high turnover intention caused by high job stress in digital startup as a company that has recently been established. This study aims to determine the impact of creativity toward job satisfaction, work stress and turnover intention on digital startup companies in Indonesia. The research data was obtained from 245 employees who work in digital startup company in Indonesia and processed by using Structural Equation Modeling SEM method. The results of this study indicate that creativity has a positive effect on job satisfaction and job satisfaction negatively affect work stress and turnover intention, while work stress has a positive effect on turnover intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69804
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisya Pranti
"[Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh job stress terhadap
turnover intention dengan job satisfaction sebagai variabel mediasi pada karyawan frontline hotel bintang lima di Jakarta, yaitu The Sultan, The Groove Suites, dan Hotel Mulia. Dari hasil data dan pengujian hipotesis terhadap 100 responden yang menggunakan uji analisis SEM, diperoleh hasil yakni meskipun job stress ditemukan memiliki hubungan positif terhadap turnover intention serta job satisfaction memiliki hubungan negatif terhadap turnover intention , namun
secara tidak terduga job stress tidak menunjukkan hubungan negatif terhadap job satisfaction. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebar kuesioner kepada responden secara proporsional.;This stuThis study investigate the relationship of job stress on turnover intention and job satisfaction as mediating variables on frontline employees five-star hotel in Jakarta, such The Sultan, The Groove Suites, and Hotel Mulia. Hypothesis testing on 100 respondents and using SEM analysis test, the result that although the relationship of job stress and turnover tendency is positive and job satisfaction showed negative relatonship on turnover intention, but unexpectedly job stress showed no negative relation on job satisfaction This research method using quantitative descriptive cross sectional. The sampling technique using purposive sampling method. The collection of data used in this study with a questionnaire to the respondent spread proportionally., This stuThis study investigate the relationship of job stress on turnover intention and job satisfaction as mediating variables on frontline employees five-star hotel in Jakarta, such The Sultan, The Groove Suites, and Hotel Mulia. Hypothesis testing on 100 respondents and using SEM analysis test, the result that although the relationship of job stress and turnover tendency is positive and job satisfaction showed negative relatonship on turnover intention, but unexpectedly job stress showed no negative relation on job satisfaction This research method using quantitative descriptive cross sectional. The sampling technique using purposive sampling method. The collection of data used in this study with a questionnaire to the respondent spread proportionally.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59671
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
We Timangratuogi
"Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Namun, dalam usaha perusahaan untuk mencapai tujuannya, perusahaan terkadang dihadapkan dengan hambatan-hambatan yang dapat mengaggu efektifitas dan efisiensi pekerja dalam bekerja.
Kepuasan kerja menjadi masalah yang cukup menarik dan penting, karena terbukti besar manfaatnya baik bagi kepentingan individu, industri dan masyarakat. Kepuasan Kerja merupakan perasaan dan emosi yang menyenangkan atau tidak menyenangkan berkaitan dengan pekerjaanya. Sehingga kepuasan kerja karyawan menjadi sesuatu yang patut diperhatikan manajemen dalam mengelola sumber daya manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja dari faktor lingkungan adalah stres kerja sehingga stres kerja merupakan faktor yang berkaitan dengan kepuasan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian kategori eksplanatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengukurannya. Kuesioner dibagikan kepada karyawan bagian penjualan PT Indomobil Trada Nasional cabang Pajajaran Bogor. Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 52 lembar, namun yang diolah hanya 50 lembar. Hasilnya, stres kerja bersignifikan negatif terhadap kepuasan kerja. Ada pengaruh antar kedua variabel tersebut.

The human resources are the most important factor in an organization or company. However, to achive their objectives, companies are faced with obtacle that can interfere the effectiveness and efficiency the employees in the work. The job satisfaction is an interesting and important thing because it has benefit both to individual interst or industry interest.
The job satisfaction is the emotional feeling about somethings are pleasent or not, which have related with their job. Because of that, the job satisfaction of employees are the things that manager human resouce have to concern with. One of the factors that influence job satisfaction of environmental factors is job stress, that is why job stress have related with job satisfaction.
This research is category explanative and using questionnaires as measuring instrument questionnaires are distributed to employees of the sale division at Pt Indomobil Trada Nasional branch of Pajajaran Bogor. Number of questionnaires distributed in 52 sheets, but are processed only 50 sheets. the result is job stress negatively effected to job satisfaction. There are influence between the two of that variable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Putra Iranto Kevin
"Implementasi telework mengalami percepatan karena pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Selain itu adanya kondisi pandemi COVID-19 juga turut meningkatkan jumlah organisasi yang menerapkan telework. Tetapi ada beberapa masalah implementasi telework yang tersisa dan  perlu menjadi perhatian dari perusahaan. Banyak pekerja merasa terisolasi secara sosial dari tempat kerja mereka, yang dapat mempengaruhi peningkatan stres mereka. Selain itu berdasarkan hasil penelitian empiris dan survey yang dilakukan oleh berbagai institusi menyimpulkan perlu juga dipertimbangkan pengaruh telework pada stres kerja, work-life balance , dan job satisfaction. Studi ini menyelidiki bagaimana telework dan isolasi sosial mempengaruhi kepuasan kerja dengan efek mediasi stres kerja dan keseimbangan kehidupan kerja di Indonesia . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis daring. Analisis model dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) terhadap 280 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi telework berpengaruh positif terhadap job satisfaction. Telework terbukti berdampak positif terhadap work-life balance dan menurunkan job stress. Namun social isolation yang dirasakan karywan memberikan dampak negatif terhadap job satisfaction. Penelitian ini membuktikan bahwa work-life balance dapat memediasi hubungan antara telework dan job satisfaction. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi telework yang memberikan otonomi dan fleksibilitas dapat berimplikasi positif terhadap job satisfaction.

The implementation of telework has accelerated due to advances in technology and COVID-19 which has changed the way people live for years. But there are some lingering problems with telework need to be addressed. Many workers feel socially isolated from their workplace, which may affect their stress increment. There are also mixed results of the effects of telework on work stress, work-life balance, and job satisfaction from previous studies. This study investigates how telework and social isolation affect job satisfaction with mediating effects of work stress and work-life balance in Indonesia. This research was conducted with 280 remote workers as participants. The hypotheses were then tested with Structural Equation Modelling using LISREL 8.8 for windows. This research finds that telework has a positive and significant effect on job satisfaction. Telework has been proven to have a positive impact on work-life balance and reduce work stress. However, the social isolation felt by employees has a negative impact on job satisfaction. This study proves that work-life balance can mediate the relationship between telework and job satisfaction. From this study, it can be concluded that the implementation of telework which provides autonomy and flexibility can have a positive impact on employee job satisfaction."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandy Fajar Iman
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari stres kerja, burnout, dan kepuasan kerja terhadap intensi turnover perawat. Dimensi stres kerja yang diteliti meliputi kematian pasien dan pasien sekarat, konflik dengan dokter, persiapan yang tidak memadai, masalah dengan rekan kerja, masalah dengan supervisor, beban kerja, ketidakpastian dalam perawatan, pasien dan keluarga mereka, dan diskriminasi. Sedangkan dimensi burnout yang diteliti meliputi kelelahan emosional, depersonalisasi, dan prestasi pribadi. Data kuantitatif didapatkan dari 116 responden perawat Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta yang diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program LISREL 8.8 for Windows.
Temuan dari penelitian ini adalah (1) stres kerja tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kepuasan kerja perawat; (2) stres kerja tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap intensi turnover perawat; (3) burnout memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap kepuasan kerja perawat; (4) burnout tidak memiliki pengaruh positif terhadap intensi turnover perawat; (5) kepuasan kerja memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap intensi turnover perawat. Temuan ini dapat menjadi panduan bagi rumah sakit yang ingin memperbaiki strateginya dalam mengurangi stres kerja dan burnout yang dialami perawat untuk meningkatkan kepuasan kerja dan menjaga tingkat turnover perawat tetap rendah.

The objective of this research is to analyze the effect of job stress, burnout, and job satisfaction on nurses' turnover intention. Job stress dimensions examined included patients' death and dying, conflicts with physician, inadequate preparation, problems with peers, problem with supervisor, work load, uncertainty concerning treatment, patients and their families, and discrimination. Whereas burnout dimensions examined included emotional exhaustion, depersonalization, and personal accomplishment. Quantitative data obtained from 116 respondents nurses of Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, which was processed by the method of Structural Equation Modeling (SEM) using LISREL 8.8 for Windows.
The results of this study were (1) job stress does not have a negative effect on nurses' job satisfaction; (2) job stress does not have a significant positive effect on nurses' turnover intention; (3) burnout has a significant negative effect on nurses' job satisfaction; (4) burnout does not have a positive effect on nurses' turnover intention; (5) job satisfaction has a significant negative effect on nurses' turnover intention. These findings can be a guidance for hospitals to improve their strategy in reducing nurses' job stress and burnout to improve nurses' job satisfaction and maintaining the nurses' turnover rate remains low.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58149
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>