Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114190 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syaakira Mahardika
"Penelitian ini akan membahas latar belakang yang mendasari mengapa BI menempatkan pojok bacanya di perpustakaan, bagaimana Perpustakaan Universitas Atma Jaya mengelola BI Corner berdasarkan fungsi manajemen POAC, serta kendala apa saja yang ada. Dalam mengelola organisasi terutama di perpustakaan dibutuhkan penerapan fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, Controlling. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah didirikannya BI Corner merupakan bentuk hibah dari BI ke perpustakaan sebagai salah satu usaha untuk mengatasi rendahnya literasi keuangan di masyarakat Indonesia serta membentuk masyarakat yang memahami masalah ekonomi. Dalam penerapan fungsi Planning pembuatan rencana dilakukan dengan menentukan tujuan perencanaan dan analisis SWOT. Penyusunan struktur organisasi, standar kerja tertulis, serta pengadaan seminar pelatihan untuk SDM sebagai bentuk penerapan fungsi Organizing dan Actuating. Adanya sistem informasi CRM sebagai penerapan fungsi Controlling. Selain itu, ditemukan juga beberapa kendala terkait BI Corner, seperti masih belum tersedianya koleksi digital, koleksi buku wajib, laporan keuangan BEI dan jurnal terupdate yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa ekonomi. Disarankan kedepannya akan lebih baik jika di BI Corner menyediakan koleksi yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa ekonomi dan koleksi digital yang akan memudahkan mahasiswa untuk mengaksesnya dari rumah dikarenakan saat pandemik banyak fasilitas kampus dan perpustakaan yang ditutup.

This research will discuss why BI put its reading corner in the library, how the Atma Jaya University Library manages the BI corner based on POAC management functions, and what constraints exist. Managing organizations, especially in the library, takes the implementation of Planning, Organizing, Actuating, Controlling management functions. The research uses a qualitative approach with case study methods and the determination of informants using purposive sampling. The result of this research is the establishment of BI Corner is a form of a grant from BI to the library as one of the efforts to overcome low financial literacy in Indonesian society and to create a society that understands economic problems. In implementing the Planning function, Planning is done by determining the planning objectives and SWOT analysis. Preparation of organizational structure, written work standards, and provision of training seminars for HR as a form of implementing the Organizing and Actuating functions. The existence of a CRM information system as the implementation of the Controlling function. In addition, several obstacles were also found related to the BI Corner, such as the unavailability of digital collections, mandatory book collections, IDX financial reports, and updated journals that are much needed by economics students. It is suggested that in the future it would be better if the BI Corner provides a collection that is much needed by economics students and a digital collection that will make it easier for students to access it from home because during the pandemic many campuses facilities and libraries were closed."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Robert Kurniawan
"Gilbert K. Chesteron, seorang pemikir dari Inggris menulis bahwa pendidikan merupakan jiwa dari suatu masyarakat yang akan diteruskan dari satu generasi ke generasi yang lain. Dengan demikian, maka keberadaan institusi pendidikan menjadi hal penting bagi masyarakat.
Rencana bisnis ini akan membahas mengenai pembentukan sebuah bimbingan belajar plus bernama Talents' Corner yang menyadari bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki potensi masing-masing, namun seringkali potensi tersebut tidak disadari baik oleh guru maupun orang tua. Karena itu, Talents' Corner akan memberikan bimbingan sesuai dengan cara belajar masing-masing siswa.
Talents' Corner akan membidik siswa-siswi yang berada dalam masa kanakkanak (TK & SD) dari orang tua murid yang membelanjakan dana pendidikan minimal Rp. 250.000,- setiap bulannya pada dua kecamatan di kotamadya Jakarta Barat yakni kecamatan Kembangan dan Kebon Jeruk. Target Talents' Corner pada 10 tahun awal operasinya adalah menguasai 2% dari total pangsa pasar atau sekitar 224 orang siswa. Rencana bisnis ini membahas mengenai jasa yang ditawarkan, analisa kesempatan pasar, perencanaan pemasaran, perencanaan operasional, perencanaan sumber daya manusia, dan perencanaan keuangan.
Bentuk perijinan dari bimbingan belajar ini adalah perusahaan perorangan atas nama Ibu Grace Moniaga, S.Psi, yang merupakan scorang tenaga pengajar sekaligus counselor pada sebuah lembaga pendidikan di Indonesia.
Karena bergerak pada pangsa pasar yang niche, dan untuk membentuk image yang baik Talents' Corner akan menggunakan komunikasi below the line dengan temp memperhatikan komunikasi above the line. Melalui kombinasi dari dua bentuk komunikasi diatas maka diharapkan target Talents' Corner akan tercapai. Pelaksanaan kampanye-kampanye berserta bonus-bonus yang diberikan juga diharapkan dapat membantu pencapaian target tahunan.
Sebagai permulaan Talents' Corner akan menjalankan operasionalnya dari sebuah rumah di kawasan Kedoya. Aktivitas bimbingan berlangsung dari hari Senin-Jumat, dimana dalam satu hari dibagi menjadi 8 shift dengan masing-masing selama 60 menit. Pada awal operasionalnya Talents' Corner akan didukung oleh tiga orang tenaga pengajar serta seorang tenaga administrasi yang akan membantu mengorganisir segala aktivitas operasional. Guna mendukung kerapihan dan keakuratan informasi, Talents' Corner akan didukung oleh sebuah sistem informasi sederhana yang disebut dengan TACIS (Talents' Corner Information System).
Modal awal yang dibutuhkan untuk pendirian Talents' Corner adalah Rp. 55.000.000,- yang akan disedikan oleh pendiri Talents' Corner yaitu Ibu Grace T. Moniaga.
Pada tahun pertama operasionalnya, diharapkan penerimaan Talents' Corner mencapai Rp. 111.500.000,- dengan laba bersih sekitar Rp. 10.408.356.-. Pada tahun kelima aktivitas operasional Talents' Corner menargetkan penerimaan sebesar Rp. 475.350.000,- dengan laba bersih sekitar Rp. 124.589.034,-.

Gilbert K. Chesteron, a thinker from England wrote that education is the soul of a society as it passes from one generation to another. Therefore the existence of educational institution becomes very crucial.
This business plan will describe the development of a educational course called Talents' Corner which realized that each child is unique and has different potential. But it is very often that the potential is not realized by the teachers or parents. Therefore Talents' Corner will give the guidance in the most appropriate way of each students.
Talents' Corner will target students in the child age (playgroup & elementary) from the parents which have more than IDR 250.000 budget e ach month at two district in West Jakarta, Kembangan and Kebon Jeruk. For its first loth years operation, Talents; Corner hoped to dominated 2% of the market size or around 224 students. This business plan will study about the service that will be given, the market potential, marketing plan, operational plan, human resource and financial plan.
The legal status of this education course is personal company on the name of Ms. Grace Moniaga. S_Psi which is a teacher and counselor of one of the Indonesian education organization.
Because the market is niche, and to make a good brand image, Talents Corner will focus on below the line communication but still using above the line communication. Through the combination of both communications, it is hoped that Talents' Corner target could be fulfilled. From the campaigns and bonuses it is hoped to help reaching the annual target.
As a beginning Talents' Corner will run its operational activity from a home at Kedoya area. The course will be available from Monday - Friday, with 8 shifts in a day (1 shift is equal to 60 minutes). Talents' Corner will be supported with 3 teaching staffs and 1 administration staff to manage all the operational works. To support the orderly of information, Talents Corner will be supported by TACIS (Talents' Corner Information System).
The capital that is needed by Talents Corner is equal to IDR 55.000.000,- that will be fulfilled with the owner, Ms. Grace Moniaga.
On its first year of operation, it is hoped that Talents' Corner revenue reached IDR 111.500.000,- with a net profit about IDR 10.408.356,-_ On its 5`h year of operation Talents' Corner targeted revenue around IDR 475.350.000,- and net profit around IDR 124.589.034,-.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18275
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rikka Poerna Anggelia
"Bank Indonesia (BI) Corner merupakan fasilitas pojok baca di perpustakaan sekolah dengan karakteristik desain dan fasilitas yang memiliki potensi untuk membangun minat baca para penggunanya. Namun, kajian dan penelitian terkait pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner di tingkat siswa masih jarang ditemukan. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner serta kaitannya dalam membangun minat baca siswa di SMKN 10 Jakarta. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pemanfaatan BI Corner oleh siswa dilatarbelakangi karena faktor internal dan eksternal meliputi kebutuhan siswa, motif siswa, minat siswa, aspek jumlah dan jenis koleksi, pelayanan dari pustakawan dan kinerja dari sistem pencarian kembali koleksi. Terdapat prinsip-prinsip dalam membangun minat baca siswa yaitu; cultivating Individual Interest, fostering situational interest, selecting texts with interest-enhancing elements, teaching interest self-regulation strategies. Beberapa pemanfaatan dan implementasi BI Corner di perpustakaan sekolah telah berjalan sesuai dengan keempat prinsip membangun minat baca tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner tidak memengaruhi secara langsung minat baca siswa SMKN 10 Jakarta. Tetapi beberapa fasilitas dan koleksi BI Corner telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa SMKN 10 Jakarta, sehingga siswa tertarik untuk berkunjung.

Bank Indonesia (BI) Corner is a reading corner facility in the school library with design and facilities that have the potential to build reading interest among its users. However, studies and research related to the use of BI Corner facilities and collections at the student level are still rare. The purpose of this study was to identify the use of BI Corner facilities and collections and their relation to enhance students' reading interest at SMKN 10 Jakarta. A qualitative method with a case study approach is used in this study. The results of this study revealed that the use of BI Corner by students was motivated by internal and external factors including student needs, student motives, student interests, aspects of the number and type of collections, services from librarians and the performance of the collection retrieval system. There are principles in building students' reading interest, namely; growing individual interest, cultivating situational interest, choosing texts with elements of augmenting interest, teaching interest self-regulation strategies. Several uses and implementations of BI Corner in the school library have been carried out in accordance with the fourth principle of building interest in reading. Based on the results of this study, it can be interpreted that the use of BI Corner facilities and collections does not directly affect students' reading interest at SMKN 10 Jakarta. However, several BI Corner facilities and collections have been put to good use by students of SMKN 10 Jakarta, so the students are interested to visit BI Corner."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Kurniawan
"Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta (2011-2014). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan karya ilmiah dosen meliputi kebijakan, pengadaan, pengolahan, pelayanan (akses dan diseminasi) dan pelestarian serta kendala yang dihadapi di Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan karya ilmiah dosen masih belum berjalan seperti yang diharapkan, terlihat dari masih sedikitnya jumlah karya ilmiah yang terkumpul dan belum semua dosen mengumpulkannya pada perpustakaan. Permasalahan yang terjadi tidak terletak pada teknologi dan kebijakan yang sudah ada, namun pada implementasi kebijakan yang belum maksimal dilakukan. Karena belum adanya laporan mengenai karya ilmiah dosen kepada pihak universitas selaku pembuat kebijakan.

This thesis discusses Management of lecturer?s scholarly publications at Atma Jaya Catholic University (2011-2014). The purpose of this study was to describe the management of Lecturer Scholarly Publications includes policies, acquisition, processing, services (access and dissemination), and the preservation and obstacles encountered in the Library of the Catholic University of Atma Jaya Jakarta. Data collected by observation and interview.
Results from this study is the management of Lecturer's Scholarly Publications is still not working as expected, it seen by the small number of Scholarly Publications collected and not all lecturers collect Scholarly Publcations at the library. The problems that occurred not on the technologies and policies that already exist, but on implementation of policy. because of the lack of reports of scientific work as a university lecturer to the policy makers. Because of the lack of reports of Lecturer?s Scholarly Publication to the university as the policy makers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aniq Zuhri
"Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kalangan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkatkan
minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing-
masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesiaditemui telah menerapakan program kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan
program kegiatan membaca yang tidak dikaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). Perbedaan program kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku membaca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa, dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan Systematic Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung mengalokasikan waktu membaca buku yang tergolong tipe pembaca agak rutin (Moderate Readers). Motivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan. Sedangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program FVR LEBIH MENBERIKAN DUKUNGAN terhadap kegiatan membaca siswa dan berpeluang untuk memunculkan perilaku gemar membaca pada siswa."
Universitas Airlangga. FISIP, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Tri Mawarni
"The urban area is synonymous with rapid development in all aspects of life, an impact on the culture of young people, including the activity in their spare time. Cultures that are typical of
today's youth is the activity of reading that has been chosen by
them to spend their spare time. Reading the many chosen by this young man was popular reading, but in the midst of an
increasingly popular reading masive still a young boy who enjoyed reading old literature, especially novels. Those who are still fond of the old literary novels are young people who are
members of the Student Organisation Extra Campus (OMEK).
Many people feel dificult when reading old literature but youth people who like old literature not feel it. They get satisfied, that
is why they like it his genre. Difference between two kind of reader related with consumtion and production meaning when they read a book. Kind of study is kualitatif study to see production
and reproduction meaning from read old literature by youth people who Join in Ekstern all. Student Organisation of University. This study use cultural studies etnography which have
central focus kualitatif eksploration of reading activity as a cultural practices. This study helped by Pierre Bordieu?s theory. Bordieu?s theory which used in this study is habitus, field, and cultural capital. This study want to know how do subject can produce and reproduce meaning and how field give cultural capital for them. This study result 3 type reader, they are common reader, contructional reader, and resis
tance reader."
Universitas Airlangga, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nihayati
"

Perpustakaan perguruan tinggi menjadi target para penyumbang dengan beragam kepentingan. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana kekuatan pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan SNI Corner dengan kaca mata ekonomi politik media Vincent Mosco meliputi tiga aspek, yaitu komodifikasi, spasialisasi dan strukturasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif konstruktivis dengan 8 (delapan) informan, yaitu 2 (dua) orang pimpinan dari BSN, Kepala Perpustakaan Daun, Direktur Perpustakaan Bunga dan 4 (empat) petugas SNI Corner. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan analisis dokumen.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BSN SNI Corner membidik perpustakaan perguruan tinggi yang mempunyai banyak pengguna untuk memenuhi capaian jumlah pemanfaat informasi dan membangun kesadaran berbudaya standar. Dalam pengelolaan SNI Corner, kaitan ekonomi politik media yang paling menonjol terlihat pada spasialisasi dan komodifikasi. SNI Corner menjadi media spasialisasi BSN untuk menemui khalayak perguruan tinggi  dan mendiseminasikan produknya. Spasialisasi berhasil mengatasi kebijakan akses SNI, mengatasi jarak sosial dan efisiensi waktu berhasil menyebarkan informasi standardisasi tersedia di 31 (tiga puluh) lokasi di Indonesia. BSN melakukan komodifikasi konten dalam bentuk koleksi dan fasilitas perpustakaan yang dikemas dalam SNI Corner. Rektor universitas Bunga maupun Universitas Daun secara tidak langsung telah melaksanakan praktik komodifikasi khalayak, yaitu mengubah pengguna perpustakaan kepada BSN untuk memperkuat kerjasama yang telah dijalin. Kerjasama yang terjadi disini saling menguntungkan. BSN memperoleh target khalayak, sementara perpustakaan memperoleh SNI Corner yang berisi koleksi informasi standardisasi beserta fasilitasnya dan sertifikat MoU yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Dalam komodifikasi pekerja, petugas SNI Corner meskipun hanya tugas tambahan (rangkap) atau petugas piket tidak mendapat imbalan apapun ternyata tetap berjalan.


So far, university libraries have been targeted by donors with various interests. This phenomenon has inspired this study which is to uncover the strength of the parties who are involved in managing SNI corner, based on a media political economys perspective of Vincent Moscow. This research used a constructivist method with 8 (eight) informants, who are 2 (two) managers of BSN, manager of Daun Library, manager Bunga Library and 4 (four) SNI Corner librarians. Data is collected through in-depth interviews, participant observation and document analysis. The results of this research indicates that SNI Corner has targeted universities libraries due to their large numbers of users. This number of users were intended to meet the achievements number for spreading information and building awareness of standardization. In SNI Corner management, the most prominent relation to the political economy is seen in the spatialization and the the commodification. SNI Corner is BSNs spatial media to meet the achievements numbers of user and to disseminated the product. Spatialization also succeeded in overcoming policies, distance and time constraints of BSN to disseminate its products. The spatialization has been a fully disseminating of standardization information which is available in 31 (thirty) locations in Indonesia. SNI Corner has carried out the commodification of content, starts from collections and facilities of the library which were packaged in SNI Corner. The chancellor of Bunga University and Daun University have indirectly carried out the practice of commodification of the audiences by changing their librarys users into BSNs. This action has strengthened the mutually benefited cooperation, between the universities and BSN. The benefit for BSN is that it gained targeted audiences, while the universities libraries enriched with SNI Corner which contains a collection of standardization information along with its facilities. Besides, the universities libraries have MoU certificates that can be used for various purposes. Although the SNI corner has benefited the two parties above, it has no effect on the commodification of workers (SNI Corner Librarians) because they have another additional task or a dual task or picket system without any reward.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margaretha Sri Udari
"Tesis ini membahas Manajemen Pusat Arsip khususnya di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara. Di Unika Atma Jaya memakai istilah Pusat Arsip karena selain mengelola arsip statis, Pusat Arsip juga menjadi koordinator atas unitunit pengolah (Records Center).
Hasil penelitian menyarankan bahwa Pusat Arsip perlu disahkan/dilegalkan pendiriannya, masuk di dalam struktur organisasi, dan mempunyai tugas pokok dan fungsinya mendukung tercapainya visi, misi, dan tujuan universitas. Hal ini perlu dibicarakan dan diputuskan di level manajemen tertinggi universitas. Pusat Arsip berperan dalam menunjang tertib administrasi dan operasional universitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

The focus of this study is the Archives Center Management specifically for higher education. This research was conducted at Atma Jaya Catholic University of Indonesia. It is a qualitative descriptive interpretive design. The data were collected by means of interview. Atma Jaya Catholic University of Indonesia uses Archives Center terminology because one of the responsibilities of the center is to coordinate the University's Records Centers besides its archives (static archives).
The results of the research suggest that Archives Center has to be legally established, included in the organization structure, and provided with job description and function to support the realization of the university?s vision, mission, and aims. All these need to be discussed and decided at the management level of the university. The role of Archives Center is to support the correct conduct of administration, operational duty, and function of the university.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29210
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrinna
"Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi anak, khususnya koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu pengelolaan koleksi anak mulai dari pengadaan koleksi, pengolahan, temu balik dan kegiatan layanan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpumda DKI Jakarta yang memahami topik dari penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta.Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara (depth interview), dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta, yaitu bila dilihat dari koleksi buku sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari koleksi buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia pemustaka anak. Selain itu terdapat juga koleksi non-buku berupa mainan namun di dalam mainan yang ada tidak dapat digunakan oleh anak karena dikhawatirkan akan rusak. Hambatan dalam pengelolaan koleksi anak di Perpumda ini, yaitu anggaran dan lokasi perpustakaan.

The study is about the management of children collection in public library of DKI Jakarta. Problems of study are processing, retrieval, services in order children collection is used eficiently and effectively. The research approach is qualitative research with case study method. Methods of data collection are observation, interviews (depth interview), and document analysis.
The result of the research in children's collection management in Perpumda DKI Jakarta shown that book collection management is met users needs. It could be seen from the collection of books which already fullfilled the needs of children users. In addition, there also non-book collection such as toys. But, all the toys are unusable because of avoiding the damage. The obstacle in managing children collection in Perpumda is the limit of budget and the location is not strategic.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43265
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilah Shabrina
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik membaca anak dan peran Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam memotivasi anak untuk membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menonjol dalam motivasi membaca anak yaitu aspek curiosity (keingintahuan anak terhadap bahan bacaan), recognition (pengakuan atas kegiatan membaca), dan compliance (adanya keinginan atau tujuan tertentu dalam membaca). Selain itu, Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta memiliki peran dalam memotivasi anak. Perpustkaan telah berupaya memotivasi anak untuk membaca melalui penyedian fasilitas, layanan dan kegiatan untuk anak. Namun, fasilitas dan layanan perpustakaan belum sepenuhnya mendukung ketiga aspek utama motivasi membaca anak.

ABSTRACT
The purpose of this study is to understand children’s intrinsic and extrinsic reading motivation and the role of Jakarta Public Library in motivating children to read. This research is qualitative research using the case study method. This study shows, there are three aspects that stand out in the children's reading motivation. They are curiosity (children's curiosity to the reading material), recognition (recognition of the reading activities), and compliance (the existence of a specific goal or desire in reading). In addition, Jakarta Public Library has been playing in motivating children to read. Public library has been attempted to motivate children to read by provide facilities, services and activities for children. However, the library services hasn’t yet to fully support the three predominant aspects of children reading motivation"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57455
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>