Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154213 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Norman Parasian
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari jenis promosi harga dan anticipated regret pada keinginan pembelian dari konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen 2x2 faktorial. Hasil pertama dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis promosi harga mampu mempengaruhi keinginan pembelian. Kedua, anticipated regret tidak mampu mempengaruhi keinginan pembelian. Hal ini diindikasikan karena konsumen semakin bijaksana dan menahan diri. Terakhir penelitian ini menunjukkan bahwa antara jenis promosi harga dan anticipated regret tidak terdapat pengaruh interaksi kepada keinginan pembelian dari konsumen.

This study aimed to determine the role of price promotion and anticipated regret to consumer purchase intention. A 2x2 factorial experimental method and quantitative approach was conducted in this study. Results indicated that price promotion affect purchase intention. Secondly, it showed that anticipated regret is not affect purchase intention. This behaviour showed that actually consumers are becoming wiser and more restrained. Finally, this study shows that there is no interaction effect on customer between the types purchase intentions caused by type of price promotion and anticipated regret."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
George Anthony Raditya
"Meningkatnya daya saing dan peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Namun, kekurangannya adalah banyak UMKM yang kesulitan mengelola usahanya dengan baik untuk berubah menjadi perusahaan besar. PT NEURO MEDIKA SEJAHTERA (NMS) adalah distributor alat kesehatan yang berbasis di Jakarta yang dikategorikan sebagai UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membantu mengembangkan kegiatan promosi dalam skala UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan business coaching. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan pemilik perusahaan. Kemudian, kuesioner survei juga dilakukan untuk mendukung validitas dan reliabilitas data. Analisis dan hasil menunjukkan bahwa PT NMS berjuang untuk mengelola kegiatan promosi di tengah pasar monopoli, yang menyebabkan penurunan penjualan. Oleh karena itu, dilakukan bauran promosi yang mendasar untuk mengimplementasikan solusi, yaitu: perbaikan profil perusahaan sebagai media periklanan, penyusunan SOP personal selling, pengembangan website sebagai media kehumasan, dan pembuatan strategi promosi penjualan.

The increasing competitiveness and role of micro, small and medium enterprises (MSMEs) is one of the keys to sustainable economic growth. However, the downside is that many MSMEs struggles to manage the business well to transform into a big enterprise. PT NEURO MEDIKA SEJAHTERA (NMS) is a medical equipment distributor based in Jakarta that is categorized as MSME. This research aims to analyzed and help to develop promotion activities in the scale of MSME. The research is using qualitative methods with business coaching approach. The data collected by having an in-depth interview with the owner of the company. Then, survey questionnaires were also conducted to support the validity and reliability of the data. The analysis and results show that PT NMS struggles to manage promotion activities amid monopolistic markets, leading to deterioration sales. Therefore, a fundamental promotion mix was carried out to implement solutions, namely: improvement on the company profile as advertising media, formulating SOP for personal selling, developing a website as public relations media, and creating sales promotion strategies."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cinthya Callista Simo Wibowo
"Interaksi sosial sangat diperlukan oleh individu sebagai upaya memenuhi kebutuhan untuk bertahan hidup. Melalui interaksi sosial dengan lingkungan terdekat, dapat timbul social influence pada individu yang kemudian dapat memengaruhi perilaku individu dalam proses
mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran social influence sebagai prediktor intensi membeli produk ramah lingkungan. Penelitian ini
dilakukan terhadap 142 partisipan yang merupakan konsumen Fore Coffee sebagai representasi produk ramah lingkungan, berdomisili di wilayah Jabodetabek dan dalam
rentang usia 18-40 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social influence memiliki peran yang positif dan signifikan dalam memprediksi intensi membeli produk ramah lingkungan pada konsumen Fore Coffee

Social interaction is needed by individuals in an effort to meet the needs to survive. Through social interaction in the environment, social influence can emerge on individual which then can influence individual’s behavior in the process of making purchasing decisions. This study aims to see the role of social influence as a predictor of environmentally friendly product purchase intention. This study was conducted on 142 participants who are consumers of Fore
Coffee as a representation of environmentally friendly product, live in Jabodetabek area, and aged 18-40 years. The results of this study indicate that social influence has a positive and significant role in predicting environmentally friendly product purchase intention for
consumers of Fore Coffee
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Georgeus Geraldo
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap sepatu sneakers di daerah Jabodetabek dengan cara menganalisa factor yang disebutkan diatas, yakni citra merek, harga, fitur produk dan pengaruh social. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan Multiple Linear Regression, atau Regresi Linear Berganda, dengan bantuan alat pengolah data statistik SPSS versi 21. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan pengaruh social memperngaruhi niat beli konsumen secara positif. Sedangkan harga dan fitur produk . mempengaruhi niat beli konsumen secara negative. Variable-variabel yang disebutkan pada penelitian ini hanya dapat menjelaskan tentang niat beli konsumen sebesar 37.2%. Sedangkan, 62.4% dari variable niat beli konsumen dapat dijelaskan oleh variable-variabel lain yang tidak diikutsertakan pada penelitian ini.

ABSTRACT
The focus of this research is to examine the factors that influence the purchase intention of sneakers in Jabodetabek by analyzing several factors namely brand image, price, product features, and social influence.. The hypotheses are tested using Multiple Linear Regression in SPSS version 21.0. The research found that both brand image and social influence positively affecting the consumers? purchase intention; while price and product features are negatively affecting the consumers? purchase intention. The variables mentioned in this research are only explained 37.2% of the purchase intention. While the rest 62.4% are explainable by another variables those are not included in this research."
Lengkap +
2016
S66096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radissa Shafi Maharani
"Dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas bisnis industry event, penyelenggara acara semenjak terjadinya gelombang pertama pandemic covid-19 memutuskan untuk beralih menyelenggarakan acara secara digital atau secara virtual. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perihal makna dari pergantian acara secara  langsung menjadi acara secara virtual serta dampaknya pada generasi milenial dan z di Indonesia. Dengan mempertimbangkan keminatan dan pengetahuan akan teknologi terkini, dapat diasumsikan bahwa generasi M/Z tersebut lebih unggul daripada generasi lain dalam hal kepekaan teknologi terbaru. Fokus penelitian ini mengarah pada pentingnya komunikasi pada acara virtual, keterlibatan, interaksi, dan hubungannya dengan pengalaman terhadap acara virtual yang nantinya dapat memengaruhi kepuasan konsumen yang mengarah pada perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan sampel 230 responden generasi milenial dan z di Indonesia yang pernah menghadiri acara virtual (online) dalam waktu 3 tahun terakhir. Structural equation modelling digunakan untuk menganalisis data. Hasil pengolahan dan analisis data, menunjukkan hubungan positif antara Online Consumer-to-Consumer Interaction dan Effective Communication terhadap Virtual Event Experiences yang mempengaruhi secara postifif terhadap Visitor’s Satisfaction. Sehingga pengunjung acara virtual memiliki niat perilaku positif (positive behavioral intention) terhadap acara virtual. Temuan daripada penlitian ini diharapkan dapat mengantisipasi penerapa acara virtual dimasa yang akan datang pada industry bisnis terkait, terutama pada industri bisnis pariwisata di Indonesia.

In order to increase the productivity of business event industry, event holders who have experienced restrictions during the first wave of the COVID-19 pandemic, have decided to shift all types of activities on to the digital field. This paper was made to examine the meaning behind the shifting of virtual events and the impact it made on Millennials and Z generations’s behavioural intention in Indonesia. Considering the level of interest and susceptibility to technology, it can be assumed that millennials and Z generations are more superior than other generations in this matter. This paper focused on the importance of online event’s communication, engagement, interaction, and its relation to online event experiences, that may affect consumer’s satisfaction that leads to consumer’s behaviour. The model on this paper uses samples of 230 respondent of Millennials and Z Generations in Indonesia that have attended virtual (online) events in the last 3 years. Structural equation modelling is used to analyse the data. The results show a positive relations of Online Consumer-to-Consumer Interaction and Effective Communication to Online Event Experiences that affects Visitor’s Satisfaction. So that visitors of virtual events has positive Behavioral Intentions toward virtual event. The findings of this paper may anticipate the future of implementing virtual events on any business-related industries, more so on the tourism business industry in Indonesia."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Rachma Ningtias
"Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mendorong seorang konsumen millennials melakukan perilaku self-gifting, didasari oleh studi terdahulu yang menjelaskan bahwa hedonic shopping traits dan indulgence merupakan dua faktor yang mempengaruhi terjadinya self-gifting. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh positif keempat kategori self-gift terhadap terjadinya post purchase regret.
Menggunakan metode analisis structural equation modelling SEM, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara hedonic shopping traits dan indulgence terhadap keempat kategori self-gift, kecuali pada hedonic shopping traits terhadap self-gift celebratory. Dapat disimpulkan pula bahwa keempat jenis self-gift tidak menyebabkan terjadinya post-purchase regret pada konsumen millennials.

This study addressed to analyze the antecedent factors that drives millennials consumers to execute self gift behavior. Previous study emphasize the role of hedonic shopping traits and indulgence towards self gift behavior execution on millennials consumers, ranging from 18 38 years old. Furthermore, this study wants to proof that there are actually positive relationships between four kind of self gift towards post purchase regret.
Using structural equation modelling on Lisrel 8.51, the result shows that there are positive and significant relationship between hedonic shopping traits and indulgence towards four category of self gift, except hedonic shopping traits toward celebratory self gift. Furthermore, there are negative relationship between four category of self gift towards post purchase regret.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Ghazani
"Pergeseran perilaku berbelanja secara konvensional menjadi online dengan pemanfaatan e-commerce terus berkembang terutama pada emerging adulthood. E-commerce pun berlomba memberikan promosi dan harga yang kompetitif untuk terus mengembangkan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bentuk promosi dan harga terhadap intensi membeli. Penelitian eksperimental dilakukan pada 115 partisipan berusia 18-25 tahun. Partisipan mendapatkan skenario berbelanja online dengan bentuk promosi (diskon dan gratis ongkos kirim) sebagai variabel within-subjects serta harga (murah dan mahal) sebagai variabel between-subjects. Berdasarkan uji Mixed ANOVA, terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap intensi membeli (p < ,01). Namun, tidak terdapat hasil yang signifikan antara bentuk promosi terhadap intensi membeli (p = 0,10). Terakhir, tidak ada interaksi antara bentuk promosi dan harga terhadap intensi membeli (p = 0,24).

Buying behavior are shifting from conventional method to use of e-commerce especially in emerging adulthood age range. Therefore, e-commerce is competing in providing promotion and price with the best deal to expand their market. This study aims to examine the effect of promotion type and price toward purchase intention. Experimental study was conducted on participants aged 18-25 years old. Participants assigned to purchase scenario with promotion type (discount and free shipping) as within-subjects variable and price (cheap and expensive) as between-subjects variable. Mixed ANOVA result reveal significant effect of price toward purchase intention (p < .01). Meanwhile, there is no significant effect of promotion type toward purchase intention (p = 0.10). Moreover, there is no interaction between the variables toward purchase intention (p = 0.24)."
Lengkap +
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chaeroni
"Tesis ini berfokus pada langkah-langkah dan tindak lanjut serta Promosi keberadaan Call Center Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Peran Serta Masyarakat. Permasalahan ini saya angkat menjadi tesis karena dirasakan saat ini masyarakat belum banyak yang berperan serta melalui Call Center BNN yang terbuka secara penuh 24 jam. Tindak lanjut dan Promosi dilaksanakan setelah mengevaluasi laporan tahunan Badan Narkotika Nasiona, dan diharapkan dapat merubah kondisi masyarakat yang selama ini belum banyak berperan serta, menjadi lebih aktif dan mempergunakan Call Center BNN sebagai salah satu sarana untuk memecahkan permasalahan narkoba di masyarakat. Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mewujukan Indonesia Bebas Narkoba Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain survey serta pendekatan sosiologis manajerial, yaitu sesuatu nyang dikerjakan dengan benar dan dengan cara yang benar.
Hasil penelitian merekomendasikan bahwa BNN perlu menindaklanjuti dan mempromosikan keberadaan Call Center agar masyarakat berperan serta dalam penanganan narkoba melalui Call Center sebagai salah satu penunjangnya.

The thesis is focused on the steps and follow-up in the Promotion of the BNN Call Center as the causal factor of the community?s minimum involvement (from case studies at BNN and East Jakarta Municipality). This problem becomes the topic of this thesis since it appears that there is not much community participation in utilizing the BNN Call Center. The implementation of the follow-up and promotion process is based on an evaluation of a one year progress report, with the expectation of an active community involvement in utilizing BNN Call Center as one of the means in the solving of drug problems. The purpose is to assist in the realization of a Drug-Free Indonesia by 2015, as proclaimed by the government. This study utilizes the qualitative method through the legal as well as sociological
managerial approach that is based on the prevailing legislation and community social participation in utilizing BNN Call Center and SMS Center.
The outcome of the study recommends BNN to take further steps in socializing the Call Center with the aim to enhance community involvement as a supportive means in overcoming drug problems."
Lengkap +
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T 25492
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Raymond Adikarta
"Dalam era modern ini membawa banyak perubahan yang signifikan dalam hal life style. Manusia modern berpikir tentang seberapa penting status itu. Indikator untuk mengukur seberapa tinggi status adalah dengan melihat atribut fashion mereka pakai. Fashion memberikan kepercayaan diri yang lebih kepada seseorang dan termasuk dalam salah satu dari kategori produk mewah. Salah satu dari merk mewah adalah produk fashion yang sedang digandrungi adalah produk sepatu Nike. Merk mewah adalah produk yang mahal, eksklusif, prestisius dan memberikan emotional value dalam customer experience. Banyak produk mewah telah memakai strategi sosial media dan terbukti berhasil. Oleh karena itu, Nike React Element 87 akan mencoba strategi ini lewat User Generated Content (UGC) memakai media Youtube. Indikator untuk mengukur Youtube Vlogger yang tepat adalah berdasarkan jumlah subscribers atau viewers. Penelitian ini akan mencoba membantu marketing dari sepatu Nike untuk menemukan Vlogger yang tepat untuk memasarkan Nike React Element 87. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa Boim Lenno memiliki Physical Attractiveness, Social Attractiveness dan Attitude Homophily yang mampu menghasilkan Para Social Interaction dengan penontonnya sehingga membentuk Brand Value, Brand Luxury dan Brand Imagery Fit, namun hanya Brand Value saja yang berpengaruh positif terhadap Purchase Intention dari Nike React Element 87.

In this modern era right now brings a significant changing on life style. The modern people think of how important that the status is. Indicator to measure how high people status is by looking at the attribute they wear, called fashion. Fashion brings confident to somebody. One of the fashion icon that became trend nowadays is Nike product. Luxury brand is high quality product and also service that expensive, exclusive, presticious, authenthic, offering high level of emotional value through consumer experience. Based on several of luxury brand above that has already done with social media marketing strategy, Nike React Element 87, will try this strategy. Through social media, consumers can easily and quickly access User Generated Content (UGC) that contain review and information related to the product. The indicator to measure in choosing the right vlogger based on total subscribers or viewers. So, this paper made to help marketer of Nike shoes to select the right Vlogger for Nike React Element 87. As the result, Boim Lenno has physical attractiveness, social attractiveness and attitude homophily that can produce Para Social Interaction with the viewers so can shape Brand Value, Brand Luxury and Brand Imagery Fit, but the interesting thing is only Brand Value that has pisitive effect to Putchase Intention of Nike React Element 87."
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Hendry Donald Jonathan
"Tesis ini membahas pengaruh country of origin dan country of manufacture / assembly terhadapat persepsi konsumen pada atribut kualitas dan harga. Perkembangan dan persaingan Global mengakibatkan banyak perusahaan yang memindahkan basis produksinya ataupun assemblinya ke cina untuk dapat menghasilkan produk yang lebih kompetitif dari segi harga namun kadang kualitas yang dirasa menjadi menurun. Hal ini dapat dilihat bahwa alat ukur dimensi produksi Jepang, Jerman dan Amerika yang pada prinsipnya memilik kualitas yang relatif tinggi dibenak konsumen, menjadi rendah kualitasnya dalam persepsi konsumen setelah diproduksi di Cina. Namun begitu, praktek di lapangan, efek country of origin nya cukup kuat sehinnga kadang menutupi efek country of manufacture nya karena tiap manufacturer (khususnya yang memilki basis produksi dan assembly di Cina) berusaha lebih menonjolkan kesan country of origin nya. Oleh karena itu, untuk produk industri seperti alat ukur dimensi, suatu keuntungan yang bisa ditonjolkan jika basis diproduksi atau diasembli di negara yang sama dengan country of origin-nya. Mereka dapat mencantumkan ?manufacture / assembly in Japan/Jerman/Amerika? sebagai salah satu cara untuk memposisikan produk mereka di benak konsumen.

The focus of this study to learn and analyze the effect of country of origin and country of manufacture / assembly in consumer (industry) perception which concentrate more on quality and price perception. Global condition with high competition among the player in industry make many international company shift their production or assembly facility to China in order to produce more competitive products but however customers has perception that declining of quality as trade off for this decision. We can learn from this study that measuring equipment from Japan, German, America that well-known as country that produce high and reputable quality, become low quality in customer perception after they manufacturing or assembly in China. But in practical, effect of country of origin is quite strong to cover the effect of country of manufacture / assembly which somehow customer can?t realize due to manufacturer that have basis in China try to manipulate their mind set by emphasis more on their original country of origin. So, for the manufacturer that still produce in their original country of origin, they have benefit to emphasis more on this country of origin and they can use as their positioning in customer mind set."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>