Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174570 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cokorda Istri Ambidika
"Perkembangan Kota Denpasar mendorong munculnya kota aglomerasi Sarbagita yang didorong oleh perkembangan sektor pariwisata, peningkatan pertumbuhan populasi, dan peningkatan aktivitas ekonomi, sehingga menghasilkan perubahan dinamis dalam struktur spasial perkotaan. Penelitian ini melihat pengaruh infrastruktur transportasi dan ketergantungan kendaraan pribadi terhadap perubahan struktur spasial perkotaan di Sarbagita dan Bali dengan menggunakan data populasi dan data infrastruktur perkotaan di tingkat desa/kelurahan pada tahun 2010 dan 2019. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya studi empiris mengenai peran transportasi dalam mengubah struktur spasial perkotaan, terutama di kota yang dibentuk atau diaglomerasi dan bersandar pada sektor pariwisata seperti Sarbagita serta penggunaan indikator data historis berupa jarak akses ke desa historis dan jaringan jalan kuno sebagai variabel instrumen. Dengan pendekatan Instrumental Variables (IV), penelitian ini menemukan bahwa tidak ada pengaruh peningkatan ketergantungan kendaraan dan aksesibilitas transportasi yang signifikan terhadap proses suburbanisasi dan perubahan struktur spasial perkotaan. Penelitian lebih lanjut dengan penggunaan data dan pendekatan yang lebih kuat diperlukan untuk bisa menjabarkan lebih baik bagaimana keterkaitan antara ketergantungan kendaraan pribadi, aksesibilitas, dan struktur spasial kota.

The development of Denpasar encourages the emergence of the Sarbagita agglomeration city, which is driven by the development of the tourism sector, increasing population growth, and increasing economic activity, resulting in dynamic changes in the urban spatial structure. This study looks at the effect of transportation infrastructure and dependence on private vehicles on changes in urban spatial structure in Sarbagita and Bali, by using population and urban infrastructure data at the village/kelurahan level in 2010 and 2019. This research contributes to enriching empirical studies on the role of transportation in the change of urban spatial structure, especially in cities that are formed or agglomerated and rely on the tourism sector such as Sarbagita. This research also contributes on the use of historical data indicators in the form of access distances to historical villages and ancient road networks as instrument variables. Using the Instrumental Variables (IV) approach, this study found that there was no significant effect of increasing vehicle dependence and transportation accessibility on the suburbanization process and changes in urban spatial structure. Further research with stronger data and approach is needed to better describe the relationship between automobile dependency, accessibility and urban spatial structure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Terra Rosa Ernita
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola mobilitas ulang-alik pekerja dan pengaruh struktur spasial perkotaan di wilayah Jabodetabek. Menggunakan data hasil survei perjalanan harian, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara jarak, durasi perjalanan, moda transportasi yang digunakan, dan distribusi pendapatan pekerja terhadap rute perjalanan dari dan ke wilayah suburban serta pusat kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pekerja melakukan perjalanan jarak jauh dari wilayah pinggiran seperti Bekasi, Depok, dan Bogor menuju pusat kota Jakarta dengan moda transportasi pribadi, khususnya sepeda motor.Durasi perjalanan rata-rata mencapai 30-60 menit, menunjukkan tingginya tingkat kemacetan dan jarak tempuh yang jauh. Struktur spasial perkotaan Jabodetabek yang polisentris berkontribusi terhadap penyebaran permukiman di wilayah suburban, sementara Jakarta tetap menjadi pusat utama aktivitas ekonomi. Ketergantungan yang tinggi terhadap kendaraan pribadi juga memperparah kondisi lalu lintas dan meningkatkan durasi perjalanan. Oleh karena itu, diperlukan integrasi moda transportasi umum yang lebih baik serta perencanaan infrastruktur transportasi yang lebih efektif untuk mendukung mobilitas pekerja di Jabodetabek secara lebih efisien.

This study aims to analyze the commuting patterns of workers and the impact of urban spatial structure in the Jabodetabek area. Using data from daily travel surveys, the research explores the relationship between distance, travel duration, modes of transport used, and income distribution of workers concerning travel routes to and from suburban areas and the city center. The results show that most workers undertake long-distance commutes from suburban areas such as Bekasi, Depok, and Bogor to central Jakarta, using private transportation, particularly motorcycles.The average travel duration ranges from 30 to 60 minutes, reflecting high traffic congestion and long distances. The polycentric urban spatial structure of Jabodetabek contributes to the spread of residential areas in suburban regions, while Jakarta remains the primary hub of economic activity. The heavy reliance on private vehicles exacerbates traffic conditions and increases travel time. Therefore, better integration of public transportation modes and more effective transportation infrastructure planning are needed to support workers' mobility in Jabodetabek more efficiently."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Nurmoko
"Tesis ini membahas analisis ketergantungan spasial dalam mengetahui faktorfaktor penentu kemiskinan di Sumatera dan Jawa dengan memasukkan fenomena interaksi antar kabupaten/kota ke dalam model spasial lag. Fenomena interaksi tersebut didekati dengan migrasi risen bruto yang masuk kedalam pembobot spasial sebagai socio-economic distance. Oleh karenanya hubungan kedekatan antar kabupaten/kota bukan berdasarkan jarak fisik antar kabupaten/kota, melainkan berdasarkan jarak sosial ekonominya yang diukur dari intensitas penduduk bermigrasi keluar dan bermigrasi masuk.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor pendidikan, pekerjaan, gender dan akses pelayanan dasar serta infrastruktur signifikan sebagai penentu kemiskinan. Selain itu peran interaksi antar kabupaten/kota perlu dipertimbangkan untuk menangkap kondisi realitas di lapangan, dimana kabupaten/kota memang benar melakukan interaksi satu sama lain. Kemudian nilai rho sebagai koefisien spasial lag menjelaskan seberapa besar kemiskinan di kabupaten/kota saling berhubungan, dan bukan merupakan bentuk dari pengaruh ataupun sebab akibat. Melalui model spasial lag maka koefisien variabel penentu kemiskinan menjadi lebih bersih dengan memasukkan peran interaksi antar kabupaten/kota kedalam model tersebut.
Hasil penelitian ini juga menyarankan pemerintah daerah maupun pusat untuk memperhatikan arus migrasi dengan lebih seksama agar migrasi tersebut benar-benar menjadi solusi didalam pengentasan kemiskinan dan bukan sebaliknya.

The focus of this study is the analysis of spatial dependence in knowing the determinants of poverty in Sumatra and Java by incorporating the phenomenon of interaction between region into a model of spatial lag. The proximity of interaction phenomenon is approached with gross recent migration into a spatial weighted as socio-economic distance. Therefore, the relationship between the the region is not based on the physical distance, however by the socio-economic distance that measured from the intensity of the out and in migration.
The study concluded that the factors of education, occupation, gender, access to basic services and infrastructure as a determinants of poverty. Interaction between region need to be considered to capture the reality of conditions on the social economic phenomenon, where the region indeed interact with each other. Then the value of rho as a spatial lag coefficient describes how much poverty in the region correlated. Through spatial lag model for the determinants of poverty, coefficients variable to be better the fit by incorporating the role of the interaction between the regions into the model.
The researcher suggests that national and local governments to pay attention for the migration flows more carefully so that the migration as a solution in the alleviation of poverty in Sumatera and Java.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T43517
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Agung Ayu Karishma, M.R.
"Berdasarkan penelitian sebelumnya, pekerja di wilayah Sarbagita yang berada di Provinsi Bali yang melakukan mobilitas khusunya komuting. Tingkat mobilitas yang semakin tinggi menyebabkan beberapa permasalahan yang muncul, yaitu salah satunya kemacetan. Kemacetan yang terjadi karena jumlah angkutan pribadi yang semakin melonjak tiap tahunnya. Permasalahan lain yang muncul dari sisi pemerintah adalah menurunnya dukungan dana operasional trans sarbagita atau angkutan umum dan berkurangnya jumlah armada angkutan umum dan sedikitnya angkutan umum penghubung Kabupaten-Kabupaten dengan jalan yang sempit dan jauh. Selain itu dari sisi budaya di Bali, terdapat beberapa hambatan yang akan mempengaruhi pembangunan infrastruktur yang akan menunjang kelancaran mobilitas pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas penggunaan angkutan umum oleh pekerja di wilayah sarbagita. Penelitian ini menggunakan data Sakernas atau Survei Angkatan Kerja Nasional tahun 2018, dengan menggunakan model regresi logistik biner.  Hasil dari penelitian ini adalah jarak tempuh signifikan mempengaruhi pekerja dalam memilih moda transportasi baik umum atau pribadi untuk pergi ke tempat kerja. Selain itu jenis kelamin serta pendidikan juga mempengaruhi pekerja dalam memilih moda transportasi baik umum atau pribadi untuk pergi ke tempat kerja.

Based on previous studies, many workers in the Sarbagita area in Bali Province are doing mobilization especially in commuting. The higher level of mobility causes several problems, one of them is congestion. Congestion that occurs because the number of private transportations is increasing every year. Another problem that arises from the government side is the decline in support for operational funds for trans sarbagita or public transportation and the reduction in the number of public transport fleets and the lack of public transportation that connects regencies with narrow and long roads. In terms of culture in Bali, there are several obstacles that will affect infrastructure development that will support the continuity of worker mobility. This study aims to determine the probability of using public transportation by workers in the Sarbagita area. This study uses Sakernas 2018 data or the National Labor Force Survey, using a binary logistic regression model. The result of this study is that the distance significantly affects workers in choosing either public or private modes of transportation. In addition, gender and education also affect workers in choosing both public and private modes of transportation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Candri Rania Auliani
"Penelitian bertujuan untuk melihat ketergantungan spasial kepuasan hidup (Life Satisfaction) dengan kepadatan penduduk (Population Density). Datapenelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara daring kepada penduduk kota Bandung berusia diatas 18 tahun (N= 486). Pengukuran kepuasan hidup menggunakan Satisfaction with Life Scale (SWLS), sedangkan jumlah kepadatan penduduk (Population Density) dalam unit analisis kelurahan didapatkan melalui portal resmi Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai Kota Bandung Dalam Angka 2021. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif, analisis spasial menggunakan GeoDa, analisis regresi linear dan analisis korelasi menggunakan Pearson's Product Moment. Temuanpenelitian menunjukkan bahwa kepuasan hidup tidak memiliki ketergantungan terhadap kepuasan hidup dikota Bandung (r=-0.062 dengan p=0.34) dan analisis regresi linear (0.94>0.05) yang artinya kepadatan penduduk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan hidup. Sehingga berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa tidak terdapat pola ketetanggan dan ketergantungan spasial pada variabel kepuasan hidup dankepadatan dari penduduk kota Bandung.

The aim of this research is to see the spatial dependence of life satisfaction with population density. The research data was obtained through the distribution of online questionnaires to residents of the city of Bandung aged over 18 years (N = 486). The measurement of life satisfaction uses theSatisfaction with Life Scale (SWLS), while the total population density in the kelurahan analysis unit is obtained through the official portal of the Central Statistics Agency (BPS) regarding the City of Bandung in Figures 2021. The analysis carried out is descriptive analysis, spatial analysis using GeoDa, linear regression analysis and correlation analysis using Pearson's Product Moment. The research findings indicate that life satisfaction has nodependence on life satisfaction in the city of Bandung (r=-0.062 with p=0.34) and linear regression analysis (0.94>0.05) which means that populationdensity does not have a significant effect on the life satisfaction variable. So, based on these data, it can be concluded that there is no pattern of neighbourhood and spatial dependence on the variables of life satisfaction and population density in Bandung city."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Development of urban traffict volume has reached 15% per year. Transportation is a mayor cause of air pollution, 70% of air pollution is generated from vehicle exhaust...."
JJJ 25(2-3) 2008
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Public private partnership (PPP) in waste disposal management has been conducted in several areas. This partnership accurs either because of the economic benefits generated from the waste disposal management in this location...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ramli AT
"Disertasi ini membahas keterkaitan dinamika spasial dan kekuasaan yang melibatkan elemen komunitas lokal perkotaan, pengembang, dan negara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika politik spasial komunitas lokal sebagai reaksi terhadap ekspansi pengembang, serta dampaknya pada akses komunitas ke spasial perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasilnya menunjukkan bahwa regionalisasi yang secara bertahap dilakukan melalui pemindahan komunitas lokal ke daerah belakang menunjukkan ketidakberdayaan komunitas secara politik dalam mengakses ruang. Ekspansi perkotaan yang kemudian meniscayakan terjadinya gentrifikasi peri-urban, lebih tampak sebagai proses rekonsentrasi kemiskinan dan pembentukan kembali isolasi sosial baru bagi kelompok tidak mampu.

This dissertation discusses the relationship between spatial dynamics and political power that involves elements of urban local communities, housing developers, and the state. The study aims to examine political dynamics of the spatial local communities and its impact on communities' accessibilty to urban spatial. This research employs the qualitative approach.
The study found that the gradual regionalization through displacement of local communities to back region demonstrates the political powerlessness of the local urban communities to access the space. The urban expansion allows the peri-urban gentrification in which generates that the process of re-concentration of poverty and re-establishment of new social isolation to the poor communities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
D1375
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jesy Fatimah
"Provinsi Bali memiliki topografi bervariasi dan lokasi yang strategis, serta memiliki banyak variasi objek wisata. Banyaknya variasi objek wisata di daerah ini memicu terjadinya pergerakan wisatawan untuk menuju beberapa objek wisata yang ada. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola spasial pergerakan wisatawan nusantara di Provinsi Bali, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pola spasial pergerakan tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis spasial dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergerakan wisatawan tipe multiple pattern merupakan pergerakan dominan yang terdapat di ketinggian 0-100 mdpl sampai 100-500 mdpl dan memiliki pergerakan yang luas jika dibandingkan tipe single pattern karena hanya mengunjungi satu objek wisata tujuan utama. Pola pergerakan single point banyak terdapat di dataran rendah dan pegunungan, yang merupakan objek wisata yang sudah terkenal dan memiliki aksesibilitas baik. Sedangkan pola pergerakan tipe multiple pattern menunjukkan pergerakan wisatawan ke berbagai arah di bentuk medan yang bervariasi yaitu dataran rendah, pegunungan ke dataran rendah, pegunungan ke dataran tinggi, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan tipe multiple pattern dipilih berdasarkan jumlah wisatawan yang melalui objek wisata sama dan mengunjungi banyak objek wisata. Pergerakan yang dilakukan oleh wisatawan mempertimbangkan faktor fisik wilayah ketinggian dan aksesibilitas.

Bali has a varied topography and strategic location and has many variations of attractions. The many variations of tourist attraction in this area trigger the movement of tourists to some tourist objects in Bali. This study aims to analyze the spatial patterns of movement between foreign and domestic tourists on the of Bali, as well as the factors that influence the spatial pattern of the movement. The method used in this research is spatial analysis and descriptive analysis. The results showed that the movement of multiple pattern type tourists is a dominant movement located at a height of 0 ndash 100 mdpl to 100 ndash 500 mdpl and does have a broad movement when compared to single pattern types because only visiting a tourist object main purpose. Single point movement patterns are found in lowland and mountainous areas, which is a well known tourist attraction and has good accessibility. While the movement pattern of multiple pattern types shows the movement of tourists to various directions in the form of varied terrain ie lowland, lowland mountains, mountains to the highlands, and so forth. This is because the multiple pattern is chosen based on the number of tourists who travel through the same attractions and visit many tourist attractions. Movements made by travelers consider physical factors elevation area and accessibility.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Fahmi
"ABSTRAK
Dilatarbelakangi kondisi kesenjangan antar wilayah yang terjadi secara
persisten, tesis ini menelaah perekonomian Indonesia dalam jangka panjang,
apakah akan cenderung konvergen atau justru divergen. Konvergensi ini
didasarkan pada teori pertumbuhan Neoklasik Solow yang mengasumsikan
adanya diminishing return to capital sehingga pada saat negara maju mencapai
kondisi steady state, tingkat pengembalian modal tidak akan mengalami
peningkatan lagi meskipun terdapat tambahan investasi. Ketika negara maju
mencapai kondisi mapan, negara berkembang akan mengalami pertumbuhan yang
terus menerus hingga dapat mengejar ketertinggalannya dari negara maju dan
mencapai kondisi mapan. Tesis ini juga memfokuskan pada pengaruh
infrastruktur dan keterkaitan spasial karena dalam perspektif ilmu ekonomi
regional, setiap wilayah tidak dapat diperlakukan sebagai unit yang berdiri sendiri.
Situasi ekonomi dan politik suatu wilayah akan mempengaruhi kebijakan di
wilayah tersebut yang juga akan berdampak ke wilayah tetangganya.
Berdasarkan uji hipotesis berganda, spatial cross-regressive model lebih
tepat digunakan untuk menganalisis proses konvergensi beta bersyarat di
Indonesia dibandingkan model klasik. Hasil analisis terhadap model konvergensi
beta bersyarat menggunakan metode fixed effect secara konsisten
mengonfirmasikan bahwa dalam jangka panjang perekonomian Indonesia akan
cenderung konvergen dengan kecepatan 8,08 persen per tahun. Temuan lainnya
adalah, infrastruktur jalan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan
secara spasial investasi dan infrastruktur jalan juga menunjukkan pengaruh positif
terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, investasi dan infrastruktur
jalan suatu wilayah tidak hanya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi
wilayah tersebut tetapi juga terhadap perekonomian wilayah sekitarnya.

ABSTRACT
Motivated inter-regional disparities condition that occurs persistently, this
thesis examines the Indonesian economy in the long term, whether it will tend to
converge or diverge. This convergence is based on the Solow Neoclassical growth
theory which assumes the existence of diminishing returns to capital so that when
the developed countries reach steady state conditions, the return rate of capital
will not increase further despite additional investment. When developed countries
reach a steady state, developing countries will continuous growth up to ‘catch-up‘
with developed countries and achieve a steady state. This thesis also focuses on
the influence of spatial dependency and infrastructure since regional economics
perspective, each region can not be treated as a stand-alone unit. Economical and
political situation of a region will influence policy in that region which will also
have an impact to the neighboring regions.
Based on multiple hypothesis testing, spatial cross-regressive model is more
appropriately used to analyze the conditional of beta convergence process in
Indonesia than the classical models. The results of the conditional beta
convergence model using fixed effect method consistently confirmed that the
Indonesian economy in the long term will likely converge with a speed of 8.08
percent per year. Other finding is, road infrastructure has a positive effect on
economic growth and investment and road infrastructure are spatially showed a
positive effect on economic growth. In other words, the investment and the
infrastructure of a region not only affect the economic growth of that region but
also to the economy of the contiguous region."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34996
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>