Ditemukan 36459 dokumen yang sesuai dengan query
Radja Dawamindra
"Tujuan dari laporan magang ini adalah mengevaluasi prosedur penyimpanan data fisik transaksi perusahaan PT M dengan membandingkannya dengan sejumlah teori dan buku yang ditulis oleh berbagai ekonomis seperti Hall dan Romney yang telah dipelajari di mata kuliah yang telah ditempuh selama ini. PT. M merupakan perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi massa dan periklanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kerja lapangan. Hasil evaluasi menemukan bahwa terdapat kekurangan dalam hal ketersediaan peralatan kantor dan tempat penyimpanan untuk dokumen akuntansi. Pihak kantor disarankan untuk melakukan perbaikan di peralatan kantor yang berhubungan dengan proses penyimpanan akuntansi serta menambah ruang penyimpanan bagi dokumen akuntansi.
Purpose of this internship report is to evaluate the physical data storage procedures of PT M's transactions by comparing it with numbers of theories and books written by economists such as Hall and Romney that have been learned in college so far. PT. M is a company that are engaged in mass communication and advertising services. The research was done through an internship work in the field. Evaluation finds out that there’s a flaw in the shortages of office equipments and storage spaces for accounting documents. The office would be suggested to make improvements and procurements to the office equipments related to accounting documentation process and also to increase storage space for accounting documents."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Marvel Ganda Alvaro
"Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan refleksi diri atas pengalaman magang dan melakukan evaluasi atas verifikasi dokumen dan pengakuan tagihan pada PT RK. PT RK merupakan anak perusahaan dari PT X yang bergerak pada bidang konstruksi. Evaluasi pengendalian internal proses penagihan menggunakan komponen aktivitas pengendalian dari kerangka pengendalian internal COSO. Komponen aktivitas pengendalian yang dievaluasi terdiri dari verifikasi, rekonsiliasi, otorisasi dan persetujuan, pemisahan tugas pengendalian data utama, pengendalian supervisi, dan pengendalian teknologi. Setelah melakukan evaluasi, PT RK telah melaksanakan pengendalian internal dengan baik. Evaluasi juga dilakukan terhadap pengakuan tagihan PT RK. PT RK telah mengakui tagihan sesuai dengan PSAK 72. Berdasarkan refleksi diri dari pengalaman yang didapat saat program magang, hal yang harus ditingkatkan kembali adalah komunikasi, tanggung jawab dan semangat dalam bekerja, serta memperdalam ilmu pengetahuan terkait akuntansi dan keuangan.
This internship report aims to conduct self reflection based on internship experience and evaluate the document verification and recognition of account receivable at PT RK. PT RK is a subsidiary of PT X which is engaged in the construction sector. Evaluation of the billing process internal control using the control activity component of the COSO internal control framework. The control activity components that were evaluated consisted of verification, reconciliation, authorization and approval, segregation of duties for main data control, supervisory control, and technology control. After conducting the evaluation, PT RK has a very good internal control implementation. Evaluation was also carried out on the recognition of PT RK’s billing. PT RK has acknowledged accordance with PSAK 72. After reflecting on the experience gained during the internship program, things that must be improved are communication, responsibility and enthusiasm for work, also deepening knowledge related to accounting and finance."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ita Evania Lase
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi sistem akuntansi atas penjualan aset yang terjadi di PT LI dan membuat refleksi diri atas kegiatan magang yang dilakukan di PT LI. PT LI telah menutup kegiatan operasional secara resmi sehingga melakukan penjualan aset yang terdiri atas persediaan, perlengkapan, dan aset tetap. Sistem akuntansi atas penjualan aset menggunakan siklus penjualan barang atau jasa karena secara umum memiliki kesamaan dengan siklus penjualan aset. Siklus penjualan terdiri atas empat aktivitas dasar, yaitu: memasukan pesanan penjualan, pengiriman, penagihan, dan penerimaan kas. Setiap aktivitas dalam siklus penjualan memiliki ancaman yang berbeda-beda dan setiap ancaman memiliki pengendalian internal untuk memitigasi ancaman tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan PT LI telah melakukan pengendalian internal untuk memitigasi ancaman yang mungkin terjadi dalam siklus penjualan aset, namun memerlukan peningkatan pengendalian di beberapa bagian. Terkait refleksi diri atas pelaksanaan magang di PT LI, penulis banyak mendapat pengalaman yang berharga. Penulis berkesempatan mengelola pemasukan dan pengeluaran dana perusahaan, mempelajari praktik akuntansi dan perpajakan yang terjadi di perusahaan, dan meningkatkan kemampuan komunikasi dalam lingkungan kerja.
This internship report aims to evaluate the accounting system for sales of asset that occurred at PT LI and to make self-reflections on the internship activities carried out at PT LI. PT LI has officially closed its operational activities so as to sell assets consisting of inventories, supplies, and fixed assets.The accounting system for the sale of assets uses the sales cycle of goods or services because in general it is similar to the asset sales cycle. The sales cycle consists of four basic activities, namely: sales order entry, shipping, billing, and cash collections. Every activity in the sales cycle has a different threat and each threat has internal controls. The evaluation shows that PT LI has implemented internal controls to mitigate threats that may occur in the asset sales cycle, but still requires increased control in several parts. Regarding self-reflection on the implementation of an internship at PT LI, the author has gained many valuable experiences. The author has the opportunity to manage the income and expenditure of company funds, study accounting and taxation practices that occur in the company, and improve communication skills in the work environment."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Michael Hans Clement
"Laporan magang ini membahas evaluasi perlakuan akuntansi aset tetap di PT AAA, perusahaan hasil penggabungan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 2021, yang bergerak di jasa kepelabuhanan. Pengalaman magang di perusahaan dijadikan sebagai objek evaluasi. Secara keseluruhan, PT AAA telah menerapkan perlakuan akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, dengan beberapa pengecualian. Hasil evaluasi menyarankan bahwa PT AAA perlu mengadakan diskusi tentang komponenisasi aset tetap, menyelaraskan sistem akuntansi, menyederhanakan administrasi, mengadakan pelatihan, maupun mengevaluasi secara rutin estimasi maupun pencatatan akuntansi. Selain itu, laporan ini menampilkan refleksi diri selama magang. Hal yang telah berjalan dengan baik adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kerja sama, dan manajemen waktu. Hal yang belum berjalan dengan baik adalah kemampuan komunikasi dan adaptasi terhadap lingkungan baru. Tindak lanjut terkait refleksi diri termasuk mempersiapkan diri untuk memasuki tempat kerja baru, mengambil sertifikasi yang terkait, meningkatkan keterampilan excel, dan mengasah kemampuan komunikasi.
This internship report focuses on the evaluation of accounting treatment for fixed assets in PT AAA, the surviving entity of a merger between four State-Owned Entities (SOE) in 2021, which operates in port services. Internship experience in the company is the object of the evaluation. Overall, PT AAA has implemented accounting treatment in accordance with the financial accounting standards used in Indonesia, with several exceptions. The evaluation results suggest that PT AAA should hold a discussion about componentization of fixed assets, align the accounting systems, simplify the bureaucracy, hold trainings, and do routine evaluations about the accounting estimates and records. Moreover, this report shows a personal reflection during the internship. The things that went well were the ability to think critically and creatively, cooperation, and time management. The things that had not gone well were the ability to communicate and adaptation to a new environment. Action plans regarding the personal reflection include self-preparation for new work place, taking relevant certifications, improving excel skill, and honing communication ability."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Vidya Intani Athfalina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi persiapan dokumen dalam rangka persidangan banding pajak yang dilakukan oleh PT OH. Adapun salah satu proses yang dimaksud adalah proses pengajuan banding Pajak Penghasilan Badan dan PPN pada PT SLI dengan fokus pada bagian pembuatan Surat Bantahan hingga persiapan dokumen persidangan pada Pengadilan Pajak. PT SLI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pengeboran lepas pantai. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, PT OH telah melaksanakan pendampingan proses banding sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan baik.
This internship report aims to evaluate the process of preparation of documents in the context of a tax appeal hearing conducted by PT OH. One of the processes referred to, is the process of filing an appeal for Corporate Income Tax and VAT at PT SLI with a focus on the making of Rebuttal Letter to the preparation of court documents at the Tax Court. PT SLI is a company engaged in the field of the offshore drilling contractors. Based on evaluation conducted, PT OH has already implemented assistance to the appeal process in accordance with the applicable laws and regulations."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Dominic Finian Gunawan
"Laporan magang ini membahas evaluasi atas perlakuan akuntansi yang dijalankan oleh PT Start-up IMT atas aset tetap berdasarkan PSAK 16. PT Start-up IMT adalah
start-up sektor
marketplace asal Indonesia yang beroperasi secara multinasional. Secara spesifik, perlakuan akuntansi yang dievaluasi adalah pengakuan dan pengukuran aset tetap. Melalui evaluasi, diperoleh beberapa temuan ketidaktepatan perlakuan akuntansi atas aset tetap pada PT Start-up IMT berdasarkan PSAK 16. Hasil evaluasi menyarankan perbaikan dalam perlakuan dan kebijakan akuntansi atas aset tetap agar sepenuhnya sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
The internship report discusses evaluation of accounting treatment carried out by PT Start-up IMT of its fixed assets based on PSAK 16. PT Start-up IMT is a multinational start-up company engaged in online marketplace sector which originated from Indonesia. Specifically, the accounting treatment that is evaluated is the recognition and measurement pratices of fixed assets. Through evaluation, several inaccuracies of accounting treatment of PT Start-up IMT’s fixed assets are detected based on PSAK 16. The evaluation result suggests improvements in PT Start-up IMT accounting practices and policies of fixed asset to fully comply with accounting standards."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ignatia Andrea
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses Sidang Banding Pajak Penghasilan Badan yang berfokus pada proses banding pajak PT BAG, produsen bahan kimia dan bahan industri, serta tantangan yang mereka hadapi dalam menyusun dokumen pendukung banding Pajak Penghasilan Badan yang diwakili oleh kuasa hukum konsultan KAP AI. Dengan melakukan metode penelitian kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang kesulitan PT BAG dan mengusulkan solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini melibatkan wawancara dengan konsultan pajak PT BAG dan memeriksa dokumen yang relevan. Temuan penelitian BAG mengalami kesulitan mendapatkan dokumentasi yang relevan dari penyedia layanan pihak ketiga dan kebingungan seputar persyaratan khusus untuk setiap dokumen. Laporan ini mengusulkan beberapa solusi untuk mengatasi tantangan ini, seperti mengembangkan pedoman yang lebih tepat untuk kompilasi dokumen dan membangun hubungan kerja yang lebih dekat antara konsultan pajak dan penyedia layanan pihak ketiga. Pada akhirnya, laporan ini memberikan wawasan berharga tentang proses banding pajak di Indonesia dan menyoroti pentingnya penyusunan dokumen praktis dalam mencapai hasil banding yang sukses.
This internship report aims to evaluate the Tax Appeal Hearings process of Corporate Income Tax, which focuses on the tax appeal process of PT BAG, a manufacturer of chemicals and industrial materials, and the challenges they faced in compiling supporting documents for their Corporate Income Tax appeal represented by attorneys for KAP AI consultants. By conducting qualitative research methods, the study aims to provide insights into PT BAG's difficulties and propose solutions to overcome them. The research involved interviews with PT BAG's tax consultants and examining relevant documents. The study findings BAG encountered difficulties obtaining relevant documentation from third-party service providers and confusion around the specific requirements for each document. The report proposes several solutions to address these challenges, such as developing more precise guidelines for document compilation and establishing closer working relationships between tax consultants and third-party service providers. Ultimately, the report provides valuable insights into the tax appeal process in Indonesia and highlights the importance of practical document compilation in achieving a successful appeal outcome."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Resti Fizriani
"Praktik Kerja Profesi Apoteker di PT. Farmasia Inovasi Megatrading bertujuan untuk menelaah pengelolaan dokumen di PT Farmasia Inovasi Megatrading dan melakukan inovasi pengelolaan dokumen menjadi lebih efektif. Kajian dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan pengamatan dan pencatatan terhadap pengelolaan dokumen di PT Farmasia Inovasi Megatrading sebelum dilakukan inovasi pengelolaan dokumen yang lebih efektif dan efisien. Kemudian disusun rancangan inovasi untuk membuat pengelolaan dokumen menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan ketidaksesuaian pengelolaan dokumen di PT Farmasia Inovasi Megatrading dengan CDOB yaitu dokumen pengelolaan dan pengadaan berada pada satu
bundle yang sama dan
bundle tidak diurutkan berdasarkan metode sistem pengarsipan. Dilakukan beberapa inovasi pengelolaan dokumen untuk memenuhi persyaratan CDOB dan membuat penelusuran dokumen menjadi lebih efektif dengan menyusunnya berdasarkan sistem penyimpanan alphabetis dan mengurutkannya sesuai dengan no. surat pesanan.
Pharmacist Professional Work Practices at PT. Farmasia Innovation Megatrading aims to examine document management at PT Farmasia Innovation Megatrading and innovate document management to be more effective. The study was carried out using the observation method. Data collection was carried out based on observations and recording of document management at PT Farmasia Innovation Megatrading before more effective and efficient document management innovations were implemented. Then an innovation plan was prepared to make document management more effective and efficient. Based on the results of observations, there was a discrepancy in document management at PT Farmasia Innovation Megatrading with CDOB, namely that management and procurement documents were in the same bundle and the bundles were not sorted based on the filing system method. Several document management innovations were carried out to meet CDOB requirements and make document tracking more effective by arranging them based on an alphabetical storage system and sorting them according to no. mail order."
Lengkap +
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gabriel Fiorentino Setiadin
"Laporan magang ini berisi evaluasi persiapan dokumen sidang formal oleh PT SPN dalam proses banding Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 PT UHY. Pokok sengketa banding pajak dalam kasus ini adalah perbedaan perhitungan Dasar Pengenaan Pajak PPh Pasal 23 Terutang antara Wajib Pajak (PT UHY) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Evaluasi yang dilakukan dalam laporan ini ditujukan untuk menilai kelengkapan dan keabsahan dokumen yang disiapkan oleh PT SPN sebagai kelengkapan administrasi banding di dalam sidang formal. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, praktik persiapan dokumen sidang formal oleh PT SPN dalam proses Banding PPh Pasal 23 PT UHY sudah efektif sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain evaluasi tersebut, laporan magang ini juga berisi refleksi diri penulis selama menjadi karyawan magang di PT SPN sehingga dapat dijadikan pembelajaran bagi perkembangan diri penulis di masa depan.
This internship report contains an evaluation of the preparation of formal hearing documents by PT SPN in the PT UHY Income Tax Article 23 appeal process. The subject of dispute over the tax appeal in this case is the difference in the calculation of the Basic Tax Imposition of Article 23 Outstanding Income Tax between the Taxpayer (PT UHY) and the Directorate General of Taxes. The evaluation carried out in this report is aimed at assessing the completeness and validity of documents prepared by PT SPN as a complete administrative appeal in a formal hearing. Based on the evaluation carried out, the practice of preparing formal trial documents by PT SPN in PT UHY's Income Tax Article 23 Appeal process was effective in accordance with applicable regulations. In addition to this evaluation, this internship report also contains the author's self-reflection during his time as an apprentice at PT SPN so that it can be used as a lesson for the author's self-development in the future."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Athaya Nur Ubaydah
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas praktik prosedur audit yang dilakukan oleh KAP A terhadap akun utang usaha PT M atas transaksi pembelian barang material produksi untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2020. Laporan magang ini disusun berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama melaksanakan magang di KAP A. Prosedur audit yang menjadi objek evaluasi yaitu prosedur uji rincian atas akun utang usaha yang terdiri dari uji rekonsiliasi, uji translasi mata uang, dan konfirmasi eksternal. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kesesuaian antara praktik prosedur audit KAP A dengan teori yang relevan dan standar yang berlaku sebagai kerangka evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit yang telah dilakukan KAP A atas akun utang usaha PT M telah sesuai dengan teori pengauditan dan akuntansi serta Standar Audit (SA) yang relevan. Selain itu, laporan ini juga membahas refleksi diri selama melaksanakan periode magang di KAP A beserta rencana tindak lanjut sebagai bahan perbaikan diri di masa depan.
This internship report discusses the evaluation of audit procedures performed by KAP A on the accounts payable of PT M for the purchase of production material goods for the period ended December 31, 2020. This report was made based on the writer’s experience gained during the internship period at KAP A. The audit procedures which will be the object of evaluation is the test of details on accounts payable consisting of reconciliation testing, currency translation testing, and external confirmation. The evaluation was conducted by comparing the compatibility of the procedures performed by KAP A with the relevant theories and applicable standards as evaluation framework. The evaluation results indicate that the audit procedures performed by KAP A on the accounts payable of PT M have been done appropriately in accordance with audit and accounting theories, and also relevant auditing standard or Standar Audit (SA). In addition, this report also discuss the self-reflection during the internship period at KAP A along with the action plans for the purpose of self-improvement in the future."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library