Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205617 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sitompul, Moses Hasudungan
"Dengan perkembangan zaman masa kini, penggunaan Automated Vehicles (AV) akan menjadi hal yang umum di publik. Namun, dalam sistem pengukuran performa lalu lintas sekarang seperti travel time reliability, sistem pengukuran sekarang tidak mancakupi penggunaan kendaraan Automated Vehicles (AV). Sehingga dalam studi ini dilakukan studi literatur untuk mencari pengaruh-pengaruh dari penggunaan Automated Vehicles (AV) terhadap penggunaan sistem pengukuran performa lalu lintas yang saat ini masih digunakan. Selain itu, studi ini juga mencari tahu hal apa saja yang perlu dibenahi agar sistem pengukuran performa lalu lintas saat ini bisa mencakupi penggunaan Automated Vehicles (AV). Dalam literatur studi ini ditemukan bahwa penggunaan kendaraan berautomasi dapat memperbaiki hasil dari sistem pengukuran performa lalu lintas khususnya dalam pengukuran travel time reliability. Namun, di sisi lain, ada beberapa isu yang perlu diperhatikan jika kendaraan AV di dalam jaringan jalan yang ada. Dan dalam temuan-temuan di dalam studi ini, ditemukan bahwa bisa saja sistem pengukuran performa lalu lintas di masa mendatang tidak sepenting sekarang. Hal ini bisa terjadi karena dengan teknologi automasi beserta teknologi pendukung penggunaan automasi, performa lalu lintas dapat dikelola secara langsung. Namun, kemungkinan ini hanya bisa terjadi jika infrastruktur digital sudah bisa mendukung penuh penggunaan Automated Vehicles (AV).

With the current trends, Automated Vehicles (AV) will be commonly used in public. However, the current traffic performance measurement practice including travel time reliability, it does not include the application of AV vehicles. Hence, it is needed to be find out what impacts that AV vehicles can bring to the current performance measurement practice. And it is also needed to be find out regarding what are the things that current performance measurement needed to be improved in the current practice. It is found out that AV can enhance the results of traffic performance measurement especially the travel time reliability measures. However, there are issues that needs to be taken care of while implementing AV vehicles on the road networks. And based on these findings, it is possible that in the near future, traffic performance measurement may not be needed since with automation technology along with its supporting technology of automation, travel time reliability can be directly managed by transport agency. However, this possibility can only be achieved when the digital infrastructures are able to fully support the application of AV vehicles."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winni Djohar Pinasti
"Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan salah satu industri besar di Indonesia. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memastikan biaya jasa logistik akan ikut naik seiring dengan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) hingga 18,8%. Kenaikan harga BBM juga mempengaruhi harga ekspedisi serta biaya operasional yang lain hingga 60%. Data tersebut mengindikasikan kenaikan biaya pengiriman dapat mempengaruhi biaya produk serta peningkatan pengeluaran perusahaan. Pentingnya memantau kinerja perusahaan sebagai dasar dalam mengambil langkah preventif dalam menghadapi terjadinya kenaikan biaya dengan aspekaspek distribusi yang lain. Namun, di perusahaan minyak goreng dan sabun sampai saat ini belum terdapaat tools yang dapat memonitor kinerja divisi logistik, sehingga menyebabkan lambatnya dalam melakukan penanganan suatu permasalahan. Kondisi tersebut salah satunya diakibatkan oleh tidak adanya sistem yang memusatkan data perusahaan yang menjadi dasar untuk pengukuran kinerja distribusi pada rantai pasok perusahaan, dan diperparah dengan sistem pelaporan yang masih bersifat konvensional (laporan kertas dan file excel) yang tidak rapi serta belum terpusat. Oleh karena itu, perlu adanya sistem untuk memonitor kinerja distribusi secara akurat dan realtime. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring distribusi pada salah satu industri FMCG di Jakarta Utara. Sistem dibangun dengan atribut kinerja yang diukur berbasis model Supply Chain Operations Reference (SCOR) menggunakan software perangkat lunak visualisasi data interaktif Power BI. Matriks Key Performance Indicator (KPI) yang diukur sesuai dengan proses bisnis perusahaan dengan objektif reliability, responsiveness, dan cost. Penelitian ini menghasilkan sistem monitor indikator kinerja proses distribusi dengan menyajikan performansi 15 atribut KPI terverifikasi untuk membantu evaluasi KPI demi menerapkan integrasi data secara terpusat dan cepat, serta kemudahan dalam mengakses informasi untuk pelaporan dan pengambilan tindakan.

The Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry is one of the big industries in Indonesia. The Indonesian Logistics Association (ALI) ensures that the cost of logistics services will also increase along with the adjustment in the price of fuel oil (BBM) up to 18.8%. The increase in fuel prices also affected the price of expeditions and other operational costs by up to 60%. The data indicates that an increase in shipping costs can affect product costs and increase company expenses. The importance of monitoring company performance as a basis for taking preventive steps in dealing with rising costs with other distribution aspects. However, at the Cooking Oil and Soap Company until now there are no tools that can monitor the performance of the logistics division, resulting in delays in handling a problem. One of these conditions is caused by the absence of a system that centralizes company data which is the basis for measuring distribution performance in the company's supply chain, and is exacerbated by the conventional reporting system (paper reports and excel files) which is not neat and not yet centralized. Therefore, it is necessary to have a system to monitor distribution performance accurately and in real-time. This study aims to develop a distribution monitoring system for one of the FMCG industries in North Jakarta. The system is built with performance attributes that are measured based on the Supply Chain Operations Reference (SCOR) model using Power BI interactive data visualization software. The Key Performance Indicator (KPI) matrix is measured according to the company's business processes with reliability, responsiveness and cost objectives. This research produced a distribution process performance indicator monitoring system by presenting the performance of 15 verified KPI attributes to assist KPI evaluation in order to implement centralized and fast data integration, as well as ease of accessing information for reporting and taking action."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samur, Evren
"The book begins by identifying the components of a general image registration system, and then describes the design of each component using various image analysis tools. The text reviews a vast array of tools and methods, not only describing the principles behind each tool and method, but also measuring and comparing their performances using synthetic and real data."
London: Springer, 2012
e20407729
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Previta Sari
"Anggaran berbasis kinerja dapat dikaitkan sebagai salah satu landasan pentingnya suatu kinerja yang berbasis outcome, sejalan dengan itu maka indikator kinerja juga harus mengacu pada kaidah pencapaian sasaran outcome. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi informasi kinerja dan indikator kinerja berdasarkan model logika. Objek studi penelitian ini adalah DLLAKA yang merupakan unit kerja pada tingkat Eselon II. Metode penelitian yang digunakan studi kasus, dengan data yang diperoleh melalui dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pada tingkat unit kerja masih terdapat aktivitas yang belum memiliki hubungan logis untuk pencapaian outcome dan dampak. Perbaikan indikator kinerja dapat dilakukan agar selaras dengan sasaran organisasi yang terkait peningkatan konektivitas nasional dan kinerja pelayanan transportasi. Sementara itu, kualitas output masih bersifat kuantitas upaya sehingga outcome masih berorientasi penyampaian layanan, mengingat pendekatan NPM menghendaki adanya pemerintahan yang berorientasi pada hasil dan memberikan manfaat pada masyarakat. Penelitian diharapkan memberikan implikasi terkait sejauh mana kerangka hubungan logis pada tingkatan unit kerja.

Performance-based budgeting can be linked as one of the cornerstones of the importance of an outcome-based performance, in line with that, performance indicators must also refer to the rules for achieving outcome targets. This study aims to evaluate performance information and performance indicators based on a logical model as an evaluation framework. The object of this research study is DLLAKA which is a work unit at the Echelon II level. The research method used is a case study, with data obtained through documents and interviews. The results of the study show that at the work unit level there are still activities that do not have a logical relationship to the achievement of outcomes and impacts. Improvements in performance indicators can be made to align with organizational goals related to improving the national connectivity and performance of transportation services. Meanwhile, the quality of output is still a quantity of effort so that the outcome is still service delivery oriented, considering that the NPM approach requires results-oriented governance and provides benefits to the community. The research is expected to provide implications regarding the extent of the logical relationship framework at the work unit level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tangguh Pratysto
"Wakaf merupakan instrumen yang diunggulkan Islam dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial umat. Namun, potensi wakaf yang demikian besar belum dapat dioptimalkan di Indonesia. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah belum transparannya kinerja lembaga wakaf. Sehingga, umat belum mempercayakan dananya bagi pengembangan wakaf. Untuk itu, skripsi ini dimaksudkan untuk merumuskan penilaian kinerja lembaga wakaf. Untuk membuktikan keandalan penilaian kinerja yang dirumuskan, maka peneliti mengujikan pengukuran kinerja tersebut pada tiga lembaga wakaf yaitu Badan Wakaf Indonesia, Tabung Wakaf Indonesia, dan Wakaf Al-Azhar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas dan efisiensi lembaga wakaf kurang optimal.

Waqf are a favored instrument of Islam in improving social and economic welfare of the people. However, the potential for such large waqf cannot be optimized in Indonesia. One of the things that became the cause is not yet transparent performance waqf institutions. So, people do not entrust their funds to the development of waqf. To that end, this thesis is intended to formulate performance assessment waqf institutions. To prove the reliability of performance assessment that is formulated, the researcher is testing out the performance measurements in three institutions Badan Wakaf Indonesia, Tabung Wakaf Indonesia, and Wakaf Al-Azhar. This study is a descriptive qualitative research design. The results show the effectiveness and efficiency of waqf institutions is less than optimal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Vino Lestari
"Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh beban kerja, stress kerja dan kompensasi terhadap komitmen organisasi anggota Satuan Lalu Lintas Polres Bogor. Komitmen organisasi bagi anggota satuan lalu lintas sangat penting untuk mewujudkan pelayanan dalam ketertiban lalu lintas di masyarakat bogor.Pertanyaan penelitian yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh beban kerja, stres kerja, kompensasi dan motivasi terhadap anggota di Satlantas Polres Bogor. Penelitian ini melibatkan 68 anggota satuan lintas sebagai sampel yang dipilih secara random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan matrik korelasi beban kerja mempunyai korelasi negatif dengan komitmen organisasi (r= -0.873;p<0.00); stress kerja berkorelasi negatif dengan komitmen (r=- 0.807;p< 0.00); kompensasi berkorelasi positip dengan komitmen (r= 0.851; p<0.00); dan motivasi berkorelasi positip dengan komitmen (r= 0.804; p<00). Dari keseluruhan tersebut, variabel beban kerja dan kompensasi mempunyai korelasi yang paling kuat terhadap komitmen organisasi.
Temuan penelitian menggunakan analisis structural equation model (SEM) bahwa beban kerja memiliki pengaruh langsung terhadap komitmen (r= - 0.348;p< 0.00), beban kerja mempunyai pengaruh negatif terhadap motivasi (r= 0.103;p<0.00) dan motivasi mempunyai pengaruh terhadap komitmen (r= 0.258;p< 0.00). Selanjutnya hasil SEM juga menemukan bahwa stress kerja berpengaruh negatif terhadap motivasi (r=0.368;p<0.00) dan stress berpengaruh langsung terhadap komitmen (r=- 0.137;p<0.00). Pada akhirnya, kompensasi berpengaruh terhadap motivasi (r=0.368;p<0.00) dan kompensasi berpengaruh langsung terhadap komitmen (r= 0.262;p< 0.00). Dengan demikian, secara keseluruhan beban kerja mempunyai pengaruh kuat yang langsung terhadap komitmen organisasi, sedangkan stres kerja dan kompensasi lebih pengaruh terhadap motivasi dibandingkan beban kerja. Stres kerja dan kompensasi menjadi perhatian penting bagi usaha meningkatkan komitmen organisasi.

This research was conducted to examine the effect of workload, work stress and compensation on organizational commitment of members of the Bogor Police Traffic Unit. Organizational commitment for traffic unit members is very important to realize service in traffic order in the Bogor community. The research question that will be answered in this study is how the influence of workload, work stress, compensation and motivation on members of the Bogor Police Traffic Police. This study involved 68 members of the cross unit as a sample selected by random sampling.
The results of this study indicate that based on the correlation matrix workload has a negative correlation with organizational commitment (r = -0.873; p <0.00); work stress has a negative correlation with commitment (r = - 0.807; p <0.00); compensation has positive correlation with commitment (r = 0.851; p <0.00); and motivation positively correlated with commitment (r = 0.804; p <00). Of these, the workload and compensation variables have the strongest correlation to organizational commitment. Research findings using structural equation modeling (SEM) analysis show that workload has a direct effect on commitment (r = - 0.348; p <0.00), workload has a negative effect on motivation (r = 0.103; p <0.00) and motivation has an influence on commitment (r = 0.258; p <0.00). Furthermore, SEM results also found that job stress has a negative effect on motivation (r = 0.368; p <0.00) and stress has a direct effect on commitment (r = - 0.137; p <0.00). In the end, compensation has an effect on motivation (r = 0.368; p <0.00) and compensation has a direct effect on commitment (r = 0.262; p <0.00). Thus, overall workload has a strong direct effect on organizational commitment, while work stress and compensation have more of an effect on motivation than workload. Job stress and compensation are important concerns for efforts to increase organizational commitment."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mayang Permatasari Putri
"Salah satu besaran yang digunakan pada uji performa sistem pencitraan ialah detective quantum efficiency (DQE). DQE merupakan ukuran fraksi signal-to-noise ratio (SNR) kuantum dari insiden kuanta yang direkam oleh citra pada sistem pencitraan. Pengukuran DQE menggunakan pengukuran modulation transfer function (MTF) dan noise power spectrum (NPS). Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat melakukan perhitungan DQE dari citra computed tomography (CT). Perancangan dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Python. Nilai MTF divalidasi menggunakan SPICE-CT, sedangkan NPS divalidasi menggunakan ImQuest. Citra yang digunakan merupakan citra fantom Catphan 600 modul CTP528 untuk perhitungan MTF dan CTP486 untuk perhitungan NPS. Perhitungan DQE mengacu pada acuan IEC 62220-1. Penelitian ini berhasil mengembangkan perangkat lunak untuk pengukuran MTF, NPS dan DQE, akan tetapi perhitungan DQE masih belum dapat divalidasi karena belum tersedia perangkat lunak yang dapat dijadikan referensi. Hasil pengukuran MTF menunjukkan nilai yang serupa dengan SPICE-CT (D = 10%). Begitu pula dengan NPS mendapatkan validasi yang baik (D = 6%). Meskipun tingkat validitas DQE belum dapat ditentukan dengan pasti, perangkat lunak yang dihasilkan dapat digunakan untuk pengukuran parameter Fourier dengan potensi akurasi yang tinggi.

One of the metrics used for performance testing of an imaging system is detective quantum efficiency (DQE). DQE is a measure of the quantum signal-to-noise ratio (SNR) fraction of the incident quanta recorded on typical image produced by the imaging system. DQE calculation includes modulation transfer function (MTF) and noise power spectrum (NPS) measurements. This research was conducted to produce a software for DQE calculation from computed tomography (CT) images. The software was written in Python programming language. The MTF results ​​were validated using SPICE-CT and NPS results were validated using ImQuest. Images of Catphan 600 phantom were used as data input; CTP528 module for the MTF calculation and CTP486 for the NPS calculation. The DQE was computed according to IEC 62220-1 protocols. This work has succesfully produced a software to compute MTF, NPS dan DQE, but the DQE calculation still need to be validated according to the proper reference software. The MTF results were close to the measurements on SPICE-CT (D = 10%). The NPS results were also well validated (D = 6%). This software offers high accuracy on the Fourier metrics calculation if data input for the DQE module is very well determined.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Lutfi Aziz
"Kerugian ekonomi akibat kemacetan lalu lintas di wilayah Jabodetabek mencapai Rp.3 triliun/tahun untuk biaya operasi kendaraan dan Rp. 2,5 triliun/tahun untuk waktu perjalanan. Dalam rangka menanggulangi permasalahan transportasi, termasuk kemacetan lalu-lintas di wilayah Jabodetabek, studi SITRAMP (2004) merekomendasikan perlunya program pengembangan angkutan umum. Rekomendasi ini perlu dicermati, mengingat adanya opini sebagian masyarakat yang menganggap angkutan umum khususnya jenis minibus (angkot) tidak efisien dan merupakan biang keladi kemacetan.
Penelitian ini bertujuan mengkaji karakteristik dan perilaku angkutan umum jenis minibus dan pengaruhnya terhadap kinerja lalu-lintas, mengkaji karakteristik desain lingkungan sekitar dan pengaruhnya terhadap perilaku lalu-lintas, serta memberikan saran/masukan dalam penanganan masalah lalu-lintas. Sebagai studi kasus diambil segmen ruas jl. Ciledug Raya depan CBD Ciledug Mall, kota Tangerang. Pengumpulan data perilaku lalu-lintas dilakukan melalui pengamatan video kamera. Metode analisa yang digunakan adalah analisa korelasi, regresi, dan analisa deskriptif.
Hasil analisa menunjukkan bahwa angkutan umum minibus memiliki perilaku lalu-lintas yang unik untuk setiap trayeknya, dan mempunyai pola berbeda untuk setiap arah pergerakannya. Motiv ekonomi, faktor kebiasaan, sistem budaya dan norma tidak tertulis yang berlaku di antara para pengemudi angkutan umum minibus, melatar belakangi perilaku lalu-lintas tersebut. Variabel load factor memiliki korelasi sedang terhadap variabel kecepatan angkutan umum minibus, dan variabel jumlah penumpang naik/turun memiliki korelasi kuat terhadap variabel rata-rata lama henti angkutan umum minibus. Pengaruh perilaku lalu-lintas angkutan umum minibus, meliputi: jumlah kendaraan berhenti, dan kecepatan ratarata angkutan umum minibus mempunyai korelasi kuat dan sedang terhadap variabel kecepatan kendaraan pribadi roda-4 arus menerus.
Desain bukaan median/simpang di lokasi studi tidak sesuai dengan standar geometri simpang yang ada, dan mengakibatkan konflik ruang gerak antara jalur lalu-lintas belok kanan dengan garis henti (stop line) arus lalu-lintas terlawan. Desain bukaan median juga tidak sejalan dengan adanya rambu dilarang belok kanan dan berputar bagi arus lalu-lintas dari arah jalan Ciledug Raya (Timur). Disarankan penutupan bukaan median, rehabilitasi fungsi terminal dan halte, evaluasi sistem perizinan trayek, dan penataan ulang trayek/rute angkutan umum.

Annual economic loss caused by traffic congestion in Jabodetabek region could be as much as Rp. 3,000 billion for vehicle operating costs and Rp. 2,500 billion for travel time. To overcome transportation problem, including traffic congestion in Jabodetabek region, study SITRAMP (2004) recommending the importance of public transport development program. This recommendation require to be applied neglectlessly, considering of some people opinion assuming that public transport especially for minibus type (angkot) is inefficient and represent the major cause of traffic congestion problem.
This study aim to identify characteristic and traffic behavior of angkot and its influence to traffic performance, identify characteristic of engineering design and its influence to traffic behavior, and give suggestion in handling of traffic problem. As case study one segment of jl. Ciledug Raya front of CBD Ciledug Mall, Tangerang was chosen.Data collecting was conducted by video camera observing. The analysis use method of correlation, regression, and decriptive analysis.
Result of analysis showed that minibus public transport has unique traffic behavior to each its route, and has pattern differ to each flow direction. Economic motivation, habit factor, cultural system and unwritten norm among driver of minibus public transport represent background of their traffic behavior. Variable of load factor have medium correlation to variable speed of angkot, and variable of number of loading/unloading passenger have strong correlation to variable mean of stopped time. Influence of minibus (angkot) traffic behavior which represented by variable: number of stopped vehicle and mean speed of angkot, have strong and medium correlation to variable mean speed of private vehicle (4 wheels) of through traffic.
Design of existing median opening (intersection) in study area disagree with intersection geometry standard, and result conflict between lane of right turn traffic and stopping line of opposed traffic. Design of median opening was also disagree with traffic sign of prohibited right turn and prohibited u-turn for traffic from jl. Ciledug Raya (Eastbound). It is suggested to close of median opening, rehabilitation of terminal and shelter function, evaluation of public transport route permit system, and rearrange public transport route.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T40657
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zaki Rahman
"Penelitian ini membahas mengenai pengukuran kualitas desain perangkat lunak berorientasi objek dengan kumpulan metrik yang dikenal sebagai Metrics for Object Oriented Design versi 2 (MOOD2) yang kemudian dikombinasikan dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk melakukan interpretasi terhadap hasil pengukuran kualitas. Penelitian ini membahas hasil penelitian terdahulu berupa alat bantu yang pernah dikembangkan kemudian melakukan pengembangan lanjutan untuk meningkatkan usability dan maintainability. Sebagai tambahan dalam eskperimen, beberapa library bahasa pemrograman Java disertakan. Hasil ditampilkan dalam bentuk alat bantu yang sudah diperbaiki untuk mengukur metrik MOOD2 dengan metode AHP.

ABSTRACT
This research discusses the quality measurement of an object oriented software design with a set of metric known as Metrics for Object Oriented Design version 2 (MOOD2), combined with the Analytic Hirearchy Process (AHP) for interpreting the results. This research reviews several developed tools in previous researches and furthermore improves the usability and maintainability of it. For the experiment, an addition of several Java library were explored. The result is shown in the form of updated software tools for measuring MOOD2 using AHP method."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fadel Haris Putera
"Secara umum tujuan didirikan jalan tol adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperlancar daerah yang sedang berkembang. Akibat pertumbuhan ekonomi dan populasi manusia terus bertambah maka moda transportasi yang digunakan semakin banyak. Salah satu penyebab meningkatnya kepadatan arus lalu lintas di tol JORR diduga karena ketidakpatuhan truk dalam penggunaan lajur. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa dampak penggunaan lajur oleh truk terhadap kinerja arus yang dalam hal ini adalah kecepatan arus di jalan tol JORR.
Penelitian dilakukan dengan survey lalu lintas di jalan tol sebagai bahan untuk kalibrasi model VISSIM yang digunakan untuk simulasi dua kondisi yaitu kondisi patuh dan tidak patuh dalam penggunaan lajur. Selanjutnya dibuat hubungan matematis antara kecepatan dan kepadatan dengan metode regresi untuk kedua kondisi tersebut.
Hasil yang ditunjukan dari simulasi yaitu kinerja kecepatan lalu lintas pada kondisi patuh dan tidak patuh pada kerapatan rendah sampai menengah 0-300 kendaraan/km memiliki kemiripan, sehingga dapat dianggap bahwa kepatuhan truk dalam penggunaan lajur tidak mempengaruhi kinerja kecepatan di jalan tol JORR.

In general, the purpose of the establishment of toll roads is to increase economic growth and expedite the developing regions. Due to increasing economic growth and human population more mode of transportation are used more. One of the causes of increasing traffic congestion in the JORR toll is allegedly due to non compliances of the trucks in using the lane. Therefore this study is intended to analyze the impact of lane usage by truck usage on current performance which in this case is the current velocity on the JORR toll road.
The research conducted by surveying the traffic of the toll road as a calibration source of VISSIM model which later used for simulation of two conditions compliance of lane usage and non compliance in lane usage. Then, mathematical relations between velocity and regression method was formed for both conditions.
Result showed from the simulation that the traffic velocity performance on both compliant and non compliance line usage on low ndash medium density 0 300 vehicles km showed similarity, so it can be considered that truck compliance in lane usage does not affect traffic velocity performance of JORR toll road.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>