Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 47336 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Silfia Rizkiani
"Tujuan khusus dari penulisan ini Memahami cara pembuatan laporan PTAP di PT Harsen Laboratories sesuai dengan Protap dan persyaratan CPOB dan Mengetahui profil mutu salah satu produk obat yaitu M Kaplet salut selaput yang diproduksi oleh PT Harsen Laboratories selama periode tahun 2019. Pengkajian mutu produk umumnya dilakukan setiap tahun dan dituangkan dalam dokumen Pengkajian Mutu Produk (PMP) atau Product Quality Review (PQR), yang dimana merupakan suatu bagian dari evaluasi
The specific purpose of this paper is to understand how to make PTAP reports at PT Harsen Laboratories in accordance with the Protap and CPOB requirements and to know the quality profile of one of the medicinal products, namely M membrane coated caplet produced by PT Harsen Laboratories during the period of 2019. Assessment of product quality is generally carried out every time. years and set forth in a Product Quality Review (PQR) document, which is a part of post-production evaluation that analyzes medicinal products within 1 year. The scope of this PTAP report includes procedures for reviewing each product manufactured in one year. The minimum number of batches that a PTAP report can generate is 3 batches. This is based on the number of 3 batches which is the minimum amount of data that can be analyzed statistically validly. QA staff collects batch records consisting of Batch Processing Records (BMR), Batch Packaging Records (BPR), In Process Control (IPC) Reports and Product Analysis Reports that have been released or rejected disposition and ensure the batch is accompanied by the QA Manager initials. The QA staff creates a PTAP attachment template on Microsoft Excel by inputting the data listed in the BMR, BPR, IPC Report and Product Analysis Report according to the predetermined format. The IPC is processed and the results of product analysis are carried out using statistical methods and interpreting the statistics. The results obtained by PTAP made at PT Harsen Laboratories are in accordance with the CPOB requirements, the data displayed is adjusted to the type of product preparation, and the method of making reports has been listed both in the Protap and Production M of film coated caplets in the 2019 period meeting the requirements of the quality specifications that have been determined. It is necessary to record batch record pasca produksi yang menganalisa produk obat dalam jangka waktu 1 tahun. Ruang lingkup dari laporan PTAP ini meliputi prosedur untuk pengkajian setiap produk yang dibuat dalam satu tahun. Jumlah batch minimum yang dapat dibuat laporan PTAP adalah sebanyak 3 batch. Hal ini didasari jumlah 3 batch merupakan jumlah minimum data yang dapat dianalisis statistika secara valid. Staff QA mengumpulkan batch record yang terdiri dari Catatan Pengolahan Batch (BMR), Catatan Pengemasan Batch (BPR), Laporan In Process Control (IPC) dan Laporoan Analisa Produk yang telah dilakukan disposisi rilis atau ditolak serta pastikan batch tersebut sudah disertai dengan paraf Manager QA. Staff QA membuat template Lampiran PTAP pada Microsoft Excell dengan cara menginput data-data yang tercantum dalam BMR, BPR, Laporan IPC dan Laporan Analisa Produk sesuai format yang telah ditetapkan. Dilakukan pengolahan terhadap IPC dan hasil analisa produk dengan menggunakan metode statistik dan melakukan interpretasi terhadap statistika. Hasil yang diperoleh PTAP yang dibuat di PT Harsen Laboratories sudah sesuai dengan persyaratan CPOB, data yang ditampilkan disesuaikan dengan jenis sediaan produk, serta cara pembuatan laporan sudah tercantum baik dalam Protap dan Produksi M kaplet salut selaput pada peroide tahun 2019 memenuhi persyaratan spesifikasi mutu yang telah ditentukan. Perlu pencatatan peminjaman batch record dengan menginput data di sistem komputer untuk mencegah kehilangan batch record dan perlu dilakukan peningkatan mutu secara bertahap mulai dari kualifikasi dan validasi alat produksi.

The specific purpose of this paper is to understand how to make PTAP reports at PT Harsen Laboratories in accordance with the Protap and CPOB requirements and to know the quality profile of one of the medicinal products, namely M membrane coated caplet produced by PT Harsen Laboratories during the period of 2019. Assessment of product quality is generally carried out every time. years and set forth in a Product Quality Review (PQR) document, which is a part of post-production evaluation that analyzes medicinal products within 1 year. The scope of this PTAP report includes procedures for reviewing each product manufactured in one year. The minimum number of batches that a PTAP report can generate is 3 batches. This is based on the number of 3 batches which is the minimum amount of data that can be analyzed statistically validly. QA staff collects batch records consisting of Batch Processing Records (BMR), Batch Packaging Records (BPR), In Process Control (IPC) Reports and Product Analysis Reports that have been released or rejected disposition and ensure the batch is accompanied by the QA Manager initials. The QA staff creates a PTAP attachment template on Microsoft Excel by inputting the data listed in the BMR, BPR, IPC Report and Product Analysis Report according to the predetermined format. The IPC is processed and the results of product analysis are carried out using statistical methods and interpreting the statistics. The results obtained by PTAP made at PT Harsen Laboratories are in accordance with the CPOB requirements, the data displayed is adjusted to the type of product preparation, and the method of making reports has been listed both in the Protap and Production M of film coated caplets in the 2019 period meeting the requirements of the quality specifications that have been determined. It is necessary to record batch record lending by inputting data in a computer system to prevent loss of batch records and it is necessary to gradually increase the quality starting from the qualification and validation of production equipment."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zhafira Chairunnisa
"Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) merupakan cara pembuatan obat dan/atau bahan obat yang bertujuan untuk memastikan agar mutu obat dan/atau bahan obat yang dihasilkan sesuai persyaratan dan tujuan penggunaannya. Salah satu aspek yang dimuat dalam CPOB adalah sistem mutu industri farmasi. Sistem mutu industri farmasi juga mencakup pengkajian mutu produk yang bertujuan untuk membuktikan konsistensi proses dan kesesuaian dengan spesifikasi bahan awal, bahan pengemas, dan produk jadi. Hasil pengkajian mutu produk ini kemudian digunakan untuk melihat tren dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk produk dan proses. Tujuan dilaksanakannya PKPA ini adalah mengetahui peran apoteker dalam melakukan pembuatan Laporan Pengkajian Tahunan Atas Produk (PTAP), mengetahui penerapan Prosedur Tetap (Protap) Pembuatan Laporan Pengkajian Tahunan Atas Produk (PTAP) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB); dan Mengetahui dan memahami proses pembuatan Laporan Pengkajian Tahunan Atas Produk (PTAP) M Kaplet Salut Selaput yang diproduksi oleh PT. Harsen Laboratories. Pembuatan Laporan Pengkajian Tahunan Atas Produk (PTAP) di PT. Harsen Laboratories telah sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) yang berlaku dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Berdasarkan Laporan Pengkajian Tahunan Atas Produk (PTAP) yang telah dibuat, produksi M Kaplet Salut Selaput pada tahun 2021 telah memenuhi persyaratan spesifikasi mutu produk jadi yang ditetapkan oleh PT. Harsen Laboratories dan seluruh aspek perhitungan terkait proses telah memenuhi tren analisis yang diinginkan.

Good Manufacturing Practices (GMP) is a method for making drugs and/or drug raw material that aims to ensure that the quality of drugs and/or drug raw material produced meets the requirements and intended use. One of the aspects contained in GMP is the quality system of the pharmaceutical industry. The pharmaceutical industry's quality system also includes product quality assessments aimed at proving process consistency and compliance with specifications for starting materials, packaging materials, and finished products. The results of this product quality assessment are then used to spot trends and identify necessary improvements to products and processes. The purpose of implementing this report is to find out the role of pharmacists in preparing the Annual Product Quality Review (APQR), to know the application of the Standard Procedures (SOPs) for Making Annual Product Quality Review (APQR) and Good Manufacturing Practices (GMP); and Knowing and understanding the process of preparing the Annual Product Quality Review (APQR) M Film Coated Caplets produced by PT. Harrison Laboratories. Preparation of the Annual Product Quality Review (APQR) at PT. Harsen Laboratories complies with the applicable Standard Procedures (Protap) and Good Manufacturing Practices (GMP). Based on the Annual Product Quality Review (APQR) that has been made, the production of M Film Coated Caplets in 2021 has met the requirements for finished product quality specifications set by PT. Harsen Laboratories and all aspects of process-related calculations have met the desired trend analysis."
Depok: 2022
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Desti Rachmadyah Nanda Setiawan
"ABSTRAK
Praktek kerja profesi di Apotik Hidup Baru dilaksanakan pada bulan Oktober selama 4 minggu, yaitu mulai tanggal 3 Oktober sampai dengan tanggal 28 Oktober 2016. Tujuan dilaksanakannya praktek kerja profesi apoteker agar mahasiswa mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di Rumah Sakit sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi khususnya dan pelayanan kesehatan umumnya. Peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di Apotek Hidup Baru mencakup pengelolaan perbekalan farmasi dan pelayanan farmasi klinik. Kegiatan manajemen di Apotik Hidup Baru telah dijalankan dan diterapkan dengan baik sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di apotek. Kegiatan farmasi klinis yang dilakukan meliputi pengkajian resep, dispensing, pelayanan informasi obat, konseling, dan swamedikasi. Pelayanan farmasi klinis di Apotek Hidup Baru sudah dilakukan dengan baik, namun masih terdapat beberapa hal yang perlu dilengkapi.

ABSTRACT
Internship at Hidup Baru Pharmacy held for 4 weeks, since October, 3rd, until October, 28th, 2016. This internship was intended to make apothecary student understand the role, duties, and responsibilities of pharmacist at Pharmacy in accordance with standard and ethic of pharmaceutical care. The role, duties and responsibilities of a pharmacist in Hidup Baru Pharmacy includes the management of pharmaceuticals and clinical pharmaceutical care. Management of pharmaceutical at Hidup Baru Pharmacy has been implemented and applied in accordance with the Standars of Pharmaceutical Care at Pharmacy. Clinical pharmacy activities undertaken include assessments prescription, dispensing, drug information services, counseling, and swamedikasi. Clinical pharmacy services at Hidup Baru Pharmacy has been done well, but there are still some things that need to be completed.
"
2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Waliyyin Razan Qanit
"Praktik Kerja Profesi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati dan Apotek Roxy Depok periode September-Desember Tahun 2020 bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab apoteker, menerapkan ilmu yang telah dipelajari, meningkatkan keterampilan, serta menambah wawasan melalui pengalaman praktik di pelayanan kefarmasian seperti rumah sakit dan apotek. Selama menjalankan praktik kerja profesi, peserta diberikan tugas khusus berupa Pemantauan Terapi Obat (PTO) antibiotik pada pasien pasca operasi dan pengelolaan sediaan farmasi Narkotika dan Psikotropika di Apotek Roxy Klender. Tugas khusus tersebut bertujuan untuk mengetahui rasionalitas penggunaan antibiotik pada pasien pasca operasi di RSUP Fatmawati dan mengetahui gambaran pengelolaan Narkotika dan Psikotropika di Apotek Roxy Depok dibandingkan dengan peraturan perundang-undangan. Secara umum, penggunaan antibiotik pada pasien pasca operasi di RSUP Fatmawati dikatakan rasional. Namun, ditemukan permasalahan terkait obat pada saat proses operasi yakni waktu pemberian antibiotik profilaksis yang tidak tepat. Selanjutnya, pengelolaan Narkotika dan Psikotropika di Apotek Roxy Depok meliputi kegiatan pengadaan, penerimaan, penyimpanan, penyerahan, pengembalian, pemusnahan, dan pelaporan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Professional Work Practices at the Central General Hospital (RSUP) Fatmawati and Pharmacy Roxy Depok for the period September-December 2020 aims to find out pharmacists' responsibilities, apply knowledge that has been learned, improve skills, and gain insight through practical experience in pharmaceutical services such as hospitals and a pharmacy. While carrying out professional work practices, participants are given special assignments in the form of Monitoring Drug Therapy (PTO) for antibiotics in postoperative patients and managing Narcotics and Psychotropics pharmaceutical preparations at the Roxy Klender Pharmacy. This special task aims to determine the rationality of using antibiotics in postoperative patients at Fatmawati Hospital and to know the description of the management of Narcotics and Psychotropics at the Roxy Depok Pharmacy compared to statutory regulations. In general, the use of antibiotics in postoperative patients at Fatmawati Hospital is said to be rational. However, drug-related problems were found during the operation process, namely the inappropriate timing of prophylactic antibiotics. Furthermore, the management of Narcotics and Psychotropics at Apotek Roxy Depok includes procurement, receiving, storing, delivering, returning, destroying, and reporting in accordance with the prevailing laws and regulations."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhwan Karim
"Praktek Kerja Profesi Apoteker di Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan gambaran mengenai tugas pokok dan fungsi Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian meliputi kebijakan penyusunan norma standar prosedur dan kriteria serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang produksi dan distribusi kefarmasian Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian terdiri dari empat subdirektorat yaitu subdirektorat produksi dan distribusi obat dan obat tradisional produksi kosmetika dan makanan produksi dan distribusi narkotika psikotropika prekursor dan sediaan farmasi khusus dan kemandirian obat dan bahan baku obat Dalam tugas khusus dijelaskan mengenai pembatasan dan pelarangan penggunaan bahan kosmetika dalam Formularium Kosmetika Indonesia Pada tugas khusus tersebut dilakukan penyusunan Formularium Kosmetika Indonesia Setelah itu dilakukan pengkajian terhadap bahan yang dibatasi dan dilarang penggunaannya berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia BPOM RI

Apothecary Internship at Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia aims to gain knowledge and an overview of the duties and functions of Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian includes policies preparation of norms standards procedures criterias and providing technical guidance and evaluation of pharmaceutical production and distribution This directorate has four sub directorates sub directorate of production and distribution of drugs and traditional drugs production of cosmetics and foods production and distribution narcotics psychotropics precursor and pharmaceutical specific form and independence of drugs and pharmaceutical raw materials In specific task described the restrictions and bans the use of cosmetics in Cosmetics formulary Indonesia In that specific task arrangement formulary Cosmetics Indonesia After that assessment of the material is restricted and prohibited by regulations issued by the National Agency of Drug and Food of the Republic of Indonesia BPOM RI"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2013
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Nur Handayani
"ABSTRAK
Praktek Kerja Profesi Apoteker di PT Actavis Indonesia bertujuan agar calon apoteker memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di industri farmasi, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman praktis untuk melakukan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi, serta dapat memahami penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik di industi farmasi. Praktek kerja ini juga bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang permasalahan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi. Tugas khusus yang diberikan berjudul Validasi Proses Pembuatan Tablet Freegas di PT Actavis Indonesia. Tujuan penyusunan tugas khusus ini adalah untuk memahami pelaksanaan protokol validasi proses pembuatan Tablet Freegas di PT Actavis Indonesia.

ABSTRACT
Internship at PT Actavis Indonesia was intended to make apothecary student understand the role, duties and responsibilities of pharmacists in the pharmaceutical industry, have the insight, knowledge, skills and practical experience to do the work of pharmacy in the pharmaceutical industry, as well as to understand the application of good manufacturing practices of medicines in industry. This practice also aims to know the real picture about the problems of pharmaceutical works in the pharmaceutical industry. Special assignment given entitled Process Validation of Freegas Tablet at PT Actavis Indonesia. The purpose of the special task is to understand the implementation of process validation protocols of Freegas Tablet at PT Actavis Indonesia."
2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Nur Handayani
"Praktek Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma No. 352 Depok bertujuan agar calon apoteker mampu memahami tugas dan tanggung jawab apoteker dalam pengelolaan apotek, melakukan praktik pelayanan kefarmasian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika yang berlaku, serta mendapatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman praktis untuk melakukan praktek kefarmasian di apotek. Praktek kerja ini juga bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang permasalahan pekerjaan kefarmasian di apotek, serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktek kefarmasian. Tugas khusus yang diberikan berjudul Analisis Terapi Diabetes Melitus berdasarkan Resep Dokter yang Masuk di Apotek Kimia Farma No.352. Tujuan penyusunan tugas khusus ini adalah untuk menganalisis penatalaksanaan penyakit diabetes yang dilakukan di Apotek Kimia Farma No. 352 serta pengkajian resep meliputi pengkajian administrasi, pengkajian farmasetik, pertimbangan klinik, Drug Related Problem DRP dan Medication Error.

Internship at Apotek Kimia Farma No. 352 Depok was intended to make apothecary student understand the duties and responsibilities of pharmacists in pharmacy management, to practicing of pharmaceutical services in accordance with the provisions of law and ethics, as well as have the insight, knowledge, skills and practical experience to carry out the practice of pharmacy in pharmacy. This practice also aims to know the real picture about the problems of pharmaceutical works in the pharmacy, as well as learn strategies and activities that can be done in order to develop the practice of pharmacy. Special assignment given, entitled Analysis of Diabetes Mellitus Treatment by Prescription from Kimia Farma 352. The purpose of the special task is to analyze the management of diabetes carried out in Kimia Farma No. 352 and prescription recipes include assessment of administrative, pharmaceutical studies, clinical considerations, Drug Related Problem DRP and Medication Error.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfa Edawati
"Praktek Kerja Profesi Apoteker di PT. Guardian Pharmatama bertujuan Memahami penerapan aspek-aspek CPOB yang dilakukan oleh industri farmasi dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan Memahami peranan apoteker dalam industri farmasi. Apoteker mempunyai peranan dan tanggung jawab penting untuk menerapkan aspek ? aspek yang tercantum dalam CPOB tersebut, antara lain sebagai penanggung jawab produksi, penanggung jawab pengawasan dan pemastian mutu.
Tugas khusus yang diberikan berjudul studi literatur sediaan infus. Persyaratan infus intravena yaitu sediaan steril berupa larutan, bebas pirogen, sedapat mungkin dibuat isotonis terhadap darah, tidak mengandung bakterisida, harus jernih dan praktis bebas partikel, volume netto/volume terukur tidak kurang dari nilai nominal, dan memenuhi syarat injeksi. Untuk memenuhi persyaratan tersebut, dalam pembuatan sediaan infus, industri farmasi harus menerapkan CPOB pembuatan produk steril.

Apothecary Internship at Guardian Pharmatama to know and understand application of GMP aspects undertaken by the pharmaceutical industry in producing quality products and understand the role of pharmacists in the pharmaceutical industry. Pharmacists have an important role and responsibility for implementing aspects listed in the GMP is in charge of production, responsible for oversight and quality assurance.
Given a special assignment titled Literature intravenous infusion. Requirements that intravenous infusion of sterile dosage form solutions, pyrogen free, as far as possible be made isotonic to blood, contains no bactericide, should be clear and practically free from particles, the netto volume not less than face value and qualified injection to meet these requirements, in making preparations infusion, the pharmaceutical industry must implement the GMP manufacture of sterile products.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2012
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alfredo Fernando
"Dalam rangka mempersiapkan apoteker yang siap mengemban tugas pekerjaan kefarmasiannya secara profesional, Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Apotek perlu diselenggarakan sebagai wujud pelatihan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan secara langsung dan mengetahui aspek teknis dan operasional seluruh kegiatan di apotek. PKPA untuk apotek kali ini diselenggarakan di Apotek Atrika, Jalan Kartini Raya No. 34, Jakarta Pusat pada periode Maret dan Mei 2014. Apoteker memegang peran dan tanggung jawab yang sangat vital dalam pengelolaan kegiatan apotek. Sebagai Apoteker Pengelola Apotek (APA), diperlukan kompetensi yang memadai dalam pelaksanaan tanggung jawab profesi yang mencakup ilmu kefarmasian dan keterampilan wirausaha demi kemajuan dan eksistensi apotek yang dikelolanya. Apotek Atrika merupakan sarana apotek yang ideal sebagai tempat PKPA, karena telah mempunyai dan menerapkan sistem dalam pengelolaan kegiatan operasional apotek, yang mencakup sejumlah aspek teknis, yakni: perencanaan dan pengadaan barang yang efisien, penyimpanan dan penataan persediaan yang teratur, arus barang keluar dan masuk terdokumentasi, pelayanan berorientasi pasien, pengelolaan dan pengawasan keuangan dan administrasi memadai, serta kegiatan promosi yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

In order to prepare pharmacists who are ready to carry out work duties in a pharmaceutical professional manner PKPA intership programme should be organized as a form of training to apply the knowledge acquired during the course directly and find out the technical and operational aspects of all activities in the pharmacy PKPA in pharmacy was held in Apotek Atrika Jalan Kartini Raya 34 Central Jakarta. Pharmacist role and responsibilities is vital in managing the pharmacy to develop a pharmacy it is required adequate competence in the execution of professional responsibilities that include pharmaceutical science and entrepreneurial skills for the development and existence of pharmacy management. Atrika pharmacy is a pharmacy that is ideal for internship because it has to have and implemented a system in the management of pharmacy operations which includes several technical aspects planning and efficient procurement storage and supply of regular arrangement good documentation of goods flow pharmaceutical care management and adequate financial control and administration as well as promotional activities in accordance with applicable regulations.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2014
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alfredo Fernando
"Melalui Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di ReGeniC Laboratory, penulis berkesempatan memperoleh ilmu dasar terkait aspek regulasi dan cGMP yang harus diterapkan sebagai tanggung jawab profesinya. Penulis juga berkesempatan memperdalam ilmu bioteknologi terkait sel punca. Aplikasi klinis sel punca di Indonesia memang sudah terrealisasi, namun dalam praktiknya, perlu dilakukan optimasi dan pemantauan terhadap proses pengolahan dan produksi produk sel punca secara kontinu. Secara keseluruhan, penerapan seluruh aspek cGMP atau CPOB di ReGeniC Laboratory telah berjalan dengan baik di semua kegiatan produksi dan pengawasan mutu. Secara khusus, penerapan beberapa aspek cGMP untuk produk sel punca perlu ditelaah kembali melalui diskusi komprehensif antara pihak regulator dan pihak ReGeniC karena beberapa aplikasi aspek cGMP untuk produk sel punca jelas berbeda dengan produk obat layaknya industri farmasi. Profesi apoteker memiliki peran vital dalam implementasi cGMP dalam suatu laboratorium pengolahan sel punca, khususnya sebagai bagian pengawasan mutu. Namun, di laboratorium pengolahan sel punca, tuntutan peran apoteker tidak hanya sebagai personil kunci layaknya industri farmasi, tetapi juga sebagai peneliti untuk riset dan pengembangan sel punca.

Through intership in ReGeniC Laboratory the author had the opportunity to acquire the basic knowledge related to current Good Manufacturing Practices cGMP aspects that should be applied as pharmacist professional responsibility in industrial context Moreover the author also had the opportunity to deepen their knowledge of biotechnology especially stem cells Clinical applications of stem cells in Indonesia has been developed by some institution but in practice optimization and monitoring need to be done related to processing and production of stem cells continuously Overall the implementation of all aspects of cGMP in ReGeniC Laboratory has run well in all the activities of production and quality control In particular the application of some aspects of cGMP for stem cell products need to be re examined through a comprehensive discussion between regulators and ReGeniC because some aspects of cGMP applications for stem cell products are clearly differ from pharmaceutical drug products Pharmacist profession has a vital role in the implementation of cGMP in a stem cell processing laboratory particularly as part of quality control However in the stem cell processing laboratory pharmacist roles is not only its responsibility as a key personnel in pharmaceutical industry but also as a researcher and long life learner conducting research and development of stem cells.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2014
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>