Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53371 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diva Agristya Wibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dari Badan Usaha Milik Derah, yaitu PT MRT Jakarta, selama pandemi Covid-19 berlangsung pada tahun 2020-2021. Metode yang digunakan untuk mengukur kinerja dari PT MRT Jakarta adalah Balanced Scorecard milik Kaplan dan Norton yang menganalisis performa organisasi melalui empat (4) perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, persepektif learning and growth, dan proses bisnis internal. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan tetap PT MRT Jakarta dan pengguna MRT Jakarta dengan teknik penarikan sampel non-probabilitas accidental sampling. Data pada penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif, yaitu terdiri dari hasil kuesioner dari sampel, laporan keuangan PT MRT Jakarta periode 2020-2021, dan wawancara dengan beberapa narasumber yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari kinerja keuangan PT MRT Jakarta periode 2020-2021 menunjukkan hasil yang rendah, sedangkan untuk indikator internal seperti learning and growth perspective dan internal business process menunjukkan hasil yang tinggi. Indikator dengan hasil paling tinggi adalah customer perspective yang mengindikasikan bahwa PT MRT Jakarta berhasil untuk mempertahankan kualitas dari pelayanan yang diberikan. Dari hasil keempat perspektif tersebut dapat dikatakan bahwa kinerja PT MRT Jakarta selama pandemi Covid-19 adalah tinggi.

This study aims to analyze the performance of the Regional Owned Enterprises, namely PT MRT Jakarta, during the Covid-19 pandemic in 2020-2021. The method used to measure the performance of PT MRT Jakarta is Kaplan and Norton's Balanced Scorecard which analyzes organizational performance through four (4) perspectives, namely financial perspective, customer perspective, learning and growth perspective, and internal business processes. This study uses a sample of permanent employees of PT MRT Jakarta and users of MRT Jakarta with non-probability accidental sampling technique. The data in this study are quantitative and qualitative data, which consists of the results of a questionnaire from the sample, the financial statements of PT MRT Jakarta for the 2020-2021 period, and interviews with several related sources. The results of this study indicate that in terms of the financial performance of PT MRT Jakarta for the 2020-2021 period, the results show low results, while internal indicators such as the learning and growth perspective and internal business processes show high results. The indicator with the highest result is the customer perspective which indicates that PT MRT Jakarta has succeeded in maintaining the quality of the services provided. From the results of the four perspectives, it can be said that the performance of PT MRT Jakarta during the Covid-19 pandemic is high."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Sunandar
"Lokasi proyek pekerjaan pemasangan cover pilar dan media LED dilakukan pada pilar luar ruangan atau sepanjang jalur MRT Jakarta Lebak Bulus hingga MRT Jakarta ASEAN ±10,2  km dengan total jumlah pilar sebanyak 150 Pilar jalan dengan pembangunan struktur konstruksi, instalasi listrik dan instalasi media. Kegiatan konstruksi tersebut dapat menimbulkan risiko kecelakaan kerja untuk pekerja jika tidak diperhatikan dengan baik. Selain itu, tantangan pada masa pandemic Covid 19 ini juga meningkatkan risiko kesehatan pekerja di lapangan. Metode yang dipakai studi dokumentasi dan observasi lapangan hingga dapat di analisis sehingga dapat diambil suatu simpulan. Dalam rangka meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja maka disusun protokol khusus pandemi Covid 19 dalam pekerjaan pemasangan cover pilar dan media LED dilakukan pada pilar luar ruangan atau sepanjang jalur MRT Jakarta Lebak Bulus hingga MRT Jakarta ASEAN. Perencanaan Job safety analysis disusun bnerdasarkan 7 tahapan pekerjaan dengan memperhatikan potensi bahaya dan hirarki pengendalian.

Project locations for the installation of pillar covers and LED media are carried out on outdoor pillars or along the Jakarta Lebak Bulus MRT line to the Jakarta ASEAN MRT ± 10.2 km with a total number of 150 pillars with the construction of construction structures, electrical installations and media installations. These construction activities can pose a risk of work accidents for workers if not properly addressed. In addition, this challenge during the Covid 19 pandemic also increased the health risks of workers in the field. The method used is documentation study and field observation so that it can be analyzed so that a conclusion can be drawn. In order to improve Occupational Health and Safety, a special Covid 19 pandemic protocol was developed in the installation of pillar covers and LED media carried out on outdoor pillars or along the Jakarta Lebak Bulus MRT line to the ASEAN Jakarta MRT. Job safety analysis planning is compiled based on 7 stages of work by taking into account the potential hazards and control hierarchy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Utarini
"Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh aksesibilitas, biaya, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna layanan Mass Rapid Transit (MRT) selama masa pandemi di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian bivariat dengan menggunakan dua teori, yaitu teori kualitas pelayanan dan teori keputusan pengguna. Teori kualitas pelayanan menggunakan lima dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Lalu untuk teori keputusan pengguna memiliki lima dimensi, yaitu waktu, keamanan dan kenyamanan, serta mengukur variabel waktu dan aksesibilitas terhadap keputusna pengguna. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data mixed method, yaitu dengan memperoleh data kuantitatif dan kualitatif melalui survei dan wawancara. Survei dilakukan secara daring melalui platform google forms dengan menghasilkan sebanyak 130 responden. Selain itu, juga dilakukan wawancara mendalam dengan beberapa pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan layanan MRT Jakarta, para ahli atau pengamat transportasi publik, praktisi dan akademisi yang kompeten dalam bidang transportasi, serta beberapa pengguna layanan MRT Jakarta yang bersedia untuk diwawancarai lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh biaya, aksesibilitas dan kualitas layanan MRT Jakarta dalam membangun keputusan pengguna memiliki hubungan positif dengan kekuatan hubungan lemah pada setiap variabelnya. Hasil tersebut diperoleh melalui uji korelasi Somers’d (130 responden).

This study examines the effects of accessibility, cost and service quality on the decisions of users of Mass Rapid Transit (MRT) during the pandemic in Jakarta. This research is a bivariate research using two theories, namely service quality theory and user decision theory. Service quality theory uses five dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. Then the theory of user decision has five dimensions, namely time, security, and comfort and measuring variable cost and accessibility. This study uses mixed data collection techniques, namely by obtaining quantitative and qualitative data through surveys and interviews. The survey was conducted online through the google form platform by generating as many as 130 respondents. In addition, in-depth interviews were also conducted with several parties related to the implementation of MRT Jakarta services, experts or observers of public transportation, practitioners and academics who are competent in the field of transportation, as well as several users of MRT Jakarta services who are willing to be interviewed further. The results showed that accessibility, cost and the service quality in building decision of users of MRT has a positive relationship and the strength of the relationship is weak on each variables . These results are obtained through the Somers’d (130 respondents)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Utarini
"Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh aksesibilitas, biaya, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna layanan Mass Rapid Transit (MRT) selama masa pandemi di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian bivariat dengan menggunakan dua teori, yaitu teori kualitas pelayanan dan teori keputusan pengguna. Teori kualitas pelayanan menggunakan lima dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Lalu untuk teori keputusan pengguna memiliki lima dimensi, yaitu waktu, keamanan dan kenyamanan, serta mengukur variabel waktu dan aksesibilitas terhadap keputusna pengguna. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data mixed method, yaitu dengan memperoleh data kuantitatif dan kualitatif melalui survei dan wawancara. Survei dilakukan secara daring melalui platform google forms dengan menghasilkan sebanyak 130 responden. Selain itu, juga dilakukan wawancara mendalam dengan beberapa pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan layanan MRT Jakarta, para ahli atau pengamat transportasi publik, praktisi dan akademisi yang kompeten dalam bidang transportasi, serta beberapa pengguna layanan MRT Jakarta yang bersedia untuk diwawancarai lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh biaya, aksesibilitas dan kualitas layanan MRT Jakarta dalam membangun keputusan pengguna memiliki hubungan positif dengan kekuatan hubungan lemah pada setiap variabelnya. Hasil tersebut diperoleh melalui uji korelasi Somers’d (130 responden).

This study examines the effects of accessibility, cost and service quality on the decisions of users of Mass Rapid Transit (MRT) during the pandemic in Jakarta. This research is a bivariate research using two theories, namely service quality theory and user decision theory. Service quality theory uses five dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. Then the theory of user decision has five dimensions, namely time, security, and comfort and measuring variable cost and accessibility. This study uses mixed data collection techniques, namely by obtaining quantitative and qualitative data through surveys and interviews. The survey was conducted online through the google form platform by generating as many as 130 respondents. In addition, in-depth interviews were also conducted with several parties related to the implementation of MRT Jakarta services, experts or observers of public transportation, practitioners and academics who are competent in the field of transportation, as well as several users of MRT Jakarta services who are willing to be interviewed further. The results showed that accessibility, cost and the service quality in building decision of users of MRT has a positive relationship and the strength of the relationship is weak on each variables . These results are obtained through the Somers’d (130 respondents)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dennys Luciana Marintan
"Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada persaingan bisnis yang menuntut perusahaan untuk dapat meningkatkan kinerjanya secara optimal. Perusahaan harus mampu mengelola sumber daya manusianya agar proses bisnis dapat berjalan dengan baik dan efektif. Salah satu faktor yang dapat mendorong kinerja organisasi ke arah yang lebih baik adalah work-life balance pekerjanya, sehingga hal ini penting untuk diperhatikan. Penelitian dilakukan di PT X Jakarta yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan kepelabuhanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang signifikan menjelaskan tingkat work-life balance pada pegawai perusahaan jasa kepelabuhanan PT X Jakarta dan mengetahui profil dari pegawai yang memiliki tingkat work-life balance yang tinggi dan rendah. Metode analisis data yang digunakan guna mencapai tujuan tersebut adalah Regresi Linier Berganda dan Classification and Regression Tree (CRT). Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dengan cara purposive sampling dan didapatkan sampel yang terdiri dari 97 pegawai perusahaan jasa kepelabuhanan PT X Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang signifikan menjelaskan tingkat work-life balance pada Pegawai Jasa Kepelabuhanan PT X Jakarta adalah stres kerja, kesejahteraan psikologis, dukungan rekan kerja dan jenis kelamin pegawai. Profil pegawai yang memiliki tingkat work-life balance yang tinggi yaitu pegawai dengan stres kerja yang rendah, dukungan rekan kerja yang tinggi, dan berjenis kelamin laki-laki. Profil pegawai yang memiliki tingkat worklife balance yang rendah yaitu pegawai dengan stres kerja yang tinggi, kesejahteraan psikologis yang rendah, dan berjenis kelamin perempuan.

The COVID-19 pandemic has an impact on business competition which requires companies to be able to improve their performance optimally. Companies must be able to manage their human resources so that the business process can run well and effectively. One of the factors that can drive organizational performance towards a better direction is the work-life balance of its employees, so this is important to pay attention to. The research was conducted at PT X Jakarta, which is one of the companies engaged in port services. The purpose of this study was to determine the factors that significantly explain the level of work-life balance on the employees of the port service company, PT X Jakarta, and to determine the profile of employees who have high and low levels of worklife balance. The data analysis method used to achieve this goal is Multiple Linear Regression and Classification and Regression Tree (CRT). This study uses primary data taken by purposive sampling and obtained a sample consisting of 97 employees of the port service company on PT X Jakarta. The results showed that the factors that significantly explained the level of work-life balance in Port Service Employees of PT X Jakarta were work stress, psychological well-being, co-workers support and gender. Profiles of employees who have a high level of work-life balance are employees with low work stress, high support from co-workers, and male gender. Profiles of employees who have a low level of work-life balance are employees with high work stress, low psychological well-being, and female."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghani Najib Habibi
"Penelitian ini mengenai penerapan kesehatan kerja saat bencana berupa pandemi yang dibahas dari disiplin Ilmu Kesejahteraan Sosial. Urgensi dari penelitian ini mengungkapkan inovasi yang dilakukan suatu perusahaan jasa transportasi pada pekerja frontlinernya yang berisiko tinggi terpapar virus COVID-19. Perusahaan ini tergolong sektor kritikal sehingga pelayanannya harus tetap beroperasi setiap hari selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara dilaksanakan pada bulan Mei hingga Agustus 2022 pada 7 informan yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Berdasarkan penelitian terungkap bahwa PT. X Jakarta melakukan beberapa inovasi terkait kesehatan kerja pada sisi kebijakan maupun remunerasi. Inovasi dari sisi kebijakan operasional, yaitu berupa penerapan scan Peduli Lindungi sebelum masuk stasiun, pembatasan penumpang di kereta, pengadaan pijakan kaki di elevator, penyediaan marka-marka untuk jaga jarak, mengimplementasikan beberapa kebijakan ticketing, penambahan APD (Alat Pelindung Diri) Khusus level 2 bagi Walka (petugas keamanan di kereta) serta mengadakan pelatihan penanganan pengguna yang pingsan akibat suspect COVID-19. Dari sisi kebijakan kepegawaian, PT. X Jakarta menerapkan screening harian kesehatan, penerapan digital sign, dan sistem absensi menggunakan web. Untuk kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan pekerja, PT. X Jakarta membentuk Sekretariat Penanggulangan Krisis untuk COVID-19, menyelenggarakan olahraga rutin dan Health Talk secara virtual, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, mengolah limbah infeksius secara khusus, melakukan edukasi kepada penumpang terkait protokol kesehatan, menyediakan ruang isolasi di kantor, dan melakukan tracing serta menyediakan layanan telemedicine. Inovasi dari sisi remunerasi, yaitu pemberian remunerasi tambahan selama pandemi untuk para pekerjanya. Pekerja di Head Office dan pekerja di stasiun dan kereta (yang termasuk pekerja organik) mendapatkan remunerasi berupa APD, vitamin, vaksin, SWAB/PCR, perbantuan pencarian ruang isolasi, perbantuan pencarian tabung oksigen, dan penyediaan transportasi. Sedangkan, pekerja di stasiun dan kereta yang termasuk pekerja outsourcing mendapatkan remunerasi berupa SWAB/PCR, APD, vitamin, dan vaksin. Hasil penelitian ini juga menunjukan perlunya sosialisasi terkait inovasi kesehatan kerja dilakukan dengan semasif mungkin dan perlunya sikap lebih tegas terhadap penumpang/pengguna jasa yang melanggar protokol kesehatan. Penelitian ini diharapkan bersumbangsih terhadap mata kuliah program studi sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial yaitu Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan dan Kesejahteraan Sosial dalam Sektor Industri.

This study is about the application of occupational health application in the form of a pandemic discussed from the discipline of Social Welfare Science. The urgency of this study revealed the innovation made by a transportation service company to its frontline workers who are at high risk of exposure to the COVID-19 virus. The company is a critical sector so its services must remain operational daily during the pandemic. This research is qualitative research with a descriptive research design. Collecting data was held by literature studies and in-depth interviews from May to August 2022 on 7 informants determined by purposive sampling methods. Data analysis is performed by data reduction, data presentation, and conclusion withdrawal or verification. This research revealed that PT. X Jakarta carried out several innovations related to occupational health on the policy and remuneration side. Innovations on the operational policy include implementing Peduli Lindungi scanning before passengers enter the station, restricting the number of passengers on the train, procuring footrests in the elevator, implementing some ticketing policies, and adding Level 2 APD (Alat Pelindung Diri) for Walka (security at the train), and conducting passenger-handling training for COVID-19 suspected in train. Innovations on the employment policies side included implementing daily health screening, implementing digital signs, and using the AI web for the absentee system. For policies related to workers' health, PT. X Jakarta established Crisis Management Team (CMT), organized sports activities and Health Talk virtually, sprayed disinfectants on a regular basis, treated infectious waste specifically, provided isolation room for workers suspected of COVID-19, and traced and provided telemedicine services for workers. Innovation from the remuneration side is providing additional remuneration during the pandemic for its workers. Workers at the Head Office and workers at stations and trains, which are part of organic workers, received hygiene kits, vitamins, vaccines, SWAB/PCR, isolation room search assistance, oxygen tube search assistance, and transportation provision. Meanwhile, workers at stations and trains which are part of outsourcing workers received SWAB/PCR, hygiene kit, vitamins, and vaccines. Result also revealed the need for socialization related to occupational health innovation to be carried out as efficient as possible and the need for a firm attitude towards passengers/service users who violate health protocols. This research is expected to be able to contribute enriching Social Welfare sciences especially to courses named the Social Welfare in the Industrial Sector and Management of the Humanitarian Service Organization courses."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nashita Indira Susanto
"Makalah ini mengkaji kinerja industri live music serta pro & kontra dari konser virtual selama pandemi Covid-19. Pendapatan industri live music di seluruh dunia turun secara signifikan dari AU$40,5 (2019) menjadi A$10,38 (2020). Dengan semua industri merasakan dampak pandemi Covid-19, hal itu juga sangat memengaruhi para musisi dan artis yang terhambat untuk tampil secara live dikarenakan adanya peraturan social distancing dan lockdown. Di awal Covid-19, konser virtual mulai bermunculan dan menjadi semakin populer. Terdapat banyak musisi dan artis yang berhasil beradaptasi dengan situasi ini dan telah mendapatkan lonjakan pendapatan dari mulai dari 50% hingga 100% ataupun lebih. Namun, banyak penonton yang sering merasa kecewaa karena tidak bisa menyaksikan 'hal yang nyata' seperti dalam konser live tatap muka. Perkembangan konser virtual di industri live music selama pandemi Covid-19 telah mengubah cara bisnis beroperasi. Namun, para pelaku industri telah berencana untuk kembali melakukan pertunjukan tatap muka ketika situasi kembali normal.

This paper assesses the live music industry performance and the pros & cons of virtual concerts during the Covid-19 pandemic. The live music industry revenue worldwide plummeted from A$40.5 (2019) to A$10.38 (2020). As all industries were feeling the effects of the Covid-19 pandemic, it had indeed affected musicians and artists who were hampered from performing live due to social distancing and lockdown regulations. In the beginning of the Covid-19, virtual concerts emerged and grew in popularity. A lot of artists who adapted to this situation had reportedly been receiving a spike in income from 50% up to 100% and more. However, many of the audience were frequently followed by disappointment of their inability to witness the ‘real thing’ as in physical live concerts. The development of virtual concerts in the live music industry during the Covid-19 pandemic has changed how the business operates. Nevertheless, industry players have planned to go back to doing face-to-face gigs when things go back to normal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Andie Mai Endrijatno
"Pada masa pandemi, terjadinya pembatasan pergerakan manusia memiliki pengaruh negatif terhadap produktivitas konstruksi, dan jika pandemi terus berlanjut, kinerja perusahaan konstruksi pasti akan terus menurun. Makalah ini membahas pengukuran kinerja perusahaan konstruksi dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dan pengaruh wabah Covid-19 terhadap kinerja perusahaan konstruksi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menilai efisiensi perusahaan konstruksi dan membandingkan kinerja mereka dengan perusahaan lain yang sebanding sebelum dan selama pandemi. Teknik DEA non-parametrik digunakan untuk pengukuran efisiensi yang berfokus pada penjualan dan nilai pasar sebagai output dengan pendekatan DEA dua tahap dengan konfigurasi input dan output yang berbeda. Makalah ini mengkaji delapan belas perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan dua jenis kepemilikan, perusahaan swasta, dan perusahaan milik negara (BUMN). Berdasarkan hasil penelitian, kondisi pandemi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan kinerja perusahaan konstruksi. Dimana perusahaan konstruksi dapat bertahan dengan kemampuannya, dan masih mempertahankan kinerjanya. Temuan kami menunjukkan bahwa efisiensi perusahaan memainkan peran penting dalam mengevaluasi kinerja perusahaan dan bahwa perusahaan yang efisien dapat menjadi referensi dalam penerapan strategi peningkatan kinerja perusahaan, khususnya pada kondisi krisis ekonomi akibat pandemi saat ini.

In the occurrence of a pandemic, limitations on human movement have a negative influence on construction productivity, and if the epidemic persists, construction firm performance will inevitably fall. This paper discusses the performance measurement of construction company using Data Envelopment Analysis (DEA) and the influence of the Covid-19 outbreak on the performance of public listed construction company in Indonesia. The objective is to assess construction company efficiency and compare their performance to other comparable companies before and throughout the pandemic. Non-parametric data envelopment analysis (DEA) was utilized to focus on sales and market value as output measures in a two-step DEA approach with different input and output configurations. This paper examines eighteen significant construction companies listed on the Indonesia Stock Exchange, with two types of ownership, private companies, and state-owned companies. According to the findings of the study, the pandemic condition did not significantly affect the decline in the performance of the construction company. Where construction companies can survive with their abilities, and still maintain their performance. Our findings suggest that company efficiency plays an important role in evaluating company performance and that efficient companies can serve as a role model for company performance improvement strategies, such as when the economy is disrupted by the current pandemic."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pande Putu Khrisna Ariyudha
"Setelah pandemi Covid-19, orientasi terhadap keberlanjutan menjadi semakin penting untuk memastikan kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Apakah kriteria lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) memengaruhi risiko dan tingkat pengembalian portofolio investasi adalah pertanyaan yang semakin sering diperdebatkan. Artikel-artikel terbaru dalam penelitian keuangan menunjukkan bahwa saham-saham dari perusahaan berkinerja ESG baik memiliki kinerja yang relatif lebih baik selama periode krisis sehingga ESG diklaim berfungsi sebagai "equity vaccine" bagi para investor. Studi ini menyelidiki dampak kinerja ESG dan fleksibilitas finansial terhadap kinerja saham perusahaan. Peneliti menguji hipotesis dalam ruang lingkup ASEAN-5 dengan cara menilai hubungan antara ESG dan fleksibilitas finansial terhadap resiliensi korporasi dalam proksi kecepatan pemulihan harga saham selama krisis Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan data cross section. Dalam sampel 142 perusahaan yang memiliki nilai ESG di 5 negara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura, peneliti menemukan bahwa perusahaan dengan peringkat ESG yang tinggi mampu memulihkan harga saham lebih cepat selama masa krisis. Peneliti juga mendokumentasikan bahwa tingkat aset likuid yang lebih tinggi pada periode pra-Covid tidak dapat membantu perusahaan untuk menyerap eksternalitas Covid-19 lebih baik dibanding perusahaan lain. Temuan ini berkontribusi pada perdebatan teoritis dan empiris tentang peran kinerja ESG dan fleksibilitas finansial sebagai sumber ketahanan perusahaan terhadap guncangan yang tidak terduga.

Following the Covid-19 outbreak, orientation toward sustainability is critical in ensuring firm survival and growth. Whether incorporating environmental, social, and corporate governance (ESG) criteria affects the risk and return of investment portfolios is a much-debated question. Recent articles in financial research suggest that the stocks of substantial ESG firms may perform relatively well during crisis periods and thus serve as an "equity vaccine" for investors. This study investigates ESG ratings and financial flexibility's impact on the companies' stock performance. We test these hypotheses in the ASEAN-5 setting by assessing the relation between ESG and financial flexibility to stock price resilience in terms of time to recovery during the Covid-19 crisis. The method used in this study is a cross-sectional data regression analysis. In a sample of 142 stocks in 5 countries consisting of Indonesia, Malaysia, Thailand, Philippines, and Singapore, we find that firms with higher ESG ratings had a better stock market performance during Covid-19 pandemic. They tend to recover faster to achieve their lowest price before 2020. We also document that higher levels of liquid assets in the pre-Covid period can not help firm to perform and absorb the Covid-19 externalities better than other firms. These findings contribute to the theoretical and empirical debate on the role of sustainability and financial flexibility as a source of corporate resilience to unexpected shocks."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helmi Agustian
"Latar Belakang: Disrupsi Pandemi Covid-19 mengharuskan manajemen rumah sakit untuk dapat mengukur kinerja pada aspek keuangan dan non keuangan agar mendapatkan hasil yang komprehensif. Tujuan: Mengetahui kinerja Rumah Sakit Izza sebelum dan saat Pandemi Covid-19 Metode: Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada RS Izza Sumber data didapat dari data Primer dan Sekunder. Data primer diperoleh dengan proses wawancara terhadap informan. Data sekunder didapat melalui telaah dokumen Hasil: Peneliti Menemukan Bahwa terdapat Penurunan Kinerja bila dilihat dari empat perspektif. Pada perspektif keuangan terjadi peningkatan pengeluaran dari budget yang sudah ditentukan, pada perspektif kostumer terjadi penurunan pasien rawat inap, pada perspektif bisnis proses internal terjadi hambatan investasi yanng sudah direncanakan oleh manajemen rumah sakit, dan pada perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan terjadi penurunan pencapaian target pelatihan oleh karyawan Kesimpulan: Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak yang terhadap kinerja rumah sakit Izza

Background: The impact of the Covid-19 pandemic has been felt on the performance of hospitals in Indonesia, another disruption has forced hospital management to be able to assess performance on financial and non-financial aspects in order to obtain comprehensive results. Objectives: To determine the performance of Izza Hospital before and during the Covid-19 Pandemic Methods: This type of research is a case study at Izza Hospital. The data sources are obtained from Primary and Secondary data. Primary data was obtained by interviewing informants. Secondary data was obtained by reviewing documents Results: Researchers found that there was a decrease in performance when viewed from four perspectives. From a financial perspective, there is an increase in spending from a predetermined budget, from a customer perspective there is a decrease in inpatients, from an internal business perspective there are investment barriers that have been planned by hospital management, and from a learning and growth perspective there is a decrease in the achievement of training targets by employees. Conclusion: The Covid-19 pandemic has had a negative impact on the performance of the Izza hospital"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>