Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86694 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Virsya Pramesti Salsabila
"Crashworthiness merupakan kemampuan suatu kendaraan untuk melindungi penumpang saat terjadi tabrakan. Pada kendaraan terdapat crumple zone yang berguna untuk mendistribusi dan menyerap energi ketika tabrakan. Crashworthiness dapat ditingkatkan berdasarkan desain dari struktur pada crumple zone baik bentuk, material, dan metode manufaktur. Metode manufaktur yang umum digunakan dalam industri otomotif merupakan spot weld. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah spot weld pada crashworthiness struktur berdinding tipis berpenampang bulat. Penelitian ini dilakukan dengan membuat model struktur berdinding tipis berpenampang bulat dengan variasi jumlah spot weld 2, 4, 8, 12, dan 16 titik. Model akan dianalisis dengan ANSYS Explicit Dynamics untuk mengetahui nilai energy absorption dan crush force efficiency. Hal ini diharapkan untuk mengetahui pengaruh jumlah spot weld serta jumlah spot weld yang optimal pada struktur berdinding tipis berpenampang bulat. Dilakukan uji dengan kecepatan impaktor 15.56 m/s dan didapat berdasarkan hasil uji bahwa struktur dengan 8 titik spot weld merupakan struktur yang optimal untuk digunakan. Disarankan melakukan uji eksperimen untuk meneliti lebih lanjut sifat dari sambungan las. Studi ini masih dalam tahap awal, oleh karena itu dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Crashworthiness is the ability of a vehicle to protect the passengers during collision. On the vehicle, there is a crumple zone which is useful for distributing and absorbing energy during collision. Crashworthiness can be improved based on the design, material, and the manufacturing process used in the structure. Spot weld is one of the commonly used method for manufacturing in the automotive industry. This study aims to determine the influence of number of spot welds on crashworthiness of a thin-walled structure with circular cross-section. This research was conducted by making models with several variations in the number of spot weld, which is 2, 4, 8, 12, and 16 points. The models will be analyzed with ANSYS Explicit Dynamics to determine the value of energy absorption and crush force efficiency. The analysis is used to determine the influence of spot welds number and the optimal number of spot weld for a thin walled structure with circular cross-section. A test was done with an impactor speed of 15.56 m/s and based on the test result, it shows that the structure with 8 spot welds. It is recommended to conduct an experimental test to further investigate the properties of the welded joint. This study is still in its early stages, therefore further studies are needed to obtain perfect results."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felix Dionisius
"ABSTRAK
Penggunaan struktur terutama kolom berongga berpenampang dan mempunyai ketebalan dinding tipis sangat banyak digunakan pada konstruksi terutama karena sangat ekonomis. Selain ekonomis, komponen struktur ini juga sangat berpengaruh dalam penyerapan energi spesifik (SEA) khususnya dalam dunia otomotif jika mengalami kecelakaan yang dikenal dengan salah satu kritera crashworthiness. Selain kriteria tersebut, gaya maksimum Pmax dan efisiensi gaya tumbukan (CFE) juga sangat diperhitungkan dalam kriteria ini. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk mengetahui kriteria ini dalam hal faktor keselamatan saat mengalami kecelakaan. Penelitian ini menggunakan kolom berongga berpenampang persegi dengan variasi sudut, diameter crush initiator berbentuk lingkaran, dan ketebalan dinding spesimen. Metode yang digunakan adalah metode simulasi numerik dengan bantuan program PAM-Crash dan ekperimental (jatuh bebas) dengan menggunakan disain eksperimental Taguchi yang dikenal dengan orthogonal array (Ln). Kedua metode ini akan dibandingkan sebagai validasi data hasil kriteria crashwothiness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi optimum crsahworthiness pada kolom berongga berpenampang persegi jika mengalami tabrakan dari depan dengan mengetahui nilai kriteria setiap kondisi spesimen. Selain itu perlu juga mengetahui persamaan yang merupakan fungsi dari ketiga variabel tersebut. Hasil optimum dari kriteria ini dengan mempetimbangkan Pmax, CFE, dan SEA adalah secara berurutan 00, tebal 0,6 mm, diameter 10 mm ; 450, tebal 1 mm dan berdiamer 3 mm; 450, tebal 0.6 mm dengan diameter 10 mm.

ABSTRACT
Utilization of thin walled structure especially column is often used in every construction field because it is inexpensive. In the field of automotive, it is used for specific energy absorption (SEA) during an accident. It is known one of crashworthiness criteria. Beside of it, maximum peak force Pmax and crush force efficiency (CFE) must be considered to make crashworthiness criteria to be better. In order to know the value of its criteria, researchers have to research this column to protect the occupant during an accident. Square column as thin walled structure is used for this research. The column had initiators which is given variation of angle, diameter and thickness. Taguchi method was used to design the experimental which using numerical simulation with PAM-Crash and experimental with drop test method. Both of them were used validation data of crashworthiness criteria each other. The purpose of this research was to know the optimum condition with each of crashworthiness criteria and the function to predict it. The results of optimum condition is for Pmax, CFE and SEA : 00, 0,6 mm of thickness, 10 mm of diameter ; 450, 1 mm of thickness, 3 mm of diameter; 450, 0.6 mm of thickness, 10 mm of diameter"
2016
T45630
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Ismail Wibisono
"Dalam pengembangan produk otomotif selain peningkatan performa dan efisiensi bahan bakar, fitur keselamatan tetap menjadi faktor utama yang perlu dipenuhi untuk menjamin keselamatan penumpang. Metode pengujian Crashworthiness dilakukan untuk mengevaluasi desain struktur kendaraan yang boleh berdeformasi, berdasarkan parameter energi absorpsi tumbukan dan efisiensi gaya tumbukan-nya. Mayoritas kecelakaan lalu- lintas melibatkan tabrakan pada arah depan kendaraan, membuat struktur bumper kendaraan menjadi bagian penting, serta didesain spesifik untuk berdeformasi sehingga dapat menyerap energi kinetik tumbukan secara efektif dan mengurangi penyebaran energi yang dapat mempengaruhi pengguna dan struktur lain kendaraan. Variasi geometri struktur dikembangkan dengan menambahkan crush initiator sehingga mempengaruhi karakteristik struktur dalam menyerap energi kinetik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui performa crashworthiness dari desain struktur Tabung berdinding tipis dengan penambahan crush initiator pada sudut struktur tabung. Pengujian pembebanan kuasi statik dengan metode ekperimental dan numerikal sementara pembebanan dinamik dilakukan dengan metode numerikal menggunakan software Ansys-LS Dyna. Hubungan variasi dimensi dan jarak crush initiator diteliti untuk mengetahui pengaruhnya terhadap struktur sehingga didapat desain dengan performa crashworthiness terbaik. Hasilnya pengujian menunjukan pengaruh signifikan dari pemberian crush initiator pada tabung berdinding tipis terhadap performa crashworthiness untuk menurunkan gaya tumbukan awal, serta hasil antara eksperimen dan numerik menunjukan pola dan karakteristik yang menyerupai.

The developments of vehicle, apart from improving engine performance and fuel efficiency, safety features remain the major factor that needs to be met to ensure safety. The Crashworthiness test method is carried out to evaluate the design of a deformable vehicle structure, based on the parameters of the absorption energy and its crush force efficiency. The making the vehicle crashbox structure an important part that specifically designed to deformable, and absorp the kinetic energy of the collision effectively and reduce the spread of energy that can affect the occupant and other structures of the vehicle. Variations in geometry are developed by adding Crush-Initiator that affects the characteristics of the structure in absorbing energy. The purpose of this research is to determine the crashworthiness performance of thin-walled tube structure design with the addition of Crush Initiator at the corner of the tube structure known as V-Notch or Diamond notch. Quasi-static loading were conduct with experimental and numerical methods while dynamic loading is carried out by numerical method using Ansys-LS Dyna software. The relationship between dimension variations and crush initiator distance is investigated to determine its effect on the structure in order to obtain the design with the best crashworthiness performance. The results show significant effect of crush-initiator on the crashworthiness to reduce the initial impact force, and the experimental and numerical results show similar patterns and characteristics."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Rio Prabowo
"The main objective of this paper is to review and examine the effects of the selected collision parameter values on the characteristics of collision energy in several ship collision scenarios. The benchmarking particulars were taken from the ship-to-ship collision case on Sunda Strait in 2014, while the collision process was modeled with non-linear simulations using the finite element (FE) method to determine the predicted damage and internal energy in the collision process. In the first phase, the verified model for the numerical simulation was built based on the benchmarks and other previous findings by researchers. The study of parameters during the collision process was performed in a later stage. The location of the target point in the vertical axis and the effect of the collision angle were the primary main focuses. The characteristics of damage and energy tendencies will be presented. One remarkable findings was that the structure of the car deck showed a better resistance and was more difficult to destroy than the other proposed locations. The angle position between the two objects during the impact process significantly contributed to the damage pattern on the side hull. The final results also indicated that the cross-section of the target point’s location influenced the observed parameters."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2016
UI-IJTECH 7:4 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mizan Eryandhika Guntorozi
"Ilmu umum crashworthiness, digambarkan dengan gaya tabrakan yang kecil untuk mengurangi deselerasi dan meminimalisir kecelakaan berat yang terjadi pada penumpang pada saat terjadi tabrakan. Untuk itu, diperlukan pengembangan struktur yang idealnya menyerap energi tinggi, dengan Initial Peak Force (IPF) yang rendah. Menurut jurnal yang telah diteliti, kemampuan penyerapan energi dapat dipengaruhi dari geometri struktur dan material yang digunakan. Struktur berdinding tipis berbentuk tabung lebih memiliki kemampuan Energy Absorption (EA), Specific Energy Absorption (SEA) yang lebih tinggi daripada struktur penampang bentuk lain. Masalah utama pada struktur tabung adalah nilai IPF yang sangat tinggi yang berpotensi menyebabkan kecelakaan berat. Oleh karena itu, optimalisasi struktur pada penelitian ini adalah dengan melakukan simulasi impact velocity test pada tabung terbuka dan tertutup untuk mengetahui geometri yang lebih baik dalam memenuhi kriteria crashworthiness. Setelah itu dilakukan simulasi pada struktur tabung terbuka tanpa crush initiator lubang, dengan tambahan crush initiator lubang berjumlah N-1, N-2, N-3, N-4 dan N-5. Tujuannya adalah untuk menurunkan nilai IPF, dan menentukan mode deformasi yang paling optimal beserta dengan kombinasi geometri struktur dan penggunaan material yang paling optimal, dengan tetap mempertahankan nilai EA, SEA dan Crush Force Efficiency (CFE). Metode simulasi dilanjutkan dengan validasi simulasi jurnal terkait. Hasil simulasi struktur diambil dengan metode pengambilan keputusan VIKOR dan didapatkan bahwa struktur tabung berdinding tipis material AA6061-T6 dengan penambahan crush initiator lubang sebanyak 3 level merupakan alternatif struktur yang paling optimal.

The general science of crashworthiness, described by a small collision force to reduce deceleration and minimize serious accidents that occur to passengers in the event of a collision. For this reason, it is necessary to develop a structure that ideally absorbs high energy, with a low Initial Peak Force (IPF). According to the journal that has been researched, the ability to absorb energy can be influenced by the geometric structure and the materials used. The thin-walled tube structure has higher Energy Absorption (EA) and Specific Energy Absorption (SEA) capabilities than other cross-sectional structures. The main problem with the tube structure is the very high IPF value which causes serious accidents. Therefore, the optimization of the structure in this study is to perform a simulation of the impact velocity test on an open and closed tube to find out a better geometry in meeting the crashworthiness criteria. After that, simulations were carried out on an open tube structure without a hole crush initiator, with also additional crush initiators opening holes N-1, N-2, N-3, N-4 and N-5. The goal is to reduce the IPF value, and determine the most optimal deformation mode along with the most optimal combination of structural geometry and material use, while maintaining the EA, SEA and Crush Force Efficiency (CFE) values. The simulation method was followed by simulation validation journal. The results of the structural simulation were taken using the VIKOR decision-making method and it was found that the thin-walled tube structure of AA6061- T6 material with the addition of 3 levels of hole crush initiator is the most optimal alternative structure."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Putranto
"ABSTRAK
Teknologi transportasi zaman sekarang khususnya mobil membutuhkan rancangan yang mengutamakan faktor keamanan, keselamatan serta perlindungan terhadap kompartemen penumpang yang dikenal dengan fenomena crashworthiness. Uji simulasi mengenai pengaruh penambahan polyurethane foam dengan menggunakan variasi crush initiator akan menjadi fokus penelitian dengan penyederhanaan pengujian crashworthiness menjadi pembebanan impak aksial. Tujuan utamanya adalah mengetahui pengaruh penambahan polyurethane foam dan crush initiator sehingga mampu meningkatkan penyerapan energi dan mengurangi gaya tumbukan puncak saat terjadi tabrakan. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyerapan energi yang meningkat 6 hingga 20.23 dan minimalisasi gaya tumbukan puncak mencapai 47 saat terjadi tabrakan.

ABSTRACT
Transportation technology in current day rsquo s, especially cars need a design that prioritizes security, safety and protection against passenger compartments known as crashworthiness phenomena. The simulation test of the effect of adding polyurethane foam by using a variation of the crush initiator will be the focus of the research with the simplification of crashworthiness testing into axial impact loading. The main purpose is to know the effect of adding polyurethane foam and crush initiator so as to increase energy absorption and reduce peak impact force during collision. The end of the result obtained from this research is the absorption of energy that increased 6 to 20.23 and minimization the peak crushing force reached 47 when the collision occured."
2017
S67970
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muslimah Imaniati Asri
"Tesis ini membahas mengenai analisa pengaruh variabel demografi yaitu umur pemilik kendaraan bermotor dan profesi dengan mengikutsertakan beberapa variabel kontrol yang dinilai juga memiliki hubungan. Penelitian ini menggunakan metode Generalized Linear Method dan memberikan hasil yang menunjukkan bahwa, hanya variabel umur pemilik kendaraan bermotor yang signifikan terhadap variabel severitas klaim, frekuensi klaim dan premi murni. Semakin bertambah usia seseorang akan berpengaruh terhadap penurunan premi dikarenakan semakin tinggi tingkat kehati-hatiannya sehingga premi yang diberikan semakin rendah.

This thesis discusses the analysis of the influence of demographic variables such as age and
profession of motor vehicle owners . by including some of the control variables assessed also has
hubunagn . This research method menggunazan Generalized Linear Method and results showed
that only age variable motor vehicle owners are significant to the variable severity of claims ,
claim frequency and pure premium . The more mature person will affect the premium decline
due to the higher level of caution that given the lower premiums"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan menimbulkan berbagai masalah yang ada, antara lain ketidakseimbangan antara lahan parkir yang tersedia dengan kendaraan yang ada pada perguruan tinggi di kota Bandung karena semakin besarnya populasi (Jumlah dosen, Karyawan, dan Mahasiswa) di perguruan tinggi maka semakin besar pula tata guna lahan untuk suatu lahan parkir yang diperlukan agar dapat menunjang kegiatan di perguruan tinggi tersebut, seperti pada Universitas Jenderal Achmad Yani, Universitas Katolik Parahyangan, dan Institut Teknologi Nasional.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi tersebut masih mampu melayani kebutuhan parkir yang ada kecuali Universitas Katolik Parahyangan. Di mana kapasitas parkir umumnya mencapai kapasitas yang ada. Pergantian parkir (Parking Turn Over), kendaraan mobil terbesar terjadi pada Universitas Katolik Parahyangan yaitu sebesar 4 kendaraan/hari/ruang parkir sedangkan untuk motor Pergantian parkir terbesar juga terjadi pada Universitas Katolik Parahyangan sebesar 4 (empat) kendaraan/hari/ruang parkir. Nilai Indeks Parkir mobil dan motor pada Universitas Jenderal Achmad Yani diperoleh sebesar 21%, untuk mobil di Universitas Katolik Parahyangan sebesar 97% dan motor sebesar 153% serta On Street sebesar 68%, sedangkan untuk nilai Indeks Parkir untuk mobil di Institut Teknologi Nasional sebesar 30% dan untuk motor sebesar 41%.
Dengan menggunakan analisis regresi didapat persamaan untuk mobil Y = 0,2593X, korelasi (r) = 0,9477 dan determinasi (r2) = 0,892. Maka disimpulkan tingkat kebutuhan parkir kendaraan mobil di mana 72% dari jumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan sedangkan 28% dipengaruhi faktor lain, untuk motor 90% dari jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan dan sisanya 10% dipengaruhi faktor lain. Dan pada tingkat kebutuhan parkir di perguruan tinggi di kota Bandung didapat sebesar 0,2997 di mana hasilnya lebih tinggi dari hasil standard SRP sebesar 0,02."
KWK 17:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maulida Bellafaransi
"ABSTRAK
Tingkat pelanggaran lalu lintas di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Faktor yang menjadi penyebab pelanggaran lalu lintas ini terbagi menjadi faktor internal yaitu karakteristik pengemudi, dan faktor eksternal yaitu situasi lalu lintas di jalan raya seperti kepadatan lalu lintas. Pada karakteristik pengemudi, terdapat perbedaan perilaku pada pria dan wanita dalam berkendara. Walaupun begitu, baik pria dan wanita memiliki kesamaan aktivitas yang dilakukan saat mengendarai mobil, yaitu mendengarkan musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari genre musik dan kepadatan lalu lintas terhadap perilaku pengendara mobil pria dan wanita, yang dilihat dari jumlah pelanggaran, kecepatan rata-rata, dan frekuensi pengereman. Sementara genre musik yang diujikan adalah musik pop, jazz, dan rock. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan driving simulator dan kuesioner perilaku pengendara DBQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genre musik mempengaruhi perilaku seseorang dalam berkendara. Baik pria maupun wanita memiliki kecenderungan berperilaku lebih baik ketika diperdengarkan musik jazz dan berperilaku paling agresif ketika diperdengarkan musik rock.

ABSTRACT
The number of traffic violations in Indonesia is always increasing for years. This might be caused by the internal factors, which is the characteristic of the driver, and the external factors, which is the traffic situation such as traffic density. Driving behavior of men are women tends to be different. However, they have similarity in activities performed while driving, which is listening to music. This study aims to determine the effect of music genres and traffic density on the driving behavior of men and women, which could be seen from the number of violations, average speed, and braking frequency. The music genres which are being tested is pop, jazz, and rock. This research was conducted by using a driving simulator and driving behavior questionnaire (DBQ). The results showed that the music genres affect a person's driving behavior. Both men and women have a tendency to behave better in driving when jazz was played, but behave more aggressively in driving when rock was played.
"
2015
S60096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdian Irbany
"Usaha mini market yang juga beroperasi sebagai restoran sudah menjadi trend di kalangan masyarakat untuk beberapa tahun belakangan ini. Aktivitas ekonomi dari mini market telah mempengaruhi karakteristik transportasi kota, termasuk dalam hal penggunaan parkir. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji karaktersitik dan kebutuhan ruang parkir pada mini market yang dilengkapi dengan restoran di kota Jakarta saat ini. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengambilan lokasi mini market yang dilengkapi dengan restoran pada wilayah daerah bisnis sebanyak 7 tempat. Data yang diperlukan meliputi data parkir yang diperoleh dari proses perekaman selama 12 jam dan dan survei invetarisasi fasilitas parkir.
Hasil kajian menunjukkan bahwa karakteristik parkir mobil memiliki rata-rata durasi parkir 0,3655 ± 0,1732 jam/kendaraan (short duration) dan memiliki nilai parking turnover yang cukup tinggi yaitu 0,7513 ± 0,4822 kendaraan/SRP/jam dan karakteristik parkir motor memiliki rata-rata durasi parkir 0,7513 ± 0,4822 jam/kendaraan (medium duration) dan memiliki nilai parking turnover yang cukup rendah sebesar 0,3696 ± 0,0843 kendaraan/SRP/jam. Dari hasil pengamatan yang dilakukan dan berdasarkan hasil perhitungan rata-rata indeks parkir, 100% atau 7 dari 7 mini market telah dapat memenuhi kebutuhan parkir mobil dan motor mini marketnya.

Mini market which also operated as a restaurant has become a trend for the past few years. Economic activity from mini market has affected the transportation characteristics of the city, including the use of parking facilities. The purpose of this study is to study the characteristics and needs of parking space at mini market with restaurant in city of Jakarta. This research is limited to 7 (seven) mini markets with restaurant which located on business area. Data required includes parking data which is obtained from the 12 hours recording and parking facilities surveys.
The results show that parking characteristics of car have an average parking duration 0,3655 ± 0,1732 hours/vehicle (short duration) and a quite high of parking turnover, i.e. 0,7513 ± 0,4822 vehicle/UPS/hour, while parking characteristics of motorcycle have an average parking duration 0,7513 ± 0,4822 hours/vehicle and a fairly low of parking turnover ,i.e. 0,3696 ± 0,0843 vehicle/UPS/hour. Furthermore, this study shows that the average index parking is 100%, where it can be concluded that all the mini markets have been able to meet the needs of car and motorcycle parking spaces.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52971
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>