Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41834 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Belinda Azzahra Irwan Putri
"Laporan magang ini membahas evaluasi proses penyusunan dokumen pengajuan tax holiday PT KIN oleh KAP BEL. PT KIN merupakan perusahaan produsen kokas yang akan berinvestasi jangka panjang di Indonesia dan berupaya memanfaatkan fasilitas tax holiday atau pembebasan pajak dari pemerintah atas rencana investasinya. Pemerintah telah mengatur tata cara perolehan tax holiday tersebut dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130.010 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan Badan (PMK 130). KAP BEL memberikan jasa penyusunan dokumen pengajuan tax holiday PT KIN agar memenuhi syarat pengajuan dan skor indikatif yang ditetapkan dalam PMK 130 sehingga PT KIN dapat memperoleh persetujuan pembebasan pajak. Tim KAP BEL telah melakukan sintesis dan validasi data dari PT KIN dalam menyusun dokumen berupa analisis kuantitatif dan kualitatif, serta perhitungan skor indikatif sesuai dengan PMK 130. Secara umum proses penyusunan dokumen pengajuan tax holiday PT KIN yang dilakukan oleh KAP BEL telah sesuai dengan regulasi PMK 130 dan Prosedur Operasional Standar (POS) KAP BEL. Namun demikian terdapat hambatan dalam perhitungan skor indikator untuk kriteria tentang penggunaan teknologi baru dan ramah lingkungan, serta ketidaklengkapan dalam visualisasi perhitungan net impacts. Oleh sebab itu, KAP BEL direkomendasikan untuk menyempurnakan proses validasi data dan visualiasi analisis kuantitatif.

This internship report discusses the evaluation of the PT KIN tax holiday submission process by KAP BEL. PT KIN is a coke producing company that will invest long-term in Indonesia and seeks to take advantage of the tax holiday facility or tax exemption from the government for its investment plans. The government has regulated the procedure for obtaining the tax holiday in the Minister of Finance Regulation Number 130,010 of 2020 concerning Procedures for Providing Corporate Income Tax Reduction Facilities (PMK 130). KAP BEL provides services for compiling PT KIN's tax holiday submission documents in order to meet the submission requirements and indicative scores set out in PMK 130, therefore PT KIN can obtain tax exemption approval. KAP BEL team has synthesized and validated data from PT KIN in compiling documents in the form of quantitative and qualitative analysis, as well as calculating indicative scores in accordance with PMK 130. In general, the process of preparing PT KIN tax holiday submission documents carried out by KAP BEL is in accordance with PMK regulations 130 and Standard Operating Procedures (POS) KAP BEL. However, there are obstacles in calculating indicator scores for criteria regarding the use of new and environmentally friendly technologies, as well as incompleteness in visualizing the calculation of net impacts. Therefore, KAP BEL is recommended to improve the process of data validation and visualization of quantitative analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arinda Dara Ninggar
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses penyusunan dokumen dalam proses persiapan sidang banding atas sengketa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dihadapi oleh PT ADS (badan usaha tetap yang bergerak di bidang perbankan) yang diwakilkan oleh kuasa hukum konsultan KAP ABC. Evaluasi dilakukan terhadap dua hal, yaitu evaluasi terhadap efektivitas pemenuhan persyaratan substantif berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku dan evaluasi terhadap efisiensi kinerja berdasarkan pengalaman kerja dan pengamatan penulis. Ruang lingkup laporan ini meliputi evaluasi atas penyusunan Surat Banding, penyusunan Surat Bantahan, penyusunan Surat Kuasa Khusus serta Pakta Integritas, dan Persiapan Dokumen yang diperlukan untuk Sidang Banding Pertama (Sidang Formal). Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah seluruh proses persiapan yang dilakukan oleh KAP ABC untuk sengketa Banding PT ADS sudah sesuai dengan Peraturan Perpajakan yang berlaku dan mengetahui efisiensi kegiatan yang dilakukan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penyusunan dokumen yang dilakukan oleh KAP ABC dalam persiapan sidang banding seluruhnya telah memenuhi persyaratan substantif sesuai dengan peraturan yang berlaku.

This internship report is intended to evaluate the document preparation process in the preparation process for the appeal hearing on the Value Added Tax (VAT) dispute faced by PT ADS (a company engaged in banking) represented by the attorney for KAP ABC consultants. The evaluation is carried out on two things, namely the evaluation of the fulfillment of substantive requirements effectivity based on applicable tax regulations and the evaluation of the performance efficiency based on work experience and observations of the authors. The scope of this report includes an evaluation of the preparation of an appeal letter,preparation of a rebuttal letter, preparation of a special power of attorney and an integrity pact, and the preparation of documents required for the first appeal hearing (formal hearing). The evaluation was carried out to find out whether the entire preparation process carried out by KAP ABC for the appeal dispute of PT ADS was in accordance with the applicable Tax Regulations and to find out the efficiency of the activities carried out. The results of the evaluation show that the preparation of documents carried out by KAP ABC in preparation for the appeal hearing has all met the substantive requirements in accordance with applicable regulations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ruth Brenda Paulina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses penyusunan dokumen sidang banding atas sengketa yang dihadapi oleh PT SPCN (bergerak pada bidang logistik) yang diwakilkan oleh kuasa hukum konsultan KAP XYZ. Evaluasi dilakukan terhadap dua hal, yaitu evaluasi atas pemenuhan syarat substantif berdasarkan peraturan yang berlaku dan atas efisiensi proses kerja berdasarkan pengalaman kerja dan observasi penulis. Kesimpulan dari evaluasi ini adalah dokumen yang diajukan oleh konsultan KAP XYZ serta proses berjalannya sidang telah memenuhi peraturan yang berlaku. Namun, terdapat inefisiensi yang disebabkan oleh dokumen yang tidak lengkap dan ketidaktepatan waktu dari berjalannya proses persidangan. Pada saat penulisan laporan ini, proses banding sengketa PT SPCN masih berlangsung sehingga putusan Banding belum dapat ditentukan.

This internship report aims to evaluate the process of preparing the appeal court documents for disputes faced by PT SPCN (company in the logistics industry) which is represented by the KAP XYZ consultants as attorneys. The evaluation was carried out on two things, which are the evaluation of the fulfilment of substantive requirements based on applicable regulations and evaluation on the efficiency of the work process based on work experience and observations of the author. The conclusion of this evaluation is that the documents submitted by KAP XYZ consultants and the proceedings of the trial have complied with the applicable regulations. However, there were inefficiencies caused by incomplete documents and the timeliness of the trial process. At the time of writing this report, PT SPCN dispute appeal process is still ongoing, hence the decision on the appeal has yet to be determined."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Feronika Valentine
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses penyusunan dokumen dalam proses persiapan sidang banding atas sengketa pajak yang dihadapi oleh PT. TMV (bergerak di bidang teknologi) yang diwakilkan oleh kuasa hukum konsultan KAP XYZ. Evaluasi dilakukan terhadap dua hal, yaitu evaluasi terhadap pemenuhan persyaratan substantif berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku dan terhadap efisiensi kinerja berdasarkan pengalaman kerja serta observasi penulis. Ruang lingkup laporan ini meliputi evaluasi atas pembuatan data tracker, penyusunan Surat Banding, peyusunan Surat Bantahan, dan Penyusunan Surat Kuasa Khusus serta Pakta Integritas. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah seluruh proses persiapan yang dilakukan oleh KAP XYZ untuk sengketa Banding PT. TMV sudah sesuai dengan Peraturan Perpajakan yang berlaku dan sudah berjalan secara efektif.

This internship report aims to evaluate the process of preparing documents in the preparation process for the appeal hearing on tax disputes faced by PT. TMV (engaged in technology) which is represented by a consultant attorney for KAP XYZ. The evaluation was carried out on two things, namely the evaluation of the fulfillment of substantive requirements based on applicable tax regulations and on performance efficiency based on work experience and observations of the authors. The scope of this report includes an evaluation of a data tracker preparation, preparation of an appeal letter, preparation of a rebuttal letter, also preparation of a special power of attorney and an integrity pact. The evaluation was conducted to find out whether the entire preparation process carried out by KAP XYZ for the appeal dispute of PT. TMV is in accordance with the applicable Tax Regulations and has been running effectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ignatia Andrea
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses Sidang Banding Pajak Penghasilan Badan yang berfokus pada proses banding pajak PT BAG, produsen bahan kimia dan bahan industri, serta tantangan yang mereka hadapi dalam menyusun dokumen pendukung banding Pajak Penghasilan Badan yang diwakili oleh kuasa hukum konsultan KAP AI. Dengan melakukan metode penelitian kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang kesulitan PT BAG dan mengusulkan solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini melibatkan wawancara dengan konsultan pajak PT BAG dan memeriksa dokumen yang relevan. Temuan penelitian BAG mengalami kesulitan mendapatkan dokumentasi yang relevan dari penyedia layanan pihak ketiga dan kebingungan seputar persyaratan khusus untuk setiap dokumen. Laporan ini mengusulkan beberapa solusi untuk mengatasi tantangan ini, seperti mengembangkan pedoman yang lebih tepat untuk kompilasi dokumen dan membangun hubungan kerja yang lebih dekat antara konsultan pajak dan penyedia layanan pihak ketiga. Pada akhirnya, laporan ini memberikan wawasan berharga tentang proses banding pajak di Indonesia dan menyoroti pentingnya penyusunan dokumen praktis dalam mencapai hasil banding yang sukses.

This internship report aims to evaluate the Tax Appeal Hearings process of Corporate Income Tax, which focuses on the tax appeal process of PT BAG, a manufacturer of chemicals and industrial materials, and the challenges they faced in compiling supporting documents for their Corporate Income Tax appeal represented by attorneys for KAP AI consultants. By conducting qualitative research methods, the study aims to provide insights into PT BAG's difficulties and propose solutions to overcome them. The research involved interviews with PT BAG's tax consultants and examining relevant documents. The study findings BAG encountered difficulties obtaining relevant documentation from third-party service providers and confusion around the specific requirements for each document. The report proposes several solutions to address these challenges, such as developing more precise guidelines for document compilation and establishing closer working relationships between tax consultants and third-party service providers. Ultimately, the report provides valuable insights into the tax appeal process in Indonesia and highlights the importance of practical document compilation in achieving a successful appeal outcome."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Silva Maysara
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas prosedur audit substantif test of details akun perpajakan yang dilakukan Tim Audit KAP XYZ. Evaluasi dibagi atas empat tahapan yaitu: meminta data kepada klien, mengisi lead schedule, melakukan vouching, rekapitulasi, dan balance test serta melakukan rekonsiliasi. Selain itu, dibahas juga temuan audit akun perpajakan berupa perbedaan nominal atas saldo pajak dibayar dimuka PPh Pasal 22 dan Pajak Masukan (VAT IN) serta pajak terutang PPh Pasal 23 dan Pajak Keluaran (VAT OUT) yang ada di general ledger klien dengan hasil rekaptulasi auditor. Atas temuan audit tersebut, dilakukan rekonsiliasi yang bertujuan untuk mengoreksi salah saji tersebut.. Setelah melaksanakan seluruh prosedur audit diketahui bahwa prosedur audit substantif test of details akun perpajakan yang dilakukan oleh Tim Audit KAP XYZ telah sesuai dengan International Standard on Auditing (ISA) serta teori yang ada di dalam Messier, Glover, Prawitt (2019) dan Arens at al (2017). Selama kegiatan magang kemampuan teknis (hardskill) yang dilatih adalah terampil dalam mengoperasikan Microsoft Excel yang diperlukan ketika proses pengerjaan berbagai jenis kertas kerja. Sedangkan dalam bidang non teknis (softskill), dilatih untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada senior serta klien, melakukan manajemen waktu, dan kemampuan berpikir kritis. Selama kegiatan magang berlangsung, disadari bahwa ilmu audit, akuntansi, dan pajak yang dimiliki masih sangat minim. Oleh karena itu, untuk jangka panjang akan mengikuti berbagai pelatihan terkait dalam rangka menambah kemampuan ilmu audit, akuntansi, dan pajak.

This internship report discusses the evaluation of the test of details tax account substantive audit procedures carried out by the XYZ KAP Audit Team. The evaluation is divided into four stages, namely: requesting data from the client, filling in the lead schedule, conducting vouching, recapitulation, and balance tests as well as reconciliation. In addition, the audit findings of taxation accounts were also discussed in the form of nominal differences on the balance of prepaid income tax Article 22 and Input Tax (VAT IN) as well as taxes payable for Income Tax Article 23 and Output Tax (VAT OUT) in the client's general ledger with the results of the auditor's recapitulation. . Based on the audit findings, a reconciliation was carried out with the aim of correcting the misstatements. After carrying out all audit procedures, it was found that the substantive audit procedures for the test of details of tax accounts carried out by the XYZ KAP Audit Team were in accordance with the International Standard on Auditing (ISA) and the theory in Messier, Glover, Prawitt (2019) and Arens at al (2017). During the internship, the technical skills (hard skills) that are trained are skilled in operating Microsoft Excel which is required when working on various types of working papers. While in the non-technical field (soft skills), they are trained to be able to communicate well with seniors and clients, perform time management, and critical thinking skills. During the internship, it was realized that the knowledge of auditing, accounting, and taxation was still very minimal. Therefore, in the long term, they will participate in various related trainings in order to increase their audit, accounting, and tax skills."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zulfikar Abdur Rahman
"Laporan aktivitas magang ini mengevaluasi proses pelaporan SPT Masa yang dilakukan oleh PT MIN yang aktivitas utamanya adalah di bidang penyedia jasa menara telekomunikasi. Pelaporan SPT Masa PPh Pasal 4 ayat 2, 23, dan 26 yang dilakukan adalah periode Agustus 2021. Pembahasan utama dari laporan ini adalah tentang kepatuhan pelaporan yang dilakukan oleh PT MIN sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Pada proses pelaporan SPT Masa Agustus 2021, tidak ditemukan pelanggaran yang berkaitan dengan SPT Masa Agustus 2021. Secara keseluruhan, prosedur pelaporan PT MIN sudah sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

This internship report discusses the evaluation of Periodic Tax Return (SPT Masa) reporting procedures as observed in PT MIN, which main operating activity is in the provision of telecommunication towers. The reporting of Periodic Tax Return (Income Tax Law Article 4 Paragraph 2, 23, and 26) observed is within the reporting period of August 2021. The main discussion of this report is the reporting compliance of PT MIN as required by the effective tax regulations. During the observed reporting period, it has been noted that there is no observable non-compliance of Periodic Tax Return reporting procedures as practiced by PT MIN. Overall, the reporting procedure of PT MIN is sufficiently complied to effective tax regulations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Devean
"Laporan magang ini berisi evaluasi persiapan dokumen pajak oleh Persekutuan MTH dalam proses pemeriksan pajak SPT Pajak Penghasilan (PPh) Badan Lebih Bayar (SPTLB) PT CRI. Penyebab diadakannya pemeriksaan pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada PT CRI dikarenakan pelaporan SPT PPh Badan Tahun Pajak 2021 PT CRI yang berstatus lebih bayar. Evaluasi yang dilakukan dalam laporan ini bertujuan untuk melihat kesesuaian atau ketidaksesuaian praktik persiapan dokumen pemeriksaan pajak oleh persekutuan MTH dalam proses pemeriksaan pajak SPT PPh Badan Lebih Bayar (SPTLB) PT CRI. Berdasarkan hasil evaluasi, praktik persiapan dokumen pemeriksaan pajak oleh persekutuan MTH telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di samping evaluasi tersebut, laporan ini juga mencakup refleksi diri penulis selama menjalani kegiatan magang sebagai pegawai magang di persekutuan MTH yang dapat menjadi pembelajaran untuk perkembangan diri penulis kedepannya.

This internship report contains an evaluation of MTH Partnership's tax document preparation in the tax audit process of PT CRI's Annual Corporate Income Tax Return overpayment. The reason for the tax audit conducted by the Directorate General of Taxes (DJP) at PT CRI is due to the overpayment status of PT CRI's Annual Corporate Income Tax Returns for the 2021 tax year. The evaluation conducted in this report aims to assess the compliance or non-compliance of MTH Partnership's tax document preparation practices in the tax audit process of PT CRI's Annual Corporate Income Tax Return overpayment. Based on the evaluation results, MTH Partnership's tax document preparation practices are found to be in compliance with applicable regulations. In addition to this evaluation, the report also includes the author's self-reflection during the internship activities as an intern at MTH Partnership, which can serve as a learning experience for the author's future development."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Azzahra
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pendampian proses pengajuan Restitusi PPN PT PCY ke Direktorat Jenderal Pajak yang telah dilakukan oleh KAP FA. Dalam rangka pendampingan proses pengajuan Restitusi PPN ini, KAP FA selaku konsultan pajak PT PCY melakukan perhitungan atas besaran potensial Restitusi PPN yang akan diajukan. Selain itu KAP FA juga berperan sebagai perantara antara PT PCY dengan Tim Pemeriksa selama pemeriksaan atas tanggapan Restitusi PPN berlangsung. PT PCY merupakan perusahaan yang menjual alat musik serta menyediakan kursus musik yang merupakan jasa pendidikan. Dengan adanya 2 (dua) jenis usaha dari PT PCY yang memerlukan perlakuan khusus dalam perhitungan Restitusi PPN menurut peraturan perundang-undangan. Berdasarkan hasil evaluasi dalam melakukan pendampingan pengajuan Restitusi PPN PT PCY, KAP FA belum tepat dalam melakukan perhitungan Pajak Masukan yang dapat dikreditkan sehingga mempengaruhi besaran Restitusi PPN PT PCY.

This internship report is aims to evaluate the assistance process of PT PCY`s Value Added Tax Refund submission to the Directorate General of Taxes that have been carried out by KAP FA. In order to assist this Value Added Tax Refund request, KAP FA as a tax consultant of PT PCY calculated the potential amount of Value Added Tax Refund to be submitted. In addition, KAP FA also acts as an intermediary between PT PCY and The Tax Audit Team during the tax audit of Value Added Tax Refund request responses. PT PCY is a company that sells musical instruments and provide music course which are educational services. With these 2 (two) types of business that PT PCY have provided, PT PCY requiring special treatment in the calculation of Value Added Tax Refund according to statutory regulations. Based on the evaluation results in assisting the submission of PT PCY Value Added Tax Refund, KAP FA has not been precise in calculating Input Taxes that can be credited so that it affects the amount of PT PCY VAT Refunds."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Paramita
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan apa saja yang telah dilakukan dalam perumusan formulasi kebijakan dan menilai indikator asas kepastian hukum pada Peraturan Menteri Keuangan No. 224/PMK.011/2012 atas pembelian listrik oleh PT PLN Persero . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terpenuhinya seluruh tahapan proses formulasi kebijakan, yakni pendefinisian masalah, membuat kriteria evaluasi, mengidentifikasi alternatif, menyajikan alternatif kebijakan, dan memonitor alternatif kebijakan. Selain itu, indikator asas kepastian hukum juga belum terpenuhi seluruhnya, yakni kepastian hukum atas objek, subjek, pendefinisian, penyempitan dan perluasan, ruang lingkup, serta penggunaan bahasa hukum dan istilah. Oleh karena itu agar formulasi kebijakan yang akan datang dapat terimplementasi dengan baik, seharusnya DJP dan BKF turut melibatkan aktor yang berkepentingan secara langsung dalam perumusan formulasi kebijakan, memiliki beberapa alternatif dalam merumuskan formulasi kebijakan, dan melakukan sosialisasi atas adanya perubahan kebijakan. Selain itu agar tercipta kepastian hukum dalam suatu kebijakan, seharusnya penggunaan kata dalam peraturan dibuat dengan pemilihan kata yang tegas dan tidak menimbulkan multitafsir.

The purpose of this research is to analyze the stages of what has been done in the formulation of policy formulation and assess the indicators of legal certainty in Minister of Finance Regulation Number 224 PMK.011 2012 on the purchase of electricity. This research uses qualitative approach with descriptive research type. Data collection techniques used in depth interview method. The result of this research is the non fulfillment of all stages of the policy formulation process are defining the problem, making evaluation criteria, identifying alternatives, presenting policy alternatives, and monitoring policy alternatives. In addition, the indicators of certainty have not been fully, are certainty of objects, subjects, definitions, constraints and extensions, scope, and the use of legal language and terms. Therefore, in order for the future policy formulation to be implemented properly, the DJP and BKF should involve directly interested actors in the formulation of policy formulation, have several alternatives in formulating policy formulation, and socialize the policy changes. In addition, in order to create legal certainty in a policy, should the use of the word in the rules made with the election of a firm word and does not generate multiple interpretations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>