Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137380 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sherly Mega Paranti
"Studi terdahulu menemukan bahwa individu cenderung melihat orang terdekatnya seperti melihat dirinya. Fenomena ini terjadi karena terdapat kecocokan/kesamaan antara struktur konsep diri individu dan struktur konsep yang dibangun individu tentang orang terdekat tersebut. Mekanisme terjadinya kecocokan kedua representasi mental tersebut karena individu cenderung memasukkan orang terdekat ke dalam konsep dirinya (inclusion others in the self/IOS) sehingga terjadi peleburan kedua representasi mental. Mengingat individu bisa memiliki lebih dari satu orang terdekat, dalam hal ini individu yang bisa memiliki beberapa sahabat sekaligus, lalu apakah kecocokan kedua representasi mental tersebut akan setara terjadi pada seluruh sahabat yang dimiliki individu? Jika tidak, apa faktor yang mempengaruhinya? Dua studi kuasi eksperimental dengan desain within subject dilakukan kepada partisipan mahasiswa untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut. Lebih khusus penelitian ini mencoba mengeksplorasi pengaruh faktor persepsi pentingnya suatu persahabatan yang dimaknai oleh individu terhadap tingkat kecocokan representasi mental diri dan sahabat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecocokan antara kedua representasi mental di antara para sahabat, yang menunjukkan individu mempersepsi sahabat-sahabatnya secara berbeda. Sahabat yang dinilai paling penting oleh individu adalah sahabat yang paling dipersepsi mirip seperti individu mempersepsi diri.

Previous studies have found that people tend to see close others as they see themselves. This phenomenon occurs due to presence of similarity between self-concept structures and close others-concept structures that perceived by individual. This mechanism can be explain by individuals that tend to include close others to their self-concept (inclusion others in the self), thus there is a fusion of the two mental representations. Considering people may have more than one close others, or in this case an individual can have several close friends at once, then will the compatibility of the two mental representations equally happen for all close friends that the individual has? If not, what factors do influence it? Two quasi-experimental studies with within-subject designs were conducted on student participants to answer the research questions. More specifically, this study attempt to explore the influence of friendship importance that perceived by participants on the compatibility of mental representations about self and close friends. The results of this study indicate that there are differences in the level of compatibility between the two mental representations between best friends, which shows that individuals perceive their best friends differently. Best friend who is considered as the most important one appeared to be best friend who is perceived most similar to individual’s self-perception."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hamdan Nafiatur Rosyida
"[Tesis ini membahas tentang seputar fenomena sosial yang muncul di sekitar siswi SMU di Jepang yang direpresentasikan oleh tokoh utama dalam novel Install dan Keritai Senaka karya Wataya Risa. Tokoh utama dalam kedua novel merupakan siswi SMA, yang mana termasuk generation z, generasi yang lahir setelah tahun 1980-an di Jepang. Penulis menggunakan objek data berupa dua buah novel karangan Wataya Risa, yaitu: Install, yang menceritakan tentang siswi SMA berusia 17 tahun yang membolos sekolah dan memutuskan bekerja sama melakukan fūzoku chatto (sex chatting) bersama bocah SD berusia 12 tahun; dan novel Keritai Senaka, yang menceritakan persahabatan dua siswi SMA, salah satu merasa dikhianati dan akhirnya mencurahkan rasa kesendirian tersebut ke sorang siswa otaku di kelasnya. Pada kedua novel ini, penulis menemukan representasi fenomena sosial seputar kehidupan siswi SMA di Jepang, serta adanya pesan dari pengarang novel yang ingin disampaikan kepada pembaca.
Tesis ini dianalisis dengan menggunakan analisis unsur-unsur instrinsik, selanjutnya menggunakan teori sosiologi sastra, serta konsep generation Z yang diperkenalkan oleh Atsushi Miura. Hasil penelitian dari kedua novel ini menghasilkan 9 representasi dari fenomena sosial di Jepang antara tahun 1980-2000, yaitu: generasi pengguna teknologi; generasi yang mengalami krisis identitas; generasi yang kesepian; generasi yang tidak tertarik pergi ke sekolah; bunuh diri di kalangan pelajar; ketidakterikatnya hubungan ibu-anak; populernya prostitusi online di kalangan siswi SMA; individu yang tak bisa lepas dari seksualitas; perilaku otaku; serta munculnya fenomena herbivore men dan carnovore girl.;This thesis explain about social phenomenons around Japanese high school girls which representated by main character based on novel Install and Keritai Senaka, written by Wataya Risa. Both of main character in the novels is a high school girls called Generation Z, mention to Japanese generation was born after 1980s. This literature object are two novels written by Wataya Risa: First, Install, story about 17 years old high school girl decided to skip class for a month, then playing along with 12 years old elementary school boy for doing sex chat, a kind of small prostitution business; Second, Keritai Senaka, telling about friendship of two high school girls, but one of them feel jealous to other, and finally put her alone feelings to otaku boy. Both of this novel representating of social phenomenons around Japanese high school, and an implicit messages from author to readers.
Analyzing this thesis using instrinsic structure which construct a novel, then based on that analyze with literature sociology theory, and „Generation Z‟ theory which introduced by Atsushi Miura. Result from this research of two novels, I found 9 representation of Japanese high school during 1980-2000s, there are: generation of technology; generation have a identity crisis; loner individual; generation are used to skip the class, suicide among student; unrelated connection between mother-child; popularity of online prostitute among high school girls; individual addicted with sexual activity; otaku phenomena; and phenomena of herbivore men dan carnovore girl, This thesis explain about social phenomenons around Japanese high school girls which representated by main character based on novel Install and Keritai Senaka, written by Wataya Risa. Both of main character in the novels is a high school girls called Generation Z, mention to Japanese generation was born after 1980s. This literature object are two novels written by Wataya Risa: First, Install, story about 17 years old high school girl decided to skip class for a month, then playing along with 12 years old elementary school boy for doing sex chat, a kind of small prostitution business; Second, Keritai Senaka, telling about friendship of two high school girls, but one of them feel jealous to other, and finally put her alone feelings to otaku boy. Both of this novel representating of social phenomenons around Japanese high school, and an implicit messages from author to readers.
Analyzing this thesis using instrinsic structure which construct a novel, then based on that analyze with literature sociology theory, and „Generation Z‟ theory which introduced by Atsushi Miura. Result from this research of two novels, I found 9 representation of Japanese high school during 1980-2000s, there are: generation of technology; generation have a identity crisis; loner individual; generation are used to skip the class, suicide among student; unrelated connection between mother-child; popularity of online prostitute among high school girls; individual addicted with sexual activity; otaku phenomena; and phenomena of herbivore men dan carnovore girl]"
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T42751
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizky Adhitya Maulana
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana khalayak dewasa muda non-heteroseksual mengidentifikasi dan memaknai ikon non-heteroseksual di media arus utama. Representasi komunitas non-heteroseksual semakin berkembang di media seiring perkembangan industri budaya populer (Levina et al., 2000; Milone, 2016). Peneliti menggunakan teori representasi dan simbol Stuart Hall (1997) untuk memahami bagaimana khalayak khalayak dewasa muda non-heteroseksual mengidentifikasi representasi non-heteroseksual di media Hollywood. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi bagaimana mereka memaknai ikon representasi. Peneliti mewawancarai secara mendalam lima non-heteroseksual dalam rentang usia awal 20an (20-24 tahun), atau dewasa muda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa khalayak dewasa muda non-heteroseksual mengidentifikasi representasi non-heteroseksual sebagai anggota komunitas non-heteroseksual. Mereka menyeleksi representasi Hollywood berdasarkan penilaian mereka terhadap akurasi dan kredibilitas dari penggambaran komunitas non-heteroseksual yang ada di media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah khalayak dewasa muda non-heteroseksual mengapresiasi adanya representasi non-heteroseksual di media Hollywood, karena meningkatkan inklusivitas representasi anggota komunitas non-heteroseksual. Namun, khalayak dewasa muda non-heteroseksual menganggap Hollywood masih perlu menyediakan gambaran sosok non-heteroseksual yang lebih positif, menyeluruh, beragam, dan tidak unidimensional. Untuk melakukannya, maka Hollywood perlu melakukan heterogenisasi representasi non-heteroseksual.

This study aims to understand how non-heterosexual young adults identify and interpret non-heterosexual icons in mainstream media. The representation of the non-heterosexual community is growing in the media along with the development of the popular culture industry (Levina et al., 2000; Milone, 2016). The researcher uses Stuart Hall's (1997) representation and symbol theory to understand how non-heterosexual young adult audiences identify non-heterosexual representations in Hollywood media. In addition, this study also explores how they interpret the icon representation. Researchers interviewed in-depth five non-heterosexuals in their early 20s (20-24 years old), or young adults. The results of this study indicate that non-heterosexual young adults identify non-heterosexual representations as members of the non-heterosexual community. They select Hollywood representations based on their assessment of the accuracy and credibility of the portrayal of the non-heterosexual community in the media. The conclusion of this study is that non-heterosexual young adults appreciate the existence of non-heterosexual representation in Hollywood media, because it increases the inclusiveness of representation of members of the non-heterosexual community. However, the non-heterosexual young adult audience believes that Hollywood still needs to provide a more positive, holistic, diverse, and non-unidimensional picture of non-heterosexual figures. To do so, Hollywood needs to heterogenize non-heterosexual representation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adli Kusuma Basri
"Representasi simulasi dalam arsitektur merupakan fenomena ketika sebuah karakteristik inti dari sebuah objek original dikomunikasikan kembali dalam sebuah bentuk simulasi yang baru. Kedua objek tersebut menghasilkan pengalaman yang serupa ketika dialami. Hal ini terjadi karena sebuah simulasi merepresentasikan image dari sebuah arsitektur original melalui ekspresi elemen-elemen yang hadir sehingga memicu sebuah mental image dari arsitektur original. Untuk memahami proses interpretasi mental image dalam sebuah representasi-simulasi, skripsi ini akan menjelaskan proses dari fenomena simulasi melalui pendekatan semiotika terhadap kode semantik dengan studi kasus pada game Genshin Impact. Dengan menganalisis arsitektur original dan simulasi sebagai sebuah sistem tanda-tanda, dapat dilihat susunan elemen dari arsitektur yang membentuk sebuah struktur yang signifikan. Proses ini melihat kedua arsitektur sebagai teks yang akan dibongkar melalui unit, hubungan antar unit, dan latar belakang sosio-kultural untuk menemukan ide formal. Ide formal mengandung struktur formal dan ide-ide penting bagi arsitektur untuk membentuk sebuah mental image tertentu. Dalam pembuatan sebuah simulasi, perlu mempertahankan mental image dari original dengan membawa ide formal tersebut.

Simulation representation in architecture is a phenomenon that occurs when the main characteristics of an original object is recommunicated in a new form of a simulation. Although the simulation is an object with its own individuality, there is a cognitive process in the brain that equates the experience of the original architecture and the simulation. This happens because a simulation represents the image of an original architecture through the expression of the elements that are present, thereby triggering a mental image interpretation of the original architecture. To understand the process of interpreting mental images in a simulation-representation, this thesis will explain the process of simulation phenomena through a semiotic approach to semantic codes with a case study on the game Genshin Impact. By analyzing the original architecture and the simulation as a system of signs, it can be seen that both architectures are composed of individual elements that are arranged in a certain way to form a significant structure. This process sees both architectures as texts that will be disassembled through units, relationships between units, and socio-cultural backgrounds to find formal ideas. Formal ideas contain formal structures and important ideas for the architecture to form a certain mental image. In the creation of a simulation, one needs to maintain the mental image of the original by still presenting the original’s formal idea."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paivio, Allan
New Jersey: Lawrence Erlbaum, 2007
155.7 PAI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Paivio, Allan
New York: Oxford University Press, 1986
R 153 PAI m
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Pipin Kurnia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran dewan, female representation dalam dewan, dan konsentrasi kepemilikan terhadap kinerja perusahaan, yang diukur dengan PBV. Sampel penelitian berjumlah 51 perusahaan yang bergerak pada industri bahan dasar dan kimia yang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian dari tahun 2001 sampai dengan 2006. Ukuran dewan komisaris berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan PBV.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pasar tidak melihat ukuran dewan komisaris sebagai faktor yang signifikan berpengaruh terhadap kinerja. Sedangkan ukuran dewan direksi berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan PBV.
Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian Yermack (1996) yang menemukan bahwa semakin besar ukuran dewan direksi maka akan semakin besar kecurangan dalam pelaporan keuangan dan kemampuan dewan direksi untuk memonitor akan berkurang karena dengan semakin besarnya ukuran dewan direksi karena akan menimbulkan masalah dalam koordinasi, komunikasi dan pembuatan keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan female representation di dewan komisaris berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan PBV. Hasil penelitian ini konsisten dengan hasil penelitian Robinson dan Denchant (1997), Van der Walt dan Ingley (2003), Stephenson (2004) dan Catalyst (2004), yang mengatakan bahwa board diversity meningkatkan efektivitas dewan dan produktivitas kinerja perusahaan dan hasilnya akan meningkatkan profitabilitas dan nilai shareholders. Tetapi female representation di dewan direksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap PBV.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya agar kinerja perusahaan meningkat, bukan hanya mengelola diversitas dengan mengembangkan kemampuan para wanita saja.Konsentrasi Kepemilikan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan PBV.
Hasil ini sama dengan hasil penelitian Xu dan Wang (1999 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsentarsi kepemilikan dan kinerja perusahaan. Kepemilikan saham yang terkonsentrasi dapat memonitor manajemen secara lebih efektif sehingga akan mampu meningkatkan kinerja perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25295
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakhrana Linati
"ABSTRAK
Kritik sosial sering kali dituangkan ke dalam berbagai macam bentuk sastra, salah satunya bentuk ilustrasi. Berangkat dari hal tersebut, banyak orang yang pada akhirnya menuangkan aspirasi, kritik bahkan sindiran kedalam sebuah gambar yang memiliki makna tersendiri. Kemudahan mengakses internet pada dewasa ini juga membuat seniman turut membuat karya sastra yang dimuat online dan disebarluaskan dengan mudah. Melalui teori semiotik oleh Ferdindand de Saussure, analisis ini dilakukan pada tiga buah ilustrasi online yang dibuat oleh kartunis dan illustrator Jerman yaitu Schwarwel, Harm Bengen dan Freimut Woessner. Ketiga ilustrasi yang menjadi korpus dalam penelitian ini dipublikasikan secara online lewat situs pribadi mereka. Hasil penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif ini menunjukkan bahwa ilustrasi karya Schwarwel, Harm Bengen dan Freimut Woessner merepresentasikan penolakkan
terhadap pengungsi dan imigran di Jerman baik dalam dunia politik, pendidikan dan masyarakat luas.

ABSTRACT
Social criticism is often showed in various forms of literature, one of it is illustration. Therefore, many people ultimately poured their aspirations, criticism and even innuendo into drawing which has its own meaning. The easy access the internet today also makes the illustrators take part ini making literary works that are published online and easily disseminated. Through the semiotic theory by Ferdinand de Saussure, this analysis is carried out on three online illustrations which was made by German cartoonists and illustrators; Schwarwel, Harm Bengen and Freimut Woessner. These three corpus are published online through their website. Result of this research indicate that the illustrations by Schwarwel, Harm Bengen and Freimut Woessner represent a rejection of German refugees and immigrant both in politics, education and the wider
community."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Miftha Huljanah
"Film ziarah menceritakan perjalanan hidup tokoh utama, Mbah Sri, yang berjuang demi mencari fakta mengenai sang suami yang dinyatakan gugur di medan perang pada saat agrasi militer II. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana representasi perjuangan dan kesetiaan yang dilakukan oleh tokoh utama dalam film Ziarah (2017). Penelitian ini bertujuan membuktikan serta merepresentasikan perjuangan dan kesetiaan dari tokoh utama melalui bukti visual. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, perjuangan dan kesetiaan dapat ditinjau melalui beberapa aspek. Perjuangan yang terdiri dari lima aspek, yaitu rela berkorban, persatuan, harga-menghargai, semangat dan pantang menyerah, dan kerja sama. Adapun kesetiaan yang terdiri dari tiga aspek, yaitu keteguhan hati, ketaatan dan kepatuhan. Aspek tersebut ditinjau melalui scene, sequence, dan dialog Mbah Sri melalui sikap, tindakan, dan juga tingkah laku. Tidak hanya itu, penelitian ini juga menyandingkan perjuangan dan kesetiaan dengan sikap orang Jawa yaitu sikap nrima. Dengan adanya penulisan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mudah serta lebih dalam mengenai nilai-nilai budaya Jawa yang tercermin melalui sikap, tindakan dan perilaku mengenai perjuangan, kesetiaan, dan sikap nrima.

The film pilgrimage tells the life journey of the main character, Mbah Sri, who struggles to find facts about her husband who was declared dead on the battlefield during military aggression II. The main problem in this study is how the struggle and loyalty are represented by the main character in the film Ziarah (2017). This study aims to prove and represent the struggle and loyalty of the main character through visual evidence. In this study, the authors used a qualitative research method with Charles Sanders Peirce's semiotic approach. The results of the study reveal that struggle and loyalty can be viewed through several aspects. The struggle consists of five aspects, namely willingness to sacrifice, unity, respect, enthusiasm and never give up, and cooperation. As for loyalty which consists of three aspects, namely determination, obedience and obedience. These aspects are reviewed through scenes, sequences, and Mbah Sri's dialogue through attitudes, actions, and also behavior. Not only that, this research also juxtaposes struggle and loyalty with Javanese attitudes, namely nrima. With this writing, it is hoped that it can provide an easier and deeper understanding of Javanese cultural values ​​which are reflected through attitudes, actions and behavior regarding struggle, loyalty, and acceptance."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Malden: Blackwell, 2004
302.12 SOC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>