Ditemukan 111326 dokumen yang sesuai dengan query
Monica Lamlo
"Makalah ini bertujuan untuk menganalisis electronic word of mouth (E-WOM) produk Garnier Micellar Water yang ditulis dan diunggah oleh komunitas daring Sociolla ke forum Beauty Journal Sociolla dalam bentuk komentar ulasan produk. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah studi literatur. Objek yang dianalisis dalam makalah ini adalah tujuh puluh empat ulasan produk Garnier Micellar Water yang ditulis dan diunggah dalam periode waktu 1 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 dan termasuk ke dalam kategori trusted review, yaitu ulasan yang diunggah oleh konsumen yang tergabung dalam komunitas daring Sociolla dan secara langsung membeli produk Garnier Micellar Water di Sociolla. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumen cenderung menuliskan ulasan produk secara daring karena adanya keinginan untuk memberikan rekomendasi produk yang digunakannya kepada konsumen lain (concern for others) dan keinginan untuk mengekspresikan rasa senang akan pengalaman baiknya dalam berbelanja (extraversion/positive self-enhancement). Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa produk Garnier Micellar Water cenderung mendapatkan lebih banyak ulasan positif. Hal ini terlihat dari data yang menunjukkan bahwa dari total 16.410 ulasan produk Garnier Micellar Water yang telah diunggah ke forum Beauty Journal (per 16 November 2020), 15.759 ulasan diantaranya merekomendasikan pembelian dan penggunaan produk Garnier Micellar Water.
This paper aims to analyze Garnier Micellar Water product’s electronic word of mouth which are being written and uploaded by Sociolla online community to Beauty Journal Sociolla forum in the form of product reviews. The method used is literature review. The objects under this paper are seventy four of Garnier Micellar Water’s product reviews which were being uploaded from October 1 to November 1, 2020 and categorized in trusted review, which is referring to the reviews that being written and uploaded by consumers who are part of Sociolla online community and directly bought the Garnier Micellar Water product through Sociolla. The result of this paper indicates that consumers’ tendency in writting and uploading online product reviews are because of concern for others and extraversion/positive self-enhancement. In addition, this paper also found that Garnier Micellar Water products tends to get more positive reviews. Based on data per November 16, 2020, there were 16.410 Garnier Micellar Water product reviews in total and 15.759 of them were recommending Garnier Micellar Water product to be bought and used."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Shafira Nur Anggita
"Tujuan dari studi ini adalah untuk melihat penggunaan E-WoM pada produk kecantikan merek lokal Everwhite dan Somethinc di media sosial Instagram dan Youtube dalam menimbulkan Purchase Intention produk tersebut. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengambil data dari ulasan dan komentar yang terdapat pada Instagram dan Youtube. Data pertama ditemukan pada bulan Agustus 2018 dan data terakhir ditemukan pada bulan Maret 2021. Berdasarkan tinjauan beberapa ulasan yang terdapat di Instagram dan Youtube baik yang positif, netral, dan negatif pada kedua merek tersebut dapat dilihat bahwa ulasan positif berhasil meningkatkan citra baik merek dan mempengaruhi niat beli (Purchase Intention) konsumen yang menontonnya. E-WoM memberikan informasi tentang produk sehingga dapat membantu konsumen untuk mendapatkan pengetahuan mengenai produk sebelum membelinya. Pengalaman pemakaian produk dan rekomendasi yang disampaikan oleh influencer dan beauty youtuber dapat meningkatkan minat beli (Purchase Intention) konsumen. Pendapat mereka terhadap produk didengar dan menjadi rujukan bagi konsumen lainnya dalam memilih produk.
The purpose of this study is to see the use of E-WoM on local brand beauty products Everwhite and Somethinc on Instagram and Youtube social media in generating Purchase Intention for these products. The method used is a literature study by taking data from reviews and comments on Instagram and Youtube. The first data was found in August 2018 and the last data was found in March 2021. Based on several reviews on Instagram and Youtube both positive, neutral, and negative on the two brands, it can be seen that positive reviews managed to improve the brand's good image and affect Purchase Intention of consumers who watch it. E-WoM provides information about the product so that it can help consumers to gain knowledge about the product before buying it. The experience of using products and recommendations conveyed by influencers and beauty youtubers can increase consumers' Purchase Intention. Their opinions on the product are heard and become a reference for other consumers in choosing the product."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Sabrina Nur Zatadini
"Perkembangan teknologi menciptakan sistem komunikasi berbasis internet antar konsumen. Konsumen dapat membagikan ulasannya dalam menggunakan suatu produk serta konsumen lain dapat membaca, menilai, dan mempertimbangkan ulasan tersebut. Dalam memilih kosmetik, konsumen muslim salah satunya dapat mengandalkan pengalaman yang disampaikan oleh konsumen yang telah menggunakan suatu produk kosmetik bersertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari kredibilitas dan kuantitas E-WOM pada niat konsumen muslim di Indonesia dalam melakukan pembelian secara online pada produk kosmetik bersertifikasi halal. Model penelitian berbasis pada mediasi yang dimoderasi pada citra merek halal dan konteks situasional pada aspek penghindaran penyakit. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Berdasarkan pengumpulan dan pembersihan data, diperoleh sejumlah 354 responden muslim di Indonesia yang pernah berbelanja online dan pernah melihat ulasan tentang produk kosmetik bersertifikasi halal dalam waktu tiga bulan terakhir. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM pada software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memengaruhi online purchase intention, E-WOM quantity berpengaruh signifikan positif dan E-WOM credibility tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini turut menemukan halal brand image berperan sebagai mediasi parsial pada pengaruh dari E-WOM quantity terhadap
online purchase intention dan memediasi penuh dari E-WOM credibility terhadap online purchase intention. Sementara itu, situational context tidak terbukti signifikan dalam memoderasi E-WOM credibility dan E-WOM quantity terhadap halal brand image.
Technological developments have created an internet-based communication system between consumers. Consumers can share their reviews on using a product and other consumers can read, rate, and consider these reviews. In choosing cosmetics, Muslim consumers can rely on the experience conveyed by consumers who have used a halal-certified cosmetic product. This study aims to analyze the influence of the credibility and quantity of E-WOM on the intention of Muslim consumers in Indonesia to make online purchases of halal-certified cosmetic products. The research model is based on moderated mediation on halal brand image and situational context on aspects of disease avoidance. Quantitative research was conducted by distributing online questionnaires. Based on data collection and cleaning, a total of 354 Muslim respondents in Indonesia were obtained who had shopped online and had seen reviews about halal-certified cosmetics product in the last three months. The analysis in this study uses the PLS-SEM method in the SmartPLS 4.0 software. The results of the study show that in influencing online purchase intentions, the quantity of E-WOM has a significant positive effect and the credibility of E-WOM has no significant effect. This study also finds that halal brand image acts as a partial mediation in the influence of E-WOM quantity on online purchase intentions and fully mediates E-WOM credibility on online purchase intentions. Meanwhile, the situational context is not proven to be significant in moderating the credibility of E-WOM and the quantity of E-WOM on halal brand image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sara Febrilia
"Kehadiran panduan dan direktori seputar restoran meningkatkan kesempatan terjadinya percakapan dalam bentuk electronic word of mouth eWOM . Fenomena ini memberikan dampak besar bagi para pemasar, khususnya di industri food and beverage karena informai eWOM terbukti dapat memengaruhi keputusan konsumsi konsumen. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh dari percakapan dalam bentuk eWOM yang disampaikan pada fitur review Zomato terhadap intensi membeli konsumen. Untuk itu, penelitian ini mengembangkan model penelitian melalui integrasi antara konsep Information Adoption Model IAM dengan Technology Acceptance Model TAM . Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structural Equation Modelling SEM berdasarkan data yang diperoleh melalui survei kepada pengguna Zomato dengan kisaran usia antara 18 hingga 34 tahun. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa kualitas, kredibilitas, kegunaan, sikap terhadap informasi, serta kesediaan mengadopsi informasi merupakan faktor-faktor eWOM yang mampu memengaruhi intensi membeli konsumen. Implikasi manajerial serta saran bagi penelitian selanjutnya juga dibahas pada penelitian ini.
Restaurant search and discovery service have created valuable opportunities for electronic word of mouth eWOM conversations. This phenomenon impacts marketers, especially in food and beverage industry as this easily accessible information could greatly affect consumption decision. The aim of this study is to examine the influence of these conversations in Zomato rsquo s review on consumer rsquo s purchase intention. For this purpose, a conceptual model was developed based on the integration of Information Adoption Model IAM and related components of Technology Acceptance Model TAM . The new model was validated through Structural Equation Modelling SEM based on survey collected from Zomato rsquo s user with range of 18 to 34 years old. The results confirm that quality, credibility, usefulness, attitude towards information, and information adoption are the key factors of eWOM that influence consumers rsquo purchase intention. Managerial implications are discussed as well as recommendations for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67189
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anisa Mifrohatun Fathiyah
"Meningkatnya penggunaan internet menjadi salah satu faktor yang membuat electronic word of mouth menjadi sumber informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri atas 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang berusia 18-25 tahun, pernah mengakses situs Zomato dan pernah membaca review tentang restoran yang ada di situs tersebut. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisa regresi linear sederhana. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen.
The increasing of internet usage has become one of the reason why electronic word of mouth is used as information source nowadays. The objective of this research was to analyze the effect electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com towards consumer’s puchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research were 100 students of Universitas Indonesia, with the age of 18-25 years old, who had ever accessed Zomato.com and read the restaurant review written on the site. The research's datas were collected using questionnaire and analyzed using simple regression analysis. The result of this research indicated that electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com affects consumer’s purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62527
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andriani Yuliasningrum
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama adanya internet telah turut mengubah bagaimana konsumen berkomunikasi satu sama lain. Dengan adanya internet informasi yang disampaikan oleh konsumen yang telah menggunakan sebuah produk dapat diakses dan dibaca oleh konsumen lainnya dimanapun dan kapanpun. Informasi ini tersebar dari mulut ke mulut konsumen dengan lebih cepat dan dinilai lebih efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bentuk komunikasi inilah yang disebut dengan electronic word-of-mouth (e-WOM). Penelitian kuantitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh e-WOM terhadap Brand Image, serta terhadap Purchase Intention konsumen baik secara langsung maupun dengan dimediasi oleh Brand Image. Penelitian ini melibatkan 116 sampel yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Dimana sampel penelitian ini merupakan mereka yang pernah membaca product review atau ulasan produk Etude House pada berbagai Beauty Blog dalam kurun waktu enam bulan terakhir serta belum pernah melakukan pembelian terhadap produk yang ulasannya dibaca oleh responden pada Beauty Blog tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Brand Image, serta Purchase Intention konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan dimediasi oleh Brand Image pada produk kosmetik Etude House.
Advances of technology information and communication particularly availability of internet have turned the way consumer to communicated each other. Internet enable every information that consumer want to share about a product can be access and read of other consumer whenever and anywhere. This information finally spread by word of mouth faster and more effective to influent consumer purchase decision making. Sort of this communication is called electronic word-of-mouth (e-WOM). This quantitative research supposed to know the effect that e-WOM accused towards Brand Image, and also consumer Purchase Intention either directly or mediating by Brand Image. This study involved 116 sample from Jabodetabek area. The sample of this research is consumers who have read product review of any product from Etude House in any beauty blog for six month before this research conducted and never purchase product in the product review at any blog that consumer have been read before. The result of of this study showed that e-WOM have significantly and positively effect toward Brand Image and consumer Purchase Intention either directly or indirectly with mediating of Brand Image towards Etude House cosmetic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65648
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nine Primastita Arif
"Mengingat e-commerce telah menjadi kebutuhan utama, maka penyedia e-commerce harus meningkatkan produk dan layanannya. Layanan purna jual adalah salah satu yang harus dipertimbangkan untuk mengurangi keraguan pelanggan dalam menggunakn e- commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran layanan purna jual e- commerce (pengembalian produk, pertukaran, dan pemeliharaan) pada sikap pelanggan (membangun hubungan) dan aspek perilaku (mengembangkan niat pembelian kembali pelanggan dan dari mulut ke mulut). Penelitian ini menggunakan metode judgemental sampling dimana 255 sampel yang memenuhi syarat disesuaikan dengan kriteria tertentu. Structural Equation Model (SEM) yang didukung oleh perangkat lunak SmartPLS digunakan untuk menganalisis data. Temuan dalam penelitian ini adalah pengembalian produk dan layanan pemeliharaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan online dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Sedangkan pertukaran produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan, sebagai indikator kualitas hubungan memediasi hubungan antara layanan purna jual (pengembalian produk, penukaran dan pemeliharaan), niat pembelian kembali pelanggan secara online dan WOM intention. Niat pembelian kembali dan WOM intention secara positif dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan. Implikasi penelitian akan bermanfaat bagi pembuat kebijakan, peneliti, serta industri e-commerce dalam mengimplementasikan dan mempromosikan penggunaan e-commerce.
Considering that e-commerce has become a major requirement, e-commerce providers must improve their products and services. After-sales service is one that must be considered to reduce customer doubts in using e-commerce. The purpose of this study was to investigate the role of e-commerce after-sales service (product returns, exchanges, and maintenance) on customer attitudes (relationship building) and behavioral aspects (developing customer repurchase intentions and word of mouth). This study used a judgemental sampling method in which 255 samples that met the requirements were adjusted to certain criteria. Structural Equation Model (SEM) supported by SmartPLS software is used to analyze the data. The findings in this study are that product returns and maintenance services have a significant effect on online customer satisfaction and satisfaction has a significant effect on customer trust. While product value has no significant effect on customer satisfaction. Customer satisfaction and trust, as indicators of relationship quality mediate the relationship between after- sales service (product returns, exchanges and maintenance), online customer repurchase intentions and WOM intention. Repurchase intention and WOM intention are positively influenced by trust and satisfaction. The research implications will be useful for policy makers, researchers, and the e-commerce industry in implementing and promoting the use of e-commerce. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Marco Anthony
"[Electronic word of mouth telah menjadi salah satu fenomena yang timbul akibat perkembangan teknologi internet dan menjadi salah satu topik yang dipelajari pada era pemasaran digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motif apa yang mendorong niat seseorang mau menyebarkan electronic word of mouth pada media consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data dari 60 responden yang kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square ? Structural Equation Model (PLS ? SEM). Hasil penelitian mendukung dua dari enam hipotesis yang diajukan, yaitu Kepuasan Menolong dan Kewajiban Moral berpengaruh positif terhadap niat seseorang untuk menyebarkan electronic word of mouth pada consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus.
Electronic word of mouth has become a phenomenon that arise because of internet advancement and a subject of study in this digital marketing era. The purpose of this study is to anaylze what motives that drive consumer?s intention to spread electronic word of mouth in consumer-opinion platform media Forum Jual Beli Kaskus. This study is conducted using the data from 60 respondent and analyzed using Partial Least Square ? Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The result support two of six hypotheses that have been proposed which are Enjoyment of Helping and Moral Obligation positively related to Consumer?s Intention in spreading the electronic word of mouth in consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus.Electronic
Word;Electronic word of mouth has become a phenomenon that arise because of internet advancement and a subject of study in this digital marketing era. The purpose of this study is to anaylze what motives that drive consumer?s intention to spread electronic word of mouth in consumer-opinion platform media Forum Jual Beli Kaskus. This study is conducted using the data from 60 respondent and analyzed using Partial Least Square ? Structural Equation Model (PLS ? SEM) method. The result support two of six hypotheses that have been proposed which are Enjoyment of Helping and Moral Obligation positively related to Consumer?s Intention in spreading the electronic word of mouth in consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus.Electronic
Word, Electronic word of mouth has become a phenomenon that arise because of internet advancement and a subject of study in this digital marketing era. The purpose of this study is to anaylze what motives that drive consumer’s intention to spread electronic word of mouth in consumer-opinion platform media Forum Jual Beli Kaskus. This study is conducted using the data from 60 respondent and analyzed using Partial Least Square – Structural Equation Model (PLS – SEM) method. The result support two of six hypotheses that have been proposed which are Enjoyment of Helping and Moral Obligation positively related to Consumer’s Intention in spreading the electronic word of mouth in consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus.Electronic
Word]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Miranti Primadhani
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh electronic word of mouth terhadap citra merek dan minat beli produk kosmetik Maybelline. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden wanita, berusia 17 ndash; diatas 31 tahun, mengetahui forum femaledaily.com, belum pernah melakukan pembelian produk Maybelline, dan bertempat tinggal di Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara electronic word of mouth dan citra merek terhadap minat beli konsumen produk kosmetik Maybelline. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perusahaan harus dapat meningkatkan kualitas produk yang akan memberikan pengaruh terhadap electronic word of mouth, karena electronic word of mouth akan mempengaruhi citra merek suatu produk dan minat beli konsumen terhadap kosmetik Maybelline.
This thesis discusses the influence of electronic word of mouth on brand image and purchase intention of Maybelline cosmetic product. This study is a quantitative study by distributing questionnaires to 100 female respondents, aged 17 over 31 years, familiar with forums femaledaily.com, has never made purchases of Maybelline products, and resides in Jabodetabek.The results showed that there is an influence between electronic word of mouth and brand image of consumer buying interest in Maybelline cosmetics products. The results of this study suggest that the company should be able to improve the quality of products that will affect Ewom, because Ewom will affect the brand image of a product and consumer buying interest in Maybelline cosmetics."
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aldilla Ramadhita Susanto
"Dengan meningkatnya penggunaan internet, sekarang media sosial digunakan untuk mendapatkan informasi, seperti informasi mengenai produk kecantikan. Salah satu sumber informasi yang sering digunakan adalah beauty vlogger. Penelitian ini menjelaskan pengaruh ulasan oleh beauty vlogger Suhay Salim sebagai electronic word of mouth dan faktor psikologis pembelajaran dan persepsi produk terhadap proses pengambilan keputusan dengan melakukan studi pada generasi milenial yang pernah menonton video ulasan produk Aloe Vera Gel Nature Republic oleh Suhay Salim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei penyebaran kuesioner secara online yang berdasarkan teknik simple random sampling terhadap 118 orang sampel. Model penelitian diuji dengan analisis regresi berganda melalui SPSS dan memperlihatkan bahwa e-WOM serta faktor psikologis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap proses pengambilan keputusan.
With the emergence of internet usage, nowadays social media are being used as an information source. One of the information source is beauty vlogger. The objective of this research is to analyze the influence of ulasan by a beauty vlogger, Suhay Salim, as electronic word of mouth and psychological factor of learning and perception of the product towards decision making process. The study will be focusing on milenials who have watched Suhay Salim rsquo s video ulasan of Nature Republic Aloe Vera Gel. This quantitative research uses survey by distributing online questionnaire to 118 samples using simple random sampling method. This research is using multiple regression analysis with SPSS and it shows that there are influence between e WOM and psychological factors towards decision making process."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library