Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93579 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ananda Fitria Intan Permata Lestari
"Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi di media sosial oleh restoran pada masa pandemi Covid-19 untuk mengetahui e-WOM pada restoran yang berbentuk cloud kitchen. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitiannya adalah penggunaan influencer berhasil memberikan dampak yang positif untuk e-WOM pada restoran di masa pandemi Covid-19. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemilihan influencer dapat mempengaruhi terciptanya e-WOM positif dan juga penggunaan content pillars dapat membantu merepresentasikan merek melalui konten yang konsisten.

This study discusses about communication strategies on social media by restaurants during the Covid-19 pandemic to find out e-WOM in restaurants in the form of cloud kitchen. This research was conducted with a qualitative descriptive analytical method. The result of the research is that the use of influencers has had a positive impact on e-WOM in restaurants during the Covid-19 pandemic. The conclusion of this study is that the selection of influencers can affect the creation of positive e-WOM and also the use of content pillars can help represent brands through consistent content."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salvinna Alithea
"Pandemi COVID-19 mendorong industri food and beverages untuk mengambil langkah strategis dengan menyediakan layanan pemesanan makanan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online menu dan perception of risk terhadap purchase intention melalui desire for food dan perceived of convenience pada cloud kitchen Hangry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik non- probability sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 136 responden yang diperoleh melalui kuesioner secara daring. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya pengaruh antara online menu terhadap desire for food, perception of risk terhadap desire for food, dan desire for food terhadap purchase intention. Selain itu, ditemukan juga bahwa perception of risk tidak berpengaruh terhadap perceived of convenience dan perceived of convenience tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa desire for food mampu memediasi online menu dan perception of risk terhadap purchase intention. Sedangkan perceived of convenience tidak memediasi perception of risk terhadap purchase intention.

The COVID-19 pandemic has forced the food and beverage industry to take strategic steps by providing online food ordering services. This study aims to analyze the effect of online menu and perception of risk on purchase intention through desire for food and perceived of convenience on Hangry cloud kitchen. This study uses a quantitative approach with a non-probability sampling technique. The number of respondents in this study was 136 respondents obtained through an online questionnaire. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS software. Based on the results of the study, it was found that there was an effect between the online menu on the desire for food, the perception of risk on desire for food, and desire for food on purchase intention. In addition, it was also found that the perception of risk had no effect on the perceived of convenience and the perceived of convenience had no effect on purchase intention. Furthermore, it was also found that desire for food is able to mediate online menu and perception of risk on purchase intention. Meanwhile, perceived of convenience does not mediate the perception of risk on purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanny Octavia
"Dengan memanfaatkan TikTok sebagai platform pemasaran, sebuah usaha kecil bernama By.Painters mampu meraih kesuksesannya dalam waktu 4 bulan karena viral di platform tersebut. Oleh sebab itu, tujuan dari makalah penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran By.Painters melalui teori e-WOM. Penelitian ini menerapkan pendekatan analisis sentimen terhadap akun TikTok pemilik By.Painters (@erikaricharrdo) serta publikasi dari konsumen yang terkait dengan By.Painters di TikTok untuk menelaah dimensi e-WOM dan motif WOM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari banyaknya jumlah opini positif dari publik, By.Painters berhasil mengoptimalkan strategi pemasarannya di TikTok. Hasil penelitian juga menemukan bahwa By.Painters tidak hanya fokus menciptakan konten yang menarik interaksi antar pengguna, tetapi juga mempertimbangkan komentar-komentar pengguna dan menanggapinya dengan positif.

By leveraging TikTok as a marketing platform, a small business called By.Painters was able to reach its success in 4 months because it was trending on the platform. Therefore, the purpose of this research paper is to analyze the marketing strategy of By.Painters using the e-WOM theory. The study uses a sentiment analysis approach of the By.Painters’ owner’s TikTok account (@erikaricharrdo) as well as consumer publications on TikTok which are relevant to By.Painters to examine the motives of e-WOM and the dimensions for WOM activity. The findings show that By.Painters has succeeded in practicing marketing strategy on TikTok since it gained a large number of positive comments from the public. The author also found that By.Painters does not only focus on creating content that generates high user engagement, but they also take user comments into account and positively respond to them."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Luvina Alya Syakira
"Dalam E-WOM, terjadi interaksi antar konsumen yang dapat mempengaruhi purchase intention. Shopee merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan strategi E-WOM. E-WOM yang digunakan oleh Shopee berbentuk konten Shopee haul. Strategi konten haul juga digunakan oleh kompetitor Shopee. Tulisan ini bertujuan untuk membahas bagaimana Shopee haul dapat bertindak sebagai E-WOM dan pengaruhnya terhadap purchase intention. Melalui metode secondary research, tulisan ini akan membahas perbedaan Shopee haul dengan kompetitornya. Hal yang menjadi perbedaan Shopee dibandingkan kompetitornya adalah adanya fitur Shopee haul dalam aplikasi Shopee. Namun, tulisan ini menemukan bahwa potensi dari fitur Shopee haul yang ada di aplikasi Shopee belum berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, fitur Shopee haul yang ada di aplikasi Shopee belum dapat sepenuhnya mempengaruhi purchase intention. Di sisi lain, konten Shopee haul di media sosial terlihat memiliki potensi yang lebih besar.

In E-WOM, there is interaction between consumers that can affect purchase intention. Shopee is one of the companies that implement E-WOM strategy. The E-WOM used by Shopee is in the form of Shopee haul. Shopee’s competitors are also using haul content as their strategy. This paper aims to discuss how Shopee haul can act as an E-WOM and its influence on purchase intention. Through secondary research method, this paper will discuss the differences between Shopee haul and its competitors. What makes Shopee different from its competitor is the Shopee haul feature in the application. However, this paper finds that the potential of this feature has not been maximally developed. Therefore, the Shopee haul feature in the application has not been able to fully influence purchase intention. Meanwhile, Shopee haul content on social media seems to have greater potential."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Ronny Wazier
"Pandemi COVID-19 telah membatasi mobilitas sosial masyarakat dan mengakibatkan peningkatan penggunaan media sosial, di mana misinformasi sering ditemukan. Komunikasi publik merupakan salah satu cara untuk mengelola misinformasi yang ditemukan di media sosial. Satgas COVID-19 telah melakukan berbagai kegiatan, menerapkan kebijakan, dan merumuskan strategi dengan tujuan menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat. Namun, misinformasi masih sering ditemukan di media sosial dan telah mengganggu proses penanggulangan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi upaya komunikasi publik yang telah dilakukan oleh Satgas COVID-19 dan mengoptimalkannya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan FGD untuk mengumpulkan data dan menggunakan metode Analisis Wacana Kritis oleh Fairclough dan Wodak (1997) dan Evaluasi Kebijakan oleh Dunn (2014) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi publik yang dilakukan oleh Satgas COVID-19 belum optimal dan masih dapat ditingkatkan lagi. Oleh karena itu, komunikasi kebencanaan perlu ditingkatkan dengan beberapa rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini.

The COVID-19 Pandemic has significantly limited social mobility, resulting in an increase of social media, where misinformation is often found. Public communication is one way to manage misinformation that is found in social media. Satgas COVID-19 has done various activities, implemented policies, and formulated strategies with the intention of delivering correct information to the people. However, misinformation is still frequently found in social media and has disrupted disaster management processes. This research aims to evaluatesthe public communication efforts that has been done by the Task Force, and optimalize it. The study uses Interview and FGD to collect data and uses Critical Discourse Analysis by Fairclough & Wodak (1997) and Policy Evaluation by Dunn (2014) to analyze the data. The results show that the public communication done by the task force is not yet optimal and can be further enhanced. Therefore, the disaster communication should be enhanced by several recommendations given in this study."
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Flora Arifahsasti
"Tesis ini membahas strategi pemasaran ritel Shiseido yang terkena dampak penurunan eksistensi dan pemasaran ritel selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaplikasian konsep Kaizen manajemen dalam melakukan perbaikan secara berkala terhadap sistem, inovasi dan brand awareness (kesadaran merek) guna mempertahankan eksistensi dan meningkatkan penjualan produk selama masa pandemi berlangsung. Tesis ini juga menjelaskan mengenai sudut pandangan para konsumen terhadap inovasi dan brand awareness yang telah dilakukan oleh ritel Shiseido selama masa pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian menunjukan bentuk adaptasi terhadap strategi pemasaran yang sesuai dengan perkembangan zaman seperti penyebaran brand awareness melalui para idol di sosial media mengenai inovasi teknologi dan produk ritel dapat menciptakan suatu tren yang dapat menjaga eksistensi dan penjualan selama masa pandemi hingga menghasilkan keuntungan atas pola konsumsi yang dibentuk oleh tren tersebut.

This thesis discusses Shiseido's retail marketing strategy which was affected by the decline in retail existence and marketing during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study is to analyze the application of the Kaizen management concept in making periodic improvements to the system, innovation and brand awareness in order to maintain existence and increase product sales during the pandemic. This thesis also explains the consumer's point of view on innovation and brand awareness that has been carried out by Shiseido retailers during the Covid-19 pandemic. The results of the study show that adaptation to marketing strategies that are in accordance with the times, such as the spread of brand awareness through idols on social media regarding technological innovations and retail products can create a trend that can maintain existence and sales during the pandemic to generate profits on consumption patterns. shaped by the trend."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teguh Juniarto
"Tesis ini membahas tentang hubungan electronic word-of-mouth (e-WOM) di social media & brand image terhadap keputusan pembelian (Studi pada restoran Sumoboo). Desain penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Responden adalah pegawai swasta yang bekerja di Kompas Gramedia Divisi Corporate Comptroller yang berjumlah 32 orang. Peneliti mendapatkan data primer melalui suvei kepada para responden. Kemudian, peneliti mendapatkan data sekunder melalui konten di media sosial, seperti Twitter & Instagram, kemudian dari literatur-literatur pendukung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth di social media berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian, dari hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa electronic word-of-mouth di social media & brand image secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ketiga hasil penelitian tersebut terdapat baik di dalam kelompok eksperimen maupun di dalam kelompok kontrol.
Hasil penelitian terakhir menunjukkan electronic word-of-mouth di social media berpengaruh terhadap brand image, khusus untuk kelompok eksperimen, tidak dalam kelompok kontrol. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peneliti lainnya untuk mengembangkan variabel saluran komunikasi pemasaran lainnya yang turut berkontribusi dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Implikasi berikutnya adalah untuk memberi manfaat untuk penelitian selanjutnya dalam menentukan variabel-variabel lain yang turut mempengaruhi keputusan pembelian. Implikasi bagi para praktisi di dunia pemasaran agar menggunakan e-wom dan brand image sebagai alat untuk melakukan pemasaran suatu produk.

This thesis discusses the relationship of electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media & brand image towards Purchase Decision (Study at Sumoboo Cafe).This research use quasi-experimental approach. Respondents are employees who work at Kompas Gramedia Corporate Comptroller Division, 32 persons. Researchers obtain primary data through a survey to respondents. Then, the secondary data was taken from contents in social media, particularly Twitter & Instagram, and also literature support. Data is analyzed with multivariate linear regression.
The result of this research shows electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media gives influence to purchase decision. The results of this research also results brand image influences to purchase decision. Next, the result of this research shows electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media and brand image simultaneously affects to purchase decision. Three results of this research can be seen both in experiment respondent and control respondents.
The last result of this research shows electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media influences to brand image, particularly in experiment respondents, not in control respondents. This study is expected to give a contribution for other researchers to develop other marketing communication tool variables who give a contribution to increase a consumer purchase decision. Next implication is to give a benefit for the next research in determining other variables which influence to consumer purchase decision. The implication for marketing communication practices is to use e-wom and brand image as tools to promote a product
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45944
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Dwi Astuti
"Pengurangan daya angkut dan kekhawatiran penumpang terkait kebersihan dan keamanan kereta selama masa pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya jumlah pengguna moda transportasi kereta rel listrik (KRL) yang cukup signifikan yakni sebesar 83,55% pada April 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada bulan yang sama. Oleh karena hal tersebut PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai penyedia jasa layanan KRL perlu melakukan upaya-upaya yang berguna untuk meningkatkan pelayanan dan pemasaran supaya masyarakat dapat memanfaatkan layanan KRL secara aman dan nyaman serta meyakinkan penumpang bahwa perusahaan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang paling baik selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya komersial layanan kereta rel listrik (KRL) pada masa pandemi Covid-19 melalui pendekatan strategi Marketing Mix 7P. Teori yang digunakan ialah strategi Marketing Mix 7P oleh Kotler (2002) yang diantaranya terdiri dari strategi product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian post-positivist dan termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. KCI menerapkan upaya-upaya baru pada dimensi product, promotion, price, people, process, dan physical evidence menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 sementara belum ada upaya baru pada dimensi place.

The Covid-19 pandemic crisis has greatly impacted a major reduction in service capacity and also rising anxiety among communities using public transport which has an impact on the decrease in the number of users of the electric multiple unit train (KRL) services, which was 83,55% lower in April 2020 compared to the previous year before the pandemic. Given the circumstances it is crucial for PT. Kereta Commuter Indonesia to make some efforts to improve both services and marketing so that people can feel safe using the services and convinced that KCI continues to strive to provide the vest service even during the Covid-19 pandemic. This study aims to analyze the efforts of KRL services during the Covid-19 pandemic through the Marketing Mix 7P strategies by Kotler (2002) which includes product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence strategies.This study uses a post-positivist research approach and belongs to the type of descriptive research. The data collection techniques used were interviews and library research. The results of this study indicate that PT. Kereta Commuter Indonesia has implemented new efforts in product, promotion, price, people, process, and physical evidence strategies while there has been no change in place strategy during the Covid-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diva Devina
"Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 adalah peralihan kegiatan olahraga secara tatap muka ke komunikasi termediasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek komunikasi yang menunjang kehadiran sosial berdasarkan penilaian penggiat olahraga dalam kegiatan olahraga daring pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai empat penggiat olahraga dan analisis konten terhadap publikasi akun Instagram milik pusat kebugaran di Jakarta. Peneliti menemukan bahwa kehadiran sosial dalam kegiatan olahraga daring bergantung pada sinkronitas komunikasi termediasi komputer dan peran instruktur dalam memberikan umpan balik. Meskipun para informan memiliki kesan positif terhadap kehadiran sosial dalam kegiatan olahraga daring, mereka tidak merasa puas dengan kondisi tersebut. Hal ini terlihat dari pilihan mereka untuk tetap berolahraga secara tatap muka pada masa pandemi COVID-19.

The COVID-19 pandemic has changed people’s workout practices from in person method into computer-mediated communication. This research describes communication aspects to understand social presence of workout activities in a computer-mediated environment through the lense of Indonesian sports enthusiasts during COVID-19 pandemic. This research is a descriptive study employing qualitative approach of case study, and data are collected through in-depth interviews and digital documentation of Instagram contents which are published by five workout studios in Jakarta. Findings show that social presence depends on the synchronicity of communication and the role of other people who are involved in mediated workouts. Although workout experience through computer-mediated communication has positive responses, participants are not fully satisfied with this condition as they prefer face-to-face of offline environment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mangundap, Gern Nathaniel
"Makalah ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dari kelompok musik independen “The Stroots” yang mereka terapkan untuk menjaga eksistensi mereka di masa pandemi. Untuk mengetahui tentang strategi komunikasi mereka, makalah ini akan menganalisisnya menggunakan model strategi komunikasi pemasaran 4C dari Robert Lauterborn dengan tujuan untuk memperjelas aspek-aspek pemasaran produk atau jasa dari penjual. Strategi tersebut juga nantinya akan dikategorikan menggunakan klasifikasi dari daya tarik iklan oleh Nancy D. Albers-Miller dan Marla Royne Stafford yang bertujuan untuk mengetahui kategori konten iklan yang terdapat dalam strategi pesan mereka. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah desk research yang akan melihat data berdasarkan unggahan pada kanal media sosial The Stroots. Menyimpulkan dari hasil temuan makalah ini, The Stroots selaku kelompok musik independen telah beradaptasi di masa pandemi ini dengan memanfaatkan media digital sebagai format komunikasi pemasaran mereka yang baru. Komunikasi visual yang mereka iklankan pun dilakukan secara digital. Namun, penggunaan media digital mereka masih belum konsisten, sehingga menyebabkan audiens mereka kurang sadar akan perilisan mini album baru mereka.

This paper aims to find out the communication strategy of the independent music group “The Stroots” that they applied to maintain their existence during the pandemic. To find out about their communication strategy, this paper will analyze it using the 4C marketing communication strategy model from Robert Lauterborn with the aim of clarifying the marketing aspects of the seller’s product or service. The strategy will also be categorized using the classification of advertising appeal by Nancy D. Albers-Miller and Marla Royne Stafford which aims to determine the categories of advertising content contained in their message strategy. The method used in this paper is desk research which will see the data based on uploads on The Stroots social media channel. Concluding from the findings of this paper, The Stroots as an independent music group has adapted during this pandemic by utilizing digital media as their new marketing communication format. The visual communications that they advertise are also done digitally. However, their use of digital media is still inconsistent, causing their audience to be less aware of the release of their new mini album."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>