Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146778 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raka Bimo Darmawan
"Cause-related marketing (CRM) disebut sebagai strategi taktis dalam upaya menarik konsumen dan menghasilkan keuntungan yang prosesnya melibatkan berbagai faktor keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari variabel utama moral identity centrality, serta variabel lainnya yaitu brand social responsibility image, brand emotional attachment, dan brand experience dalam memengaruhi intensi membeli. Metode yang digunakan pada penelitian adalah scenario-based survey dengan skenario CRM yang melekat pada 2 brand kosmetik (Wardah dan The Body Shop) dengan scenario pairing yaitu misi (cause) lingkungan dan pendidikan. Dengan jumlah sampel 431 responden dan dengan metode regresi berganda, ditemukan bahwa moral identity centrality, brand emotional attachment, dan brand experience memiliki pengaruh secara langsung terhadap intensi membeli, namun interaksi moderasi dari ketiga variabel tersebut tidak signifikan dalam memengaruhi hubungan moral identity centrality terhadap intensi membeli. Moral identity centrality signifikan memengaruhi intensi membeli hanya untuk CRM brand The Body Shop, yang memang memiliki brand persona yang konsisten untuk ide-ide pelestarian alam dan pendidikan.

Cause-related marketing (CRM) is referred to as a tactical strategy in an effort to attract consumers and generate profits, the process of which involves various factors in consumer purchasing decisions. This study aims to see whether there is an influence from the main variable of moral identity centrality, as well as other variables, namely brand social responsibility image, brand emotional attachment, and brand experience in influencing purchase intention. The method used in this research is a scenario-based survey with a CRM scenario attached to 2 cosmetic brands (Wardah and The Body Shop) with a pairing scenario involving environmental and educational causes. With a sample size of 431 respondents and using the multiple regression method, it was found that moral identity centrality, brand emotional attachment, and brand experience have a direct influence on purchase intention, but the moderation interaction of these three variables is not significant in influencing the relationship between moral identity centrality and purchase intention. Moral identity centrality has a significant influence on purchase intentions only for the CRM of The Body Shop, which has a consistent brand persona for concern towards nature preservation and education."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Mahdalena
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengivestigasi jenis hubungan antara cause-related marketing, corporate image, consumers? attitude dan brand attractiveness yang kemudian akan mempengaruhi intensi pembelian konsumen pada kasus perusahaan sosial yang dipilih oleh peneliti. Metode analisis structural equation modelling (SEM) akan digunakan untuk menguji hipotesis. Data akan dikumpulkan dari 150 responden di lingkup geografis Jabodetabek. Implikasi utama CRM pada temuan yang akan didapatkan dalam penelitian ini adalah diperuntukkan bagi manajer pemasaran.
Penemuan ini juga akan memberikan saran beberapa langkah-langkah yang dapat diambil untuk pertimbangan perusahaan dalam rangka meningkatkan corporate image, consumers attitude, dan brand attractiveness karena ketiga variabel tersebut diduga dapat mempengaruhi dampak CRM pada intensi pembelian konsumen. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk menutup gap dari penelitian empiris di bidang ini, terutama karena adanya sikap pelanggan yang beragam di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Penelitian semacam ini masih cukup jarang dan diharapkan akan menambah khazanah pengetahuan mengenai marketing dalam perusahaan berbasis sosial yang kini tengah menjadi trending topic diberbagai belahan dunia.

This research has aimed to investigate relations among cause-related marketing, corporate image, consumers? attitude and brand attractiveness which then affected consumer intention purchasing on social enterprise that has been chosen by the researcher. Structural equation modelling method analysis was used to examine the hypotheses. The data were collected from 150 respondents living in Jakarta and nearby cities. The main implication of cause-related marketing gathered from these research has been aimed at respective marketing manager.
These researches were also resulted in suggestions and steps for consideration to a corporate for increasing the corporate image, consumer?s attitude and brand attractiveness due to these three variables could be affecting consumer purchasing intention. Besides, these researches could give a good contribution to fill in gap from empirical researches, because of various of consumer's attitudes in developed countries like Indonesia. Rarely such researches have been conducted and this research is expected to add to the wealth of knowledge about the marketing in social enterprises which at the present day is becoming such a trending topic in many parts of the globe."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65112
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zannaria Adi Tasya
"Popularitas platform transportasi online yang terus meningkat adalah bukti bahwa konsumen memiliki pengalaman pribadi dengan merek-merek ini. Mengingat pentingnya platform transportasi online di masyarakat, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek dalam membangun ekuitas merek berbasis konsumen (CBBE) secara langsung maupun melalui mediasi dari faktor lain pada aplikasi transportasi online di Indonesia. Survei online terhadap 300 pengguna layanan aplikasi transportasi online di Indonesia memberikan data uji empiris. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Structural Equation Modelling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tidak langsung pengalaman merek terhadap ekuitas merek berbasis konsumen sehingga pengalaman merek memberikan pengaruh yang sepenuhnya dimediasi oleh keterikatan merek emosional terhadap ekuitas merek berbasis konsumen. Secara keseluruhan, keterikatan merek emosional memiliki efek langsung dalam membangun ekuitas merek berbasis konsumen. Sedangkan faktor lain seperti kredibilitas merek dan kepuasan konsumen memediasi keterikatan merek emosional dalam membangun ekuitas merek berbasis konsumen. Pengaruh langsung juga terjadi pada variabel keterikatan merek emosional, kredibilitas merek dan kepuasan konsumen yang memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap ekuitas merek berbasis konsumen. Penelitian ini memperkaya literatur yang ada tentang faktor-faktor yang membangun ekuitas merek dan diharapkan dapat memberikan gambaran pada perusahaan transportasi online untuk meningkatkan ekuitas merek mereka dan memperoleh informasi tentang bagaimana membangun hubungan antara konsumen dengan merek.

The ever-growing popularity of transportation online platforms is evidence that consumers have personal experiences with these brands. Given the prominence of transportation online platforms in society, this study aims to analyze the effect of brand experience in building consumer-based brand equity (CBBE) directly or requiring mediation from other factors in online transportation applications in Indonesia. An online survey of 300 users of online transportation application services in Indonesia provides data of empirical testing. The research hypotheses were tested using Structural Equation Modelling - Partial Least Squares (SEM-PLS). The results showed an indirect effect of brand experience on consumer-based brand equity so that brand experience gave a fully mediated effect of emotional brand attachment to consumer-based brand equity. Overall, emotional brand attachment has a direct effect on building consumer-based brand equity. Meanwhile, other factors such as brand credibility and consumer satisfaction mediate emotional brand attachment in building consumer-based brand equity. A direct effect also occurs in the variables of emotional brand attachment, brand credibility, and consumer satisfaction which have a positive and significant relationship to consumer-based brand equity. This study enriches the existing literature on the factors that build brand equity and is expected to provide an overview of online transportation companies to increase their brand equity and obtain information on how to build relationships between consumers and brands."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Salsabila Zulhambri
"Meningkatnya kolaborasi antara perusahaan dan organisasi amal telah menjadi tren global di mana istilah Cause-Related Marketing (CRM) digunakan untuk menjelaskan fenomena ini. Karena strategi ini menjadi tren di seluruh dunia, pemasar perlu memahami apakah peranbudaya (misalnya self-construal) pada perilaku pembelian dan perspektif kegiatan CRM mereka akan berbeda di seluruh pasar. Untuk menjawab masalah ini, studi ini menyelidiki efek dari self-construals pada niat mereka untuk membeli produk CRM dan sikap merek terhadap CRM dengan mengoperasionalkan self-construals menggunakan data lintas negara. Selain itu, peran emosi (misalnya empati) diperhitungkan dalam menengahi hubungan ini. Dengan melakukan survey dengan partisipan dari Indonesia (saling bergantung) dan Belanda (independen), penelitian ini mengungkapkan dukungan dari literatur sebelumnya bahwa self-construals yang saling bergantung (Interdependent Self-construal) memiliki niat yang lebih tinggi untuk membeli produk CRM dari pada self-construals independen dan hubungan diberikan melalui peran mediasi empati. Meskipun self-construals tidak berbeda secara signifikan pada sikap mereka terhadap merek yang mempraktikan CRM, empati ditemukan menjadi faktor yang menengahi interpretasi diri yang saling bergantung untuk memiliki sikap yang lebih menguntungkan terhadap merek yang mempraktikkan CRM dari pada interpretasi diri independen. Praktis, pemasar disarankan untuk fokus pada penerapan strategi CRM di negara di mana strategi CRM dipandang lebih menguntungkan dan menguntungkan.

The rise of collaboration between companies and charitable organizations has become a global trend where the term Cause-Related Marketing (CRM) is used to explain this phenomenon. As this strategy becomes a worldwide trend, the marketers need to understand whether the role of culture (e.g. self-construal) on their buying behavior and perspectives of CRM activities will differ across markets. To answer the problem, the current study investigates the effect of self-construals on their intention to purchase CRM products and brand attitudes towards CRM by operationalizing the self-construals using cross-country data. Besides, the role of emotion (e.g. empathy) was taken into account in mediating these relationships. By conducting surveys with Indonesian (interdependent) and the Netherlands (independent) participants, the present study reveals support from previous literature that the interdependent self-construals have higher intention to purchase CRM products than the independent self-construals and the relationship is exerted through the mediating role of empathy. Although self-construals do not differ significantly on their attitudes towards brand practicing CRM, empathy was found to be the factor mediating the interdependent self-construals to have more favorable attitudes towards brand practicing CRM than the independent self-construals. Practically, marketers are recommended to focus on implementing the CRM strategy in a country where the CRM strategy is viewed as more favorable and profitable."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syarrifa Fauzia Pramodya Ramadhina
"Pesatnya perkembangan industri membuat persaingan antar-brand semakin ketat. Pasar yang penuh kompetisi memberikan begitu banyak pilihan bagi konsumen. Konsumen pun dapat dengan mudah menggonta-ganti brand sesuai dengan mana yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan lebih baik. Agar semakin menonjol dan terus dipilih, brand perlu memiliki brand image dengan membentuk asosiasi brand yang lebih kuat, disukai, dan unik. Lebih dari itu, brand image pun diperlukan untuk membangun brand loyalty yang penting bagi brand dalam jangka panjang. Untuk itu, brand perlu melakukan strategi komunikasi pemasaran. Brand pakaian Uniqlo melakukan komunikasi pemasaran dengan menerapkan strategi cause-related marketing melalui programnya, Uniqlo UT Peace For All. Makalah ini disusun dengan metode riset sekunder untuk menganalisis bagaimana dampak strategi cause-related marketing Uniqlo UT Peace For All terhadap brand image dalam membangun brand loyalty. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi cause-related marketing telah diterapkan dengan baik sehingga berdampak positif bagi brand image dalam membangun brand loyalty. Namun, terdapat catatan untuk lebih memerhatikan dimensi cause-related marketing dan bagaimana cara mengomunikasikannya dengan lebih efektif, serta rekomendasi untuk tidak melakukan cause-related marketing sebagai taktik jangka pendek untuk mendorong penjualan.

The rapid development of the industry makes the competition between brands increasingly tight. A highly competitive market provides consumers with so many choices. Consumers can easily change brands according to which one can better meet their needs and desires. In order to be more prominent and continue to be selected, brands need to have a brand image by forming stronger, preferred, and unique brand associations. More than that, brand image is also needed to build brand loyalty which is important for the brand in the long term. For this reason, brands need to carry out a marketing communication strategy. The clothing brand Uniqlo conducts marketing communications by implementing a cause-related marketing strategy through its program, Uniqlo UT Peace For All. With the secondary research method, this paper tries to analyze the impact of Uniqlo UT Peace For All's cause-related marketing strategy on brand image in building brand loyalty. The results of the analysis show that the cause-related marketing strategy has been implemented properly so that it has a positive impact on brand image in building brand loyalty. However, there is still a note to pay more attention to the cause-related marketing dimension and how to communicate it more effectively, as well as recommendations for brands not to engage in cause-related marketing as a short-term tactic to only drive sales."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Mawar Winona
"

Branding merupakan alat yang digunakan oleh pemasar untuk menciptakan identitas suatu produk dan mendiferensiasi produk tersebut dari pesaing-pesaingnya. Selebrita yang namanya dapat dianggap sebagai brand butuh melakukan kegiatan branding agar dapat dikenal di pasar hiburan yang sudah sangat tersaturasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari human brand identity serta branding communication grup boy band BTS asal Korea Selatan terhadap brand image dan brand love para penggemar BTS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan structural equation modeling (SEM). Hasil dari penelitian menyatakan bahwa human brand identity dan brand communication memengaruhi brand image selebritas, dan brand image merupakan variable penting dalam menciptakan brand love selebritias.


Branding is used as a tool used by marketers to create an identity of a product, to differentiate the product from its competitors. Celebrities whose names are considered brands also need to engage themselves in branding activities to help them be recognized in the current highly-saturated market. This research aims to look at the effects of each members human brand identity and branding communications of South Korean boy band BTS towards their brand image and brand love of the fans towards the group. This research is uses a quantitative method through the collection of questionnaires filled by BTS fans. The data is processed using structural equation modeling (SEM). Findings of this research show that human brand identity and brand communication positively affects brand image, and a positive brand image is important for the creation of brand love.

"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Hasan Albaqir
"Indonesia  merupakan negara yang terdiri dari berbagai agama yang didominasi oleh penduduk beragama Islam. Kehadiran bank syariah di Indonesia menjadi hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan layanan perbankan yang sesuai dengan ajaran Islam. Pertumbuhan jumlah nasabah bank syariah yang cukup besar belum mampu memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan bank syariah itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi bank syariah untuk membuat nasabah menjadi loyal dengan membangun yang baik di mata nasabah. Kegiatan corporate social responsibility (CSR) dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan reputasi dan persepsi suatu brand di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan brand equity bank syariah di Indonesia. Penelitian ini akan menggunakan dua dimensi dari CSR yaitu philanthropic responsibility dan ethical responsibility serta dua dimensi dari brand image yaitu functional image dan symbolic image. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah yang aktif menggunakan layanan perbankan syariah dalam 1 tahun terakhir dan pernah mengetahui mengenai kegiatan CSR yang dilakukan bank syariah yang mereka gunakan. Penelitian ini akan menggunakan analisis Structural Equation Modelling SEM) dengan software Lisrel 8.8 untuk mengolah data kuesioner yang memiliki skala likert 1- 5 dari 230 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ethical responsibility berpengaruh positif terhadap functional dan symbolic image. Sedangkan philanthropic responsibility tidak berpengaruh positif terhadap functional symbolic image. Selain itu functional dan symbolic image berpengaruh positif terhadap brand equity.

Indonesia is a country with a population consisting of various religions, with a predominantly Muslim population. The presence of Islamic banking industry in Indonesia is important to fulfill banking service needs which comply to sharia teachings. The growth of Islamic banking customers which is quite large to date has not been able to provide a significant influence on the growth of Islamic banking themselves. Therefore, it is important to improve customer loyalty by creating good image seen from the customers perspective. Corporate Social Responsibility (CSR) activities are one way to improve brand reputation and perception on consumers perspective. Therefore, this study aims to determine whether the CSR affects brand image (BI) and brand equity (BE) of islamic banking in Indonesia. This study uses two dimensions of CSR (philanthropic responsibility and ethical responsibility), and two dimensions of BI (functional image and symbolic image). Respondents in this study were islamic banking customers who actively used the islamic banking services over the past 12 months and had learned about CSR activities carried out by the Islamic banking they were using. Using the Analysis of Structural Equation Modeling (SEM) on Lisrel 8.8 software, this study processes the data which were obtained through 230 returned questionnaires from respondents with using Likert scale of 1 to 5 as a tool. The results of this study indicate that ethical responsibility has a positive effect on functional and symbolic image, while philanthropic responsibility does not positively influence the functional and symbolic images. On the other side, functional and symbolic images have a positive effect on BE.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bhisma Diwangkara
"Konsumsi kopi di Indonesia naik empat kali lipat sejak tahun 1990 dan generasi muda seperti milenial dan Gen-Z di Indonesia mulai berpindah dari mengonsumsi teh ke mengonsumsi kopi. Peristiwa ini telah menyebabkan revolusi industry kopi di Indonesia dengan bermunculannya berbagai macam merek kopi grab-n-go. Penelitian ini fokus kepada satu merek kopi grab-n-go yaitu Kopi Kenangan. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari keterikatan emosional konsumen Indonesia dengan Kopi kenangan terhadap consumer-based brand equity dari Kopi Kenangan. Penilitian ini menggunakan model penelitian yang menggambarkan hubungan antara keterikatan emosional konsumen terhadap berbagai layanan media sosial dan consumer-based brand equity melalui kredibilitas merek dan kepuasan konsumen. Sebanyak 150 responden valid berhasil dikumpulkan melalui metode convenience sampling. Hasil dari penelitian ini membuktikan hubungan dari keterikatan emosional konsumen dengan sebuah merek terhadap consumer-based brand equity yang di mediasi oleh kredibilitas merek dan kepuasan konsumen dengan menganalisis data menggunakan PLS-SEM. Penelitian ini mengimplikasikan dan memberikan saran kepada merek kopi grab-n-go lainnya untuk meningkatkan consumer-based brand equity mereka dengan memperbesar kredibilitas merek, kepuasan konsumen, dan keterikatan emosional dengan sebuah merek.

Coffee consumption in Indonesia have quadrupled since 1990 and younger generations like millennials and Gen-Z are increasingly switching from tea to coffee consumption. This has led to the revolution of the coffee industry in Indonesia with the emergence of the so-called “grab-n-go” coffee shops. This research focuses one brand of grab-n-go coffee which is Kopi Kenangan. The purpose of this research is to investigate the effect of Indonesian consumers’ emotional brand attachment with Kopi Kenangan towards the consumer-base brand equity of the brand. This research utilizes the framework that depicts the relationship between consumers’ emotional attachment to social media brands and its consumer-based brand equity through brand credibility and consumer satisfaction. A total of 150 valid respondents were collected through a convenience sampling method. The result of this research proves the relationship between emotional brand attachment and consumer-based brand equity but is significantly mediated by brand credibility and consumer satisfaction by analyzing the data using PLS-SEM. This study implies and makes suggestions for other grab-n-go coffee brands to improve their consumer-based brand equity by enhancing brand credibility, consumer satisfaction, and emotional brand attachment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudho Gundia Pratama
"Persepsi merupakan salah satu hal yang dapat memberikan keuntungan bagi seseorang maupun perusahaan. Dalam pembentukan persepsi, mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) menjadi salah satu langkah yang patut dijalankan. Dalam melaksanakan komunikasi CSR, perusahaan air minum kemasan botol AQUA tergolong gencar. Tesis ini akan membahas pengaruh dari komunikasi CSR tersebut terhadap pembentukan persepsi konsumen atas reputasi perusahaan, citra merek, serta loyalitas merek atas produk air minum merek AQUA. Hasil penelitian ini menemukan bahwa komunikasi CSR yang telah dijalankan AQUA memberikan dampak positif pada reputasi perusahaan serta citra merek, namun tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Perception is one of the thing that can give advantages to someone, or to a corporation. In shaping it, communicating the corporate social responsibility CSR) program can be an ideal things to do. As a bottled mineral water producer, AQUA is one of the corporation who've done CSR communication program rapidly. This study will focusing the effect of AQUA's CSR communication program, towards the consumer's perception on AQUA's corporate reputation, brand image, and brand loyalty. With this study, the researcher found out that AQUA's CSR communication program can gives an impact towards corporate reputation and brand image, but doesn't have any significant impact toward its consumer brand loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T21749
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Shindy Rachmawati
"Pertumbuhan penggunaan internet yang begitu cepat telah mendorong lahirnya berbagai gaya hidup baru dalam kehidupan masyarakat dunia. Salah satunya adalah penggunaan media sosial. Media sosial adalah suatu media elektronik dimana para partisipannya dapat membuat, mempublikasi, mengontrol, mengkritik, menilai, dan berinteraksi dalam konten online yang memungkinkan terbentuknya berbagai interaksi seperti mengikuti (following), mengirim atau membagikan post (sharing), menyukai (liking), dan lain sebagainya.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh interaksi di media sosial terhadap keterikatan emosi (emotional attachment), kualitas hubungan dengan brand (brand relationship quality), serta word of mouth (WOM) dengan studi kasus pada Musisi Indie dalam negeri Indonesia, yaitu musisi berjalur independen atau non-labeled yang secara mandiri menggunakan sumber daya pribadi mulai dari produksi hingga distribusi dan pemasaran musiknya, serta memanfaatkan media sosial sebagai branding tools mereka.
Desain penelitian ini merupakan penelitian konklusif-deskriptif. Responden dari penelitian ini adalah orang-orang yang menyukai karya-karya musik Musisi Indie dalam negeri, mengunjungi official account Musisi Indie favorit mereka minimal satu kali dalam waktu sebulan terakhir. Dengan menggunakan metode judgemental sampling dan snowball sampling, sebanyak 205 responden berhasil didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online, dengan metode pengolahan data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi di media sosial di official account Musisi Indie dalam negeri mempengaruhi emotional attachment, emotional attachment mempengaruhi brand relationship quality, emotional attachment mempengaruhi word of mouth, serta brand relationship quality mempengaruhi word of mouth. Sedangkan, interaksi di media sosial tersebut tidak mempengaruhi brand relationship quality.

The reapid growth of internet creates many new trends and lifestyle changes in worldwide society. One of them is social media usage. Social media is an electronic where participants can produce, publish, control, critique, rank, and interact with online content which allow the creation of any interaction such as following, sharing, liking, and so on.
This study was conducted to analyze the effect of social media interaction on emotional attachment, brand relationship quality, and word of mouth with case study of Local Indie musicians in Indonesia, who are independent or nonlabeled musician, using their own resources of fund and tools since the process of music production until distribution and marketing of their music, and also using social media as their branding tools.
Design of this research is a conclusivedescriptive research. The respondents are the fans of Local Indie musicians and visit the official account of their favorite Local Indie musicians at least once in the last one month. The researcher used judgemental and snowball as sampling method and got 205 respondents from online questionnaire, by using Structural Equation Modeling (SEM) for processing the data.
The result shows that social media interaction on official accounts of Local Indie musicians has effect on emotional attachment, emotional attachment has effect on brand relationship quality, emotional attachment has effect on word of mouth, and brand relationship quality has effect on word of mouth. But, social media interaction has no effect on brand relationship quality.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64539
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>