Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140031 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irene Paramitha
"Perkembangan teknologi yang pesat membuat pembelajaran digital menjadi lebih mudah sehingga berdampak pada bidang pendidikan, terutama pembelajaran bahasa. Akses terhadap berbagai situs media dan aplikasi menjadi semakin mudah dan lengkap, salah satunya adalah aplikasi Duolingo. Duolingo menerapkan metode gamifikasi pada sistem pembelajaran bahasa melalui aplikasi dan situs webnya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi penggunaan metode gamifikasi dan melihat penerapan sistem gamifikasi dalam metode pembelajaran bahasa pada aplikasi Duolingo, serta melihat kecocokan aplikasi Duolingo untuk digunakan sebagai media pembelajaran digital pada kelas pembelajaran bahasa. Dengan menggunakan konsep gamifikasi dari Sailer, Hense, Mayr, & Mandl (2017), teori elemen dalam game oleh Hamari et al. (2014) dan Sailer, Hense, Mandl, & Klevers (2013), serta konsep FLE (Français Langue Étrangère), ditemukan bahwa Duolingo tidak menerapkan seluruh elemen gamifikasi, tetapi hanya beberapa yang sesuai dengan fungsi dari fitur yang tersedia pada aplikasi dan situs web. Duolingo juga menerapkan konsep FLE atau Français Langue Étrangère dengan baik, metode spaced repetition serta turut membantu pembelajaran digital bagi para pengajar dengan menambahkan fitur baru pada situs web mereka. Penelitian ini berfokus pada kategori Bahasa Prancis dengan pengantar Bahasa Inggris pada aplikasi dan situs web Duolingo.

The vast development of technology has made digital learning easier which gives an impact to language education. Certain media and applications are available for a learning access, one of them is the language learning app, Duolingo. Duolingo applies the gamification method into its language learning system through their app and website. This article aims to identify the use of the gamification method, how it is applied throughout the app and website, as well as whether the method is able to be used in language learning classes. Using Sailer, Hense, Mayr, & Mandl (2017) gamification concept, game element theory from Hamari et al. (2014) and Sailer, Hense, Mandl, Klevers (2013), as well as the FLE (Français Langue Étrangère) concept, it is concluded that Duolingo doesn't apply all the gamification elements into its system, but only some of them that matches their features. Duolingo also applied the FLE (Français Langue Étrangère) concept well, a spaced repetition method and added a new feature to its website to support digital learning for language teaching. This article focuses on the French language in the Duolingo app and website."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purwadi
"Kinerja (performance) suatu situs web adalah pengalaman pengguna yang menarik untuk diteliti karena menjadi salah satu pengukuran penting dari perspektif pengguna. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini pun bertujuan untuk meneliti pengalaman pengguna situs web dari sisi analisis faktor dan pengaruh pengalaman pengguna mengakses situs web. Penelitian ini menguji empat skema, yaitu: (a) faktor-faktor bagian dari pengalaman pengguna situs web, (b) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kepercayaan kepada brand, (c) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kembali ke situs web, dan (d) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap membagikan situs web ke pengguna lain. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Kuesioner penelitian bertipe daring dengan skala Likert tujuh kategori respons. Populasi penelitian ini berjumlah 300 jurnalis dengan sampel penelitian adalah sensus. Pengolahan data penelitian memanfaatkan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Uji hipotesis penelitian menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini, pertama adalah ada delapan faktor yang menjadi bagian signifikan dari pengalaman pengguna situs web, yaitu emosi pengguna, hedonis, desain, nilai pengguna, usability, kecepatan akses, nilai publik, dan budaya. Kedua, pengalaman pengguna situs web terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada brand, kembali ke situs web, dan membagikan situs web ke pengguna lain. Ketiga, terbentuknya empat skema yang dapat menjadi cikal-bakal model pengalaman pengguna situs web.

The performance of a website is an interesting user experience to be investigated because it becomes one of the important measurements from the user's perspective. Based on this, this study aims to examine the user experience of the website in terms of factor analysis and the influence of user experience accessing the website. This study examines four schemes, namely: (a) the factors part of the website user experience, (b) the influence of the website user experience on brand trust, (c) the influence of the website user experience on returning to the website, and (d) the influence of the website user experience on sharing the website with other users. This research approach is quantitative with survey methods. This type of research is explanatory research. The research questionnaire is online type with a Likert scale of seven response categories. The population of this research is 300 journalists with the census sample as the research sample. The research data processing uses Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 25.0. The research hypotheses test use confirmatory factor analysis (CFA) and simple linear regression test. The results of this study, first, there are eight factors that are a significant part of the website user experience, namely user emotions, hedonic, design, user values, usability, speed of access, public values, and culture. Second, the website user experience has proven to have a significant effect on brand trust, returning to the website, and sharing the website with other users. Third, the formation of four schemes that can be the forerunner of the website user experience model. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fika Permata Sari
"Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penerapan keterbukaan informasi pada pemerintahan. Padahal Internet sebagai media yang mampu menyediakan fasilitas akses informasi telah mengubah arah dan pandangan pengguna dalam melakukan aktivitas mencari informasi. Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian harus mampu menyediakan situs/website yang inovatif agar mampu menarik perhatian dan mampu mendorong pengguna melakukan interaksi virtual. Metodologi penelitian dengan paradigm positivistik melalui metode kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat komunikasi website dilihat dari kualitas layanan, kualitas informasi, loyalitas pengguna website yang diterapkan Kementerian Perindustrian sudah baik dilihat dari indikator Kualitas Layanan dan Kualitas Informasi sehingga dapat meningkatkan Loyalitas terhadap penggunaan website.

This study was driven by the poor level of information disclosure of the government. Whereas the Internet as a medium that is capable of providing access to facilities and information is changing the way users view the activity seeking information. The government, in this case, the Ministry should be able to provide the site /innovative website to be able to attract attention and be able to encourage users to perform virtual interaction. The research used a positivistic paradigm through a quantitative descriptive method.
The results of using a communication tool a of a website visits based on quality of service, quality of information, user loyalty applied at the Ministry of Industry website has been able to meet the standard Quality of Service and Quality of Information, thereby increasing loyalty to the use of the website.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43712
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nyi Raden Hasbya Putri Paradhina
"Pembelajaran bahasa asing memungkinkan peserta didik memiliki pikiran terbuka. Tetapi dengan bahasa yang berbeda akan muncul sebuah hambatan. Dengan berkembangnya zaman dan adanya integrasi teknologi dengan pendidikan, pembelajaran secara daring atau menggunakan internet terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan, terutama kemampuan berbahasa asing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran bahasa Memrise sebagai bahan pelajaran tambahan di luar kelas pembelajaran Bahasa Prancis di tingkat universitas. Partisipan penelitian ini terdiri atas mahasiswa yang sedang belajar Bahasa Prancis pada tingkat A1 berdasarkan CECRL dan belum pernah belajar Bahasa Prancis sebagai bahasa asing sebelumnya. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dikumpulkan berdasarkan hasil pre-test, post-test, daftar pertanyaan, dan observasi selama waktu yang sudah ditentukan. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok; dimana kelompok eksperimen diberi tugas untuk menggunakan Memrise di luar kelas sebagai perlakuan, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan materi tambahan apa pun. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa dengan menggunakan Memrise sebagai bahan pelajaran tambahan terutama dalam kompetensi Compréhension Orale, Grammaire, dan Vocabulaire, bermanfaat bagi peserta didik dalam peningkatan kompetensi tersebut. Penggunaan aplikasi yang menarik dan mudah menjadi motivasi belajar di luar kelas.

Being open minded with a broad perspective is a skill a learner can achieve through learning foreign language. But this always comes with a hurdle. With the advancement and the integration of technology with education, learning through the internet is proven to be effective to raise learner’s capability, and more importantly foreign language ability. This research has a goal to see the effectiveness of using a foreign language learning application called Memrise as an additional lesson outside of French class at the university level. Participants of this research consist of college students who are attending a university French class at level A1 based on CECRL and have never learnt French as a foreign language before. The research method is to use the qualitative approach found based on results of pre-test, post-test, survey, and observation throughout the allocated time. Research subjects are divided into two groups; the experimental group was given the task to use Memrise outside of class as an additional lesson, while the control group wasn’t given any additional lessons. Through this research we can conclude that by using the foreign language learning application called Memrise as an additional lesson outside of class, specifically on the Compréhension Orale, Grammaire, and Vocabulaire capabilities, is proven to be effective to raise learner’s skills in foreign language."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Evilia Faida
"Kesilapan yang timbul bila orang-orang yang sedang berada dalam taraf belajar mencoba menggunakan bahasa yang sedang dipelajari merupakan hal yang wajar dalam proses belajar bahasa asing. Karena mereka sedang berada dalam taraf menuju kesempurnaan penguasaan bahasa asing. Diketahui adanya beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya kesilapan-kesilapan tersebut. Penelitian yang berupa studi kasus dan yang difokuskan pada faktor penyebab timbulnya kesilapan dilakukan di lingkungan Program Studi Jerman FSUI. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tiga teks tertulis yang dibuat oleh tiga mahasiswa tingkat tiga Program Studi Jerman FSUI tahun ajaran 1986/1957. Hasilnya menunjukkan bahwa kesilapan yang tampak dalam teks-teks tersebut sebagian besar disebabkan karena pengaruh bahasa Indonesia. Banyak kesilapan yang tidak hanya disebabkan karena pengaruh bahasa Indonesia, tetapi juga karena faktor-faktor lainnya. Kesilapan memang masih muncul bila mahasiswa mencoba menggunakan bahasa Jerman yang sedang dipelajari itu, tetapi kesilapan-kesilapan tersebut diharapkan dapat diperkecil melalui penggunaan bahasa Jerman yang lebih sering lagi. Karena, seseorang bisa berbahasa suatu bahasa karena ia biasa menggunakan bahasa tersebut."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Aslib IMI, 2001
006.7 TIP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Winarsih
"Penelitian ini menggunakan teori TAM untuk mengukur faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan Situs Web Portal UPT Perpustakaan UI dan menjelaskan hubungan faktor yang mempengaruhi niat pengguna untuk mengakses portal
tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan terhadap Mahasiswa
UI jenjang D3 sampai dengan S2 yang mengakses Portal Situs Web Perpustakaan UI
dalam kurun waktu Desember 2019 hingga November 2020.
Dari hasil analisis, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi
kemudahan penggunaan dan usefulness terhadap intensi penggunaan portal website
library UI. Variabel yang tergolong dalam perbedaan individu yang terdiri dari
penggunaan komputer, pengetahuan domain, dan ketertarikan untuk mempublikasi tidak
memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan maupun
kegunaan sistem dari portal website library UI. Variabel yang tergolong dalam
karakteristik sistem, hanya bantuan perpustakaan yang tidak memiliki hubungan dengan
persepsi penggunaan penggunaan dan kegunaan. Variabel relevansi tidak memiliki
hubungan dengan kemudahan penggunaan. Sedangkan visibilitas dan aksesibilitas
memiliki hubungan yang signifikan pada variabel kemudahan penggunaan dan kegunaan.
Dalam penelitian faktor bantuan perpustakaan tidak memiliki pengaruh sehingga perlu
ditingkatkan adanya bantuan perpustakaan di Portal Situs Web UPT Perpustakaan UI
mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang membuat layanan tatap muka ditutup dan
dimasukkan dalam layanan daring.

This study used the TAM (Technology Acceptance Model) theory to measure factors
influencing students in using Library UI Website Portal and to explain the relationship of
factors affecting the user's intention to access the portal. This research was a survey
research conducted on UI Diploma to master degree students who accessed the UI Library
Website Portal from December 2019 to November 2020. From the analysis, it was found
that there was a significant relationship between perceived ease of use and usefulness
towards the intention to use the UI library website portal. The variables belonging to
individual differences consisting of computer use, domain knowledge, and interest in
publishing did not have a significant relationship to the perceived ease of use and
usefulness of the UI library website portal. From variables belonging to the characteristics
of the system, only library assistance had no relationship with both perceived ease of use
and usefulness. Relevance variable had no relationship with ease of use. Meanwhile,
visibility and accessibility had a significant relationship on the perceived ease of use and
usefulness. In research, the factor of library assistance had no effect, so it is necessary to
increase the existence of library assistance on the Website Portal of the UPT Library of
Indonesia given the Covid-19 pandemic conditions which made face-to-face services can
not be done and almost everything use online services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sugeng Hariyanto
Malang: Inspira, 2015
006.7 SUG w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Burhan Nurgiyantoro
Bulaksumur, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2015
372.475 BUR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dodiet Prasetya
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T27659
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>