Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126778 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisa Fakhira Mulya
"Untuk menurunkan kadar emisi CO2 di atmosfer, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan bakar dan teknologi yang ramah lingkungan yaitu melakukan pengembangan kendaraan listrik. Di Indonesia Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 55 tahun 2019 dikeluarkan dengan harapan banyaknya produksi kendaraan listrik dan juga penggunanya. Kendaraan bermotor listrik juga harus menawarkan safety. Salah satu faktor pembentuk keselamatan pada sebuah kendaraan dan yang akan dibahas pada tugas akhir ini adalah stabilitas kendaraan. Stabilitas dapat dipengaruhi oleh letak Center of Gravity kendaraan. Dalam penelitian ini, penulis membahas pengaruh stabilitas kendaraan ketika mengubah posisi pusat gravitasi dan massa total kendaraan saat melakukan putaran dengan asumsi jalan datar dan gesekan yang diabaikan kecuali drag. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan perhitungan manual dengan menggunakan rumus fisika dan simulasi kendaraan melakukan putaran dengan menggunakan aplikasi Matlab. Dari data Center of Gravity, didapatkan bahwa tinggi Center of Gravity kendaraan konvensional antara 0,64 – 0,69 m dan kendaraan konversi antara 0.71 – 0.74 m seiring dengan bertambahnya penumpang. Dari hasil simulasi menggunakan data Center of Gravity didapatkannya nilai titik kritikal Radius Putar skid tertinggi ada pada roda depan kendaraan konversi berkisar antara 35,45 – 38.39 m dan Radius Putar roll tertinggi ada pada roda belakang kendaraan konversi berkisar antara 28,33 – 26,77 m. Dari penelitian ini didapatkan Posisi vertikal Center of Gravity kendaraan konvensional lebih rendah dibandingkan kendaraan konversi dikarenakan kendaraan konvensional memiliki massa yang lebih banyak dibandingkan kendaraan konversi yang dipengaruhi pula oleh penggantian komponen kendaraan.

To reduce CO2 emission levels in the atmosphere, one of the way is to use environmentally friendly fuels and technologies, one of them is developing electric vehicles. In Indonesia, Presidential Regulation of the Republic of Indonesia number 55 of 2019 was issued with the hope that there will be more production of electric vehicles and their users. Electric motorized vehicles must offer safety. One of the factors that form the safety of a vehicle and which will be discussed in this final project is the vehicle stability. Stability can be affected by the location of the vehicle's Center of Gravity. In this study, the author discusses the effect of vehicle stability when changing the position of the center of gravity and the total mass of the vehicle when making a turn with the assumption that the road is flat and friction is neglected except for drag. The method used in this research is to perform manual calculations using physics formulas and vehicle simulations when turning using the Matlab. From the Center of Gravity data, it is found that the height of the Center of Gravity for conventional vehicles is between 0.64 – 0.69 m and conversion vehicles are between 0.71 – 0.74 m along with the increase in passengers. From the simulation results using Center of Gravity data, the critical point value of the highest skid turning radius is on the front wheel of the conversion vehicle ranging from 35.45 - 38.39 m and the highest roll turning radius is on the rear wheel of the conversion vehicle ranging from 28.33 - 26.77 m. From this study, it was found that the vertical position of the Center of Gravity of conventional vehicles is lower than conversion vehicles because conventional vehicles have more mass than conversion vehicles which are also influenced by vehicle component replacement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhif Rizki Priambodo
"Penggunaan emisi CO2 di atmosfer sudah sangat tinggi dan akan berdampak besar kepada lingkungan dan makhluk hidup di dunia. Dalam usahanya, penggunaan kendaraan yang mengeluarkan gas emisi berupa CO2 dapat dikurangi atau mengubah konsumsi energi penggerak dari bahan bakar menjadi elektrik. Pada Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 55 tahun 2019 berisikan himbauan agar banyaknya produksi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Pada Kendaraan bermotor listrik juga diperhatikan sisi safety atau keselamatannya yang berpengaruh pada Longevity kendaraan tersebut. dalam tugas akhir ini akan dibahas sisi safety yaitu stabilitas kendaraan. Salah satu factor stabilitas dapat dipengaruhi oleh letak Center of Gravity kendaraan. Dalam penelitian tugas akhir ini, penulis akan membahas pengaruh dari stabilitas kendaraan ketika pusat gravitasi dan total massa dari kendaraan tersebut berubah Ketika melakukan putaran dengan mengasumsikan track berkendara datar dan gesekan yang diabaikan adalah drag. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan perhitungan manual dengan rumus fisika dan simulasi menggunakan aplikasi Matlab. Untuk nilai Center of Gravity, semakin tinggi kendaraan dan bertambahnya penampang maka akan lebih tinggi juga nilai Center of Gravity nya. Dari hasil Center of Gravity akan didapatkan nilai Skid pada kendaraan Ketika berputar. Letak Center of Gravity juga dipengaruhi dari penempatan massa dan perubahannya, maka Ketika kendaraan tersebut melakukan manuver, titik Center of Gravitynya juga berubah.
Data yang didapatkan dari simulasi berbentuk grafik kecepatan vs radius skid dan roll. Data tersebut akan diuji secara eksperimen. Pengujian dilakukan di perpustakaan lama Universitas Indonesia yang akan menghasilkan nilai konsumsi listrik sebagai hasil akhirnya. Data hasil konsumsi dan grafik radius belok dapat diterapkan pada kendaraan konvensional maupun Kalabia EV, dari data tersebut dapat disimpulkan tingkat keamanan berbelok beserta konsumsi listrik yang digunakan

The use of CO2 emissions in the atmosphere is very high and thus will have a major impact on the environment and living things revolves around it. In the proccess, the use of vehicles that emit gas emissions in the form of CO2 can be reduced or converting the consumption of driving energy from fuel to electricity. The Presidential Regulation of the Republic of Indonesia number 55 of 2019 contains an appeal for the production and use of electric vehicles in Indonesia. In electric motor vehicles, the safety side is also considered, which affects the longevity of the vehicle. in this final project, the safety side will be discussed, namely the stability of the vehicle. One of the stability factors can be influenced by the location of the vehicle's Center of Gravity. In this final project, the author will discuss the effect of vehicle stability when the center of gravity and the total mass of the vehicle changes when making a turn by assuming a flat driving track and the friction that is neglected is drag. In this study the method used is manual calculations with physics formulas and simulations using Matlab. For the Center of Gravity value, the higher the vehicle height and the increase in cross section, the higher the Center of Gravity value will be. From the results of the Center of Gravity, the Skid value will be obtained on the vehicle when it turns. The location of the Center of Gravity is also influenced by the placement of mass and its changes, so when the vehicle is maneuvering, the point of its Center of Gravity also changes.
The data obtained from the simulation is in the form of a speed graph vs skid and roll radius. The data will be tested experimentally. The test is carried out in the old library of the University of Indonesia which will produce the value of electricity consumption as the final result. Consumption data and turning radius graphs can be applied to both conventional and Kalabia EV vehicles, from these data it can be concluded that the level of turning safety along with the electricity consumption used
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Triananda
"Kendaraan Listrik merupakan salah satu perkembangan transportasi yang sedang maju pada masa-masa kini. Salah satu upaya Universitas Indonesia dalam turut berpartisipasi dalam perkembangan ini adalah dengan membuat kendaraan listrik konversi yaitu Makara Electric Vehicle 02 (MEV02). Kegiatan mengonversikan kendaraan menjadi listrik akan mengubah karakteristik kendaraan tersebut salah satunya adalah distribusi massa kendaraan dan stabilitas kendaraan. Pada penelitian ini penulis membahas mengenai dampak perubahan posisi Center of Gravity dan massa total dari kendaraan terhadap stabilitas kendaraan pada saat belok dengan batasan jalan tarmac datar, suspensi kendaraan yang dianggap rigid atau kaku, dan pengaruh gaya dari angin dianggap tidak ada kecuali untuk gaya drag. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi stabilitas kendaraan yang menggunakan aplikasi Matlab. Penelitian ini dimulai dengan pengambilan data distribusi massa kendaraan yang lalu diolah untuk mendapatkan posisi Center of Gravity kendaraan. Dari data Center of Gravity, didapatkan bahwa tinggi Center of Gravity berkisar antara 0.57 – 0.62 m seiring dengan bertambahnya penumpang untuk MEV02 dan 0.63 – 0.71 m seiring dengan bertambahnya penumpang untuk Kendaraan Basis Konversi. Dari hasil simulasi menggunakan data Center of Gravity yang ada didapatkanlah nilai titik kritikal Radius Putar skid as depan yang berkisar antara 37.46 – 39.31 m, nilai Radius Putar skid as belakang yang berkisar antara 30.38 – 31.43 m, nilai Radius Putar roll as depan yang berkisar antara 24.28 – 26.94 m, dan nilai Radius Putar roll as belakang yang berkisar antara 22.64 – 25.66 m untuk MEV02 dan nilai titik kritikal Radius Putar skid as depan yang berkisar antara 37.17 – 38.72 m, nilai Radius Putar skid as belakang yang berkisar antara 28.22 – 30.39 m, nilai Radius Putar roll as depan yang berkisar antara 27.31 – 30.41 m, dan nilai Radius Putar roll as belakang yang berkisar antara 23.81 – 27.61 m untuk Kendaraan Basis Konversi pada kecepatan 60 km/h. Dari penelitian ini didapatkan bahwa MEV02 memiliki nilai vertikal Center of Gravity yang lebih rendah dan memiliki stabilitas yang lebih unggul untuk Radius Putar skid as belakang dan Radius Putar roll as depan dan belakang apabila dibandingkan dengan Kendaraan Basis Konversi.

Electric Vehicles are one of the developments in transportation that are recently advancing. One of the efforts that are made by Universitas Indonesia to contribute to this cause is by converting conventional cars into electrified vehicles, one of them is called the Makara Electric Vehicle 02 (MEV02). Converting conventional cars will change the vehicle’s characteristics such as its mass distribution and its stability. In this research we discuss about the effects of the change in the Center of Gravity position and its total mass towards the stability of a vehicle when turning on dry tarmac road with rigid suspensions and neglected effect of wind forces except for aerodynamic drag. The method used in this research is simulation for stability using Matlab. This research starts with the acquirement of the mass distribution of a vehicle which will then be used to find the Center of Gravity of a vehicle. From the acquired Center of Gravity data it is found that the height of the Center of Gravity ranges from 0.57 – 0.62 m for the MEV02 and 0.63 – 0.71 m for the Base Vehicle following the increase of passengers. From the simulation using the acquired Center of Gravity it is found that the value for the front axle skid Turning Radius ranges from 37.46 – 39.31 m, the value for the rear axle skid Turning Radius ranges from 30.38 – 31. m, the value for the front axle roll Turning Radius ranges from 24.28 – 26.94 m, and the value for the rear axle roll Turning Radius ranges from 22.64 – 25.66 m for the MEV02 converted vehicle and the value for the front axle skid Turning Radius ranges from 37.17 – 38.72 m, the value for the rear axle Turning Radius ranges from 28.22 – 30.39 m, the value for the front axle roll Turning Radius ranges from 27.31 – 30.41 m, and the value for the rear axle roll Turning Radius ranges from 23.81 – 27.61 m for the Base Vehicle at vehicle speed of 60 km/h. From this research it is found that the MEV02 has a lower Center of Gravity height and has better stability for the rear axle skid and front and rear axle roll Turning Radius when it is compared to the Base Vehicle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Arrafi
"

Seiring berkembangnya kendaraan listrik di Indonesia salah satu usaha Universitas Indonesia dalam ikut serta terhadap penelitian yaitu mengembangkan mobil listrik hasil konversi. Namun setelah terwujudnya mobil listrik hasil konversi yang diberi nama Makara Electric Vehicle 02 masih diperlukannya peninjauan beberapa aspek salah satunya karakteristik braking. Penulis memfokuskan penelitian terhadap perubahan center of gravity dan juga total massa terhadap karakteristik pengereman yaitu gaya pengereman dan juga jarak pengereman dengan melakukan uji timbang yang setelahnya dapat diolah terhadap karakteristik tersebut. Penulis juga memaparkan hasil gaya pengereman yang diperoleh dan membandingkan dengan mobil sesama kategori M1 yaitu Toyota Agya. Data dari pengujian tersebut menghasilkan center of gravity MEV 02 mulai dari 0,56-0,64 meter seiring bertambahnya penumpang, untuk gaya pengereman yang diperoleh mulai dari 4900-6200N seiring bertambahnya penumpang, dan untuk jarak pengereman mulai dari 2-18m untuk kecepatan 20km/jam hingga 60km/jam.


Along with the development of electric vehicle in Indonesia, one of the effort from Universitas Indonesia is developing on electric car that converted from usual car. But, after it was converted from conventional car which named Makara Electric Vehicle 02 still need crosschecking on several aspects, especially on braking. The author will focus on the effect of center of gravity and total mass  to the braking characteristics which is braking forces and stopping distance by doing weigh testing and after that data processing to the characteristics that needed. The author also explain data result and compared it to the same M1 vehicle type that is Toyota Agya. The result of the test showing that center of gravity MEV 02 start from 0,57-0,62 meter along increase in passengers, for braking force start from 4900-6200N along increase in passengers, and for stopping distance start from 2-18m for velocity on 20 km/h, 40 km/h, and 60km/h.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Dwi Aprianto
"Kendaraan listrik diproyeksikan akan menggantikan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) dalam beberapa tahun ke depan. Penelitian terkait mobil listrik terus dilakukan oleh para ahli. Salah satu bagian penting dari kendaraan listrik adalah powertrain, motor listrik. Mobil dengan ICE dapat diubah menjadi mobil listrik dengan mengganti ICE dengan motor listrik. Penelitian ini strategis karena diperkirakan masih ada kendaraan ICE di era transisi mobil listrik. Jika tidak dikonversi, akan banyak bangkai kendaraan konvensional. Penulis mengubah kendaraan ICE menjadi kendaraan listrik.
Mobil ini memiliki sistem transmisi manual. Sistem kopling dan transmisi yang ada masih digunakan. Kendaraan ini menggunakan penggerak roda depan. Ruang yang sempit dan jarak poros drive shaft depan ke pusat poros transmisi juga menjadi tantangan. Agar motor listrik tidak membentur drive shaft, maka motor listrik dioffset tidak tepat ditengah seperti poros transmisi. Penggunaan gearbox perantara berhasil mengatasi masalah tersebut. Rasionya pada gearbox perantara dapat diubah sesuai kebutuhan. Agar motor dapat dipasang ke transmisi, flensa perantara dikembangkan. Itu membuat kopling berfungsi dengan benar. Sistem ini terdiri dari motor listrik, gearbox perantara, dan adaptor. Bahan casing dari bagian-bagian itu adalah aluminium. Proses pembuatan casing dilakukan dengan mesin CNC. Keyakinan pada kekuatan desain dan material motor sangat penting. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada analisis kekuatan yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis elemen hingga (FEA) dan diperkuat dengan perhitungan matematis. Penelitian ini juga menjelaskan tentang proses pembuatan dan perakitan motor listrik hingga motor listrik terpasang dengan baik.
Hasil analisa kekuatan beberapa komponen motor listrik 25 kW dengan kecepatan 300 rpm menunjukan bahwa komponen seperti casing motor menggunakan ukuran baut M10, shaft motor berdiameter 25 mm, casing gearbox perantara menggunakan ukuran baut M12, input dan output shaft gearbox perantara berdiameter 25 mm dan mempunyai safety factor diatas 1.5 sehingga komponen tersebut dapat dimanufaktur. Gearbox perantara membuat posisi motor tidak menghalangi pergerakan drive shaft dan tidak menghalangi komponen yang lain. Kemudian TKDN komponen motor listrik, seperti: casing motor dan casing gearbox perantara, shaft motor dan shaft gearbox perantara yaitu Rp 59.892.040,- dan TKDN 100% dengan self assessment.

Electric vehicles are projected to replace Internal Combustion Engine (ICE) vehicles in the next few years. Research related to electric cars continues to be carried out by experts. One of the essential parts of an electric vehicle is the powertrain, an electric motor. A car with ICE can be converted into an electric car by replacing the ICE with an electric motor. This research is strategic because it is forecasted that there are still ICE vehicles in the transition era of electric cars. If they are not converted, there will be many carcasses of the conventional vehicle. The authors converted an ICE vehicle into an electric vehicle. The car has a manual transmission system. The clutch system and existing transmission were still in use.
This vehicle uses front wheels drive. The narrow space and the propeller shafts/front axles distance to the center of the transmission axis are also a challenge. So that the electric motor does not hit the propeller shaft, the electric motor was offset not in the exact center as the transmission axis. The use of an gearbox perantara succeeded in overcoming these problems. The ratio in the gearbox perantara can be changed as needed. In order for the motor to be attached to the transmission, an intermediate flange was developed. It keeps the clutch functioning correctly. The system consists of an electric motor, gearbox perantara, and adapter. The housing material of those parts is aluminum. The housing manufacturing process was carried out with a CNC machine. Confidence in the strength of the motor design and material is vital. Therefore, this study focuses on strength analysis carried out using the finite element analysis (FEA) method and strengthened by mathematical calculations. This study also describes the process of manufacturing and assembling an electric motor until the electric motor is properly installed.
The results of the analysis of the strength of several components of a 25 kW electric motor with a speed of 300 rpm show that components such as the motor casing use M10 bolt size, motor shaft diameter of 25 mm, intermediate gearbox casing using M12 bolt size, input and output intermediate gearbox shaft diameter of 25 mm and has safety. factor above 1.5 so that component can be manufactured. The intermediate gearbox makes the motor position not restrain the movement of the drive shaft and does not hold other components. Then the TKDN of electric motor components, such as motor casing and intermediate gearbox casing, motor shaft and intermediate gearbox shaft is Rp. 59,892,040,- and 100% TKDN with self assessment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusep Anwar Rio
"Penelitian ini dilakukan perancangan kendaraan roda tiga listrik berkonfigurasi tadpole dengan sistem kontrol aktif kemiringan kendaraan pada dua roda depan saat berbelok. Pemodelan matematis dilakukan berdasarkan disain yang telah dihasilkan. Simulasi dinamik stabilitas dilakukan untuk menghitung kemiringan kendaraan yang diperlukan agar mencegah kendaraan terguling saat berbelok. Penerapan sudut kemiringan bertujuan untuk menyeimbangkan gaya sentrifugal yang dapat menyebabkan kendaraan terguling. Model kontak antara ban kendaraan dan permukaan jalan adalah model dugoff. Parameter simulasi diperoleh dari desain 3D menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor dan pengukuran aktual. Simulasi dinamis dilakukan melalui Simulink MATLAB online, sedangkan kontrol aktif kemiringan kendaraan diimplementasi menggunakan perangkat lunak Arduino IDE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem kontrol aktif kemiringan berhasil mengurangi percepatan lateral kendaraan, meningkatkan kenyamanan penumpang, dan pada kecepatan kritis, terjadi peningkatan signifikan pada sudut kemudi 10 derajat dan 20 derajat, masing-masing sebesar 72.48% dan 74.22%.

In this research, the design of a three-wheeled electric vehicle with a tadpole configuration and an active tilt control system on the two front wheels during turning is conducted. Mathematical modeling is carried out based on the generated design. Dynamic stability simulations are performed to calculate the required vehicle tilt to prevent rollovers during turns. The implementation of tilt angles aims to balance centrifugal forces that may lead to vehicle rollovers. The contact model between the vehicle tires and the road surface is based on the dugoff model. Simulation parameters are obtained from the 3D design using Autodesk Inventor software and actual measurements. Dynamic simulations are conducted through online Simulink MATLAB, while the active tilt control system is implemented using Arduino IDE software. The research results indicate that the implementation of the active tilt control system successfully reduces lateral acceleration of the vehicle, enhances passenger comfort, and at critical speeds, there is a significant increase in the critical speed of the vehicle at steering angles of 10 degree and 20 degree, by 72.48% and 74.22%, respectively."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchamad Aditya Rachmanto
"Dalam penelitian ini dilakukan perancangan mengenai tata letak yang akan dilakukan dalam mengkonversi mobil konvensional menjadi mobil listrik. Materi dalam penelitian ini yang akan dibahas melingkupi literatur, metode penelitian, serta hasil yang telah didapat oleh penulis. Penulis akan memfokuskan pembahasan terhadap layout tata letak komponen dan perubahan center of gravity (CG). Perubahan CG terjadi sebagai efek samping dari pergantian komponen-komponen yang masing-masing memiliki beban tertentu serta perencanaan tata letak yang mempengaruhi distribusi massa mobil. Layout baru dirancang untuk mampu mengakomodasi baterai, motor listrik, dan komponen pendukung lain sehingga didapatkan posisi CG baru yang terletak semakin menjauhi titik acuan secara longitudinal dan semakin mendekati titik acuan secara vertikal dibandingkan posisi CG pada mobil standar.

In this research, design of layout arrangement in case of electric car conversion is discussed. The contents of this research consist of literature, researching methods and the results that have been acquired by the writer. This research will focus on discussions about arranging the layout of the components and change in center of gravity (CG). Change in CG position happens as an effect of replacing components with certain masses which will affect vehicle?s mass distribution. The new layout is designed to accommodate batteries, electric motor, and the other complementary components resulting in CG position of the vehicle that is closer to its reference point in vertical axis and further to its reference point in longitudinal axis compared to the car?s original CG in standard condition.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59888
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Fauzan
"Transportasi adalah salah satu sektor penyumbang polusi terbesar pada perkotaan karena gas buang dari kendaraan menghasilkan zat kimia yang menimbulkan polusi pada udara sekitarnya. Oleh karena itu muncul kendaraan yang menggunakan energi listrik yang tidak menghasilkan gas buang sama sekali. Dalam beralih untuk menggunakan kendaraan listrik, masyarakat harus mengganti kendaraan yang sudah ada dan membeli kendaraan listrik yang belum diproduksi secara komersil di Indonesia yang membuat peralihan menjadi mahal. Universitas Indonesia melakukan riset konversi kendaraan konvensional untuk menjadi kendaraan listrik yaitu Makara Electric Vehicle 02 yang berbasis dari Daihatsu Ayla. Powertrain kendaraan diganti dari motor pembakaran dalam menjadi motor induksi listrik AC 7.5 kW, sementara semua komponen dari driveline nya masih menggunakan komponen standar. Pada penelitian ini penulis menguji performa kendaraan dengan menggunakan alat dynamometer, selanjutnya penulis mengkalkulasi hambatan yang bekerja pada kendaraan, dan juga pada tanjakan dengan menghitung tractive effort yang dapat dihasilkan oleh kendaraan. Didapatkan bahwa daya maksimum yang dihasilkan oleh kendaraan adalah 12,08 HP, torsi maksimum adalah 86,25 Nm pada 750 RPM. Lalu dengan alat dynamometer didapatkan kecepatan maksimal kendaraan adalah 46 km/jam. Transmisi yang digunakan juga menempatkan motor untuk bekerja pada kisaran 1237-3759 RPM pada gigi satu, 776-3527 RPM pada gigi 2, 720-2624 RPM pada gigi 3, 692-1989 pada gigi 4, dan 566-1626 RPM pada gigi 5. Tanjakan maksimum yang mampu dicapai oleh kendaraan adalah 22 derajat kemiringan. Lalu saat kondisi baterai sudah tidak berada pada keadan penuh, kemampuan performa motor mengalami penurunan sebesar 29% dari kemampuan maksimal.

Transportation is one of the biggest sectors that contributes to pollution in cities area. This happens because of the exhaust gas produced by the vehicles contains dangerous gases that causes air pollution. Electric vehicle is the alternative mode of transportation that does not produce any exhaust gas at all, yet it will take a long time for the masses to adapt to this new source of energy for the vehicle, and that was when the idea came up to convert a conventional vehicle. Makara Electric Vehicle 02 is an electric vehicle conversion project, using Daihatsu Ayla as the base platform, the internal combustion engine is replaced with AC Induction Motor 7.5 kW, whilst all the rest of the driveline components remains the same to use the standard components. This research will test the vehicle performance using dynamometer, calculating the resistance force working on the vehicle, and the maximum road incline handled by the vehicle by calculating tractive effort produced by the vehicle. The result is that the vehicle produced maximum power of 12.08 HP, with maximum torque of 86.25 Nm at 750 RPM. With the help of dynamometer it is measured that the maximum vehicle speed is 46 km/hour. The transmission mapped the powertrain RPM to work and the range of 1237-3759 RPM on first gear, 776-3527 RPM on second gear, 720- 2624 RPM on third gear, 692-1989 on fourth gear, dan 566-1626 RPM on fifth gear. The maximum road incline is 22 degree of slope. When the battery condition is not in a full state of charge, the performance of the motor dropped 29% form the maximum capabilities of the motor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helmi Faisal Rasyad
"Motor ACWP (Auxiliary Cooling Water Pump) merupakan komponen vital pada proses pembangkitan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Perubahan Beban selama operasi mempengaruhi performa motor terutama pada parameter kecepatan, torsi, daya keluaran, faktor daya, dan efisiensi motor ACWP. Penelitian ini mengkaji korelasi antara perubahan beban pada parameter kecepatan, torsi, daya keluaran, faktor daya, dan efisiensi dengan menentukan koefisien korelasi, persamaan, dan karakteristik dari ketiga parameter tersebut. Pada penelitian ini diketahui dorelasi didapatkan antara kecepatan dengan perubahan beban adalah cukup (Koefisien = -0,792), korelasi antara torsi dengan perubahan beban adalah sangat tinggi (Koefisien = 0,999), korelasi antara daya keluaran dengan perubahan beban adalah sangat tinggi (Koefisien = 1), korelasi antara faktor daya dengan perubahan beban adalah tinggi (Koefisien = 0,967), dan korelasi antara efisiensi dengan perubahan beban adalah tinggi (Koefisien = -0,9316). Saat dilakukan simulasi maka didapatkan karakteristik perubahan beban mempengaruhi kecepatan dan daya keluaran secara linier, dan mempengaruhu torsi, faktor daya dan efisiensi secara non-linier.

ACWP (Auxiliary Cooling Water Pump) motor is a vital component in the geothermal power plant generation process. Changes in load during operation affect the performance of the motor, especially on the parameters of speed, torque, output power, power factor, and efficiency of the ACWP motor. This study examines the correlation between changes in load on the parameters of speed, torque, output power, power factor, and efficiency by determining the correlation coefficient, equations, and characteristics of the three parameters. In this study, it is known that the correlation between speed and load changes is sufficient (Coefficient = -0.792), the correlation between torque and load changes is very high (Coefficient = 0.999), the correlation between output power and load changes is very high (Coefficient = 1), the correlation between power factor and load changes is high (Coefficient = 0.967), and the correlation between efficiency and load changes is high (Coefficient = -0.9316). When the simulation is carried out, it is found that the characteristics of load changes affect speed and output power in a linear manner, and affect torque, power factor and efficiency non-linearly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Afin Faisol
"Penggunaan BBM untuk kendaraan bermotor di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2010, jumlah subsidi BBM 88.89 triliun rupiah, dan pada tahun 2012 dapat mencapai 178.6 triliun rupiah. Mobil hibrida BBG-listrik merupakan alternatif yang mampu mengkombinasikan sistem penggerak motor bakar dan motor listrik dengan mengambil keuntungann dari tiap komponennya. Penelitian ini menunjukkan hasil rancang bangun untuk sebuah sistem traksi kendaraan hibrida BBG-Listrik berpengggerak roda belakang dan model MPV. Sistem traksi tersusun oleh motor BLDC dengan daya operasional 10 kW dengan transmisi timing belt dan pulley jenis HTD 8M. Performa sistem traksi pada saat mengalami pembebanan statis dan modal telah memenuhi standar kelayakan dengan nilai safety factor melebihi angka 3.975 dan defleksi terbesar pada saat menerima beban bergerak sebesar 0.13 mm.

The use of fuel for motor vehicles in Indonesia is increasing every year. In 2010, the number of fuel subsidy is about 88.89 trillion rupiahs, and in 2012 to reach 178.6 trillion rupiah. CNG-electric hybrid car is an alternative propulsion system combines an electric motor and a combustion engine by taking benefits of each component. This study shows the results for a design of traction system for CNG-Electric hybrid vehicles which rear wheel driven and MPV models. Traction system composed of BLDC motor with 10 kW operating power with timing belt and pulley transmission type HTD 8M. Traction system performance while experiencing static loading and capital in compliance with the industry standards exceed the value of the safety factor is 3.975 and the largest deflection when the load moves received by 0,13 mm."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53391
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>