Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99636 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sofia Dwifa Wirahadi
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas penyusunan kertas kerja audit PT JK pada tahap penyelesaian yang dilaksanakan oleh KAP XYZ untuk tahun buku 2020. PT JK adalah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, perdagangan, dan jasa. Evaluasi pada laporan magang ini difokuskan pada kesesuaian proses penyusunan kertas kerja audit PT JK pada tahap penyelesaian yang dilaksanakan dengan kerangka evaluasi yang meliputi Standar Audit (SA). Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap proses penyusunan kertas kerja audit pada tahap penyelesaian yang dijalankan, dapat disimpulkan bahwa hampir semua tahap yang terlibat dalam proses tersebut sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain itu, dilakukan juga refleksi diri untuk mengetahui hal yang telah berjalan dengan baik dan kurang baik serta kekurangan dan kelebihan yang diperoleh dari hasil memahami diri sendiri selama menjalankan kegiatan. Refleksi ini meliputi meningkatnya pemahaman proses audit, ketelitian, dan kemampuan bertanya, serta menyadari kurangnya rasa percaya diri, kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, sifat kritis dan skeptis, dan adanya sikap mudah menyerah dan malas. Dengan demikian, disusunlah rencana yang akan dilakukan agar dapat memperbaiki dan mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik lagi.

This internship report discusses the evaluation of audit working papers compilation for PT JK at the completion stage conducted by KAP XYZ for the book year of 2020. PT JK is a company specializing in plantation, trade and services. The evaluation of this internship report focuses on the compatibility of the audit working papers compilation for PT JK at the completion stage with the evaluation framework which includes Standar Audit (SA). Based on the evaluation of the audit working papers compilation process, it can be concluded that almost all of the steps in said process are in accordance with applicable standards. Furthermore, self-reflection is carried out to find out what goes well and what does not as well as strengths and weaknesses acquired from understanding oneself while performing the activity. The self-reflection includes improvement of understanding the audit process, thoroughness and questioning skills, as well as realizing lack of self-confidence, ability to work under pressure and critical and skeptical attitude and having the attitude of a quitter and lazy person. Thus, plans are arranged in order to improve oneself for the better."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jesselin Susanto
"Laporan magang ini membahas terkait evaluasi prosedur audit atas pengujian substantif dan proses penyusunan kertas kerja konsolidasi untuk akun kas dan setara kas PT XYZ untuk laporan keuangan berakhir pada 31 Desember 2021. PT XYZ merupakan sebuah perusahaan induk yang bergerak pada bidang energi dan agribisnis dan memiliki pengendalian atas beberapa anak perusahaannya. Kerangka evaluasi yang digunakan mengacu pada teori dan standar audit yang berlaku, yaitu SA 315, 330, 500, dan 505. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit yang dilakukan atas akun kas dan setara kas PT XYZ oleh KAP ABC sudah sesuai dengan teori dan standar audit berlaku.

This internship report discusses the evaluation of audit procedures on substantive testing and the preparation process of consolidated working papers for PT XYZ's cash and cash equivalent accounts for financial statements ending on 31 December 2021. PT XYZ is a holding company engaged in energy and agribusiness and has control over of its subsidiaries. The framework used refers to the theory and applicable audit standards, namely SA 315, 330, 500, dan 505. The evaluation results show that the audit procedures carried out on the cash and cash equivalents of PT XYZ by KAP ABC are in accordance with the theory and applicable audit standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dira Ayu Karima
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai perlakuan akuntansi oleh CP Group dan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP A PLUS atas biaya-biaya yang dikapitalisasi oleh CP Group pada tahap eksplorasi dan evaluasi dan tahap pengembangan, serta analisis kesesuaian kedua hal tersebut dengan standar akuntansi dan standar audit yang berlaku. Biaya-biaya yang dikapitalisasi oleh CP Group pada tahap eksplorasi dan evaluasi serta tahap pengembangan dicatat dalam akun lsquo;Eksplorasi Konstruksi rsquo;, dan dicatat pada neraca sebagai lsquo;Aset Eksplorasi dan Evaluasi rsquo; serta lsquo;Properti Pertambangan rsquo;. Prosedur audit yang dibahas terbatas pada prosedur substantif serta prosedur audit lain yang berhubungan dengan proses audit akun lsquo;Eksplorasi Konstruksi rsquo;, yang dilakukan KAP A PLUS dalam mengaudit laporan keuangan konsolidasian CP Group tahun 2017. KAP A PLUS tidak menemukan adanya kesalahan saji material pada pencatatan aset eksplorasi dan evaluasi serta properti pertambangan milik CP Group. Berdasarkan analisis, perlakuan akuntansi CP Group serta prosedur audit KAP A PLUS atas aset eksplorasi dan evaluasi serta properti pertambangan milik CP Group, telah sesuai dengan standar akuntansi dan standar audit yang berlaku.

ABSTRACT
This report aims to discuss the accounting treatment by the CP Group and audit procedures performed by KAP A PLUS on the costs capitalised by CP Group at the exploration and evaluation stage and the development stage, as well as to analyze the conformity of both of those with applicable accounting standards and auditing standards. Costs capitalised by CP Group during the exploration and evaluation stage and development stage are recorded under 39;Exploration Construction 39; accounts, and recorded on the balance sheet as 39;Exploration and Evaluation Assets 39; and 39;Mining Properties 39;. The audit procedures discussed are limited to substantive procedures as well as other audit procedures related to the 39;Exploration Construction 39; account, carried out by KAP A PLUS in auditing the CP Group 39;s 2017 consolidated financial statements. KAP A PLUS found no material misstatement in the recording CP Group 39;s exploration and evaluation assets and mining properties. Based on the analysis, CP Group rsquo;s accounting treatment and the audit procedures of KAP A PLUS on CP Group 39;s exploration and evaluation assets and mining properties, are in compliance with applicable accounting standards and auditing standards."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Aprilia Islamiyati
"Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP PRO atas akun pendapatan PT SBS, khususnya pada pengakuan pendapatan dengan metode percentage-of-completion pada PT SBS. PT SBS merupakan sebuah perusahaan jasa yang membantu industri energi dalam menjalankan sistem operasi bawah laut (subsea system) dengan menawarkan jasa solusi sistem operasi bawah laut (subsea system solution) sebagai aktivitas bisnis utama. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur audit KAP PRO dengan teori oleh Arens et al (2016) dan International Standards on Auditing. Hasil evaluasi menunjukan pengujian substantive test of transactions yang dilakukan atas asersi existence, cut-off, completeness, accuracy, classification, dan presentation and disclosure pada akun pendapatan telah memperoleh bukti yang cukup. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, prosedur audit atas pengakuan pendapatan dengan metode percentage-of-completion pada PT SBS yang dilakukan oleh KAP PRO seacara substansial telah sesuai degan standar audit yang berlaku dan nilai pendapatan POC telah disajikan secara wajar.

This internship report discusses the evaluation of audit procedures conducted by KAP PRO on PT SBS`s revenue account, specifically on revenue recognition using the percentage-of-completion method at PT SBS. PT SBS is a service company that helps the energy industry in running the subsea system by offering subsea system solution as the main business activity. Evaluation is done by comparing KAP PRO audit procedures with theories by Arens et al (2016) and International Standards on Auditing.
The evaluation results show that the substantive test of transactions tested for the assertion of existence, cut-off, completeness, accuracy, classification, and presentation and disclosure on income accounts have obtained sufficient evidence. Based on the evaluation conducted, the audit procedure for revenue recognition by the percentage-of-completion method at PT SBS conducted by KAP PRO is substantially in accordance with the applicable audit standards and the POC revenue value has been presented true and fair.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Chandra
"Artikel ini bertujuan untuk merancang manual audit untuk pengauditan entitas kecil dan menengah dan penerapan data sharing di cloud selama proses audit di Kantor Akuntan Publik (KAP) ABCx. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Perancangan manual audit mengacu pada panduan penerapan International Standards on Auditing (ISAs) dalam mengaudit entitas kecil dan menengah yang disusun oleh International Federation of Accountants dan kemudian disesuaikan sesuai dengan kebutuhan KAP ABCx. Rancangan penggunaan data sharing di cloud menggunakan layanan penyimpanan data google drive. Hasil penelitian adalah rancangan manual audit untuk membantu KAP ABCx menerapkan ISAs secara proporsional dalam pengauditan entitas kecil dan menengah dan rancangan penggunaan google drive untuk meningkatkan efisiensi audit.

This article aims to design an audit manual for auditing small and medium-sized entities and implementing data sharing in the cloud during the audit process at the ABCx Public Accounting Firm. This research is qualitative research with a case study approach. The design of the audit manual refers to the guidelines for the implementation of International Standards on Auditing (ISAs) in auditing small and medium-sized entities issued by the International Federation of Accountants and then customized according to ABCx Public Accounting Firm needs. Application of data sharing in the cloud using the Google Drive data storage service. The results of the research are an audit manual to assist ABCx Public Accounting Firm to implement ISAs proportionally in auditing small and medium-sized entities and an Application of google drive to improve audit efficiency."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kurniati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fenomena berupa penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan (TLRHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Key Performance Indicator (KPI). Objek penelitian ini adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai single unit analysis yang telah mengadopsi tindak lanjut rekomendasi tersebut dalam KPI/IKU sejak tahun 2018. Meskipun penyelesaian tindak lanjut rekomendasi telah dilekatkan pada KPI/IKU dan target KPI/IKU selalu tercapai, masih terdapat beberapa rekomendasi yang belum selesai/tuntas dalam 5 (lima) tahun bahkan 10 (sepuluh) tahun.
Penelitian ini berupaya mengisi research gap dari penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa faktor penyebab belum optimalnya penyelesaian tindak lanjut temuan pemeriksaan BPK adalah karena tindak lanjut tersebut belum dilekatkan sebagai KPI/IKU dan tidak adanya target yang menunjukkan indikator keberhasilan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Kriteria SMART dan Prinsip SMART-C serta latar belakang penyesuaian KPI/IKU dari perspektif Institutional Isomorphism. Analisis data pada penelitian ini menggunakan content analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Kriteria SMART dan Prinsip SMART-C, KPI/IKU tindak lanjut rekomendasi BPK belum sepenuhnya memenuhi Kriteria SMART dan Prinsip SMART-C yaitu (1) Measurable; dan (2) Achievable/Attainable. Tidak dipenuhinya kedua kriteria/prinsip tersebut mengakibatkan masih belum idealnya klaim atas capaian realisasi KPI/IKU yang dilakukan DJP sebab terdapat gap antara periode terbitnya Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut dari BPK atas pembahasan TLRHP dengan periode berakhirnya masa penilaian kinerja pada DJP. Kondisi ini mengakibatkan capaian realisasi KPI/IKU diklaim secara subjektif dengan menggunakan tindak lanjut rekomendasi yang diusulkan selesai dengan nilai indeks yang sama dengan rekomendasi yang dinyatakan selesai/tuntas oleh BPK. Namun demikian, implementasi KPI/IKU memberikan manfaat bagi organisasi berupa peningkatan komitmen manajemen organisasi dan mendorong strategi organisasi.
Kemudian, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penyesuaian KPI/IKU dari perspektif Institutional Isomorphism. Pertama, faktor yang dipengaruhi fenomena isomorfisme normatif yaitu faktor yang berasal dari sisi eksternal berupa pelibatan pihak eksternal dan faktor dari sisi internal berupa insentif kinerja pegawai dan inovasi organisasi. Kedua, faktor dari perspektif isomorfisme koersif berupa tekanan koersif dari masyarakat terhadap pengelolaan keuangan negara.

This study aims to evaluate the phenomenon of completion of follow-up on the audit finding recommendations of the Supreme Audit Agency (BPK) as a Key Performance Indicator (KPI). The object of this study is the Directorate General of Taxes (DGT) as single unit analysis which has adopted such follow-up recommendations in its KPI since 2018. Although the completion of follow-up recommendations has been embedded to KPI and the KPI targets have always been achieved, there are still some recommendations that have not been completed in 5 (five) years and even in 10 (ten) years.
This study seeks to fill the research gap from previous studies which revealed that the factors causing the suboptimal completion of the follow-up on BPK audit findings are because the follow-up has not been adopted as a KPI and there are no targets showing indicators of success. The evaluation is carried out using SMART Criteria and the SMART-C Principle as well as the KPI adjustments that have been made by institution from the perspective of Institutional Isomorphism. The analysis of research data employs content analysis.
This study shows that based on the SMART Criteria and SMART-C Principles, the KPI on follow up over BPK recommendations has not fully satisfied the SMART Criteria and SMART-C Principles, namely (1) Measurable; and (2) Achievable/Attainable. The non- fulfilment of those two criteria/principles results in not ideal claim over the KPI realization by the DGT because there is a gap between the issuance period of the Follow-Up Monitoring Report from BPK and the end of the performance assessment period at the DGT. This condition causes KPI realization achievements to be subjectively claimed using follow-up recommendations proposed to be completed by the DGT with the same index value as recommendations declared completed by BPK. However, the implementation of KPI provides benefits to organizations in the form of increasing organizational management commitment and encouraging organizational strategy.
There are factors that influence the adjustment of KPI/IKU from the perspective of Institutional Isomorphism. First, factors that are influenced by the phenomenon of normative isomorphism, i.e. factors originating from the external side, namely the involvement of external parties and factors from the internal side, namely the employee performance incentives and organizational innovation. Second, the factor from the perspective of coercive isomorphism is in the form of coercive pressure from the community on the state finance management.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Tirmizi Azhar
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Peraturan Bupati ABC No. 29 Tahun 2021 dan kendala dalam penyelesaian tindak lanjut rekomendasi atas LHP Inspektorat Provinsi XYZ pada Pemerintah Daerah ABC. Metode penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Pemerintah Daerah ABC. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara kepada Tim Tindak Lanjut dan 9 (sembilan) Perangkat Daerah yang belum menyelesaikan tindak lanjut atas LHP Inspektorat Provinsi XYZ. Data sekunder yang digunakan berupa profil tim tindak lanjut, peraturan dalam pelaksanaan tindak lanjut dan dokumen pelaksanaan tindak lanjut atas LHP Inspektorat Provinsi XYZ. Pelaksanaan tindak lanjut atas LHP Inspektorat Provinsi XYZ dievaluasi dengan mengidentifikasi implementasi prosedur penyelesaian tindak lanjut yang terdapat dalam Peraturan Bupati ABC No. 29 Tahun 2021. Hasil penelitian ini yaitu implementasi Peraturan Bupati ABC No. 29 Tahun 2021 terkait prosedur penyelesaian tindak lanjut belum seluruhnya dilaksanakan sesuai ketentuan karena Perangkat Daerah belum melaksanakan tindak lanjut dalam waktu 14 hari, Tim Tindak Lanjut belum melakukan koordinasi dengan MPTGR, dan belum dilakukan penerbitan Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak. p yaitu rekomendasi yang cacat dan sudah lama sehingga tidak dapat ditindaklanjuti, kurangnya koordinasi, Perangkat Daerah kekurangan sumber daya manusia, perubahan struktur organisasi di Perangkat Daerah, proses pengembalian dari penyedia yang lama, proses pembuatan peraturan yang lama, kurangnya monitoring di Perangkat Daerah, perbedaan persepsi antara Inspektorat Kabupaten ABC dan Perangkat Daerah dalam memenuhi dokumen tindak lanjut, dan proses evaluasi yang belum menggunakan aplikasi. Implikasi penelitian ini yaitu Inspektorat Kabupaten ABC meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait, meningkatkan peran consulting, dan meningkatkan komitmen penyelesaian tindak lanjut.

This research aimed to evaluate the implementation of ABC Regent Regulation Number 29 Year 2021 and the obstacles in completing the follow-up recommendations on the Province Inspectorate of XYZ reports at the ABC Regional Government. This research utilizes the qualitative method and uses ABC Regional Government as a case study. The primary data used in this research are the results of interviews with the Follow-up Team and 9 (nine) Regional Apparatus that have not completed the follow-up to the Province Inspectorate of XYZ report. The secondary data used in this research are follow-up team profiles, regulations in the implementation of follow-up, and documents on the implementation of follow-up to the LHP of the Province Inspectorate of XYZ report. The implementation of the follow-up to the Province Inspectorate of XYZ report is evaluated by identifying the implementation of the follow-up completion procedure contained in ABC Regent Regulation Number 29 Year 2021. The research found that the implementation of ABC Regent Regulation Number 29 Year 2021 regarding the procedure for completing follow-up has not been fully implemented according to the regulations because the Regional Apparatus has not carried out follow-up within 14 days, the Follow-up Team has not coordinated with MPTGR, and the issuance of a Certificate of Absolute Responsibility has not been carried out. There are obstacles in completing the follow-up recommendations, which are flawed and outdated recommendations that cannot be followed up, lack of coordination, Regional Apparatus's lack of human resources, changes in the organizational structure in Regional Apparatus, the long process of returning from the vendor, the long process of making regulations, lack of monitoring in Regional Apparatus, and differences in perceptions between the ABC Regency Inspectorate and Regional Apparatus in completing follow-up documents. The implication of this research is that the ABC Regency Inspectorate improves coordination with related parties, increases the consulting role, and increases the commitment to completion of follow-up."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhi Indrawan
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1981
S16613
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafiqa Afwina Zaki
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas evaluasi prosedur audit yang dilakukan KAP HRJ atas akun aset tetap PT LDH untuk Laporan Keuangan dengan periode akhir 31 Desember 2019. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur audit yang telah dilakukan KAP HRJ dengan standar yang berlaku, yaitu Standar Audit yang ditetapkan oleh IAPI. PT LDH merupakan perusahaan dengan ruang lingkup kegiatan yang meliputi penciptaan energi, industri konstruksi, dan industri pabrikasi. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP HRJ telah sesuai dengan standar audit yang berlaku. Bagian akhir laporan magang ini juga akan membahas refleksi diri penulis selama menjalani magang.

This internship report aims at discussing the audit procedures of fixed assets in PT LDH done by KAP HRJ for financial statements ended December 31st, 2019. The evaluation is done by comparing the audit procedures that has been carried out by KAP HRJ to the applicable standard, which is Auditing Standard determined by IAPI. PT LDH is a company with a scope of activities that include the creation of energy, the construction industry, and the manufacturing industry. Based on the evaluation that has been carried out, the audit procedures performed by KAP HRJ was in accordance with the applicable audit standard. The final part of this internship report also discusses the self-reflection of the writer during the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khoe, Yohanes Aditya Purnomo
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit atas akun pendapatan PT XXX selama periode 1 Januari – 31 Desember 2019. Pendapatan PT XXX diperoleh dari pemberian jasa manajemen dan sewa ruangan kantor. Evaluasi dilakukan pada prosedur walkthrough dan pengujian substantif. Evaluasi pada prosedur walkthrough bertujuan untuk menguji apakah implementasi kontrol internal PT XXX telah sesuai dengan desain kontrol yang telah dibuat pada keempat sub proses pada siklus pendapatan. Evaluasi pada pengujian substantif bertujuan untuk menguji ketercapaian asersi dan kesesuaian prosedur yang dilakukan dengan standar audit yang telah ditetapkan. Secara keseluruhan, hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur walkthrough yang dilakukan telah tepat untuk menguji implementasi kontrol pada seluruh sub proses. Prosedur pada masing-masing asersi telah dilakukan secara tepat dan akun pendapatan telah disajikan secara wajar sesuai standar akuntansi yang berlaku umum.

This internship report aims to evaluate the audit procedures for PT XXX’s revenue during the period January 1 – December 31, 2019. PT XXX’s revenue is obtained from providing management services and office room rental. Evaluation is carried out on the walkthrough procedure and substantive testing. Evaluation of the walkthrough procedure aims to test whether the implementation of PT XXX’s internal controls is in accordance with the design of controls that have been made on four sub processes in the revenue cycle. Evaluation on substantive test aims to test the achievement of assertions and the suitability of the procedures with the audit standards. Overall, the evaluation results show that the walkthrough procedure was appropriately done to test the control implementation on all sub processes. The procedures performed for each assertion has been carried out appropriately and the revenue account has been fairly presented according to generally accepted accounting standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>