Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172782 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kamila Firdausy Khalidin
"Salah satu hal yang berpengaruh terhadap pendapatan industri farmasi adalah rendemen yang dihasilkan dari proses produksi. Jika nilai rendemen meningkat maka akan meningkatkan nilai laba bersih. Sebaliknya jika rendemen menurun maka akan menurunkan nilai laba bersih sehingga pendapatan menurun. Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui potensi penurunan rendemen pada proses produksi tablet serta upaya peningkatannya untuk mengurangi penurunan rendemen dan memperoleh rendemen yang maksimal. Setelah ditelusuri dari setiap stage proses produksi, ditemukan beberapa faktor pada proses compounding, drying, tableting dan packaging yang berpotensi dapat menimbulkan reject. Kemudian dari faktor tersebut diusulkan beberapa upaya untuk mengurangi potensi terjadinya reject sehingga meningkatkan rendemen.

One of the things that affect the income of the pharmaceutical industry is the yield generated from the production process. If the yield value increases, it will increase the net profit value. Conversely, if the yield decreases, it will reduce the value of net income so that income falls. This scientific work aims to determine the potential for yield reduction in the tablet production process and efforts to increase it to reduce yield reduction and obtain the maximum yield. After being traced each stage of the production process, the author founds a few factors in the compounding, drying, tableting and packaging processes that could potentially cause rejects. Then from these factors, several efforts are proposed to reduce the potential for rejects so as to increase the yield."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Desy Wulandari
"Praktik Kerja di PT. Novell Pharmaceutical Laboratories, PT. Anugerah Pharmindo Lestari, dan Apotek Hidup Baru Periode Juli-Oktober 2019


Internship at PT. Novell Pharmaceutical Laboratories, PT. Anugerah Pharmindo Lestari, and Apotek Hidup Baru Period July-October 2019"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vellyana Gustika
"Pembiayaan pelayanan kesehatan pasien COVID-19 di rumah sakit dapat di klaimkan kepada Kementerian Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya pelayanan pasien rawat jalan COVID-19 di RSUD Matraman dan perbandingannya dengan tarif Kementerian Kesehatan. Desain penelitian ini adalah penelitian operasional dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Variabel penelitian meliputi jenis kelamin, usia, diagnosa, komorbid pasien, dan biaya rata-rata pelayanan pasien rawat jalan. Kemudian dilakukan analisis perbandingan biaya pelayanan pasien di rumah sakit dan tarif Kementerian Kesehatan. Biaya pelayanan pasien COVID-19 ditinjau berdasarkan perspektif rumah sakit (health provider) dengan melihat komponen tagihan biaya konsultasi, bmhp, obat, tindakan medis dan pemeriksaan penunjang. Dari 84 berkas tagihan pasien didapatkan biaya rata-rata pelayanan pasien rawat jalan COVID-19 yang terbesar adalah Suspek COVID-19 dengan komorbid (Rp. 654.331) dan yang terkecil pada Terkonfirmasi COVID-19 dengan komorbid (Rp. 330.817). Komponen biaya terbesar adalah biaya tindakan medis dan penunjang (77%). Terdapat perbedaan rata-rata biaya yang signifikan antara variable usia, jenis kelamin, diagnosa, komorbid terhadap biaya pelayanan pasien rawat jalan COVID-19 (p <0.005). Selisih antara biaya pelayanan dengan tarif kementerian kesehatan terbesar adalah pada suspek COVID-19 dengan komorbid (-) Rp. 208.069/Pasien, Evaluasi biaya pada pelayanan pasien COVID-19 sangat perlukan untuk meningkatkan kendali mutu dan kendali biaya di rumah sakit.

The cost of health services for COVID-19 patients in hospitals can be claimed to the Ministry of Health. This study aims to analyze the cost of outpatient services for COVID-19 at RSUD Matraman and its comparison with the Ministry of Health's rates. The design of this research is operational research by collecting quantitative and qualitative data. The research variables included gender, age, diagnosis, patient comorbidities, and the average cost of outpatient services. Then performed a comparative analysis of the cost of patient care at the hospital and the Ministry of Health rates. Covid-19 patient service costs are reviewed from the perspective of the hospital (health provider) by looking at the components of the bill for consultation fees, consumable medical cost, drugs, medical actions and supporting examinations. From 84 patient bill files, the largest average cost of outpatient services for COVID-19 was Suspect COVID-19 with comorbid (Rp. 654,331) and the smallest was Confirmed COVID-19 with comorbid (Rp. 330,817). The largest cost component was the cost of medical and supporting actions (77%). There was a significant difference in the average cost between age, sex, diagnosis, and comorbid variables on the cost of outpatient services for COVID-19 (p <0.005). The biggest difference between the service fee and the Ministry of Health's tariff is the suspected COVID-19 with comorbid (-) Rp. 208.069 / Patient, Evaluation of costs on COVID-19 patient services is urgently needed to improve quality control and cost control in hospitals."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apriningsih
"Tesis ini membahas hubungan mutu fungsional layanan kesehatan dan minat
pasien kembali menggunakan layanan rawat inap RSIA Buah Hati tahun 2009.
Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan pendekatan
kuantitatitf Penilaian Mutu fimgsional layanan diukur berdasarkan dimensi
servqual yang disesuaikarf dengan keadaan di RSIA Buah Hati. Dari penelitian didapatkan bahwa secara statistik ada hubungan bermakna antara mutu iimgsional layanan rawat inap RSIA Buah hati dengan minat pasien kernbali, dengan dimensi assurance dan responsiveness sebagai variabel dominan dan variabel penganjur sebagai variabcl perancu _ Faktor yang memiliki nilai kepuasan pasien terendah adalah perawat menunnm posisi dan cara menyusukan bayi, perawat memastikan pelaksanaan IMD, petugas mempromosikan asi ekslusiil petugas tidak membuat pasien menunggu terlalu lama, petugas memiliki sikap yang bersahabat dan murah senyurn, petugas memberikan penjelasan yang dibutuhkan pasien, kejelasan informasi
pemakaian atau kegunaan obat oleh petugas, dan keluhan pasien diberikan tanggapan, sehingga perlu ditingkatkan ketrampilan petugas untuk menangani masalah yang dihadapi pasien dan berorientasi terhadap pelanggan.
Kata Kunci: Mutu iimgsional Layanan Kesehatan, Minat Pasien kembali
menggunakan layanan rawat inap"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T33927
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hendryk Kasienjer
"Dengan pendekatan kualitatif, tesis ini menggambarkan Pelaksanaan Subsidi Langsung Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Koja. Kesimpulan penelitian ini adalah kebiajakn subsidi langsung pelayanan kesehatan belum dapat dipahami terutama stakeholder pelaksana kebijakan. Peningkatan pelayanan kesehatan hanya sebatas fasilitas sarana dan prasarana. Faktor penghambat pelaksanaan subsidi langsung pelayanan kesehatan diantaranya: sumber daya manusia, komunikasi, isi kebijakan, koordinasi antar sektoral, dan anggaran kesehatan.

With a qualitative approach, this thesis describes the implementation of Direct Subsidy Health Service District Health Clinics Koja. The conclusion of this study is kebiajakn direct subsidy of health care can not be understood primarily stakeholder policy implementers. Improvement of health services was limited infrastructure facilities. Factors inhibiting the implementation of direct subsidy of health care such as: human resources, communications, policy content, intersectoral coordination, and health budgets."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arimbi Purinada Miandari
"Ilmu farmasi merupakan salah satu ilmu kesehatan yang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ruang lingkup farmasi begitu luas sehingga bentuk praktik kefarmasian juga sangat beragam. Dalam menjalankan praktik kefarmasiannya, seorang apoteker dituntut memiliki standar kompetensi. Standar kompetensi ini dapat dilatih dalam praktik kefarmasian, sehingga dilakukan praktik kerja profesi apoteker dibeberapa tempat dan berbagai bidang, diantaranya adalah Apotek Atrika, PT. Hexpharm Jaya, PT. Anugrah Pharmindo Lestari dan Puskesnas Kramat Jati. Secara keseluruhan apoteker belajar melakukan praktik kefarmasian secara professional dan etik, menggunakan komunikasi yang efektif dan menggunakan keterampilan organisasi sehingga dapat meningkatkan hubungan interpersonal yang baik dengan pasien maupun dengan teman sejawat. Pada bidang pelayanan, apoteker harus mengoptimalisasi penggunaan, dispensing, pemberian informasi terkait sediaan farmasi dan alat kesehatan. Apoteker juga dapat mengupayakan hal yang preventif maupun promotive untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Dalam bidang industri, apoteker belajar terkait pengelolaan sediaan farmasi, dimulai dari tahap formulasi, produksi hingga pendistribusian. Selain belajar memenuhi standar kompetensi yang harus dimiliki apoteker, pada kesempatan praktik kerja, apoteker juga diberikan persoalan yang akan dibahas pada masing-masing laporan hasil praktik kerja profesi apoteker.

Pharmacy is one of the health sciences that will continue to develop along with the development of science and technology. The scope of pharmacy is so broad that the forms of pharmaceutical practice are also very diverse. In carrying out its pharmacy practice, a pharmacist must have competency standards. These competency standards can be trained in pharmaceutical practice so that pharmacists' professional work practices are carried out in various fields, including Apotek Atrika, PT. Hexpharm Jaya, PT. Anugrah Pharmindo Lestari and the Puskesmas Kramat Jati. Overall, pharmacists learn to practice pharmacy professionally and ethically, use effective communication, and use organizational skills to improve good interpersonal relationships with patients and colleagues. Pharmacists must optimize the use, dispensing, and providing of information related to pharmaceutical preparations and medical devices in the service sector. Pharmacists can also seek preventive and promotive things to improve public health. In the industrial sector, pharmacists learn about the management of pharmaceutical preparations, from formulation and production to distribution stages. In addition to learning to meet the competency standards that pharmacists must possess, on work practice opportunities, pharmacists are also given issues that will be discussed in each report on the results of the pharmacist's professional practice."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ardika Ardiyanti
"Praktek Kerja Profesi (PKP) bidang industri dilaksanakan di Departemen Product Development PT Novell Pharmaceutical Laboratories. Kegiatan ini berlangsung selama delapan minggu, mulai dari tanggal 18 Januari 2016 sampai dengan 11 Maret 2016. Kegiatan PKP ini bertujuan agar calon apoteker mengerti peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di industri farmasi; memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi; memahami penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik di industri farmasi; dan memiliki gambaran nyata tentang permasalahan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi. Apoteker di PT Novell Pharmaceutical Laboratories bertanggung jawab dalam proses pembuatan produk, mulai dari perencanaan produk, pengembangan produk, pengembangan metode analisis, formulasi, validasi, produksi, pengawasan mutu, pemastian mutu, pendaftaran obat jadi, sampai produk dipasarkan. PT Novell Pharmaceutical Laboratories telah memenuhi semua aspek CPOB yang diterjemahkan ke dalam bentuk Standard Operation Procedure (SOP) dan Standard Operation Instruction (SOI) pada masing-masing pelaksanaan kegiatan. Dari pelaksanaan PKP di PT Novell Pharmaceutical Laboratories, mahasiswa menjadi lebih memperkaya wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis dalam melakukan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi secara umum dan di bidang analytical development secara khusus.

Internship at pharmaceutical industry was held in the Department of Product Development PT Novell Pharmaceutical Laboratories. This activity was held for eight weeks, from January 18th, 2016, until March 11th, 2016. This internship was aimed to make apothecary student understand the roles, duties, and responsibilities of pharmacists in the pharmaceutical industry; have the insight, knowledge, skills, and practical experience to work in the pharmaceutical industry; understand the implementation of Good Manufacturing Practices (GMP) in the pharmaceutical industry; and know the issues in pharmaceutical practice in the pharmaceutical industry. Pharmacists in PT Novell Pharmaceutical Laboratories were responsible in the manufacturing process of products, starting from product planning, product development, analytical method development, formulation, validation, production, quality control, quality assurance, registration, until the product is marketed. PT Novell Pharmaceutical Laboratories has complied with all aspects of GMP, that is translated into the Standard Operation Procedure (SOP) and Standard Operation Instruction (SOI) in each of the activities. From internship at PT Novell Pharmaceutical Laboratories, apothecary students become more enriching their knowledge, skills, and practical experience in doing pharmaceutical jobs in the pharmaceutical industry (in general) and in the field of analytical development (in particular)."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Fitriani
"Praktik Kerja Profesi di PT. Finusolprima Farma Internasional, PT. Anugerah Pharmindo Lestari, Apotek JacoebSon Pharmacy Periode Bulan Januari-April 2019

Internship at PT. Finusolprima Farma Internasional, PT. Anugerah Pharmindo Lestari, Apotek JacoebSon Pharmacy Period January-April 2019"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2019
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sitompul, Meidi Rani
"Seorang apoteker memegang peranan penting baik di Apotek, Pedagang Besar Farmasi maupun Industri Farmasi. Apoteker harus memenuhi standar kompetensi sebagai persyaratan untuk memasuki dunia kerja dan menjalani Praktik Kerja Profesi. Standar kompetensi Apoteker terdiri dari sepuuh standar kompetensi kemampuan yang diharapkan Apoteker untuk dapat memahami peran Apoteker dan meningkatkan kompetensi. Oleh karena itu, dilaksanakan Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma, PT Anugerah Pharmindo Lestari dan PT Takeda Indonesia selama periode Bulan Februari-September 2020. Selama melaksanakan praktik kerja, diharapkan calon Apoteker dapat memperluas wawasan, pemahaman dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan kefamasian di tempat praktik kerja.

A pharmacist plays an important role in both the Pharmacy, Pharmaceutical Wholesalers and Pharmaceutical Industry. Pharmacists must meet competency standards as requirements for entering the world of work and undergoing Professional Work Practices. Pharmacist competency standards consist of all competency standards that are expected by Pharmacists to be able to understand the pharmacist's role and improve competence. Therefore, the Professional Work Practices of Pharmacists at Kimia Farma Pharmacy, PT Anugerah Pharmindo Lestari and PT Takeda Indonesia during the period February-September 2020. During the work practice, it is hoped that prospective pharmacists can broaden their knowledge, understanding and experience to carry out medical work in workplace.

"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Septianawanti
"CPOB atau Cara Pembuatan Obat yang Baik bertujuan untuk menjamin obat dibuat secara konsisten, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Dalam CPOB tercantum persyaratan untuk ruang karantina. PT Hexpharm Jaya Laboratories memiliki ruang Work In Process (WIP) sebagai ruang karantina produk yang merupakan area penting dalam proses. Area ini digunakan sebagai tempat untuk karantina produk antara dan/atau tablet yang siap untuk dilakukan proses primary packaging. Kegiatan dan produk yang ada di ruang WIP harus sesuai dengan pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), produk yang berada dalam ruang WIP harus jelas identitasnya, ruangan harus terjaga kebersihannya, wadah yang digunakan harus sesuai ketentuan, dan akses untuk memasuki ruang WIP harus terbatas hanya untuk orang yang memiliki wewenang, seperti supervisor dan PIC pada ruang produksi. Penumpukan dalam ruang WIP juga dapat menyebabkan mix up batch yang dapat terjadi apabila operator salah mengambil material atau saat operator menggeser wadah, label identitas dari produk yang menempel pada wadah terjatuh mengakibatkan kemungkinan label tertukar. Oleh karena itu, dalam tugas khusus ini penulis diminta untuk memanajemen ruang WIP agar lebih terstruktur dan sesuai dengan pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik dengan cara pembuatan mapping dan lay out pada ruang WIP. Hasil yang didapat, hampir semua aspek pada ruang WIP PT. Hexpharm Jaya Laboratorium sudah sesuai dengan pedoman CPOB, hanya aspek kerapihan saja yang masih perlu ditingkatkan. Aspek kerapihan dapat diatasi dengan memanajemen ruang WIP dengan pembuatan mapping, hasilnya cukup efektif untuk membuat ruang WIP lebih terstruktur sehingga dapat menghindari risiko mix up batch dan memudahkan operator dalam mencari MSC atau MSS yang akan diproses

CPOB or Good Manufacturing Practices of Drugs aims to ensure that drugs are made consistently, meet the stipulated requirements and are in accordance with their intended use. In the GMP, the requirements for quarantine rooms are listed. PT Hexpharm Jaya Laboratories has a Work In Process (WIP) room as a product quarantine room which is an important area in the process. This area is used as a place for quarantine of intermediate products and/or tablets that are ready for the primary packaging process. The activities and products in the WIP room must comply with the guidelines for Good Manufacturing Practices (GMP), the product in the WIP room must have a clear identity, the room must be kept clean, the containers used must comply with the provisions, and access to enter the WIP room must be limited to authorized persons, such as supervisors and PICs in the production room. Stacking in the WIP chamber can also cause a mix up batch which can occur if the operator picks up the wrong material or when the operator shifts the container, the identity label of the product attached to the container falls, resulting in the possibility of labels being confused. Therefore, in this special task, the author is asked to manage the WIP room so that it is more structured and in accordance with the guidelines for the Good Manufacturing Practice of Medicine by mapping and laying out the WIP room. The results obtained, almost all aspects of the PT. Hexpharm Jaya Laboratory has complied with GMP guidelines, only the tidiness aspect still needs to be improved. The neatness aspect can be overcome by managing the WIP space by making a mapping, the results are quite effective in making the WIP room more structured so as to avoid the risk of batch mix ups and make it easier for operators to find MSC or MSS to be processed."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>