Ditemukan 151458 dokumen yang sesuai dengan query
Anisa Hasna Nabila
"Manajemen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memiliki kebutuhan akan data alumni dalam jumlah yang cukup besar. Data yang dibutuhkan juga beragam dan ditujukan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah kepentingan akreditasi akademik serta kerja sama akademik. Sayangnya, data alumni yang tersimpan pada Sistem Informasi Akademik NextGeneration (SIAKNG) sebagai sumber data utama sudah tidak lagi up-to-date dan tidak dapat diperbarui secara mandiri oleh alumni terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem alumni berbasis website bernama ILUNI12 Channel dikembangkan. Akan tetapi, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Manajemen Fasilkom UI, saat ini sistem masih memiliki kekurangan dan belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain Manajemen Fasilkom UI, pengurus ILUNI Fasilkom UI dan para alumni sendiri juga mengalami kesulitan dalam memperoleh data alumni untuk kebutuhan mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan solusi atas permasalahan yang dialami dengan menggunakan agile methodology sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan kebutuhan menggunakan metode kualitatif. Masalah yang diidentifikasi dikelompokkan menjadi dua masalah utama, yaitu masalah terkait data gathering dan data retrieval. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penelitian ini mengajukan proposal solusi serta rancangan solusi dari aspek teknis. Melalui rancangan solusi tersebut, penelitian ini berhasil mengimplementasi solusi berupa fitur-fitur data gathering dan data retrieval pada sistem ILUNI12 Channel. Penelitian ini kemudian mengevaluasi solusi dengan melakukan usability testing serta user acceptance testing kepada satu pihak manajemen dan lima orang alumni. Hasil kuesioner system usability scale memiliki nilai rata-rata 85.83 dengan grade scale B. Grade ini menunjukkan bahwa desain dari fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Selain itu, responden penelitian juga menyatakan bahwa fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.
The Management of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (Fasilkom UI) has a need for a large amount of alumni data. The data required are varied and are intended for various purposes, including the interests of academic accreditation and academic cooperation. Unfortunately, the alumni data stored in the NextGeneration Academic Information System (SIAK-NG) as the main data source are no longer up-to-date and cannot be updated independently by the alumni. To solve this problem, a website-based alumni system called ILUNI12 Channel was developed. However, based on interviews conducted with Management of Fasilkom UI, the current system still has shortcomings and has not been able to meet their needs. Apart from Management of Fasilkom UI, ILUNI Fasilkom UI administrators and alumni themselves also experienced difficulties in obtaining alumni data for their needs. This research is aimed at developing solutions to the problems experienced by using agile methodology as a research methodology. This study identifies problems and needs using qualitative methods. The identified problems are grouped into two main problems, namely problems related to data gathering and data retrieval. Based on these problems, this research proposes a solution proposal as well as a solution design from the technical aspect. Through this solution design, this research succeeded in implementing a solution in the form of data gathering and data retrieval features on the ILUNI12 Channel system. This research then evaluates the solution by conducting usability testing and user acceptance testing on one management and five alumni. The results of the system usability scale questionnaire have an average score of 85.83 with a B grade scale. This grade indicates that the design of the implemented features has been well received by users. In addition, research respondents also stated that the features that were implemented were able to solve the problems at hand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anisa Hasna Nabila
"Manajemen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memiliki kebutuhan akan data alumni dalam jumlah yang cukup besar. Data yang dibutuhkan juga beragam dan ditujukan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah kepentingan akreditasi akademik serta kerja sama akademik. Sayangnya, data alumni yang tersimpan pada Sistem Informasi Akademik NextGeneration (SIAKNG) sebagai sumber data utama sudah tidak lagi up-to-date dan tidak dapat diperbarui secara mandiri oleh alumni terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem alumni berbasis website bernama ILUNI12 Channel dikembangkan. Akan tetapi, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Manajemen Fasilkom UI, saat ini sistem masih memiliki kekurangan dan belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain Manajemen Fasilkom UI, pengurus ILUNI Fasilkom UI dan para alumni sendiri juga mengalami kesulitan dalam memperoleh data alumni untuk kebutuhan mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan solusi atas permasalahan yang dialami dengan menggunakan agile methodology sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan kebutuhan menggunakan metode kualitatif. Masalah yang diidentifikasi dikelompokkan menjadi dua masalah utama, yaitu masalah terkait data gathering dan data retrieval. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penelitian ini mengajukan proposal solusi serta rancangan solusi dari aspek teknis. Melalui rancangan solusi tersebut, penelitian ini berhasil mengimplementasi solusi berupa fitur-fitur data gathering dan data retrieval pada sistem ILUNI12 Channel. Penelitian ini kemudian mengevaluasi solusi dengan melakukan usability testing serta user acceptance testing kepada satu pihak manajemen dan lima orang alumni. Hasil kuesioner system usability scale memiliki nilai rata-rata 85.83 dengan grade scale B. Grade ini menunjukkan bahwa desain dari fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Selain itu, responden penelitian juga menyatakan bahwa fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.
The Management of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (Fasilkom UI) has a need for a large amount of alumni data. The data required are varied and are intended for various purposes, including the interests of academic accreditation and academic cooperation. Unfortunately, the alumni data stored in the NextGeneration Academic Information System (SIAK-NG) as the main data source are no longer up-to-date and cannot be updated independently by the alumni. To solve this problem, a website-based alumni system called ILUNI12 Channel was developed. However, based on interviews conducted with Management of Fasilkom UI, the current system still has shortcomings and has not been able to meet their needs. Apart from Management of Fasilkom UI, ILUNI Fasilkom UI administrators and alumni themselves also experienced difficulties in obtaining alumni data for their needs. This research is aimed at developing solutions to the problems experienced by using agile methodology as a research methodology. This study identifies problems and needs using qualitative methods. The identified problems are grouped into two main problems, namely problems related to data gathering and data retrieval. Based on these problems, this research proposes a solution proposal as well as a solution design from the technical aspect. Through this solution design, this research succeeded in implementing a solution in the form of data gathering and data retrieval features on the ILUNI12 Channel system. This research then evaluates the solution by conducting usability testing and user acceptance testing on one management and five alumni. The results of the system usability scale questionnaire have an average score of 85.83 with a B grade scale. This grade indicates that the design of the implemented features has been well received by users. In addition, research respondents also stated that the features that were implemented were able to solve the problems at hand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Anisa Hasna Nabila
"Manajemen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memiliki kebutuhan akan data alumni dalam jumlah yang cukup besar. Data yang dibutuhkan juga beragam dan ditujukan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah kepentingan akreditasi akademik serta kerja sama akademik. Sayangnya, data alumni yang tersimpan pada Sistem Informasi Akademik NextGeneration (SIAK-NG) sebagai sumber data utama sudah tidak lagi up-to-date dan tidak dapat diperbarui secara mandiri oleh alumni terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem alumni berbasis website bernama ILUNI12 Channel dikembangkan. Akan tetapi, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Manajemen Fasilkom UI, saat ini sistem masih memiliki kekurangan dan belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain Manajemen Fasilkom UI, pengurus ILUNI Fasilkom UI dan para alumni sendiri juga mengalami kesulitan dalam memperoleh data alumni untuk kebutuhan mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan solusi atas permasalahan yang dialami dengan menggunakan agile methodology sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan kebutuhan menggunakan metode kualitatif. Masalah yang diidentifikasi dikelompokkan menjadi dua masalah utama, yaitu masalah terkait
data gathering dan data retrieval. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penelitian ini mengajukan proposal solusi serta rancangan solusi dari aspek teknis. Melalui rancangan solusi tersebut, penelitian ini berhasil mengimplementasi solusi berupa fitur-fitur data gathering dan data retrieval pada sistem ILUNI12 Channel. Penelitian ini kemudian mengevaluasi solusi dengan melakukan usability testing serta user acceptance testing kepada satu pihak manajemen dan lima orang alumni. Hasil kuesioner system usability scale memiliki nilai rata-rata 85.83 dengan grade scale B. Grade ini menunjukkan bahwa desain dari fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Selain itu, responden penelitian juga menyatakan bahwa fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.
The Management of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (Fasilkom UI) has a need for a large amount of alumni data. The data required are varied and are intended for various purposes, including the interests of academic accreditation and academic cooperation. Unfortunately, the alumni data stored in the NextGeneration Academic Information System (SIAK-NG) as the main data source are no longer up-to-date and cannot be updated independently by the alumni. To solve this problem, a website-based alumni system called ILUNI12 Channel was developed. However, based on interviews conducted with Management of Fasilkom UI, the current system still has shortcomings and has not been able to meet their needs. Apart from Management of Fasilkom UI, ILUNI Fasilkom UI administrators and alumni themselves also experienced difficulties in obtaining alumni data for their needs. This research is aimed at developing solutions to the problems experienced by using agile methodology as a research methodology. This study identifies problems and needs using qualitative methods. The identified problems are grouped into two main problems, namely problems related to data gathering and data retrieval. Based on these problems, this research proposes a solution proposal as well as a solution design from the technical aspect. Through this solution design, this research succeeded in implementing a solution in the form of data gathering and data retrieval features on the ILUNI12 Channel system. This research then evaluates the solution by conducting usability testing and user acceptance testing on one management and five alumni. The results of the system usability scale questionnaire have an average score of 85.83 with a B grade scale. This grade indicates that the design of the implemented features has been well received by users. In addition, research respondents also stated that the features that were implemented were able to solve the problems at hand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Wu, Shengli
"[Data fusion in information retrieval This book offers a theoretical and empirical approach to data fusion, used in information retrieval in complex, diverse settings such as web and social networks, legal, enterprise and others. Discusses, analyzes and ealuates typical data fusion algorithms., Data fusion in information retrieval This book offers a theoretical and empirical approach to data fusion, used in information retrieval in complex, diverse settings such as web and social networks, legal, enterprise and others. Discusses, analyzes and ealuates typical data fusion algorithms.]"
New York: [Springer, ], 2012
e20395536
eBooks Universitas Indonesia Library
New York, NY: Pretice-Hall , 1992
005 INF
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ahmad Muhammad Imaaduddin
"Dalam Satellite News Gathering (SNG) kecepatan dan keakuratan data merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan kualitas sistem Sutellite News Gathering. Kualitas sistem banyak dipengaruhi oleh jenis peralatan dan cara instalasinya dilapangan. Pointing antena merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam proses instalasi sistem sehingga diperoleh tingkatan Eb/No yang bagus, dimana dengan tingkatan Eb/No yang memenuhi spesifikasi akan didapatkan nilai bit rate yang tinggi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
020 ITL 20:2 (2001)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Syifa Nabilah Hendriyanto
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi salah satu proses uji tuntas pajak, yaitu pengumpulan data dan pengumpulan informasi yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik ABC untuk proyek X. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan proses pelaksanaan pengumpulan data dan prosedur pengumpulan informasi dengan teori yang relevan.
Berdasarkan evaluasi, hasil menunjukkan bahwa pengumpulan data dan proses pengumpulan informasi yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik ABC pada review uji tuntas pajak proyek X telah sesuai dengan teori yang relevan. Namun, masih ada beberapa kekurangan yang teridentifikasi pada implementasi proses. Oleh karena itu, penulis mengusulkan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi.
This internship report aims to evaluate one of tax due diligence process, which is the data collection and information gathering conducted by ABC Public Accounting Firm for project X. The evaluation is conducted by comparing the process of conducting the data collection and information gathering procedure with the relevant theories. Based on the evaluation, the result shows that the data collection and information gathering process conducted by ABC Public Accounting Firm on project X's tax due diligence review have been in accordance with the relevant theories. However, there are still several deficiencies identified on the implementation of the process. Therefore, I proposed some recommendations to improve the efficiency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Calmeryan Jireh
"Adanya kebutuhan dalam pendataan karya ilmiah dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia mendorong SDM Fasilkom Universitas Indonesia untuk melakukan pendataan secara manual dengan melalui layanan indeksasi Scopus dan Google Scholar. Proses pendataan yang dilakukan membutuhkan waktu yang lama dikarenakan pengambilan data untuk setiap karya ilmiah dilakukan secara manual. Kekurangan ini memicu dikembangkannya aplikasi berbasis web arsip data karya ilmiah dosen Fasilkom Universitas Indonesia. Pengembangan aplikasi berbasis web dipilih atas kemudahannya untuk diakses. Aplikasi web yang dikembangkan ini memberikan manfaat praktis untuk mempermudah dan mempercepat proses pengambilan data karya ilmiah dosen Fasilkom UI. Aplikasi web yang dikembangkan dapat melakukan proses pengambilan data dari dua sumber yang berbeda secara bersamaan. Adapun data karya ilmiah yang disimpan ditampilkan sedemikian rupa dalam antarmuka pengguna dengan berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan SDM Fasilkom Universitas Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan dengan metodologi Scrum mengingat kemampuan adaptasinya yang tinggi untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi selama proses pengembangan berlangsung. Performa dan capaian aplikasi dalam memenuhi kebutuhan pengguna diukur melalui evaluasi aplikasi dengan melakukan User Acceptance Testing (UAT) dan uji performa dengan Locust. Hasil dari UAT yang dilakukan menunjukkan keberhasilan dari seluruh test case yang dijalankan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebutuhan dari dibuatnya aplikasi ini telah tercapai.
The need for organizing the academic works of faculty members at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia, has driven the human resources of Fasilkom Universitas Indonesia to manually collect data through the indexing services of Scopus and Google Scholar. The manual data collection process for each academic work consumed a considerable amount of time. To address this drawback, a web-based archive application for academic works of Fasilkom Universitas Indonesia was developed. The choice of a web-based application was driven by its accessibility and practical benefits in facilitating and expediting the process of retrieving academic work data. The developed web application has the capability to retrieve data from both Scopus and Google Scholar simultaneously. The stored scientific work data is presented in a user interface designed with various features tailored to the needs of Fasilkom Universitas Indonesia's human resources. The application was developed using the Scrum methodology, considering its high adaptability to accommodate changes during the development process. The performance and achievements of the application in meeting user requirements were measured through application evaluation, including User Acceptance Testing (UAT) and performance testing using Locust. The results of the conducted UAT demonstrated the successful execution of all test cases. Therefore, it can be concluded that the development of this application has successfully fulfilled the established requirements."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sihombing, Raja Aldwyn James Napintor
"Adanya kebutuhan dalam pendataan karya ilmiah dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia mendorong SDM Fasilkom Universitas Indonesia untuk melakukan pendataan secara manual dengan melalui layanan indeksasi Scopus dan Google Scholar. Proses pendataan yang dilakukan membutuhkan waktu yang lama dikarenakan pengambilan data untuk setiap karya ilmiah dilakukan secara manual. Kekurangan ini memicu dikembangkannya aplikasi berbasis web arsip data karya ilmiah dosen Fasilkom Universitas Indonesia. Pengembangan aplikasi berbasis web dipilih atas kemudahannya untuk diakses. Aplikasi web yang dikembangkan ini memberikan manfaat praktis untuk mempermudah dan mempercepat proses pengambilan data karya ilmiah dosen Fasilkom UI. Aplikasi web yang dikembangkan dapat melakukan proses pengambilan data dari dua sumber yang berbeda secara bersamaan. Adapun data karya ilmiah yang disimpan ditampilkan sedemikian rupa dalam antarmuka pengguna dengan berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan SDM Fasilkom Universitas Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan dengan metodologi Scrum mengingat kemampuan adaptasinya yang tinggi untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi selama proses pengembangan berlangsung. Performa dan capaian aplikasi dalam memenuhi kebutuhan pengguna diukur melalui evaluasi aplikasi dengan melakukan User Acceptance Testing (UAT) dan uji performa dengan Locust. Hasil dari UAT yang dilakukan menunjukkan keberhasilan dari seluruh test case yang dijalankan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebutuhan dari dibuatnya aplikasi ini telah tercapai.
The need for organizing the academic works of faculty members at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia, has driven the human resources of Fasilkom Universitas Indonesia to manually collect data through the indexing services of Scopus and Google Scholar. The manual data collection process for each academic work consumed a considerable amount of time. To address this drawback, a web-based archive application for academic works of Fasilkom Universitas Indonesia was developed. The choice of a web-based application was driven by its accessibility and practical benefits in facilitating and expediting the process of retrieving academic work data. The developed web application has the capability to retrieve data from both Scopus and Google Scholar simultaneously. The stored scientific work data is presented in a user interface designed with various features tailored to the needs of Fasilkom Universitas Indonesia's human resources. The application was developed using the Scrum methodology, considering its high adaptability to accommodate changes during the development process. The performance and achievements of the application in meeting user requirements were measured through application evaluation, including User Acceptance Testing (UAT) and performance testing using Locust. The results of the conducted UAT demonstrated the successful execution of all test cases. Therefore, it can be concluded that the development of this application has successfully fulfilled the established requirements."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library